Bro sekalian, Alhamdulillah . . . akhirnya setelah kurang lebih 4 tahun ditanam Pohon matoa yang saya tanam di pinggir jalan depan rumah akhirnya berbunga dan berbuah. Buahnya di atas pohon mirip banget buah anggur bulat agak lonjong kecil dan berdompol. Kulit buahnya agak keras bila dibanding dengan rambutan, kelengkeng, atau lebih parah jambu air , ini sepertinya yang menyebabkan lalat buah sulit menginjeksi telurnya ke dalam buah muda sehingg buah matoa hampir nggak ada hama nya . . . siip kan

Namun Buah Asli Papua dan pohon identitas tanah kelahiran Titus Bonai yang bernama Latin Pometia pinnata yang saya tanam nggak kayak tanaman buah buahan lain yang umumnya saya tanam di tanam dalam pot . ..Β  tanaman ini saya tanam di tanah sehingga selama sekitar 4 tahun itu pohon tumbuh menninggi dan harus saya pelihara cabangnya biar nggak menggenggu kabel telepon πŸ˜€ . Batang pohon yang memiliki diameter dibawah 2 cm agak rengat dan mudah patah. Walaupun Pohon Buah asal papua, namuan ini terbukti empiris adaptif dan bisa berbuah di bogor. Padahal nggak diberi pupuk secara Khusus lhoΒ  . . . laporan lain juga ternyata berbuah di Jogjakarta setelah 10 tahun ditanam.

memangsih kalo cuma satu, tanaman ini nggak memiliki nilai ekonomis, tapi kalo satu kebon gede . . .bisa buat bisnis suplay buah buahan kali yeee πŸ˜€ . . . Oh Ya kalo dibuka, buah dalamnya mirip lengkeng, atau rambutan githu . . . tapi manisnya rada beda . . . pokoke tanaman ini recomended lah buat tanaman pelindung yang bisa dinikmati buahnya . . . go green, one wheel one plant bro πŸ˜€Β  semoga semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

70 COMMENTS

  1. Mas ini gimana cara nanemnya? kebetulan ada tetangga yg punya pohon matoa ini, kami sering dibagi kalo sedang berbuah lebat, jd pengen nanem sendiri gitu. πŸ™‚

    Guest
  2. mantaap….berhasil jg yaa,pak.
    Saya pasti nyari dan makan buah ini kalo ke jayapura sono….mahal jg lho harganya, bisa rp.60rb/kg di sana.

    Guest
  3. wah… kang taufik… nanam matoa juga ya… alm. ayah saya dulu juga menanam pohon matoa di depan taman komplek… dan dah satu tahun ini berbuahnya.. sepertinya kisarannya sama dengan kang taufik masa berbuahnya… dan betul mas… gak perlu perawatan… bulan kemarin masa berbuahnya… dan banyak banget… pagi2 bapak dan ibu2 dah pada panen tuh buah

    http://meitanteiamiterasu.wordpress.com/2011/11/21/beginilah-kelakuan-masyarakat-kita-kalau-ada-razia/

    Guest
  4. matoa merah atau hijau mas..
    kalau buahnya dah segede telur ayam kampung, segera bungkus dengan karung biar ga dimakan lalay.
    kalau mau cepat berbuah, tanam yg hasil cangkokan. tinggi 2 meter dah berbuah.
    bibit asal cangkok paling mahal 150rb di tempat teman di karawang timur

    Guest
  5. 4 tahun nunggu baru berbuah.????? waduh gw baru tanem taun kemaren….hum masih harus bersabar 3 taun lagi…hiks…hiks… Om taufik boleh dunk dicicipin buah matoanya dunk…hehehehe

    Guest
  6. alamak…..4 tahun baru bisa menikmati buahnya????
    waduh gw baru nanemnya taun kmaren…hum masih harus sabar 3 tahun lagi nih….hiks…hiks…bagi dung buah matoanya Kang Opik…hehehehe

    Guest
  7. Ngaak perlu dibungkus apa2 buahnya kang.. nggak bakalan ada hamanya.. dikota saya kotamobagu sulawesi utara, adalah kota dengan penghasil matoa terbesar kedua sesudah irian.. dirumah saya ada 6 pohon.. barusan minggu lalu panen 3 pohon hasilnya 8 karung.. disini dijualnya 15 ribu satu kilo.. tapi hati2 kalo mo panen, coz cabangnya mudah patah.. dan harus sering dikebiri cabang2 yang tinggi..

    Guest
  8. @5. konz
    saya beli di nurseri nya pak Mubin di depok mas bro

    @8. agung
    bentar lagi deh, sing sabar πŸ˜€

    @9. Au’
    ya ditanem aja githu bibitnya di tanah .. . gak ada yang khusus πŸ˜€

    @11. chakra_fxr
    weleh, pantesan ada yang ilang πŸ˜€
    weks, depan geografi ?
    aku jarang ke sono dulu πŸ˜€

    @13. Rasmur Saja
    yang aku tanam rasa rasa mirip duren ma sbro

    @16. jaos
    wah sekilo dapet berapa banyak yah ? mantabb banget lumayan punya nilai ekonomis ya πŸ˜€

    @21. Maskur
    dulu pas sampeyan ke sini, ini pohon belom gede dan berbuah, mungkin nggak ngeh πŸ˜€

    @22. moonraker
    yang ini hijau mas yang merah matoanya mas hadiyanta tuh

    @25. zeiter
    silahkan nyengget sendiri ya πŸ˜€

    @28. JJ
    iyah emang mudah patah, rengat dan getas, ati2 kalo naik

    @29. gogo
    coba cek di nurseri2 buah .. . saya cari di wijaya tani nya pak mubin depok

    Administrator
  9. @29. edith
    kalo untuk mempercepat yang ada bukan pupuk bro, tapi hormon, .. . sebagai contoh namanya PATROL (*bukan promosi-red)
    aya ada, tapi nggak pernah dipake, lebih prefer, berbuah alami nggak di paksakan .. . namuan pupuk biasa untuk merangsang buah adalah pupuk yang kandungan P nya besar . . kan NPK . . . P nya besar . . . nah untuk memaniskan buah nanti yang K nya besar . . . kalo untuk pertumbuhan yang N nya tinggi . .. sebagai contoh urea, cmiiw

    Administrator
  10. Wah kangen banget rasa buah ini, rasanya campuran antara lengkeng, rambutan namun ada aroma duriannya juga.
    Terakhir makan ni buah 5 bulan lalu beli di tiko buah di Jababeka 35rb/kg. Sekarang gak pernah ada lagi………

    Guest
  11. Wah disebelah rumahku (rumah adikku) tiap tahun berbuah, photonya pernah saya aplod di pesbuk πŸ˜€
    Hama tanaman ini ada mas….tupai πŸ˜† kalo lagi berbuah tupainya rame makanin buahnya
    Trus kalo berbuahnya pas pergantian musim (dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya) kulit buah sering pecah & jadi busuk…

    Guest
  12. Dit4ku banyak Kang Haji, tapi punya musuh utama… kalo dibungkus rapet dimakan tikus, kalo enggak dibungkus dihajar kelelawar (codot), kalo dibungkus plastik ram/net baru aman…., awas jangan dekat2 bangunan, bisa merusak fondasi…. Sip, matoa lebat banget daunnya, tinggal milih yang merah ato yang ijo jenisnya sama2 enak!!!

    Guest
  13. eh tapi ati2 juga kang sama akarnya.. sekuat apapun pondasi rumah didekatnya, pasti bisa diangkat sama akarnya, ampe rusak tuh pondasi.. nggak percaya? buktiin aja kalo tuh pohon udah masuk 10 tahunan..

    Guest
  14. Aku punya di kampung mas, gede banget pohonya..kira2 dah 13 meter…
    Daunya yang besar2 dan kering (jatuh sendiri) kalo di rebus bisa jadi obat ginjal, batuk, sakit tenggorokan….(terbukti banyak orang yang sembuh)…
    n skarang sama temen bapak ku di bawa ke korea untuk obatin temen2nya yang sakit disana…

    Guest
  15. Rasanya gabungan antara rambutan,klengkeng tapi aromanya agak kuat macam durian…sempet nggak yakin kalo mau makan banyak takut keracunan..seumur umur belum pernah makan buah ini…sampe gw tanya bokap ma nyokap aja belon pernah liat sebelumnya…nice fruit.

    Guest
  16. 45. sof – November 22, 2011

    Kang kalau β€œMacadamia” bisa tumbuh dimari ngak yach?, enak tuch Kang, tapi kalau beli mahal beutt…..

    ———————————-
    di jatim ada ptpn yg mengebunkannya.

    Guest
  17. Hati2 keduluan Codot kang.
    Matoa ane di kebun suka sering keduluan codot sama burung. Pasangin jaring biar aman. Minggu kemarin panen Matoa, lumayan dapet satu kantong plastik gede.

    Guest
  18. Kalo Matoa dkampung saya banyakkkk.. Hampir tiap rumah ada pohonnya,blan ini memang waktunya matoa berbuah,rasanya manis. Disini djual 1kg skitaran 20ribu. Tp udah gak ada yg jual soalx udah habis.

    Guest
  19. Saya juga punya kang, di belakang rumah ada beberapa pohon, dulu saya bawa sehabis tugas di Papua, n betul kata yg di atas, jangan terlalu dekat dengan tembok coz akarnya kuat banget n merusak.

    Guest
  20. @taufik
    kekeke…berapa banyaknya sekilo gak tau yaa,pak…
    tapi ini biasa dijual penduduk sana dalam karungan yg udah dipesan orang….
    kalo yg punya pak taufik ini, yg tetap hijau sampe matang pun…..isi daging buah gak lengket ke bijinya dan rasa kayak kelapa…kekeke
    kalo yg berkulit ungu jingga (matoa papeda-sebutan sana), lengket berair…rasa masih kalah sama yg hijau.
    Yang hijau lebih mahal harganya daripada yg ungu jingga….
    selamat ya untuk buahnya pak….jadi pengen nanam jg nih.

    Guest
  21. sempet nanem, pohon dapet dari aktifitas go green di kantor…
    tapi yah itu…setelah di tanem dirumah gak tumbuh2.. segitu-gitu aja
    (1/2 meter)… akhirnya kena gusur pembuatan tangki air …:P

    Guest
  22. wah sama bos seperti di pekarangan rumah, drumah saya ada 2 pohon ddpn rumah & disamping rumah masalahnya klo sudah berbuah pasti terserang hama ulat(sembunyi ddlm cangkang seperti topi yg menggantung di daun) klo sedang berbuah bnyk hrus hati2 sama kelelawar.

    Guest
  23. 16 tahun tinggal di papua dan sekarang tinggal di Bogor sangat familiar dg Buah eksotik ini… cuma waktu tinggal di Papua tidak pernah liat pohonnya langsung karena adanya di hutan…,nah sekarang saya nanam di depan rumah, cuma berjarak 4 meter dari rumah dan 1 meter dari pager , jadi ketar ketir jg dengan akarnya. umurnya sudah 3 tahunan, tingginya sekitar 6 meter , gimana ya Bang ??, di pertahankan atau tebang ??

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here