About these ads
jump to navigation

Jika Motor tidak digunakan dalam waktu lama . . . apa yang harus dipersiapkan? Oktober 23, 2011

Posted by Taufik in Tentang Motor.
Tags:
trackback

Bro sekalian, ada saatnya kita meninggalkan motor kita dalam jangka waktu lama . . . semisal ditinggal dinas luar negri dalam beberapa bulan. Nah al hasil kalo kita nggak punya kerabat yang bisa ditugaskan manasin itu motor, maka motor akan diam selama ditinggalkan. Nah tmcblog mencoba merangkum dari berbagai sumber seperti buku manual dlsb tentang apa yang harus dipersiapkan ketika motor tidak digunakan dalam waktu lama . . . silahkan cekidot

Lebih Baik cuci motor bro sekalian sampai bersih, kalu perlu bagian luar mesin dan kaki kaki seperti suspensi monoshok yang ngumpet juga dicuci . .. ini dapat menghindari korosif baik pada material besi maupun alumunium. Lalu sebisa mungkin tutup motor dengan tutup motor yang breathable . . . jangan yang kedap udara banget :D

Lepaskan Aki jika bro sekalian meninggalkan motor lebih dari dua pekan. Jika kedua port aki di sambungkan ke  sistem kelistrikan motor, pasti ada close loop yang terjadi walaupun mesin tidak bekerja. So Unjuk kerja aki akan berkurang akibat fenomena alami pengosongan daya dan penyerapan resiual komponenyang mengkonsumsi daya motor secara konstant walaupun nggak terlalu besar dayanya. . . . so lebih baik Copot akinya Bila mencabut kabel, mulailah dulu kabel negatif baru cabut kabel positif, untuk menghindari resiko tersengant arus listrik dari aki. Bila memasang kembali dahulukan pasang kabel positif. Untuk lebih make sure . . . copot tutup/topi busi

Gunakan Stand Jack atau standar tengah saat memarkir agar ban depan dan belakang tidak mengalami tekanan akibat beban motor. Biasanya motor yang tidak digunakan, tekanan ban akan berkurang dan membuat ban menjadi kempes . . . nah . .. jika karet ban yang kempes menopang bobot motor maka struktur karet bisa rusak, cmiiw

Kalo emang lama banget ditinggalin, kuras semua isi bensin dalam tangki . ..  soale bensin juga bisa basi . . . kualitas oktannya berubah, dan nggak higienis buat di konsumsi sama motor bro sekalian. Setelah di kuras, kalo perlu bagian dalam tangki di semprot pake aerosol rust-inhibiting oil (oli pencegah karat) . . . jangan lupa ditutup lagi ya . .

nahhh mungkin mas bro sekalian ada yang mau menambahkan . . . monggo deh, Salam dari Malaysia  . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

About these ads

Komentar»

1. satria merah - Oktober 23, 2011

mantap :)

2. anto - Oktober 23, 2011

tip penting, sangat berguna.

3. DMS78 - Oktober 23, 2011

Amanin dl..

4. bulldozer D85 - Oktober 23, 2011

mantav infonya.
Kalo perlu ganti olie baru sebelum motor di tingalkan

5. pindana - Oktober 23, 2011

ok….

6. sruntulls - Oktober 23, 2011

wah bermanfaat skali nich tipsnya bang haji… kebetulan motor ane ditinggal selama 2-3 tahun..
Thanks ” bang Haji Taufik

7. masmondol - Oktober 23, 2011

Kalo motor mau ditinggalin lama bener ya mending dijual saja toh,.. :D

8. Fan Boy is the real alay-ers - Oktober 23, 2011

Nyepang…. icik icik. Tuwek Mangku Rondo icik icik ahem

9. say no to BC - Oktober 23, 2011

tips nya sangat bermanfaat kang, kalo oli mesin di tambah misal 2x lipatnya boleh nggak kang? (antisipasi part mesin bagian atas yg nggak kerendam oli yg mengendap karena jg nggak terjadi sirkulasi oli dan putaran parts itu sendiri) tp tentunya saat dipake lg oli harus dikurangi/tap dan di sesuakan kapasitasny..
*saya tambahin alternatif laen yaitu digadaikan dan uangnya buat tambah2 bekal bepergian (tp resiko ditanggung sendiri)

10. dimaz_13 - Oktober 23, 2011

artikel yg bermanfaat kang…..

11. say no to BC - Oktober 23, 2011

tambah body steelnya di emprot/siram rustillo (anti karat)

12. say no to BC - Oktober 23, 2011

tambah body steelnya di semprot/siram rustillo (anti karat)

13. Justmyimage - Oktober 23, 2011

Salam hangat kang taufik

justmyimage
klau tux oli harus di kosongkan ga kang?

jg untuk busi harus di cabut ga kang?
Maturnuhun

14. cafebiker - Oktober 23, 2011

sip kang

15. idadzzz - Oktober 23, 2011

cpot enjinya, . .
msukn lmari besi . . .
biar aman dr maling. . .

16. Tjah ilank - Oktober 23, 2011

Klo montornya injeksi, sprti vixion. Copot aq apa gak brmasalah?

17. Rainbow - Oktober 23, 2011

dititipin ke TERMOS aja alias terminal motor bekas :mrgreen:

18. absoluterevo - Oktober 23, 2011

Nice info kang

19. ipanase - Oktober 23, 2011

buat pikson nggak usah aneh2,,,aman

20. Bibah - Oktober 23, 2011

kayaknya dari awal sampai terakhir , tipsnya cuma untuk supaya motor ga berkarat kan … (walopun ada 1-2 yg laen ..)

21. bibah - Oktober 23, 2011

kyaknya dari awal sampai terakhir, tipsnya cuman untuk supaya motor ga mengkarat aja

22. masmondol - Oktober 23, 2011

Opsi yang terakhir ya cukup di laminating saja..

23. Arsenal - Oktober 23, 2011

Ban di kasih alas karton.agar gak nempel keramik yg punya suhu lebih dingin.biar suhu ban sama di semua posisi.
Jangan lupa ngurus pajek.

24. k'oto - Oktober 23, 2011

siiip :D

25. dony montel - Oktober 23, 2011

bang haji,saya mau nanya nich,bagaimana klo motornya ditinggalinnya selama 1 tahun, tapi 3hari sekali dipanasin aja.ga dijalanin,ada masalah gak?

26. mercon - Oktober 23, 2011

motornya pasti berubah nama…
dari mongtor metik/semprot/bebek jadi mongtor jablay….. :mrgreen:

27. tuti - Oktober 23, 2011

gimana kurasnya bro…..

berarti lepas tangki bensin dunk

28. Mercon C gak Mretelli - Oktober 23, 2011

kok ada yang bilang bensin harus dipenuhin ya biar gak ada uap air gituh di tangki ?

29. jeng3 - Oktober 23, 2011

bener banget bro,tp kadang kalo kelamaan juga gak terlalu ngefek sih.motor harus dipake
pas sma kelas 3 beli pulsar,eh ternyata harus kuliah sangat jauh,jd motor ditinggal dirumah dan kebetulan sekeluarga gak ada yg bisa make motor laki…jadi bener2 nganggur deh tu motor 3 tahun

hasilnya:
1. shock breaker depan-belakang yg dulunya uempuk jadi sangat keras
2. aki rusak/abis/mati…entah electrik starter gimana,belom beli aki lagi…dealer diluarkota
3. ban keras..atau memang dari barunya udah keras yak :mrgreen:
4.entah panel speedometer dkk terutama trio meter tulisannya mulai gak beres..
5. feel udah aneh,kadang ngerasa ban belakang aga oblak, bodi2 getar

soal mesin masih maknyuss meski suaranya kasar (apa gara2 gw make enduro racing…?)

30. B M W ♣ - Oktober 23, 2011

Aki motor gak bakal menyengat/nyetrum

31. denymon - Oktober 23, 2011

nice info om taufik, biasanya kl saya tinggal pergi motor saya biarkan aja >.<

cara install PC suite android
juragansinyal.blogspot.com/2011/10/installing-driver-and-pc-suite-software.html?m=0

32. warungbaksosabar - Oktober 23, 2011
33. Satria Starznya Scorvio - Oktober 23, 2011

paling penak ,daripada mubazir di garasi, mending di sewain/dipinjemi ma kerabat yg dipercaya untuk ngojek kah, untuk urusan transportasi kah, ya pokoknya yg bermanfaat
kan kita malah dapet pahala to, kalau di sewain malah dapet duit to, tp ya itu,orangnya mesti bisa di percya ,kalau perlu tanda tangan di atas materai dengan ketentuan yg kita buat

#monggo di cerna

34. paton - Oktober 23, 2011

nice share kang :D ..

saran yang udah ‘ open filter ‘ gmn kang ? apakah ditutup supaya tidak masuk debu ?

35. Rendi - Oktober 24, 2011

mantap, jangan lupa lumasi bagian2 yang mudah berkarat, seperti sambungan las dsb……
Nitip mzttaufik… http://rendiiswanto.wordpress.com/

36. Rendi - Oktober 24, 2011

Mantap mz…. jangan lupa lumasi bagian sambungan yang dilas, biar ga karatan….
titip mz,
http://rendiiswanto.wordpress.com/

37. urangz - Oktober 24, 2011

nice info bang haji!
mau tanya ttg bagian jack/stand tengah nih, gmn motor yg g punya stand tengah ky ninja cbr klo ditinggal lama?
apakah hrs pk stand paddock?
sekalian mau tanya motor yg g ada stand tengah nya ini pengaruh g sih klo ditinggal lama dgn stand pinggir ?

38. awan - Oktober 24, 2011

ada yg bilang tanki bensin justru harus dipenuhin, biar gak karatan.
jadi bingung…..

39. Syarif Fudin - Oktober 24, 2011

sangat bermanfaat,, terima kasih pa haji

40. beckhem - Oktober 24, 2011

Klo nyopot aki yang make ECU (Injeksi) sama aja kang?g ngaruh apa2?

41. Pada - Desember 28, 2013

Yg jd pertanyaan adlah, bgimna dg kndisi piston + ring, sama bgian girbox yg ga kna oli? Apakah aman? Sory bro biar artikel jaman batu yg pnting ilmunya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.528 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: