Bro sekalian, Banyak Praktisi keselamatan berkendara bilang dan mewanti wanti bahwa Helm itu jangan sampai diletakkan di atas Tangki bbm terutama untuk motor jenis sport . . . Lho emang kenapa sih Bro? . . . sebenarnya gambar di atas sedikit banyak sudah menjelaskan kenapa hal tersebut memang dilarang he he he . . . jadi gini  . . .

Seperti terlihat pada gambar diatas, stereofoam (polystyrene)   itu bisa ‘meleleh’ bila kita campur dengan gasolin (bensin) . . . Nah umumnya helm itu Bagian memiliki bagian dalam yang terbuat dari Stereofam (polystyrene) yang sering disebut EPS untuk menahan/mengurangi / meredam energi akibat benturan yang terjadi di sektor kepala . . . Nah Bila Helm di taroh di atas tangki bbm . . . disinyalir Uap yang keluar dari sela sela tangki bbm bisa merusak bagian EPS (stereofoam) di dalam helm . . .

sehingga Bagian stereofoam dari Helm akan mengalami deformasi . . . dan hal ini tentu akan mengurangi daya redam dan daya proteksi helm ketika bagian kepala terjatuh . . . SO Mulai sekarang mari kita sama sama kampanyekan untuk Tidak menaruh helm di atas tangki bbm  . . . setujuuu, naaah semoga bermanfaat

Taufik of BuitenZorg

104 COMMENTS

  1. ooo gitu ya,,,tangki yuuu infox,,,

    gw kira gmbr paling atas ntu potongan “tumpeng selamatan blog” (abis dr selametan blog “#99 bro/robot ompong”)…. hehehehe.as ntu potongan “tumpeng selamatan blog” (abis dr selametan blog “#99 bro/robot ompong”)…. hehehehe.

    Guest
  2. kok sudah banyak…. wah telat nich… ilmu baru nich….

    http://jheren.wordpress.com/2011/07/05/ssssttt-test-ride-pulsar-220-akan-segera-di-gelar-di-situbondo/

    Guest
  3. berarti kalau tangki BBM nya dibawah jok, aman donk, taruh helm diatas jok.

    Beranikah YMKI Brojolin Yamaha X-Max 125 ABS?
    http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/07/beranikah-ymki-brojolin-yamaha-x-max.html
    Skuter Baru, Suzuki Access 125
    http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/07/skuter-baru-suzuki-access-125.html

    Guest
  4. memang helm ga boleh ditaro di atas tangki BBM bro.. apalagi BBM alias blackberry messenger.. nanti dipanggil2 ga denger lagi xixixixi

    Guest
  5. weleh2 selama ini saya gak kepikiran kang haji,gara2 kalo parkir ga dapet atap/payung jadi sering melakukan itu..karena takut jika hujan air masuk tangki. betul3X… nice inpo.

    Guest
  6. baru tau

    New Yamaha R15 Sempurna
    http://indooto.blogspot.com/2011/06/new-yamaha-r15-sempurna.html
    Paddock Girls Motogp Mugello 2011 Part 2
    http://indooto.blogspot.com/2011/07/paddock-girls-motogp-mugello-2011-part_03.html

    Guest
  7. berarti kalo helm dikaitin di kait helm yang ada di motor bebek/skutik gak boleh juga ya Pak Haji? pan di situ deket ama tangki bensin n uapnya pasti kena ke helm juga to

    Guest
  8. kalo skutik yang bagasinya luas buat naro helm itu gimana Pak Haji? riskan juga gak buat padding helm kalo naro helm di situ?

    Guest
  9. makasih pak taufik atas tips-nya… sungguh sangat bermanfaat skali.. skarang struntull tw sangat riskan skali helm ditaro diatas tangki..

    Guest
  10. ingpo yg sangat berguna 😀

    http://yudibatang.wordpress.com/2011/07/06/apa-yang-akan-anda-lakukan-bila-sedang-riding-ada-poltas-yang-ngajak-ngedrag/

    Guest
  11. gabus kena uap bensin langsung…. nyoooos…..
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/07/05/sportbike-900cc-vs-250cc-250cc-bisa-bersaing-gaaaa/
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/07/05/m-style-mengubah-yang-touring-menjadi-sport-sejati/

    Guest
  12. lagi kang, biar cat tanki BBM tidak lecet n tanki BBM terhindar dari penyok, soale kebiasaan kalo helm di taroh di atas tanki trus ditekan pake dada waktu mejeng….:D
    ntu helm yg mana koq di belah2 gitu??? mending buat hadiah kuiz ato polling kang..

    Guest
  13. 15. absoluterevo – Juli 6, 2011

    Masih dapat 1poin karena kardus hlem bisa di bikin lem saya sering menggunakan kardus helm buat bikin lem kalau kena bengsin akan meleleh
    ===========================

    Bener bro, ane juga kadang2 suka pake lem sterofom+ bensin kalo lg kepepet ga ada lem buat nambel barang2 plastik sampe nambel atep asbes yg bocor.. :mrgreen:

    Guest
  14. Woh ternyata ada sebab lain nggak boleh taruh di atas tanki, aku dari dulu nggak pernah taruh diatas tanki soalnya takut lecet.. :p

    Guest
  15. @31. Arif Rakhman
    bisa juga, namun sifat gas kan ke terbang atas, so kemungkinan nya disinyalir lebih kecil dibanding helm yang ditarih di atas tangki bbm motor sport
    tapi tentu butuh penkajian dan pengujian untuk mengetahui effeknya . .. nice share mas bro

    @45. Rere
    itu kalo nggak salah Arai deh xixixixixi :mrgreen:
    *biar tambah miriss 😛

    @48. Smash Merah -> Spacy Putih
    betul mas bro, dulu waktu kecil saya juga sering nambel seng atep rumah yg bocor karena kejatohan buah kecapi pake lelehan gabus+bensin

    Administrator
  16. tuk motor sport,,,, kl lg mejeng nyimpan helm kelihatan enak di jok belakang menghadap kedepan,,,,
    kalo simpan diatas tank selama sejam dijamin stereofam ketebalannya tinggal setengahnya karena meleleh,,,, 🙂

    Guest
  17. Berarti kalo yg terbiasa meletakkan helm di atas tangki mending ganti helm baru ya kang buat jaga2 kalo2 stereofamny ud ciut, kan untuk keselamatan…=D

    Guest
  18. klo diatas odo meter gimana ?
    soale biar gampang ngalungin kunci ke si helm. hehe…

    http://firefoxs.blogspot.com/2011/07/download-benelli-tnt-cafe-1130-racer.html

    Guest
  19. wah masuk akal..dan gak aman… tapi AHM mamang main aman…..
    http://ridertua.wordpress.com/2011/07/06/buat-kota2-enak-mana-cbr-sama-megapro/

    Guest
  20. bikin lecet tangki bensin, dan kalo ngerem helm bisa terlempar didepan dan ganggu helm
    http://smartf41z.wordpress.com/2011/07/06/ininih-yang-pas-namplok-di-kokpit-ninja/

    Guest
  21. 35. dowey – Juli 6, 2011

    hmmmm…keknya enak. tinggal dikasih kecap + ayam suwir + kerupuk jadi bubur tuh 😆

    ___________________________________________________

    husss…. akunku ra sah digawe klonengan… mengko ndak terkenal…

    Guest
  22. nice info ,, tp klo d tinggal lama mending dititipin k penitipan helm ato d taro d atas jok kali ye ,,

    Guest
  23. selama ini cuma tau kalo helm ditaro di atas tangki bensin, terus dipake, helm-nya jadi agak bau bensin. ternyata karena staeroform-nya bisa rusak toh.. ga lagi deh 🙂 nice info bgt.. ijin copas untuk di forum ya om

    Guest
  24. wah, baru kepikiran om haji, padahal sayah sering menggunakan sterofom buat lem untuk nambal atap … xixixi …..

    kalau helm skutik di spacy menurut sayah tidak terpengaruh tuch … kan terlindungi …..

    yang jelas jangan menaruh anak di atas tangki, kasihan ntar titinya terdeformasi …. xixixii …. ( kidding )

    Guest
  25. Setuju…Gwa setuju banget selain mengurangi kadar sterofoam helm, juga akan menjadikan tahan lama usia helm. Yah sebaiknya daripada disimpen di atas tangki mendingan Gwa setuju sama bro hayle, titip z wong cman 1000 perak, khn mudah. So Gwa ngedukung kampanyenya ini om taufik

    Guest
  26. Wah saya baru tau ternyata gitu toh. Untung motor saya bebek jadi tak perlu khawatir taruh helm di atas jok

    Guest
  27. info spt ini dah pernah aku juga dapat dari kuli (pekerja bangunan) yang akan melakukan penambalan talang. hehhehe…

    Guest
  28. Apa ada pengaruhnya bagi helm yang dimasukan ke dalam bagasi motor seperti hayate ato spacy?, kabarnya ketika motor jalan suhu bagasi akan sangat tinggi dan lagi tangki bensin kan juga ada dekat bagasi dan tertutup jok jadi satu.
    Mas Taufik punya info, barang2 yg sebaiknya dihindari dimasukan dalam bagasi motor ketika jalan?
    Tnks!

    Guest
  29. @56. Manja Bae
    betul bro, lebih baik ganti baru . .. tapi jangan ditarh diatas tangki lagi

    @59. Aa Ikhwan
    sama sama mas bro

    @63. 2Strokers
    kalo dibalik nanti jatoh dong?

    @64. 2Strokers
    busa jok disinyalir nggak meleleh kalo kena bensin . . .saya pernah ada gambarnya .. . naroh dimana ya?

    @65. andrevixioner
    silahken mas bro

    @67. chi
    betul mas bro . . .bagi2 rejeki

    @70. uDien d’kab 24434
    wkwkwk, sama kang

    @79. toro
    udah saya jawab di koment no #51 mas bro 😀

    Administrator
  30. kbayang efek jangka panjang thdp orang yg duduknya trs di atas tanki (bebekers,scooterer) & yg suka dudukin anaknya di atas tanki mtr semprot abis jalan macet2 ga ada raditor (pasti uapnya lbh banyak krn tanki ky dikomporin), kna efek radiasi pasti… kbayang efek jangka panjang thdp orang yg duduknya trs di atas tanki (bebekers,scooterer) & yg suka dudukin anaknya di atas tanki mtr semprot abis jalan macet2 ga ada raditor (pasti uapnya lbh banyak krn tanki ky dikomporin), kna efek radiasi pasti…

    Guest
  31. Thanks bro……pencerahanya soal helm supaya tdk diletakkan di atas tangki mtr sport….., mungkin jg supaya cat tangki nya juga awet mulus ya….??? ga besemmmm……..hahahaaaaa……..,
    Lumayan….artikel yg mengajak ngirit spy tidak beli helm terus-terusan…..
    🙂 🙂 10000 x

    Guest
  32. Ada yg lebih bahaya dr stereofoam helm yg lumer krn uap bensinnya mas taufik. yaitu uap bensin mengandung zat kimia ‘benzene’ yg berbahaya bila terhirup. benzene dpt menyebabkan kanker darah. shingga penderitanya musti sering-sering cuci darah.

    Guest
  33. Saya sangat setuju…. helm merupakan bagian yang sangat penting bagi keselamatan berkendara….

    Sebagai info tambahan ternyata helm standar mempunyai keterbatasa masa pemekaian, max 3 Tahun pemakaian, lebih dari itu helm akan mengalami kerapuhan. ( jangan memakai helm yang sudah pernah terjatuh pada saat anda berkendara, dan jangan pula keseringan menjemur helm di parkiran ) karna dapat mengurangi ketahanan helm… semoga bermanfaat….!!

    Guest
  34. Lagian memang bukan tempatnya juga di atas Fuel Tank, di samping keawetannya menurun, keamanannya juga tidak terjamin…

    Guest
  35. @arif rakhman: uap kan ke atas arahnya bro bukan ke samping, klo nguap kesamping itu mah kereta api uap klo ngerem hehe…

    Guest
  36. Ada lagi bro,
    apakah memang saat ini bila dicampurkan
    stereofoam (polystyrene) dengan gasolin (bensin)
    msh bisa juga ‘meleleh’???
    Apa gasolin (bensin) Pertamina saat ini
    masih seperti beberapa taon yang lalu bro????
    Gmn neh Bro…..?????

    Guest
  37. stereofoam (polystyrene) dengan gasolin (bensin)
    msh bisa juga ‘meleleh’, bila dicampur…..
    Bagus juga tuch bro……
    Dipake utk nutupin seng yang berlubang
    atau apakah yang lainnya……
    Ini memang terbukti lho……
    Silakan dicoba bro…….

    Guest
  38. ilmu yang bermanfaat, perlu disebar luaskan neh, supaya tidak ada korban selanjutnya… he…he mang korban apaan ya? 🙂 baru tahu neh mas, bahwasanya ada pengaruh dari bensin terhadap kadar setereofoam helm….

    Guest
  39. klo menurut ane sih..supaya tangki ga baret sana baret sini hehehe mau liat motor laki yg terawat ya liat tangkinya he..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here