Bro sekalian, Diam-diam Yamaha ternyata sudahmenyiapkan sistem kopling ganda untuk Motor Gedenya. Kompetitor Yamaha, Honda telah lama merilis sistem Dual Cluth Transmission (DCT) dan membenamkannya di Motor Sport Touring Produksi Massal Honda VFR 1200. Sistem Kopling Ganda Yamaha yang telah dipatentkan secara Internasional ini menyebutkan nama TWIN CLUTCH TRANSMISSION pada notifikasi patentnya . . . entah apa nama resminya nanti, namun Rumor yang berkembang tahun lalu, sistem Girbok Kopling Ganda/Kembar ini akan diaplikasikan di Superbike Yamaha YZF R1.

🙄 skematik dual cluth Honda

Pada sistem Dual Clutch Yamaha ini secara fisik memang terlihat ada dua Girbok Kopling. Bila pada sistem DTC Honda Letak Girbox secara Konsentris berada pada satu sisi saja yakni sebelah Kanan CrankCase (lihat Gambar), Maka Sistem Dual Clutch yamaha ini memiliki layout bercita rasa keseimbangan yang kental dimana Layout girbok berada di sebelah Kiri dan kanan dari Blok Mesin. So secara dimensi, Blok mesin Yamaha Yang kan menggunakan sistem Dual Clutch ini akan terlihat lebih ‘lebar’ (cekidot gambar di appendix)

Kedua Poros (shaft) dari girbok diletakkan sejajar seperti yang bisa bro simak pada gambar di atas. Girbok Kopling yang pertama terdiri dari 74 input menggerakkan roda belakang Via gear ganjil (1,3,5) dan Kopling Kopling Kedua terdiri dari 75 input menggerakkan roda belakang Via gear Genap (2,4,6). Secara sistem, Bentuk kopling ganda seperti ini akan membuat proses pemindahan gigi akan semakin cepat . ..  wiii R1 akan semakin moncerr dong dilintasan Balap WSBK? Yang jadi pertanyaan, apakah sistem ini akan di halalkan oleh Komisi Balap WSBK?

Yamaha Menempatkan Gambar Patent Dual Clutch nya ini di sebuah R1 desain lama. Koq Motor lama? gak mungkin mereka mengumbar sketsa R1 generasi Terbaru nanti, karena kalo demikian Rahasia bentuk R1 nanti keburu bocor duluan doong.  (walaupun beberapa gambar rendering 3D sudah banyak Yang beredar)  he he he . . . Nahh silahkan simak dan silahkan share pendapat bro sekalian tentang Sistem Dual Clutch Yamaha ini dan nantikan bocoran bocoran ekslusif lainya . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

248 COMMENTS

  1. dgn kata lain., hnda bisa, ymaha pun bisa, bahkan mungkin lbh baik.. wkwk :mrgreen:

    gambar paling bawah, betul2 awesome superbike.. mantab tenan coy :mrgreen:

    Guest
  2. BAHHH!!!!!…itu gambar terakhir desain terbaru ya??? aduuuh cuma bs ngilerrr…ni motor kyk nya bakal jd inceran orang-orang kaya yg hoby bermotor…desain ny numero uno…

    Guest
  3. gambar R1 yg paling bawah sadis beneerr.. tapi kalo fairing kayak gitu buat buat balapan di WSBK ntar gak ada space buat sponsor dong..

    Guest
  4. kerjaannya Yamaha ko’ njiplak mlulu…..
    di motogp jg gitu diam2 Team Yamaha sdh mempelajari sistem Kopling terbaru milik Honda RCV.
    yah gapapa lah… sah-sah aja…

    Guest
  5. krna teknologi Kopling yg kayak beginian udah agak basi bagi Honda.. gue bahas desain Calon penerus Superbike Honda dan Yamaha ajah… Patut Diteliti.

    Guest
  6. Jepang dari dulu pan tradisinya ya nyempurnain semboyannya aja amati,tiru,modifikasi…gak kaya cina amati,tiru,bikin yang murahnya.

    Guest
  7. herannya teknologi nyontek punya tetangga dimodifikasi dikit langsung dipatenin.
    ckckckckkk…
    mangsute opooooooo….. coba…??

    Guest
  8. gak ada yg lbh cepat dr perpindahan gear RC212V. 8ms…bener2 KILAAT…YZR aja 32ms…liat artikelnya d GUS TRI.

    Guest
  9. keren R1 nya nyang baru, mesinnya kaya mo keluar gtu……healampnya mirip kawasaki…but overal…lebih suka R1 yg skrg…headlampnya keren….

    Guest
  10. kalo teknologi jepang emang yahuud…bulan lalu udah d release pesawat jet penumpang made in honda…kawasaki jagonya bikin thunell .(bener apa slh tulisan gw ini) bwh laut…kalo taiwan jagonya kloning.hahaha…tp jgn salah robot2 buat fabrikasi made in china udah bikin gerah made in epang…

    Guest
  11. klo dipikir2 yamaha ini spt minerva, maunya nyontek tapi gak mau dicontek.

    kita tau minerva paling jago nyontek desain org, tp giliran bisa desain sendiri dgn mencomot sana sini dari desain yg udah ada langsung deh dipatenin.
    wis jan gak kreatipp….!! :D:

    Guest
  12. klo dipikir2 yamaha ini spt minerva, maunya nyontek tapi gak mau dicontek.

    kita tau minerva paling jago nyontek desain org, tp giliran bisa desain sendiri dgn mencomot sana sini dari desain yg udah ada langsung deh dipatenin.
    wis jan gak kreatipp…..!! :D:

    Guest
  13. haxhaxhaxhax…tiap ad inovasi dr yamaha pasti di bilang ngikutin oleh FBH…astagaaa…klo gak di inovasi ama pabrikan laen, otomatis dominasi total HONDA = berujung monopoli…yg nama ny pasar klo di monopoli = brujung kpd konsumen yg menjerit kena peras lah iya secara tuh HONDA gak ad saingan, jd sah-sah aja lah klo ad pabrikan laen yg inovasi (bukan ngikutin ya, klo ngikutin itu plek-plek desain sama)…ck ck ck…
    note:
    tenang aja para FBH, ane tetep pake pasal yg berlaku…xixixixixixixix

    Guest
  14. desain yang bawah Yamaha banget, tapi masih banyak kurangnya tuh desain. moga2 gak kayak itu ntar, lagian Yamaha kn terkenal jago bikin desain. dulu pernah baca artikel tapi lupa dimana, yamaha R1 baru nanti lebih ringan, lebih ramping dan sangat cepat

    Guest
  15. @Virus
    lupa waktu fby bilang swing arm Honda Rc 212 V mengikuti M1 hah ?
    giliran yamaha ngikutin honda eh lo malah bilang fbh memonopoli… Wkwkwkwkwk ngatain orang sendirinya demikian

    Guest
  16. @Virus
    lupa waktu fby bilang swing arm Honda Rc 212 V mengikuti M1 hah ?
    giliran yamaha ngikutin honda eh lo malah bilang fbh memonopoli… Wkwkwkwkwk ngatain orang sendirinya demikian
    ckckck

    Guest
  17. gbr terahir itu perfect lah buat ukuran superbike. kayaknya tu mtr bakalan pertama release di indonesia dh, liat aja warna merah putihnya, mgkin tpt nya akan diajukan minggu dpn oleh ymki, dijual sekitar 50th lagi.

    The power of dream
    YMKI

    Guest
  18. dendy oh dendy…ooohhh dendy…
    baca bener-bener komentar ane…klo gk mudeng nih ane kutip sndiri tulisan ane…
    #astagaaa…klo gak di inovasi ama pabrikan laen, otomatis dominasi total HONDA = berujung monopoli…#
    aduuu ane debat ama anak skolahan apa dah kuliah ato dah kerja…
    nah skrg yamaha jg menerapkan, gak menutup kmungkinan kan kawak/suzuki menerapkan jg…jd merata smua merk punya dual clucth tentu dgn desain yg berbeda-beda (gak jiplak plek-plek)…
    note:
    fanatisme merk berlebihan mbuat hati panas dingin, komntar berapi-api berujung kepada penyakit jiwa dan raga (lebay dikit wkwkwkwk)…
    okeee senior dendy jd coba lah jgn berlebihan…

    Guest
  19. Ckckckckckckckc…Bagi Dendy…Honda sdh kayak Agama..klau ndak bela or pkai Honda dijamin ndak masuk Surga…Orang pkai Honda dianggep paling suci sedunia…sedang orang yg pkai merek lain kayak Kawasaki, Suzuki and Yamaha adalah orang paling haram sedunia and dijamin masuk neraka…itulah pola pemikiran Dendy…

    Guest
  20. hahaha… FBH oh FBH bisanya bilang nyontek… kalo nyontek tuh sama persis nah ini beda gitu kok, kalo nyontek juga pihak yang mengurusi Hak patent juga ga akan menyetujui. lagian sistem dual clutch juga bukan milik honda saja. sama dengan fairing yang bentuknya macem2x semuanya bisa pake manfaat dari fairing tersebut. kecuali detail dari fairing tersebut bisa di patenkan, bukan begitu kang taufik ? lagian mungkin yamaha bikin inovasi tersebut demi perkembangan teknologi kedepan yang mungkin bermanfaat bukan saja buat yamaha tapi buat produsen yang lain dengan syarat membayar royalti atas jerih payah yamaha, karena produsen tersebut menggunakan teknologi yang telah di patenkan oleh yamaha. Honda juga bisa melakukan hal yang sama. mari bertrima kasih atas kemajuan teknologi roda 2 saat ini semoga bermanfaat kedepanya… ( panjang juga gw nulis ) hahaha… Salam Brotherhood

    Guest
  21. penjiplak..sama seperti ridernya… dulu nuduh-nuduh dual cluth.. sekarang pake sendiri buat motogp,apa itu legal??

    Guest
  22. main shaft’a panjang bgt ya?? ngeri momen puntir’a uy ,,, tp boleh lah ,,, ymh semakin luueebbaarrr ,,, hehe ,,

    Guest
  23. @kang udien…xixixi
    jd singkat kata komentar ny gak usa di tanggepin???…harus bgitu kah??? wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk…
    *kabor ah sblm kang udien bersin-bersin…xixixi

    Guest
  24. Mr. Green
    heuhue… yang namanya njiplak tuh persis plek. lagian dual clutch juga bukan milik honda. awalnya malah di pake mobil porche buat race tahun 1983 ntah loe dah lahir apa belum, sedangkan mobil jalanan pertama yang memakai dual clutch adalah Volkswagen Golf Mk4 R32 tahun 2003.heran deh sama FB2x terutama FBH yang terlalu fanatik sama Honda.

    Guest
  25. Buat gw klo Honda sudah punya tehnologi ini duluan wajar saja, Competitiveness-nya memang di enginering, buat Riset dan Pengembangan juga cepet krn mereka punya HRC yang notabene “perusahaan” di luar Honda pabrik yang ngurusin pengembangan beginian.
    Dan klo skr Yamaha membuat hal yang sama juga tidak mengagetkan karena mereka pun juga punya kapasitas itu. Yang membedakan keduanya cuma Sumber daya… Kebetulan saja Honda punya lebih besar dari Yamaha.

    Guest
  26. keren, semoga r1 lebih kompetitif pake ini 😀

    powervalve di motor 2 tak, yamaha dulu yang ngeluarin, honda akhirnya ikut2 juga di nsr nya. Tapi pastinya dengan model yang berbeda. Yah intinya bukan njiplak, tapi kalo ada teknologi yang lebih baik. Kenapa ga diikutin juga? Asal ada diferensiasi di modelnya, intinyaa sih sah2 aja. Ya toh :mrgreen:

    Guest
  27. Ya kita tahu selama ini fby egois. dulu waktu tim honda motogp pake swing arm terbalik di bilang niru yamaha. sekarang yamaha niru sistem kopling honda di bilang gak sama… walaupun gak sama tapi cara kerjanya sama tetap aja nyontek, d’massiv di cap plagiat padahal niru intronya doang

    Guest
  28. para fbh ini masih anak2 semua jadi gitu deh….
    tahunya hanya honda yang punya dual clucth jadi sekarang saat tahu yamaha juga punya, langsung dianggap jiplak…
    padahal tuh dual clucth yamaha udah dipatenkan dari tahun 2009, konstruksinya aja sangat berbeda. dan lagian klo itu jiplak, pastinya principal honda protes serta pihak yang ngurus paten pun gak akan menerima.
    lha…., principal honda aja gak protes, eh malah fbh-nya yang teriak2 protes…

    Guest
  29. lama2 nih para fbh juga bisa protes…yamaha jiplak honda pake ban bundar, atau yamaha jiplak honda bikin pabrik di indonesia, atau yamaha menjiplak honda karena yamaha ikut2an jualan motor…..

    hahahaha….. koplak….

    Guest
  30. @MasterOON
    emang lu pikir honda menciptakan teknologi dual clutch pertama kali ke VFR 1200F tahun berapa ?
    2008 !
    belum risetnya tahun kapan !
    Walaupun penempatan posisinya beda tapi cara kerjanya sama. Itu tetap namanya jiplak ! Dodol !

    Guest
  31. @ Predik yang anak2 kan dia… Gak tahu apa2 main jeplak, fby juga anak2 waktu honda niru swing arm doang mencelanya… Sampai serempak !
    padahal Yamaha udah bnyk niru honda mulai Abs, sistem kopling, 4 tak machine, dll

    Guest
  32. Honda dengan HRC memang sangat AHli dalam urusan Tekhnologi mesin motor, semua mengakui itu,
    tinggal seberapa pintar kompetitior seperti Yamaha mampu mengikuti lari HRC..

    Guest
  33. di awal kemunculan CBR 1000 2005 batang penghubung tuas persneling udah posisi vertikal sampe sekarang…eh R1 edisi 2009 juga meniru model yang sama alias sama2 vertikalnya tuh batang penghubungnya…bukan ngomporin emang ini kenyataanya. apa emang harus honda duluan yang nerapin trus keliatan enaknya trus yamaha ngikut?…hahahahaha
    satu lagi Model RC212v 2007 yang setengah bugil yang diterapin ke CBR 2008 juga akhirnya Yamaha R1 iktu2tan setengah bugil. pantengin tuh seputaran blok mesin kanan R1 yang ikut2 kebuka.hahahaha

    Guest
  34. @louis 92
    tapi mo niru gearnya honda mereka udah nyerah bos. wilco Zelenberg yang bilang…dia bilang sistem gearnya susah ditiru. akhirnya mereka konsen ke sektor lain.

    Guest
  35. ya wis lah… semua teknologi motor canggih milik honda semua, mau merk yamaha,suzuki,kawasaki,ducati,aprilia,KTM,BMW,Benelli, dll semua lewat ndak canggih dan njiplak honda semua heuheuhe… mau ngomong gitu aja kok repot. hahaha…

    Guest
  36. 98. kawanlama – April 25, 2011

    ya wis lah… semua teknologi motor canggih milik honda semua, mau merk yamaha,suzuki,kawasaki,ducati,aprilia,KTM,BMW,Benelli, dll semua lewat ndak canggih dan njiplak honda semua heuheuhe… mau ngomong gitu aja kok repot. hahaha…
    +++++++++++++++++++++++++++++++++
    ah gitu aja sewot…

    Guest
  37. 100. ÅHM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS – April 25, 2011

    dual cluth yamaha beda sama honda …yamaha kiri kanan honda satu sisi dobel …inget dnk deltabox yamaha di jiplak sama honda di ganti nama twin spar …gk sama honda aja tp semua merk motor kecuali ducati ..
    ============================
    yakin lo Deltabox yamaha duluan yg nerapin… ❓

    Guest
  38. hahahaha….
    yau udahlah….setuju sama kawanlama
    honda semua aja deh….
    semua pabrikan lain selain honda itu menjiplak honda….., termasuk tuh kanzen, bikin motor juga berarti menjiplak honda…

    koplak……

    Guest
  39. ÅHM = asli honda
    mahal a.k.a. OPER PRESSS mengatakan: April 25, 2011 pukul 4:02
    pm dual cluth yamaha beda
    sama honda …yamaha kiri kanan honda satu sisi
    dobel …inget dnk deltabox yamaha di jiplak sama
    honda di ganti nama twin
    spar …gk sama honda aja tp semua merk motor
    kecuali ducati ..

    ################################

    tuh kan apa ane bilang fby niru bodi aja di celanya serempak, giliran mesin bilang gak menjiplak !
    padahal gue terangin ibarat donal beda taburan…
    Walaupun bd posisi tapi cara kerja sama ya tetap di anggap menjiplak.

    Guest
  40. yah ngomong sama MasterOON emang susah.. Ngomong A pindah ke B, ngomong B pindah ke C,
    ya gitu terus… Jadi gila lama2… Ngatain orang koplak padahal dia sendiri yang koplak.

    Guest
  41. lovemybike mengatakan: April 25, 2011 pukul 4:30 pm ane tanya sekarang den, cara kerja
    motor secara general gimana sih
    sebenernya? kog bisa-bisanya bilang
    kalo cara kerja sama berarti njiplak?

    ______

    mekanisme kerjanya aja udh beda yamaha dual cluth kiri kanan honda di sebelah dobel …menjiplak tuh pinter2nya fbh yg iri …menjiplak tuh sama persis …kata pepatah bnyak jalan menuju roma …dasar fbh gelap mata n iri hati …

    Guest
  42. nah, menjiplak itu berarti sama persis. . . bener kata AHM. . . kalo cuma prinsip kerja yang sama ato cara kerja yang sama. . . semua motor 4 tak juga hampir sama. . .

    contoh nih, ada yang buat footstep racing. . . contohnya dulu pernah disinggung disini. . .

    2-2nya punya fungsi yang sama, tapi kan dari model, dari bahan. . . kalo beda ya ga bisa dikatakan menjiplak. . . kecuali dulu disini ada kasus, footstep yvr ditiru, bentuknya sama plek, terus dikasih label pake merk sendiri. . . n dijual ke pasaran umum. . . lha itu baru namanya menjiplak 😀

    Guest
  43. hahahahahahahaha…
    prinsip kerja sama = jiplak…wkwkwkwkwkwkwkwkwk…
    sekalian aja smua diprotes, prinsip mesin 4 tak = jiplak honda gk perduli mesin eropa maupun barat…
    POKOKE POKOKE POKOKE HONDA!!! HONDA HONDA HONDA!!!
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk…
    note:
    komentar yg nge bela-bela-in HONDA terlihat jelas berusaha menggiring pemikiran pembaca bawa HONDA adalah yg super terbaik…pdhl smakin dibela-bela smakin jelas pula ego ny pendukung HONDA yg ingin DOMINASI TOTAL di PEMIKIRAN PEMBACA bahwa HONDA adalah segala nya…KOPLAK bener wkwkwkwkwkwkwk…

    Guest
  44. @ ancok
    ya sama aja dong cok… sistim kerjanya aja sama..
    jadi ya Yamaha emang njiplak dual Clucth Honda cm pinternya ya di modif dikit, ya intinya sich sama,

    Guest
  45. @ love my bike perhatikan kata kata berikut ini.
    Kedua Poros (shaft) dari
    girbok diletakkan sejajar
    seperti yang bisa bro simak
    pada gambar di atas.
    Girbok Kopling yang
    pertama terdiri dari 74 input menggerakkan roda
    belakang Via gear ganjil
    (1,3,5) dan Kopling Kopling
    Kedua terdiri dari 75 input
    menggerakkan roda
    belakang Via gear Genap (2,4,6).

    Cara kerja dual clutch juga begitu 1 kopling menggerakan roda belakang di gear 1,3,5 dan kopling lainya menggerakan roda belakang di gear 2,4,6

    Guest
  46. udah2 mumpung fby strez macam masterOON, lemot rider, megipret dsb belum muncul ( habis ngomong sama mereka gak bakal nyambung )
    mending gini aja…
    honda dan yamaha saling tiru meniru, selama tidak ada pabrikan yang di rugikan itu tidak apa apa deal ?

    Guest
  47. yg jelas masih mendingan suzuki cari inovasi sendiri di banding yamaha(tukang jiplak).. dulu waktu ducati jadi motor terkencang di motogp yamaha kebakaran jenggot nuduh mesin ducati yang nggak-nggak akhirnya terbukti ducati legal(sah-sah saja karena tidak memakai cara yg ilegal atau melanggar peraturan) tp sayang yamaha tidak bisa njiplak ducati… giliran honda tercepat dan terkuat tahun ini yamaha kebakaran jenggot lagi,, nuduh honda make DCT,,, akhirnya mau ndak mau honda harus memaparkan mesin yg di gunakan,,akhirnya keluar gambar blok mesin beserta sistem kerjanya(hal ini langsung di manfaatkan yamaha untuk menjiplak teknologi tersebut..) alih-alih nuduh DCT karena yamaha penasaran pengen tahu dalemnya untuk di jiplak.. so bikin inovasi sendiri dong ,,, yamaha nggak kreatip!

    Guest
  48. wah, makin panas nich
    ayo terus keluarkan argumenmu kawan-kawan
    aku nyimak sajah …

    suport buat semuanya ….
    tetap jaga sopan santun ….

    * vote buat anak SMA …. xixixixi …

    :mrgreen: :mrgreen:

    Guest
  49. Buat dendy lagi…

    Kalo jiplak total ntar yamaha kena tuntut lagi… atas patennya DCT nya honda.. Kita tunggu beritanya kalo honda nggak nuntu berarti yamaha gak jiplak oke..

    Guest
  50. @ Ancok ya udah si cok, emang gue bilang apa fby di tiru sasis sama swing arm aja sampai koar2… Padahal sistem abs, Kopling ganda, dan 4 tak, injeksi yamaha juga ngikutin honda..
    @ crossplane
    sama dgn Honda waktu meniru swing arm dan sasis yamaha, yamaha tidak memprotes dan itu fair kan ?
    selama tidak merugikan anggap fair oke ?

    Guest
  51. di jepang yang nerapin mesin V engine honda ya… Yamaha ngikut tuh V max, trus injeksi honda duluan yamaha ngikut…. Sudah sama aja ngapain koar2

    Guest
  52. cinta itu buta, buta itu dimata. bagi siapa cinta buta dimata awas DI TIMPUK BATU BATA….mudah2 daku kaga salah forum… ini pasti forum diskusi cinta buta. YAKIN!

    Guest
  53. sekarang ane tanya ya den

    footstep racing merk A n merk B katakanlah. . . fungsinya sama, prinsip kerja sama (footstep pada umumnya lah, ada pijakan rem, tuas pemindah gigi). . . tapi modelnya beda, bentuknya beda, bahan pembuatnya juga beda. . . Sama-sama dipasarkan secara umum. Emang bisa merk A disebut plagiat merk B? mau di tuntut ke pengadilan sampe berbusa-busa pun ga bakalan disebut plagiat 😆

    Guest
  54. ya kan ane cuma pake analogi. . . kalo ga ada footstep lu naik motor juga gimana? setiap penemuan walopun sekecil apapun sudah sepatutnya dihargai lah. Ga cuma asal bacot2 plagiat tapi ga bisa bikin apa-apa. . . wkwkwk

    Guest
  55. gue yakin sistem krja kopling RCV Honda akan di contoh ama tean Yamaha, stelah itu sdikit di m0dif, truz koar2 kalo itu temuan mreka, dipatenkan jg.
    Dasar Yamaha malu2in.

    Guest
  56. ya kan ane cuma pake analogi. . . kalo ga ada footstep lu naik motor juga gimana? setiap penemuan walopun sekecil apapun sudah sepatutnya dihargai lah. Ga cuma asal ngomong2 plagiat tapi ga bisa bikin apa-apa. . . wkwkwk

    Guest
  57. Halah..yang paling jelas, dulu yamaha di sini cuma 2 tak..
    Akhirnya? Ikut2an 4 tak..
    Bukti mesin honda bandel? Masih sering lihat honda c70 thn 70an? Kalo yamaha 75 2tak? Udah g ada kalee..

    Guest
  58. Gini aja deh…
    Yang ciptain dan pertama kali pakai dual clutch bukan Honda.
    Jadi jelas Yamaha gak niru Honda.

    Yang menciptakan dan pertama kali pakai chassis deltabox & power valve di knalpot 2 Tak jelas Yamaha.
    Jadi sah kalau Honda dibilang jiplak Yamaha… 😛

    Guest
  59. @ wong ndeso

    jaman sekarang semakin lama motor 2 tak semakin ditinggalkan. . . ga cuma di Indonesia, tapi di dunia sekalipun

    jadi lu mau bilang kalo semua pabrikan motor di dunia ikut2an honda? 😀

    Guest
  60. @ kang haji

    wawakakakaka wkwkw k

    maaf kang haji

    para komengtator butuh hiburan menggelitik :mrgreen:

    kalo gak berkenan mohon diapus ajah …

    xixixixi ……. akh akh akh akh akh ….

    Guest
  61. yg jelas komen engineer yamaha motogp bkin gue ngakak,
    ‘kami sudah mempelajari cara kerja kopling Honda, kami bisa menerapkannya pd mtor kami, tp tdk bs sekuat Honda, tp kami tetap berusaha’

    Guest
  62. kang haji sepertinya ada yang pesta… Hm… Bau daging panggang fby dan daging goreng fbh bakar-bakaran… Wah ane ketinggalan.

    Guest
  63. Rossi pindah ke yamaha karena
    1. Rossi bosen di honda karena hrc tidak pernah memberi ijin masukan pembalap
    2. Bos HRC janji mau ngasih nsr 500 tapi gak di tepatin
    3. Ingin melakukan tantangan baru..
    makanya baca otobiografinya.. Dan kata Rossi motor paling indah NSR 500.

    Guest
  64. pijakan kaki aja dipatenin, sekarang teknologi contekan dari honda yg dimodiv juga dipatenin.
    ngisini ngisini tenan.

    Guest
  65. Aduh2,
    orang america, eropa, jpan, korea,dll yg slalu mikirin untuk membuat sesuatu yg bru kgk pusing dgn info ky gini. Bwt mereka info sprti ini ditanggapi sbgai kritik yg membangun. Dimana mungkin masih byk design yg lain hingga pemakaianny maksimal ato ada teknologi bru setelah penyempurnaan DTC tercapai.
    sedangkan kbnykan org di indo , banyakny komen ini itu, yg bisany cuma cari info di mbah google. Bsany cuma banggain prodk ini itu, nghina teknologi ini itu.
    Dah ja dripada pusing2 mikir buat bakar2an. Mendingan fbh, fby, fbk, fbs, fbt, fbb, dll menyatukan pikiran, gmana coba caranya bikin teknologi bwt ngalahin DTC, nah setelah didapat, lalu qta bikin motor lokal. Jdi pta g usah komen dgn tong kosong nyaring bunyinya. Komen songong nyaring kdngrnya.
    Maaf atas kata2 yg tdk brkenan. Mksdny hanya ingin mempersatukan indonesia, salam satu hati untuk berinovasi tiada henti sehingga menjadi semakin didepan.
    Piss all. 🙂

    Guest
  66. mesin vfr 1200 yg saat rpm
    rendah 2piston gk bekerja itu jg
    njiplak teknologi mobil …
    mobilnya merk apa ane gk tw …
    ada yg mw ksih tw …
    ================…………..WALAH COK ente nuduh ke merk yg sama. emang bener mobil. tp mobil yang kau tuduh itu sm2 hondanya…hahaha kesian deh lu mainan motor doang. HONDA ACCORD 3.0 2008. kalo yg versi 2.4 emang gak ada.silahkan d cek kalo paman loe punya.

    Guest
  67. 177. lovemybike – April 25, 2011

    @ wong ndeso

    jaman sekarang semakin lama motor 2 tak semakin ditinggalkan. . . ga cuma di Indonesia, tapi di dunia sekalipun

    jadi lu mau bilang kalo semua pabrikan motor di dunia ikut2an honda?
    =======================================
    saya ga bilang di dunia bro…
    tapi di Indonesia, gak usah jauh2 la…

    dulu ada yang ngomong vario gendut, ternyata laris, eh ditiru juga…
    lampu depan nyala otomatis, bilang yang pertama di Indonesia, ternyata Suzuki sudah duluan…
    terus ada matic pake bagasi kecil di depan, diejek mentok-mentok dengkul…eh ditiru juga…

    hihihi…

    Guest
  68. yang paling tukang jiplak dari semua adalah uDien kabayan…
    dia menjiplak wajah saya yang ganteng, mjiplak hidung saya yang mancung, bibir saya yang seksi, bodi saya yang atletis dll….
    tapi dia lupa menjilak mata saya yang keren dan tajam….
    makanya mata Udien belok…….

    hahahahaha…. :mrgreen:

    Guest
  69. oh ya aku mau nanya sama mas2 ato om2, ko bisa ya perpindahan giginya bisa cepat karna apa ya misal karna jarak yang dekat ato apa??? bisa dijelaskan????….please trimakasih….

    Guest
  70. @ masterXeon
    nyesel guwe jiplak muka ente :mrgreen:
    wkwkwkwkwkw

    @ virus
    bersin sih kagak tapi kok jagi cegukan
    glek .. guk guk guk … :mrgreen:

    Guest
  71. UDAH DECH SEKARANG MAH SALING JIPLAK MUKA SAJAH

    Virus njiplak muke louis
    louis njiplak muke operpress
    operpress njiplak muke dendy
    dendy njiplak muke lovemybike
    lovemybike njiplek muke wongndeso
    wongndeso njiplak CHM
    CHm njiplak Drajat Djati
    drajat djati njiplak thole
    thole njiplak udien
    udien njiplak masterXeon
    masterXeon njiplak byson …….
    dst …….

    wkwkwkwkwkw ……..

    Guest
  72. dah di bilangin Dual Clutch pertama tuh tukang insinyur mobil porche tahun 1983, kemudian honda motor honda meniru( bukan njiplak, kalo njiplak kayaknya kata2xnya kasar ) teknologi DCT pada motornya kemudian di ikuti motor yamaha yang meniru juga teknlogi DCT. jadi yamaha ndak njiplak honda begitu pula dengan honda tidak meniru teknologi mobil porche, mereka hanya memanfaatkan keunggulan teknologi tersebut dengan adaptasi ke motor masing2x. kalo di bilang yamaha menjiplak teknologi DCT Honda pastilah pihak Honda ga akan terima dan menuntut pabrikan Yamaha. sampai sekarang juga ndak ada tuh pihak Honda nuntut yamaha karena teknologi tersebut. karena memang bukan mereka yang memiliki hak patenya hahaha…..

    Guest
  73. lho kok dipatenin?
    bukannya Honda lebih dulu yg make dual cluth ini?
    yamaha bener2 kemaruk, teknologi nyontek kok yo dipatenin.
    bikin malu aja.

    Guest
  74. kayaknya maklum lah njiplak mulu.. lha wong pabriknya pada tutup jadi buat riset motor nggak ada duitnya ya jalan satu-satunya njiplak..tapi yang sangat lucu adalah abis njiplak di patenin..??

    Guest
  75. @Paidjo
    Bukan Honda bro yang lebih dulu make teknologi Dual Clutch/twin clutch/double clutch, tapi pertama kali di pake pada mobil porche yang buat race pada tahun 1983.kemudian dipakai secara masal pertama kali oleh Volkswagen dengan mobil VW Golf Mk4 R32. kemudian beberapa mobil merk lain juga pake seperti BMW,Chrysler, FIAT, General Motors, dan honda hanya mengadopsi teknologi tersebut sesuai design motor honda. pertama kali honda memakai teknologi dual clutch pada motor Honda VFR1200F oktober 2009. sedangkan yamaha baru sekarang ini. secara design beda tapi cara kerjanya mirip. honda berdampingan sedangkan pada yamaha terpisah. jadi ndak ada yang njiplak di sini.

    Guest
  76. Mr.Green
    Jangan gitu bro, lembaga yang mengeluarkan hak paten pasti ndak akan sembarangan mengeluarkan surat hak paten tersebut.sebagai contoh kecil saja spion motor yamaha memiliki ulir yang berbeda dengan motor merk lain yang bermanfaat ketika motor jatuh gagang spion gak akan patah atau minimal kerusakan dapat diminimalkan. bentuk spionya dan fungsinya sama tapi ada detail yang berbeda. nah detail inilah yang dipatenkan oleh yamaha. semoga bermanfaat

    Guest
  77. @kawanlama

    emang susah bro kalo ngadepin fanatik honda. . . mereka lagi seneng kata-kata baru, njiplak. . . yaudah setiap komen isinya njiplak, njiplak, dan njiplak, diulang-ulang mulu 😆

    Guest
  78. 224. uDien d’kab 234 – April 26, 2011

    UDAH DECH SEKARANG MAH SALING JIPLAK MUKA SAJAH

    Virus njiplak muke louis
    louis njiplak muke operpress
    operpress njiplak muke dendy
    dendy njiplak muke lovemybike
    lovemybike njiplek muke wongndeso
    wongndeso njiplak CHM
    CHm njiplak Drajat Djati
    drajat djati njiplak thole
    thole njiplak udien
    udien njiplak masterXeon
    masterXeon njiplak byson …….
    dst …….

    wkwkwkwkwkw ……..

    ===========================

    kok yang enak master xeon? dapet byson…

    protes…protes…

    masterxeon jiplak jaos

    hihihi

    Guest
  79. ane kok bingung ada yang ribut2 masalah DCT….
    bukannya dimana2 kerja DCT berdasarkan prinsip yang sama (satu unit kopling melayani gear genap dan unit yang lain melayani gear ganjil) tinggal gimana masing manufaktur ngembangin dimensi dan penempatan unit koplingnya… CMIIW

    Guest
  80. Kurang memuaskan,,,,,,
    Yamaha YZF R1 mengapa tidak menggunakan kopling hidrolik, seperti yang diterapkan untuk Ducati 1198 dan sejenisnya, atau seperti kopling hidrolik pada Yamaha YZR-M1 MotoGP?

    saya rasa tidak hanya terbatas pada persoalan harga, tapi juga tingkat presticious sekaligus kepuasan dan kenyamanan dalam berkendara… seperti pengalaman saya yang beberapa kali membeli dan mengendarai Yamaha YZF R1,, masih ada kekurangan pada sistem transmisi, pernah terpikir untuk memodifikasinya, tapi saya pikir bukan hasil yang memuaskan karna hanya modifikasi, selain prsoalan biaya, dan selisih harga yang tidak terlalu jauh, akhirnya kekurangan pada YZF R1 bisa terjawab setelah saya putuskan untuk membeli sport bike produk eropa ,seperti Ducati 1198 dengan kopling hidrolik yang hampir setiap hari saya kendarai.., walaupun pada dasarnya saya masih cinta dengan Yamaha YZF R1 🙂
    Jadi tidak harus sama seperti yang di terapkan pada YZR M1, kalau memang biaya pembuatanya mahal, tapi seperti kopling hidrolik yang di terapkan pada Ducati 1198 SP atau beberapa motor sejenis dengan sistem kopling hidrolik ,
    Sebagai strategi Yamaha dalam memproduksi motor baru, saya rasa akan cukup memuaskan sekaligus menggiring kiblat para pecinta sport bike, jika pada 2012 nanti, Yamaha YZF R1 dibuat dengan sistem kopling hidrolik.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.