Bro sekalian, berbarengan dengan acara Otobursa kemarin, akhirnya tmcblog langsung berhadapan dengan sosok TVS Tormax 150 . . . sesosok motor yang pertamakali spyshotnya diperoleh di India tahun 2010 lalu sempat dijuluki Bebek super dan menggunakan nama Prototipe TVS vertex pada gelaran IMCS akhir 2010 lalu. Pada gelaran Otobursa ini TVS melakukan Public Launching untuk TVS Tormax 150 ini. Sekilas saaat memandang sosok motor ini mindset pertama yang terbuncah adalah Bebek Racing Look !!

Desain Tebeng dari Motor ini cukup meruncing dan sekilas memiliki garis desain yang sangat head to head dengan Yamaha Jupiter MX. Lampu headlamp menggunakan Lampu halogen biasa namun Lampu sen depan menggunakan lampu LED.  Lalu Air duck besar di tebeng berfungsi  mengerahkan aliran angin untuk mendinginkan radiator yang tersimpan di dalam tebeng depannya. Bila membandingkan dengan Jupiter MX, maka desain fisik Tormax terasa lebih robotic namun MX lebih menajam bengis.

Dibalik tebeng  terdapat tombol panel standar di setang kanan dan kiri. Nah di bawah setang sebelah kiri ada dua tuas yang hampir mirip. Tuas pertama adalah tuas Choke dan tuas terbawah adalah tuas untuk mengaktifkan Fitur Dual Tune Muffler. Tuas Dual tune muffler ini disinyalir bekerja mekanis untuk membuka klep mekanis di dalam Muffler sehingga muffler lebih bersifat Free Flow . . . dari suaranya terdengar perbedaannya Koq. TVS mengklaim ada kenaikan performa saat diaktifkan ftur Dual tune Muffler ini.

Lalu Ke Spedometer . ..  seperti yang pernah tmcblog bocor kan dulu . ..  Spido meter sangatlah Hi tech untuk motor kelas underbone. Tercatat semuanya bersifat Digital (FULL Digital) ada tachometer, Odometer dengan Dual trip meter, Gear indicator, speed indicator,Helmet reminder, Service reminder, Pengingat Kondisi Aki, Fuel meter, Indikator suhu, Pencatat top speed, dan pencatat waktu akselerasi 0-60 km/jam . ..  wuiiih lengkab kab kab.

Kualitas Plastik ABS yang dihadirkan TVS juga cukup Baik, Kualitas Catnya cukup sip dan Kualitas finishing wielding cukup rapih sekelas welding Apache series.  Kombinasi warna nya pun terbilang cukup serasi Kuning-hitam, Merah Hitam, biru-hitam, dan Merah hitam. Kalu melihat striping yang dipakai oleh TVS Tormax TMCblog mensinyalir kuat ini striping kelas premium . . . tebakan TMCBlog . . . TVS menggunakan striping Merk 3M . . . he he he, tau deh benar apa nggak

Bagasi dibalik Jok lumayan luas namun sepertinya tidak dapat menampung helm, Tangki BBM nya muat 4,6 liter bensin

  

Sok depan bertipe Teleskopik sok belakang monoshok dengan Gas sebagai Fluida dan dengan konfigurasi Horizontal. Roda Tormax ini menggunakan Cakram sebagai peranti pengeremannya Depan 2 pot dan belakang 1 Pot dengan jenis cakram wave seperti yang digunakan di Apache series dan Juga Kawak Athlete series. Lampu belakang dan lampu seinnya tipe Led dengan tambahan lampu penerang plat nomor yang terpisah . . .

Mesin TVS Tormax menggunakan mesin Satu silinder SOHC 3 Klep berpendingin cairan Turbotune, dengan Power maksimal sebesar 13,2 hp pada 8 ribu rpm dan torsi gede 12,Nm pada 5500 rpm. Sistem transmisinya Kopling Manual dengan 5 percepatan  dengan sistem pergantian gear mirip khas motor underbone bebek N-1-2-3-4-5 . Naaah biasanya motor dengan pendingin cairan memiliki rasio kompresi yang cukup tinggi . . .bener aja Kompresinya 11,3 : 1 bro . . . wah kudu pake bensin Oktan tinggi nggak nih ya?

Secara umum sepertinya motor ini terispirasi dari beberapa Varian produk yang berada di kelas yang akan dimasukinya Seperti Jupiter MX, Kawasaki Athlete, Honda CS1, dan Juga Suzuki Satria FU 150.  Kalo nggak salah masukan tentang bentuk tormax berasal dari permintaan konsumen TVS sendiri. Bisa jadi Konsumen TVS mengingin kan Motor dengan spido Digital seperti CS1, Sok belakang horizontal dan Cakram wave seperti Kawasaki Athlete, Bentuk body yang sporty namun masih ber DNA bebek/Underbone seperti Jupiter MX dan Juga tentu kapasitas mesin 150 cc dan cakram depan menempel pada palang velg seperti satria FU . . . Ithu semua Lumrah lumrah saja . . .

Namun untuk  lebih mendiferensiasikan lagi mereka membuat mesin 150 cc dengan konfigurasi horizontal dengan fitur 3 Klep . . . 2 Klep hisap dan 1 klep buang menggabungkan Hal hal positif . . . Basicly . . . Its an All New Bike . . . semoga berguna . . . nantikan Artikel Impresi nyamplaknya yah . ..  untk sementara silahkan kunyah kunyah Gambar dan infonya

Taufik of BuitenZorg

76 COMMENTS

  1. hebat juga ya ganti fungsi muffler tanpa setting ulang karbu..
    spidonya paling keren di kelasnya
    artikelnya juga berpeluang bisa dapet 22jt :mrgreen:

    Guest
  2. yg gak fanatik merek tertentu tapi fanatik fitur dan kantong pas2an, pasti keracunan Tormax…

    Guest
  3. @ monde
    kenapa gak dibilang sbg simbol ketidakkreatifan TVS, sebagaimana spacy … hayoooooooo

    btw: menurut sayah tormax ini sebagai simbol kekreatifan tingkat tinggi sebagaimana spacy … xixixixi

    Guest
  4. ngenteni rondo e ae, disinyalir harga akan terjun bebas. kapan lagi dapat bebek hi tech harga kantong kresek… 😛

    Guest
  5. bagus tuh tvs TORMAX kalau mesin sonic/cs1 di bore up 150cc ,berapa ya kira2 powernya?nunggu AHM bikin bebek sport dengan mesin sonic rs125 dibore up 150cc(sukur2 plus DOHC) dengan body baru yang sporty sebagai penerus CS1 dengan harga dibawah NMP
    ngarep.com

    Guest
  6. lampu belakang alias tail light mengingatkan diriku kepada sosok bebek ayam jago dari negeri gajah putih dengan nama honda NICE U-Box….apa anda semua masih ingat kenangan kira-kira 4 tahun silam ?

    Guest
  7. mustinya lampu belakang Smoke…. biar agak gelap dikit…kaya Mx
    kalo gitu gimana gitu rasanya liat…. hehehe

    :saran aja sih:

    Guest
  8. hmmm…
    spidonya keren kang, komplit plit…!!

    tp kok kompresinya tinggi banget ya?
    harus nenggak pertamax plus tuh kayaknya.

    yg bikin heran lagi dgn kompresi setinggi itu performanya kok biasa2 banget ya?

    kalah jauh dari motor2 150 cc dgn kompresi yg lebih rendah.

    klo gak salah kompresi sebesar itu setara dgn kompresi CBR150R dgn power 19,5 hp, atau FU dgn 16 hp.

    Guest
  9. Wah… Ada motor baru! Ini motor hasil ide bapak gw yg sering nyalahin lampu petromak kalo dah magrib…! Makanya namanya kaya gitoo! “TVS petormax…!” 😆

    Guest
  10. @27. nhd
    Ternyata yang paling loyo yang 135cc. Why?
    ____________________________________________________

    Karena KW ama PS/HP itu beda brow….

    Guest
  11. klo g slah di detik oto untuk berat tvs 120kg, jg 13,2 diukur dari crankase nya ya, g dihitung diroda blkg, so power jd brp tuh??
    Yang beli wajib pertamax plus..cc sbasar itu mah cm dpt power sgtu..??

    Guest
  12. keren,, sayang bebek.. 😛
    tp emang pantes di sandingin ma cs1 fu mx athlete,,
    apik2,, mudah2an orang2 ga liad merk d,,
    gmn dengan 3s nya?

    Guest
  13. Bisa jadi Konsumen TVS mengingin kan Motor dengan spido Digital seperti CS1, Sok belakang horizontal dan Cakram wave seperti Kawasaki Athlete, Bentuk body yang sporty namun masih ber DNA bebek/Underbone seperti Jupiter MX dan Juga tentu kapasitas mesin 150 cc dan cakram depan menempel pada palang velg seperti satria FU . .

    Motor gado-gado apa ketoprak nih…xixixi…piss

    Guest
  14. motor bebek pelengkap kayanya nih,, fiturnya lengkap begitu juga dengan bodynya yg melengkapi permintaan konsumen..
    comot2 sedikit fitur & bodynya tetangga yah..ada 2 kemungkinan.. kreatifkah atau peniru yah?? hhe..

    Guest
  15. sudah tidak minat bebek lagi sejak terakhir mengkonsumsi thn 2000awal, mending kambing atawa buntur.. apalagi kalau di sop.. manaap bro

    Guest
  16. 16. daru vixionr15
    memang benar gearnya N-1-2-3-4-5, karena gearboxnya pakai punya neo/rockz, tapi ditambahin 1 lagi..
    hanya beda di blok mesinnya aja..

    Guest
  17. gak napsu, mesin
    Dongo kayak khas astrea giginya 5 jontor kedepan bikin ngakak aja, harusnya nyomot rtr aja.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here