Bro sekalian, saat pertama kali fitur skutik berbagasi luas hadir . . . Yamaha Nouvo-Suzuki Sky Wave hadir di segmen skutik mid-end ke atas . . . lamaa sekali baru ada Honda Spacy yang menghadirkan fitur Helm-In ( bagasi masuk helm Full Face ) di Bawah jok nya . ..  nah saat Spacy keluar tmcblog mengira AHM sedang menggebrak pasar entry level dengan sodoran di sisi fungsionalitas, yang menurut tmcblog paling pas

Lho koq paling pas? . . . Lha Iya bro awalnya tmcblog mengira bahwa yang paling sering diajak ke pasar buat belanja ke pasar, nganter anak ke sekolah dan lain lain sehinga membutuhkan media penyimpanan yang luas adalah motor motor entry level . . . namun thought hypotesis tmcblog tersebut secara serta merta seperti dimentahkan AHM ketika mereka merilis Bebek berbagasi Luas SUpra X 125 Helm In yang secara lantang menjawab pertanyaan tmcblog bahwa akan kah bebek akan ketularan fitur bagasi luas dimana saat itu 76.04%  (257 votes) menjawab YA bebek akan ketularan !! . . . namuun . . ini kan bukan bebek entry level? ini kan bebek mid-end ke atas?

Yo wis jadi silogismenya bagaimana . . . tmcblog kembali menyusun sebuah hipotesis  . . . berarti kebutuhan akan bagasi luas untuk motor itu sepertinya bukan hanya kebutuhan motor berdasarkan segmentasi namun lebih berlaku sbagai strategy diversifikasi. . . maksutnya gini . . . bukan hanya motor dengan segmentasi konsumsi enty level saja yang butuh . . . ternyata motor kelas diatasnya pun butuh bro . . . . . Opsi dan fitur Helm in di gunakan sebagai Diversifikasi yang merupakan salah satu senjata ampuh dalam marketing war di era red ocean market yang berdarah darah !! Saat semua produk terlihat sama di red ocean . . . maka konsumen akan cenderung menanyakan kelebihan kelebihan fitur . . . Pertanyaan selanjutknya yang menggelitik . . . fitur ini hanya apakah diperlukan juga di motor sport?  Ini hanya opini thoq . . . silahkan dikomentari, dan semoga Berguna

taufik of BuitenZorg

113 COMMENTS

  1. butuh bro sepertinya.. saya saja pake honda Tiger, tapi jangankan barang, jas hujan aja ga masuk under seat..
    tapi seandainya saja motor sport memiliki bagasi yang setidaknya bisa masuk jas hujan ataupun minimal seukuran tas pinggang.. tanpa merusak sisi estetika dan keindahan body motor sport.. mungkin akan menjadi salah satu senjata atpm.. xixixi… ini masukan lho ya.. CMIIW..

    Guest
  2. kenapa komen saya nyangkut terus sih 🙁

    mas taufik, bukannya motor matic yang punya bagasi gede pertama kali itu nouvo kan yah?

    Guest
  3. baru selesai baca….
    pembahasan yang bagus dari sisi marketing, kang…
    emang bener, harus ada ‘reason to buy’ yang beda.
    sekarang udah ga laku lagi jualan kata ‘irit’ dan ‘resale value’ dan ‘cepat’ dan ‘desain keren’ dan sekedar mengandalkan nama besar, toh semua pabrikan juga jualan hal yang sama.
    harus ada something different yang membuat konsumen nengok.

    honda sudah melakukan dengan bagus dan pintar.

    Guest
  4. Karena rata2 konsumen SupraX adalah bapak2 or ibu2. Kalo di terapin di Revo kurang cocok, karena segment-nya anak muda yang kagak mau motor Gambot.

    Guest
  5. mang haji, soal bagasi luas mah bkn cuman kebutuhan market low doanx. mongtorr2 guede semacem HD, BMW aje pd bikin bagasi di buntut atawa samping yg sealaihum gambreng volumenye. jaddiiii… menurut ane, para perancang mongtorr buat market Indonesia sebaeknye disainlahh mangtorr dgn bagasi yg selega-leganye.. jg jgn lupa rancang ground clerence yg setinggi-tingginye,,, soale jalanan di RI ‘ntu terlalu banyak ranjaw polisi tidur yg tingginye segundukan kuburan..!! 😀 wekekeeeekx..

    Guest
  6. ngga bisa ngebayangin klo motor Sport punya bagasi…
    tapi hal ini bisa saja terjadi…klo dilhat dari produksi Honda yang terbaru, Honda selalu menghadirkan produk yang memiliki fasilitas bagasi yang lebih…disegment Matic ada Spacy, Segment Bebek ada Supra X 125 Helm in,,,sapa tau aja Segment Sport jg bakalan nongol..

    Guest
  7. mau motor apapun yg dluan mempunyai bagasi luas, tp sepertinya tetap honda yg pling disukai. buktinya aja baru ngerilis dah moncer dluan n mrek2 motor yg laen yg sma pnya bagasi luas msh tetap aja terkalahkan.

    Guest
  8. 17 . speedy – September 29, 2011
    Kymco dari dulu bagasinya udah
    gede , salah satu motor yg
    mengedepankan fungsionalitas
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    Sip
    Jos
    Kymco sudah daridulu.

    Guest
  9. Hehe..setelah keturutan(-terpenuhi) dg adanya bebek helm in, sy jg ngarep klo motor sport jg ada yg pke fitur bs helm in macam motor aprilia apa lupa tipenya saya…yah kyak motor2 eropa gtu…krn yg pst akn sangat brguna

    Guest
  10. Kalo motor smprot pake bagasi gede!? ampyuuuunnnn….. ga smprot lagi namanya! secara motor smprot identik dengan motor laki dikelas high….! sepertinya jika memang pengguna ingin memiliki bagasi untuk motor smprotnya cukup dengan box geveng! 😆

    Guest
  11. Biasanya fitur motor sport lebih oriented ke performance dan penampilan sedangkan matic dan bebek harian lebih ke fungsionalitas. Kayaknya di Indonesia, motor sport yang memadukan fungsi dan performance lebih gampang diterima masyarakat deh. Cobab Bajaj buat motor sportnya bisa Helm In. Maka koar2 `masih perlu bebek?` bisa tambah lantang aja didengungkan!!!
    Dalam menentukan `value` yang akan diberikan ke masyarkat para product planning dan designer berpusing2 ria tuh!

    Guest
  12. Kan skrg smua tergantung kebutuhan walaupun bagasi besar toh supra x helm in ttp berbody dinamis ga mengurangi nilai pandang mata ttp keren utk motor sport.. malah memiliki nilai lebih ga repot bw barang2 utk keliatan lbh eksis… Good Job Honda ^^

    Guest
  13. saya setuju bahwa fitur bagasi under seat luas lebih diutamakan sebagai diversivikasi bagi pabrikan, jadi disini konsumen diberi keleluasaan untuk menentukan pilihan tanpa harus berpaling ke merk lain, yang artinya pemasukan tetap moncer walau harus membagi kue diantara mereka sendiri…

    Guest
  14. khusus untuk motor sport bagasi luas sepertinya tidak akan diterapkan karena tipe dari motor sport itu sendiri, kecuali mungkin penerapan bagasi “secukupnya” paling tidak untuk meletakkan toolkit dan rain coat.

    Guest
  15. Di motor sport banyak yang suka masang box givi itu, kayaknya perlu. Terus tukang Pizza delivery pakai supra dengan fitur “Pizza In”. Terus ada tukang hokben dengan “Hok ben In” terus ada tukang sayur sama fitur “Sayur In” terus tukang tahu sama fitur “Tahu In”. Kalo mogok jadi “Jengkel In”

    Guest
  16. Cuma info aja, sebelum motor thailand bermerek jepang memikirkan skuter matik di kepalanya, kymco udah lebih dulu muncul dengan fitur standar bagasi luas di bawah jok dan ban tubles.

    Guest
  17. 52. Kayz – September 29, 2011

    Di motor sport banyak yang suka masang box givi itu, kayaknya perlu. Terus tukang Pizza delivery pakai supra dengan fitur “Pizza In”. Terus ada tukang hokben dengan “Hok ben In” terus ada tukang sayur sama fitur “Sayur In” terus tukang tahu sama fitur “Tahu In”. Kalo mogok jadi “Jengkel In”
    ————————————————————————————
    Misi om … numpang ketawa ..haha

    Guest
  18. tapi kenyataanya Honda Spacy yang lebih laris meskipun keluar belakangan, ini membuktikan bahwa Honda sudah dipercaya oleh masyarakat luas…

    Guest
  19. apapun motornya yg penting jangan sruntulan, gedek gw tadi pagi mau nabrak gara2 didepan ada orang maen belok kiri kanan ga mikirin kendaraan disekitarnya.

    Guest
  20. Belum bisa ngbayangin tiger, vixi, ninja, ducati dll pake bagasi helm in. Tapi kalo mongtor sprot kyk win,thunder, A 100 mungkin. lagian kalo pake bagasi tidak akan model helm in, tp buat tools set, jas hujan, ato sedikit barang lain.

    Guest
  21. kayaknya…ini baru kayaknya…bebek sport (bukan matic yah) dengan bagasi gede dari 2005 baru kawasaki zx130 dah…gak ngira bakal diikutin….helm full face emang gak masuk tapi lebih dari cukup kalo cuma buat nyimpen jas ujan…dah gitu gak perlu turun kalo ngisi bensin.. cmiiw

    Guest
  22. motor sport saat ini paling butuh ABS dan RDB.
    kalau ini pasti yamaha gak bisa bikin.
    kalu bikin pasti OPERPRESS
    kan YAMAHAL

    Guest
  23. @zx130rider

    tapi sayang salah timing n salah merk :D, coba kalo zx130 yang ngeluarin honda ato yamaho, pasti sedikit lebih laku dibanding kawak

    Guest
  24. motor sport gak harus punya bagasi helm in, paling enggak bagasinya muat buat naro jas hujan….

    pernah ngalamin pake vixion gak bisa distarter tiba2x aja mogok, gak kepikiran sebelumnya karena taro jas hujan di bagasi.. akhirnya motor vixion ditarik pake motor beat buat sampe rmh, dah ganti busi motor tetep gak idup,habis itu cari2x informasi di google, ternyata gara2x taro jas hujan doang….. :tepokjidat:

    Guest
  25. Fungsi bagasi pada motor sangat diperlukan apalagi tuk anak2 sekolah atau para mahasiswa yg selalu bawa buku, agar barang bawaanya ga keujanan saat ujan. Para ibu rumah tangga jg butuh banget tuk ngangkut sayuran :-).

    Kalau bagasi di motor sport agar bisa nampung naro Gadget aja ya maksimal tuk naro notebook 10 inch atau tablet pc, kan lumayan aman.

    Guest
  26. sepertinya motor sport juga butuk bagasi, setuju dgn no 101, karena biasanya yang naik sport adlh high end makanya butuh t4 gadget or laennya biar nggak basah, ya nggak perlu besar2 laagh 😀 nnti mengurangi esensi dari aura sportnya.

    Guest
  27. @briptu norman:
    timing sama merk mah gak salah…itu tandanya kawasaki dah mikir soal bagasi yang gede jauh sebelum merk laen…gue bangga kok make zx…gue cuma gak betah aja pake barang yang biasa aja dan kodian……apalagi sampe sejauh ini belum ngecewain gue (sparepart sama tarikan – kayak gunjingan orang yang gak tau apa2)…
    piss ahh

    Guest
  28. Btul… dah terdengar juga nihc ada konsumen yang mengharapkan agar Tipe Sport juga di beri bagasi yang min dapat dimanfaatkan untuk narok jas hukan…

    Guest
  29. Honda berani keluarin Matic dengan Helm full face in, dan di susul dengan bebek Helm full face in, selanjutnya apakah sport???

    Guest
  30. untuk menjadi seorang pemenang kita harus berbeda dari lingkungan, Honda sudah melakukan hal ini, strategi yang bagusboleh juga untuk usulan dari beberapa teman-teman saya setuju jika sport di beri bagasi yang sedikit lebih lapang setidaknya bisa muat jas hujan, dengan demikian para pemilik motor sport juga dapat merasakan kemudahan atau manfaat dari bagasi.

    Guest
  31. Hehe..lucu. Ada yg bilang kymco yg duluan motor jepang ngikutin, ada yg bilang yamaha duluan honda cuma bisa ngikutin, dibalas lagi honda yang duluan bkin motor yamaha ngikutin.
    Tp bagi gw mah yg mengeluarkan disaat moment pas itulah yg gw sbagai konsumen inginkan. kymco ada bagasi luas tp jaman dulu mini market jg blom bnyak, helm masih yg batokjd gak butuh tuh…tp ketika spacy dan supra x keluarkan helm in wah gw butuh bgt tuh makanya gw beli motornya. mio dg maticnya dulu belom keren jalanan gak terlalu macet belom btuh jg. tp ketika skrg beat bertebaran dmana2 krna jalanan sdh padat jd butuh yg praktis. dulu honda irit eh kalo yg satu ini ternyata sampe skrg gw butuh…apalgi lhat blade yg baru CDI nya mantep bisa dibawa kebut bisa jg dbawa irit.
    Klo dlm hal ini memang Honda bisa tau yg gw butuhkan….gelo klo kata org sunda mah. bisaan lah si honda teh.
    salam fungsional ah…

    Guest
  32. koq hari gini baru gembor2 bagasi underseat?… taun2 dulu kemana aja mas.. mulai dari kymco, yamaha juga udah punya.. telat dah info2nye.. udah kaya anak sekolah yg baru ngeliat dunia baru.. hahaha.. no offensive..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here