jump to navigation

Kalo Mau Seragam AHO . . . emang Musti Tegas Kali Yeeee :) May 6, 2011

Posted by Taufik in : Safety Defensive Riding , trackback

Bro sekalian, sudah 3 Pabrikan tercatat tmcblog merilis motornya dengan sistem lampu depan Automatic headlight On (AHO) atau Yang bisa dikenal dengan istilah DRL (Daytime running Light). Yang menjadi Pionir adalah Suzuki dengan Axelo dan Hayate nya, Lalu diikuti Oleh Yamaha dengan varian New Jupiter Z nya dan yang terakhir Honda dengan Skutik Honda Spacynya. Akan tetapi IMHO Pabrikan Terlihat belum sepenuhnya ‘berani’ merilis motor barunya ber AHO semua . . . lho kenapa?

TMCBlog melihat di awal awal nya setiap pabrikan terlihat saling menunggu gerakan pabrikan lain untuk melakukan penetrasi. Setiap fitur atau teknologi yang akan diaplikasikan ke motor pastilah ada pemikiran marketingnya iya tho? walaupun belum cukup dianggap mewakili suara seluruh biker, Polling tmcblog.com mengenai AHO menyebutkan Mayoritas Responden Setuju DRL akan tetapi ingin tetap ada saklar lampu agar tetap ada pilihan . . . naaah gambaran ini tentu sedikit banyak akan menjadi pertanyaan bagi pabrikan yang sudah melakukan AHO kepada variannya

Pertanyaannya Apa? gini kira kira . ..

Lho Koq saya doang sendirian Yang produksi Motor ber-AHO, yang lain koq belom. Lha Gak adil dong kalo nanti calon konsumen saya pindah ke warung sebelah gara gara motor yang saya jual gak ada sklar lampunya . . . padahal saya kan malah mendukung program pemerintah “

Kegelisahan Pabrikan Ini ditambah Pula Oleh penerapan Peraturan AHO untuk roda dua Yang terkesan tidak Tegas di tingkat Lapangan. Program yang dicanangkan sudah Lama Ini belum memasuki tahap tindakan menyeluruh bagi para pengguna roda dua yang tidak menyalakan lampunya. Padahal tidak seperti masalah kebisingan Knalpot yang multi tafsir akan batas kebisingan . . . sinar lampu kan sangat Kasat mata . . . Pak Pulisi dengan Mudah dan Tanpa menafsirkan apapun dapat mengetahui dengan cepat siapa yang melangar dan mematuhi peraturan  . . . ditambah kekuatan payung hukum

Pasal 293 UULLAJ No. 22 tahun 2009 berbunyi mengendarai sepeda motor di jalan tidak menyalakan lampu utama pada siang hari akan dipidana kurungan 15 hari denda Rp 100.00

So menurut TMCBlog untuk mencapai keseragaman Prilaku Headlight On di Jalan secara menyeluruh harus dilakukan Penegasan di sluruh lini . . . Mulai dari lini produksi . . . misalnya dari Uji TPT, Pemerintah bisa saja memasukan variabel AHO sebagai variabel lulus atau tidaknya suatu Ujikelayakan sebuan calon kendaraan roda dua, sehingga semua pabrikan pasti akan melaksanakannya. yang kedua adalah Tegasnya aparat hukum dijalan dalam mengawal Peraturan ini, Yang ketiga tentu tidak henti hentinya terus melakukan pendidikan dan pencerahan kepada Pengguna Jalan akan Peraturan ini . . . segitu aja kotretan tmcblog mengenai DRL/AHO ini, silahkan share komentar bro semua . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Tags:,

Comments»

1. robywibisono - May 6, 2011

Yodium…

2. Speedy - May 6, 2011

Aho

3. robywibisono - May 6, 2011

Waw…

4. a12g4p5 - May 6, 2011

ya dah

5. iwan - May 6, 2011

Piaggio fly jg sdh AHO

6. Mas Yudie - May 6, 2011

10 besar ngga neh…

7. aryoningrat - May 6, 2011

10 GEDE

8. Andika - May 6, 2011

10 besar xixixi, baguslah memang harus tegas, agar tidak ada yang dirugikan…

9. Andri - May 6, 2011

ok

10. nanobiker - May 6, 2011

setujuh…. safety first

11. rifslank - May 6, 2011

(Pasal 293 UULLAJ No. 22 tahun 2009 berbunyi mengendarai sepeda motor di jalan tidak menyalakan lampu utama pada siang hari akan dipidana kurungan 15 hari denda Rp 100.00)
###
dendanya 100.00 rupiah aja pak haji?

12. E63'eNdhy - May 6, 2011

Bener banget it.pak polisi hrs lebih tegas lg menindak pengendara yg msh saja g nyala’in lampu.demi keselamatan pengendara yg lain.

13. ardiantoyugo - May 6, 2011

sekarang saya dukung AHO ah… dulu saya pas masih pakek revo gak menyalakan lampu ditrabrak sama jupiter burhan… :-( skarang lampu utama si orange juss tak nyalain terus, moga2 gak patah lagi nih tangan kanan gara2 head to head sama motor laen… lha udah dighips 3kali dalam 2,5taun… sebuah pencapaian besar :mrgreen:

14. Cicakmerah - May 6, 2011

setidaknya motor ane blm sempet AHO.. aye.. hidup bebas memilih..

15. ウィナ - May 6, 2011

msh byk pilihan yg ga dilengkapi aho :mrgreen:

16. Ego-Vixion - May 6, 2011

masuk,

17. Rudy SOUL - May 6, 2011

yang penting dari diri kita sendiri.meskipun mengaplikasi AHO bagi yang g suka paling juga akan dipasangi sklar sendiri,orang indonesia gitu lohh…!!!kreatif.

nitib :
http://rudy052.wordpress.com/2011/05/06/honda-new-megapro-dan-yamaha-byson-sama-sama-jelek-di-buntutnya/

18. arinugroho84 - May 6, 2011

saia dukung AHO,wong montor saia aja yg blm AHO lampu utama nyala terus pas siang. GO SAFETY RIDING! dimulai dr hal yg kecil

19. arc - May 6, 2011

Ora seneng aho.. Alay saja, di tgh kota macet masih pake lampu, pengalaman pribadi malah bikin silau, kopyor yang bikin peraturan, hidup di desa kali ya… Kalo dipake di daerah sepi malah setuju saya, untuk memberi sinyal ada kendaraan bermotor akan datang.. Long live saklar lampu!!! Buat yg BIKIN PERATURAN: Anda ke kantor naik motor???

20. absoluterevo - May 6, 2011

kenapa di namain AHO heran bener di jaman sekarang DPR juga yg bikin aturan mailnya komisi8@yahoo.com :cool:

21. absoluterevo - May 6, 2011

motorplus.com

22. absoluterevo - May 6, 2011

Dulu siang hari nyala lampu di tilang

23. scnk - May 6, 2011

siap mendukung :mrgreen:

24. ken arok - May 6, 2011

pake aho takut gak laku..nunggu pabrikan lain test pasar

bagi pengendara roda 4 pasti tau banget kalo aho amat penting dipake pada motor biar lebih keliatan…soalnya motor itu kecil///// aho dipake biar motor lebih keliatan bagi pengandara lain

25. oldrider - May 6, 2011

Dengan AHO gak ada lagi tilang masalah lampu…rider nyaman..gak mungkin lupa…

26. Megaprolama - May 6, 2011

Yg ngga mendukung orang yang ga punya pndidikan.lihat mtor d ngara maju,smua udah aho.ane juga ga suka aho.(silaw) tp ane dukung kbijakn itu.

27. tiyo 2010 - May 6, 2011

life is to choose…no aho no cry……Bob marley mode : on

28. daru vixionr15 - May 6, 2011

Setuju AHO bro. Apa sih artinya sebuah lampu dibandingkan dengan nyawa kita yang satu-satunya. Lampu kalo abis kan bisa beli lagi

29. daru vixionr15 - May 6, 2011

Kadang kalo dijalan saya suka dicela sama orang “beg*, lampunya nyala tuh” :mrgreen: #deardiary

30. daru vixionr15 - May 6, 2011

Terus kalo disekolah suka diledekin sama temen temen #deardiary :mrgreen:

31. daru vixionr15 - May 6, 2011

Oalah malah curhat

32. satrio - May 6, 2011

klo menurut ane jangan samakan dgn negara laen budaya kita beda brooooo ……….. di kampung g sopan klo ada orang lagi kumpul2 malem2 disorot karna kita g punya saklar masa dituntun….. saya setuju bila nyalain lampu di siang hari di jalan raya…… tapi masa harus aho ato maho ha ha ha……. yg harus di rubah kitanya yaitu kedisiplinan kita…… itu menurut ane

33. Smash Merah - May 6, 2011

28. satrio – Mei 6, 2011

klo menurut ane jangan samakan dgn negara laen budaya kita beda brooooo ……….. di kampung g sopan klo ada orang lagi kumpul2 malem2 disorot karna kita g punya saklar masa dituntun….. saya setuju bila nyalain lampu di siang hari di jalan raya…… tapi masa harus aho ato maho ha ha ha……. yg harus di rubah kitanya yaitu kedisiplinan kita…… itu menurut ane

======================================
Bener itu bro, tapi masalahnya susah buat ngubah kedisiplinan kita dijalan raya :lol: harus ditindak tegas dulu baru bisa disiplin :!:
coba liat di kebanyakan lampu merah motor2 pada ngeraksek maju lewatin garis putih & zebra cross, padahal lampu masih merah, apalagi kalo gada polis trus jalur depan yg lagi ijo rada sepi, kemungkinan besar dilibas itu lampu merah, makanya di-AHO-kan saja.. :lol:

34. #99 bro - May 6, 2011
35. satrio - May 6, 2011

tapi bagi ane tetep g greget ama aho……. andai air blade jadi keluar dimari dgn ahonya…… bakalan w rombak pake saklar……. andai lo ya….. la wong mongtornya aja blm ada aighihihihi

36. Mildut - May 6, 2011

Aho…celah buat pak polis untuk cari duit sampingan.kabooor!

37. Dradjad_Djati - May 6, 2011

setuju DRL tapi gak setuju AHO.

38. smartf41z - May 6, 2011
39. smartf41z - May 6, 2011
40. smartf41z - May 6, 2011
41. Dani Ramadian - May 6, 2011

Aq pribadi…
Setuju sama #32 Dradjad Djati
untung di rumah nggak ada yang AHO

:mrgreen:

42. ninja250holic - May 6, 2011

saya sangat setuju AHO cm… mgkin kekurangan.nya adalah…mungkin aki cpt abis… tapi gak masalah…. smnjak saya beli n250…. lampu motor saya nyalakan terus tiap saya riding mas haji… dan dah 2 tahun… nyala tiap jalan… mulai berkurang aki.nya (tapi yah normal sih cm berkurang sangat dikit)… mgkin klo saya beri gambaran dikit.. seandainya lampu sering di nyalakan n matikan… bisa memperpendek usia bohlam. … usia bohlam bisa pendek krn arus besar saat nyalakan pertama kali… krn tes usia pada lampu bohlam di lakukan terus menerus tanpa mati2.kan lampu….. istilahnya jika kita nyalakan lampu lewat saklar bohlam jadi kaget.. n memperpendek usia lampu. mennurut saya sprti itu.

(pegawai listrik yang masih harus belajar banyak)

43. Hendi - May 6, 2011

Nurut Aja Demi keselamatan…. Dukung aho

44. ウィナ - May 6, 2011

silahkan sj pabrikan berkampanye dgn aho,tp tetep like or dislike kembali ke konsumen,tetep ga suka aho selama sy hidup diindonesia

45. aditya - May 6, 2011
46. jakatimur - May 6, 2011

AHO = Anya Huntuk Oenderbone…. :D

47. ウィナ - May 6, 2011

nyangkut euy..

48. pororo - May 6, 2011

jadi inget spacy… koq mirip banget sama beAT, apa cuma buat tumbal klik byar ya?

praduga saya sih “pabrikan harus punya line up klik byar” liat aja, mana ada ATPM yg punya 2 lineup AHO.

nah, AHM milih mengeluarkan produk baru yg masih belum tentu untung untuk di tumbalkan…

ya tho?

49. Akbar - May 6, 2011

mampir sini bro…

> Ada Cerita Bikin Ngakak | sumpah lucu banget
> Gun Fire | kini hadir buat s60v3
> Stripes | tema yang supeer duper keren
> audio Cube | aplikasi lawas untu mengubah jenis
file amr ke mp3 dan lain2

Disini bro http://akbarn4.wordpress.com

50. powerpuffgirls - May 6, 2011

saya sih setuju adanya AHO..
secara ini juga demi keselamatan pengendara motor kan?
so,kenapa banyak yang ga setuju AHO sih?
Go Safety Riding bro..

51. jabul2 - May 6, 2011

masih aneh ada aja yang bilang aho itu menyilaukan… biasa aja itu mah… terlalu berlebihan..

52. EXYBAND - May 6, 2011

hmmm…
klo ane sih tetep dukung DRL karena safetynya.
tp klo AHO mending jgn deh…

ada tempat2 tertentu yg akan gak enak klo lampu tetep nyala.

53. Sapu Jagad - May 6, 2011

kalo pake AHO ngapain masih mendesain dengan lampu senja kayak JupieZ/Axelo? enggak fungsi tuh lampu senja..
Ngapain juga AHO mengikutsertakan lampu belakang nyala? kalo siang hari cerah mosok motor gak keliatan dari belakang?
fyi,kemarin temen nanya ke dealer Suzuki Kebon Jeruk (jl Panjang)Shogun Axelo kalo mau pasang saklar lampu garansi 3tahun (mesin dan kelistrikan) hangus.

54. avatarx - May 6, 2011

saya sih stuju saja.. Hanya saja perlu jg kampanye dri pihak terkait terutma kpolisisan mengenai pentinganya menyalakan lampu siang hari. jangan cuma pake UU…

update video EURO League:
http://bestsoccervideo.blogspot.com/2011/05/villrreal-3-2-fc-porto-porto-challenge.html

55. arsixty - May 6, 2011

yang harus diterapkan tu DRL atau AHO??
kalo DRL seh ga perlu AHO, tapi bisa dengan sosialisasi dan implementasi yang jelas..

56. jengki - May 6, 2011

ane setuju kalo siang hari lampu dinyalakan tapi ane sih tetep milih yg ada saklarnya mbah.. :D

kadang kalo di gang byk yg lagi duduk2 jg ga enak kalo lewat lampunya nyala.. :p

57. dave - May 6, 2011

mas taufik,, sehubungan dengan aho,,
kalo semisal dari sana nya tuh motor dah aho,,
tanpa ada sakelar buat matiin idupin,,
padahal mayoritas orang2 lebih suka aho,,
tapi ada sakelar gt,,
nah pertanyaan nya,,
bisa kah kita memodif motor yang aho tanpa sakelar di pakein sakelar gt?
ty..

58. pahaj - May 6, 2011

sebenernya Pasal 293 UULLAJ No. 22 tahun 2009 tidak harus dibarengi penerapan AHO di r2, itu masalah prilaku dan ketaatan berlalu lintas masing2 individu.
klo sayang nyawa,saat berkendara lampu utama tak lupa untuk dinyalakan.bila belok kiri atau kanan tak lupa nyalain lampu sein.bila lampu rem mati,segera untuk diperbaiki.
percuma juga bila motornya udah mengadopsi AHO tp lampu rem belakang mati tidak segera diperbaiki atau bila mau belok tidak menyalakan lampu sein.selain membahayakan diri sendiri yg pasti akan membahayakan pengendara lain.
(pengalaman pribadi,udah safety riding kadang orang lain yg membahayakn kita)

59. Mercon C FireBlade Rider - May 6, 2011

i hate AHO

60. smashrider - May 6, 2011

numpang komentar….gimana kalo switch untuk menyala/matikan lampu utama tetap ada, tapiii….saat pertama kali motor dihidupkan, lampu utama otomatis menyala. Jadi, pemakai motor masih punya pilihan untuk menyala/matikan lampu utamanya. Persoalannya, ini tentang etika/tenggang rasa saat memasuki area jalan kecil…misal; apa jadinya pas malam2 kita lewat gang sempit yang penuh orang nongkrong…apa ndak ribut..? cmiiw :D

61. ash - May 6, 2011

pdhal aho penting tuch…

62. uDien d'kab 234 - May 6, 2011

Setuju DRL gak setuju AHO

63. Semar - May 6, 2011

setuju AHO yang penting bukan MAHO

Keep Safety Riding

64. uDien d'kab 234 - May 6, 2011

@ Semar
MAHO kan Yamaha Honda …. :mrgreen:

65. zaqlutv - May 6, 2011

“Pasal 293 UULLAJ No. 22 tahun 2009 berbunyi mengendarai sepeda motor di jalan tidak menyalakan lampu utama pada siang hari akan dipidana kurungan 15 hari denda Rp 100.00″

masih rancu peraturan tertulisnya, bagaimana dengan jam 7:00 s/d 9:00 AM dan jam 4:00 s/d jam 6:00 PM atau pagi dan sore hari? :D

66. richie - May 6, 2011

Setuju Om taufik, sebelum produsen membuat produk yang sesuai dengan peraturan tentunya perlu ada ketegasan dahulu dari pemerintahnya, sebab klo hal tsb tidak tegas maka menjadi nge-blur

67. j4na - May 6, 2011
68. Ganz - May 6, 2011

napa gag senter sekalian yang taruh di motor?
atau lampu ph*lips yg terang terus ?
atau petromax wat lampu blakangnya ?
atau knalpot mu dikasi lampu juga?

nitip
http://ganzimaru.blogspot.com/2011/05/nouvo-disini-miris-disana-eksis.html

69. Ganz - May 6, 2011

??da yg bisa menjawab semua pertannyaan saya di atas ?????

70. rivafauziah - May 6, 2011

Keren Habis Bro…! Harusnya Produsen dapat Melihat ini semua sebagai Inpirasi..

Salam Blogger Indonesia

71. bajil - May 6, 2011

So menurut TMCBlog untuk mencapai keseragaman Prilaku Headlight On di Jalan secara menyeluruh harus dilakukan Penegasan di sluruh lini . . . Mulai dari lini produksi . . . misalnya dari Uji TPT, Pemerintah bisa saja memasukan variabel AHO sebagai variabel lulus atau tidaknya suatu Ujikelayakan sebuan calon kendaraan roda dua, sehingga semua pabrikan pasti akan melaksanakannya. yang kedua adalah Tegasnya aparat hukum dijalan dalam mengawal Peraturan ini, Yang ketiga tentu tidak henti hentinya terus melakukan pendidikan dan pencerahan kepada Pengguna Jalan akan Peraturan ini . . . segitu aja kotretan tmcblog mengenai DRL/AHO ini, silahkan share komentar bro semua . . . semoga berguna
=================================================SSetuju 1000% Pak Haji< kadang yang kita rasakan Pak Polisi Mod2an dalam menindak, kadang malah cocok dengan kondisi calender, awal bulan razia jarang, tengah bulan menuju akhir, peraturan sangat ketat.

72. darkXCD - May 6, 2011

Penting utk dievaluasi bg smua pembuat peraturan,apakah mnyalakan lampu siang hr terbukti mengurangi kecelakaan jalan raya,ketimbang membuat peraturan seleksi ketat dalam pembuatan surat ijin mengemudi(SIM);krn smuanya berbalik pd kesadaran pengendara.Mesti ditarik jg ketentuan mesti matikan lampu begitu lewat pos penjagaan bbrp instansi masa lewat pos mesti dorong motor kalo ber-AHO :)

73. kaskuser - May 6, 2011

direview lagi UU nya, cuaca diindonesia yg full cerah ceria day sepanjang tahun gak butuh2 amat AHO, beda sama negeri eropa yg sering berkabut, lagian kalo di jakarta jaraj antar kendarann cuman 10 centi-an karena macet mulu, masa gak keliatan???

74. kangmase - May 6, 2011

di jalan2 protokol dan jalan2 di kota besar penting, kalo di daerah ya beli yang ada saklarnya aja deh…

http://kangmase.wordpress.com/2011/05/06/kelas-kelas-atpm-penguasa-terjajah-bertahan-pendatang-baru/

75. boga vespa doang - May 6, 2011

kadang kita suka lupa apalagi kalo terburu2,,harusnya semua pabrikan motor kompakan pasang AHO,,biar nggak kena tilang lagi

76. Lauren Zoo - May 6, 2011

Ko spacy mirip Xeon yahh.. tapi lebih bagus Spacy dari keunggulannya.. hmm ambil Spacy akhhh…

77. zeky satriani - May 6, 2011

nyalain lampu siang hari..?? sungguh peraturan yg aneh..!!! keadaan begini..hrsnya berhemat…ga ada alasan..mubazir….

78. choirul - May 6, 2011

kalau saya juga lebih milih yang ada saklarnya… eman-eman….

salam hangat dari blogger UMY

79. ahhoi - May 6, 2011

setuju lampu nyala di siang hari.sudah kerasa bnyak manfaatnya.tapi jangan dibuat tanpa saklar lampu.untuk orang di daerah kampung,kalo masuk2 gang lampu ndak dimatikan,bisa kena marah sama orang.dianggap nggak sopan!pabrikan jgn asal ikut2 di luar negeri.laen daerah laen budaya.

80. D Y A Z - May 6, 2011

siang bolong udah terang….

eh ditambah lagi suruh nyalain lampu pada siang hari……

hmmmm…….

justru kalo siang hari lampu motor dinyalain, malah gak keliatan……

betul????? :-) :-) :-)

81. speedy - May 6, 2011

Ikut apa yg terbaik aja dah

82. suetoclub - May 7, 2011

Sudahlah sing penting onok saklare! motor2 yang lampunya wattnya besar bisa buat tekor aki kalau g ada saklarnya..apalagi yang g ada stater engkolnya..tambah tekor kalau g ada saklarnya..

83. suetoclub - May 7, 2011

Sudahlah sing penting onok saklare! motor2 yang lampunya wattnya besar bisa buat tekor aki kalau g ada saklarnya..apalagi yang g ada stater engkolnya..tambah tekor kalau g ada saklarnya..werr

84. ari - May 7, 2011

test ride.

85. ducchun - May 7, 2011

klo lagi uji sim lampu utama nyala juga ga yoo ???

86. adicuzzy coolrider fixer - May 7, 2011

kenapa gak lampu senjanya saja yg dihidupin tiap hari?
Tapi tetep setuju juga dgn DRL

87. Tristan - May 7, 2011

sebenarnya dilema juga buat pabrikan untuk menerapkan sistem AHO pada semua produknya karena tidak semua konsumen menyukai sistem AHO meskipun sudah ada Undang2 yang mengaturnya..
tp untuk Safety Riding yah seharusnya konsumen mendukung penerapan sistem AHO pada kendaraan yang digunakannya..

88. the.ant - May 7, 2011
89. idr - May 7, 2011

setuju

90. gogo - May 7, 2011

nantinya user yg memutuskan.. kamen rider kadang klo siang gak menyalain lampu motornya..

91. Rara - May 8, 2011

Jika smua ATPM sudah menerapkan AHO,tidak mungkin ada pelanggaran lg. Dan yg belum pake AHO,kembali lg pada pengendaranya. Selain penegasan dari pihak kepolisian,jg harus ada kesadaran diri dari pengendaranya.

92. KucayOVIC - May 9, 2011

Teknologi ini merupakan salah satu fitur untuk keselamatan berkendara yang baik, karena dipikir2 emang kalau kendaraan lain yang menyalakan lampu depannya lebih membuat waspada terhadap penggunanya, oke deh

93. Viola - May 9, 2011

Tul…klo gak dipaksa AHO motornya, gak bakal jalan-jalan tuh aturan…demi Safety Riding

94. Pangeran Diponegoro - May 10, 2011

Masalah AHO gk slesai2 spertinya…lanjut/…

95. paijo - May 10, 2011

bukannya ga mendukung programnya pemerintah nie cuma ane ampe sekarang masih suka bingung bin ga mudeng sebenernya tujuan dr nyalain lampu siang hari itu untuk apa bukankan hal yg kayak gitu malah hal yg ga guna lha wong siang hari itu panas bgt bin terang kok malah nyalain lampu itu kan namanya pemborosan pdhl kita disuruh hemat energi….

96. Mike Tison - June 27, 2012

Setuju saja wes … Nyalakan siang hari pas panas tang tang … Malam hari di matikan ….. Dijamin ” Nyahok ” deh !!!!



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: