Bro sekalian, Pada sesi test Ride Honda Supra X 125 helm In Untuk Blogger yang diadakan Oleh HC3 AHM tmcblog mendapat bagian sesi riding ke dua bersama dengan Bro Ardi dan pak Iksa menajang . . . TMCBlog mengunakan Jaket riding Full Pretector dari respiro, Sepatu 7 gear, Pelindung lutur Fox dan Glove Soyco . . . Faktor yangawalnya diniatkan untk diuji disini adalah Performa dan Fungsionalitas dari HOnda SUpra X125 Helm In yang tentu tidak dapat digali saat test ride sirkuit mini di Jogja Sepekan yang lalu. dan tentu juga berbagai fakta fakta empiris saat motor ini diuji dilapangan dalam hal ini jalan umum yang memang merupakan habitat alami bebek 125 cc baru AHM ini

๐Ÿ™„ Lampu Remnya yang LED membentuk tulisan “X”

Walaupun Alat ukur kecepatan yakni spedometer jalan, tmcblog tetap menggunakan Runtastic di Blackberry guna menyimpan data yang diperlukan memang dari semenjak test Spacy, CBR 150R, dan Blade, TMCBlog selalu menggunakan Aplikasi GPS ini saat ngetest motor. Jalur yang ditempuh menurut GPS adalah sepanjang 10, 66 km di daerah sekitaran Warung buncit Jakarta Selatan . . . Handicap lumayan lengkap,jalan turun naik, jalan aspal, jalan beton, lebar, dan sempit . . pas emang dan sukup representatip buat ngetes motor.

๐Ÿ™„ Nggak kenceng kenenceng kali ini :mrgreen:

Impresi Performa Yang pertama Kali dirasakan oleh tmcblog adalah . . . . . . Tampang boleh lebih sporty Honda Blade Baru. ..ย  namun performa akselerasinya . ..ย ย  Supra X 125 Helm ini Relatip lebih galak bro. Akselerasinya lebih cepat dibanding New Blade. Jalur lurus dan kosong ditemukan di jalan buncit raya . . . cumaย  jalanan yang berkontur naik turun plus beton membuat tmcblog agak sedikit jiper ngebetot gas lebih dalem . . . alhasil tmcblog cuma berani ngegeber sampai 90 km/jam di spedo . . . yang ternyata cuma terekam sebagai 83 km/jam di GPSย  . . . galat segini sih termasuk lumrah . . . Blogger lain seperti sih seperti mas IWB mengaku bisa tembus sedikit lebih dari 100 km/jam . . . siip banget tuuuh, namunย  tentu top speed di atas 100 km/jam hampir sulit diperoleh saat riding work hourย  di Jakarta he he :mrgreen:

TMCBlog sendiri rada heran . . . new Blade yang possitioningnya merupakan motor dengan aura yang lebih sporty dibandingkan Supra X Familiy namun performanya malah dibawah SUpra . . . sedangkan Supra Yang di posisikan sebagai bebek yang mengutamakan ke eleganan dan ke-fungionalitasannya malahan memiliki potensi performa lebih besar dibanding New Blade . . . hmmm karena Platform Mesinnya kali ya?? :mrgreen:

Sesuai dengan tagline nya ” Karena Hidup Penuh Dengan Kejutan” . . . eee beneran kejutan euuy . . . dipertengahan jalan Kami bertiga berhenti di sebuah cafe . . . dan disana ada Mbak Kartika dan beberapa staf HC3 AHM yang membagi bagikan Helm Teddy Beruang untuk mencoba Fungsionalitas bagasi under seatnya . . . dan ternyata memang masuk . . . so Boneka ini menjadi milik masing masing blogger, Kenang kenangan dari Honda pada acara ini ๐Ÿ˜€ siip sesampainya dirumah .ย  . kembali boneka ini menjadi “kejutan’ buat kedua Putri saya ๐Ÿ™‚

Karena responsif . . . akselerasi Overtaking cukup bisa diandalkan . . . dan walaupun lebar motor ini masih tetap lincahย  selap selip dibawa ke titik titik kemacetan di daerah Bilangan Buncit Raya . . . Yaaahhh pas lah buat jadi kuda pekerja maupun teman berkomuter bro sekalian dalam mengarungi jalan yang memang sudah super padet sekarang.

Suspensi

Jalanan Beton Berkontur turun naik di Buncit Raya cukup pas buat mengetest Suspensi . . . Alhasil Kestabilan kerja suspensi Genre Supra yang paling Fungsional ini memang ngak jauh berbeda dengan supra versi sebelumnya. Namun TMCBlog hanya berbobot 50 kg . ..patut diketahui juga testimoni Suspensi Supra Helm In ini dari blogger lain yang berbobot jauh lebih berat dari tmcblog seperti Mbah dukun Indobikermags.com . . . Seat/Jok Supra X 125 ini cukup lebar dan nyaman, walaupun bertipe tandem seat, namun ada kontur pembatas antara rider dan boncengernya di Jok . . . kontur jok di bagian di rider membuat posisi (maaf) bokong terasa pas plek di Jok :mrgreen:

Pengereman

Awalnya TMCBlog sangsi . . . apa iya ini rem depan yang dikurangi satu piston bisa minimal se pakem Rem depan SUpra X 125 versi sebelumnya yang sudah dua piston? Ternyata kesangsian tmcblog terjawab sudah bro . . . nggak ada bedanya . . . tingkat kepakemannya relatip sama . . . Lho kenapa? Koq Bisa sama? Yoi bro kalo kita hitung luasan daerah antara kedua piston Rem depan di Supra X lama dan Supra X helm In diperoleh hasilnyang relatif sama pula . . Karena Luasan Piston Rem Honda SUpra X 125 helm In satu tapi gede . . .naaaah. Gimana Keiritan? kembali nggak di test . ..ย  namun saat jelajah 3 provinsi kemarin oleh Komunitas dan Wartawan .ย  . supra x helm in bisa tembus 80-an km per liter broย  . . . wuiiiih ngisi full ditegal . . . sampe Jakarta masih bersisa . . . uiiirit bangeeet cuuuy ๐Ÿ˜€

Kesimpulannya

Yang pertama adalah . . . wlau tampang kalah sporty dibanding New Blade,ย  ini motor lebih powerfull dan lebih responsif dari Honda Blade . . . yaaah harga dan kapasitas mesin emang nggak bisa bohoong :mrgreen: . . . kenyamanan dan eleganitas Honda Supra X 125 Family tidak hilang pada Supra X 125 helm in ini. Motor ini cukup pas Buat Bro yang mau memadukan unsur Kenyamanan, Eleganitas, Performa harian, Keiritan Plus Variabel Utamaย  Fungsionalitas Bagasi dalam berkendara Komuter harian . . . kekurangannya? Yaahhh bukan berada di aspek ridingnya namun beberapa Part yang kadang dianggap pengunjung blog dan pemerhari Roda dua Indonesia ‘terasa’ seperti penurunanย  jenis? apakah bener? . . . kita bahas pada next article ya . . . siiip semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Bonus:

Kapan Ya Pabrikan bikin motor sport yang berfitur Tedy Bear In? . . . Biar nggak kayak spyshot Ducatista ber helm Biru X-Lite Edisi Carlos Checa iniย  . . . atau jangan-jangan ini Carlos Checa?? :mrgreen:

*kabooooor

119 COMMENTS

  1. kang hj Taufik, jd kesimpulannya lebih baik pake supra helm in drpd new blade ya walowpun supra helm ini fuelmeternya dah gk digital lg, en piston rem cakram depan nya jg gk spt supra x yg biasa h h h mmg ad yg dikurangin n ditambahin, yg jelas ditambahin ya bagasi n tangkinya aj kaliii ya Kang aji, h h

    Guest
  2. Lagi….ajang promosi yg murah (hanya dgn boneka Teddy bear) bagi ATPM sekali dayung 2-3 bahkan lebih banyak pulau terlampaui …
    overall..nice artikel kang….

    Guest
  3. Om Gwa baca artikel ni habis test ridenya om taufik bener banget irit banget nih Motor Supra X 125 Helm in ini, tp ternyata perlu tahu juga karena banyak banget perbedaan di Supra X Helm in ini ternyata, apa mungkin dari banyak perbedaan ini pengaruh nya laen om?

    Guest
  4. wow
    mantep om taufik
    dari dulu saya paling penasarang mau tau galat motor supra saya om
    gak taunya kecil juga galatnya om
    makasih banyak om taufik

    Guest
  5. Mas Taufik, jangan dipuji2 dan dibandingin sama new Blade krn melihat kelebihannya (dibanding new Blade), padahal saat ini selisih harganya cuma 1 juta sama new Blade. Kalo ntar lebih laku Supra x 125 Helm In, bisa jadi harga Supra x 125 Helm In bakalan naik. Konsumen yg rugi, ๐Ÿ˜€

    Guest
  6. Pastinya performa HSX menang dari Blade, lha
    125 cc vs 110 cc =
    9.6 ps vs 8.4 ps dan
    1.08 kgf.m vs. 0,83 kgf.m ๐Ÿ™‚

    Menurut saya, lalu lintas Indonesia lebih cocok pake mesin 125 cc, bawa motor lebih santai dibanding 110 cc. Terutama kalo kecepatan jelajah 40 – 80 kpj. Di atas 60 kpj, putaran mesin motor 110 cc sudah relatif tinggi, rasanya mulai kurang nyaman.

    Btw, supra helm in ini, bodinya kan lebar banget,, yang dibonceng capek gak ya mesti ‘ngangkang’ terus ๐Ÿ™‚

    Guest
  7. cuman mengingatkan…., fitur dah ok semua, tetapi masalah keiritan jangan gampang terprovokasi…. hindari kata irit kalo mo cari motor , cos nih motor spt karisma punyaku, dulu kemakan lomba irit 1 l/ 90an km, sekarang nyesel deh kalo mikirin faktor keiritannya, kalo lainya sih ok.

    Guest
  8. Honda mulai ketularan jupi mx yg pake 1 piston, suzuki jg y kyknya di axelo. Gambar trakhir hebat lho itu, motard dtunggangi manusia,manusia ditunggangi beruang.haaha

    Guest
  9. Pastinya performa HSX menang dari Blade, lha
    125 cc vs 110 cc =
    9.6 ps vs 8.4 ps dan
    1.08 kgf.m vs. 0,83 kgf.m ๐Ÿ™‚
    Menurut saya, lalu lintas Indonesia lebih cocok pake mesin 125 cc, bawa motor lebih santai dibanding 110 cc. Terutama kalo kecepatan jelajah 40 – 80 kpj. Di atas 60 kpj, putaran mesin motor 110 cc sudah relatif tinggi, rasanya mulai kurang nyaman.
    Btw, supra helm in ini, bodinya kan lebar banget,, yang dibonceng capek gak ya mesti ‘ngangkang’ terus ๐Ÿ™‚

    Guest
  10. Motor yg luar biasa dong ini..Performa Oke, fungsionalitas nya oke juga..kynya ga salah deh pilih Supra X 125 Helm In ini.

    Guest
  11. Emang sih jika dibandingin sama Honda blade, masih lebih sporty Honda Blade,, tapi fitur2 yang ada diHonda Supra X 125 Helm In ini ga kalah koq sama Blade, bener kan kang ? hehehe ..

    Bagasi yang super gede itu cocok banget buat mereka yang suka mlakukan perjalanan jauh, touring dan shoping.. mauuuuuuu ,,,

    Guest
  12. @mas taufik,, harusnya perbandingan performanya jangan sama blade or new blade,kan beda kelas??? masak 110cc di samaain dengan 125cc??

    Guest
  13. saya setuju bukan tampilannya yang penting sporty ato tidak, yang penting fungsionalitas konsumennya, baik pengendaranya ataupun penumpang yang diboncengnya bisa merasakan kenyamanan jika dibonceng.

    Guest
  14. Salut buat mas taufik..nice article as usual..saya bkn fanatik honda..tp saya mengakui kualitas supra series..khususnya semenjak generasi 125 cc..selain irit tetapi juga powerfull..durabilitas juga bagus..sdh terbukti..ditambah lagi layanan after sales honda astra yg gak bisa ditandingi ATPM lain..cuma problem yg saya temui dan mgkin ditemui biker lain di supra series adalah bunyi2an yg timbul dari body khusunya area batok lampu..setelah pemakaian krg lebih setahun..entah karena jalanan indo yg rata2 skrg sdh ancur atau mmg kualitas sambungan antar bodi kurang baik krn mnrt pengamatan dan pengalaman saya di bebek lain relatif lbh awet dari bunyi akibat renggangnya sambungan body..mdh2an di supra yg baru ini lebih disempurnakan..

    Guest
  15. @26. devina
    bisa jadi . . . ada juga yang signifikan seperti CDI dual band nya bro

    @27. smartf41z
    @29. elsabarto
    wkakakakak :mrgreen:

    @28. nsx125
    sama sama mas bro . . . sebenarnya sekarang ini gampang ngujinya . .. ponsel ponsel kan banyak yang berfitur gps

    @34. aru_kun
    thks analisanya bro

    @61. cakteguh
    kalo dapet kesempatan nyobain priveate testya bro ๐Ÿ™‚

    @65. Tukang Ngibul
    thats right . . . nanti di ulsan fitur2 bro

    @74. speed_lover
    soale mau dibandingin sama Jupiter MX ntar malah mencak2 . . . riskan bakar2an . . . soale beda brand . . . nanti saya dibilang nggak aplle to apple lagiiih soale NJMX 135 cc . . . xixixixxi ๐Ÿ˜€

    @82. Over Price
    soale aku nggak pernah ngetest performa hsx lama mas bro . . . cuma minjem punya orang thoq xixixixi ๐Ÿ˜€

    @83. Mercon C gak Mretelli
    AHM Bilang HSX lama tidak di diskontuni mas bro

    @90. LoneRider
    disinyalir begitu . . . mirip fitur kangguru :mrgreen:
    *kaboor takut disambit senalpot hipermotard

    Administrator
  16. Bisa dibilang bahwa Supra X 125 Helm in yang satu ini merupakan jawaban dari semua pertanyaan konsumen pengguna motor di Indonesia..
    Fungsi dan kegunaan yang ditawarkan motor ini sepertinya belum ada tandingan…
    Keep Safety Indonesia

    Guest
  17. Bang Taufik..
    Compare-in performanya dong HSX helmin versus shogun axelo..
    ane bingung mau beli yang mana ๐Ÿ˜€
    hehehehee.. trimakasi Bang Taufik

    Guest
  18. gue udah coba supra helm in
    gila..tarikan nya yahud..imbang dengan satria FU
    mungkin klo diajak balapan panjang setara Ninja RR kali ya..

    Guest
  19. wah patut di coba tuh,suka pensaran yah sama motor yang baru keluar tuh sama tenaganya,tp kalau supra c gak di raguin lagi lah

    Guest
  20. wah.. alhasil dari test ride ini positiv semua ya.. good luck buat HONDA.. semoga tidak ada trouble yang berlbih nantinya..

    Guest
  21. Luar biasa yaa Sesuatu bangetttt…Memang ga salah sesuai dengan tagline nya hidup penuh kejutan….

    Waahh mau donk teddy bear nya??? Ckkkk

    selamat buat Honda, sukses teruuss mengembangkan inovasinya…

    Guest
  22. Waahhh… Memang hidup penuh kejutan… Mau dunk Teddy Bear nya.. CKkkkkkkk

    Dari dulu Supra X ga diragukan lagi memang.. Rajanya motor bebek…

    Selamat ya Bwt Honda, terus kembangkan inovasinya…

    Guest
  23. Aq paling impressive dengan keiritannya, kemari aku punya pengalaman sendiri , aku ikut test ride 300km pake nich motor, jalannya pegunungan sumatera, tapi cuma butuh 1 tangki bensin…gila bener nih motor

    Guest
  24. Anu mas bro TMC.. Klo kepakeman rem depan SupraX helm in ini sama dengan supra X 125 lama.. koq berarti ga ada peningkatan ya?

    Coz yg saya harapkan malah seperti New Vega R 110 dulu..
    Single piston, namun responsif ketika direm.. dan handlenya pun ringan dan lembut..

    Kemudian pengen tau rasa pengoperasian tuas persnelingnya.. Apakah pas masuk gigi 1-2 masih keras dan dalam kayak SUpraX 125 lama?

    Lagi2 saya bandingken sama New Vega R.. dimana tuas persnelingnya empuk dan pendek.. Sehingga enak sekali buat naek-turun gear.. ๐Ÿ˜€

    Mohon pencerahan..

    Salam

    Guest
  25. ane usul ama honda
    munculin dong HSX helm in tapi dengan CC yg lebih kecil 110 CC ? biar lebih irit gitu

    kenapa ya NEW blade 110 CC kok iritnya ngak bisa ngalahin HSX 125 ???

    Guest
  26. Saya udah pake HSX 125 Helm in karburator 10 bulanan. bensin isi penuh untuk 3 hari. setiap kali isi full tanki habis Rp.19ribuan. 1 hari nempuh lebih kurang 80km dengan kecepatan 70-80km/jam. Jadi sehari habis Rp.6.500an untuk jarak tempuh 70-80 km.
    Pernah tes speed di jalan sepi gas mentok cuma sampai 110km. Hanya butuh 10-15 detik untuk mencapai gas penuh dengan kecepatan 110km/jam.

    untuk kenyamanan, dulu waktu pertama kali makai, motor terasa lebih panjang, terutama saat berbelok. Tapi setelah terbiasa jadi nyaman. Motor terasa kurang nyaman di jalan yang tidak halus. Getaran terasa sampai handle tangan, apa mungkin karena pake velg rising ya?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here