jump to navigation

Belajar dari Revo Lancip . . . Strategi Tandem Buat Marketing Motor Baru June 28, 2011

Posted by Taufik in : Honda, manajemen, Marketing , trackback

Bro Sekalian, Bila Kita Lihat Strategi Produk Yang dijalan kan Oleh ATPM Honda Di Indonesia (AHM) kita akan geleng geleng kepala . ..  Gimana Nggak, ada lebih dari 20 varian yang dimanage . . . Bisa bikin kepala jadi pecah tuh . . . masing masing Produk memiliki karakteristik market dan pangsa pasar yang berbeda . . . kadang terdiferensiasi dengan produk terdahulu . . . dan tak jarang juga head to head dengan produk se segmen dan se-merk. Bro Bisa Lihat Vario Techno Muncul, Scoopy Muncul, Spacy muncul . . . Namun Vario lama, maupun Honda beat Nggak seraya dimatikan . . . Yup Honda Belajar dari Kasus ‘Revo lancip’ . . .

Yup dulu saat Absolute revo muncul, AHM dengan serta merta menyuntik mati Honda revo 100 yang memiliki bentuk lancip . . . Padahal itu varian cukup mendapat penerimaan Yang positif dari Konsumen . . . Waktu tmcblog tanya pada sumber internal Honda (AHM) keputusan itu dikarenakan ada Veto dari Honda Jepang . ..  Yo wis AHM yang ketiban pulung kudu menggelontorkan effort yang sangat besar untuk membangun image Absolute Revo Yang sama sekali baru baik dari bentuk maupun mesin itu. namun sekarang tidak lagi

Si jepang sepertinya sudah lebih mengerti karakteristik market Indonesia yang butuh waktu dan effort untuk bisa menerima produk yang sama sekali baru. Oleh karena itu bisa kita lihat Bila secara bentuk varian baru memang dilihat perbedaan signifikan, maka produk lama Honda yang bersingungan tidak akan serta merta dimatikan. Vario techno Lahir-Vario lama masih tetep dijual, Spacy Brojol-Beat masih tetep di gelontorkan . . . Honda sepertinya lebih mengambil evaluasi seleksi alam terhadap produk yang bersinggungan . . . terserah penerimaan konsumen nanti siapa yang akan lebih dipilih

Strategy tandem ini sepertinya masih akan terus dilakukan sampai varian varian berikutnya. Bila Next Supra X 125 yang rumornya dirilis Juli 2011 memiliki bentuk fisik yang signifikan dibanding HSX 125 lama sperti bentuk body yang berubah total, menawarkan bagasi under seat dan tangki BBM luas . . . Maka sepertinya untuk tahap awal AHM akan menyandingkan keduanya dulu di market seraya melihat penerimaan Konsumen terhadap supra x baru nanti yang memiliki kode TPT NF12A1C Series itu.

Dan Hal ini pun sepertinya Juga akan dilakukan untuk varian yang disinyalir merupakan Pengganti ataupun tandem dari Honda Blade 110 cc yang baru saja keluar TPT nya yakni NF11C1C. Terlebih rumor yang berkembang bahwa NF11C1C yang sepertinya baru akan dirilis Agustus 2011 akan memakai sistem penerangan lampu di setang, berbeda dengan Honda Blade sekarang yang lampunya di tebeng, maka disinyalir diferensiasi keduanya akan semakin kentara . . . TMCBLog menduga bila begitu maka NF11C1C akan ditandemkan dengan Blade dan dievaluasi siapa yang lebih memiliki potensi menjual dan bisa lebih bersaing dengan Yamaha Jupiter Z nanti

Tapi kalo misalkan NF11C1C dikeluarkan sama Plak dengan gambar Patent yang TMCBlog gelontorkan beberapa hari yang lalu maka disinyalir bentuknya secara estetik akan nggak terlalu signifikan . . . memangsih penampakan di Situs Patent tersebut lebih terlihat sporty dibanding Blade yang sekarang, namun secara prinsip lampunya sama sama di tebeng. Sehingga kemungkinan besar Opsi yang akan dilakukan oleh AHM bisa next Blade sesuai gambar patent adalah . . . replacement sebagai opsi major Change yang akan tetap menggunakan nama Blade

Strategi Tandem yang bisa diarahkan ke strategi keroyokan nantinya memang kuat secara power, namun membutuhkan sumberdaya yang luar biasa juga baik untuk modalinnya maupun untuk melakukan hal hal lain seperti pengenalan product knowledge, promosi dan memanage Strategy pasarnya biar nggak terlalu saling membunuh antara masng masing sodara. Oleh karena itu nggak banyak ATPM bisa melakukan srategi multi Varian seperti yang Honda lakukan ini . . . naaaahhh gimana menurut bro sekalian, silahkan sekarang gentian mas bro semua yang memberikan Opininya . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

 

Comments»

1. smartf41z - June 28, 2011

sayang motor bagus diskontinyu

2. agunk_ae aka keboireng - June 28, 2011

Yeah

3. smartf41z - June 28, 2011

ha2… sehari 2 pertamax

4. Grand5497 - June 28, 2011

hidup revo

5. Toko Cetak - June 28, 2011

Bodynya juga keliatan kekar

6. gasspoll - June 28, 2011

cbr tandem megipret ya

7. evilnine - June 28, 2011

liat nanti… :-)

8. ayume - June 28, 2011

the fastest 100cc cub is honda revo :D

9. suetoclub - June 28, 2011

hmm bagus

10. agunk_ae aka keboireng - June 28, 2011

Panjang bner ulasanya… tpi menarik kok.. sip

11. andreblogcyclendre - June 28, 2011

bentuk motor” honda yg baru pd aneh” diliat’y.. :D

12. srigala - June 28, 2011

sayang…

13. masTer Samidi O_O - June 28, 2011

keren artikelnya bro…

14. Arif Rakhman - June 28, 2011

ini kan karena honda lagi di atas angin (kasus matik). coba kalo lagi dalam posisi tertekan, ya opsi suntik mati paling memungkinkan biar gak mubadzir (ongkos produksi vs. penerimaan). dulu kan si revo lancip dapat perlawanan sengit dari vega R dan Jupie burhan, pan kalah tuh…..

nah jupie burhan disuntik mati juga setelah terbukti keok ama Abs Revo.

15. 4201journey - June 28, 2011

Bebek……. Bebek baru mau muncul,mtor ekonomis,praktis,klimis,sedikit bengis….. :p :o:p :o

16. idadzzz - June 28, 2011

hujan artikel. . .

17. 'Ariefmas - June 28, 2011

Nyatanya varian honda yg kurang laku cuma sedikit dan dijamin untk jangka panjangnya susah cari sparepartnya

18. dizthea - June 28, 2011

nice inpoh,gan……

tinggal konsumen nya nih yg hrus pinter bgt dlm memilih….. :)

19. Haryathama - June 28, 2011

Sepertinya sudah jelas kalau kode NF12A1C dan NF12A1CF itu adalah generasi penerus dari HSX bro,..

Biasanya kode F nya itu untuk Injection (PGM).

cuma sayangnya kalo produk AHM ngga ada spyshotnya sih hehe :mrgreen:

20. MangkuRondo - June 28, 2011

Konsumen yg diuntungkan dgn beragamnya pilihan…

Honda Gitu Lohhh… Yemehek kelaut aje

21. en125 - June 28, 2011

Buat yg punya honda…siap2 aja ya

22. Yuzuf Erwan - June 28, 2011

Revo 100, kena veto karena harusnya bermesin 125 cuma dikasih mesin 97cc sama ahm.

23. keshamotors - June 28, 2011

Honda semakin di depan nih,.. Yamaha lama2 semakin pasrah xixixixi

24. adzie_welding - June 28, 2011

Namanya juga honda,, selalu buat kejutan setiap bulannya.

Yang lain cuma ngiiiiikkkuuuttttt……

Waka..ka…..

25. agus - June 28, 2011

Terlalu banyak pilihan model malah buat bingung, padahal teknologi dan kemampuannya sebelasduabelas. Intinya memang memberi pilihan seluas2nya kepada konsumen dan mencoba menguasai pasar. Tapi keuntungan yang diperoleh konsumen juga ga banyak kq.

26. Tyo - June 28, 2011

Penerawangan yg mantab pak haji….sy setuju, sprtinya orang indonesia pd umumnya mmg ga bs klo segala ssuatu tiba2 hilang ato ga ada….alias kagok. dulu Suzuki bangun Shogun 125…e shogun 110 dimatiin….trnyata bnyk yg msh demen sm yg 110…

27. idadzzz - June 28, 2011

semua lini di kuatin. . .
salut buat indo. . .

28. alvia - June 28, 2011

Strategi yang dilakukan oleh Honda dengan mengeluarkan multi Varian kayaknya tidak mungkin diterapkan oleh ATPM lain karena akan memakan banyak tenaga dan banyak modal, kalo ATPMnya modalnya pas-pasan ya pasrah aja deh.. he.. he.. he..

29. Dradjat_Djati - June 28, 2011

wah cuma Honda yg bisa begini…
yg lain ngikutin doank…!!

30. say no to BC - June 28, 2011

next blade,saya dah tau bentuknya kang haji…xixixi
Cluenya punya 2 lampu, 2 roda… Ya iyala lah mosook rodanya 3…hehehe

31. Dradjat_Djati - June 28, 2011

kayaknya ada yg akan semakin pasrah nih….

32. Yuan - June 28, 2011

Strategi putus asa, pokoke asal brojol, laku syukur gak laku yo wis :)

33. Dradjat_Djati - June 28, 2011

siluet diatas keren banget kang.
apa itu bener Nex Blade?
wah bisa2 kompetitor sebelah kocar-kacir tuh..

34. Kyoghi - June 28, 2011

yg terkena imbasnya nti unit 2nd nya dari varian yg terseleksi alam, harga resale nya pasti terjun bebas, kasus ini uda pernah terjadi di honda karisma vs honda kirana…………gak selamanya harga resale 2nd hand motor honda itu tinggi

35. Gemini007 - June 28, 2011

meskipun dikata ‘strategi keroyokan’ tapi masing2 Varian memiliki pasar yang berbeda2,, strategi yang baguss ..

36. kurher - June 28, 2011

32. Yuan – Juni 28, 2011

Strategi putus asa, pokoke asal brojol, laku syukur gak laku yo wis
=====================================================

tapi ternyata sangat ampuh dan mematikan untuk meredam gerak-gerik lawan..

37. nanosuit2 - June 28, 2011

mau satu jenis kek, mau dua jenis, yg penting dagangan gue laris, gue untung gede (kata petinggi honda)

38. AHM Rencana Produksi 150 ribu Unit Bebek Varian NF11C1C M/T « TMCBlog – Motorcycle News - June 28, 2011

[…] apa kira kira strategi yang akan dilirilis Oleh Honda Nanti? Yaaaaa . . . . sperti artikel strategi marketing tmcblog sebelum ini . . . masih akan menggunakan strategi tandem yang bisa diaplikasikan lebih lanjut ke strategi […]

39. adjokasep - June 28, 2011
40. Top - June 28, 2011

Perbanyak kuantitas terus nih honda, mana kualitasnya…?????

Sdh saya bilang untuk mningkatkan volume penjualan honda lebih mementingkan kuantitas dr pada meningkatkan kualitas. Brojol terus…..;)gkatkan volume penjualan honda lebih mementingkan kuantitas dr pada meningkatkan kualitas. Brojol terus…..;)

41. adminhot - June 28, 2011

yang sebelah makin pasrah

Aprilia RSV4 Factory APRC SE VS Nissan GT-R
http://indooto.blogspot.com/2011/06/aprilia-rsv4-factory-aprc-se-vs-nissan.html
Paddock Girls WSBK Phillip Island 2011 Part 1 mantanb
http://indooto.blogspot.com/2011/06/paddock-girls-wsbk-phillip-island-2011.html

42. yuwonoyekti - June 28, 2011

Tandem Honda mantab, kualitsanya hampir sama, SAYANG, OLI MPX kurang bagus

Casey Stoner Maen Kuda Lumping??
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/06/casey-stoner-maen-kuda-lumping.html
Gadis SMA Kelas 2 Baru Benar Benar Bohay
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/06/gadis-sma-kelas-2-baru-benar-benar.htmll

43. Briptu Norman Kamaru - June 28, 2011

semakin banyak pilihan

konsumen yang senang

44. Fansboy - June 28, 2011

@Top
Emang knp kualitasnya bro? Punya data?comparasi? Atau opini pribadi?

45. blade_us - June 28, 2011
46. wong ndeso - June 28, 2011

40. Top – Juni 28, 2011

Perbanyak kuantitas terus nih honda, mana kualitasnya…?????

Sdh saya bilang untuk mningkatkan volume penjualan honda lebih mementingkan kuantitas dr pada meningkatkan kualitas. Brojol terus…..;)gkatkan volume penjualan honda lebih mementingkan kuantitas dr pada meningkatkan kualitas. Brojol terus…..;)
=======
BC teruuuuus

47. uDien - June 28, 2011

kenapa diveto kang haji ?

48. ipanase - June 28, 2011

yang lancip emang mantatap

49. Dradjat_Djati - June 28, 2011

yg pasti semakin banyak pilihan konsumen yg akan seneng.
tapi kompetitor sebelah yg semakin cemas…

50. arie - June 28, 2011

cape bacana kang kwkwk

51. joni - June 28, 2011

Ane yakin koq Honda mampu memanage sumber dayanya secara merata. Liat aja tuh, yang lain keliatan udah pada keteter buat ngelawan kedigdayaannya Honda.
Bukan cuma ane kayaknya yang bisa ngeliat dengan mata kepala sendiri, agan2 yang lain juga pasti kayak gitu.

52. Dradjat_Djati - June 28, 2011

46. wong ndeso – Juni 28, 2011

BC teruuuuus

=========================

biarin aja bro, doi kan dibayar memang buat itu…
maklum cuma BC yg bisa diperbuat…

53. Semakin di depak Honda - June 28, 2011

kasian yah, Honda bikin banyak dealer yamaho tutup pada ngak kuat kalo harus nanggung biaya stok besar & profit kecil krn perang harga

54. Semakin di depak Honda - June 28, 2011

skrg jadi dealer yamaho bener2 sengsara rugi, mending pindah usaha or taro dibank aja uangnya…tapi kabar gembira buat para fby bisa beli motor murah yamaho..lagi perang diskon antar dealernya coy :D

55. Semakin di depak Honda - June 28, 2011

kalo motor yamaho baru banyak diskonnya krn antar dealernya pada perang diskon ..berimbas pada motor bekas yamaho yang harganya jatoh murah…kasian yang beli tuh motor …RUGI coy..

56. rexraider - June 28, 2011

Ngelu ngurusi varian segitu Banyaknya :D

Nitip jemuran Om Haji
http://rexraider.wordpress.com/2011/06/27/karbu-pe-28-karbu-sejuta-motor/

57. Mercon C Part 3 - June 28, 2011

mending revo 100 ganti mesin jadi 110 kayaknya bagus dehhh

58. mantan ALAY - June 28, 2011

ckckckck, saya perhatikan ternyata banyak bocah berwujud orang dewasa di block mas taufik ?????
ada rahasia di balik rahasia kyaknya ne??? ckckckck

59. Tristan - June 28, 2011

memang pada dasarnya ada benernya bahwasanya setiap individu butuh waktu untuk menerima produk yang benar-benar baru…. sepertinya ada baiknya untuk mengambil jeda sebelum meluncurkan yang baru, karena masyarakat butuh waktu untuk mengetahui keunggulan produk itu sendiri…. :-)

60. avatarx - June 28, 2011

btw revo lancip memang cukup keren menurut saya… n suka bagt bntuknya…

video update :
http://otobizz.blogspot.com/2011/06/video-incident-assen-2011-simoncelli-vs.html

61. cihuy - June 28, 2011

andaikan saja next blade mengusung 150 CC mesin DOHC pasti tergeser tuh tetangga… wkwkwkwk http://www.ngayal.com

62. speed_lover - June 29, 2011

yang jelas honda buuaaanyaak pilihanya.. yang lain cuman itu-itu saja! :P

63. giant - June 29, 2011

Dari dulu sudah dibilangi revo lancip on the track malah bikin revo culun…. skrng baru mikir maneh…. kasep….

64. Dismas - June 29, 2011

@34 Kyoghi
se7 gan…

@60 avatarx
memang kerenzzz mas…

@57 mercon
nanggung, sekalian 125 aja bro…

@37 nanosuit2
ada benernya juga…

@25 agus
tergantung produknya apa dulu, hehehe…

@24 adzie welding
ngikuttt pun kalo bisa bro… Lha kalo ga punya modal, tetep ngga bisa ikut :D

@8 ayume
sama Astrea Prima masi kalah… :roll:

@4 grand5497
udah dimatiin AHM bro :sad:

65. Gundala - June 29, 2011

@giant tapi herannya jualannya yo tetep kenceng revo yang culun….berarti orang indonesia suka yang culun culun ya ?

66. aina - June 30, 2011

variantnya honda banyak jdi masing2 selera konsumen dapat terpenuhi, konsumen mo pilih yang gimana jga ada jelas aja penjualanya laris manis trus, lain klo yg itu2 aja buat bosen n ga da pilihan.

67. extensa86 - June 30, 2011

Revo Lancip emang banyak yang suka, tapi penjualan absolute revo juga gak kalah. jadi kesimpulannya< produk Honda emang jagoan..!

68. goldenboy - June 30, 2011

semua produk Honda berkualitas. saya salut dengan Honda. bravo Honda!

69. rinzie - June 30, 2011

Honda variatif banget. pilihannya sesuai dengan mau konsumen. keren

70. Blog Motivasi - June 30, 2011

honda kuat sekali modalnya gan :)

tapi ane lebih prefer beli honda jadul macam grand n win daripada honda yg sekarang.

harga jauh beda, tp teknologi gitu2 aja

71. ninjaturtle - June 30, 2011

mending indo bikin mtor sndiri,,dr pda mtor ttangga d’banggain..

72. ekorharimau - June 30, 2011

Mengapa begitu banyak varian dari Honda? jawabannya mudah karena mereka tak pernah habis ide utk membuat varian2 yg lain dan berkualitas. cukup sekian dan terima kasih :D

73. apri - July 1, 2011

secara tampilan bagusan revo lancip daripada abs revo..

74. dewik - July 28, 2011

Pasti honda tidak terlau genjar untuk bikin strategi marketing,
karena honda kan sudah terbukti kualitas”a/ sudah di kenal nm baik’a

75. Meda - July 28, 2011

bicara strategi pemasaran,,, honda pasti bisa deh.
cpa sich yg gx kenal honda.
produk honda kan bagus dan banyak varian’a jg sehigga banyak piihan untuk kon sumen, apalagi revo lancip,keren habis,
bahan bakar irit,
gesit,,,,

76. picsay pro apk - August 18, 2011

I agree with your Belajar dari Revo Lancip . . . Strategi Tandem Buat Marketing Motor Baru TMCBlog – Motorcycle News, fantastic post.



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: