Bro Sekalian, Menarik membahas apa yang dibisikan ke Mas Aziz Juragan warung DOHC, Yang menyebutkan Bahwa TVS Tormax yang akan dirilis nanti akan menggunakan Teknologi 3 Valve dengan tambahan switching Valve . . . hmmm tmcblog mencoba kembali berspekulasi sekaligus menerawang, Mungkinkah TVS tormax mengaplikasikan Teknologi dari TVS Flame Yakni 3 Valve CC VTi ?

3 Valve CC VTi (Controlled Combustion Variable Timing Intelligent) Merupakan sebuah Sistem Yang dikembangkan Oleh TVS bersama  AVL Austria. Pada Dasarnya sistem CC VTi ini memiliki 3 buah klep (valve) di ruang bakarnya, 2 Klep Intake dan 1 Klep exhaus. Akan tetapi 2 Klep intakenya ini berbeda jenis. Klep Intake jenis Pertama berjenis Swirl (pusaran) dan Klep Intake kedua berjenis Power.

Klep Berjenis Swirl akan menciptakan gerakan  pusaran dari campuran Udara-bbm pada Ruang Bakar yang dapat membuat Pembakaran lebih efesien dan sempurna Yang ujung ujungnya bisa menambah efesiensi pemakaian bahan bakar.  Nah Jika motor dijalankan dengan mode Power Throtel (ada tuas switching valveyang berada di setang sebelah kananKiri kata Mas Aziz) Maka Klep Power akan aktif dan menambah kuantitas campuran udara-bbm untuk menghasilkan Tenaga Yang lebih besar Lagi, akan tetapi tentu konsekuensi pemakaian bbm akan bertambah . . .

hmmm apa benar CC VTi yang akan dibenamkan di TVS Tormax 150? Kita lihat saja nanti di Event Tumplek Blek Medio Mei 2011, semoga berguna . . .

Taufik of BuitenZorg

59 COMMENTS

  1. hm…ad yg tau ini mesin tegak aba rebahan..? coz ane cri-cri info ny gk ad yg sebutin mesin tegak ato rebahan…
    sayang ya TVS gak jdiin model ayam jago…

    Guest
  2. @^^Mesinnya rebahan, berdasar penampakan spyshot dan juga penampakan Vertex150 di jcms.
    Sistem 2klep in dan 1klep ex, mengingatkan saya pada Hyosung bosowa Concorde.

    Guest
  3. high end technology yaa….
    sudah siapkah bengkel2 tvs di Indonesia..??

    mudah2an TORMAX meluncur bareng sama Apache 180 ABS…
    biar tambah bingung yang mau belanja motor…

    Guest
  4. @17. Endo
    menurut bisaikan yang masuk ke Mas Aziz sih begono mas bro

    @23. Virus
    menurut beberapa input yang masuk termasuk dari mas Aziz . . .mesinnya Horizontal mas

    @25. j4na
    tulisan ini murni hasil terawangan berdasarkan tulisan mas Aziz mas, gak ada input satupun mengenai CC VTi dari TVS, so ini murni spekulasi 😀

    Administrator
  5. lho ya jelas lah mx mah lewat (cc-nya) wong disinyalir si marun kang haji jg bakal lewat ini mah…(tp beda 1 klep ya?) xixixi…

    Guest
  6. kalo bentuknya kayak snapshot yg di Indie..gak tertarik, moga-moga bentuk lain,,dan lebih sporty..disinyalir kang taufik..masih punya foto yg lain dan masih banyak..nunggu orang penasaran..dulu.Dari kemarin ini bukan foto snapshoot tapi kiriman dari org dalem TVS..hayo ngaku

    Guest
  7. kelebihan motor ini sh mngkin vti-ny yh kyakny jdi anti knocking (bahan bakar meledak terlebih dahulu dari busi shga mesin tetep halus mski gonta-ganti bbm oktan yg beda2, timing pengapian bisa maju atw mundur otomatis sesuai kualitas bbmny, untuk mnghasilkan tenaga yg sama antara pemakaian bebgai jenis oktan bbmny, misal utk mnghasilkan tenaga 15 hp diperlukan konsumsi pertamax lbih sedikit dri pda premium alias lbih irit, mntep lgi klw msalny body motor sport batangan, spekny DOHC 4V-VTi fuel injection, radiator, forged piston, diasil cylinder harga gak lebih dri 18 juta, mauw.. bnget… lngsung indent dah… 😛 wduh sdh kyak mesin toyota mini nih hi.. hi.. :mrgreen:

    Guest
  8. 24. earphane – April 27, 2011

    @^^Mesinnya rebahan, berdasar penampakan spyshot dan juga penampakan Vertex150 di jcms.
    Sistem 2klep in dan 1klep ex, mengingatkan saya pada Hyosung bosowa Concorde.

    ========================
    Concorde, bebek yg roda belakangnya lebih kecil dari yg depan yak?
    Ketauan sampean termasuk angkatan tuwir termasuk saya. 😀

    Guest
  9. kalo misalnya powernya berkisar 13 HP,kyaknya sih itu data speknya salah (ato bahkan 13 hp hanya 2 valve yg terbuka,tp pda saat 3 valve,beda ceritanya bahkan mungkin bs 15,xx hp)

    yaa menambah inovasi bebek d Indonesia aja

    Guest
  10. @mas taufik, yg ku bisik kan kemaren switching-sekat / valve , muffler ada di tuas kiri * dibawah tuas choke 😀 bukan di tuas kanan 😀

    monggo dilanjut 😀

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here