Bro sekalian, Pada saat perilisan Suzuki Nex kemarin, Pak Pulus Firmanto dari PT SIS mengatakan bahwa pada tahun 2012 nanti suzuki mencanangkan akan menaikkan pangsa pasarnya secara total dari 6,3% tahun 2011 ini menjadi 8,3%. Astra Honda Motor menargetkan penjualan tahun depan (2012) sebanyak 4,6 juta unit di 2012 atau tumbuh sekitar 7% dibandingkan target tahun ini yang 4,3 Juta UnitGimana Pabrikan Lain? Tahun 2012 nanti Yamaha Targetkan Penjualan Naik 12% dan  Kawasaki Naik 20%. Secara nasional Pak Sigit Kumala, salah satu pengurus AISI pernah berujar pada IndonesianFinance Today  bahwa Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia  menargetkan penjualan sepeda motor nasional di 2012 dengan scenario optimistis naik 5% menjadi 8,7 juta unit dibanding proyeksi penjualan tahun ini sebanyak 8,3 juta unit. . . . Gile semua pada ramai ramai naikin target market euuy 😀 . . . kalo semua naik . . . nggak ada yang turun dooong?

Ini dapat berarti dua . ..  Yang pertama adalah hebatnya pertumbuhan ekonomi indonesia  . . . . Gambaran pertumbuhan sektor otomotif seperti yang nggak terkena imbas sama sekali sama dampak resesi ekonomi yang terjadi di belahan dunia lain akhir akhir ini. Yang kedua adalah belum berubahnya mindset konsumsi kendaraan pribadi  di Indonesia. Untuk yang kedua bisa jadi disinyalir disebabkan karena belum memadainya moda transportasi massal yang murah, nyaman, cepat . ..  sehingga solusi yang diambil secara sporadis yakni motor sebagai moda kendaraan yang paling mobile, cmiiw . ..  Yup Saat pabrikan Ramai Ramai Naikin Target Market Tiap tahunnya . . . Target Market Infrastruktur jalan dan Moda Transportasi nggak semasif kampanye kenaikan Terget market Moda kendaraan pribadi . . . piye iki ? . . . kapan bisa kayak jepang ya xixixixi . . . silahkan bro sekalian komentari dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

60 COMMENTS

  1. terus ramaikannn..

    di jakarta, beli moge buat harian menjadi konyol karena jalan semakin sesak.. kpn ya bisa riding sperti di vidio2 luar negri dgn enaknya gaspol jalan lapaannggg

  2. Horeee….!!!!
    bonus th depan bakalan lebih menggila lagi nihhh….

    pertumbuhan otomotif R2 makin tahun gila gilaan,lama lama di Jakarta orang jalan kaki lebih cepet dari Naik motor….

    ckckckckckckckckck….
    S.A.D.I.Z.

  3. nanti mas kalo tarif parkir 5rb erjam buat motor dan 10rb perjam untuk mobil dan motor keluaran 2000 keatas wajib beli pertamax mobil dibawah tahun 1990 di besi tuakan secara sukarela trs harus minum pertamax lagi..

    nunggu mass transpid kita beres kyknya susah bukan gak bisa tp lama karena g ada dgrand design jelas ttg tata kelola kota+kejelasan penerapannya…

    kalo ada trem yang dulu kyk busway makin banyak pengendara motor mati ditabrak krn kesalahan sendiri

  4. wah jadi tambah macet dong, nanti indonesia. gimana neh pemerintah, mestinya lebih memberdayakan transportasi publik yg lebih baik lagi. padahal anggaranya sangat besar, tetapi kemana duitnya itu, tanya kenapa? :mrgreen:

  5. emang parah tuh atpm, kerjaannya ngeluarin motor terus tapi macetnya gak diurusin. Ah masa bodo lah, yg penting kan untung

  6. Penuh dengan pembiaran, pemerintah, pengusaha dah ga peduli dah sepenuh apa jalan sekarang. Mereka mah yang penting untung!!, ngapain mikirin jalan macet, dsb.
    Biarin aja, yang macet2an toh bukan para pejabat itu, tapi para pemakai kendaraan, masyarakat biasa!!
    Sekarang ga usah nunggu pemerintah bertindak, mereka ga peduli toh, mending konsumennya aja yang sadar, mau macet ya beli aja terus tuh motor/mobil, premium over kuota ya ga papa, pertamina ga rugi kok, di bayarin sama pajak yang punya kendaraan subsidinya.

    Ah ribet..:D

  7. betul mas taufik……sering saya komen bahwa blog jangan menyentil atpm aja tapi ayo kita sentil pemerintah untuk membuat transfortasi masal yang nyaman….jangan di korupsi ajah uang rakyat.

  8. kl pabrikan naikin target ya wajar toh kang,krn keuntungannya dah keitung..lah kl pemerintah yg cm mikirin bt dirinya sendiri dan sk cari untung jg ya ga mau lah ningkatin infrastruktur,toh ga ada untungnya… palingan naikin harga tol,naikin tarif parkir,bikin jln protokol berbayar,dll kan banyak untungnya ?!&?:/2_3.?%&

  9. kapan bisa kayak jepang ya xixixixi
    __________________________________________________

    disini jadi macet juga gara2 jepang jualan kendaraan disini…. soale di negaranya sana juga gak laku…

  10. Apakah terkait dgn pelarangan mobil pribadi menggunakan premium per 1 april 2012?
    Asumsi atpm akan ada gelombang besar pembelian sepeda motor?

  11. jd inget tahun ini targetnya 3.6 jt karena gak tercapai bilangnya targetnya 3.3 jt karena masih gak tercapai juga bilangnya 3.1 jt.
    maklum pabrikan kacangan
    wkwkwkkkk

  12. menurut ane yang perlu dibangun untuk moda transportasi masal yang paling diprioritaskan adalah sarana kereta api. sarana ini dulu dibikin senyaman mungkin dan aman (berkiblat ke jepun)

  13. . . . kapan bisa kayak jepang ya xixixixi . . .
    —————————————————————
    haduuh akaang,,, boro2 deh ngarepin kaya jepang
    kehidupan jepang bisa masuk ke alam mimpi aj uda alhamdulillah banged,,,
    wkwkwkkk .. .

  14. tambah sumpek aja jakarta..

    fuihh..mau pindah keluar kota, semua nya ada dijakarta, hiburan, pusat pemerintahan, pabrik, dll

    gimana mau merata pertumbuhan ekonominya, wong semua terpusat di jakarta, gimana ngak orang2 desa pada datang terus ke jakarta, karena ada rayuan mudah2nya dapat kerja dijkt..

    semakin hari semakin sumpekkkk…

    tinggal nuggu titik jenuhnya aja nich tanah jakarta, klo dah karam , amblas, baru rame2 bicara ini itu…

  15. @endrik: betul banget tuh bos , naek kereta api ga ada nyaman2nya bgt , apa lg ekonomi
    kalo emg ekonomi mao di hapus , yowes harga karcis CLnya yaa di turunin dong 😀

  16. Kiblat ke jepang..? Cabut subsidi BBM yg tiap tahunnya 175 triliun.. Kalau perlu pajakin sampe per liternya 16.000 spt di jepang, parkir dibuat mahal… Duitnya buat bangun infrastruktur dan transportasi publik…

  17. pajak tiap tahun naik, tarip tol jga naik duitny kemana, ngga semuany d alokasikan untuk pembangunan dan pelayananny publik, sbgian besar anggran APBN di gunakan untuk bayar pengawai pemerintahan dan pejabatny yg di sinyalir jga korup

  18. @immortalorochi
    Klo subsidi bbm dihapus dampak ekonomisnya terlalu masif….
    tapi memang masyarakat kita sudah terbuai dgn subsidi, yg plg salah lg adalah pengelolaan migas kita :'(

  19. mo kayak jepang?
    lah jepang aja ngeruk keuntungan disini lewat target jualan kendaraan yg gak kira2…

    kuncinya cuman satu… infrastruktur, infrastruktur dan infrastruktur…

  20. @briptu drajad
    Fanboi hongkong macam kalian ketawa2 soal target revisi si anu.,.
    Saya pengen tau kayak mana muka kalian kalo lg kena macet parah, saya rasa pastinya TETAP ketawa2 jg krn suksesnya jualan merk sesembahan kalian….tentu saja ketawa2 sambil mikir MS hendi γάπĝ hebring itu.

    Hahaha…noraknya fanboi…hahaha

  21. kalau ingin menaikan MS ditahun 2012… berarti harus juga meningkatkan lagi kepedulian terhadap konsumen… Lebih gencar lagi memenuhi keinginan konsumen terhadap motor ditahun 2012….

  22. Hmmm…
    semua pd menaikkan target market sedangkan infrastruktur tetep gak nambah…

    tp gpp kok entar juga bakal ada yg direvisi karena over convidence…

  23. hanya pengen motor diperbolehkan lewat tol aj, byangin ky di luar negri jalanya mulus banget bejek ampe 250 km/jam asek2 aj..

  24. Suzuki klo ngetik di situsnya kelihatan ngasal ya…lihat di spesifikasi Suzuki Nex yang baru…hurufnya banyak yang ngaco…gmn mau target 8,3% klo gini caranya…Pak Paulus tolong situsnya lbh di perhatikan…acara louncing nex jg blm tercantum di tab News….

  25. ngarepin perubahan infrastruktur susah mas, PU aja ngerapiin jalan setaun sekali..itu juga akhir2 taun dalam rangka ngabisin anggaran yang ga terserap…padahal pemerintah udah cape2 ngutang buat proyek2 infrastruktur tapi departemen terkait tetap cupu perencanaan dan pelaksanaannya.

  26. fasilitas kredit fgn dp ringan masih ada sih
    org2 yg sbnrnya g mampu beli motor scra cash
    dan untuk kredit mpot2an prilakunya tuh kek nyewa motor
    dgn dp ringan mereka ambil motor, bgitu udh g kuat cicilannya
    mereka overkredit, bgitu ada uang dp motor lagi, bgitu trus berulang2
    setidaknya itu yg ane liat di kehidupan sosial cewe ane
    gmn g naek itu angka penjualan

  27. Denger2 PT Astra International Tbk th 2012 akan mengalokasikan 2 trilyun rupiah utk pembangunan jalan tol di jawa, mas. Mungkin sektor infrastruktur transportasi yg didahulukan terlebih dulu daripada moda transportasi-nya. CMIIW.

  28. Wajar kali mas…klo pabrikan bakal naikin target, mengingat taon depan BBM naik lagi…brrti ada kemungkinan adanya switching dari pengguna mobil ke motor.
    Nah masalahnya adalah perusahaan pembiayaan mampu nggak untuk mengcover ini…karena denger2 Uang muka otomotif juga taon depan bakal jadi 30%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here