Bro sekalian, Fakta yang dibongkar MotorPlus bahwa Mesin Minarelli-Yamaha Yang dipakai di motor motor eropa seperti Rieju, Motohispania dan lain lain seakan memperkuat sinyalemen Bahwa Jeroan motor motor seperti YZF R15 dan YZF R125 itu di datangkan dari Indonesia. Nah dengan Kenyataan Ini mungkin Bukan perkara yang sulit bagi YMKI/YIMM untuk menghadirkan YZF R Series di Indonesia kalau memang pasar menuntut itu ada.

Entahlah bagaimana tipe kerjasama antara Pembuat Mesin Minarelli, PT Chemco Harapan Nusantara (CHN) dengan Minarelli dan Yamaha, CHN lebih dikenal sebagai pembuat part pengeremen bermerk Nissin. Akan tetapi, minimal pasokan mesin  logikanya tidak terlalu sulit, wong pabriknya deket dikawasan Jababeka Cikarang.  Sampai saat ini, dimana Honda sudah terlihat sangat positif akan merilis CBR 150R dalam jangka waktu yang disinyalir tidak terlalu lama, Yamaha terlihat tidak bergeming.

Yamaha bisa jadi Masih akan terus wait and see akan aksi penetrasi superduper cepat dari Kompetitornya-Honda di segmen Sport Mid-End ini. Bapak Paulus Firmanto sempat mengatakan pada tmcblog bahwa untuk sementara Opsi YZF R15 masih dianggap belum Reasonable untuk bisa diterima Potential Buyyer. Yamaha V-Ixion saja sudah dibandrol hampir 24 Juta . . . Jika dikasih fairing plus spedo digital . . . mau ditambah harga berapa ya Kira-kira ? ( eestimasi tmcblog bisa beda 4-5 Juta sendiri).

Kalo cuma nurutin kepingin, Yamaha mungkin sejak dahulu dah ngeluarin R15. Akan tetapi sepertinya ada Grand strategy lain yang hanya digelar di atas meja confidencial Yamaha yang menyebabkan hal itu belum terwujud, lagi pula pasar V-Ixion selama ini belum terganggu signifikan kan?, silahkan share komentar bro semua, selamat hari Jum’at dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

103 COMMENTS

  1. Hahaha..isi artikel nanti aja…
    Semua pada mau dapat pertamax..
    Mau doang..beli kagak..
    Hahaha…

    Oya, vixion dah hampir 24 juta?
    Ckckckc

    Ban masih kurang gizi, gak ada rem cakram…
    Lari juga seadanya..dibanderol segitu?..
    Wuih..salut sama yamaha..
    Konsumennya makin loyal aja nih..

    (Halusinasi.com)

    Guest
  2. Di Tabloid Otomotif terbaru ada Info Spy Shot Refresh Produk dr sosok Yamaha V-Ixion, kayak’y cuma Penambahan Warna dan Ganti Striping aja deh. -__-”
    kapan yak ada fitur Double Disk Brake + Speedometer Digital. 🙁

    Guest
  3. @vyzex:
    ga ada rem cakram belakang kalii …
    Kalo bilangnya ga ada rem cakram doank, dikeroyok FBY ntar :mrgreen:

    Guest
  4. males ngikutin berita r15 lah , yzf 250 lah. gue sih enjoy aja yg. ada sekarang. Kalau ente punya ninja yah bagus,cbr 250 oke. YAMAHA “SEMAKIN PASRAH”

    Guest
  5. Per….banyak :mrgreen:
    Ngabsen kang. BTW, gmn dgn total jualan Vixy yg ternyata melebihi TPT
    kang? Eni ekplenesyen??? ❓

    Guest
  6. kl vixion mau d refresh lagi ya jgn tukar warna striping doang……,
    Harusnya disk brake Belakang tu d kasih…….

    Moso’ motor sport Rem belakangnya masih tromol……..malu-maluin aje…….

    Tapi yang gue heran si vixion kok penjualan masih ok ya…….

    Guest
  7. Hoohg cukup masuk akal jg, klo mahal nggak laku ngapain dipaksain. Yg lain Smakin pasrahhhg!! nb:kecuali komeng.

    Guest
  8. Ane FBY bro..
    Tp emg skrg ane ngrasa Yamaha leda lede.
    Ga tau ada apa sbnernya..
    Klo gini trz lama2 ane bs bali jd FBI lg… T.T
    (fans berat inul).

    Guest
  9. Yamaha mikirnya terlalu jauh kedepan…
    Generasi skr cm dikasih V-ixion n Byson aja dah senang tuh..
    Yg naek tuh motor mungkin anak cucu kita,hehe…

    Guest
  10. 32. masterXeon – April 22, 2011

    yang sohc 125cc 15 HP itu cukup powerfull..
    ===============
    beti lah ama ce es wan 😆

    Guest
  11. YAMAHA akan menunggu HONDA CBR 150R dulu keluar di Indonesia. Untuk melihat prospek motor 150 berfairing, setelah itu akan menetapkan cara sama untuk R15 seperti Vixion pertama kali keluar.

    YAMAHA akan memposisikan dirinya sebagai HONDA yang mengambil market KAWASAKI Ninja 250. Dengan niat merebut market 150R kira-kira 6 bulan sesudah diluncurkan.

    IMHO 😀

    Guest
  12. Ymki, kebanyakan mikir,konsumen pilih yg byk kasih pilihan n murah. Vixion kl modelx gitu2 aja, thn ini mulai turun penjualanx…mulai pertengahan tahun. Mulai antipati gw sm yamaha…

    Guest
  13. salut buat kawasaki yg berani mengambil resiko ketika ngeluarin ninja 250 yg ternyata laris manis,,,kalo begitu ganti aja slogan yamaha “YANG SELALU KETINGGALAN”

    Guest
  14. @materXeon
    yg bodoh berarti or indonesia donk, disini dikasih motor 150 cc tapi performanya malah lebih kecil dari yg 125 cc

    Guest
  15. hem… emang aga mengherankan produsen lain import mesin YMK* tapi YMK* ga mau bikin motor sport fairing bahkan R15 rumornya mesinnya juga produksi indonesia, ya masuk akal coz cost produksi akan lebih rendah jika produksi banyak dalam satu tempat yg kemudian bisa di import kenegara lain

    Guest
  16. YMKI kayaknya gak berani krn takut sama kondisi pasar. Pangsa Yamaha sptnya ngikut situasi motogp dan wsbk. Makanya dulu iklan sederhana udah bisa mendongkrak citra.
    Jd kelas sport end bakalan nyedot biaya riset yg yamaha males ngeluarinnya.

    Guest
  17. apalagi sujuki..huft…
    Adem ayem gk punya ‘mongtor semprot’…. Ayo ‘sujuki’ hri gni masih tidur aja…nyambung.com

    Guest
  18. 14. cub70 – April 22, 2011

    skarang kok ya ada yg mau beli vixi… Ymki makin konservatif aja…
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    sorry ni ya, merk lain apa udah ada motor dgn radiator dan deltabox dgn harga 20jtan??? mocin ga masuk itungan(minerva).
    Vixy = bahan mentah untuk dibikin full fairing.. klo beli tigor, babon(nmp),pulsar series,byson klo dipakein fairing ga pantes (kasian mesinnya ..panasss).

    Guest
  19. kalau pasokan mesin untuk R15 sih jelas gak akan sulit, wong untuk vixi aja lancar koq, padahal mesin sama.
    kecuali kemampuan produksi mesin tadi masih terbatas..

    Guest
  20. wow,gak nyangka Indonesia bkin engine yg dpakai oleh produk motor Eropa

    harus dkembangkan potensial ini sbg RnD (kalo bisa)

    Guest
  21. Menurut gw, justru inilah salah satu penyebab YMKI sulit memasarkan YZF series termasuk menggenjot produksi Byson.
    Lhaaa…kapasitas produksinya sebagian dipakai untuk nyuplai mesin motor-motor di Eropa!!!
    Sudah gitu, tau sendiri kan standar mutu di sana…
    Quality Control & Quality Assurance-nya otomatis lebih ketat.
    Sudah tentu mengambil porsi waktu dan sumber daya lumayan signifikan di YIMM… CMIIW.

    Guest
  22. dan mungkin mesin untuk kapasitas 250cc memang belum ada, seperti ucapan si pak paulus itu bahwa YMKI akan menggunakan motor sendiri jika harus ikut di kelas 250cc, bukan mengimport dari pasar global seperti yang lain.
    jadi kalau harus berkompetisi di kelas 250cc kemungkinan mesinnya akan di produksi di pabrikan ini…, sayangnya sampai saat ini belum ada…..

    Guest
  23. tapi ironis juga ya…, yang di ekspor ke luar negeri, disana di pake-in baju keren, tapi yang dirumah sendiri di pake-in baju seadanya….

    Guest
  24. parts nya didatengin sebagian dari indonesia lewat YMAC thailand, assembling tetep di itali… terutama untuk parts dengan presisi tinggi tetep pake produk eropa.
    a ha ha gw ember gak sih bocorin rahasia pt 😛

    Guest
  25. Gw kecewa berat sama Yamaha.. Teknologi bagus tapi model cepat jaduuuulll… pindah ke mocin aja model bagus harga murah pake dua tahun ganti model lain lagi… Dari pada bete…??

    Guest
  26. Mungkin Yamaha kapasitas produksi nya dah mentok….saya lom lihat sinyal YMKI keluarin R15 sebelum pabrik baru yamaha jadi….bukannya yamaha lagi bangun pabrik baru..

    Nitip lapak bang haji: tentangmotor.wordpress.com/2011/04/22/suzuki-motor-mengikuti-cara-yamaha-undian/

    Guest
  27. @68. agung bbs
    yang miris “made in Indonesia” -nya ga ditulis di mesinnya 🙁
    =======================================================
    di crank case dan cover side mesin juga banyak part lainnya, untuk motor yamaha ada tulisan made in indonesia-nya ( YIMM = yamaha indonesia motor manufacturing ) juga patut diketahui, waktu itu YIMM lah yang pertama kali dipercaya YMC ( Yamaha Motor Company ) Japan untuk membuat motor matic yang pada waktu itu kita kenal sebagai Nouvo, dimana gelondongan engine nya di ekspor ke thailand dan malaysia, dengan kode waktu itu, 5LW untuk malaysia, 5MY untuk thailand, dan 5MX untuk Indonesia, juga diekspor ke turki dan negara eropa lainnya. Begitu juga untuk motor model moped dan sport lainnya, misal crypton dan rx-s yang waktu itu diekspor ke colombia. dan memang untuk ekspor, maka QC nya semakin ketat lagi, tapi satu hal… negara kita telah lama dipercaya untuk ekspor barang” dan spare part otomotif ke negara” lainnya di dunia. 🙂

    Guest
  28. udah dh yamaha, jgn ngeluarin motor baru lagi, jgn ikut2an pabrikan lain, nikmati aja jualanmu yg skrg ini. tutup mata dan telingamu dr sgala suara2 konsumen. krna gw yakin apapun yg tjd FBY akan tetap belain U, tp sadari juga bhwa konsumen sepeda motor itu bukan cuma FB2 alay yg ngotot dg satu merek aja.
    ok, yamaha stay cool aja ya…

    Guest
  29. Absen..

    Wah, ternyata motor2 eropah yg disini banyak diacungin jempol mesinnya buatan endonesia 😆

    Sebenernya kalo endonesia mo bikin produk & merek sendiri itu sangat mungkin bisa, dengan kualitas yg ga kalah dengan produk jepang, 😳

    Tapi ternyata bangsa kita lebih enjoy jual produk negara laen 😥

    Mungkin daripada susah2 bikin merek & berjuang sendiri, mending jual punya orang laen yg dah pasti laku 👿
    😈

    Jadi heran 🙄

    Guest
  30. sekarang Yamaha sangat berhati-hati, salah langkah bisa amburadul Finacialnya…
    so, sangat kecil peluang YMKI untuk brojolin YZF series….. tp kalo Vxion dikasih Fairing dngan harga 22jt insy lumayan laku…

    Guest
  31. Selain mengkhayal ada yzf r15/r25/r125. Saya juga pengen ada skuter matic baby yzf r6, desain body r6 dturunkan ke matic. Enaknya mengkhayal bersama yamaha. Jangan dibrojolin ya, cukup dikhayal aja. Soalnya kalo di brojolin beneran, bakal nggak asik lagi (sambil ngeliat byson lewat).

    Guest
  32. naikan kapasitas scorpio jadi 250cc + naikan gigi jadi 6 + oil cooler + perbesar karburator ..
    deltabox + fairing
    berat gak boleh lebih dari 135kg

    CBR, Ninin Pasrah deh

    btw gak usah lah tambah produk 150ccnya… yg perlu itu 250 cc

    Guest
  33. @rider biasa

    di crank case dan cover side mesin juga banyak part lainnya, untuk motor yamaha ada tulisan made in indonesia-nya ( YIMM = yamaha indonesia motor manufacturing ) juga patut diketahui, waktu itu YIMM lah yang pertama kali dipercaya YMC ( Yamaha Motor Company ) Japan untuk membuat motor matic yang pada waktu itu kita kenal sebagai Nouvo, dimana gelondongan engine nya di ekspor ke thailand dan malaysia, dengan kode waktu itu, 5LW untuk malaysia, 5MY untuk thailand, dan 5MX untuk Indonesia, juga diekspor ke turki dan negara eropa lainnya. Begitu juga untuk motor model moped dan sport lainnya, misal crypton dan rx-s yang waktu itu diekspor ke colombia. dan memang untuk ekspor, maka QC nya semakin ketat lagi, tapi satu hal… negara kita telah lama dipercaya untuk ekspor barang” dan spare part otomotif ke negara” lainnya di dunia.

    ==================================================

    mantab reviewnya 😀 sip sip thanks infonya mas 🙂

    Guest
  34. R15 lagi????….

    udah lahh…. FBY cukup dikasih Vixie aje, kalo mau nampang, pake Byson…

    kalo mo tampang bagus, performa besar, Byson tukar mesin dgn Vixie..
    kalo kurang, improt body R15 kaya om haji…

    selamat ya buat FBH…. Honda semakin meraja.. Yamaha semakin Pasrah..

    Kata bpk TB… Kaborrrr!!!…..

    Guest
  35. […] Minarelli Engine Made In Indonesia . . . Sebenarnya kalo Yamaha Mau, YZF Series Mudah dihadirkan Bro sekalian, Fakta yang dibongkar MotorPlus bahwa Mesin Minarelli-Yamaha Yang dipakai di motor motor eropa seperti […] […]

    Guest
  36. 47.Dradjad_Djati
    yg BODOH TU ELO.
    R125 tu spec balap.ECU nya beda ma ECU R15
    tu liat merk2 part nya?disk brake nya, Castwheel nya.
    ECU R125>ECUR15>ECU Vixi
    bandingin sederhana nya gini :
    Vixi di kasih ECU R15 + 6 gearspeed tenaga nya dr 14,88 HP jd 17 HP
    Apalagi kl Vixi di kasih ECU R125.Lebih menggila

    Guest
  37. rugi……..sperpart pendukungnya aja msih langka….spt ecu….em….ymki terlalu bnyak politik……
    apalgi dgn diagnosa tool…..yamaha ngk mau berbagi rezeki….ngk dijual bebas alasan ginilah gitulah….bullshit…klo mo servis hrs kedealer…pdhl mekanik ymha ngk smua jago…..pinteran nenek2 maen selancar dr pd mekanik yamaha….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here