jump to navigation

Si Ijo Ninja 250R ku Buatan Jepang atau Thailand siiiy ? September 12, 2011

Posted by Taufik TMCBlog in : Tentang Motor , trackback

Bro sekalian, seperti kita ketahui bahwa umumnya info yang tersebar menyebutkan Kawasaki memilih Thailand sebagai Home Base pembuatan/merakit Motor Kawasaki Ninja 250R secara massal untuk di distribusikan ke seluruh penjuru dunia. Naaaahh Waktu tmcblog ngikut acara di Semarang bersama Honda, sempet ngobrol sama eyang edo masalah VIN (vehicle Identification Number) ketika itu Obyek Yang dibicarakan adalah yamaha Byson terkait gonjang ganjing masalah part asal Thailand yang bermutu rendah. Ketika itu saya tanya . . . Jadi Byson itu Buatan Manah sih Eyang? Eyang edo pun menjawab . . . Lihat aja di Nomor VIN yang bisa dilihat dari Nomor rangka motor . . . VIN Itu ibarat DNA suatu kendaraan yang dapat digunakan untuk mengetahui sejarah sang motor . . . Lha baru kemaren kemaren keingetan ilmu yang eyang edo ajarin ke aku . .. cek  nomer rangka Si marun dan Si Ijo ahhh . . .

Simarun nomor rangkanya gampang diperoleh karena berada di bawah jok, namun memfoto nomor rangka Ninja 250R yang lumayan ribet karena berada di poros setang, kudu akrobat dah buat bisa ambil beberapa angka di depan No Rangka/VIN Number . . . Setelah itu baru deh bisa analisa . . . No rangka Si Marun Yamaha V-Ixion adalah MH33 XXXXXXXX sedangkan SI Ijo Kawasaki Ninja JKE XXXXXXX lalu saya cek deh ke daftar VIN yang diperoleh di wikipedia, yang sebagian daftarnya adalah . . . .

JA-JT Japan
KA-KE Sri Lanka
KL-KR Korea (South)
KS-K0 not assigned
LA-L0 China
MA-ME India
MF-MK Indonesia
ML-MR Thailand
MS-M0 not assigned
NF-NK Pakistan
NL-NR Turkey
NS-N0 not assigned
PA-PE Philippines
PF-PK Singapore
PL-PR Malaysi

Setelah dicek, ternyata memang benar bahwa V-Ixion menggunakan 2 kode terdepan MH yang menunjukan kode negara Indonesia. Sedangkan untuk Si Ijo 2 hurup terdepannya JK . . . Yang bukan merupakan kode dari negara Thailand, akan tetapi merujuk ke . . . JEPANG . . . wooow, jadi Si Ijo Ninja 250R ku Buatan Jepang atau Thailand siiiy ? ada yang bisa bantu? silahkan share, semoga bisa mencerahkan kita semua

Taufik of buitenZorg

Comments»

1. hadiyanta - September 12, 2011

absen

2. RdP - September 12, 2011

Sepi

3. koplak - September 12, 2011

prikitiw

4. karyomumetz - September 12, 2011

selamat pagi

5. sony - September 12, 2011

absen pagi dulu bro……

6. sony - September 12, 2011

jk( jusuf kala) heheheh,,,,,,,,,,,atau mungkin jk itu jakarta bro,,,,xixixixixix

7. win - September 12, 2011

wooww JK
dr jepang apa dr makassar ya

8. marlon - September 12, 2011

duh pengen si ijo juga –“

9. Arif Rakhman - September 12, 2011

hebat juga neh ex-wapres Jusuf Kalla, udah bisa bikin Ninja250R. mantab lah….

10. scnk - September 12, 2011

tes

file:///D:/vin_siijo.jpg

11. Chopper Forever - September 12, 2011

Jpn ato Thai gk jd soal. Yg pnting ttp rasa NINJA.

12. Dave Juga - September 12, 2011

Om Taufik, knapa kudu liat no rangka di kendaraannya? Liat aja di STNK, lbh gampang.

Klo info dr wikipedia itu bener, demen jg gw, soalnya no rangka ninin merah gw kodenya JKA…,

Nah, klo untuk nomer mesin gimana Om Taufik?

13. 4201journey - September 12, 2011

motor ane MH tahun 2003….
Tapi difaktur ada tulisan pengapalan asal Jepang… Apa artinya

14. smashrider - September 12, 2011

Bisa jadi rangka 250R dibuat di Jepang, tapi dirakit di Thailand…?

15. Dave Juga - September 12, 2011

@4201journey: mgkn mesinnya asli jepun ya, so dikapalkan dr sono. Yg dibahas Om Taufik ni keknya rangkanya.

CMIIW

16. andre - September 12, 2011

setau saya Ninin 250 itu memang buatan jJepang namun rakitan Thailand???

17. adie_hendr - September 12, 2011

Mungkin si ijo dibuat di thailand seharusnya untuk pasaran jepang tapi sampainya ke indonesia

18. nhd - September 12, 2011

Berarti si ijo CKD Thailand

19. roso - September 12, 2011

di stnk bukannya ada yah kang?

20. smartf41z - September 12, 2011
21. gusudra - September 12, 2011

Nah Lho!!??? Si Kebo Biru saya juga berkode MH….apakah berarti bukan buatan India?? :mrgreen:

22. cbr250Koplo - September 12, 2011

Knp hrus dipoto dirangka om?liat di stnk aja..
Tp stnk cbr250 ane dirumah,lupa bawa..buatan mana ya?

23. sapujagad - September 12, 2011

pengalaman punya motor built up Thailand (Honda Nice 110 2002,Satria 2004 CBU,Honda CBR 2006,Honda Sonic 2001), 3 digit nomer rangka dan nomer mesin selalu sama.

24. sapujagad - September 12, 2011

pengalaman punya motor built up Thailand (Honda Nice 110 2002,Satria 2004 CBU,Honda CBR 2006,Honda Sonic 2001), 3 digit terakhir nomer rangka dan nomer mesin selalu sama.

25. dowey - September 12, 2011

itukan rangkanya aja… kalo parts lain, mesin, elektrik, mekanis… entah buatan mana… :D

26. Kulku - September 12, 2011

14. nhd – September 12, 2011

Berarti si ijo CKD Thailand

=====================================================

Ngaco.

27. p4us - September 12, 2011

lah VIN cibie saya kok ga da di daftar itu ya, kang? NCB tuh masuk negara mana :'(

28. bennythegreat - September 12, 2011

lapor…!!

Ironhide nomor rangkanya JKA EX250 XXXXXXXXXX…

jadi…buatan jepang dooong..??

xixixixi

29. erick - September 12, 2011

Nomor rangka kan ada di STNK ngapain foto2 rangkanya…

30. fans_ayanami - September 12, 2011

Lisensi kali kang ? Dari Jepang tetapi rakit di Thailand.

31. kang rider - September 12, 2011

setau saya klo MH33 berarti frame vixion nya dibuat oleh PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, cerita pengalaman sedikit, dahulu pertama kali nouvo keluar, perdananya itu Indonesia ( PT YIMM ) yang menjadi basis untuk pembuatan engine nya, dgn kode 5LW untuk export ke Malaysia, 5MY untuk export ke Thailand, dan 5MX untuk lokal, dicrankcase dan side cover engine ada tulisan Made In Indonesia, sedangkan utk mesin bebeknya itu kode enginenya 4ST baik untuk model crypton, vega ( masih menggunakan balancer engine ), vegaR ( tanpa balancer dan hasil olah teknologi putra-putri Indonesia aka team R&D Indonesia, maka dari itu harga VegaR waktu itu bisa murah kurang dari 10 juta.) Untuk Mio itu kode enginenya 5TL. Sedangkan utk Jupiter, kode engine nya 5LM dan produksi dr PT. YIMM, dan utk Jupiter Z kode nya 5TP ( pada awal” engine nya itu import utuh dr Thailand ).Scorpio kode enginenya 5BP. setelahnya kode” tersebut berubah.

32. ridertua - September 12, 2011
33. motorjoss - September 12, 2011

klo ninja mah bagusnya dari jepang..klo thailand ya thaiboxer jagonya wkwkwk

34. fajar - September 12, 2011

Dari pasar senggol kang…..
Xixixxixidxi

35. Nuzza8998 - September 12, 2011

Langsung merogoh STNK , ternyata DNA nya si red ninja juga JK.
Hipotesa saya mirip dengan @ 19.

36. Bman - September 12, 2011

Wah CBR lama gue rangkanya NCB, berarti buatan alien.

37. cemara - September 12, 2011

mantab

38. uDien d'kab - September 12, 2011
39. agen xamthone plus bandung - September 12, 2011

wiihh keren banget tuh yang warna merah….
i like it

40. Lexy - September 12, 2011
41. jaos - September 12, 2011

Mgkn rangkanya emang dari JAP.

42. assassin - September 12, 2011

mas taufik,,,tinggal nambah cbr aja neh…lengkap sudah koleksinya…….!!!!!!!!!!!!!!+ suzuki Gw250……….

43. rong rong - September 12, 2011

@18
cibie ku MLHMC = thailand…
jangan jangan cibie gelap itu..

44. justmyimage - September 12, 2011

Salam hangat kang taufik

justmyimage
klo sudah ad artikel sperti ini..apalagi yg vin nya asli jepang..makin nambah senang aj konsumen indo..pang..makin nambah senang aj konsumen indo..

45. Endrix - September 12, 2011
46. rocky arema - September 12, 2011

ngapain susah2 ngintip rangka mas taufiq, liat aja di stnk ada koq…hehehe.. ninja merah punya saya juga JKA, trus beat putih saya MH…
berarti bener, kl JK ya jepun, tapi dirakit CKD di thai, trus diekspor ke indonesia,, mahal dan ribet bener prosesnya yah…kenapa gak sekalian aja CKD di indo dari jepang, daripada dua kali proses distribusi… ini mungkin yang bikin harga ninja di kita hampir 50juta… sedangkan di thai sekitar 40 juta kurang dikit… CMIIWW…

47. Diavel a.k.a 2Strokers - September 12, 2011

gelab…

48. rahmat - September 12, 2011

code itu artinya buatan atau rakitannya?

nitip bang haji: http://tiny.cc/djatu

49. christ - September 12, 2011

bisa aja kang… rangka chasis made in Japan… engine made in Thailand… jadi si Ijo blasteran Jepang Thailand… :D

50. dave - September 12, 2011

wahh,, buatan japan berarti tuh mas..

51. christ - September 12, 2011

oiya kang… nambahin dikit… biar ga ribet cek no rangka ( VIN ) dimotor.. coba aja deh ambil dompet trus ambil STNK.. kan ada tuh keterangan Nomor Rangka/NIK/VIN : …… ga perlu akrobat tangan deh :D

52. x - September 12, 2011

terkait yamaha byson, masa sih part2 asal siam dinyatakan berkualitas rendah? lalu gimana dengan motor lain seperti cbr series, sonic, krr dsb itu kang haji? kan katanya motor2 itu asli dilahirin disana? waduh,, :(

53. Mercon C Part 3 - September 12, 2011

kemungkinan besar ya jepang

54. mercon - September 12, 2011

lho.. kok bisa ya….
R15 v 2.0 punya saya malah nggak keliatan nomor rangkanya…… :lol:

*nduwene cuman gambare tok…. :mrgreen:

55. afan - September 12, 2011

klo motor bututku, no rangka dan mesinya sama lho

56. tuxlin - September 12, 2011

Buatan jepun tuh? :)

57. yudi - September 12, 2011

liat d stnk kan bisa om,kn d sana ada nomer rangka m nomor mesin…..
jd g perlu akrobat jungkir balik bwt liat nomor rangka

58. ocecoco - September 12, 2011

ninja tahun2 awal bisa juga masih buatan jepang

59. reza - September 12, 2011

denger2…katanya sih mas yang background speedonya item itu msh jepang….trus yang background speedonya putih itu thailand…apa kebalik ya…CMIIW

60. motoisme - September 12, 2011
61. vandragade - September 12, 2011

kang, info kode rangka motornya bermanfaat banget! syukran yaa Akhi kariim.

kayaknya sih, kalo produk-produk superior kayak ninja komponennya banyak yang diproduksi di jepang kang, yang utama mesin dan rangka, tapi buat part2 lain mungkin udah buatan thai, dan mungkin juga mesin dan rangka itu di rakitnya di thai, kayak thunder 250 aja kang, mesin ama rangka juga dari jepang (kodenya J, bukan jakarta kali ya??hehe), tapi di ckd di negara kita tercinta ini.

62. vandragade - September 12, 2011

kang, info kode rangka n mesinnya bermanfaat banget, syukran yaa akhi karim.

btw, sepertinya kalo produk2 superior kayak ninja, mesin sama rangkanya masih di buat di jepang, tapi part lainnya udah buatan thai, trus masih mungkin juga, sasis sama mesin itu di rakit di thai. kayak thunder 250 juga gitu kang, mesin ama rangkanya masih buatan jepangm tapi di ckd di negara kita ini.

63. Peank - September 12, 2011

yang saya tahu, jepang tidak merakit atau membuat motor ber cc 400 >
semua yang ber cc 400 > dialihkan k R n D lain
dan yang saya dengar”, ninja pertama keluar buatan n rakitan thailand sampai ad perubahan slincer black dop udah rakitan indo n sebagian spare partnya dibuat di indo

64. 3055nada - September 12, 2011

mas haji kok liat no rangkanya repoot amat , liat aja di STNK

65. Peank - September 12, 2011

@18 paus
dari thailand bro……liat aj dBPKB / ktrangan importirnya
ada keterangan lengkap tuh dari mana…
:-)
punyaq juga NCB150(untuk rangka) NCB150E(untuk engine)

66. MASBAS™ - September 12, 2011
67. Bautista - September 12, 2011

mana nih orang KMI ?? diem aja , ngak mau bantu or emang ngak ngerti ??

68. SuRyA - September 12, 2011

wow…
apakah nomor rangka ini bisa diaplikasikan ke brand laen kang??
setelah liat cibie yg nomor rangka nya NC kok ga ada di daftar??
——–
http://www.dk8000.co.nr

69. wong ndeso - September 12, 2011

kalo di buat di jepang, ada tulisannya Made in Japan… hehehe
btw, spionnya kok kayak dilipet ke dalam kang haji?

70. Rollerman - September 12, 2011

wah tanya ke Kawasaki aja kang.hehehehe

71. steven sahardjo - September 12, 2011

pulsar saya kode rangka MD berarti bener emang…

72. TreeSanjaya - September 12, 2011

VInnya NCB ?? Wah meragukan itu ..

73. justmyimage - September 12, 2011

Salam hangat kang taufik

justmyimage
mo tanya kang..paket saya g nyangkut2 ..ad ap y kang?

74. andre - September 12, 2011

klo saya ga salah tp sudah cukup lama terkait rumor kedatangan cbr 250, pernah di kompas interaktif atau di detik..,pernyataan dari salah satu petinggi KMI menyikapi CBR 25OR mereka tidak begitu khawatir. Karena mereka menilai konsumen sudah cerdas mana yg lebih berkualitas, kami (ninja 250 yg notabene buatan jepang yg dirakit dithailand) tidak khwatir dengan cbr 250 yg notabene buatan thailand.

75. Kyoghi - September 12, 2011

yg no mesin gak ditanyain juga kang? sapa tau nambah pencerahan…..

76. Anto - September 12, 2011

Thailand mas Taufik

77. chi - September 12, 2011

chasis made in japan, assy unit in thai ,, cmiiw

78. mercon - September 12, 2011

mungkin dibawah saya tau.,,, :)

79. boerhunt - September 12, 2011

kan perakitan thailand kang, bisa jadi partnya bukan thailand, termasuk part2 yg lain.. menurut saya perakitan beda dengan produksi (part), perakitan lebih butuh SDM, bukan mesin, kalo mesin lebih byk robot, so utk cost produksi yg rendah, otomatis perakitan dilakukan di negara yang ongkos prod untuk SDM yang relatif rendah.
just IMHO
nitip kang
http://boerhunt.wordpress.com/2011/09/12/sumber-bencono-kembali-menelan-korban-19-orang-tewas/

80. fncounter - September 12, 2011

Mesin buatan jepang mas. Rangka dan body CKD dari jepang dirakit di Thailand. :D

Nitip mas : http://fncounter.wordpress.com/2011/09/12/titik-jenuh-pangsa-pasar-motor-akan-terjadi/

81. Pak Bambang Nunggang Byson - September 12, 2011
82. uDien d'kab - September 12, 2011

Nitip lagi kang haji :

Motor Baru Honda Launching 14 September 2011 Berbagasi Besar

http://udiendkab.wordpress.com/2011/09/12/motor-baru-honda-launching-14-september-2011-berbagasi-besar/#respond

83. Taufik - September 12, 2011

@22. cbr250Koplo
he he he, iyah sebenarnya emang bener bisa diliat di stnk / . . . tapi biar manteeeb aja kalo di rangka . . . rangka kan sangat otentik . . .di ketrik he he he

@28. bennythegreat
disinyalir begono bro :mrgreen:

@54. mercon
bhua ha ha haah aha ha
*ngakak gulung2 mas bro :D

84. Taufik - September 12, 2011

@All Bro
jadi penasara,, . . . R15,R125, dan R15V2 kodenya apa yah . . . Kalo misalnya ketemu kodenya MH berarti . . . whuuaaaaaaaa :D

85. BDSM - September 12, 2011

masih JDM dong kang? :D

86. Ryan Moge Club Bandung - September 12, 2011

wah bang Haji…kalau begitu Ruby 250 buatan Indonesia dong…soalnya MKFxxxxxxx…wahhhh

87. a12g4p5 - September 12, 2011

disinyalir om taufik dapet bocor alus klo r15 bakal dirakit di pabrik baru yamaha,xixixi

88. Ryan - September 12, 2011

ADUH BANG HAJI…KALAU NORANGNYA ” MKFS xxxxxxxxxx… ” buatan mana ya..hehehehe..mohon pencerahannya bang haji

89. a12g4p5 - September 12, 2011

84. Taufik – September 12, 2011
@All Bro
jadi penasara,, . . . R15,R125, dan R15V2 kodenya apa yah . . . Kalo misalnya ketemu kodenya MH berarti . . . whuuaaaaaaaa
======================================================
R15 bocor alus mau di produksi di pabrik baru Yamaha kah?hmmm..kang taufik ini bikin petinggi YMKI gregetan pgn secepatnya boyong R15 kesini buat lawan CBR,hehe

90. aa - September 12, 2011

@ p4us

bandung… NCB=NewCbrBandung,,, kikikkkk

91. a12g4p5 - September 12, 2011

nyangkut terus,daftar blacklist nih aq

92. aa - September 12, 2011

@Ryan

MK = MF-MK Indonesia

… :J

93. imanizq - September 12, 2011

motor itu partnya buanyak, bisa saja cylinder, Cylinder head & kopling dari jepang, lainya dari tailand, malaysia ato lokal. biasanya partnya mempunyai perbedaan nomor (nomor seri ato kode yang lainya). bahkan cylinder lokalpun ada peng-kode-an yang beda bila ada lebih dari 1 cetakan. itu untuk mempermudah untuk mengidentifikasi kalo ada penyimpangan standar. bahkan beda bulan bisa jadi ada perbedaan peng-kode-an, walaupun partnumbernya sama persis (ada kode pembeda di fisik part). beda negara pembuat biasanya juga memberikan partnumber yang beda pula, walaupun dapat saling mensubstitusi.

sedangkan nomor rangka – nomor mesin itu merujuk pada pasarmana motor tersebut akan dipasarkan.
so, hemat saya tidak bisa mengetaui motor tsb buatan mana dengan melihat nomor rangka-nomor mesin.
krn bisa jadi motor yang dijual dijepang itu bukan buatan (diproduksi di dalam negeri) jepang. bisa saja itu buatan thailand, malaysia ato negara lain macam china, india bahkan brazil….

94. Azdi Scouzie - September 12, 2011

ngapain repot2 liat nmor rangkanya kang? kan nomor rangka bisa diliat di stnk :mrgreen:

http://sociusrider.wordpress.com/2011/09/12/di-eropa-modifikasi-motor-akan-dilarang-bagaimana-dengan-di-indonesia/

95. Azdi Scouzie - September 12, 2011

wah, komen ane nyangkut trus :(

96. gogo - September 12, 2011

hasil silangan kali, separo jepang separo tailand..

97. karis - September 12, 2011
98. karis - September 12, 2011
99. paton - September 12, 2011

@kang taufik..

perkiraan saya sih emg jepang IMHO.. kualitas terbukti kyknya.. ninja 2008-2009 awal beda aja sama ninja sekarang2… knp ? yg sekarang penasaran kodenya apa.. kalo beda ? thailand mungkin

100. keteknya alvaro bau - September 12, 2011

mau buatan jepang ato china atau kutub utara sampe selatan yang penting NINJA ga pake KW1, KW2 :)

101. aweng - September 12, 2011

cek aja *#06# kalo digit ke 9 dan 10 adalah 1 dan 0 brati buatan finlandia.. :p

102. lovemybike - September 12, 2011
103. mamad - September 12, 2011

byson 2010 ane kok MH yah, berarti dibuat di indo dong

104. lovemybike - September 12, 2011

nyangkuters :mrgreen:

105. tiger250 - September 12, 2011

Kenapa pada bangga pakai produk luar ya………………? Tanya kenapa…………………………..?

106. moonraker - September 12, 2011

cuma mo komen foto paling atas.
ntu tiang listrik dipasangi mini circuit breaker untuk lampu penerangan jalan ya…
housingnya serem, kalau kehujanan bisa nyetrum tuh..
keep safety

107. j4na - September 12, 2011
108. Edo Rusyanto - September 12, 2011

menarik juga soal kode MH, MF, mantabsss…idenya.

109. g2-58b3bee9e3cbd324e92bfd236e0ee34c - September 12, 2011

motorku PMSFX…dst, berarti buatan Malaysia ya?

110. endro.id - September 12, 2011

84. Taufik – September 12, 2011
@All Bro
jadi penasaran, . . . R15,R125, dan R15V2 kodenya apa yah . . . Kalo misalnya ketemu kodenya MH berarti . . . whuuaaaaaaaa
==========================
Di India ada yang bilang bahwa kode chassis nya ME,
http://www.xbhp.com/talkies/motorcycle-ownership-experiences/4854-yamaha-yzf-r15-1649.html
.
Yang MH mah astrea gren saya dulu juga MHIN

111. udin - September 12, 2011

klo mh ???

112. Jon - September 12, 2011

Wahh kenapa CBR150R kode rangka nya KC ??? Buatan Sri Lanka donk ?? katanya Thailand huhh :(

113. Pratama Rus Ramdhani - September 13, 2011

motor ane buatan indo gan…. bedanya apa ya …..

114. chakra_fxr - September 13, 2011

#108 yang PMSFX motornya FXR tuh….

115. p4us - September 13, 2011

@peank: kalo di faktur emang thai, tapi pas liat daftar VIN kang opik jadi deg2 ser kok ga da di daftar wkwkwk

@aa: wkwkwk ono2 wae :D

116. radityohari - September 13, 2011

liat di rangka komstir depan, deket stang, disitu ada tulisannya made in mana.

117. Raka - September 13, 2011

Wah…gara2 kode rangka,banyak konsumen jadi ragu akan motor miliknya buatan mana. Lebih baik dipastiin terlebih dahulu mas taufik untuk info dari wikipedia itu. Harusnya ATPM jg ga perlu menyembunyikan asal usul produknya,lebih transparant aja deh. Hehe…

118. ferry - September 13, 2011

Lapoooor kang haji!!..ninin merah sy rakitan tahun 2010/knalpot hitam doop/spido putih.no rangka=JKAEX#####/No mesin=EX250JEA####…!.laporan selesai!!!…hayooo,,,,buatan manaaaa??..btw apakah semua n250r.JKA.atau berbeda2,,monggoooo di shareeeee…….

119. Haryudha Azhari Trengginas - September 13, 2011

Mungkin dibuat di Jepang tapi dirakitnya di Thailand .. CMIIW

Tapi kalo kode lokasi pembuatan mesin gimana kang?

Motorku Tiger 1994, ada yang bilang kalau mesinnya cbu Jepang, tapi liat kode di sasis MH ..

Dan kalau masalah Byson, mungkin bukan karena kualitas part asal Thailand rendah, melainkan ya mungkin aja karena proses barang di bea cukai dan pajak yang terbelit2 yang bikin lama, hehe ..

120. Syarif Fudin - September 13, 2011

Om Taufik : fairing si marun bagus juga,, cari dimana om??

121. weda candra - September 13, 2011

yg pasti buatan manusia

122. wsbudi - September 14, 2011

Bro Taufik,
share dong head to head penjualan Kawasaki Ninja 250R Vs Honda CBR 250R di bulan August 2011. Mau tahu pasca spike Honda CBR 250R, apakah kalah dengan Ninja 250R. http://edorusyanto.wordpress.com/2011/09/12/cbr-250-r-merangsek-kelas-250cc/

123. ferry - September 14, 2011

Hmm,,,sprtinya memang di produk di jepun nih ninja 250r,namun di rakit di thailand.secara banyak part2 yg bertuliskan “madein jepang”,sprti no rangka yg berNIK JA/JK/JT.no mesin ada embel2 JE,etc,di radiator juga bertuliskan madein jepun.apalagi di karbu.& masih banyak part2 yg lain yg. Bertuliskan demikian.cuma kalau mlihat di kom stir sebelah kiri di situ tertulis juga madein thailand.jd kemungkinan besarnya,n250R ini asli di produk di jepun namun kemudian di kirim ke thailand & di rakit di sana utk kemudian di pasarkan ke seluruh negara dgn di pakai “MADEIN THAILAND”karena sprti kita tau kalau negara ini tangan kanan nya s jepun di dunia permotoran,IMHO,,he he he.

124. Jerryadipradian - September 14, 2011

kan, ane masih nyimpen stnk cbr ane yang ilang. kodenya NCB…….

NCB darimana tuh?

125. ipanase - September 17, 2011

japan lah

126. hehemampus - November 17, 2011

Ninja 250R yg kluaran 2008 dr Jepang ntuh.Ngga tau klo udh 2009 keats secara punya gw 2008 jg
xixix… kluaran awal biasanya dr Japan klo udh lama pindah Thailand lebih lama lg pindah Indonesia.

127. biker - November 25, 2011

byson q MH brrti buatan indonesia????

128. Ternyata sasis KSR 110 Lama dan Baru beda basis Produksinya bro « TMCBlog – Motorcycle News - December 31, 2011

[...] . . . setelah di cek ke daftar VIN yang juga pernah tmcblog re check di wikipedia  pada artikel Ninja 250R beberapa bulan yang lalu ternyata . . . untuk KSR Lama . . . Kode terdepan PN itu merupakan Kode [...]

129. rey - April 6, 2012

maksudnya klo Jepang : JA-JT =JA.JB,JCJD.JE, sampai, JT.
trus klo Indonesia :MF-MK = MF,MG,MH, sampai MK
begitukah cara bacanya??

130. Detail Build Quality Minerva X-Road 150S « TMCBlog – Motorcycle News - April 18, 2012

[...] nggak kasar, Di komstir terlihat Kode Vin dari motor ini yakni MKD . . . oke ditelusuri via artikel vin code terdahulu  deh kode ini didapat bahwa sasis motor ini dibuat di Indonesia, okeh [...]

131. Foto Detail KTM Duke 200 Di Indonesia . . . Banyak Aura Bajaj « TMCBlog – Motorcycle News - July 19, 2012

[...] walau di rakit di India pun , disinyalir sasis memang buatan austria !! ini sama persis dengan kasus Kawasaki Ninja 250R dimana Vin Code nya adalah Vin Code Negara jepang . . . padahal Ninja 250R dirakit di Thailand . . . so Sasis Ninja 250R disinyalir memang dari  [...]

ronald - September 3, 2012

mana ajaaa bolehhh lahhh……Weew

132. Rahuto Adjie (@rahutodut) - October 19, 2012

kode ninin ane juga JKA Tahun pembuatan 2008. ane juga dapet lembaran kterangan klo motor ane nomor ke 23 dari 30 motor gan.

133. paijo - December 26, 2012

CBR 150 kode rangka n mesin kok hampir sama ya….., tp kode depan NCExxxxxxx tu buatan mana si…pencerahannya

134. Kelana 97 - January 19, 2013

Reblogged this on Blog Bebas.

135. heiho_solo - February 14, 2014

Yuhuuuu… bang jaja item punyaku no rangka JKE brarti jepun dong…. makanya langsem serasa naikin JKT48… *halah2…



%d bloggers like this: