Bro sekalian, manusia selalu mencari dan mencari solusi untuk lepas dari ketergantungan akan bahan bakar Fosil yang tidak dapat diperbaharui alias pada suatu saat akan habis . . . Nh, Sekarang ini kita sudah lumrah mendengar Kendaraan Berpenggerak Listrik . ..  Bahkan Digelaran Tokyo Motor Show Nanti Pabrikan Pabrikan jepang seperti Honda, Yamaha dan Suzuki seakan berlomba menghadirkan Karya Motor listrik mereka . ..  Nah tapi di artikel ini adala yang menarik Motor bertenaga Udara . ..  hmmm namanya 02 Pursuit

Motor ini merupakan hasil kerjasama Yamaha Australia dan Engineair sebuah perusahaan yang giat mengembangkan mesin bertenaga Udara Terkompresi . . . Yup Udara yang digunakan sebagai ‘bahan bakar’ bukan Udara yang sembarangan, namuan udara tersebut haruslah terlebih dahulu dikompresi . . . nah ini lah yang speertinya merupakan penghambat laju penetrasi jenis mesin seperti ini . . . Nggak kayak listrik yang simpelnya tinggal colok dan pake euuy 😀

Cara kerja mesinnya bisa bro cek di situsnya Engineair . . . disana mereka mengunakan mesin Berbasis desain Piston Rotary yang bergerak dikarenakan adanya pergantian gerakan chamber yang berisi udara terkompresi . . . got it? susah dicerna ya . . . silahakn cek deh gambar diatas . ..  kalo masih susah ya . ..  skip skip aja . ..  yang penting ini motor .. . gerakan pistonnya dikarenakan bukan ledakan bahan bakar naman karena pergerakan pembagian chamber udara terkompresi . ..  nahh . . .Mudah mudhan kedepan bisa menjadi alternatif mesin yang berkonsep Green  . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Source : GizMag

tmcblog youtube channel
TMC ADS

41 COMMENTS

  1. keren kalo pake tenaga udara,,
    ga ada polusi,,
    coba kalo teknologi ky gini di produksi massal,,
    kan keren.. tentu nya dengan harga murah,, 😀
    jgn liad keuntungan harus nya,,
    tapi menyelamatkan dunia dari polusi,, 🙂

    Guest
  2. tapi tetep aja kompres udara pake mesin om,,,

    ujung2nya pake bbm juga kann,,,

    bener ga yah ?

    kecuali mesin kompresi pake tenaga manusia ato kincir,,,,bakal siap2 pegel nih,,,,

    Guest
  3. ni berita udah lama cuma saya masih penasaran sama sistem kerjanya (secara ilustrasi). bener2 bikin penasaran kali aja bisa buat

    Guest
  4. wah busi ga laku deh… &%&?& sbg penggerak awal listrik kah?shg druang kompresi ada udara terkompresi… spbu udara terkompresinya tar susah …xixixi…!9.'”:-/:.%;%++

    Guest
  5. HATI2 NTAR KALO ADA FBH BISA2 DIKIRA HOAX, HAHAHAHAHA…….
    SUDAH KALAH LANGKAH TUH, INJEKSI AJA YG DIKOAR2IN, TAPI MASIH KALAH SOAL RAMAH LINGKUNGANNYA 😀

    Guest
  6. Harusnya Ciptakan mesin energi gerak aja,kayak jam otomatis or Kinetik.energi gerak roda,suspensi,plus udara diubah ke listrik,simpan ke batere Aki khusus.bensin ttp ada tp khusus utk cadangan aja and buat bangkitkan daya awal.selebihnya total energi gerak.mubazir seluruh gerak yg ada di lingkungannya kita terbuang percuma…

    Guest
  7. yg jelas pasti pakai tabung kompresi, dan isi tabungnya pakai kompresor, kompresor nya di gerakkan mesin bakar atau listrik yang notabene butuh bahan bakar fosil untuk pembangkitnya.
    prinsipnya hukum kekelan energi..jadi balik lg udara hanya sebagai media penggerak, tapi pada dasarnya tetep ada energi lain yang masih di butuhkan. hanya sharing bro alll…..kebetulan pernah dikit2 belajar….

    Guest
  8. yg jelas pasti pakai tabung kompresi, dan isi tabungnya pakai kompresor, kompresor nya di gerakkan mesin bakar atau listrik yang notabene butuh bahan bakar fosil untuk pembangkitnya.
    prinsipnya hukum kekelan energi..jadi balik lg udara hanya sebagai media penggerak, tapi pada dasarnya tetep ada energi lain yang masih di butuhkan. hanya sharing bro alll…..kebetulan pernah dikit2 belajar….
    ———————————————————————————————
    Sepertinya pernah diulas di tabloid otomotif mengenai teknologi ini. Katanya sih kalau udara terkompressi yang kemudian menjadi panas dalam ruangan, kemudian diinjeksi udara dingin, maka udara itu akan mengembang dan mendorong piston atau semacamnya begitu.
    Enggak pakai bahan bakar fosil kok Mas Teddy.

    Guest
  9. @ mas sabar
    iya mas…
    kalo tdk salah rumusnya P x V / T = Konstan
    P Tekanan
    V Volume
    T Tempeeratur
    jadi pada volume tetap ( tabung kompresi ) jika tekanan di naikkan maka jg akan terjadi kenaikan suhu secara otomatis. berlaku sebaliknya karena berbanding lurus antara P dan T
    dan untuk menaikkan tekanan ( pada tabung kompresi yang jg sebagai tenaga penggerak utama), di butuhkan kompresor ( untuk menjalankan kompresor di butuhkan listrik, sedang utnuk pembangkit listrik komersil, sebagian besar masih menggunakan bahan bakar fosil, nuklir dll..)

    Guest
  10. … bolehlah untuk green…tp kalau di jalan raya .. safety??
    kalau lagi padat kendaraan … itu disenggol dikit … gmn?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here