Bro sekalian, Rencana kehadiran Mio J yang disinyalir merupakan versi terbaru, Major Change dari Yamaha Mio yang sekarang banyak yang mengira karena adanya misi untuk counter attack akan hadirnya Spacy Fi.  Apakah Logis sinyalemen ini?

TMCblog mau merujuk pada proses produksi sebuah motor. Membuat motor itu nggak semudah membalik telapak tangan. Butuh waktu berbulan bulan untuk riset awal, dan berbulan bulan lagi untuk proses pembuatan. Bro bisa berkaca pada kasus  Honda New Blade yang benar benar dibenturkan dengan Yamaha Jupiter Z dalam segi Segmentasi market, desain, pricing dan lain lain . . . Disinyalir Honda sudah memulai Misi pembenturan ini semenjak YMKI merilis Jupiter Z

Berapa waktu yang dibutuhkan Honda untuk Hal ini? . . . 18 bulan bro !! alias 1,5 tahun . . . tmcblog sudah mengulas dan menguji secara thought experiment hitungan 1,5 tahun ini di artikel terdahulu dan ternyata klop !! Dan menurut tmcblog begitu pula dnegan YMKI . . . mereka butuh waktu yang . . . kurang lebih serupa laaa . . .Lha ini coba, Kapan Spacy i dirilis?  belum 2 bulan kan? mosok YMKI bisa mengkreasi sebuah motor yang mau dibenturkan ke Spacy Fi dalam waktu kurang dari 6 bulan . . . kayaknya IMHO, agak nggak logis bro . ..  butuh CEO sekelas Sangkuriang yang bisa melakukan hal ini he he he . . .

Nah, jadi point nya adalah Dengan jarak rilis yang demikian dekat, agak tidak logis juga membuat hipotesis bahwa antara Mio J dan Spacy Fi ada strategy benturan. Keduanya merupakan bagian dari Grand strategy besar YMKI dan AHM yang kita nggak tau gimana jabarannya. Terlebih lagi memang semua pabrikan dituntut untuk bertahap beralih ke era Injeksi dalam beberapa tahun ke depan. Ini hanya opini bro . . . bisa bener bisa juga salah 😀 cmiiw gimana pendapat bro sekalian, monggo di share  . ..  semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

70 COMMENTS

  1. mungkin waktu 1,5 taun bisa dipotong 2 bulan sama ymki (ato yimm ni?) , dengan strategi grusa grusu tak terarah, yang nasibnya bakal kek byson wkwkwk

    Guest
  2. 21. wendakalubis – Desember 7, 2011
    Hahaha, lucu blogger sekelas Mas Taufik baru sadar akan hal ini
    ============================
    Ini juga berguna untuk para pembaca/komengtator semua bro, agar dapat berpikir, nggak asal njeplak dengan mudahnya bilang nyontek ini ikut-ikutan itu kalo ada produk baru yang mirip dalam selang waktu yang dekat.

    Guest
  3. ymki sadar mio “J” ini belum layak lawan beaT yg keren dan volum jualannya besar …jadi pilih yg enteng2 aja spt spacy 😆

    Guest
  4. si Mio “J”ueleeek ini minder kalo mau lawan BeaT yg keren & laku…makanya psupaya ngak kalah2 banget pilih spacy 😆

    Guest
  5. menurut saya beda segmant lah mio buat anak muda sedang spacy buat keluarga muda cmiiw.. jelas2 mio tuh lawannya beat kita lihat aja new beat 2012 he….

    Guest
  6. bentuknya mirip kang…
    kayaknya ada mata2 org yamaho di AHM nih….

    kayak dulu waktu Honda riset mesin bebek matik dan memamerkannya ke publik, gak lama kemudian yamaha memamerkan mesin bebek maticnya dgn waktu yg gak terlalu lama…!!

    Guest
  7. apa gak bikin harga second meong makin nyungsep ya?
    di jakarta rondo meong 2010 cuma 7-7.5 jt sedangkan BeAT masih 8-8.5 jt

    Guest
  8. Kagak enak lagi bahas H vs Y, jurangnya terlalu lebar. Bahas S saja apa saja yg dilakukan untuk mengejar ketinggalan

    Guest
  9. mungkin sebelum saling launching masing2 ATPM dah dapet bocoran kisi2nya dulu, sehingga sudah di persiapkan riset simpanan untuk counter attack, jadi waktu yang realnya semestinya bukan 2 bulan tapi telah di lakukan riset jauh sebelum itu Kang

    Guest
  10. ada istilah ‘Competitive intelligence’. yaitu suatu usaha untuk mendapatkan, menganalisa dan me-manage informasi dari kompetiter. termasuk didalamnya upaya untuk spionase. ini banyak dilakukan didunia industri. contoh google vs apple, toyota vs honda dsb. jadi begitu informasi research dari kompetiter bocor maka research tandingan pun sudah dimulai. masih ingat teknologi honda CV Matic yg diumumkan september 2009 kemudian disusul pengumuman YCAT dari yamaha sebulan kemudian (oktober 2009). besar kemungkinan ini adalah hasil dari ‘Competitive intelligence’. selisihnya hanya 1 bulan. jadi tidak perlu menunggu produk brojol dulu baru research tapi sudah dimulai sejak rencananya bocor.
    baik honda dan yamaha sama-sama melakukan ‘Competitive intelligence’. 2 rival ini saling memata-matai. ini adalah hal umum didunia industri.

    Guest
  11. menurut ane gak ada benturan ya, beda ukuran, gembrot vs mungil. benturan sesungguh terjadi di blog ini dimana mio j ini berhasil membangkitkan amarah fbh. monggo disimak komen-nya :mrgreen:

    Guest
  12. mohon bantuan nya dari para pengunjung warung sekalian..
    kemaren2 motor ane sempat jatuh karna kaki ane kepleset..
    jatuhnya kekiri.. bengkok tuas koplingnya..
    nah waktu ane bawa jalan kok motornya kaya miring ya..
    atau perasaan ane aja..
    ane mau tanya kalo segitiga nya kena/bengkok.. kira2 ciri2 nya gmna ya..??
    sama bisa dilihat dgn cara apa..??
    tapi semoga aja segitiga motor ane ga bengkok..
    mohon bantuannya ya.. GOD bless

    Guest
  13. 30.
    kayaknya ada mata2 org yamaho di AHM nih….
    kayak dulu waktu Honda riset mesin bebek matik dan memamerkannya ke publik, gak lama kemudian yamaha memamerkan mesin bebek maticnya dgn waktu yg gak terlalu lama…!!
    Oleh Kang_OmprenX on Desember 7, 2011pada 9:32 pm
    ==========
    hahahaha konyol, udah di kasih artikel penjelasan masih aja ngawur asal nuduh.
    Bebek matic yama udah lama duluan nongol, cuma nggak disini, tapi di negeri seberang. Ayo alasannya yang lebih valid dong.

    Guest
  14. males baca comment kalau udah ada yang namanya, paton.
    itu sebenernya orang atau apaan sih??
    CMIIW
    .
    Sorry ane bukan Fans Boy manapun.
    Salam Damai…

    Guest
  15. @43

    kalo lu bukan fanboi, harusnya sih males juga baca komeng si drajat jati, dendy, briptu, master xeon, speed lover , thole dong ? ckckck keliatan anda fanboi mana

    Guest
  16. Apalagi coment2 NOBITA manusia planet dari negri anta berantah…tulisanya ngawurr………………tapi kalo gak ada orang2 macanm dia dunia perblogkan gak rame……………..gak ada bakar2 an……..

    Guest
  17. 54. Oleh speed_lover on Desember 8, 2011 pada 4:44 am.
    miong injek bentuknya jelek plagiatnya spacy..di jamin nggak bakal laku!!
    ==================
    Berarti spacy jelek d0nk 😛

    Guest
  18. ada yg panas nih AHM ngeluarin Spacy fi….jadi nikung ngeluarin Mio j,tapi udh keliatan body nya dan mesi nya aja bagusan Spacy….so pasti lebih ngirit bbm nya.

    Guest
  19. ada yg panas nih AHM ngeluarin spacy-fi…gak mukin ngefek mau nikung spacy pakek mio j,udh ketauan juga model dan body nya lebih mantep spacy,apa lagi mesin dan iritnya bahan bakar gak bakal tertandinggi dah spacy.

    Guest
  20. kayak’y bukan benturan 🙂 tapi memang sepintas ada kemiripan. dan sudah menjadi tradisi klo honda maupun yamaha g bakalan bangkrut alias behind the scene mereka sebenernya ada sedikit kerjasama. dan masalah contek-mencontek, bentur-benturan hanyalah strategi kamuflase principal jepang buat menyemarakkan persaingan seolah2 semakin ketat.. meskipun persaingan sebenarnya memang terjadi di kedua kubu, tapi tidak segitunya kaleeeee… alias sesuatu banget 😛

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here