Bro sekalian, Melihat persaingan Market roda dua pada bulan ke empat-April Tahun fiskal 2011 kemarin hampir mirip dengan apa Yang terjadi di MotoGP sampai seri Estoril kemarin. Pada data distribusi kendaraan Roda dua Yang terangkum oleh AISI Total seluruh kendaraan yang terdistribusi adalah 705.226 Unit. Honda Memuncaki perolehan dengan 370.467 Unit diikuti Yamaha 286.179 Unit, Suzuki 39.621 Unit, Kawasaki 7.379 Unit, TVS 1.562 Unit dan Kanzen 62 Unit.

🙄 Market share Sktik Januari-april 2011, sumber Edo Rusyanto

Kajayaan Honda memuncaki statistik distribusi total penjualan tidak dibarengi dengan kesempurnaan keunggulan masing masing Unitnya untuk menguasai setiap segmen. Menurut data data sahih yang tmcblog referensikan ke Pak Edo Rusyanto, Dua diantara Segmen yang sudah jelas datanya adalah Di Segmen Sport Yamaha V-Ixion masih mendominasi diikuti Honda new Megapro, Di segmen Skutik Yamaha Mio masih menjadi raja diikuti oleh Honda beat . ..  sedangkan di bebek masih menunggu hitung hitungan yang akan di rilis pak edo

🙄 Klasemen MotoGP sampai race Estoril 2011

Naaaa  . . . ini mirip MotoGP tho? sampai estoril kemarin Honda mengantungi nilai 132 Point sedangkan yamaha Factory racing 75 Point. Akan tetapi jika dilihat perorangan Jorge Lorenzo sebagai Pembalap Yamaha mengantongi Nilai tertinggi di Klasemen pembalap dengan 65 Point diikuti Oleh Pedrosa dengan 61 Point.

🙄 Market share Sport April 2011

Kalo dilihat Gaya nya pun baik di market penjualan indonesia dan Strategi tim juga mirip mirip. Yamaha Menggunakan Line Up yang tidak banyak sedangkan Honda mengeluarkan jurus serangan Gabungan . . . Contoh aja Skutik Yamaha Cuma Punya 3 Varian sedangkan Honda memiliki paling tidak memiliki 6 Varian,  Sehingga di skutik  Honda Juara Segmen, namun secara perorangan Yamaha Mio Yang Merajai naaagh mirip mirip Strategi MotoGP juga tho . . . ?

Akan tetapi Jika di akhir Musim MotoGP Honda bisa menjuarai Klasemen Pabrikan/konstruktor tanpa menempatkan pembalapnya menjadi Juara Dunia, IMHO disinyalir titel juara Konstruktor akan terasa hambaar. Begitu Juga di Market . . . agak gimana githu rasanya kalo nanti faktanya secara perorangan yang menguasai motor sport tetep V-Ixion dan Skutik tetep Mio CW. Oleh Karena itu baik di MotoGP dan di Manufacture War Honda sepertinya tetep berkeinginan tampil baik sebagai Juara total maupun Juara Perorangan. . . . He he he bagaimana menurut Bro sekalian? semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

124 COMMENTS

  1. keren kang analisanya emg bener seperti di arena motogp, HOHE msh bertarung sendirian melawan gempuran rider repsol honda,layaknya mio sporty CW digempur habis2an, mio soul seperti ben spies msh angin2an :D,

  2. heran nya lagi masih banyak berseliweran mio dgn plat no baru, 05.16 gitu…..weleh2.. memang inget skutik ya mio gitu kayaknya….

  3. intinya Honda aharus menang telak dari Yamaha,lawong main kroyokan!!!piss bro..!!!

    Skutik Honda ada 8 pilihan.

    Beat,Vario,Vario tecno cbs,Vario non cbs.Spacy cw,Spacy Spok,scoopy,PCX.

    Skutik Yamaha ada 4 Pilihan.

    Mio cw,Mio spok,mio soul,Xeon.

    jadi wajarlah Honda menang,menang ora kondang kalah ngisin ngisini!!

    piss lagi.

  4. YMKI=mini market jualannya sedikit ,klo AHM=super market jualannya banyak ,dari segi keuntungan jelas LEBIH UNTUNG SUPER MARKET ( modal besar untung besar) hehehehe….nyambung ga y

  5. tampaknya tinggal menunggu waktu saja Honda akan menggusur Yamaha untuk menjadi raja di tiap unit sepeda motor, keluarnya Spacy dan new CBR150 akan menjadi momok menakutkan bagi Yamaha.
    Begitu juga di motoGP, kemenangan Pedrosa atas Lorenzo di Estoril akan membuat Honda semakin kuat utk menempatkan pembalapnya sebagai juara dunia motoGp.
    Semoga Yamaha ngga Pasraah…., semoga

  6. honda dah kebelet mau menguasai pasar secara keseluruhan 😀

    tapi mudah2an makin gencarnya yamaha dan honda sebaiknya di ikuti pelayanan service yang memuaskan, dan spare part yang terjangkau hehehe…

  7. Kalau spacy bisa menggoda calon konsumen mio, yang mengharap lampu di stang, bisa ladi lap 10 atau akhir lap beat atau bahkan spacy akan ngacir meninggalkan mio.

  8. tunggu tunggu,
    hitung nilai pabrikan itu gimana sih?
    setahu saia, nilai pabrikan tuh sama nilainya dengan nilai pembalap, jadi diambil motor merk itu posisi terdepannya aja.
    misal estoril kemarin daped no 1, nilai honda jd 25
    jlo no 2, nilai yamaha 20. motor lain dg merk sama dibelakangnya gak dihitung

    imho sptnya dari total 3 race maksimal nilai pabrikan yg bisa didapat itu cuma 75 deh
    cmiiw ya kang opik, setahu saia begitu lho

  9. sejak akhir 2009 ane udah heran, mio kok msh laku.. ane pikir pasar uda jenuh..
    lah ini dah lewat april 2011 masih aja ngangkangin yg lain..!! :hammer:

    anna molly, anna molly..
    (Incubus mode on)

  10. ^^^

    yang bicara klasemen konstruktor.
    poin di ambil dari rider terdepan dari sebuah pabrikan.
    honda berpeluang juara konstruktor dengan banyaknya pembalap yang berpeluang juara seri.
    honda sekarang unggul dengan 70 poin dari 2x juara seri (pedro & stoner) dan 1x runner up, yamaha 65 poin dari 1x juara seri dan 2x runner up.

  11. mantab deh honda, :mrgreen: tapi penjualan per segmen masih dipegang yamaha, bebek vega zr, skutik mio cw, sport v-ixion, betik lexam,, hahaha :mrgreen:

    betul kayaknya taun ini taunnya honda, taun depan taun yamaha,, biarkan saja honda berkreasi taun ini, melepas seluruh amunisi, tapi ditaun depan nanti saat konsumen mulai jenuh dengan bombardir produk honda, sebaliknya yamaha akan menembahkan amunisinya satu2, so waspadalah, hahahahahah :mrgreen:

  12. menurut saya sudah betul langkah yamaha, biarkan honda dengan euforia produk2 barunya, ingat.!! air pasang itu pasti ada surutnya, begitu juga dengan honda, tak mungkin dia akan terus2an ngeluarin produk baru, karna taun depan saya yakin cuma facelift facelift dan ganti striping,, disaat itu yamaha barulah menyerang,, kuncinya waspada & sabar,, startegi honda gelontor produk hanya akan bertahan dlm jangka pendek saja,, setelah itu lama lama jenuh konsumen hahahaha :mrgreen:

  13. Gak setuju dg pola pikir “gebyah uyah” (generalisasi). Belum tentu klo Honda variannya lebih sedikit otomatis lakunya lebih sedikit atau klo Yamaha variannya ditambah otomatis lakunya lebih banyak. Byk pembeli karena faktor merk motor. Misal orang yg suka Yamaha mau beli metik dan skrg hanya ada 4 varian, mau gak mau dia hrus pilih salah satu diantara 4 varian, klo Yamaha tmbah 2 varian sangat mungkin pangsa pasar Mio ikut termakan. Klo Honda hnya ada Vario dan Beat, bisa aja Beat lebih tinggi penjualanya dari Mio..

  14. 36. icaq’s – Mei 10, 2011

    bukti bahwa secara individual produk2 honda gak ada yg fenomenal…..artinya biasa saja. IMHO
    ============================
    Atau sebaliknya, bukti bahwa produk Yamaha memang gak ada pilihan, konsumen terpaksa beli itu-itu saja. Kasihan konsumen yang sudah setia.

  15. Pa kbr Suzuki dan pabrikan laennya???? kok adem ayem sj blom terlihat jurus maut tuk ikut rebutan TELOR DADAR! xixixixxix….ayo dong yang laen ikutan br, biar para SUMO perang, perang produk…perang harga…perang pelayanan! so kita si KANCIL ini bisa diuntungkan!

  16. 2 kata, GAK KAGET

    Knp?lha personilnya bnyak,sperti ducati,yaa gak kaget,apalagi tim utama punya 3 pembalap

    Udah terlihat hasilnya,dbanding yamaha yg cuman punya 4 personil

  17. Mas Taufik,

    kliatannya buat team standing perlu di revisi, berdasarkan keputusan dorna utk repsol honda yg memiliki 3 pembalap yg dihitung hanya dua pembalap yg teratas dan terendah, jadi dovi plus pedrosa total 91, biar fair dengan yg lain.

  18. Modal gede kalah ya malu2in orang sejagad..
    modal kecil bisa bikin repot yang punya modal gede itu baru kerennnn…xixi

  19. yamaha emang tangguh
    tapi kalau memang jago gak usah cengeng
    mau dikeroyok mau 1 to 1, lawan ajah
    kok para fby jadi pada cengeng yah … :mrgreen:

    * lpg gelundung ….

  20. berarti ymki belom waktu nya nelorin yzf dong ya?
    vixion nya masi ranking 1,, 😛
    nti kalo dah mulai kalah pamor,,
    baru d kalang kabut,, 😛
    ayo maju terus pabrikan motor,,
    mo honda, yamaha, suzuki, kawasaki, dsb,,
    tapi saia ga terlalu suka kalo motor terlalu laku,,
    rider nya parah,, seruduk2 bawa nya,,
    ngelawan aturan mulu,, bikin macet aja,, 🙁
    begitu jg mobil,, makin macet aja neh jkt,,
    padahal saia belom beli motor atopun mobil,,
    dah penuh gini,, 🙁
    curcol mode on.. 😆

  21. memang antara motogp dan penjualan sepertinya ada korelasi pada tahun 2011 khususnya di indonesia, ntah kalau di negeri antah berantah …

    untuk tahun 2010 tentu berbeda, walaupun secara statistik yamaha mengalami peningkatan secara di motogp yamaha juga menjuarai baik pembalap maupun team standing … tapi di penjualan honda menguasai team standing dan juara di kelas bebek (wek wek wek) :mrgreen:

    yang cukup mengherankan adalah justru si jurdu yamaha di tahun 2011 ini tidak mendapatkan suport sponsor utama di motogp … mungkin hengkangnya rossi yang jadi penyebab ….

    so, kita lihat ke depan, apakah lorengso mampu bertahan dari gempuran para rider honda ???? kalau lorengso sampai melorot maka kemungkinan yamaha akan semakin melorot juga celananya eh penjualannya di tahun 2011 …. (maaf terpengaruh rider tua nich, but bukan kemproh lho) :mrgreen:

  22. Masalah varian Honda lebih banyak itu kan tergantung dari pabrikanya, kalo produsen mampu memproduksi dan konsumen merespond dengan baik…
    So,ga ada salahnya….yang penting tetap bersaing secara sehat n profesional aja.
    Bener ga bro?

  23. Honda memang juaranya,,
    apalagi kalau CBR n Spacy nongol,, bakalan tambah ramai aja nii,,
    konsumen jga smakin banyak pilihan,,

  24. rikues dong… selama ini selalu dari segi kuantitas..
    padahal, 2 mega pro kan bisa dapet 3 vega, n sebaliknya 2 vixi bisa dapet 3 revo fit. belum lagi kalo diliat dari iklan, ternyata honda juga butuh biaya yg lebih gede buat ngiklanin variannya yg lebih byk

  25. gak lama lagi mio akan keok ama spacy…
    gw yakin banget tuh..
    begitu juga vixion akan keok ama cbr150

  26. makanya kalo bikin iklan yang sopan…
    jangan jelek jelekin produk tetangga sebelah..
    kena batunya tuh yamaha
    gw yakin banget spacy akan jauh meninggalkan mio dalam waktu deket…
    so masyarakat main pinter

  27. @komenuDien..
    yang cengeng itu yg kalah terus lapor ke bapaknya..
    bapaknya nggak ada kakaknya yg maju….
    masih tetep kalah se-RT maju semua dueh…

    betul..betul..betul..

  28. Vixi&Mio masih gagah perkasa
    Sayap masih tetap dengan strategi Kroyokan
    3 matic yamaha di kroyok 6 matic sayap
    Ckckckckckckckck

  29. Saudara dikampung abis panen pingin beli skutik, pesannya: “cari Mio yg asli ya, jangan yg palsu…”
    Waktu ane bawa beat dia tanya: “ini mio honda ya”
    Yg asli ya Yamaha… Hehehe

  30. 91. jonas – Mei 10, 2011
    ===========================
    Kalau yang bro bawa Spacy, saya yakin dia akan mengatakan, “Mio honda lebih kere,ya, bannya lebih gede. Pilih ini saja deh”.

  31. ada yang kurang pas Kang haji dg perumpamaannya dan data yg ditampilkan
    khan Honda juga juara di segment bebek 125cc, 110cc, dan matic
    kalo perumpamaan yamaha juara di kelas sport dimana v-ixion sebagai juaranya betul
    tapi kalo di kelas matik, gak bisa dipecah cuma BeAT vs Mio saja, kenapa gak disodorkan Xeon vs Vario, atau kenapa gak ditampilkan di kelas bebeknya(revo vs vega zr)???
    maaf biar demi menjaga objektifitas warung ini

  32. selisih point lorenzo vs pedrosa “semakin tipis”,,,,sm dgn market mio cw_vs_beat cw,,,,persaingan yg mantaaab.

  33. 89. scnk
    semoga yamaha kuat meng hadapi cobaan ini {baca kroyokan} :mrgreen:
    =====================
    ada yg mulai hengkang tuh …. :mrgreen:

    ups… lpg-ku gelundung ….

  34. @94. edeng
    yup sampeyan betullll
    semua tergantung sudut pandang perumpamaan saja
    kalo saya lebih luas persegmen motor
    kalo panjenengan lebih sempit berdasarkan cc .. . yup nggak ada yang salah

  35. Oh…oh…oh…saya yakin mio tdk akan jd raja tahun ini, lihat aja stok mio didealer yamaha numpuk sampai kesulitan ditaruh dimana, hanya karena takut kehilangan singgahsana ditumpuk didealer ujung2nya bulan okt-nov-des pasti drop distribusi mio. Untuk zr hanya menang dibulan maret karena absolut revo ganti model jd distribusi dibulan maret untuk menghabiskan stok lama, untuk bulan april dan sterusnya normal lagi dan zr kwsapu lagi.

  36. Yamaha bilang “yang lain semakin pasrah”. Ngomong-ngomong yg pasrah kayanya Yamaha deh, karena putus asa tak mampu menaklukan Honda. Biar bagaimanapun Honda tetap sang raja. Mau bukti Lihat aja, selain jago bikin motor Honda juga jago bikin mobil, dibanding yamaha yg baru mampu bikin motor doang.

  37. honda selalu juara nie…selalu menguasai semua segment..variantnya banyak gmna konsumen g pngen bli motor honda, selain itu udah trkenal irit dan mudah perawatanya lagi. honda emang sudah brada di hati banyak masyarakat.

  38. kaga bisa diragukan lagi emng HONDA bro pantas jadi juara , seeeeeepp dah pokoke 🙂 🙂

    selain honda slalu memberikan yg terbaru n honda juga slalu mngerti dgn apa maunya konsumen.

    Honda selalu dihati kita semua
    🙂 🙂 🙂

  39. hehe..he.he, to know the unknown, biar melek tuh konsumen tetangga, kalau ahm sdh mulai mainkan produk globalnya apa mungkin kompetitornya masih berani pasang iklan semakin didepan. tayangan ilkan yg lain tidak bisa ngikutin dan bebek belur aja nggak berani ditayangin lagi, takut kena batunya kali. saya yakin penjualan mongtor honda mulai tahun ini akan berjaya lagi di indonesia.
    mestinya tuh ada survey pengguna motor (penggunanya : usia, pendidikan, penghasilan, pekerjaan / motornya : merk, jenis, cbu, ckd, cc) biar lebih to know the unknown.

  40. Kadang bingung liat persaingan antara AHM sama YMKI.
    Tapi suka atau tidak, dominasi AHM selama puluhan tahun harus tergerus pasarnya oleh YMKI yang dulu lebih dikenal sebagai produsen alat musik dan sampai hari ini masih saja ada oknum yang menyindir YMKI sebagai penjual alat musik mau melawan AHM.
    Dengan begitu banayk VArian dari AHM baik itu sport, bebek maupun matix, YMKI juga demikian, sangat disayangkan kalau dlam persaingan ini ada blackcampain. karena walaupun bagaimana, semua diserahkan ke konsumen, karena di Indonesia ini ada istilah apa ya…… sedikit lupa. Itu lho fanatisme terhadap sesuatu, kalao disini kita bicara merek motor, ada yang fanatik dengan AHM, orang ini akan beli apapun variannya yang penting merek AHM, begitu juga yang fanatik dengan YMKI, bisa beli MIO beli, bisa beli Vixi beli walau ada merek lain yang menurut opini publik merek a begini merek b begini. tinggal strategi kedua pabrikan, bagaimana memanjakan fanatisme konsumen ini.
    masalah irit atau tidak, itu tinggal gaya ridingnya. AHM terkenal irit katanya, YMKI boros katanya… tapi walaupun ini bukan mewakili kondisi secara umum, saya akan ceritakan sedikit. Harian saya paka VGZR jarak pondk gede – kebayoran lama PP 60Km bensin 15ribu/2hr, suatu hari ada motor ahm varian Revo baru datang suruh coba, saya pakai PP 3hr berturut, dan gaya riding VGZR saya terapkan di revo, saya harus isi tipa hari 10rb.
    boros atau irit tentu relatif disini, karena kalau speed rata2 60km/h tentu akan beda konsumsi bbmnya dibanding yang lari di 80km/h
    tapi kedua merek diatas saya pakai dengan gaya yang sama ternyata saya harus mengeluarkan kocek lebih banyak untuk Revonya AHM.

  41. waduh yg Kanzen ko cuma 69 unit saja dalam setahun….bahkan dibeberapa tempat masih jualan stock tahun pembuatan 2008…semoga Kanzen bisa memperbaiki dari segala sisi supaya…jaya di negeri sendiri……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here