jump to navigation

Wew . . . “02 Pursuit” Sepeda Motor Tenaga Udara December 3, 2011

Posted by Taufik TMCBlog in : Green Ride, yamaha , trackback

Bro sekalian, manusia selalu mencari dan mencari solusi untuk lepas dari ketergantungan akan bahan bakar Fosil yang tidak dapat diperbaharui alias pada suatu saat akan habis . . . Nh, Sekarang ini kita sudah lumrah mendengar Kendaraan Berpenggerak Listrik . ..  Bahkan Digelaran Tokyo Motor Show Nanti Pabrikan Pabrikan jepang seperti Honda, Yamaha dan Suzuki seakan berlomba menghadirkan Karya Motor listrik mereka . ..  Nah tapi di artikel ini adala yang menarik Motor bertenaga Udara . ..  hmmm namanya 02 Pursuit

Motor ini merupakan hasil kerjasama Yamaha Australia dan Engineair sebuah perusahaan yang giat mengembangkan mesin bertenaga Udara Terkompresi . . . Yup Udara yang digunakan sebagai ‘bahan bakar’ bukan Udara yang sembarangan, namuan udara tersebut haruslah terlebih dahulu dikompresi . . . nah ini lah yang speertinya merupakan penghambat laju penetrasi jenis mesin seperti ini . . . Nggak kayak listrik yang simpelnya tinggal colok dan pake euuy :D

Cara kerja mesinnya bisa bro cek di situsnya Engineair . . . disana mereka mengunakan mesin Berbasis desain Piston Rotary yang bergerak dikarenakan adanya pergantian gerakan chamber yang berisi udara terkompresi . . . got it? susah dicerna ya . . . silahakn cek deh gambar diatas . ..  kalo masih susah ya . ..  skip skip aja . ..  yang penting ini motor .. . gerakan pistonnya dikarenakan bukan ledakan bahan bakar naman karena pergerakan pembagian chamber udara terkompresi . ..  nahh . . .Mudah mudhan kedepan bisa menjadi alternatif mesin yang berkonsep Green  . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Source : GizMag

Comments»

1. cafebiker - December 3, 2011

wow manteb

2. Cah ndeso - December 3, 2011

keren…..

3. igaz - December 3, 2011

woww..

4. Ari Semarangan - December 3, 2011

mantep bener. .

5. cafebiker - December 3, 2011
6. qwerty ▲-Style - December 3, 2011

klimaks

7. Endo - December 3, 2011

Top ten dmalam hari

8. Endo - December 3, 2011

Baca dolo ah

9. qwerty ▲-Style - December 3, 2011

kalo ada yg konslet, biji bisa ke stroom disadel tuh.

10. Endo - December 3, 2011

Oke…saatnya tdur..hoaemm..ngantuk..

11. kamil - December 3, 2011

wah, sungguh karya yang patut di acungi jempol, mantap nih energy2 alternatif seperti udara.

12. dave - December 3, 2011

keren kalo pake tenaga udara,,
ga ada polusi,,
coba kalo teknologi ky gini di produksi massal,,
kan keren.. tentu nya dengan harga murah,, :D
jgn liad keuntungan harus nya,,
tapi menyelamatkan dunia dari polusi,, :)

13. yonyon - December 3, 2011

tapi tetep aja kompres udara pake mesin om,,,

ujung2nya pake bbm juga kann,,,

bener ga yah ?

kecuali mesin kompresi pake tenaga manusia ato kincir,,,,bakal siap2 pegel nih,,,,

14. otomotoshare - December 3, 2011

ajiiiibb . . .

15. Rudy Sou1 - December 3, 2011
16. mang - December 3, 2011

ni berita udah lama cuma saya masih penasaran sama sistem kerjanya (secara ilustrasi). bener2 bikin penasaran kali aja bisa buat

17. hellboykz200 - December 3, 2011

mantaff..go green

18. paton - December 3, 2011

yamaha inovasi truss

19. arsixty - December 3, 2011

ban-nya gede banget.. apa gak boros power tuh??

20. cuap2x - December 3, 2011

wah busi ga laku deh… &%&?& sbg penggerak awal listrik kah?shg druang kompresi ada udara terkompresi… spbu udara terkompresinya tar susah …xixixi…!9.’”:-/:.%;%++

21. 4G - December 3, 2011

Woh mantap. Hondut sih mana bisa

22. warungbaksosabar - December 3, 2011

atas nama IQ jongkok,, msh belum ngerti mekanismenya.. :mrgreen:

23. Pak Bambang Nunggang Byson - December 3, 2011
24. SuRyA - December 3, 2011

Sepertinya msh jauh dr produksi massal. Tp ini bner2 ramah energi bgt

http://www.dk8000.co.nr

25. th3rotor - December 3, 2011

berusaha untuk terus menjadi lebih effisien…good googreeeen lah

26. yusto - December 3, 2011

kayaknya kang taufik kedinginan nih, ampe blognya turun salju juga

27. Rendi - December 3, 2011

mantap

28. stoner27 - December 3, 2011

kalo angin habis cari tukang tambel ban gitu…?

wkwkwkwk

29. Bajil - December 3, 2011

Modelnya Lucu, pi ga pa2 la pake energi alternatif seperti udara..

30. 3055nada - December 3, 2011

wah warungnya hujan salju…..ei :oops:

31. Onthel - December 3, 2011

kalo gini sih namanya udah bukan motor lg,
mungkin kereta angin ya?
he he

32. Bayu Laksana Cahaya - December 3, 2011

wah motor gaul

33. wrrrrrrr - December 3, 2011

HATI2 NTAR KALO ADA FBH BISA2 DIKIRA HOAX, HAHAHAHAHA…….
SUDAH KALAH LANGKAH TUH, INJEKSI AJA YG DIKOAR2IN, TAPI MASIH KALAH SOAL RAMAH LINGKUNGANNYA :D

34. Rizky - December 4, 2011

Harusnya Ciptakan mesin energi gerak aja,kayak jam otomatis or Kinetik.energi gerak roda,suspensi,plus udara diubah ke listrik,simpan ke batere Aki khusus.bensin ttp ada tp khusus utk cadangan aja and buat bangkitkan daya awal.selebihnya total energi gerak.mubazir seluruh gerak yg ada di lingkungannya kita terbuang percuma…

35. teddy - December 5, 2011

yg jelas pasti pakai tabung kompresi, dan isi tabungnya pakai kompresor, kompresor nya di gerakkan mesin bakar atau listrik yang notabene butuh bahan bakar fosil untuk pembangkitnya.
prinsipnya hukum kekelan energi..jadi balik lg udara hanya sebagai media penggerak, tapi pada dasarnya tetep ada energi lain yang masih di butuhkan. hanya sharing bro alll…..kebetulan pernah dikit2 belajar….

36. Mas Sabar - December 5, 2011

yg jelas pasti pakai tabung kompresi, dan isi tabungnya pakai kompresor, kompresor nya di gerakkan mesin bakar atau listrik yang notabene butuh bahan bakar fosil untuk pembangkitnya.
prinsipnya hukum kekelan energi..jadi balik lg udara hanya sebagai media penggerak, tapi pada dasarnya tetep ada energi lain yang masih di butuhkan. hanya sharing bro alll…..kebetulan pernah dikit2 belajar….
———————————————————————————————
Sepertinya pernah diulas di tabloid otomotif mengenai teknologi ini. Katanya sih kalau udara terkompressi yang kemudian menjadi panas dalam ruangan, kemudian diinjeksi udara dingin, maka udara itu akan mengembang dan mendorong piston atau semacamnya begitu.
Enggak pakai bahan bakar fosil kok Mas Teddy.

37. ipanase - December 5, 2011

keren tenan

38. teddy - December 6, 2011

@ mas sabar
iya mas…
kalo tdk salah rumusnya P x V / T = Konstan
P Tekanan
V Volume
T Tempeeratur
jadi pada volume tetap ( tabung kompresi ) jika tekanan di naikkan maka jg akan terjadi kenaikan suhu secara otomatis. berlaku sebaliknya karena berbanding lurus antara P dan T
dan untuk menaikkan tekanan ( pada tabung kompresi yang jg sebagai tenaga penggerak utama), di butuhkan kompresor ( untuk menjalankan kompresor di butuhkan listrik, sedang utnuk pembangkit listrik komersil, sebagian besar masih menggunakan bahan bakar fosil, nuklir dll..)

39. Arif Cynk Tembem - December 10, 2011

cra kerjax gmn tuuu

40. b'my'seLf - December 16, 2011

… bolehlah untuk green…tp kalau di jalan raya .. safety??
kalau lagi padat kendaraan … itu disenggol dikit … gmn?

41. Gunawan Ksatria - March 3, 2012

kita tunggu saja produksi masalnya. kapan ya??



%d bloggers like this: