Bro sekalian, kisah nyata ini diterima tmcblog di awal pekan ini . . . jadi begini bro tersebutlah salah seorang Manager sebuah Perusahaan Kecil. Dua pekan sebelum Hari raYa Iedul fitri 2011 Ia dan seluruh karyawan perusahaan memperoleh Tunjangan Hari raya dari kantornya. Namun Ia bertekat seluruh uang THR nya itu akan di berikan ke Panitia Amil Zakat Kerena dia pikir gajinya yang akan diperoleh akhir bulan nanti cukuplah untuk biaya hidup saat dan pasca Lebaran nanti, namun sebelumnya ia harus berbicara dulu pada sang istri tercinta. Singkat cerita sang istri pun diberitahu Niatnya tersebut.

Walaupun sang istri mengiyakan maksud sang suami . . . Sang suami pun sebenarnya Tahu bahwa sebenarnya bahasa tubuh sang istri yang telah menemaninya bertahun tahun ada sedikit perasaan kaget dan mungkin tidak terima jika 100% uang THR tersebut diserahkan Ke badan Amil Zakat. Namun sepertinya sang istri telah pasrah, ia tahu yang dilakukan suaminya adalah yang terbaik dan dia yakin suaminya sudah memiliki visi mengenai keuangan saat dan pasca lebaran nanti. Tekatpun bulat . . . 100% persen uang THR akan diserahkan semua ke badan amil zakat !!

Bro sekalian , Empat Hari berselang . . . sang Manager mendapat Telfon langsung dari Atasannya, dalam pembicaraan telefon sang Atasan menanyakan perihal jalannya divisi yang di amanahkan kepada sang manager . ..  sang manager pun menjelaskan apa adanya progres teknis divisi yang ia pimpin . . . dan sesuatu yang tidak diduga . . . di akhir pembicaraan telefon, sang Atasan bilang bahwa Ia berhak memperoleh tunjangan operasional yang nilainya hampir 3 kali lipat dari jumlah THR yang ia niatkan untuk dikelola badan amil zakat . . . tubuh sang managerpun merinding seketika setelah atasannya menutup pembicaraan telefon tersebut . . . tak henti hentinya ia berucap tasbih dan tahmid, seakan tak percaya . . . jawaban Sang Khaliq yang maha Kaya begitu cepat . . . bahkan disaat niat tersebut belum tuntas 100% ia lakukan . . . subhanallah, itu baru jawaban di dunia bro . . . kayak apa jawaban di akhirat coba? hmmm . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

85 COMMENTS

  1. bukan pulsar 180 harta saya, bukan pula anda dg motor2 yg anda miliki….. yg tentu bangga atasnya.

    harta sesungguhnya adalah yg kita berikan di jalan ALLAH.

    *Sekadar mengingatkan dan menyemangati diri sendiri untuk lbh giat infaq zakat shodaqoh.

    Guest
  2. Subhannaallah…
    Betul mas! 1000% sy setuju & percaya, karena saya sendiri mengalami mas, ini realita mukjizat bersedekah.
    “3thn saya blm di karuniai putra, berbagai cara kami lakukan dan terakhir adlh memperbanyak bersedekah kepada anak yatim & orang2 tak mampu di jalanan, Alhamdulillah dlm waktu 3bln sy mendapatkan kabar baik bhw istri saya positif hamil & alhamdulillah sampe sekarang putra sy sdh berumur 1,3thn”. Ya Allah engkau memang maha bijaksana.

    Guest
  3. Subhanallah… Allah pasti akan mengganti apa yg telah kita nafkahkan di jalan Allah dengan ikhlas dan tawakkal…

    Guest
  4. SUBHANALLAH. .

    Kekuatan Zakat itu bagaikan Aspal dijalanan.. Semakin Ikhlas dan semakin Cepat kita berZakat,, insyaallah semakin mulus pula jalan kita di dunia maupun akhirat nanti. .

    Guest
  5. Subhanallah… Zakat adalah suatu kewajiban dan shadaqah adalah amal yg dapat menyelamatkan kehidupan diakhirat. Sangat indah hidup ini jika merasa harta dan kekayaan hanyalah titipan yg merupakan bagian dari cobaan. Ikhlas adalah sesuatu yg berat karena banyak perilaku atau amalan yg dilakukan tidak sepenuhny didasari dg ikhlas. Padahal kita tidak akan pernah tau rencana dari-Nya atas segala dan apa yg kita punya.

    Guest
  6. Berbicara masalah KEAJAIBAN SHADAQOH saya masih selalu terngiang-ngiang dengan salah satu warga banjarmasin bernama LIHAN (ustadz) yang sangat gencar bersedekah tapi kini justru berada di balik jeruji penjara Lapas Banjarmasin… Jadi Shadaqoh itu hasilnya tidak secara langsung namun balasannya akan berlipat tapi diberikan DI AKHERAT… mengenai kasus di atas hanya kebetulan saja…

    Guest
  7. memang ada rahasia dibalik ilmu ikhlas, tapi harusnya yg 3 X thr itu juga disedekahkan lagi …
    (komen nya ngga kaya pas lagi BC kmaren2 ya’)

    Guest
  8. maaf kang taufik saya non-Muslim. Tapi artikel Mas Taufik di atas saya amini. Kalau di tempat kami istilahnya sistem tabur tuai. Semakin banyak kita tabur, semakin banyak juga yang kita tuai. Saya sudah membuktikannya berkali2, bahkan tidak cuma 3 kali kang , tapi lebih dari 10 kali. So intinya yuk kita jangan terlalu sayang sama harta, sampai2 kita lupa sama yang lain…harta hanya titipan, gak akan kita bawa kalo mati…jadi pakai harta itu untuk memberkati orang lain…jadi kita bisa jadi alat Tuhan untuk mengasihi orang lain..AMIN

    Guest
  9. Maaf sebelumnya Kang taufik, saya non Muslim, tapi saya mengAMINi artikel di atas. Di tempat saya istilahnya sistem TABUR TUAI, semakin banyak kita tabur, semakin banyak yang kita tuai. Saya sering mengalaminya mas, bahkan ndak cuma 3 kali, tapi 10 kali yang saya dapat…dari apa yang saya berikan… So ingat2 ajalah, harta itu titipan Tuhan, bukan untuk kita, tapi juga untuk orang lain. Kita diberkati supaya menjadi berkat bagi orang lain. AMIN

    Guest
  10. Pengalaman pribadi dari pemilik warung nih…Like This Bro..berbuatlah kebaikan selama kita masih bernafas..amin.

    Guest
  11. Subhanallah, sebenarnya dalam hadits qudsi juga sudah dijelaskan bahwa “Barangsiapa berniat shadaqah, maka kecepatan Allah Swt membalas shadaqah tersebut lebih cepat daripada gerakan shadaqahnya.”

    Guest
  12. J0z tuh managernya, gak spt pabrik SPBE dket t4 ku , uang k0mpensasi bwat warga waktu pndirian pabrik puk gak ada, ijin warga juga gak ada, penerimaan karyawan ktanya 60% warga skitar trnyata cuma 4orang, satu RT dgn pabrik pun gada, tunjangan THR bwat warga ga ada, Gaji minim bgt buat karyawan, disinyaliq PT Lestari Pelita Graha ini menyuap para keparat desa dan depnaker. Ada saran dari bro2 smua?

    Guest
  13. Iman akan meningkat apabila langsung mengalami Nusrohtullah (pertolongan ALLAH), ga bs di pungkiri lg Kang Haji…
    Semua bersadia untuk langsung mendapatkan pengalaman iman ya…

    Guest
  14. Kalo buat biker yah sadaqoh di jalan aja….biar didoain ama tuch yg megang mike…biar…perjalanan aman…..

    Guest
  15. ikhlas…
    klo pengen sedekah ya sedekahlah…. ga usah banyak berprasangka.
    klo ga mau sedekah, yo wis diem saja, ga usah komentar

    Guest
  16. Sepertinya pengalaman pribadi Kang Haji neh. Iya Kang bener banget, saya sering mengalami keajaiban seperti ini. Keajaiban yang tidak bisa dihitung secara nilai riil menurut matematika.

    Guest
  17. bila pingin rezeki lancar tentram dalam hati dan rumah tangga perbanyaklah sedekah bayarlah zakat dan satu lagi jangan bermain dengan riba (termasuk kridit kendaraan dan hunian)

    Guest
  18. Saya bukan tidak mempercayai hal seperti ini, tapi ‘kampanye sedekah berbalas langsung’ semacam ini (terutama digalang oleh ustadz yusuf mansyur cs) lebih cocok buat anak-anak kecil yang cenderung melihat dunia hitam dan putih alias naif. Semakin dewasa seseorang, maka kita melihat bahwa banyak sekali perkara ‘abu-abu’ yang terjadi di dunia nyata….
    Saya setuju dengan komentar bro onthel @65, janganlah kita sedekah untuk mengharap balasan berlipat ganda di dunia. Sedekah ya sedekah aja, kita tahunya bahwa 2.5% (buat muslim) dan 10% (buat nasrani, CMIIW) dari harta yang kita peroleh itu adalah milik orang lain (8 kategori di islam). Anggap aja kita itu hanya sebagai selang/saluran dari rejeki mereka. Itulah ‘manfaat’ eksistensi kita bagi orang lain. Kebahagiaan yang terpancar dari sinar mata penerima zakat/sedekah sudah cukup membuat kita ikut bahagia. Di kalangan chinese, berderma macam ini malah disebut ‘buang sial’ dalam artian, kalau ndak dikeluarkan, akan bikin nasib sial, begitu dikeluarkan, pikiran akan lega.
    Jangan pikirkan kapan akan dibalas/dibalikin (apalagi di dunia), berapa akan dibalikin dan sebagainya. Mending pikirkan hal lain yang menyenangkan dan tidak mengurangi keikhlasan kita dalam bersedekah, misalnya kapan motor 250 CC naked akan dilaunching oleh ATPM indonesia 😀

    Guest
  19. [email protected] setuju dengan joe, apa yang kita tabur itulah yang kita tuai, dan janji Tuhan bila kita menabur kebaikan maka tingkap-tingkap langit akan dibukakan untuk kita, dan Tuhan akan membalas 3x lipat, 5 x, 100 x bahkan 1000 x lipat, apa yang tidak dipikirkan manusia itu yang Tuhan sediakan bagi kita manusia yang berkenan kepadaNya

    Guest
  20. knp gw dh beberapa thn rajin tahajud, puasa, dzikir, sodaqoh dll tp gw malah tambah susah jodoh dan rejeki. gw kena penyakit. gw sering dijahati org terutama kalau nyari jodoh danrejeki, krn gw org nya lugu dan klemar klemer shg jd sasaran empuk kejahatan. bnr2 berat bagi gw nyari jodoh dan rejeki. gw nganggur 10thn dan gw seumur hdup blm pernah pacaran pdhl umur gw kepala 3. dulu gw saat msh krja.. teman teman anggap otak dan tenaga gw gk memenuhi syarat. anggap gw aneh. anggap gw manusia setengah jadi. anggap gw gk berguna. anggap gw gk punya masa depan. gw kalau nyari jodoh ditolak cewek, diremehkan cewek, diusir cewek. ditipu teman, difitnah teman. diancam org, dipukul org. saat nganggur dan jomblo gk ada yg menolong gw. aneh bngt hdup gw.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here