jump to navigation

Buah Perdana Matoa ku November 22, 2011

Posted by Taufik TMCBlog in : Uncategorized , trackback

Bro sekalian, Alhamdulillah . . . akhirnya setelah kurang lebih 4 tahun ditanam Pohon matoa yang saya tanam di pinggir jalan depan rumah akhirnya berbunga dan berbuah. Buahnya di atas pohon mirip banget buah anggur bulat agak lonjong kecil dan berdompol. Kulit buahnya agak keras bila dibanding dengan rambutan, kelengkeng, atau lebih parah jambu air , ini sepertinya yang menyebabkan lalat buah sulit menginjeksi telurnya ke dalam buah muda sehingg buah matoa hampir nggak ada hama nya . . . siip kan

Namun Buah Asli Papua dan pohon identitas tanah kelahiran Titus Bonai yang bernama Latin Pometia pinnata yang saya tanam nggak kayak tanaman buah buahan lain yang umumnya saya tanam di tanam dalam pot . ..  tanaman ini saya tanam di tanah sehingga selama sekitar 4 tahun itu pohon tumbuh menninggi dan harus saya pelihara cabangnya biar nggak menggenggu kabel telepon :D . Batang pohon yang memiliki diameter dibawah 2 cm agak rengat dan mudah patah. Walaupun Pohon Buah asal papua, namuan ini terbukti empiris adaptif dan bisa berbuah di bogor. Padahal nggak diberi pupuk secara Khusus lho  . . . laporan lain juga ternyata berbuah di Jogjakarta setelah 10 tahun ditanam.

memangsih kalo cuma satu, tanaman ini nggak memiliki nilai ekonomis, tapi kalo satu kebon gede . . .bisa buat bisnis suplay buah buahan kali yeee :D . . . Oh Ya kalo dibuka, buah dalamnya mirip lengkeng, atau rambutan githu . . . tapi manisnya rada beda . . . pokoke tanaman ini recomended lah buat tanaman pelindung yang bisa dinikmati buahnya . . . go green, one wheel one plant bro :D  semoga semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. ardiantoyugo - November 22, 2011

serbuuuuu………………..

2. Cah ndeso - November 22, 2011

Siiiip…

3. Ya2kzzz - November 22, 2011
4. Cah ndeso - November 22, 2011

Dapat poin…

5. konz - November 22, 2011

dapet bibit nya dari mana?

6. aamanis - November 22, 2011

punten ah….

7. cafebiker - November 22, 2011

mantabb..

8. borghjhoe - November 22, 2011

sekilo berapa?

9. agung - November 22, 2011

punyaku belom berbuat e kang..

Kata Motivasi

10. Au' - November 22, 2011

Mas ini gimana cara nanemnya? kebetulan ada tetangga yg punya pohon matoa ini, kami sering dibagi kalo sedang berbuah lebat, jd pengen nanem sendiri gitu. :)

11. encek - November 22, 2011

Jossss Mas…. Aku melu seneng

12. chakra_fxr - November 22, 2011

kalo gak dibungkus,…bisa dihabisi kalong, codot, klelawar, dan burung2…

di rumah juga ada
depan departemen geografi ui juga ada

13. dave - November 22, 2011

asik asik,,

14. Rasmur Saja - November 22, 2011

buahnya emang rasa rambutan…kadang ada rasa duriannya…..di pekanbaru sudah banyak yg nanam mas……..

15. Rasmur Saja - November 22, 2011

d pekanbaru dah abis musimnya mas…….malah sudah banyak yg nanam

16. enth - November 22, 2011

dirumah saya (jepara) ada 4 pohon berumur 15 tahunan. hama utama adalah…………………anak-anak tetangga

17. jaos - November 22, 2011

mantaap….berhasil jg yaa,pak.
Saya pasti nyari dan makan buah ini kalo ke jayapura sono….mahal jg lho harganya, bisa rp.60rb/kg di sana.

18. meitanteiamiterasu - November 22, 2011

wah… kang taufik… nanam matoa juga ya… alm. ayah saya dulu juga menanam pohon matoa di depan taman komplek… dan dah satu tahun ini berbuahnya.. sepertinya kisarannya sama dengan kang taufik masa berbuahnya… dan betul mas… gak perlu perawatan… bulan kemarin masa berbuahnya… dan banyak banget… pagi2 bapak dan ibu2 dah pada panen tuh buah

http://meitanteiamiterasu.wordpress.com/2011/11/21/beginilah-kelakuan-masyarakat-kita-kalau-ada-razia/

19. klxsupermoto - November 22, 2011

emang rasanya kayak durian kang?

20. overlap - November 22, 2011

imho, lebih enak daripada lengkeng

21. mas aa - November 22, 2011

yes go green

“..menyebabkan lalat buah sulit menginjeksi telurnya…”
lalat aja udah pake sistem injeksi.. :mrgreen:

22. Maskur - November 22, 2011

yang sebelah mana sih kang
di tabulampotnya apa yang diatas kolam ikan itu?

http://maskurblog.wordpress.com/2011/11/22/sein-warna-biru/

23. moonraker - November 22, 2011

matoa merah atau hijau mas..
kalau buahnya dah segede telur ayam kampung, segera bungkus dengan karung biar ga dimakan lalay.
kalau mau cepat berbuah, tanam yg hasil cangkokan. tinggi 2 meter dah berbuah.
bibit asal cangkok paling mahal 150rb di tempat teman di karawang timur

24. uDien D'kab - November 22, 2011

pengen tau berapa buah sepeda motor kang haji taufik? pergi sajah ke kebunnya ada berapa pohon …. xixixi

25. Reza Ichsani - November 22, 2011

Cuantik tenan kang… mau dong bibitnya… :) :) :)

26. zeiter - November 22, 2011

4 tahun nunggu baru berbuah.????? waduh gw baru tanem taun kemaren….hum masih harus bersabar 3 taun lagi…hiks…hiks… Om taufik boleh dunk dicicipin buah matoanya dunk…hehehehe

27. zeiter - November 22, 2011

alamak…..4 tahun baru bisa menikmati buahnya????
waduh gw baru nanemnya taun kmaren…hum masih harus sabar 3 tahun lagi nih….hiks…hiks…bagi dung buah matoanya Kang Opik…hehehehe

28. rejz - November 22, 2011

bener bang haji, saya juga baru kesengsem matoa waktu sowan ke rumah mertua lebaran kemarin. langsung siap dibudidayakan :D

29. edith - November 22, 2011

kang taufik, ada ga sih pupuk untuk mempercepat pohon berbuah,. :)

30. JJ - November 22, 2011

Ngaak perlu dibungkus apa2 buahnya kang.. nggak bakalan ada hamanya.. dikota saya kotamobagu sulawesi utara, adalah kota dengan penghasil matoa terbesar kedua sesudah irian.. dirumah saya ada 6 pohon.. barusan minggu lalu panen 3 pohon hasilnya 8 karung.. disini dijualnya 15 ribu satu kilo.. tapi hati2 kalo mo panen, coz cabangnya mudah patah.. dan harus sering dikebiri cabang2 yang tinggi..

31. gogo - November 22, 2011

beli benihnya dimana yah.. cocok buat berteduhan..

32. Taufik - November 22, 2011

@5. konz
saya beli di nurseri nya pak Mubin di depok mas bro

@8. agung
bentar lagi deh, sing sabar :D

@9. Au’
ya ditanem aja githu bibitnya di tanah .. . gak ada yang khusus :D

@11. chakra_fxr
weleh, pantesan ada yang ilang :D
weks, depan geografi ?
aku jarang ke sono dulu :D

@13. Rasmur Saja
yang aku tanam rasa rasa mirip duren ma sbro

@16. jaos
wah sekilo dapet berapa banyak yah ? mantabb banget lumayan punya nilai ekonomis ya :D

@21. Maskur
dulu pas sampeyan ke sini, ini pohon belom gede dan berbuah, mungkin nggak ngeh :D

@22. moonraker
yang ini hijau mas yang merah matoanya mas hadiyanta tuh

@25. zeiter
silahkan nyengget sendiri ya :D

@28. JJ
iyah emang mudah patah, rengat dan getas, ati2 kalo naik

@29. gogo
coba cek di nurseri2 buah .. . saya cari di wijaya tani nya pak mubin depok

33. Odad - November 22, 2011

Alhamdulillah Bang Opik….
Di kasih sm Alloh tuh.. bs berbuah. :D

34. Satria Wijaya - November 22, 2011

kalau punya 2 hektar an bisa bisnis buah beneran dong, masak buah2an?? :D

35. Taufik - November 22, 2011

@29. edith
kalo untuk mempercepat yang ada bukan pupuk bro, tapi hormon, .. . sebagai contoh namanya PATROL (*bukan promosi-red)
aya ada, tapi nggak pernah dipake, lebih prefer, berbuah alami nggak di paksakan .. . namuan pupuk biasa untuk merangsang buah adalah pupuk yang kandungan P nya besar . . kan NPK . . . P nya besar . . . nah untuk memaniskan buah nanti yang K nya besar . . . kalo untuk pertumbuhan yang N nya tinggi . .. sebagai contoh urea, cmiiw

36. V75 - November 22, 2011

Fungsi buah Matoa secara medis ada yang tahu?

37. r1ez - November 22, 2011

Wah kangen banget rasa buah ini, rasanya campuran antara lengkeng, rambutan namun ada aroma duriannya juga.
Terakhir makan ni buah 5 bulan lalu beli di tiko buah di Jababeka 35rb/kg. Sekarang gak pernah ada lagi………

38. zalfa16 - November 22, 2011

pesen 1 kilo mas…:p

39. Ha Ge - November 22, 2011

Wah disebelah rumahku (rumah adikku) tiap tahun berbuah, photonya pernah saya aplod di pesbuk :D
Hama tanaman ini ada mas….tupai :lol: kalo lagi berbuah tupainya rame makanin buahnya
Trus kalo berbuahnya pas pergantian musim (dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya) kulit buah sering pecah & jadi busuk…

40. Kurniawan Wawan - November 22, 2011

Gak pernah makan buah matoa. :(
Di pasar buah ada gak ya….

41. AhMaYa - November 22, 2011

wah, Kang Taufik ternyata termasuk yang GreenThumb juga ya

42. ikantjimbul - November 22, 2011

“go green, one wheel one plant”
saluut…

43. YAMAHAL - November 22, 2011

Mau dong…..

44. krizz - November 22, 2011

Dit4ku banyak Kang Haji, tapi punya musuh utama… kalo dibungkus rapet dimakan tikus, kalo enggak dibungkus dihajar kelelawar (codot), kalo dibungkus plastik ram/net baru aman…., awas jangan dekat2 bangunan, bisa merusak fondasi…. Sip, matoa lebat banget daunnya, tinggal milih yang merah ato yang ijo jenisnya sama2 enak!!!

45. sof - November 22, 2011

Kang kalau “Macadamia” bisa tumbuh dimari ngak yach?, enak tuch Kang, tapi kalau beli mahal beutt…..

46. JJ - November 22, 2011

eh tapi ati2 juga kang sama akarnya.. sekuat apapun pondasi rumah didekatnya, pasti bisa diangkat sama akarnya, ampe rusak tuh pondasi.. nggak percaya? buktiin aja kalo tuh pohon udah masuk 10 tahunan..

47. paton - November 22, 2011

kang kirim ke ciomas dong buah nya, kwkwkw

48. Wira - November 22, 2011

Aku punya di kampung mas, gede banget pohonya..kira2 dah 13 meter…
Daunya yang besar2 dan kering (jatuh sendiri) kalo di rebus bisa jadi obat ginjal, batuk, sakit tenggorokan….(terbukti banyak orang yang sembuh)…
n skarang sama temen bapak ku di bawa ke korea untuk obatin temen2nya yang sakit disana…

49. Taufik - November 22, 2011

@45. sof
depan rumah aku punya sodaranya macademia . . .lupa namanya :D

@46. JJ
wah iya yah . . . sekitar 6 meter sih dari pondasi

50. Goyip - November 22, 2011

Rasanya gabungan antara rambutan,klengkeng tapi aromanya agak kuat macam durian…sempet nggak yakin kalo mau makan banyak takut keracunan..seumur umur belum pernah makan buah ini…sampe gw tanya bokap ma nyokap aja belon pernah liat sebelumnya…nice fruit.

51. andhi_125 - November 22, 2011

wah, manis banget tuh mas Haji, kalo dah mateng…udah lumayan susah lho nyari si maktua ini…

52. swangie - November 22, 2011

IYA KANG HAJI, DI JAYAPURA JG SUDAH MULAI BERBUAH….DESEMBER MUNGKIN MUSIM NYA…

53. !@#$%^&*(adakah plat ae di jakarta...!@#$%^&*) - November 22, 2011

Q pesen 1kilo kirim nek jkarta yo kang. hehe.. :mrgreen:

54. moonraker - November 22, 2011

45. sof – November 22, 2011

Kang kalau “Macadamia” bisa tumbuh dimari ngak yach?, enak tuch Kang, tapi kalau beli mahal beutt…..

———————————-
di jatim ada ptpn yg mengebunkannya.

55. andi CBS white andromeda - November 22, 2011

TMC_ Taufik Matoa Cin!
kaburr……………………………..!!!!

56. ipanase - November 22, 2011

punya ane nunggu 6 tahun bang,,baru aja berbuah

57. b011 - November 22, 2011

Hati2 keduluan Codot kang.
Matoa ane di kebun suka sering keduluan codot sama burung. Pasangin jaring biar aman. Minggu kemarin panen Matoa, lumayan dapet satu kantong plastik gede.

58. onecoder - November 22, 2011

Kalo Matoa dkampung saya banyakkkk.. Hampir tiap rumah ada pohonnya,blan ini memang waktunya matoa berbuah,rasanya manis. Disini djual 1kg skitaran 20ribu. Tp udah gak ada yg jual soalx udah habis.

59. marsetyo - November 23, 2011

mantap.. enak banget tu bang taufik.. untuk buka puasa.., !

60. Moncer - November 23, 2011

Saya juga punya kang, di belakang rumah ada beberapa pohon, dulu saya bawa sehabis tugas di Papua, n betul kata yg di atas, jangan terlalu dekat dengan tembok coz akarnya kuat banget n merusak.

61. jaos - November 24, 2011

@taufik
kekeke…berapa banyaknya sekilo gak tau yaa,pak…
tapi ini biasa dijual penduduk sana dalam karungan yg udah dipesan orang….
kalo yg punya pak taufik ini, yg tetap hijau sampe matang pun…..isi daging buah gak lengket ke bijinya dan rasa kayak kelapa…kekeke
kalo yg berkulit ungu jingga (matoa papeda-sebutan sana), lengket berair…rasa masih kalah sama yg hijau.
Yang hijau lebih mahal harganya daripada yg ungu jingga….
selamat ya untuk buahnya pak….jadi pengen nanam jg nih.

62. jaos - November 24, 2011

oh iya ini pohon hutan yg besar…jadi benar sebaiknya tanam gak dekat2 tembok…

63. sof - November 24, 2011

sodara nya “Macadamia”?????…jangan2 “Kemiri” lageh :mrgreen:

64. tutusnice - November 24, 2011

sempet nanem, pohon dapet dari aktifitas go green di kantor…
tapi yah itu…setelah di tanem dirumah gak tumbuh2.. segitu-gitu aja
(1/2 meter)… akhirnya kena gusur pembuatan tangki air …:P

65. mr kym - November 25, 2011

wah sama bos seperti di pekarangan rumah, drumah saya ada 2 pohon ddpn rumah & disamping rumah masalahnya klo sudah berbuah pasti terserang hama ulat(sembunyi ddlm cangkang seperti topi yg menggantung di daun) klo sedang berbuah bnyk hrus hati2 sama kelelawar.

66. bawor - December 17, 2012

agusbutax was here

67. Luca dukalara - July 31, 2013

Q …tanam sudah 4 tahun tp blm buah. Itu jg beli di trubus….ada tips g biar cept buah gan..

68. ida novita - September 26, 2013

16 tahun tinggal di papua dan sekarang tinggal di Bogor sangat familiar dg Buah eksotik ini… cuma waktu tinggal di Papua tidak pernah liat pohonnya langsung karena adanya di hutan…,nah sekarang saya nanam di depan rumah, cuma berjarak 4 meter dari rumah dan 1 meter dari pager , jadi ketar ketir jg dengan akarnya. umurnya sudah 3 tahunan, tingginya sekitar 6 meter , gimana ya Bang ??, di pertahankan atau tebang ??



%d bloggers like this: