Bro sekalian , era injeksi sudah di depan mata, tercatat seluruh angota AISI sudah sepakat dan komitmen dalam beberapa tahun kedepan sudah meng-injeksikan seluruh produk barunya. Ingat, jangan disalah artikan ya . . .  hal ini bukan berarti motor motor lama Yang karburator nggak boleh dipake lho  (* lirik si Ijo ). . . namun regulasi lebih ke motor baru yang diproduksi oleh pabrikan.

So Mau itu Honda Programmed FI (PGM-Fi) , Yamaha Mixture Jet Fi (YMJet-Fi, Suzuki Discharge Pump Fuel Injection (DCP-Fi) atau jenis nama nama sistem Injeksi yang lain . ..  yang semuanya bertujuan untuk lebih memperbaiki kondisi gas buang kendaraan yang imbasnya akan memperbaiki kondisi udara. dan ini harus didukung kuat oleh kita semua. Lho gimana nasib bengkel bengkel jalanan non Bengkel Resmi (beres) ? lha kuantitas motor non injeksi untuk 5 tahun ke depan masih buuuuaaanyaaaak . . . so jangan khawatir

Namun bengkel bengkel non beres juga harus kudu mempersiapkan diri juga menghadapi era injeksi . . . mereka harus juga mempersiapkan tools untuk perawatan motor dengan sistem Injeksi . . . berkaca pada perpindahan Roda dari era karburator ke era Injeksi . . . tmcblog cukup yakin perpindahan era ini akan sukses berjalan.

Buat Pabrikan memang lebih bijak juga untuk ikut memperhatikan hubungan aliansi dnegan bengkel bengkel non beres. Walau bagaimana pun keberadaan bengkel Non Beres yang dibekali kemampuan perawatan motor injeksi akan juga dapat membantu Pabrikan selama penyebaran sistem perawatan paripurna kepada motor injeksi (seperti contohnya Yamaha Detector and Cleaner) belum mencapai bengkel bengkel pelosok . ..  dalam artian , bisa saja ada bengkel Non bengkel resmi yang bisa blusuk mblusuk ke pedalaman bawa alat perawatan paripurna tersebut . . . Negri lain udah sampe ke Energi Listrik bro . . . ayo kita kejar dengan step pertama ke FI . ..  . silahkan dikomentari dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

106 COMMENTS

  1. Pantesan nyicil hongda karbu murah murah lewat kartu kredit mah …gak pake DP lagi…emang mau stop karbu yah… mudah-mudahan generasi mendatang masih ngerti karbu…. lha wong anak ane aja kagak ngarti yang namanya platina …:) karena dilahirkan di era CDI…walah…walah pedehel motor ane yg astrea 85 masih ngacir ame karbu …eh udah CDI tuh….

    Guest
  2. @11. kmpkebumen –
    bro, mesin injeksi itu bukan hanya ganti karburator dengan trotel body/injektor saja . .. namuan ada banyak part2 sensor sensor plus fuel pump . .. saya yakin akan habisa banyak kalo mau di jadikan injeksi . . .mending dirawat aja mas yang baik, sehingga emisinya tetap terjaga . .. biar injeksi urusan motor baru aja 😀 , cmiiw

    @15. hampura
    CB100 ku masih platina lho kang 😀

    @16. benyZx
    saya yakin sampai 2014 nanti pio juga akan injeksi bro

    @17. scnk
    Bajaj Juga punya . . . namanya DTS-Fi . . . sebenarnya Pulsar 220 di India udah ada yang pake, cmiiw

    Administrator
  3. brarti kalo mau upgrade sekalian aja nunggu yg fi ya…. kira2 kapan n250 keluar versi injeksi massalnya? Hehehe….

    Guest
  4. yukkk kita beralih ke era injeksi hehee….. moga smua pabrikan di thn 2012 sdh menggunakan Mesin Injeksi untk smua produk baru, biar lingkungan kita bersih dan sehat

    Guest
  5. @22. Mercon C gak Mretelli
    mungkin ada lagi namanya yg baru ya bro

    @20. sarma1983
    yup sebenarnya malah lebih sederhana, cmiiw . . . nggak harus cuci karbu lagi, cmiiw

    Administrator
  6. agak mlenceng kang
    numpang tanya…
    oy kang pengen tw sbnernya jeroan mesin fxr & fu sama gak y? ……..
    lg pengen meminang fxr tp tkt langka sparepart……

    Guest
  7. lucu jg namanya dibikin secanggih mungkin.. dan lebih lucu para FB ikut ribut??

    injection skarang2 ini masih sama smua teknologinya

    kcuali.. mengikuti mobil.. yg dah injection + tenaga udara.. dan ada lg pengembangan injection + udara + listrik.. sehinga BBM digunakan sedikit mungkin (irit)

    malah kalo bisa tanpa BBM… tp masih try n error

    smoga FI benar2 memberikan efek positif bagi bumi… 🙂

    Guest
  8. share aja,…

    injeksi untuk perawatan lebih mudah, cuma stel klep, itupun kalo klep kendor atau kekencengan, kalo ngga ada keluhan paling cuma ganti oli.

    kalo ada kerusakan lain bisa diketahui oleh sensor (honda) kalo yang lain saya belum ngetri.

    nah kalo lampu MIL (malfunction indicator lamp) kedap-kedip baru deh bawa ke bengkel biar di cek apanya yang rusak.
    karena tiap kerusakan mempunyai kode kedipannya sendiri.

    CMIIW

    Guest
  9. semoga dengan adanya motor injeksi, diikuti dengan cara mengendara yg santun dan sabar, tidak ugal2an , saling menghormati sesama pengendara, tidak saling ejek ..dll……

    Guest
  10. 17. scnk – Desember 28, 2011

    bagaimana dengan bajaj kang haji

    @17. scnk
    Bajaj Juga punya . . . namanya DTS-Fi . . . sebenarnya Pulsar 220 di India udah ada yang pake, cmiiw

    yup itu yang udah lama banget istilahnya UG1 nya p220 malah (cmiiw)
    nah yang jelas sekarang untuk all new pulsar nampaknya sudah injeksi….masalahnya beres2 di daerah2 aja tools standaran kadang masih cuma 1-2 set aja….padahal mekanik kalo rame lagi ngerjain yang saya perhatikan, kadang sibuk bolak-balik ngambil kunci yang cuma ada 1 ukuran dipake rame2 (mekanik)…. dalam hati pelit amat ownernya, tapi sekarang udah nambah beberapa perlatan berat juga (kemajuan laaah setelah bertahun2 dengan tools standar -__-;)

    Guest
  11. klo bengkel2 di pinggir jalan..
    malah jd kuatir saia klo servis di situ..
    walopun dah ada alatnya,,
    takut nya belom terlatih terus asal aja gt,,
    yg ada malah kacau.. imho.. cmiiw..

    Guest
  12. iya om haji, ane aja lebih suka sama rc elektrik dr pada yg nitrous. Go green buat racer rc, hihihiii…. Yg dibahas apa koment ny kmn… Oot mode:on

    Guest
  13. Gak usah terlalu meng_gembor2kan injeksi, liat aja angkot(metro mini, kopaja, ppd dll) di jakarta hampir semua pakai injeksi..apa anda yakin kendaraan mereka lulus euro3.
    yg penting rawat kendaraan anda agar selalu sehat otomatis emisinya baik.

    Guest
  14. @gadis,…
    hehehe :mrgreen:

    itu memang injeksi bung / jeng,..
    tapi belum euro 3
    beda lho yahhh

    kaya diesel ngga bisa euro 3 kalo ngga pake turbo atau common rail.
    jadi bukan masalah injeksi pasti euro 3
    namun untuk euro 3 harus injeksi.

    tolong di pahami dulu yahhh CMIIW

    Guest
  15. Setuju banget dng injeksi..
    mulailah dari hal yang kecil dulu,,
    sesudah motor baru kendaran umum lainnya juga harus lulus euro.. terutama bus,, tindak pengelola bus yg tdk memperhatikan kendarannya..

    balik ke motor.. yang penting tu kenalpot alay juga harus ditindak,, masa udah injeksi tapi msh pake kenalpot alay..??
    please deh buat apa sih? mau kenceng? kenapa ga sekalian beli ninja,cbr,atau motor cc besar lainnya yg udh euro..

    Guest
  16. standar emisi step demi step dinaikkan yang penting bisa menjaga kualitas emisi dengan benar aja udah bagus..
    Tapi memang yang g kalah penting diperhatikan kualitas standar transportasi masalnya juga…

    Guest
  17. @43 Storm Rider ….
    bajaj dengan DTSi nya pembakaran lebih sempurna jadi masih bisa ngeladenin euro 3…..tuh bro, mkanya di indihe sana malah yang injeksi tiba2 mati suri….mungkin karna, cukup dengan karbu dts-i udah bisa menuhin standar euro 3…… jadi ngapain kluarin investasi lebih untuk ngembangin injeksi nya (mesin n tools khusus)
    ……
    kali aja gitu kata “mereka”.. hehe

    Guest
  18. ternyata di tahun 1982 Honda pertama kali di dunia memperkenalkan model CX500Turbo dgn menggunakan teknologi FI,…
    dan di thn 2005 di Indonesia Honda pertama kali dgn Supra X 125 berteknologi FI,…

    Guest
  19. injeksi sudah mulai direalisasikan..
    bahan bakar juga harus ditingkatkan kualitasnya dan harganya disesuaikan lg dng kondisi ekonomi masyarakat..

    Guest
  20. setuja kang,, nasib bengkel jalanan juga musti di perhatikan sebab mereka termasuk salah satu pahlawan dari motor2 pabrikan dan mereka pun bisa membuat suatu imej dari suatu produk,,
    setidaknya harus ada pembekalan atau kursus gratis kepada para bengkel jalanan sehingga montir yang awam yang berada di pelosok2 akan tahu sistem dan cara menservice motor2 injeksi dan masyarakat akan tenang memilih varian injeksi dan bila perlu suatu pabrikan juga memberi peralatan secara cuma-cuma kepada bengkel jalanan tentunya dengan melalui seleksi… hal ini juga secara tidak langsung membantu pabrikan dalam memberikan layanan service motornya kepada konsumen tanpa harus ke dealer yang mungkin sangat jauh dari tempat tinggalnya..

    Guest
  21. Secara populasi jumlah kendaraan bermotor yg paling banyak dijalan, sehingga ATPM mempunyai kewajiban & tanggung jawab utk berkontribusi membuat teknologi yg ramah lingkungan.

    Guest
  22. Semua ATPM menuju INJEKSi, selamat…………karena penjualan sepeda motor yg terus menggempur,segarkan udara dunia ini dengan emisi baung yang rendah

    Guest
  23. bener kata 47. zuhry, & 43. Storm Rider, perlu diperjelas, injeksi belum tentu bakal lulus euro 3 (mobil) & euro 3 belum tentu harus injeksi (pulsar)

    Guest
  24. Mau PGM-Fi, YMJet-Fi, DCP-Fi atau jenis FI lainnya . . . Yang penting JANGAN BOCOR FUEL PUMP-nya aja…

    pilih yg berkualitas 😀

    Guest
  25. Siiip…semua ATPM mendukung dan siap menyambut era injeksi. Kita jg harus mendukungnya,supaya bumi ini semakin sehat dan bebas polusi.

    Guest
  26. Kasian tuh bajaj, patent teknologinya dianulir warung sebelah. Warung sebelahnya mau pake sendiri buat bersaing kali ya? padahal di negara asalnya bajaj dah dipatenkan lhoh…..

    Ada-ada aja negara kita ini…. ada uang abang sayang, tak ada uang abang tendang. Nasiiib… ampe mogok bikin pabrik gitu si bajaj.

    Guest
  27. yang jadi pertanyaan, kenapa Standar Eropa digunakan disini? Standar Euro itu kan untuk Anggota Uni Eropa kenapa kita latah ngikutin? apa tingkat pendapatan, pendidikan, infrastruksur kita sama dengan orang eropa sana? bahan bakar tanpa timbal (baca: Pertamax) saja yang merupakan syarat wajib mesin injeksi masih belum merata. ini adalah dampak oligopoli, ketika suatu produk vital dikuasai hanya oleh beberapa perusahaan, apalagi kalau pemerintahnya kapitalis seperti ini dimana lebih mementingkan pemodal daripada rakyat sendiri..

    Guest
  28. Tanya Om Taufik..
    Mewakili masyarakat awam pada umumnya, sebenarnya semua teknologi injeksi yg akan diterapkan semua pabrikan motor pada 2012 besok ini, apakah masih bisa menggunakan bahan bakar beroktan rendah seperti premium (ron 88) ataukah semuanya berkompresi tinggi sehingga memakai bahan bakar beroktan tinggi pula seperti pertamax dan sejenisnya..

    Guest
  29. @87. Sakarepmu
    variabel penggunaan oktan bukan bergantung apakah mesin motor menggunakan injeksi atau tidak
    akan tetapi lebih dilihat dari spek kompresi mesin dalam hal ini mententukan ketepatan ledakan pada saat pembakaran . . .karena jika kompresi tinggi oktan rendah maka akan terjadi knocking
    so jika ada nanti motor dengan kompresi 9:1 tapi injeksi . . . disinyalir masih boleh pake Premium oktan 88

    namuan yang juga harus diperhatikan adalah tinggkat kebersihan dari bensinnya itu sendiri . . . karena jika bensinnya kotor lama lama bisa menyumbat lubang lubang injector . ..

    trus yang harus diperhatikan pula adalah bebas PB alias timbal . .. namuan untuk dikota2 besar seperti jabodetabek menurut pertamina katanya udah bebas timbal

    mudah mudahan bisa menjawab , monggo ditambahi atau di koreksi, cmiiw

    Administrator
  30. Premium tidak dijamin bebas timbal oleh pertamina, yang dijamin bebas timbal oleh pertamina adalah Pertamax. Timbal bisa merusak Fuel Pump, catalytic converter, menimbulkan kerak berlebih pada ruang bakar dan gas buangnya bisa mengakibatkan kerusakan otak dan ginjal pada anak-anak.

    Kalau untuk oktan beda lagi tergantung kompresi, mau injeksi atau karburator harus disesuaikan supaya pembakaran sempurna, performa stabil dan keawetan mesin.

    Guest
  31. Kang, saya serius mo nanya nih, kalau kompresi rendah tapi oktan tinggi bahaya ngak? karena ledak pembakaran bensin juga menjadi tidak tepat kan?

    Guest
  32. Kang ane mau nyumbang pikiran ane ttg kompresi ama oktan bbm..cmiiw yah

    Perlu diketahui pertama adalah apa itu detonasi, detonasi adalah pembakaran yang terjadi sebelum waktunyadipantik busi, jadi ketika piston masih dalam langkah menuju tma bensin sudah meledak duluan, tentu detonasi adalah hal yang sangat lethal terhadapa mesin karena mesin piston bagaikan dipalu dgn keras bahkan sering kejadian ampe bolong…

    Detonasi disebabkan oleh suhu ruang bakar yg terlalu tinggi, sehingga piston dan klep ikut membara ampe memerah, inilah yg membuat bensin terpantik sebelum waktunya dan karena kompersi tinggi akan menghasilkan panas yang tinggi, makannya perlu pendinginan yang baik agar suhu terjaga, seperti liquid cooling, oil cooling, piston cooling dengan pil squirter dll

    Jadi sebenarnya bisa saja mesin kompresi tinggi pake bbm oktan yg rendah asal pendinginan oke, karena bbm jika oktannya semakin tinggi maka akan makin sulit terbakar akibat suhu dan tekanan tinggi, inilah kenapa komp tinggi di sarankan pke oktan tinggi, agar bbm tetap bisa terbakar oleh busi…

    Liat aja motor bercooling sistem baik biasanya pke komp tinggi kaya vario, mx, ninin, cbr, fu dll karena didukung sistem dan material yang mampu menjaga suhu engine tetep stabil, buktiny vario ato mx diisi bbm miskin oke” aja tuh, cuma performanya agak kurang aja

    Guest
  33. Semoga aja 2015 harga bensin tanpa timbal bisa terjangkau.. Ngarep hahaha maklum punyane mongtor karbu sih.. Biar ramah lingkungan.. Hehe

    Guest
  34. @Om Taufik : itu dia yg jadi masalahnya om.. Kalo motor injeksi rasio kompresinya bisa kecil sih mungkin bisa pake premium, ini mungkin bisa diterima masyarkat luas dengan pertimbangn faktor ekonomi..
    Tp kalo motor injeksi tersebut berkompresi tinggi, apakah hal ini sudah jd pertimbangan produsen supaya bisa diterima masyarakat..
    Krn mindset masyarakat injeksi=pertamax=mähäl..

    Guest
  35. Kang, gimaana sih ngerubah mindnom saya, katanya kalao mesin injeksi susah rawatnya lah, bengkelnya sedikit lah, bingung saya

    Guest
  36. semoga diimbangi dg kualitas bbm yg murah dan ok, negeri ini baru rame2nya menikmati injeksi, dinegara maju udah masuk kelistrikan..
    jgn lupa kendaraan umum jg di injeksikan biar udara makin terlindungi.

    Guest
  37. semoga dengan adanya motor injeksi,
    diikuti dengan cara mengendara yg santun
    dan sabar, tidak ugal2an , saling
    menghormati sesama pengendara, tidak
    saling ejek ..dll…… =============================== Semoga Pabrikan juga bikin Iklan yg Santun , jangan sampai bikin Iklan yg Ngebut sampai Bajunya Sobek2.

    Guest
  38. Yang Jelas selama gw pakai 2 produsen tersebut yang bagus tetap yamaha
    karena yamaha membuktikan sistem injeksinya aman kalau minyak sampai rest saya udah 10x mencobanya sampai rest sekarang mio J saya gk ada masalah……….
    kalau di honda mereka justru menyarankan minyak jgn sampai rest karena sistem injeksinya bisa rusak berarti ada masalah disistem injeksinya…..

    dari segi perawatannya yamaha lebih irit
    YMjet FI > mudah dan murah karena apabila injeksinya rusak ckp ganti part injeksi yg rusak saja
    PGM FI > apabila terjadi kerusakkan pada sistem injeksinya kita harus menggantinya 1 set

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here