jump to navigation

Helm Nggak Boleh Ditaroh di Atas tangki BBM . . . Kenapa Sih? July 6, 2011

Posted by Taufik in : Safety Defensive Riding , trackback

Bro sekalian, Banyak Praktisi keselamatan berkendara bilang dan mewanti wanti bahwa Helm itu jangan sampai diletakkan di atas Tangki bbm terutama untuk motor jenis sport . . . Lho emang kenapa sih Bro? . . . sebenarnya gambar di atas sedikit banyak sudah menjelaskan kenapa hal tersebut memang dilarang he he he . . . jadi gini  . . .

Seperti terlihat pada gambar diatas, stereofoam (polystyrene)   itu bisa ‘meleleh’ bila kita campur dengan gasolin (bensin) . . . Nah umumnya helm itu Bagian memiliki bagian dalam yang terbuat dari Stereofam (polystyrene) yang sering disebut EPS untuk menahan/mengurangi / meredam energi akibat benturan yang terjadi di sektor kepala . . . Nah Bila Helm di taroh di atas tangki bbm . . . disinyalir Uap yang keluar dari sela sela tangki bbm bisa merusak bagian EPS (stereofoam) di dalam helm . . .

sehingga Bagian stereofoam dari Helm akan mengalami deformasi . . . dan hal ini tentu akan mengurangi daya redam dan daya proteksi helm ketika bagian kepala terjatuh . . . SO Mulai sekarang mari kita sama sama kampanyekan untuk Tidak menaruh helm di atas tangki bbm  . . . setujuuu, naaah semoga bermanfaat

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. softech_niQ - July 6, 2011

1

2. srigala - July 6, 2011

Sip

3. softech_niQ - July 6, 2011

mudahan ga d overtake lg podium gw,,,

4. jarjid - July 6, 2011

kesalip

5. H 4444 N - July 6, 2011

podium kah??

6. udin - July 6, 2011

owh gtu yah

podium nech :P

7. tuwek - July 6, 2011

Minyak jelantah

8. mbrut - July 6, 2011

oke…

9. proleevo - July 6, 2011
10. lovemybike - July 6, 2011

nice inpoh gan :D

11. keshamotors - July 6, 2011

10 besar

12. jarjid - July 6, 2011

pasar kopi group

13. harry - July 6, 2011

wah 12 kah?
nice inpoh ni

14. dowey - July 6, 2011

sirahe mambu petromax….

15. softech_niQ - July 6, 2011

ooo gitu ya,,,tangki yuuu infox,,,

gw kira gmbr paling atas ntu potongan “tumpeng selamatan blog” (abis dr selametan blog “#99 bro/robot ompong”)…. hehehehe.as ntu potongan “tumpeng selamatan blog” (abis dr selametan blog “#99 bro/robot ompong”)…. hehehehe.

16. bhumpi - July 6, 2011

ane urutan ke brp?

17. kang_ulid - July 6, 2011
18. bhumpi - July 6, 2011

ga dpt podium gpp,yg ptg absen

19. andreblogcyclendre - July 6, 2011

mantabbb……………
untung mtr ane matic,,,,,,,,,,,,,,,,

20. yuwonoyekti - July 6, 2011

berarti kalau tangki BBM nya dibawah jok, aman donk, taruh helm diatas jok.

Beranikah YMKI Brojolin Yamaha X-Max 125 ABS?
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/07/beranikah-ymki-brojolin-yamaha-x-max.html
Skuter Baru, Suzuki Access 125
http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/07/skuter-baru-suzuki-access-125.html

21. absoluterevo - July 6, 2011

Masih dapat 1poin :D karena kardus helam bisa dikin lem dusnya kalau kena bengsin bisa jadi lem

22. absoluterevo - July 6, 2011

Masih dapat 1poin karena kardus hlem bisa di bikin lem saya sering menggunakan kardus helm buat bikin lem kalau kena bengsin akan meleleh

23. mbon - July 6, 2011

memang helm ga boleh ditaro di atas tangki BBM bro.. apalagi BBM alias blackberry messenger.. nanti dipanggil2 ga denger lagi xixixixi

24. say no to BC - July 6, 2011

weleh2 selama ini saya gak kepikiran kang haji,gara2 kalo parkir ga dapet atap/payung jadi sering melakukan itu..karena takut jika hujan air masuk tangki. betul3X… nice inpo.

25. yonyon - July 6, 2011

oooo,,,,ngono tho,

26. Tuwek - July 6, 2011

Ganti sasis

27. Cari Inspirasi - July 6, 2011

beneran nih ane tau kimiawi dari stirofoam memang berekasi dengan uap minyak

28. EXYBAND - July 6, 2011

hmmmm…
baru tau ane.
nais impoh kang…

29. Cari Inspirasi - July 6, 2011

iya memang bereaksi gan :(

30. adminhot - July 6, 2011
31. Arif Rakhman - July 6, 2011

berarti kalo helm dikaitin di kait helm yang ada di motor bebek/skutik gak boleh juga ya Pak Haji? pan di situ deket ama tangki bensin n uapnya pasti kena ke helm juga to

32. Arif Rakhman - July 6, 2011

kalo skutik yang bagasinya luas buat naro helm itu gimana Pak Haji? riskan juga gak buat padding helm kalo naro helm di situ?

33. sruntull - July 6, 2011

makasih pak taufik atas tips-nya… sungguh sangat bermanfaat skali.. skarang struntull tw sangat riskan skali helm ditaro diatas tangki..

34. yudibatang - July 6, 2011
35. dowey - July 6, 2011

hmmmm…keknya enak. tinggal dikasih kecap + ayam suwir + kerupuk jadi bubur tuh :lol:

36. satrio - July 6, 2011

bahaya juga klo naroh helm di atas tangki bb… bisa di curi orang

37. Ribut Santoso - July 6, 2011

Seep Aman Terkendali

38. mildut - July 6, 2011

oo..gt ya kang!
Satu lg yg pasti!biar penitipan helm laku.!xixixi just kiddin’

39. Kyoghi - July 6, 2011

se-tu-ju…………..!!!!!!!!!!!!!!!

40. SuRyA - July 6, 2011

setujuuuuu

———–
http://www.dk8000.co.nr

41. rider 48 - July 6, 2011

lebih gampang taruh helm di spion

42. arie - July 6, 2011

nice info kang :D

43. Hendi - July 6, 2011

Nice info kang haji

44. j4na - July 6, 2011
45. Rere - July 6, 2011

lagi kang, biar cat tanki BBM tidak lecet n tanki BBM terhindar dari penyok, soale kebiasaan kalo helm di taroh di atas tanki trus ditekan pake dada waktu mejeng….:D
ntu helm yg mana koq di belah2 gitu??? mending buat hadiah kuiz ato polling kang..

46. nhd - July 6, 2011

Disamping cat bisa baret juga helm mudah jatuh.

47. #99 bro - July 6, 2011

Yang aman taruh di atas kepala…

48. Smash Merah -> Spacy Putih - July 6, 2011

15. absoluterevo – Juli 6, 2011

Masih dapat 1poin karena kardus hlem bisa di bikin lem saya sering menggunakan kardus helm buat bikin lem kalau kena bengsin akan meleleh
===========================

Bener bro, ane juga kadang2 suka pake lem sterofom+ bensin kalo lg kepepet ga ada lem buat nambel barang2 plastik sampe nambel atep asbes yg bocor.. :mrgreen:

49. crossplanecrankshaft - July 6, 2011

Woh ternyata ada sebab lain nggak boleh taruh di atas tanki, aku dari dulu nggak pernah taruh diatas tanki soalnya takut lecet.. :p

50. meitanteiamiterasu - July 6, 2011

thanks om infona… kalo bawa bebek or matic tidak terlalu bahaya kan…? tanki nya kan di bawah jok..

51. Taufik - July 6, 2011

@31. Arif Rakhman
bisa juga, namun sifat gas kan ke terbang atas, so kemungkinan nya disinyalir lebih kecil dibanding helm yang ditarih di atas tangki bbm motor sport
tapi tentu butuh penkajian dan pengujian untuk mengetahui effeknya . .. nice share mas bro

@45. Rere
itu kalo nggak salah Arai deh xixixixixi :mrgreen:
*biar tambah miriss :P

@48. Smash Merah -> Spacy Putih
betul mas bro, dulu waktu kecil saya juga sering nambel seng atep rumah yg bocor karena kejatohan buah kecapi pake lelehan gabus+bensin

52. absoluterevo - July 6, 2011

Kang haji lagi rame ni suzuki nex :D

53. norman - July 6, 2011

oh gitu yach,nice info kang.

54. aa - July 6, 2011

tuk motor sport,,,, kl lg mejeng nyimpan helm kelihatan enak di jok belakang menghadap kedepan,,,,
kalo simpan diatas tank selama sejam dijamin stereofam ketebalannya tinggal setengahnya karena meleleh,,,, :)

55. Taufik - July 6, 2011

@52. absoluterevo
belom ada TPT nya neeeh xixixixixi

56. Manja Bae - July 6, 2011

Berarti kalo yg terbiasa meletakkan helm di atas tangki mending ganti helm baru ya kang buat jaga2 kalo2 stereofamny ud ciut, kan untuk keselamatan…=D

57. anak_kecil - July 6, 2011

klo diatas odo meter gimana ?
soale biar gampang ngalungin kunci ke si helm. hehe…

http://firefoxs.blogspot.com/2011/07/download-benelli-tnt-cafe-1130-racer.html

58. ridertua - July 6, 2011

wah masuk akal..dan gak aman… tapi AHM mamang main aman…..
http://ridertua.wordpress.com/2011/07/06/buat-kota2-enak-mana-cbr-sama-megapro/

59. Aa Ikhwan - July 6, 2011

nice info bang haji. thx

60. smartf41z - July 6, 2011

bikin lecet tangki bensin, dan kalo ngerem helm bisa terlempar didepan dan ganggu helm
http://smartf41z.wordpress.com/2011/07/06/ininih-yang-pas-namplok-di-kokpit-ninja/

61. rexraider - July 6, 2011
62. dowey - July 6, 2011

35. dowey – Juli 6, 2011

hmmmm…keknya enak. tinggal dikasih kecap + ayam suwir + kerupuk jadi bubur tuh :lol:

___________________________________________________

husss…. akunku ra sah digawe klonengan… mengko ndak terkenal…

63. 2Strokers - July 6, 2011

bubuuurrr…..
kl gitu naro helmnya di balik aja Kang …. :D

64. 2Strokers - July 6, 2011

Kalo motor bebek & matic koq busa joknya gak meleleh ya kang..?

65. andrevixioner - July 6, 2011

numpang share di kaskus ya kang..
semoga jadi hot thread.. :D
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9546376

66. ch_de - July 6, 2011

dicantolin aja dah di slider..multifungsi slidernya..xixixiiii

67. chi - July 6, 2011

nice info ,, tp klo d tinggal lama mending dititipin k penitipan helm ato d taro d atas jok kali ye ,,

68. vanz21fashion - July 6, 2011

selama ini cuma tau kalo helm ditaro di atas tangki bensin, terus dipake, helm-nya jadi agak bau bensin. ternyata karena staeroform-nya bisa rusak toh.. ga lagi deh :-) nice info bgt.. ijin copas untuk di forum ya om

69. Aldina - July 6, 2011

inpoh yang kerrreeeeennn … temen ane suka naro helm di atas tangki neh .. mu ane kasih tau …

70. uDien d'kab 24434 - July 6, 2011

wah, baru kepikiran om haji, padahal sayah sering menggunakan sterofom buat lem untuk nambal atap … xixixi …..

kalau helm skutik di spacy menurut sayah tidak terpengaruh tuch … kan terlindungi …..

yang jelas jangan menaruh anak di atas tangki, kasihan ntar titinya terdeformasi …. xixixii …. ( kidding )

71. hayle paramore - July 6, 2011

dititipin aja sih…cmn 1000 perak….

72. richie - July 6, 2011

Setuju…Gwa setuju banget selain mengurangi kadar sterofoam helm, juga akan menjadikan tahan lama usia helm. Yah sebaiknya daripada disimpen di atas tangki mendingan Gwa setuju sama bro hayle, titip z wong cman 1000 perak, khn mudah. So Gwa ngedukung kampanyenya ini om taufik

73. onthel - July 6, 2011

Wah saya baru tau ternyata gitu toh. Untung motor saya bebek jadi tak perlu khawatir taruh helm di atas jok

74. Mercon C Part 3 - July 6, 2011

wah, mantap, nambah ilmu :D

75. dave - July 6, 2011

nice inpoh..
btw kpn beli motor nya ya? >.<

76. Nurman - July 6, 2011

Waw….kalo Helm ditaro diatas tangki bisa Raib juga….

77. afan - July 6, 2011

info spt ini dah pernah aku juga dapat dari kuli (pekerja bangunan) yang akan melakukan penambalan talang. hehhehe…

78. mercon - July 6, 2011

ada cara sedernaha, simpel untuk ngilangin calar/goresan di helem kesayangan,,,,

79. toro - July 6, 2011

Apa ada pengaruhnya bagi helm yang dimasukan ke dalam bagasi motor seperti hayate ato spacy?, kabarnya ketika motor jalan suhu bagasi akan sangat tinggi dan lagi tangki bensin kan juga ada dekat bagasi dan tertutup jok jadi satu.
Mas Taufik punya info, barang2 yg sebaiknya dihindari dimasukan dalam bagasi motor ketika jalan?
Tnks!

80. Taufik - July 6, 2011

@56. Manja Bae
betul bro, lebih baik ganti baru . .. tapi jangan ditarh diatas tangki lagi

@59. Aa Ikhwan
sama sama mas bro

@63. 2Strokers
kalo dibalik nanti jatoh dong?

@64. 2Strokers
busa jok disinyalir nggak meleleh kalo kena bensin . . .saya pernah ada gambarnya .. . naroh dimana ya?

@65. andrevixioner
silahken mas bro

@67. chi
betul mas bro . . .bagi2 rejeki

@70. uDien d’kab 24434
wkwkwk, sama kang

@79. toro
udah saya jawab di koment no #51 mas bro :D

81. cuap2x - July 6, 2011

kbayang efek jangka panjang thdp orang yg duduknya trs di atas tanki (bebekers,scooterer) & yg suka dudukin anaknya di atas tanki mtr semprot abis jalan macet2 ga ada raditor (pasti uapnya lbh banyak krn tanki ky dikomporin), kna efek radiasi pasti… kbayang efek jangka panjang thdp orang yg duduknya trs di atas tanki (bebekers,scooterer) & yg suka dudukin anaknya di atas tanki mtr semprot abis jalan macet2 ga ada raditor (pasti uapnya lbh banyak krn tanki ky dikomporin), kna efek radiasi pasti…

82. I L E M - July 6, 2011

Thanks bro……pencerahanya soal helm supaya tdk diletakkan di atas tangki mtr sport….., mungkin jg supaya cat tangki nya juga awet mulus ya….??? ga besemmmm……..hahahaaaaa……..,
Lumayan….artikel yg mengajak ngirit spy tidak beli helm terus-terusan…..
:) :) 10000 x

83. Smile - July 6, 2011

Ada yg lebih bahaya dr stereofoam helm yg lumer krn uap bensinnya mas taufik. yaitu uap bensin mengandung zat kimia ‘benzene’ yg berbahaya bila terhirup. benzene dpt menyebabkan kanker darah. shingga penderitanya musti sering-sering cuci darah.

84. Michael Bolloten - July 6, 2011

matur nuwun infonya ^_^

85. chakra_fxr - July 6, 2011

yup…itu salahsatu cara murah bikin napalm…
strfoam sebagai ganti jelly…

86. Goyip - July 6, 2011

Dah sering nge-mix juga…buat nambel atap yang bocor.

87. gogo - July 6, 2011

begitulah, tangki ga dirancang buat naruh helm..

88. KucayOVIC - July 7, 2011

Helmnya harus terbuat dari bahan non stereform, tuh ada peluang bisnis lagi.

89. enroe vuva - July 7, 2011

Saya sangat setuju…. helm merupakan bagian yang sangat penting bagi keselamatan berkendara….

Sebagai info tambahan ternyata helm standar mempunyai keterbatasa masa pemekaian, max 3 Tahun pemakaian, lebih dari itu helm akan mengalami kerapuhan. ( jangan memakai helm yang sudah pernah terjatuh pada saat anda berkendara, dan jangan pula keseringan menjemur helm di parkiran ) karna dapat mengurangi ketahanan helm… semoga bermanfaat….!!

90. Viola - July 7, 2011

Lagian memang bukan tempatnya juga di atas Fuel Tank, di samping keawetannya menurun, keamanannya juga tidak terjamin…

91. satria biru - July 7, 2011

@arif rakhman: uap kan ke atas arahnya bro bukan ke samping, klo nguap kesamping itu mah kereta api uap klo ngerem hehe…

92. bobby_kelanarimba - July 7, 2011

Mang kalo Tangki BBM sdh ketutup rapat,
masih bisa keluar uap BBM-nya juga bro?
Pake Motor apaan tuch yah????

93. bobby_kelanarimba - July 7, 2011

Ada lagi bro,
apakah memang saat ini bila dicampurkan
stereofoam (polystyrene) dengan gasolin (bensin)
msh bisa juga ‘meleleh’???
Apa gasolin (bensin) Pertamina saat ini
masih seperti beberapa taon yang lalu bro????
Gmn neh Bro…..?????

94. bobby_kelanarimba - July 7, 2011

stereofoam (polystyrene) dengan gasolin (bensin)
msh bisa juga ‘meleleh’, bila dicampur…..
Bagus juga tuch bro……
Dipake utk nutupin seng yang berlubang
atau apakah yang lainnya……
Ini memang terbukti lho……
Silakan dicoba bro…….

95. Lady Biker - July 7, 2011

Thanks for sharing Bro. Safety first.

96. cub woman - July 7, 2011

waaah…baru tau nih, thanks infonya. Ditunggu info laennya ya..

97. Fraziel - July 7, 2011

baru tau..

98. servoG - July 8, 2011

taruh diatas jok biar pantat nggak ngembang kepanasan cling

99. Tristan - July 8, 2011

ilmu yang bermanfaat, perlu disebar luaskan neh, supaya tidak ada korban selanjutnya… he…he mang korban apaan ya? :-) baru tahu neh mas, bahwasanya ada pengaruh dari bensin terhadap kadar setereofoam helm….

100. ipanase - July 10, 2011

heem

101. ntanchan - July 12, 2011

Nice info. Gimanapun kalo kita sembarangan, kita yang jadi korban kan.. Thx infonya ;)

102. Rara_84 - July 12, 2011

Thanks informasinya, jadi kita lebih hati-hati dalam penggunaannya.. Nice Share !!!!

103. syambyson - January 26, 2012

klo menurut ane sih..supaya tangki ga baret sana baret sini hehehe mau liat motor laki yg terawat ya liat tangkinya he..

104. http://kelleys-island.info - October 18, 2013

Hello to all, how is all, I think every one is getting more from this site, and your views are fastidious in support of new people.



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: