jump to navigation

Sttt . . . Nih beberapa keistimewaan Ibadah Pagi Hari August 5, 2011

Posted by Taufik TMCBlog in : Ngaji di Blog , trackback

Bro sekalian, Arikel Road to tanah suci belom selesai, yang ini dulu aja yaa . . . hampir kita semua sepakat bahwa Ibadah Wajib paling Pagi Yang kita kerjakan adalah Sholat Subuh .. .  Nahh sembari menungu Waktu utama Sahur yakni sahur yang di akhirkan ( menurut beberapa informasi jaraknya sekitar 50 ayat dibaca tartil sebelum subuh ) Via artikel ringan Kita akan sedikit kupas tiga keistimewaan ibadah sunah disekitar waktu subuh tersebut . ..  mari kita mulai . . .

Yang pertama adalah tentunya shalat subuh itu sendiri. Untuk sholat yang satu ini kapan kapan kita akan bahas secara mendalam keutamaanny .. .  namun secara Leterlek Allah SWT sudah memberikan keterangan tegas tentang sholat subuh seperti yang tercantum dalam surat Al Isra: 78 :

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”

ditambahlagi hadist Rasulullah :

“Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat Isya’ dan Shubuh, jika mereka mengetahui pahalanya, niscaya mereka mendatanginya kendatipun dengan merangkak.”

Wooow, bro bayangka . . . disaksikan Malaikat githu lho  .  . . Lumayan merinding kalo membayangkan bro

Yang kedua adalah dua Rakaat shalat Sunnah sebelum SUbuh ( shalat qabliyah shubuh) Untuk yang satu ini, Hadist Sahih Riwayat Muslim yang menerangkan

“Dua raka’at Shalat Fajr (shalat qabliyah shubuh) lebih baik dari pada dunia dan seisinya.”

Sebuah Kiasan Yang super duper daleeemmm mas bro   . Lha kita kerja siang-malam buat mengejar dunia, namun ternyata ada satu waktu sholat yang lebih baik dari Dunia dan isinya . . . Sholat Qabliah subuh bro . . .

Yang ketiga adalah Duduk diam (I’tiqaf) setelah sholat Subuh berjamaah di Masjid, menunggu datangnya Waktu terbit matahari (Syuruq) dan lalu mengerjakan Shalat sunah Syuruq. Syaratnya adalah Kita harus hadir di Shalat Subuh berjamaah di Masjid, lalu diam sampai Lewat waktu Syuruq . Ingat bro Waktu Syuruq adalah waktu yang dilarang untuk Sholat, cmiiw . . . nah Kita mengerjakan sholat sunah Syuruq beberapa saat (menit) setelah Syuruq (biasanya kalender imsyakiah menerangkan kapan waktu syuruq terjadi )  . . . Apa yang akan diperoleh? Silahkan simak hadist berikut:

“Barangsiapa yang shalat shubuh dengan berjama’ah kemudian dia berdzikir kepada Allah Ta’ala sampai terbitnya matahari lalu dia shalat dua raka’at, maka pahalanya seperti pahala berhaji dan ‘umrah, sempurna, sempurna, sempurna.”

(HR. At-Tirmidziy no.591 dan dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albaniy di dalam Shahih Sunan At-Tirmidziy no.480, Al-Misykat no.971 dan Shahih At-Targhiib no.468, lihat juga Shahih Kitab Al-Adzkaar 1/213 karya Asy-Syaikh Salim Al-Hilaliy)

Tentu yang terakhir ini cukup berat bagi Kta yang harus pagi pagi berangkat ke Kantor . . . namun mudah mudahan bisa dilakukan sat week end dimana waktu pagi kita lebih leluasa . . . Lumayan bro . . . pahala haji githu looo . . . . . Naaah Udah tiga tuh, kayaknya nggak sulit sulit amat kan? hayuuh atuh kita berlomba lomba . ..  terlebih lagi ini bulan ramadhan, dimana Pahala Puasa dilipat gandakan dan pahala puasa Allah sendiri yang menentukan . . . bener bener Bazzar pahala bro, sayang kalo dilewatkan . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

 

Comments»

1. *pembaca - August 5, 2011

:smile: baca pak haji….

2. *pembaca - August 5, 2011

artikel yang menarik…. :idea:

3. *pembaca - August 5, 2011

sayang banget,blom semuanya bisa dilakuin :sad: :sad:

4. tuwek - August 5, 2011

#untuk panjenengan semuanya…#

5. yamazuki - August 5, 2011

insya Allah..smg slalu dmudahkn..

6. Mupenk - August 5, 2011

Jadi gt ya?baru tau

7. Rizky saja - August 5, 2011

Seutuju mas Taufik, insyaAllah penuh berkah :)

8. chakra_fxr - August 5, 2011

sebenernya masih banyak bonus yang lainnya dari tuhan

9. smashrider - August 5, 2011

Syukron yaa Akhi..

10. noah - August 5, 2011

Artikel bagus neeh.perbanyak artikel islami nya kang haji terutama dibulan suci ini.biar gakda yg kompor2an ;)

11. #99 bro - August 5, 2011

ikut belajar…

12. Arif Rakhman - August 5, 2011

makin berat kalo masbro semua tinggalnya di Malang atas (Batu included), Kopeng, Puncak, mmmhhh…… mana lagi ya……

13. hariyantoari - August 5, 2011

10 besar

14. xiqey - August 5, 2011

@Arif Rakhman: bener bgt, sya ne wong mBatu. Biasax abiz subuh lngsung bru2 balik pake slimut, he……

15. motoisme - August 5, 2011
16. hadiyanta - August 5, 2011

oh baru paham syuruq ternyata ini tho, saya donlot aplikasi android “adzan alarm” kalau hari ini waktu Syuruq adalah jam 5:50 WIB

17. xiqey - August 5, 2011

@Taufik: gada info baru lagi kpan TVS APACHE 180 dlaunching??
Udah ngebet bgt ne, jd bngung mw plih si kebo ymahal pa RTR 160 sbg plarian nunggu new apachex

18. Windri - August 5, 2011

Jazakallah khaeran mas opik atas ilmunya…sangat bermanfaat….

19. purnomo sp - August 5, 2011

menyimak z..z..z..z..zz.zz..zzz.zzzzz

20. purnomo sp - August 5, 2011

bang haji kbrnya sehat?

21. Smash Merah - August 5, 2011

Dunia motor kadang lebih santer sisi negatip daripada positipnya, apalagi kalo ada berita di tipi tentang “geng motor”, hampir bisa dipastiin beritanya bakal miring, padahal kegiatan positip yg dilakuin anak2 motor (klub) ga keitung banyaknya, cuman kadang ga ke-ekpos. sebagai pencinta roda 2, ana salut sama akhina taufik, sekalipun dah nyemplung didunia motor tapi sisi ruhiyahnya ngisi terus di semua rpm.. :mrgreen:
Maju terus bang haji, syukron buat tausiyah2nya.. :)

22. scnk - August 5, 2011

bangun pagi sholat subuh dengan berjam,ah sama dengan anda begadang semalaman hanya melakukan kebaikan

23. aa - August 5, 2011

mauuu…insaalloh sholat syuruq…

24. bruur - August 5, 2011

thanks mas bro sangat bermanfaat

25. Taufik - August 5, 2011

@20. purnomo sp
alhaldulillah baik kang

26. forOTO - August 5, 2011

nah ini, baru bermanfaat banget bagi iman kita…thanks

27. Dani Ramadian - August 5, 2011

@Arif Rakhman feat xigey

Batu – Punten – Cangar – Pujon – Kebun Teh Wonosari
Lawang…Singosari ngulon…

Adem cesssssss….

28. pindana - August 5, 2011

mantaf mas brow….

29. yohedge741 - August 5, 2011

Artikel ♈á∏б ♏ªªªªn†ªªªªª kang taufik. Sering2 kang posting artikel seperti ini.

30. yohedge - August 5, 2011

♏ªªªªn†ªªªªª artikel nya kang. Menambah wawasan n iman kita انشـــــاء الله , ​​​آمِّينَ

31. yohedge - August 5, 2011

Setuju sª♏ª bro xiqey, belum α∂a̲̅ bocor alus dari Bu Meike kang mengenai TVS Apache 180. Kang Taufik waktu itu bilang, akhir 2011 ϑɑ̣̇♌ üϑάн α∂a̲̅ TPT nya juga. Cmiiw

32. sabdho guparman - August 5, 2011

subhanallah. . . .

keep brotherhood,

salam,

33. iwanproton - August 5, 2011

jika ada niat… insyaAllah dimudahkan

34. telor balado - August 5, 2011

alhamdulilah…….

35. Sttt . . . Nih beberapa keistimewaan Ibadah Pagi Hari (via TMCBlog – Motorcycle News) « Just Share - August 5, 2011

[...] Sttt . . . Nih beberapa keistimewaan Ibadah Pagi Hari (via TMCBlog – Motorcycle News) By fiqr Bro sekalian, Arikel Road to tanah suci belom selesai, yang ini dulu aja yaa . . . hampir kita semua sepakat bahwa Ibadah Wajib paling Pagi Yang kita kerjakan adalah Sholat Subuh .. .  Nahh sembari menungu Waktu utama Sahur yakni sahur yang di akhirkan ( menurut beberapa informasi jaraknya sekitar 50 ayat dibaca tartil sebelum subuh ) Via artikel ringan Kita akan sedikit kupas tiga keistimewaan ibadah sunah disekitar waktu subuh tersebut . ..  ma … Read More [...]

36. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE - August 5, 2011

terima kasih kang pencerahannya !!!!!

37. cafebiker - August 5, 2011

manteb kang haji

38. 4201journey - August 5, 2011

masih cukup berat….
Terutama sholat subuh berjamaah….
Alasan utama ane.
Malaassss….tp ttap d kerjakan.
Tapi insya Allah… Ane akan berusaha lebih baik, doakan kang taufik….

39. herimoko - August 5, 2011

Berat subuh tepat waktu

40. iphone jailbreak - August 5, 2011

jadi lebih mengerti makna sholat subuh

41. Amama Ali - August 5, 2011

siiippp

42. gogo - August 6, 2011

mantab

43. Hardi - August 6, 2011

sukron kasiron mas ya akhi..

44. Ganzimaru - April 29, 2012

ketemu artikel ini,
Inspiratif mas :)

45. yasir - July 28, 2012

biasanya halangan utama ibadah berpahala besar itu adalah ngantuuk / males / nggak tau, atau gabungan dari semuanya :D
bagusnya kan udah ada yang kasi tau neh,, jadi dah tau donk.
ttg ngantuk biasanya karena tidurnya telat.
kayaknya paling enak ngerjain ibadah tersebut kalo persiapan, dengan tidurnya maks jam 10 malem.

yahh,,, ibarat mau haji beneran,, kalo nggak persiapan mana bisa berangkat. ya gak masbro?!:)

46. Charla - June 13, 2013

I know this website presents quality dependent posts and other
information, is there any other website which offers these information in quality?

47. 3,5 jam saja | TMCBlog - Motorcycle News - July 12, 2013

[…] sampai sekitar jam 06:30 pagi yang bisa sama sama kita manfaatkan dan artikel ini mencoba memperkaya artikel serupa yang pernah tmcblog rilis 2 tahun yang lalu .. […]



%d bloggers like this: