About these ads
jump to navigation

Penilaian Spontan Terhadap Bajaj Bergantung Jenis Motornya ? Agustus 17, 2011

Posted by Taufik in Bajaj.
Tags: , ,
trackback

Bro sekalian, semenjak beberapa kali tmcblog menuliskan perencanaan produk produk baru , khususnya terhadap produk Bajaj – bervariasi juga tanggapan spontan dari pengunjung blog. Namun melihat secara empirik tulisan komentar yang ada tmcblog mencoba membuat sebuah hipotesis awal yang perlu di pelajari lagi bahwa : Penilaian Spontan Terhadap Bajaj Bergantung Jenis Motornya . . . Maksute apa bro?

Jadi Gini, sebagai contoh saat tmcblog membahas produk Bajaj Pulsar series ada beberapa komentar yang langsung menanyakan kesiapan layanan 3 S dari Bajaj seperti : ” layanan 3 S nya Bagaimana? ”  namun bila tmcblog membahas tentang KTM Duke 125/250 yang proses produksinya juga dilakukan di pabrikan Bajaj, Frekuensi pertanyaan yang menanyakan pertanyaan layanan 3 S dan after sales service khususnya cukup berkurang cmiiw. So Apakah Karena KTM adalah Brand yang IMHO mungkin terasa lebih ‘ningrat’ dari Bajaj sehingga terlihat perbedaan seperti ini? atau Bagaimana, silahkan share pendapat bro sekalian . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

About these ads

Komentar»

1. cafebiker - Agustus 17, 2011

sip

2. Monde Sudah Tiada - Agustus 17, 2011

jozzz

3. idadzzz - Agustus 17, 2011

kesalip . . .

4. masboy - Agustus 17, 2011

pertamaxxx ga ni………..

5. xxx019 - Agustus 17, 2011

absen

6. bluegalon - Agustus 17, 2011

Podium dulu ahh abis subuhan :D

7. masboy - Agustus 17, 2011

yahhhhhhhh……….gagalllll…..

8. idadzzz - Agustus 17, 2011

krna ad hal yg dpt menutupi kekurngn 3s itu dgn produk yg bgs.

9. hery - Agustus 17, 2011

Ktm jossss

10. Aryoningrat - Agustus 17, 2011

ktm oh ktm,
ngimpi

11. bejo - Agustus 17, 2011

mungkin

12. Briptu Norman Kamaru - Agustus 17, 2011

namanya itu loh, Bajaj
identik bajay jakarta yang mesin vespa berisik

jadi kurang wah nama merk nya

13. alavictor - Agustus 17, 2011

nanya ini-itu biasanya tanda niat beli…..yang niat beli KTM mungkin masih secuil, karena banyak yang beranggapan, banderolnya pasti kurang masuk akal untuk sebuah sport mini 4 tak….

14. fans_ayanami - Agustus 17, 2011

KTM, bermain di kelas premium. Sehingga org tidak ragu dgn kualitasnya. Beda dengan bajaj, masyarakat sudah menjudge image bajaj. Mungkin ada baiknya, nama Bajaj di ganti saja. Sehingga kesan dan persepsi masyarakat akan lebih baik lagi. Con : Toyota dengan Lexus.

15. krizz - Agustus 17, 2011

MERDEKA!!!!!

16. VixieRed07 - Agustus 17, 2011

Setuju sama bro Taufik, kuatnya image suatu brand mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen atas qualitas dari brand tersebut (termasuk 3S). Katakanlah KTM “lebih ningrat” dari bajaj dan mendapat respon “lebih percaya” dari konsumen, sebenarnya ini juga menjadi suatu dampak positif yg akan mengangkat Bajaj lebih “ningrat” lagi dari sebelumnya. Selamat buat Bajaj… Bravo otomotif Indonesia… Jayalah Negeriku..Merdeka…!!!

17. Chandra - Agustus 17, 2011

ningrat ajiib, merk motor yang sering bgt nongol di supermoto . . .

18. Rushdee - Agustus 17, 2011

Wah… Dari nama ja dah bkn beda image, namanya jg org kt, yg penting kan merknya… Merdeka…!

19. sportrider - Agustus 17, 2011

Kayaknya sulit buat KTM masuk ke sini karena harganya pasti mahal. Mungkin kalo 200cc lebih pantas

20. Black_Viper - Agustus 17, 2011

kalo untuk jakarta mah ga usah bingung, dealer dan bengkelnya dah bejibun. untuk yg diarea jateng khususnya solo juga udah ada.

21. sportrider - Agustus 17, 2011

tapi bagusnya sih dimasukin karena kalo gak dimasukin, IU akan ngambil kesempatan dimana ngambil untungnya lebih gede dari atpm

22. fans_ayanami - Agustus 17, 2011

Image Brand yg kuat dan kualitas yang top. Contohnya Kawasaki, memang after salesnya dan jaringan bengkelnya tidak sebanyak Honda dan Yamaha. Tapi Bicara ” Kawasaki Ninja”, orang tidak akan ragu membelinya. Mungkin para petinggi bajaj, mau memberikan edukasi lebih lagi kpd masyarakat.

23. ady_blackvixy - Agustus 17, 2011

Sorry oot mas opik.. Vale. Rossi kayanya absen di motegi..
Laporan selesai.. :D

24. bunyan - Agustus 17, 2011

Kenyataan di lapangan mazbro. Contohnya untuk Bali,cuma ada 1 diler yang 3s, 1 lg cuma sales n service.

25. Endrix - Agustus 17, 2011

iya ya, kok mulai terpikir perbedaan rasa kalo ngebahas 2 merek itu

terkait layanan 3Snya Bajaj di beberapa warung lagi rame masalah keluh kesah bro Triyanto

nitip jemuran Kang
http://www.sejutaumat.com/2011/08/17/penjualan-vega-zr-meroket/

26. MarUto/Marto Utomo - Agustus 17, 2011

Kalopun kebeli perlakuan pasti akan beda,akan masuk trah esklusif,bukan daily use.
Part fast moving akan menjadi long life.kecuali tire akan comont part.
Saya kira begitu…

27. beranda - Agustus 17, 2011

Coba tanya ke orang yang beli Lamborgini atau Ferarri yang harganya miliaran, mereka gak akan mikir berapa jumlah bengkelnya di sini. Ya itulah KTM yang dah masuk sebagai produk premium yang sayang banget dipake harian. Beda ama Bajaj yang tiap hari dipake dan dimiliki rakyat kebanyakan, sekalinya rusak dah pasti akan bikin susah, makanya pemilik bajaj butuh jaminan 3S.

Tapi dah lumayan kabarnya beres Jogja yang kemarin ilang langsung diganti 3 bengkel sekaligus, kalo di Jakarta dah semakin banyak bengkel non beres yang bisa melayani Bajaj

28. mercon - Agustus 17, 2011

merdeka….!!
karena kalo bajaj identik dengan si bajuri…. :mrgreen:

29. GrandV - Agustus 17, 2011

Orang membandingkan 3S Bajaj dengan Yamaha dan Honda, jelas njomplang. Semua Brand perlu waktu untuk membangun 3S. Modal duit aja tidak cukup, karena menyangkut Human Resources yang perlu dididik dan dibiasakan dengan budaya baru. Tapi dengan keunggulan produk Bajaj, hanya masalah waktu sampai 3S ini akan terbenahi… Buktinya sekarang sudah bermunculan bengkel-bengkel non resmi yang dianggap mumpuni oleh pembesut Bajaj. Ini menunjukkan besarnya permintaan yang tidak dipenuhi oleh Bajaj sendiri.

30. maz min - Agustus 17, 2011

merdeka!

31. Pak Bambang Nunggang Byson - Agustus 17, 2011
32. enth - Agustus 17, 2011

bagi orang ndeso, denger nama KTM sudah trauma karena dulu ada motor china pake nama KTM juga

33. irwan - Agustus 17, 2011

Karena Bajaj dianggap sebagai motor harian saja, namun punya kelebihan, tampangnya yang “sangar” dan beda dari produk2 motor lain yg beredar. Sehingga masalah spare part pasti selalu jadi pertimbangan. Beda kalo orang mau minang KTM, Ducati, dll, karena motor-motor itu dianggap sebagai suatu bagian dari live style.

34. hi hi hi - Agustus 17, 2011

Merk mahal, jarang dipake, jarang rusak, punya komunitas atau bengkel referensi non resmi

35. Mercon C Part 3 - Agustus 17, 2011

namanya bajaj sihh,,, mendinga namanya “Angkot” oke juga tuh :lol:

36. Komengtator - Agustus 17, 2011

Merk KTM bak merk eksklusif, so ga penting terlalu mikirin 3Snya… Kalo Bajaj mah motor harian biasa, jd ya 3S hrs meyakinkan…

37. mercon - Agustus 17, 2011

ditempat kota ane malah diler bajaj satu2nya malah tutup taon 2010 kemaren,,, :(

*miris

38. ipanase - Agustus 17, 2011

bajaj ganti nama jadi ktm, pasti beda cerita

39. b@jul_kesupen - Agustus 17, 2011

ganti aja jadi pulsar lebih keren, sekalian mo tanya mengenai NMP mas taufik, saya berencana ganti olie mesin tetapi bukan dari AHM kira-kira oli yang cocok buat NMP apa ya soalnya saya pengen tarikan lebih enteng trus SAEnya kira-kira berapa, jika pakai shell advance AX5, 15W-40 bisa tidak (merusak mesin apa tidak) terimakasih mohon dibantu dijawab…….

40. amedia - Agustus 17, 2011

standar ganda… untuk beda kasta beda standar… kebawa juga budaya dari indihe

41. stabilo kuning - Agustus 17, 2011

Salah satu ciri orang yg merdeka adalah orang yg tidak berpikiran sempit dan terbuka pada sesuatu yg baru, dan kebanyakan rakyat Indonesia belum merdeka, pikiran dan hatinya masih terjajah.
Makanya merk baru dan terlihat rendah tak bisa bersaing.

42. mbr666 - Agustus 17, 2011
43. stabilo kuning - Agustus 17, 2011

Salah satu ciri orang yg merdeka adalah orang yg tidak berpikiran sempit dan terbuka pada sesuatu yg baru, dan kebanyakan rakyat Indonesia belum merdeka, pikiran dan hatinya masih terjajah.
Makanya merk baru dan terlihat rendah tak bisa bersaing.
Hiduplah Indonesia Raya

44. Moyseventeen - evolution - Agustus 17, 2011

smpe sekarang di indramayu kyak gak ada 3snya deh xixiixix

tes tes artikel baru bro

http://moy17.wordpress.com/2011/08/17/yamaha-r25-semakin-nyata-mosoookk/

45. Mas Brot - Agustus 17, 2011

Masalah nama kan akan terbukti asal prestasinya jempol….

46. skakmatgraphicimoko - Agustus 17, 2011

Kebanyakan yang nunggu2 KTM adalah pemakai Pulsar…….

47. geraltofrivia - Agustus 17, 2011

sekarang bajaj udah ga pake nama bajaj lagi kok untuk varian motornya kang, mereka kedepannya akan menonjolkan variannya aja; contoh pulsar series, avenger series, discover series, dll. makanya pulsar kluaran baru di blok mesinnya udah ga ada lagi tulisan bajaj, hanya dts-i tok. :D

48. keshamotors - Agustus 17, 2011
49. keshamotors - Agustus 17, 2011
50. pakdeguh - Agustus 17, 2011

oo gitu ya

51. Mas Brot - Agustus 17, 2011

OOT Dikit):Kang taufik dah sukses ngomporin revolusi honda blade hehe.Kpn bwt ngomporin revolusi Honda CS1nya?
Dtunggu byk orang loh

52. mercon - Agustus 17, 2011

ane belom pernah pake bajaj… tapi kalo naik dah pernah… keseimbangannya bagus banget.. wong pas berhenti di lampu merah.. ridernya nggak perlu sampe nurunin kaki.. tapi bajaj nya nggak jatoh… :lol:

53. harisxyz - Agustus 17, 2011
54. Dani Ramadian - Agustus 17, 2011

Wahhh…
3S bermasalah kayak disini ya???

http://rialhamzah.wordpress.com/2011/08/16/kanvas-rem-saja-tak-ada-stop-jangan-beli-pular-220-sekarang/

Jadi banyak orang takut :(

55. dave - Agustus 17, 2011

padahal walaupun KTM lebih bagus,,
tapi kalo spare part nya susah masuk sene,,
terus pihak bajaj jg kurang siap 3s nya,,
bs sama aja kan ya? cmiiw..

56. Tfr - Agustus 17, 2011

Soalnya bajaj ini sudah terkenal betapa tragisnya 3S walau tidak semua, tapi sebagian besar, terutama ketersediaan spare-part dan keahlian mekanik beres…

salah satu contoh, baca aja blog bro rial :)

57. dados8756 - Agustus 17, 2011

ane juga kalo pilih motor pasti dari tampangnya… 3s mah no 2 wkwkwkwkkw

58. kudalumping - Agustus 17, 2011

ngurus Pulsar Series yang udah bercokol hampir 5 tahun disini aja masih kocar kacir,, gimana mau ngurus KTM,,,
BAI BAI,,,

59. bintang - Agustus 17, 2011

bajaj harus berbenah :mrgreen

60. adkarta - Agustus 17, 2011

tetep tagih kualitas 3s bajaj,

61. asmarantaka - Agustus 17, 2011
62. Juragan Warung - Agustus 17, 2011

kualitasnyaaaa….?

63. uDien d'kab - Agustus 17, 2011

KTM sering main di supermoto, beda gengsi, kalau bajaj belum kedengarah di kancah balap internasional, bahkan persepsi masyarakat awam akan langsung ke Bajaj Bajuri … :D
==============================

Tapi KTM yang ini kok “murah” yah ?

Scoopy kawin ama Fino = APP-KTM Milan

http://udiendkab.wordpress.com/2011/08/16/scoopy-kawin-ama-fino-app-ktm-milan/

64. SOMPLAK - Agustus 17, 2011

ono rego ono rupa..waniiii piroooo

65. ridertua - Agustus 17, 2011

KTM=Keren Tenan Mas

66. ridertua - Agustus 17, 2011
67. fradzy - Agustus 17, 2011

orang kalau udah suka sama tampang dan brand nya urusan lainnya belakangan. Mau ktm atau motor jepun lainnya kalau tampang udah ngga menjual pasti yg di munculin adalah nilai lebih lainnya misalnya ya 3s. imho.

68. sueb - Agustus 17, 2011

askum, kami menjual sgala macam part racing untuk semua jenis motor. tersedia juga barang blackmarket bagi yg menginginkan barang bagus tapi murah, langsung dari thailand.
hubungi : segondol_hzzracing@gmail.com atau 083856559524 (call n sms)

69. sueb - Agustus 17, 2011

askum, kami menjual sgala macam part racing untuk semua jenis motor. tersedia juga barang blackmarket bagi yg menginginkan barang bagus tapi murah, langsung dari thailand.
silakan hubungi :
segondol_hzzracing@gmail.com atau 083856559524 (call n sms)

70. superbonto - Agustus 17, 2011

percuma juga bengkel resmi n ga resmi banyak tapi sparepart susah

71. avatarx - Agustus 17, 2011
72. asmarantaka - Agustus 17, 2011
73. #99 bro - Agustus 17, 2011

cobo absen setelah beberapa hari gak bisa absen di mari..
MERDEKA

74. 3055nada - Agustus 17, 2011

MIO……….suka suka…….suka suka…….
MIO……….suka suka…….suka suka…….
MIO……….suka suka…….suka suka…….

75. ariipod - Agustus 17, 2011

alhmd, mz taufik & bro semua, cbr 150 saya udh turun, pdhl br 2 minggu indenny…, makasih honda, makasih tuk semuany, welcome home, cibie…, be a part of my little family…,

76. Agneta - Agustus 17, 2011

Gak paham…ini maksud tulisan apa.. Bahasanya gak runtut…. kocar kacir…kayak diler bajay.

77. asmarantaka - Agustus 17, 2011
78. Brigjen Norman Kamaru - Agustus 17, 2011

pake bajaj model vespa manteb..bisa ngebuli pake sate dari moncong cbr150 lho om…

79. Tongsam - Agustus 17, 2011

@agneta :

Lha kok yang lain paham…? Coba baca lagi dech…

@juragan ijo :
Kayaknya butuh tanda baca , (koma) dech… Kasihan agneta tuh… :)

80. Tongsam - Agustus 17, 2011

Jaringnya gan… :)

81. hemp - Agustus 17, 2011

Kita dituntut efektif menyampaikan pesan dan atau berkomentar pada tweet orang yang kita follow.

82. strngman - Agustus 17, 2011

Yg pntg BAI hruz brtanggung jawab unt menjaga berbagai varian yg udh d glontorkan k masyarakat! Jangan smpe spare part susah d dapat. .

83. Bonsai Biker - Agustus 17, 2011
84. dave - Agustus 17, 2011

kok yg komen dikit?
pada lomba 17an ya? hehe..

85. Geng Gembeng™ - Agustus 17, 2011

Saya pengguna Pulsar…. dan saya tidak puas dengan layanan 3S nya

ibarat anak pinter… tp ibunya g bisa ngurus

86. blade_us - Agustus 17, 2011

Nama Bajaj Pulsar jelek gara-gara kelakuannya sendiri

http://bladeus.wordpress.com/2011/08/17/strategi-honda-salah/

87. Ridwansyah - Agustus 17, 2011

mudah2an KTM masuk ga lewat 3S nya si Bajaj deh bro, biar lebih baik pelayanannya..
Review FC Spacy : http://rollcare.wordpress.com/2011/08/17/review-fuel-consumption-honda-dio/

88. nymn - Agustus 17, 2011

saya ingin membeli bajaj pulsar, tp terbentur dengan jaringan 3S nya, yg saya baca dari forum dan beberapa blog di internet, yg mengeluhkan tentang jaringan 3S bajaj, tp saya belum mendengar langsung dari BAI tentang jaringan 3S nya, mudah2an blog ini bisa memberi informasi yg lengkap mengenai ini kepada calon konsumen…
menurut saya, sangat disayangkan, teknologi canggih yang diterapkan di motor, tp terkendala kurangnya jaringan 3S, ini akan membuat calon konsumen berfikir 2 kali…
menurut saya, maaf yah no offence, just share, komponen teknologi canggih jika rusak lebih sulit memperbaikinya dibanding komponen mekanik yg standart, karena banyak saya lihat, motor dengan teknologi standart, tp jaringan 3S nya kuat dan spare part tersedia dimana2, jauh lebih laku penjualan nya…
Saya ingin melihat Bajaj Indonesia menjadi semakin maju dan kuat dalam jaringan 3S, karena akan memberi banyak warna dan pilihan kepada konsumen Indonesia… Good Luck BAI…

89. PENUNGGANG P 220 - Agustus 17, 2011

PEDULI AMAT AMA 3S, YG PENTING JADI MOTOR MURAH TERCEPAT KETIGA DI INDONESIA YG G OVER PRICE

90. boerhunt - Agustus 17, 2011

Kenyataan dilapangan memang begitu kanghaji, walo sy pribadi tdk mengalami keterlambatan stnk/plat nomor (hampir sebulan spt yg dijanjikan), dan asesoris bonus yg tertahan (kalo sy lgs ditelp sama mbak dewi beres pasteur jaketnya udah ada) tp bbrp teman yg sy kenal menemui kendala, dan juga sparepart spt mas rial hamzah (entah knp sy jg tidak mengalaminya, sy sampe bisa stok busi dam kabel kopling di bagasi motor, spt yg pernah sy posting ttg bagasi), munkin krn sy pake yg 135. Nah knp dgn ktm tdk muncul pertanyaan itu, sy rasa mungkin dgn ktm sebagai produk ownernya, akan berusaha keras mengatasi apa yg masij jd kendala di bajaj indonesia, dan bisa jadi kan bajak apa punya marketing dan pengelolaan produk tersendiri utk ktm..IMHO

91. Kue Kering - Agustus 17, 2011

oh itu mah komen / pertanyaan bodoh dari anak muda indonesia yang konsumtif kena racun kapitalism.
jangan dihiraukan…
jayalah industri indonesia

92. paton - Agustus 17, 2011

harus berbenah nih bajaj

93. vivi - Agustus 17, 2011

Merdeka….
Happy independence Day.
miris juga melihat perkembangan otomotif di indonesia. di umur yang ke 66 ini indonesia belum bisa mempunyai produk otomotif yang mumpuni. indoneaia masih sebagai sebagai konsumen. mirisnya para pengguna otomotif indonesia masih mengagung agungkan salah satu / sebagian produk luar negri.
beberapa kali mampir di blog2 india, mereka begitu bangga dan mengagungkan produk BAJAJ, bahkan produk luar hanya sebagai penghias.

kapan di Indonesia ada produk yg mumpuni.

94. Genzo - Agustus 17, 2011

Dirgahayu RI ke 66, MERDEKA….

95. Space Monkey - Agustus 17, 2011

Bajaj vs KTM? ya jauhlah gengsinya, walaupun Bajaj 3Snya lebih bagus dari KTM pun, tetep aja produk KTM akan lebih di banggakan daripada produk Bajaj.
Ya itu tadi karena nama KTM lebih “Ningrat”.
Mungkin akan beda jika desain DUKE diserahkan juga oleh Bajaj. anjlok pamor KTM.

96. cokro - Agustus 17, 2011

buat vivi….
setujuuuuuuuu beraatttt….

97. sahabat biker - Agustus 18, 2011

ga ada spare part? pake spare part bajaj roda 3 aja. gitu aja rame klo ga ada juga disumet ae motore

98. Kyoghi - Agustus 18, 2011

sensi juga kalo uda soal brand2 an niy……

99. rachmad a.k.a gorengan - Agustus 18, 2011

Merdeka kang tofikk

100. kasamago - Agustus 18, 2011

ya begitulah.. klo motor keren, mantab, terjangkau otomatis 3s terlupakan..

101. anak_kecil - Agustus 18, 2011
102. Menutup Diri itu Merugikan Diri Sendiri.. « Boerhunt's Blog - Agustus 18, 2011

[...] yang diutarakan oleh Kang Haji Taufik tentang Penilaian spontan thd Bajaj Bergantung Jenis Motornya menarik sekali. Bukan hanya materinya, tetapi komentar-komentarnya pun beragam, termasuk berupa [...]

103. NEW YZF R15 - Agustus 18, 2011

Nice.

104. mencoba jujur - Agustus 18, 2011

harga ga bakalan bohong..! hanya share aja. coba kalian perhatikan khusunya bajaj180, di bagian knalpotnya. motor bajaj 180 diatas 2 tahun (asli india). knalpotnya pasti kropos. bolong sana, bolong sini. kirain cma di bajaj milik adikku saja. eh ternyata di jalanan hampir smuanya.
belum lagi las2an chasis yg jorok. ga tw deh bikinnya gmna itu motor (standar quality)

105. adecahyapurnama - Agustus 18, 2011

@mencoba jujur:
ah, motor laen juga gitu kalo yang punya “jorok” ngerawatnya. makanya selalu disaranin bersiin yang teratur.

106. setia1heri - Agustus 19, 2011

wkwkwk…
bajaj sih mongtor merakyat…

107. Phelonkst - Agustus 19, 2011

Standard Ganda

108. tralalala - Februari 1, 2012

setelah punya P180 sekitar 2 bulan, gak ada hujan ga ada angin seal shock depan kanan udah rembes..waktu aku klaim ke beres katanya itu bukan bagian dari garansi..oke deh aku coba ngerti..trus habis minta diganti dgn biaya sendiri..eh ampe 3 harmal nginep ternyata ga ada juga part nya..akhire cuma dibenerin sendiri dg resiko masih suka rembes walo dikit…
udah gitu dapat 1 tahun ada masalah lagi dengan klep nya (sepertinya gara2 mekaniknya waktu service gak pinter..soalnya setel klep nya terlalu longgar..ini PR buat BAI..”don’t ever recruit the unprofessional employer) habis gitu gak jelas tanggung jawab pembiayaannya..akhirnya ya keluar lagi duit dari kantong yg cukup lumayan…
sebenarnya jengkel banget dengan pelayanan 3S nya..tapi kalo pas make kendaraan ini…jadi lupa smua masalah 3S nya..cause ini motor cc sedang dengan premium taste…
wish BAI make better the after sales services..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.664 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: