Bro sekalian, ternyata Detail dari Pijakan kaki pada Yamaha Lexam telah dipatent kan Oleh yamaha jepang (YAMAHA MOTOR CO LTD) atas nama KONO ARATA Pijakan Kaki dari Lexam ini boleh dilihat lumayan beda dibanding motor jenis underbone/cub/bebek lainnya yakni Footrest nya tidak hanya digantung menopang pada bagian bawah mesin, akan tetapi langsung ke rangka Utama melaLui beberapa bracket.

Hal ini dimaksutkan agar itu footrest minim getaran yang dihasilkan oleh mesin . . . Lha Iya, Jika foot Rest langsung di baut ke bagian bawah dari CrankCase/blok mesin, maka bila mesin motor berderu keras dan menghasilkan vibrasi, maka layaknya sebuah vibrator, maka footstep itu akan bisa membuat telapak kaki ridernya merasa seperti kesemutan, cmiiw. Nah dengan Inovasi yamaha ini, gejala kesemutan dapat dimimalisir karena Getaran yang dihasilkan oleh mesin Lexam akan di reduksi dulu oleh sistem sasis. hmmm untuk sebuah kenyamanan Yamaha sampai mematenkan Hal ini, luar Biasa, sampai jumpa di pembahasan patent selanjtnya . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

111 COMMENTS

  1. masih gak abis pikir sama yamaha motor betik 110 cc yg minim fitur dan teknologi tapi dgn pedenya dibanderol 16.5 juta yg artinya lebih mahal jauh dibanding Revo AT yg memiliki fitur dan teknologi lebih canggih.
    malah lebih mahal juga dari Pulsar180 lho…
    GILEEEEE……..!!
    ngeruk untungnya gak kira2.

    Guest
  2. tapi untuk kenyamanan, ini sebuah langkah awal yang baik. minimal klo bisa untuk kedepannya produk2 terbaik yamaha tidak terlalu race oriented kayak R6 atau R1, tapi bisa mengakomodasi sisi kenyamanan, agar pembelinya bukan cuma kalangan sirkuit, tapi juga kalangan umum.

    Guest
  3. owalah kirain ada yang inovatif banget gitu. ternyata cuma gitu doang 🙂
    jadi teringat jupi mx ane yang getarannya kerasa nyampe ke setang..

    Guest
  4. hahahaaa…
    FBY kok pada plin plan ya?
    dulu waktu ngomongnya motor harus kenceng.
    eh giliran sekarang motornya lelet semua ngomongnya lain lagi.
    hahahaaaa……

    Guest
  5. Yah daripada enggak ada yang dipatenin…yamaha kan juga pengen juga punya paten…biar kelihatan inovasi semakin didepannya…gitu aja kok repot.

    Guest
  6. masing2 pabrikan membuat lebih baik dri yg ada sblmnya…wajar lexam kalah teknologi krna blm Fi, kan lexam duluan di buat oleh Yamaha, baru disusul honda dgn revo AT nya….Honda mngambil celah yg tdk disentuh pesaingnya….
    Sama seperti dulu Yamaha mngeluarkan bebek kopling manual krna hal itu blm diambil honda.
    Revo AT lebih murah krna harga nya turun, awal keluar di bandrol hampir sma dgn lexam , ngga memenuhi target bulanannya makanya harga revo AT direvisi.

    Guest
  7. Belum pernah lihat bebek matik seliwer di jalan, entah itu lexam maupun revo matik. Kalo Pak Lik Sam mah sering seliweran dengan sepeda ontanya.

    Guest
  8. masing2 pabrikan membuat lebih baik dri yg ada sblmnya…
    wajarlah lexam kalah teknologi krna blm Fi, kan lexam duluan di buat oleh Yamaha, baru disusul honda dgn revo AT nya….Honda mngambil celah yg tdk disentuh pesaingnya….
    Sama seperti dulu Yamaha mngeluarkan bebek kopling manual krna hal itu blm diambil honda.
    Revo AT lebih murah krna harga nya turun, awal keluar di bandrol hampir sma dgn lexam , ngga memenuhi target bulanannya makanya harga revo AT direvisi.

    Guest
  9. @ 13. hi hi hi
    @ 23. Taufik
    Mesin 4tak ada patennya, tapi sudah kedaluarsa jadi semua sudah bebas utk pakai teknologi itu. Kalau nggak salah yg pegang orang Prancis.

    Guest
  10. first mover yg mungkin akan ramai dibicarakn 2-3 tahun mendatang jika kelangsungan betik tetap bertahan. but i don’t think so
    di belahan dunia manapun adanya matik bukan betik, terobosan yg bagus sebenarnya. tapi sayang segi fungsionalitasnya g dapet blasss… babar blasss..

    Guest
  11. gue make nickname awalan Tukang…krn belon dipatentkan akhirnya banyak yg niru dah……xixixixi….

    Guest
  12. OOT,
    Indonesia – despite being one of the most important markets for motorcycle sales – hasn’t hosted a grand prix since 1997 at the Sentul Circuit. Lorenzo, a somewhat frequent visitor to the country as part of Yamaha’s PR efforts, would like that to change.
    “Indonesia is a country I love and the passion for MotoGP there is incredible,” he said. “I would like Jakarta to join the MotoGP calendar soon, they deserve it. I’ve been five times in Indonesia and I hope to come back soon.”
    paling g…. saya suka penyebutan indonesia-nya, bikin gmn gt…. 🙂

    Guest
  13. coba ‘SKS’nya suzuki dipatenkan…
    ‘y’ sama ‘h’ gmn ya.?
    Huft.. Baru breket aj di patenkan, keliatan bgt pelit tekhnologi…..

    Guest
  14. yang jelas, saya udah nyoba betik ini, mantab abis.. lebih nyaman ini drpd skutik, asli.. tarikan lembut tp manteb.. ini untuk lexam lho, gatau kl produk tetangga.. hahahahahaha :mrgreen:

    Guest
  15. baru nongol sekarang…kemaren kemana azaa??
    aku dah terlanjur pake HONDA jee and ga ada tuch yg namanya kesemutan..??

    Guest
  16. tapi aku setuju, hasil karya seseorang ato ide harus ada yg dipatenkan untuk menghargai kerja keras orang tsb.
    cumaaa…buat yg baru ditayangin artikelnya..kemana azzzaaaa?? baru nongol sekarang?

    Guest
  17. aku setuju, hasil karya seseorang ato ide harus dipatenkan. itu berarti kerja keras orang tsb dihargai..
    btw, buat yg baru ditayangin artikelnya..kemanaa azzzaaa koq baru nongol sekarang??
    aku dah terlanjuar pake H**** nich..and ga ada tuch yg namanya kesemutan..??

    Guest
  18. info ter update,stock matic didealer byk banget.

    bulan mei byk liburnya……(pabrikan)
    salesnya gak ada liburnya…..bingung jualnya gmn???

    Guest
  19. hahahaha! kikirnya si yamaha…. ckckck coba kalau Suzuki patenin Secure key Shutter, integrated igniton seat open, dan automatic headlight on. mau apa yamaha???? ckckck makanya pabriknya yamaha bangkrut dimana-mana kikir sihh!

    Guest
  20. matenin itu teknologi atau fitur yg canggih.
    mosok cuma pijakan kakai aja dipatenin.
    ngakak guling-guling

    Guest
  21. cari noh digoogle! ketik yamaha bangkrut… puluhan pabriknya ditutup, di jepang, spanyol, eropa, amerika dll..ribuan karyawan diphk…. ckckck dodol amat ya yamaha???? udah diluar negri kaga laku eeee banyak tingkah, penjulan motor yamaha dari seluruh dunia terbesar dr indonesia, nah di indo aja penjualan yamaha masih kalah ma honda… kebayang betapa kecilnya yamaha! hahahahahahahah! 😀

    Guest
  22. hahaha 😀 bangkrut dimana2 aj banyak tingkah tu yamaha… silahkan cari digoogle, ketik yamaha bangkrut… puluhan pabriknya tutup, puluhan ribu karyawan diphk… inget, dari seluruh penjualan ymh didunia terbesar ada di indo,yaitu 48%… nah di indo aja penjualan ymh masih kalah sama honda…. kebayangkan betapa kecilnya yamaha…

    Guest
  23. kemaren liat ini motor di istana plaza emg bagus menurut saya, di brosurnya bunga per taunnya cuma 13 %/taun. hmmm jadi ngiler juga…

    Guest
  24. 27. earphane – April 23, 2011

    Belum pernah lihat bebek matik seliwer di jalan, entah itu lexam maupun revo matik. Kalo Pak Lik Sam mah sering seliweran dengan sepeda ontanya.
    ————————————————–
    sebenernya udah lumayan banyak boz,cuma karena ngga familiar kita jadi ngga ngeh.lagian bentukunya ngga jauh beda dari motor bebek umumnya 😆

    Guest
  25. Belom pernah liat betik dijalanan, lexam ato revo AT, sepertinya species betik itu serba nanggung, kebanyakan orang milih bebek, sedangkan yang mo lebih nyaman dan praktis kayanya lebih milih skutik daripada betik, soalnya dengan kenyamanan dibawah skutik, betik dijual lebih mahal dari skutik. 🙄

    Buat bang haji kapan2 dibuat perbandingannya dong secara obyektif antara bebek, betik sama skutik, yg mana yg menawarkan benefit lebih, tentu yg dinilai adalah fungsionalitas dan kepraktisan.. 😆

    …Masih tetep ngarepin ada motor matik baru yg bagasinya super-duper, ngisi BBM ga pake turun.. 😥

    Guest
  26. Lexam minum bensinya 1 : 30, sudah gitu lemot ditanjakkan,

    mendingan Revo AT saja bensinnya 1 : 45, daya tanjaknya lebih baik

    percayalah gue sudah test keduanya

    Guest
  27. yamaha asia terutama asean lebih banyak riset sendiri dari pada comot common part dari teknologi sejenis, itu terjadi pada kasus byson, lexam dan scorpio. sebenarnya meraka bisa berkaca pada kasus mx, vixion, nouvo elegance, r15, dan xeon di mana nyomot common part dari teknologi sejenis lebih menguntungkan dan memudahkan pengembangan.

    Guest
  28. Klo dipatenkan brarti benda itu akan sangat brguna, jangan sampei kita nghina sesuatu hal yg dipatenkan. Kaya yg pinter ja nghina prof. Yg dah mikir ssuatu yg bru. Nah loh sblum nghina, tany dulu pd diri sndri? Apa yg kita bisa ciptakan?..
    Hehe piss.

    Guest
  29. footstep dipasang di rangka utama agar getaran berkurang ? perasaan suzuki crystalku juga footstepnya nggak nemplok di mesin, tapi di rangka juga, jadi saya kira itu pemikiran lama yang dilahirkan dalam versi lain

    Guest
  30. sah2 aja di patenkan. Asal bikin sendiri gak niru2 dan mengklaim kaya malingshit.
    honda juga udah mematenkan Airbag pada motor..

    Guest
  31. d surabaya udah sering liat REVO at sliweran…udah ampir 10 x ketemu…LEXAM jg sering liat tp d dealer yamaha.hahahaha….d pajang terus mpe jamuran….kapan lakunya?

    Guest
  32. @ miko

    dah cek ke toko-toko bangunan?
    lexam juga dipajang di sana..

    kira-kira sambil beli paku atau semen, orang-orang pada tertarik ambil ni motor..

    Guest
  33. @miko> yg ente lihat abs revo kali. Ente kmn aja bung, udh jelas dr data aisi, mskipun hrganya mahal, lexam jauh lebih laku dr revo at. Gmn kalo hrga lebih murah ya??? Dijamin revo at tmbah gk laku…….., sm seperti be2knya yg sdh mulai gk laku…

    Guest
  34. perasaan footstep yang ada saat ini tidak bikin kesemutan kang haji… hehehehe

    kenapa Piaggio tidak mematenkan pijakan kaki rata ya…
    kan skutik yang ada sekarang kayak Vespa…

    oh ya…
    buat lexam, tuh harganya dipatenkan juga…
    terus konsumsi BBM nya juga dipatenkan… hehehe

    Guest
  35. Waduh daripada keduluan Yamaha, mending muka ane yang ganteng ini harus ane patenkan sekarang juga…!!! Mo taroh di mana muka ane kalo sampe keduluan???

    Guest
  36. Di luar statement ngawur ane di atas, ane setuju aja, kalo paten itu perlu walau cuma hal se sepele desain footstep… Mungkin bagi desainer dan insinyur Yamaha, desain dan konstruksi footstep Lexam dibuat dengan susah payah, sama susahnya ketika Honda mendesain airbag pada motor, sehingga sayang bila dicontek begitu aja sama pabrikan lain…

    Guest
  37. Jadi inget kawak kaze yg pijakan kaki ridernya nyatu ma boncenger, cuman punya kaze gak lgs dilas ke rangka… 😀
    Dipatentkan jg gak tuh ma kawasaki yak?

    Guest
  38. Inilah orang indonesia yang hanya bisa ngeledekin apa yang orang lain lakukan..keliatan banget fbh2 gadungan yang ga jelas asal usulnya..kalo lo pada bisa melakukan seperti yang dilakukan yamaha, lakukan!!!!!jangan cuman bisanya ngebacot doang…pantes negeri ini ga punya motor nasional…apa yang dilakukan orang lain selalu salah…otak lo gedein..jangan cuman congor aja lo tonjolin..kalo ga bisa berkarya mending diem…

    Guest
  39. semakin ngefitnah keliatan kalo ada yg mengatasnamakan FBH, biar semua ancur termasuk honda. koreksi diri lah, kita tau siapa anda. semakin anda komentar jelek semakin keliatan jeleknya anda.

    Guest
  40. Banyak OKNUM FBH lebay / SALES AHM disini makanya komentarnya menjatuhkan merk lain, terutama merk Yamaha yang sekarang telah menggrogoti market produk AHM. Tapi ndak ada kalian ndak rame hehehe…

    Guest
  41. yaudah sih fby gak usah menjelekan honda juga kali…
    honda juga bnyk bikin penemuan kaya gini. Gak semua fbh menghina… Gue gak tuh !

    Guest
  42. iya, tapi kok scorpio gw getaran nya ampun bgt ya, gak ada solusi gimana gitu ya buat meminimalisirnya? 🙁

    Guest
  43. Footstep motor sport rata2 juga ke rangka kok.
    Misalnya tiger yg ane tahu.
    Mungkin ini yg pertama ∂ï bebek.

    Guest
  44. 96. Komengtator – April 24, 2011

    Di luar statement ngawur ane di atas, ane setuju aja, kalo paten itu perlu walau cuma hal se sepele desain footstep… Mungkin bagi desainer dan insinyur Yamaha, desain dan konstruksi footstep Lexam dibuat dengan susah payah, sama susahnya ketika Honda mendesain airbag pada motor, sehingga sayang bila dicontek begitu aja sama pabrikan lain…
    ===========================
    susahan mana? desain airbag atau footpeg…

    tapi paling hebat tu Piaggio, dari jaman perang dunia sudah bikin desain yang sekarang dipakai untuk motor matic…hihihi
    salam Vespa (dak pake dorong…)

    Guest
  45. 98. mahondalemot – April 24, 2011

    Inilah orang indonesia yang hanya bisa ngeledekin apa yang orang lain lakukan..keliatan banget fbh2 gadungan yang ga jelas asal usulnya..kalo lo pada bisa melakukan seperti yang dilakukan yamaha, lakukan!!!!!jangan cuman bisanya ngebacot doang…pantes negeri ini ga punya motor nasional…apa yang dilakukan orang lain selalu salah…otak lo gedein..jangan cuman congor aja lo tonjolin..kalo ga bisa berkarya mending diem…

    ====================
    termasuk yang ini….

    hihihi

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here