Bro sekalian, tmcblog mensinyalir  Sepertinya Honda Masih akan Memainkan Strategy Beregu Pasca Munculnya Spacy. Makute opo mas? Bila kita melihat secara Kasat mata  ada beberapa Detail fisik yang benar benar di alamatkan untuk benteng bentengan dengan Yamaha Mio penguasa kelas Perorangan Skutik. Detail itu seperti warna Hijau, ground clearance yang direndahkan, dan Lampu di setang. Akan tetapi Strategy awal tidak dialamatkan untuk langsung mengovertake penjualan MIO . .. lho dasarnya apa mas?

Jadi Begini, Jika kita flashback data data distribusi motor di segmen skutik kita bisa lihat misalnya di Bulan Maret saja Yamaha Mio menurut data yang tmcblog dapatkan Via Pak edo rusyanto menguasai sekitar 63,5% dari 165 ribuan Unit . ..  Berarti Mio CW itu berhasil didistribusikan di atas 100 ribuan Unit pada bUlan kemarin (rerata sekitar 80-90rb), dan pada bulan bulan sebelumnya juga tidak jauh diangka tersebut. Sedangkan Honda Beat sekitar 70-80 ribuan Unit . . . Nahhh Spacy?

Menurut berita yang tmcblog dapat dari Proud to ride . . . Target Spacy hanya sekitar 25 ribu Unit Perbulan . . . lha sama ama Scoopy doong? Dari data ini lah muncul sinyalemen tmcblog banhwa hadirnya Spacy secara positioning belum diarahkan untuk  MENG-OVERTAKE Mio secara langsung dengan cara satu lawan satu. . . akan tetapi perilisan Spacy lebih dimaksutkan untuk ‘MENGGEROGOTI’ pangsa pasar mio dengan cara membuat sebuah unit yang secara fisik dan fungsional cukup kompetitif dengan penguasa Perorangan Skutik tersebut. Dengan Rongrongan ini diharapkan Kue market skutik Mio sedikit demi sedikit akan lompat ke kantong honda . .. logis nggak kira kira?

Ke depan bagaimana, Yaah sepertinya Honda akan selalu pasang mata dalam mengevaluasi Spacy ini, Jika memang responnya lebih baik dibanding Beat, Bukan tidak mungkin Posisinya akan menggantikan beat . . . nah evaluasi seperti ini sepertinya kemungkinan baru dapat kita simpulkan 4-6 Bulan kedepan, yaah Awal Tahun 2012 lah Positioning Spacy baru akan berubah, walaupun tetap saja, perubahan ditengah jalan sangat mungkin terjadi. . . naaah sekian dulu dah opini tmcblog . . . sekarang giliran bro semua dah yang beropini, silahkan share opini bro semua, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

140 COMMENTS

  1. Bagasi masuk helm dan tangki 5 liter memang inovasi yang cukup pintar ditengah kesulitan mensiasati produk entry level tanpa mengorbankan harga. Cuman AHO nya masih ragu, kecuali semua merk dan tipe benar2 kompak pake fitur ini .. termasuk kesadaran pengguna.

    Guest
  2. mantaaaaap, honda layak juara 1 setiap bulan. belum bulan bulan selanjutnya model baru lagi tambah cinta sama honda.

    Guest
  3. perseteruan pasar motor….. saya harap pertumbuhan minat pembeli, di imbangi dengan pesatnya kemajuan insfratruktur di indonesia, terutama di jakarta. supaya masyarakat dapat menikmati kendaraan barunya di atas jalan2 ibu kota yang emang WORTH untuk di pakai, gak kek kebanyakan sekarang. jalan ancur, macet, serabutan T_T

    Guest
  4. inget kan komentku :
    1) Spacy head to head dengan mio, beat melenggang sendirian
    2) Spacy dan beat ngeroyok mio secara head to head
    3) Spacy disiapkan untuk pengganti beat …
    4) Spaci melanggang sendirian, beat h to h dengan mio
    =======
    yang jelas, honda menggunakan strategy multy option, artinya ada rencana A, kalau rencana A gagal masuk rencana B dst….

    suatu strategy yang very smart karena fleksibel dan susah ditebak …. ( naagh kalau strategy yang beginian menurut Tsun Tzu apa ya disebutnya … :mrgreen: )

    Guest
  5. menurutku honda udah kayak super market (segala ada) dan terbukti super market lbh banyak pengunjungnya daripada mini market hahaha

    Guest
  6. @25 udien
    strategi model gitu modal nya kudu gede dan effort nya berat.
    soale kan semua jenis motor hrs disupport sm sparepart dan kesiapan mekanik dll deh

    @26 nhd
    gara2 nidji blm ngeluarin album baru kali ya 😀

    Guest
  7. bagi sbgian orang fitur SPACY sudah komplit, tapi justru penerapan AHO-nya bs menjadi bumerang. Ini ujian bagi SPACY dan HONDA. Saya lbih setuju pakai AHO tapi ada tombol sprti tombol klakson, setiap tombol ditekan lampu mati, tekanan dilepas otomatis lampu hidup lagi. Jd klo lewat gang yg ada orang2 lagi duduk tinggal tekan&tahan tombol.
    Mungkin ini bs mjd win win solution. Tujuan AHO tercapai tapi tetap menghargai budaya lokal yg ada di masyarakat.

    Guest
  8. @ udien thx tapi maap ane masih suka ma perempuan hehe

    Yamaha bener2 udah jadi Honda dah mantap jadi yamaha

    Guest
  9. dr gmbar pertama, AHM skrg ga berani bermain dgn warna2 cerah, skupi aja skrg warnanya cenderung gelap, vario skrg ga berani bermain diwarna hitam metalik yang ada hitam tapi silverstone, begitu juga spacy ini hijau gelap, beda ama yang dipake hijaunya yamaha, warnanya cerah & terkesan kinclong,, honda takut kelihatan bulukan kali yak? saya amati produk entry levelnya yamaha vega zr warnanya cerah & finishing catnya begitu rapi, saya liat warna vario, terkesan kusam yak,, wkwkwkwkwk 😆 😆 😆 😆

    Guest
  10. Tetep aja Mio is the Best, anak muda sekarang ditanya mau beli skutik apa? Jawabanya 99% pasti Mio 🙂
    63,5% dari pangsa pasar skutik bro, mantap!

    Guest
  11. honda berhati2 dlm mengeluarkan produknya, honda ingin mengetahui dulu respon pasar thd setiap motor barunya. setelah terlihat mulai diterima pasar dan permintaan banyak, baru deh mulai banyak dan next strategy adalah tentunya utk memenangkan pertempuran. dan yg dipilih honda adalah msh strategy beregu dgn menggelontorkan motor baru utk mengisi setiap lini. good strategy.

    Guest
  12. Napa gak 100% jawab Mio? Yg 1% pengennya mobil
    Napa pangsa pasar 63,5%? Yg 36,5% dibeliin ortu jd kagak bs milih sesuai selera 🙂

    Guest
  13. klo menurut ane wajar jika honda msh menggunakan strategy beregu, krn klo menyerang secara lgsg sang mio butuh effort yg besar & waktu yg tdk sebentar utk manaklukan mio. so…pelan2 tp pasti honda ingin memindahkan kue yg selama ini dimakan mio ke tangan honda. so…time will tell lagh…

    Guest
  14. 41. Luis – Mei 9, 2011

    Tetep aja Mio is the Best, anak muda sekarang ditanya mau beli skutik apa? Jawabanya 99% pasti Mio 🙂
    63,5% dari pangsa pasar skutik bro, mantap!
    ================================
    Itu doeloe……………….

    Guest
  15. @luis mio bentar lg dh koit…downgrade mulu…harga kgk turun. parah bgt…apa bln april ini msh no.1 dr mbah edo ampe yg lain blm nyuguhin perbulan..apa smua pd dibyr ymh. yaaa. cz cuma 280rb jk dibagi2 mio dpt brp?

    Guest
  16. @ kang haji Jadi Begini, Jika kita flashback data data distribusi motor di segmen skutik kita bisa lihat misalnya di Bulan Maret saja Yamaha Mio menurut data yang tmcblog dapatkan Via Pak edo rusyanto menguasai sekitar 63,5% dari 165 ribuan Unit . .. Berarti Mio CW itu berhasil didistribusikan di atas 100 ribuan Unit pada bUlan kemarin (rerata sekitar 80-90rb), dan pada bulan bulan sebelumnya juga tidak jauh diangka tersebut. Sedangkan Honda Beat sekitar 70-80 ribuan Unit . . . Nahhh Spacy?
    =================================
    kang.. kalo mio 100ribuan, beat 70-80 ribuan,
    sementara total 165 ribuan… yang lain berapa yah?

    Guest
  17. mksdnya 63% dr penjualan skutik yamaha. bukan keseluruhan atpm. sekolah gk si.?
    baca lg deh blogny kang edo. dan itu pun data maret bkn april.

    Guest
  18. @Luis, Q kalo suruh milih skutik g bakalan milih mio, walaupun itu dulu waktu skutik masih awal2. Q milihnya kalo g vario y skywave, mio menurutq kurang fitur dan desainnya aja pas-pasan. Apalagi sekarang dimana pilihan skutik bertebaran, lebih banyak pilihan skutik yang JAAUUUH lebih baik dari mio

    Guest
  19. bener-bener yamaha hiatus dulu….gak ada gosipnya pula….gimana nih intel warung ijo!? emang yamaha gak ada respon sama sekali…wah bakal gak rame nih persaingan r2 tahun 2011 ini…

    Guest
  20. emang gak ada matinya nih Honda slalu dan slalu berikan sesuatu yg berbeda utk para konsumen, banyak pilihan lgi nih bro:) 🙂

    apapun itu Honda tetap konsisten dgn mrka slalu mngerti n memberikan apa yg konsumen mau

    Ditunggu Honda Spacynya ,,,,, Ayoo buruan

    Guest
  21. 42. thole – Mei 9, 2011

    dr gmbar pertama, AHM skrg ga berani bermain dgn warna2 cerah, skupi aja skrg warnanya cenderung gelap, vario skrg ga berani bermain diwarna hitam metalik yang ada hitam tapi silverstone, begitu juga spacy ini hijau gelap, beda ama yang dipake hijaunya yamaha, warnanya cerah & terkesan kinclong,, honda takut kelihatan bulukan kali yak? saya amati produk entry levelnya yamaha vega zr warnanya cerah & finishing catnya begitu rapi, saya liat warna vario, terkesan kusam yak,, wkwkwkwkwk 😆 😆 😆 😆
    ========
    komene bulukan …. olok-olok-olok-olok … :mrgreen:

    Guest
  22. kang haji…..terrnyata pric spacy di solo beda jauh dengan pric rilis resmi AHM….ane tadi ke dealer dikasih pric cash spacy spoke 12,750 jeti….nie strategi pric yang mane ya kang…..

    Taufik:
    Yang kemarin dirilis kan Harga OTR untuk DKI mas
    so kalau daerah lain tentu sangat dimungkinkan berbeda
    karena tetap ada biaya transportasi dan perbedaan bea balik nama di setiap daerah, cmiiw

    Guest
  23. kang haji…..terrnyata price spacy di solo beda jauh dengan harga rilis resmi AHM….ane tadi ke dealer dikasih price cash spacy spoke jeti….nie strategi price yang mane ya kang…..

    Guest
  24. ada yang bisa jawab gak? kok kenapa di level entry, skutik honda tidak bikin yang ada injeksinya? malah ngelengkapin model…apa gak bisa bikin skuter injeksi yang murah?

    Guest
  25. 62. tukang underestimed.. – Mei 9, 2011

    kok ya sulit bener ya ngalahin mio….?
    ==============================
    Harus sabar, nanti KO juga si Mio.
    Dulu digdaya di total penjualan, akhirnya runtuh juga. Nah, sebentar lagi akan runtuh juga di perorangan. kita tunggu saja.

    Guest
  26. yg hadiah 1 ember itu masih punya daya tarik besar banget buat memancing orang ngebeli mio……

    Guest
  27. jadi kepingin “Spacy” nih buat operasional istri, lebih ok kayaknya, full feature, fresh design, lumayan irit. hmmm …

    Guest
  28. 63,5% Mio Only 🙂
    36,5% bagi2 dah, xeon, vario, beat, scoopy, spin, skywave, anak bawang (spacy, hayate) dsb

    Mau ngalahin Mio?! Please deh, day dreaming 🙂

    Guest
  29. @luiz : Tetep aja Mio is the Best, anak muda sekarang ditanya mau beli skutik apa? Jawabanya 99% pasti Mio 🙂
    63,5% dari pangsa pasar skutik bro, mantap!

    ====================================================
    apakah ini hasil riset yg bisa dipertanggungjawabkan? 🙂 biar pun.. saya tetep cinta honda… 🙂

    Guest
  30. bagasi gede dah banyak malah kuno..liat aja skywave dan kymco..coba isi bensinnya gak perlu buka jok…kasihan nyonya ama anak kudu turun dulu..apalagi kalo lebaran mudik bawa buntelan banyak…skutik jepang kuno…liat aja fitur kymco…

    Guest
  31. kok kayaknya AHM butuh effort yang besar ya untuk mengalahkan si kecil Mio yang katrok, jadul, ga safety,minim fitur.padahal produk matic AHM lebih Ok dari Si Mio ini… mungkin Mio sebelum di jual YMKI di pasangi susuk biar pada kepincut milih Mio hehehe…

    Guest
  32. 76. Luis – Mei 9, 2011
    63,5% Mio Only
    36,5% bagi2 dah, xeon, vario, beat, scoopy, spin, skywave, anak bawang (spacy, hayate) dsb

    ————————
    63,5% Mio Only, total penjulan skutik yamaha
    bukan total penjukalan skutik seluruh merk, coba cek lagi ke pak edo

    Guest
  33. 76. Luis – Mei 9, 2011

    63,5% Mio Only 🙂
    36,5% bagi2 dah, xeon, vario, beat, scoopy, spin, skywave, anak bawang (spacy, hayate) dsb

    Mau ngalahin Mio?! Please deh, day dreaming
    ==========================
    Tunggu saja, mimpi akan segera jadi kenyataan. Mio selama ini hanya mengandalkan lampu di stang. Dengan hadirnya spacy, mau apalagi yang dibanggakan. Siap-siap lengser secara perorangan setelah lengser secara beregu.

    Guest
  34. Daftar komengtator ganteng :
    1) maRio devan ( kata bojone )
    2) Onthel ( kata emaknya )
    3) mercon A ( kata gacoannya )
    4) thole ( kata emaknya )
    5) jaos ( kata udien )
    6) masterXeon ( kata luis )
    7) anCok ( gak tau kata siapa dia ganteng ) :mrgreen:

    * permisi ada warung buat ngumpet …

    Guest
  35. yah mio cuma ketolong first mover dan hadiah 2 M aja.
    kalau enggak mana ada sih yg mau beli produk ketinggalan jaman spt itu.
    iya tho?

    Guest
  36. Dri bbrpa responden yg ku survey lingkup kecil (20 orng)
    Mio vs spacy vs beat vs soul vs sccopy vs spin =
    8 orng pilih mio, 5 orng pilih scoopy, 3 orng pilih beat , 3 orng pilih spacy, 1 orng pilih soul, spin ngga ada…
    Kenapa orng pilih mio padahal teknologinya kalah dibnding rivalnya jawabannya :
    Orang suka mio karena bentuknya…diseinnya…ramping simpel , modis , sporty , tapi ngga norak…dibanding lainnya gendut , ngga ramping, norak, kurang modis.
    Trus penempatan wrna striping mio lebih enak di lihat di bnding lainnya…
    Itu yg membuat mio masih bertahan sampai sekarang…hal ini terbukti matic mio tak tergeser meskipun byk pilihan yg lain…Balik lagi ke selera konsumen…
    fakta tak terbantahkan konsumen melihat pertama dri :
    1 . Disein.
    2 . Warna.(trmasuk striping)
    3 . Mesin.
    4 . Fitur.
    5 . Harga.

    Guest
  37. yg beli mio karena ngarepin undian hadiah 2 Miliarnya doank,.
    kalau gak dapet ya monggo ditarik leasing.
    mangkanya motor2 mio tarikan paling banyak.

    Guest
  38. @ 76. Luis – Mei 9, 2011

    63,5% Mio Only 🙂
    36,5% bagi2 dah, xeon, vario, beat, scoopy, spin, skywave, anak bawang (spacy, hayate) dsb

    Mau ngalahin Mio?! Please deh, day dreaming

    =================

    xixixi…

    baca lebih teliti om…

    63.5% itu se Yamaha, bukan se Indonesia…

    Guest
  39. H ma Y mulu yg dibhas kang,merk laen kmana,misal FU dg striping baru yg katanya udah AHO ya kang?

    Guest
  40. hahahhaaa…
    kalau lihat desain mio dan spacy diatas, weleh… weleh… weleh….
    mi Djyadoel meong jadi kelihatan c*lun banget…..!!

    Guest
  41. kadang heran aja masih ada aja yg beli prodyk jyadoel ewul2 spt meong.
    ane aja dikasih aja ogah kok.

    Guest
  42. istri ane juga pengen beli mio padahal dah dibilangin ada yang baru spicy mungkin di mindset cewek cewek mio lebih keren ga peduli fitur segala macem

    Guest
  43. spacy seakan mengisi celah sepasi antara beat dan vario. jika dilihat modelnya lampu mirip mio, sein mirip spin.. lampu blakang mirip pcx. bodi sebesar skydrive. jadi segment pasarnya luas

    Guest
  44. 81. Luis – Mei 9, 2011

    63,5% Mio Only 🙂
    36,5% bagi2 dah, xeon, vario, beat, scoopy, spin, skywave, anak bawang (spacy, hayate) dsb

    Mau ngalahin Mio?! Please deh, day dreaming 🙂
    ====================================================
    65% itu kontribusi mio utk varian skutik dari yamaha Bro.
    Kalau total market matik kontribusi mio cm 28% sedangkan beat 26,69%, Vartek 12,96%, mio soul 9,5% dan Scoopy 6,6%. Jarak mio dg beat semakin tipis

    Guest
  45. masih ada aja yg beli mio.

    konsumen dikasih produk mahal yg minim teknologi dan fitur kok bangga.
    kalau ane sih maluuuu……..!!

    Guest
  46. memang bener sih kalau udah lihat skutik2nya Honda yg keren2 terus lihat skutiknya yamaha…. ampuuuuunnn… deh…….. ketinggalan banget……….!!

    Guest
  47. 90% ibu2 penjemput anak pake matic. Msq udah emak2, ane ogah make. Ga keren. Tinggal tarik, nyelonong! Hiii…

    Guest
  48. AHM gk karuan kalo dah ngamuk, mau ngerajain pasar skutik kudu modal banyak.ckckck, bangun pabrik lagi, ngeluarin produk. tapi harus di imbangi dengan kualitas nih. knp orang2 pilih mio termasuk saya :D, dari segi fitur emg jauh bgt dibandingin produk Honda, kalo ngomongin irit, biasa aja menurut saya, 3thn pake mio dengan riding style econo(ngurut gripgas) gak akan beda jauh dengan keiritannya produk AHM,dari desain head to head dgn beat kalah jauh desain beat. mio itu simple tdk byk lekukan, dan walaupun shock mio belakang agak keras karena posisi shock tdk seperti produk AHM yg derajat kemiringan lebih agak rebah, dan kalau pelek mio cpt goyang karena diliat sih kayanya pelek mio tdk mencaplok rmh tromol sepenuhnya seperti produk AHM coba dicermati rata2 produk AHM velgnya menutupi semua rmh tromol>dan keunggulan mio jok nya mantap empuk kaya spring bad beda dengan produk AHM jok nya kaya kasur kapuk 😀

    Guest
  49. @Luis 47….
    Ditempat lu emang mio laku kalee, ditempat gua mah, dahh pada dijualin….BOROOSSSS…dah pada lari ke HONDA AMA SUZUKI…beli spacy dapet BCL mau dong….

    Guest
  50. mio 63% dari penjualan skutik nasional…menyesatkan…. setahu saya matik sudah dikuasai Honda 4 bulan berturut2 jadi segede2 MSnya mio tidak sampai 50 %

    Guest
  51. kang haji…..terrnyata price spacy di solo beda jauh dengan harga rilis resmi AHM….ane tadi ke dealer dikasih price cash spacy spoke 12,750 jeti….nie strategi price yang mane ya kang…..

    Guest
  52. 123. Yanda – Mei 10, 2011
    ==========================
    Bagaimana kalau dibandingkan dengan Spacy? Masih adakah kelebihan mio?

    Guest
  53. 124. 1st – Mei 10, 2011

    mio 63% dari penjualan skutik nasional…menyesatkan…. setahu saya matik sudah dikuasai Honda 4 bulan berturut2 jadi segede2 MSnya mio tidak sampai 50 %
    =======================
    Siapa sebenarnya yang memelintir data itu bahwa mio menguasai pasar matik sampai 65%?
    Sebenarnya data itu kan sudah jelas bahwa Mio menguasai 65% pasar skutik yamaha. Jadi sudah jelas bahwa Soul dan Xeon kurang laku. Tanpa mio, YMKI bisa kewalahan. Karena itulah AHM berusaha keras menumbangkan si mio ini dalam juara perorangan.

    Guest
  54. 124. 1st – Mei 10, 2011

    mio 63% dari penjualan skutik nasional…menyesatkan…. setahu saya matik sudah dikuasai Honda 4 bulan berturut2 jadi segede2 MSnya mio tidak sampai 50 %
    =========================
    Sambail bernyani : Oh… my darling. Oh…my darling. Oh.. my darling…sekarang.
    Sekarang….oh my darling. Oh..my darling sekarng.
    Bapake TB mode on

    Guest
  55. Kalau di lampu merah, ada beat, ada scoopy, ada vartec, ada Spacy, teruas diantaranya ada Mio. Gumam yang punya mio,:”Haduh motorku kok jadul amat.” Trus gumam yang lain, “Motor tahun berapa, masih dipelihara, kok gak blenger (bosen).”

    Guest
  56. ahhhhh,,,,,,,,,beli spacy ahhhhhhhhhhh,,enak lg klo gwe bawa anak tinggal di masukin ke bagasi,,i love spacy,,,,,

    Guest
  57. komendari konsumen kritis, bukan FBY/FBH/FBS/FBK

    Melihat yamaha sekarang persis ngelihat honda pas dulu, nguasain pasar bebek dengan motor yang pas2an menurut Q. yaitu Supra and Legenda padahal di 2 pabrikan lain ada Shogun n Jupiter. mereka cuma ngandalin penguna fanatik, jadinya dulu benci bgt ma yg namanya honda. sekarang kebalik skutik mio yg cuma kayak gitu aja jadi nomor 1. padahal g punya kelebihan apa2.
    sekarang di rumah udah ada Vario ama Mio jadi bisa langsung bandingin mana yg enak mana yg g. ortu beli mio karena udah kadung ikut arisan yamaha kediri, Q kaget juga kenapa beli mio, ternyata terpaksa, ya udah mo digimanain lagi.
    Vega ZR juga cuma gitu2 aja minim fitur, untungnya g menang. Kalo di sport 150 harus diakui saat ini yamaha lebih unggul dari honda

    Guest
  58. Dah kbanyakan ga sabar juga lho konsumen nunggu spacy nya…
    Di t4 ku padahal blum launcing tp dah pada nanya.
    Hurry up…

    Guest
  59. korban pertama spacy udh pasti beat, karena bikin beat jd jadul karena seharusnya metik ya kaya spacy ga cungkring gilani.

    Guest
  60. @130. nhd
    Bagaimana kalau dibandingkan dengan Spacy? Masih adakah kelebihan mio?
    ====================================================
    bandingin apanya neh, bukannya spacy cuma ganti baju aja,secara platform mesin sami mawon sm beat dan scoopy, kalo fitur ya kan saya sdh jabarkan skutik honda unggul dr Yamaha, ckckckck. jangan merasa produk yang anda agung2kan lebih baik dari produk yang lain, 3thn AHM launching beat untuk menaklukan mio kenyataannya sampe dibantu dgn scoopy pun blm bisa menumbangkan, jadi setiap produk ada +- minus, model desain relatif masbro, mio itu seperti sepatu canvas merk converse walaupun jadul msh byk yg minat,

    Guest
  61. duh,,,,,,,,,yg pda pke yamaha marahh,,sabar,,sabar,,,broww,,,semua trgantung masing2 peminat tp klo gwe ya tetap honda nmr satu,,,smua motrnya irit,,,,,,,

    Guest
  62. Skalian ikutan manasin ban aaah…
    Setahu ane, data2 yang dirilis itu data distribusi AISI, ga ada pabrikan yang mau buka2an berapa yang terjual di ritel (yang punya data ini cuma Polri – berdasarkan STNK baru). jadi kalo mo menang2an share ya gampaaang, bikin aja motor yang banyak.
    Berdasarkan berita dari temen ane yang nyari alternatif buka BeRes untuk invest, untuk buka AHASS di jakarta udah di stop karena jumlahnya udah kebanyakan & jadi bisnis yang ga sehat, di lain sisi pembukaan dealer Yamaha lebih murah & terus gas poooollll… Kesimpulan sementara berdasarkan terawangan : impact dari persaingan ini ada di dealer2 yang dipaksa nelen itu stock. janganlah dealer2 dibuat jadi “gudang” untuk nimbun stock, apalagi dealer udah bayar tuh stock ke pabrikan..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here