Bro sekalian, seperti kita ketahui bahwa umumnya info yang tersebar menyebutkan Kawasaki memilih Thailand sebagai Home Base pembuatan/merakit Motor Kawasaki Ninja 250R secara massal untuk di distribusikan ke seluruh penjuru dunia. Naaaahh Waktu tmcblog ngikut acara di Semarang bersama Honda, sempet ngobrol sama eyang edo masalah VIN (vehicle Identification Number) ketika itu Obyek Yang dibicarakan adalah yamaha Byson terkait gonjang ganjing masalah part asal Thailand yang bermutu rendah. Ketika itu saya tanya . . . Jadi Byson itu Buatan Manah sih Eyang? Eyang edo pun menjawab . . . Lihat aja di Nomor VIN yang bisa dilihat dari Nomor rangka motor . . . VIN Itu ibarat DNA suatu kendaraan yang dapat digunakan untuk mengetahui sejarah sang motor . . . Lha baru kemaren kemaren keingetan ilmu yang eyang edo ajarin ke aku . .. cek  nomer rangka Si marun dan Si Ijo ahhh . . .

Simarun nomor rangkanya gampang diperoleh karena berada di bawah jok, namun memfoto nomor rangka Ninja 250R yang lumayan ribet karena berada di poros setang, kudu akrobat dah buat bisa ambil beberapa angka di depan No Rangka/VIN Number . . . Setelah itu baru deh bisa analisa . . . No rangka Si Marun Yamaha V-Ixion adalah MH33 XXXXXXXX sedangkan SI Ijo Kawasaki Ninja JKE XXXXXXX lalu saya cek deh ke daftar VIN yang diperoleh di wikipedia, yang sebagian daftarnya adalah . . . .

JA-JT Japan
KA-KE Sri Lanka
KL-KR Korea (South)
KS-K0 not assigned
LA-L0 China
MA-ME India
MF-MK Indonesia
ML-MR Thailand
MS-M0 not assigned
NF-NK Pakistan
NL-NR Turkey
NS-N0 not assigned
PA-PE Philippines
PF-PK Singapore
PL-PR Malaysi

Setelah dicek, ternyata memang benar bahwa V-Ixion menggunakan 2 kode terdepan MH yang menunjukan kode negara Indonesia. Sedangkan untuk Si Ijo 2 hurup terdepannya JK . . . Yang bukan merupakan kode dari negara Thailand, akan tetapi merujuk ke . . . JEPANG . . . wooow, jadi Si Ijo Ninja 250R ku Buatan Jepang atau Thailand siiiy ? ada yang bisa bantu? silahkan share, semoga bisa mencerahkan kita semua

Taufik of buitenZorg

136 COMMENTS

  1. Om Taufik, knapa kudu liat no rangka di kendaraannya? Liat aja di STNK, lbh gampang.

    Klo info dr wikipedia itu bener, demen jg gw, soalnya no rangka ninin merah gw kodenya JKA…,

    Nah, klo untuk nomer mesin gimana Om Taufik?

    Guest
  2. pengalaman punya motor built up Thailand (Honda Nice 110 2002,Satria 2004 CBU,Honda CBR 2006,Honda Sonic 2001), 3 digit nomer rangka dan nomer mesin selalu sama.

    Guest
  3. pengalaman punya motor built up Thailand (Honda Nice 110 2002,Satria 2004 CBU,Honda CBR 2006,Honda Sonic 2001), 3 digit terakhir nomer rangka dan nomer mesin selalu sama.

    Guest
  4. setau saya klo MH33 berarti frame vixion nya dibuat oleh PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, cerita pengalaman sedikit, dahulu pertama kali nouvo keluar, perdananya itu Indonesia ( PT YIMM ) yang menjadi basis untuk pembuatan engine nya, dgn kode 5LW untuk export ke Malaysia, 5MY untuk export ke Thailand, dan 5MX untuk lokal, dicrankcase dan side cover engine ada tulisan Made In Indonesia, sedangkan utk mesin bebeknya itu kode enginenya 4ST baik untuk model crypton, vega ( masih menggunakan balancer engine ), vegaR ( tanpa balancer dan hasil olah teknologi putra-putri Indonesia aka team R&D Indonesia, maka dari itu harga VegaR waktu itu bisa murah kurang dari 10 juta.) Untuk Mio itu kode enginenya 5TL. Sedangkan utk Jupiter, kode engine nya 5LM dan produksi dr PT. YIMM, dan utk Jupiter Z kode nya 5TP ( pada awal” engine nya itu import utuh dr Thailand ).Scorpio kode enginenya 5BP. setelahnya kode” tersebut berubah.

    Guest
  5. Salam hangat kang taufik

    justmyimage
    klo sudah ad artikel sperti ini..apalagi yg vin nya asli jepang..makin nambah senang aj konsumen indo..pang..makin nambah senang aj konsumen indo..

    Guest
  6. MXku cek ke TKP STNK buatan MH-Thamrin Jakarta 😀 (ngasal)

    http://www.sejutaumat.com/2011/09/12/minat-mana-antara-yzf-r15-v-2-0-dengan-cbr-150r-jika-masuk-indonesia/

    Guest
  7. ngapain susah2 ngintip rangka mas taufiq, liat aja di stnk ada koq…hehehe.. ninja merah punya saya juga JKA, trus beat putih saya MH…
    berarti bener, kl JK ya jepun, tapi dirakit CKD di thai, trus diekspor ke indonesia,, mahal dan ribet bener prosesnya yah…kenapa gak sekalian aja CKD di indo dari jepang, daripada dua kali proses distribusi… ini mungkin yang bikin harga ninja di kita hampir 50juta… sedangkan di thai sekitar 40 juta kurang dikit… CMIIWW…

    Guest
  8. oiya kang… nambahin dikit… biar ga ribet cek no rangka ( VIN ) dimotor.. coba aja deh ambil dompet trus ambil STNK.. kan ada tuh keterangan Nomor Rangka/NIK/VIN : …… ga perlu akrobat tangan deh 😀

    Guest
  9. terkait yamaha byson, masa sih part2 asal siam dinyatakan berkualitas rendah? lalu gimana dengan motor lain seperti cbr series, sonic, krr dsb itu kang haji? kan katanya motor2 itu asli dilahirin disana? waduh,, 🙁

    Guest
  10. lho.. kok bisa ya….
    R15 v 2.0 punya saya malah nggak keliatan nomor rangkanya…… 😆

    *nduwene cuman gambare tok…. :mrgreen:

    Guest
  11. liat d stnk kan bisa om,kn d sana ada nomer rangka m nomor mesin…..
    jd g perlu akrobat jungkir balik bwt liat nomor rangka

    Guest
  12. denger2…katanya sih mas yang background speedonya item itu msh jepang….trus yang background speedonya putih itu thailand…apa kebalik ya…CMIIW

    Guest
  13. kang, info kode rangka motornya bermanfaat banget! syukran yaa Akhi kariim.

    kayaknya sih, kalo produk-produk superior kayak ninja komponennya banyak yang diproduksi di jepang kang, yang utama mesin dan rangka, tapi buat part2 lain mungkin udah buatan thai, dan mungkin juga mesin dan rangka itu di rakitnya di thai, kayak thunder 250 aja kang, mesin ama rangka juga dari jepang (kodenya J, bukan jakarta kali ya??hehe), tapi di ckd di negara kita tercinta ini.

    Guest
  14. kang, info kode rangka n mesinnya bermanfaat banget, syukran yaa akhi karim.

    btw, sepertinya kalo produk2 superior kayak ninja, mesin sama rangkanya masih di buat di jepang, tapi part lainnya udah buatan thai, trus masih mungkin juga, sasis sama mesin itu di rakit di thai. kayak thunder 250 juga gitu kang, mesin ama rangkanya masih buatan jepangm tapi di ckd di negara kita ini.

    Guest
  15. yang saya tahu, jepang tidak merakit atau membuat motor ber cc 400 >
    semua yang ber cc 400 > dialihkan k R n D lain
    dan yang saya dengar”, ninja pertama keluar buatan n rakitan thailand sampai ad perubahan slincer black dop udah rakitan indo n sebagian spare partnya dibuat di indo

    Guest
  16. @18 paus
    dari thailand bro……liat aj dBPKB / ktrangan importirnya
    ada keterangan lengkap tuh dari mana…
    🙂
    punyaq juga NCB150(untuk rangka) NCB150E(untuk engine)

    Guest
  17. wow…
    apakah nomor rangka ini bisa diaplikasikan ke brand laen kang??
    setelah liat cibie yg nomor rangka nya NC kok ga ada di daftar??
    ——–
    www.dk8000.co.nr

    Guest
  18. klo saya ga salah tp sudah cukup lama terkait rumor kedatangan cbr 250, pernah di kompas interaktif atau di detik..,pernyataan dari salah satu petinggi KMI menyikapi CBR 25OR mereka tidak begitu khawatir. Karena mereka menilai konsumen sudah cerdas mana yg lebih berkualitas, kami (ninja 250 yg notabene buatan jepang yg dirakit dithailand) tidak khwatir dengan cbr 250 yg notabene buatan thailand.

    Guest
  19. kan perakitan thailand kang, bisa jadi partnya bukan thailand, termasuk part2 yg lain.. menurut saya perakitan beda dengan produksi (part), perakitan lebih butuh SDM, bukan mesin, kalo mesin lebih byk robot, so utk cost produksi yg rendah, otomatis perakitan dilakukan di negara yang ongkos prod untuk SDM yang relatif rendah.
    just IMHO
    nitip kang
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/09/12/sumber-bencono-kembali-menelan-korban-19-orang-tewas/

    Guest
  20. Mesin buatan jepang mas. Rangka dan body CKD dari jepang dirakit di Thailand. 😀

    Nitip mas : http://fncounter.wordpress.com/2011/09/12/titik-jenuh-pangsa-pasar-motor-akan-terjadi/

    Guest
  21. Nitip lagi kang haji :

    Motor Baru Honda Launching 14 September 2011 Berbagasi Besar

    http://udiendkab.wordpress.com/2011/09/12/motor-baru-honda-launching-14-september-2011-berbagasi-besar/#respond

    Guest
  22. @22. cbr250Koplo
    he he he, iyah sebenarnya emang bener bisa diliat di stnk / . . . tapi biar manteeeb aja kalo di rangka . . . rangka kan sangat otentik . . .di ketrik he he he

    @28. bennythegreat
    disinyalir begono bro :mrgreen:

    @54. mercon
    bhua ha ha haah aha ha
    *ngakak gulung2 mas bro 😀

    Administrator
  23. 84. Taufik – September 12, 2011
    @All Bro
    jadi penasara,, . . . R15,R125, dan R15V2 kodenya apa yah . . . Kalo misalnya ketemu kodenya MH berarti . . . whuuaaaaaaaa
    ======================================================
    R15 bocor alus mau di produksi di pabrik baru Yamaha kah?hmmm..kang taufik ini bikin petinggi YMKI gregetan pgn secepatnya boyong R15 kesini buat lawan CBR,hehe

    Guest
  24. motor itu partnya buanyak, bisa saja cylinder, Cylinder head & kopling dari jepang, lainya dari tailand, malaysia ato lokal. biasanya partnya mempunyai perbedaan nomor (nomor seri ato kode yang lainya). bahkan cylinder lokalpun ada peng-kode-an yang beda bila ada lebih dari 1 cetakan. itu untuk mempermudah untuk mengidentifikasi kalo ada penyimpangan standar. bahkan beda bulan bisa jadi ada perbedaan peng-kode-an, walaupun partnumbernya sama persis (ada kode pembeda di fisik part). beda negara pembuat biasanya juga memberikan partnumber yang beda pula, walaupun dapat saling mensubstitusi.

    sedangkan nomor rangka – nomor mesin itu merujuk pada pasarmana motor tersebut akan dipasarkan.
    so, hemat saya tidak bisa mengetaui motor tsb buatan mana dengan melihat nomor rangka-nomor mesin.
    krn bisa jadi motor yang dijual dijepang itu bukan buatan (diproduksi di dalam negeri) jepang. bisa saja itu buatan thailand, malaysia ato negara lain macam china, india bahkan brazil….

    Guest
  25. ngapain repot2 liat nmor rangkanya kang? kan nomor rangka bisa diliat di stnk :mrgreen:

    http://sociusrider.wordpress.com/2011/09/12/di-eropa-modifikasi-motor-akan-dilarang-bagaimana-dengan-di-indonesia/

    Guest
  26. Si Pio saya MHxxxxxxxxxxxxx——->Indonesia dong ya…sip
    http://karisnsz.wordpress.com/2011/09/12/urusan-marketshare-honda-adalah-raja-urusan-desain-bodi-racing-nanti-dulu/

    Guest
  27. @kang taufik..

    perkiraan saya sih emg jepang IMHO.. kualitas terbukti kyknya.. ninja 2008-2009 awal beda aja sama ninja sekarang2… knp ? yg sekarang penasaran kodenya apa.. kalo beda ? thailand mungkin

    Guest
  28. cuma mo komen foto paling atas.
    ntu tiang listrik dipasangi mini circuit breaker untuk lampu penerangan jalan ya…
    housingnya serem, kalau kehujanan bisa nyetrum tuh..
    keep safety

    Guest
  29. si ninin si blesteran…. pantesan kulitnya putih…. plus cuantik….
    Xi xi xi xi…
    :mrgreen:
    http://www.videootube.com/2011/09/this-video-will-tell-you-how-supersport.html
    http://ol-shops.blogspot.com/2011/09/asus-eeepad-transformer-for-sale.html

    Guest
  30. 84. Taufik – September 12, 2011
    @All Bro
    jadi penasaran, . . . R15,R125, dan R15V2 kodenya apa yah . . . Kalo misalnya ketemu kodenya MH berarti . . . whuuaaaaaaaa
    ==========================
    Di India ada yang bilang bahwa kode chassis nya ME,
    http://www.xbhp.com/talkies/motorcycle-ownership-experiences/4854-yamaha-yzf-r15-1649.html
    .
    Yang MH mah astrea gren saya dulu juga MHIN

    Guest
  31. @peank: kalo di faktur emang thai, tapi pas liat daftar VIN kang opik jadi deg2 ser kok ga da di daftar wkwkwk

    @aa: wkwkwk ono2 wae 😀

    Guest
  32. Wah…gara2 kode rangka,banyak konsumen jadi ragu akan motor miliknya buatan mana. Lebih baik dipastiin terlebih dahulu mas taufik untuk info dari wikipedia itu. Harusnya ATPM jg ga perlu menyembunyikan asal usul produknya,lebih transparant aja deh. Hehe…

    Guest
  33. Lapoooor kang haji!!..ninin merah sy rakitan tahun 2010/knalpot hitam doop/spido putih.no rangka=JKAEX#####/No mesin=EX250JEA####…!.laporan selesai!!!…hayooo,,,,buatan manaaaa??..btw apakah semua n250r.JKA.atau berbeda2,,monggoooo di shareeeee…….

    Guest
  34. Mungkin dibuat di Jepang tapi dirakitnya di Thailand .. CMIIW

    Tapi kalo kode lokasi pembuatan mesin gimana kang?

    Motorku Tiger 1994, ada yang bilang kalau mesinnya cbu Jepang, tapi liat kode di sasis MH ..

    Dan kalau masalah Byson, mungkin bukan karena kualitas part asal Thailand rendah, melainkan ya mungkin aja karena proses barang di bea cukai dan pajak yang terbelit2 yang bikin lama, hehe ..

    Guest
  35. Bro Taufik,
    share dong head to head penjualan Kawasaki Ninja 250R Vs Honda CBR 250R di bulan August 2011. Mau tahu pasca spike Honda CBR 250R, apakah kalah dengan Ninja 250R. http://edorusyanto.wordpress.com/2011/09/12/cbr-250-r-merangsek-kelas-250cc/

    Guest
  36. Hmm,,,sprtinya memang di produk di jepun nih ninja 250r,namun di rakit di thailand.secara banyak part2 yg bertuliskan “madein jepang”,sprti no rangka yg berNIK JA/JK/JT.no mesin ada embel2 JE,etc,di radiator juga bertuliskan madein jepun.apalagi di karbu.& masih banyak part2 yg lain yg. Bertuliskan demikian.cuma kalau mlihat di kom stir sebelah kiri di situ tertulis juga madein thailand.jd kemungkinan besarnya,n250R ini asli di produk di jepun namun kemudian di kirim ke thailand & di rakit di sana utk kemudian di pasarkan ke seluruh negara dgn di pakai “MADEIN THAILAND”karena sprti kita tau kalau negara ini tangan kanan nya s jepun di dunia permotoran,IMHO,,he he he.

    Guest
  37. Ninja 250R yg kluaran 2008 dr Jepang ntuh.Ngga tau klo udh 2009 keats secara punya gw 2008 jg
    xixix… kluaran awal biasanya dr Japan klo udh lama pindah Thailand lebih lama lg pindah Indonesia.

    Guest
  38. maksudnya klo Jepang : JA-JT =JA.JB,JCJD.JE, sampai, JT.
    trus klo Indonesia :MF-MK = MF,MG,MH, sampai MK
    begitukah cara bacanya??

    Guest
  39. Yuhuuuu… bang jaja item punyaku no rangka JKE brarti jepun dong…. makanya langsem serasa naikin JKT48… *halah2…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here