About these ads
jump to navigation

DIY : Ngecat Rear Hugger si Marun V-Ixion Mei 11, 2011

Posted by Taufik in Ngoprek motor.
Tags: , , , ,
trackback

Bro sekalian, seperti kita ketahui si marun Yamaha V-Ixion akhirnya dipasangi rear hugger plastik yang berharga 69 ribu, silahkan baca artikelnya di sini. Nah setelah di pasang, koq aspek beautificationnya tersa kurang nendang yah? yup disinyalir warna hitam menjadikannya kurang eye catching. So akhirnya tmcblog pasang rencana sedikit memberikan aksen warna pada rear Hugger ini, warna nya apa .. . ya tentu merah marun lah xixixixi, so dimulailah project iseng bin amatiran ini.

:roll: amplas duco bagian yang akan di beri warna

Referensi bentuk pengecatan adalah rear hugger si Ijo yang meng-kombain warna Hitam dan Hijau. Nah setelah yakin daerah mana yang mau di cat, Yang pertama kali dilakukan adalah mengampelas bagian yang akan di cat dengan ampelas duco yang anti air dengan kondisi basah. Lalu setelah pengapelasan merata, rear hugger di keringkan  sampai kering merata, setelah kering terlihat hasil pengampelasan.

:roll: keringkan dan tutup bagian yang tidak diberi warna

Lalu setelah itu dilakukan pemisahan di daerah pertemuan Plastik yang akan di cat dan plastik yang dibiarkan hitam. Bagian plastik yang dibiarkan hitam diselimuti kertas dan perekatan di plastik menggunakan selotip. Setelah itu tmcblog melakukan pengecatan dasar menggunakan spray cat gas bermerk RJays Warna Putih No 40

:roll: cat instan yang tmcblog gunakan

l

:roll: di cat dasar putih

:roll: setelah kering, timpa pake cat merah

Setelah cat di jemur selama 15 menit barudeh tmcblog timpa itu cat dasar dengan Spray Cat bermerk PILOX warna Metalic Red No 1707.  Sepengelihatan tmcblog sih, warna ini cukup dekat dengan warna si marun yang merah marun. Pengecatan warna merah metalik ini dilakukan 2 kali dengan jeda masing masing pengecatan adalah 30 menit.

:roll: setelah lapisan kertas dibuka

:roll: setelah dipasang di simarun

Setelah pengecatan selesai proses pengeringan cat dilakukan di bawah teriknya siang hari selama 1 Jam. Setelah itu selimut kertas dibuka dan menyisakan ‘kiwa’ Hitam dan Merah marun yang cukup rapi walaupun tidak serapi semprotan Jagoan air brusher tentunya :mrgreen: . Setelah itu baru deh ini rear Hugger di aplikasikan kembali ke Simarun dan . . . hmmm lumayan lah warna merah metalicnya cukup masuk ke warna motor dan fairing R15 nya si marun . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

About these ads

Komentar»

1. agunk_ae - Mei 11, 2011

1

2. agunk_ae - Mei 11, 2011

2

3. agunk_ae - Mei 11, 2011

3

4. monde - Mei 11, 2011

5 menit 2 artikel…. tarik mangggg

5. agunk_ae - Mei 11, 2011

Lumayan jg pke axis…
Tidur lg ah…

6. agunk_ae - Mei 11, 2011

Habisin skalian

7. agunk_ae - Mei 11, 2011

Sepiii

8. si botax - Mei 11, 2011

Limaaax

9. agunk_ae - Mei 11, 2011

Apik.. apik.. apik..
Pinjem istilah dr PBNJ

10. Rudy SOUL - Mei 11, 2011

bagusn tetep hitam pak!!!IMHO

11. monde - Mei 11, 2011

biar kinclong semprot lg dgn yg gak berwarna itu namanya apa ya.. clear atau apalah :lupa:

12. yudibatang - Mei 11, 2011

cat dasarnya lebih bagus pake yang silver gan, warnanya jadi percis maroon :D

13. biker 46 - Mei 11, 2011

ada si marun yamaha
ada si ijo kawasaki
ada si pinky honda
emang blogger sejati

14. gandhor - Mei 11, 2011

Naksir ama fairingnya r15,… dapet dari mana kang haji… ??????

15. kurnia1prorider - Mei 11, 2011

selamat pagi

16. EXYBAND - Mei 11, 2011

hmmm…
kreatif banget sih kang…
jd pengen ngikut…
xixixiii…

17. owi - Mei 11, 2011

rear hugernya jadi keren tuh kang, tapi lebih keren lagi fairingnya itu loh hehehehehehe:D

18. Yanda - Mei 11, 2011

kok gak di semprotpernis lagi kang biar kinclong :D

19. yb - Mei 11, 2011
20. EXYBAND - Mei 11, 2011

hmmm…

knp gak dicat semua aja kang?

kayaknya lebih nendang deh klo dicat semua…

21. Kyoghi - Mei 11, 2011

not bad, pantas dicoba nie………:)

22. nabra - Mei 11, 2011

komeng jam 3 pagi, not bad…

23. sof - Mei 11, 2011

Mantabzzz kang…tinggal kursinya di belah jadi R125 kang…:) :)

24. *pembaca - Mei 11, 2011

mmm…DIY,FYI artinya apa p@k haji??
pertanyaan lain yang belum saya mengerti akan menyusul* :smile:

25. heru_nurcahy - Mei 11, 2011

mantab.com

26. warungbaksosabar - Mei 11, 2011

makin manteb

27. ADI7MCG - Mei 11, 2011

Dua Lima…..

28. rahasia - Mei 11, 2011

@pembaca: DIY = Do it yourself :)

29. daru vixionr15 - Mei 11, 2011

Makin keren

30. j4na - Mei 11, 2011
31. Ego-Vixion - Mei 11, 2011

ah, vixi gue juga mau digituin
he, he, he, , ,

32. yuwono - Mei 11, 2011
33. Taufik - Mei 11, 2011

@12. yudibatang
wah ingpoh menarik mas, tapi adanya putih tuh, itu juga cat sisa ngecet sepedah anak anak :mrgreen:

@14. gandhor
beli mas hampir setahun yang lalu langsung dari negri asalnya :)

@18. Yanda
pengennya begono, tapi cat pernis nya habis xixiixxi

@20. EXYBAND
nyamain si ijo aja, two tone mas bro :D

@23. sof
tar nungguin R15 yang baru xixixixixixi

@30. j4na
iyah yang gampang di cari aja

34. onomenulis - Mei 11, 2011

mas masih ada yg kurang… FINISHINGNYA.
bisa pake PYLOX clear coat… 2 lapis dengan jeda 1 jam per lapis disinyalir bikin kinclong! :mrgreen:

35. Indra - Mei 11, 2011

Keren kang, ijin copas di MX ane yah…(ngomong2 msh ada sisa piloxnya ga neh..heee)

36. gasspoll - Mei 11, 2011

sip nambah keren si maroon nya

37. bagoes - Mei 11, 2011

hadeuh… fairingnya masih menyilaukan :)

38. boga vespa doang - Mei 11, 2011

kalo mas topik punya vespa kolot,,manthef dah bener2 blogger sejati

39. 2strokers - Mei 11, 2011

Gak cari Rear Hugger original new YZFR15 aja kang haji…biar matching dgn Fairing depannya .. hehe :D

40. uDien d'kabayan 234 - Mei 11, 2011

cakep kang haji …

* ntar kalau ada waktu minta dicentin mongtor sayah yah …. xixixi

41. mercon - Mei 11, 2011

bang opik, untuk warna merahnya, kalau bener2 mau mirip si marun, pake pilox (nipon paint) dengan kode warna : 08 + 1580 YAMAHA RED (tertulis di tutup cat), tapi sebelumnya harus diberi cat dasar silver white,,, untuk finishing,, jangan lupa di beri clear gloss biar tambah kinclong,,

semoga berguna,,, :)

42. satriafu150 - Mei 11, 2011

Nais inpoh kang….

43. Taufik - Mei 11, 2011

@35. Indra
putihnya tinggal dikit, merahnya masih banyaaaaak :D

@38. boga vespa doang
gak punya kang, tapi saya pertama kali belajar motor yaa . . . vespa almarhum Pak Lek saya

@39. 2strokers
ada ya? wah ketinggalan dulu berarti xixiixxi
tapi gak apa2 ini aja mas, low budget soale :mrgreen:

@41. mercon
yup makasih mas bro, itu sekenanya aja soale xixixixi.
sebenarnya kalo yang mau paling deket ya pake Cargloss warna Oem Yamaha

@40. uDien d’kabayan 234
motor yang manah, kan motor pak camat belom sayah lepas
*ngelap motor pak camat

44. Rei - Mei 11, 2011

dasarannya harus nya pake silver metallic lebih oke,dan difinishing dengan RJ CLEAR COAT

45. dave - Mei 11, 2011

foto terakhir nya malah jadi kurang keliatan tuh rear hugger nya,, lebih keliatan depan nya doang,,
imho harus nya poto dari samping,, :D

46. asmarantaka - Mei 11, 2011
47. raiderobie - Mei 11, 2011

striping ori vixion nya sengaja tetep dipertahankan y pak bro?

48. Abu Tanisha - Mei 11, 2011

tambah ganteng aja nih marunnya

49. damhar - Mei 11, 2011

setahu saya kang,
untuk pengecatan panel plastik, dasarannya pake yg namanya PP Primer,
kalo ngecat panel besi atau plastik ABS, dasarannya pake Epoxy/surfacer,
setelah dasaran (primer) kering, diamplas halus (pake amplas nomor 1000 keatas) pake air, dikeringin, baru dicat dengan warna yg diinginkan.
Terakhir pake cat clear..kalo mau kinclong ya di compound, terus di polish, dan diakhiri dgn wax supaya awet kinclongnya

Yaa, itu sih setahu ane bang opik, masih belajaran juga sih… yg penting hasilnya bagus, awet catnya dan kepuasannya itu lho :smile: ya nggak bang?

50. penggemar ninja - Mei 11, 2011

beda emang klo ” biker” sama yg pemakaian harian..:)

terawat motornya..

keren

51. billbull - Mei 11, 2011

Mas Taufik. Fairing si maroon koq warna hitam? dari sono nya hitam atau sengaja dibuat warna hitam?

52. gogo - Mei 11, 2011

kreatif dah, perlu dicoba..

53. SuRyA - Mei 11, 2011

Ga dilapis pernisnya kang biar awet?

http://www.dk8000.co.nr

54. Racing_Spirit - Mei 11, 2011

kreatif banget kang….

55. *pembaca - Mei 11, 2011

28. rahasia – Mei 11, 2011
@pembaca: DIY = Do it yourself
==============================
makasih bro……dapet ilmu lagiii :smile:

56. ayis - Mei 11, 2011

saya sudah aplikasikan warna pilox 1707, tapi beda jauh dengan maroon vixi T_T

Buat agan2 saya mau tanya.. kok di pakai clear makin burem. trus gi mana cara supaya mengkilap kayak cat pabrikan (bukan air brush)

57. awan - Mei 12, 2011

pertanyaan dasar nih om, kenapa harus diamplas dulu?
kalo rear hugger-nya masih baru kan masih mulus, atau kalo gak diamplas catnya gak bisa nempel? Trus satu lagi pemilihan warna dasar itu emang harus warna putih ya om? Bisa gak langsung aja dicat warna merah dengan hasil yg sama cakepnya? Thanks ya om Taufik.

58. leksam - Mei 12, 2011

om saya newbie..

1. kalau cat dasarnya saya pake Epoxy boleh tidak?
2. Kalau setelah cat merah kering, bisa tidak diaplikasikan Clear coat..?

sumuhun… :)

59. leksam - Mei 12, 2011

wah postingan saya kelihatan bahwa posting tanpa baca dulu… dimarahi bonsai ini … :)

60. kangmase - Mei 16, 2011

lumayan tuh…

61. donkus - Mei 17, 2011

kang, beli cat RJ-London dimana ya? kyk nya jarang liat merk itu…
bagus mana antara cat merk PILOX ato MTR ato RJ-LONDON?
kalo mau cat slincer knalpot cocoknya pake cat merk apa ya?

62. Bison - Desember 2, 2011

Kang, apa rear hugger shark / replika shark bisa mengatasi masalah cipratan air di kaki boncengers ?…

63. JZ - Oktober 20, 2012

om, ane pgn ngecat bodi motor, warna aslinya merah, nah pgn ganti merah metalik / marun, pertanyaannya apakah perlu di cat dasar / epoxy ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.607 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: