jump to navigation

Mobil Harga Terjangkau Khusus Pedesaan Siap Launching januari 2012 December 29, 2011

Posted by Taufik TMCBlog in : Roda 4 , trackback

Bro sekalian, rencananya Tahun 2012 nanti kita akan mendapatkan sebuah kabar yang cukp baik khusunya untuk konsumen pedesaan yang membutuhkan kendaraan dnegan mobilitas tinggi dan murah harganya. Rencannya Pada januari 2012 nanti kementrian perindustrian akan merilis  mobil produksi dalam negri  yang akan membidik segmen menengah kebawah khususnya di pedesaan . ..  nama dan harga masih tentatif . . . namuan hembusan bocoran kuat menyebutkan Mobil tawon bakal menjadi salah satunya dan akan dibandrol 39,99 Juta rupiah per unit OTR . . . kandidat lain? Kemungkinan Gea yang diproduksi PT INKA

Bocoran speknya Gimana pak? menurut Bapak MS Hidayat, Menteri Perindustrian, mobil ini akan menggunakan mesin Twin berkapasitas 700 cc dengan konsumsi bahan bakar 22 kilometer per liter . . . Namun sat cek ke situsnya mobil tawon ternyata kapasitas meinnya 650 cc 4 percepatan bro . ..  . wew setara sama ER6n nih kapasitas mesinnya :D mungkin gea 700 cc dan tawon 650 cc ya :D . . . cmiw . . .larinya . . .katanya bisa tembus 90 km/jam . . .not bad lah ya bro  . . . oke semoga sukses Mobil asli nasional ini, semoga berguna

taufik of BuitenZorg

 

Comments»

1. stoner27 - December 29, 2011

pasti ga pake pertamax…

2. Nights - December 29, 2011

wah mantep ini INKA.. produk indonesia yg harus terus berkembang

murah.. lucu design nya :)

tp gmana dengan TATANANO.. masuk indonesia jd brapa tuh?

soalnya design masih bagusan TATANANO india

3. frkun - December 29, 2011

podium

4. frkun - December 29, 2011

3

5. frkun - December 29, 2011

multifungsional banget ni mobil

6. stoner27 - December 29, 2011

modelnya lebih parah dari jamannya minibus daihatsu hijet s38p & s55wide, karoseri jadul masih lebih keren, apalagi dibandingin honda life atau daihatsu fellowmax..

gila ketinggalan jaman kok sampe 40 tahun….

7. stoner27 - December 29, 2011

kayaknya belok kencengan dikit kebalik nih mobil..

8. hairus mataram - December 29, 2011

Absen pagi

9. Tiyo 2010 - December 29, 2011

Kesan pertama… Tidak menggoda… selanjutnya… Tidak membeli… *nabung utk beli mobil yg pasti2 aja

10. kilaubiru - December 29, 2011

mobil khusus pedesaan mestinya double cabin 4×4

*buat ke sawah plus angkut hasil panen :mrgreen:

:arrow: http://kilaubiru.wordpress.com/2011/12/29/harga-fxr150-tahun-2002-di-faktur-hanya-rp7-500-000-saja/

11. masmondol - December 29, 2011

Designnya kok aneh banget..

12. 4201journey - December 29, 2011

Perbaiki tampilannya….
Maaf nih, terlalu culun. :D

13. aku - December 29, 2011

bentuknya, bannya kecil bgt, tpi bguslah ad prkembngan jual mobnas

14. zaps - December 29, 2011

Bodynya :D

15. Arif Vixion - December 29, 2011

menurut ane sih cukup lah, mungkin tampilan lampu buletnya diganti kotak jadi lebih modern, tpi klw lihat harganya cuma 40 juta worthy bnget…, ane yakin mobil ini prospeknya bgus bnget kedepan.., moga aja motor nasional tahun depan nongol klw bisa sih sport fairing…

16. smartf41z - December 29, 2011

Citycar imut untuk pedesaan?

17. Om Puns - December 29, 2011

hhmm… bukan taste org indonesia…..

18. Doni - December 29, 2011

Mobilnya cakep banget cocok sama selera Indo banget

Mesinnya keren lagi 700cc
mesin made inchina lagi TOP banget
motor orangf miskin menurut pemerintah paling gede adalah 250cc

ane mau indent 875 unit buat usaha warung tegal keliling

19. abramsp - December 29, 2011

murmer nih..asal jgn jd raja mogok dijalanan aja yah.

20. wanni-pirro - December 29, 2011

kurang greget neh bodinya, coba dibuat model2 proton gt, pasti laku..

21. kantong kresek - December 29, 2011

oleng2an nih mobil

22. reihan - December 29, 2011

seharga cbr 250 tp dah ga kehujanan.
Seharusnya pemerintah melakukan regulasi mobil yg usianya lbh dr 20 tahun ga boleh beropresai selain menekan emisi jg biar beralih beli tawon

23. nanigung - December 29, 2011

25juta bungkus daripada kehujanan

24. scorpio z - December 29, 2011

wah… dari kecil, lama2 jadi besar… amin. mudah”an jadi awal terbangunnya teknologi transportasi….

tunggu aja, buat versi mewahnya ada esemka… di tunggu….

25. fandy - December 29, 2011

mantab………………

26. matinman - December 29, 2011

kesan pertama….ahahahahaha..lucu bentuknya!gk bayangin klo laju terus ngerem mendadak,jungkir balik kedepan tuh mobil!ayolah..katanya orang indonesia punya cita rasa seni tinggi..mosok desain mobil kayak gini??biar untuk pedesaan tp sedikit menariklah diliat
http://niwira.blogspot.com/2011/12/review-bajaj-pulsar-135-ls-selama-540.html
http://www.niwira.com

27. matinman - December 29, 2011
28. santai coi - December 29, 2011

kurang tinggi buat pedesaan. kok malah kayak citycar?

29. bluepio - December 29, 2011

interior perlu sedikit pembenahan desain termasuk eksterior..
katakanlah dibulatkan 50jta untuk kualitas jok yg lebih ok termasuk trimnya..

model body bisa diakali dengan modifikasi bodykit + velg ring 12nya..
kenapa nggak ambil desain daihatsu charade aja ya..

30. Rei - December 29, 2011

@4. stoner27 @ 11. kantong kresek: Pernah di test independen di forum tetangga, nggak klontang kok bro :)

Kalo bener bensinnya diatas 1:20 (dalkot lho ya) lumayan nih sebagai pengganti skutik. Secara nggak kehujanan.
Speed maksimal 90 pun uda oke mengingat di dalkot rata2 cuma 60. Paling banter 80. Itu pun nggak akan lebih dari 10 menit.

Perihal desain itu perlu, untuk menarik konsumen dan hal yang paling mudah dengan memakai lampu2 yang cantik. Sayang, yang ini kurang. Dan perihal lampu2 yang cantik kita itu sebenarnya mampu utk membikinnya. Lihat aja bis-bisa luar kota sekarang ini, cantik2 bukan. Menarik kita untuk naik. Padahal begitu kita naik, weleh rasanya sama dengan yang lama (lha iya bisnya kan bisa lama hanya dikaroseri ulang) hehehehe…

Jadi sedikit usulan perihal eksterior, hal mudah utk dibenahi dulu:
1. Lampu2 yang eye catching. Udah banyak karoseri2 yang bisa bikin lampu2 keren.
2. Spion yang nggak kotak. Udah banyak vendor2 aksesoris lokal yang bisa bikin spion nggak kotak.

Itu dulu di benahi. Kalo udah dibenahi, saya kira akan lebih banyak lagi org yang akan beli mengingat keiritan bensinnya (hampir setara skutik) dan nggak keujanan. #Tapi bisa nambah macet hehehehehe

31. Akon - December 29, 2011

nasional makanya super murah ya…
tapi sulitnya sekarang orang juga super gengsi

32. rx spesial gampang moprot - December 29, 2011

39.9 udh dpt karimun second

33. Rei - December 29, 2011

Pesaingnya JAUH lebih keren nih, buatan INKA Madiun:

http://oto.detik.com/readfoto/2010/11/12/135158/1492977/647/1/mobil-mungil-untuk-polri

http://carnews-online.blogspot.com/2011/04/costumers-are-scrable-to-buy-indonesias.html

Nah kan betul apa yang saya pernah bilang: lampu2 yang keren menarik orang untuk membeli ;)

34. Dradjat_Djati - December 29, 2011

sama tata nano aja masih cakepan tata nano lho…
tapi ANE TETEP DUKUNG PRODUK DALAM NEGERI…..!!!

35. Rei - December 29, 2011

@15. rx spesial gampang moprot:

bener bro, harga segitu bisa dapet mobil seken keren merek jepang.
Tapi keiritannya masih kalah jauh. Dalkot karimun seken cuman dapet 1:11-12. Itu pun dalam kondisi mesin SANGAT sehat. Nah kalo beli seken kondisi mesin apa adanya dalkot cuma 1:9-10.

Bandingin yang diatas *kalo bener* dalkot bisa dapet diatas 1:20. Hampir setara skutik ama motor sport 250 cc bro… Tapi yang ini nggak keujanan.

ini saingannya yang lebih keren, buatan INKA-Madiun:

http://carnews-online.blogspot.com/2011/04/costumers-are-scrable-to-buy-indonesias.html

36. Rei - December 29, 2011

@ 34. Dradjat_Djati:

Ini bro buatan dalam negeri juga INKA-Madiun, tapi lebih cakep:

http://carnews-online.blogspot.com/2011/04/costumers-are-scrable-to-buy-indonesias.html

37. putra inhil - December 29, 2011

MAJU INDONESIA…!! tapi tetap harus memperhatikan faktor keselamatan…

38. Rei - December 29, 2011
39. putra inhil - December 29, 2011

MAJU TERUS INDONESIA …!!
tapi tetap harus memperhatikan faktor keselamatan..

40. Ghost - December 29, 2011

Joz gandos, Buatan dlm negri. Moga gak senasib timir. Pegawe negara DPR MPR PRES MENT GUBbi Dll Kudu beli ini buat memberi contoh ma masyarakat, jgn mewah2an terus.
Lebih murah dari mtor dpt fasilitas ac audio video + iyup rakudanan

41. Rei - December 29, 2011

@ 32. rx spesial gampang moprot: yup betul, harga segitu bisa dapet mobil seken jepang. Tapi konsumsi bensinnya masih kalah bro.. seirit2nya mobil seken jepang harga setara cuman dapet 1:14. Lha ini bisa dapet 1:20an. Malahan GEA buatan INKA bisa dapet 1:30. Setara skutik dan motor sport 250 cuman nggak keujanan dan nggak gampang dlosor kalo selip ;).

42. Rei - December 29, 2011
43. Mercon C gak Mretelli - December 29, 2011

jelek ya

44. gary - December 29, 2011

keren mobilnya….;)

akhirnya ada juga program dari pemerintah untuk mendukung kemajuan daerah…;)

45. sapujagad - December 29, 2011

ini bukan city car tapi Ndeso Car

46. gcm - December 29, 2011

woww… city.. eh, village car :D
patut diacungin jempol dah, walaupun dari sisi model lebih mirip metromini.. liat aja warna sama jendela samping.. :D
tapi yang namanya perjalanan ribuan kilometer tetap dimulai dari langkah yang kecil. Semoga ke depannya terus mengalami pembenahan (terutama 3S)..

47. kymcoers - December 29, 2011

yang ngejelek-jelekin mobnas….. mohon maap, ya…. Anda tidak mendukung produk dalam negeri….. masih antek-anteknya jepang, tuh!!!! :D

48. ipanase - December 29, 2011
49. Spacey - December 29, 2011

insinyur desainnya mungkin udah bapak-bapak 50an tahun jadi selera desainnya masih mobil era bapak itu muda. bagusin desainnya biar nanti laku dan di terima masyarakat modern. Eh ini buat pedesaan ya :lol:
Ayo majulah Indonesia, ane menginginkan motor nasional 100% buatan, ciptaan dan hasil ide pemikiran bangsa Indonesia.

50. rexraider - December 29, 2011

Walaupun Bodinya agak Jadul saya Tetap Dukung!

51. uungferi - December 29, 2011

ajibbbb,… asik bro,…

52. terong amnesia - December 29, 2011

hehehe modelnya lucu… :mrgreen: jalan pedesaan banyak empangnya bisa buat ternak lele… yakin nih mobil mo buat di pedesaan… apa ga kelelep nanti sama lobang empang lele dijalan yg dipelihara negara… ampuuun laaaa :mrgreen:

tp not bad lah usaha buat bikin mob-nas tp infrastruktur harus diperhatikan n modelnya itu lhoooo… xixixi :mrgreen:

53. Cah Nglegok - December 29, 2011

aseeek…
indeeent duluu….

#daripadakehujanandankepanasan

54. Rei - December 29, 2011

Kalo ada yang tahu Koperasi yang ngejual GEA, kabar2i ya bro.. :)

Tertarik nih buat inden…

Lumayan super irit buat klinong2 dalkot, bagasi lebih luas dibanding helm-in, nggak kepanasan, nggak keujanan, nggak dlosor kalo selip…

55. numpangliwataja - December 29, 2011

untuk pedesaan ?? yakin bakal kuat tenaganya untuk dipakai di jalan offroad ato di jalan yg rusak / tidak rata??
duh desainnya, jadul bgt…. so 70-ers. Masih jauh lebih bagus desain Jimny Kotrik 800cc.
Dimensinya aneh dan tidak seperti dimensi mobil pada umumnya
dan kyknya ga begitu safety untuk dipake di jalan raya

Semoga kedepannya lebih dikembangkan lg, jgn hanya mengejar murah. Agar tidak ditertawakan negara lain yg telah lebih dahulu memproduksi mobil (macam India)

56. Casey - December 29, 2011

wahhhh…. keren lah, bisa buat usaha apa aja. moga mobil rakitan anak bangsa ini terus berkembang.

57. Rollerman - December 29, 2011

padahal d Indonesia bnyak banget produsen lampu variasi.kok modelnya jadul banget lampunya??

mbok ya sekalian kalo bkin yg okee gitu.tampilan itu segala2nya d Indonesia

58. beckhem - December 29, 2011

Klo pemerintah lebih berani lagi alies gendeng, produk2 seperti inilah yang harus jor2an di support, biar nantinya kita, bangsa INDONESIA punya Mobil Nasional/MobNas….!!!! Resource kita berlimpah lho…..teknisi juga sudah buanyak, ahli pemasaran juga dah banyak, tinggal niat pemerintah saja nih……

Negara tetangga saja sudah bisa kenapa kita tidak?bahkan kabarnya sudah bisa menggandeng pabrikan lotus…..keren…….

59. gesang86 - December 29, 2011

wach, kalau beneran cuma 40jt….dan kwalitas barang bisa bersaing, kaya’nya nich mobil bakalan moncer dech….
*moga-moga bisa beli buat keluarga kecil saya…kaya’e cocok bangets.. :D

60. samsi suardi - December 29, 2011

Wah keren bgt. Semoga mobil mahonda gak laku
I love produk asli Indonesia
Semoga motor juga ada nantinya

61. fafa - December 29, 2011

Bodynya full DEMPUL apa g ya….?

62. wooo - December 29, 2011

wah penempatan spidometernya harusnya gak ditengah tuh.meniru yaris/vios namun dengan penempatan lbh agak rendah.apa gak susah dilihat tuh? sebaiknya mah posisi tetap di depan driver

63. asphalthadi - December 29, 2011

mohon maap yaa… saya juga orang desa, tapi kalo disuruh pake mobil modelnya jadul kayak gitu maap saja.
jangan dikira orang desa terus seleranya jadul.
saya sangat mendukung program mobil nasional, tapi tolong modelnya disesuaikan dengan model2 mobil baru yang sedang booming di pasaran.
sekali lagi maap…..

64. njeplax - December 29, 2011

patut kita apresiasi… semoga industri otomotif indonesia semakin berkembang dan menjadi raja otomotif di negaranya sendiri. buat yang menjelekan produk mobnas ini… tepok jidat sambil ngelus dada…

65. eskrim - December 29, 2011

Masih bagusan honda jazz. :D :D :D

66. zuhry - December 29, 2011

niat n aplikasi udah bagus sih untuk mengembangkan, buatan indonesia…TAPIIIII, masa iya gak ada orang indonesia yang bisa di ajak kerjasama untuk DESAIN!!!!, perasaaan buanyak banget orang2 indonesia yang kreatif…. tapi kenapa memaksakan desain aneh ini???!!!!gan terlalu fungsional juga, mengingat “KATANYA”, untuk daerah pedesaan….yang biasa bergelut dengan angkut-mengangkut banyak barang2 (hasil panen, alat2…), sepertinya ini hanya untuk mobil KELUARGA DESA…bukan untuk KEPERLUAN DESA,
semoga kedepan lebih baik!! AMIIIN

67. beckhem - December 29, 2011

Jadikan pilot project Mobnas, negara tetangga sudah bisa, kita juga pasti bisa heheee…..

68. Immortalorochimaru - December 29, 2011

Orang ina kejam thd produk nasional… (teringat kanzen yg produknya keren2 juga mati muda)

69. Antok - December 29, 2011

Apapun pro & kontra, saya memilih tengah2 aja. Pertama, saya tetap mendukung produk dalam negeri. Kedua, saya rasional tidak akan membeli mobil ini.

70. njeplax - December 29, 2011

cocok nih buat angkut2x barang dagangan… murah dan irit.. semoga 3S nya bagus.

71. Tristan - December 29, 2011

Tampilan n design nya lucu banget ,, apa emang sengaja di desain khusus pedesaan ?? tapi koq kecil banget ya ,.. bukannya kalo untuk di pedesaan agak besar dikit,, tapi oce deh mantapin lagi ya produk indonesia nya …

72. bejo - December 29, 2011

kalau harganya 40jt, dng model culun gitu, mending beli cherry th 2000 masih ok

73. Live Delapan Enam - December 29, 2011

Wach, boljug nich mobil…buat keluarga kecil,hemsss…jadi ngiler juga kalau seharga itu….

74. Topi Bundar - December 29, 2011

boleh lah sebagai produk perdana GEA…
ntar kan bakal muncul tipe2 lain yang lebih yahud n maknyuss….

# 100% DUKUNG PRODUK INDONESIA

75. Tristan - December 29, 2011

Tampilan dan design yang lucu , tapi apa emang di design khusus pedesaan ? kok kecil amat ya , bukannya harus besar ya biar gak jatuh kalo di jalan becek … tapi tetap jempol deh buat produksi Indonesia . . makin kreatif aja ya..

76. adjokasep - December 29, 2011

Mobil tawon ini sudah di test drive jakarta-surabaya tanpa masalah, langsung diserahterimakan kepada pemesannya, yaitu koperasi angkutan serba guna (Angguna) surabaya yang telah memesan sebanyak 1.150 unit, yang akan dikirimkan secara bertahap. tahap pertama sebanyak 200 unit akan dikirimkan mulai januari-maret 2012.

mobil tawon selain bisa menggunakan bensin, juga sudah dilengkapi perangkat yang memungkinkan menggunakan BBG sebagai bahan bakarnya sehingga lebih ramah lingkungan.

untuk versi yang dijual bebas, PT. autogas sebagai produsen tawon juga sudah merencanakan versi tawon yang lebih fresh. Selain itu juga ada versi tawon pick up, tawon angkot dan juga tawon transformer, dan farmer yang dapat dialihfungsikan sebagai mesin perontok padi dengan menggunakan PTO.

77. Topi Bundar - December 29, 2011

nunggu harga 2nd-nya… sampe 20-an jt ga ya… hehe

## DUKUNG PRODUK INDONESIA

78. adjokasep - December 29, 2011

tawon pada awalnya diposisikan sebagai pengganti bajaj, namun karena berbenturan dengan kebijakan maka produsen tawon memutar haluan untuk memproduksinya secara massal dan menjualnya secara bebas. Disain yang disiapkan memang sesederhana mungkin untuk menekan cost sehingga harganya bersaing dengan harga bajaj baru. Untuk mengubah design bukan perkara yang murah karena harus kembali berinvestasi dalam cetakan/stamping body.

http://asianusa.blogspot.com/2011/10/mobil-tawon-sanggup-tempuh-banten-sby.html

untuk GEA, mungkin terlihat disainnya lebih modern, namun perlu diketahui GEA menggunakan body dari fiberglass sehingga lebih mudah dalam merombak2 disainnya dan lebih ringan, sedangkan tawon menggunakan body dari plat baja.

Adapun mesin yang digunakan pada saat ini adalah sama untuk tawon dan GEA, kedepannya ada rencana menggunakan mesin produksi dalam negeri, yaitu mesin RUSNAS yang merupakan merin rancangan Alm Ir. Soeparto Soejatmo & tim RUSNAS BPPT.

http://mesinnasional.blogspot.com/2011/04/mesin-100-indonesia-dari-itm.html

btw, mungkin juga harga 39jt-an itu masih off the road lho… kita tunggu saja…

79. Storm Rider - December 29, 2011

gue jamin dikit peminatnya,…
orang indonesia itu yang utama model,…
kalo model aja dah kaya gitu jadul jaman kuda gigit besi mana bisa menjual,..

coba lirik si tata nano yang modelnya bagus namun dengan harga yang sebanding (di indihe).

Koq mereka bisa yahhh,… (tepok jidat)

80. aanhamzah - December 29, 2011

Yang inka lebih keren Mas..,

81. caspro - December 29, 2011

Kalau khusus pedesaan, kira2 mobil nya boleh dipakai dikota gak ya???

82. adjokasep - December 29, 2011

@45. wooo

dashboard center fascia bukan monopoli toyota…

bahkan cikal bakal mobnas yang urung jadi diproduksi massal, yaitu maleo pada tahun 90-an sudah menggunakan disain ini, dan 80% dari mobil ini sudah menggunakan disain / produk mandiri, kecuali mesin yang menggunakan mesin orbital australia.

btw sisa disainer dan insinyur yang membidani maleo sekarang turut membangun Mobnas Fin Komodo, yang menurut saya merupakan mobnas yang paling well-enginered, sayang prinsipal fin komodo belum mau untuk di street-legal kan.

@30 rei

kalo disain mah udah banyak bro…. tinggal tunggu niat baik dari pemerintah aja…. wong para produsen mobnas itu ibarat band indie, yang merekam, memperbanyak dan menyebarluaskan kaset/cd rekaman mereka secara mandiri…. PEMERINTAH KITA TIDAK PERNAH SERIUS MENDUKUNG INDUSTRI MOBIL NASIONAL karena takut akan hegemoni jepang dalam percaturan industri otomotif dalam negeri .. :P

Kualitas dan teknologi apa yang kurang dari truk perkasa? udah terbukti dipakai di instansi militer kita. kalo pemerintah niat, ambil aja jadi BUMN, trus semua mobil truk/bus plat merah harus pakai produk perkasa, selain itu juga texmaco punya prototype MPV dgn mesin 1800cc lisensi mercedes benz, yaitu texmaco macan jika dirpoduksi untuk keperluan mobil dinas pemerintahan sudah cukup untuk kelangsungan hidup pabrikan, apalagi diproduksi massal bakal jadi lawan yang tangguh untuk kijang series…

bayangkan para produsen mobnas ini langsung harus bertarung dengan produsen2 kakap kelas dunia…. nggak fair kan? malah untuk urusan mobil murah para atpm asing meminta jatah pengurangan pajak kepada pemerintah agar harganya dapat bersaing dengan produksi mobnas….. what the hell? sementara para produsen mobnas tanpa diberi bantuan secuipun dari pemerintah masih mampu melanjutkan impiannya sampai hari ini….

dukungan justru datang dari pemerintah daerah, seperti pemda banten yang memesan tawon, surabaya yang memesan tawon, serta Pemda Sulawesi Selatan yang memesan GEA & GEA MOKO.

adapun pemerintah sulawesi selatan juga merencanakan akan melokalkan produksi gea & moko di Makassar.

83. Ha Ge - December 29, 2011

Ma’af bukan tidak menghargai produk dalam negeri…tapi dari segi desainnya masih blm menjual. Coba dibuat sayembara bikin desain, pasti banyak putra-putri indonesia yang mampu.
Salah satu contohnya Mark Widjaja desainer Daihatsu A-Concept http://www.dapurpacu.com/mark-widjaja-daihatsu-a-concept-hasil-dari-riset-unik/
Tau sendiri kan konsumen otomotif di Indonesia seleranya gimana…

84. penggemar ninja - December 29, 2011

40 juta dah dapet rondonnya BMW jadul, bodi mulus..:)

atau starlet

Piss

85. penggemar ninja - December 29, 2011

musti banyak belajar lagi dari segi designya tuch..mesin boleh lah

86. H. profesor. Dr. Ir. kiwil .SH DLL DKK - December 29, 2011

mobil ini untuk yg punya duit pas-pasan aja (dukung dulu jangan ngeluh), daripada mobil mahal-mahal tapi maksain kredit biar di pandang wah sama tetangga. siapa tau ntar produksi mobil mewah

87. gasspoll83 - December 29, 2011

bukan ane mau ngehina buatan dalam negri tapi jujur desainya JELEK mobil keluaran tahun 80an aja bisa bikinlebih baik dari ini ane bilang desain ya bukan kualitas mesin atau material lainnya

88. kidemang soegax - December 29, 2011

josss semoga gak nambah macet :) dan menjadi alat transportasi yg mumpuni daripada alat trnprt publik,,,,

titip curhat
http://thewillion.wordpress.com/2011/12/29/surat-pak-dosen-untuk-pelayanan-pt-kereta-api-indonesia-kai/

89. Rei - December 29, 2011

walah jelek bener,harga segitu nambah dikit dapet mobil jepang

IMHO

90. knalpot_wasiran.. - December 29, 2011

panser ANOA jg produk dlm negri lho,lumayan buat mbajak sawah,kalo g buat angkut berat sayuran..

91. choirul - December 29, 2011

jiah…. kok mobilnya g asyik gitu ya….

92. suetoclub - December 29, 2011

Sebenarnya juga banyak kok desainer lokal yang membuat desain mobil gea dan tawon ini setara mobil citycar merk pabrikan besarkok tpi memang masih disimpan oleh pt.inka cmn menunggu kesadaran pemerintah aja atas mobnas..
Bentuk yg sekarang masih thap awal saja..kyaknya bukan untuk pedesaan tpi kota kecil..klu dipedesaan di indonesia jalannya masih bnyak yang makadam bisa berabe nih mobil ini..mending naik komodo klu dipedesaan..ha2

93. Idog - December 29, 2011

cahep… (selera sih..)
mudah2an lancar, dan mahin berhembang.

94. adjokasep - December 29, 2011

@34 &@79 kalo bandingin tata nano ya nggak fair lah….. :)

autogas produsen tawon baru berdiri 7 tahun yang lalu…. dan perusahaan ini mandiri mengembangkan produknya…

tata motors mah udah jadi konglomerat atuh… dari jaman ane sd aja dah ada bus damri pake busnya tata…

apalagi dibandingin sama proton yang jelas2 didukung 100% sama pemerintahan malaysia, dan dibantu sama mitsubishi diawal perkembangannya.

@88 terlalu lebay kalo rantis anoa cm jadi alat bajak sawah & angkut sayuran…. kl utk bajak sawah mah pake traktor SEBAYU aja, asli made in tegal..

95. gendul - December 29, 2011

di pedesaan?
rodanya kurang gede! pake ban pacul

kok nggak nyotek modelnya smartfortwo

96. gogo - December 29, 2011

semoga sukses dah, jgn setengah2.. klo sukses bs jd batu loncatan industri otomotif.. timor project reborn lagi.
tampang emang masih jelek, yg penting manfaatnya terasa..

97. andikakusumaharyanto - December 29, 2011

mudah mudahan kedepannya ada produk roda dua yang ciamik

http://myskywave.wordpress.com/2011/12/29/menikmati-sensasi-piaggio-lx-150ie/

98. asolole - December 29, 2011

asik…dari pada beli motor nie…mobilnya gea juga dah bagus tu buat harga segitu…kalo bukan kita sapa lagi yang mo beli,malu sama tetangga saja punya proton…

99. adjokasep - December 29, 2011

@95 gendul

kalo untuk medan offroad sudah ada FinKomodo, offroad utility vehicle yang sudah terbukti di medan medan perkebunan di sumatera, kalimantan dan bahkan papua

jika ada yang penasaran dengan kehandalan Fin Komodo, silahkan sambangi sarang komodo di jl. kol. masturi no 106A Cimahi, tidak jauh dari Lokasi Alam Wisata Cimahi. Jika cuaca memungkinkan, anda bisa test drive komodo di AWC offroad track yang kemiringannya mencapai 70%.

100. adjokasep - December 29, 2011

@asolole
yang malu harusnya pemerintah kita….
proton bisa maju karena dukungan pemerintah malaysia
mobnas? mimpi kali dapet dukungan dari pemerintah…..

101. adjokasep - December 29, 2011

yang ngomongin masalah disain, brothers belum pernah liat BONEO MIXTAC kan? mobnas dari PT. Boneo Daya Utama ini dari segi disain udah sangat baik menurut saya, karena disainer yang terlibat adalah juga yang turut membidani mobnas maleo almarhum…

silahkan googling, atau mampir di blognya
http://www.asianusa.blogspot.com

disana bisa kita lihat perkembangan mobil nasional anggota ASIANUSA :)

102. stoner27 - December 29, 2011

desainnya nggilani…

kayaknya nggak pake jasa desainer produk nih..
padahal buanyaaaaakk banget desainer indo yang bagus2, level mahasiswa semester 1 aja lebih bagus kali daari desainnya ini..

ini kayak yang desain anak sd.. atau suruh montir bukan desainer.

parah.

kalo mau lampu bulet desain jadul, ambil desain fiat yang kuno2 tahun 1950 an masih jauh lebih cantik.

103. Menk chi - December 29, 2011

Mantab laah….

104. gaplek mania - December 29, 2011

saya ini sebenernya cinta produk Indonesia.tapi kalo bentuknya kaya gini?????!!!!

lbh ganteng NEW GEA kayaknya.sudah lbh mobilsiawi dari pendahulunya yg bentuknya ajaib.
apa memang gak ada desainer yg bagus.R&D nya kanzen tuh tarik jadiin desainer.mang no namanya. jago dia yg bikin konsep2 motor kanzen

105. Alpina - December 29, 2011

Berminat sich murah meriah..
Saran aku Desain nya di perbagus lagi..
makin byak tu peminatnya..

106. stoner27 - December 29, 2011

mau murah, buat petani? buat mobil utility dong sekalian, ga usah 4×4, model pickup buatan china itu aja dah..
jauh lebih bagus dan realistis..

nggak usah terlalu gede, pickup mungil, 600cc, dulu daihatsu buat yang 360 cc sama 550 cc aja bisa..

2 tak sih.. hehe..

107. bejo - December 29, 2011

bukannya tidak dukung program pemerintah, tapi kalau model jelek, ya itu namanya maksa bro

108. stoner27 - December 29, 2011

eh daihatsu 55 wide (doyok) udah 4 tak yah?

109. rusman ws - December 29, 2011

desainnya kurang menarik. perlu diuji ketangguhannya di tanjakan secara di pedesaan biasanya banyak jalan menanjak dan berliku. bahaya kalo tdk kuat nanjak. rem-nya juga perlu di cek kemampuannya tuh. semoga faktor keselamatan benar-benar di buat secara baik.

110. Universal Soldier - December 29, 2011

jujur aja, desain ancur.. dijamin ga bakalan laku

111. giant - December 29, 2011

Waduh orang indonesia padahal ahli desain lha kok jadul banget modelnya. Melihat bagasi belakang, waduh….keingatan carry tahun 80-an, hrsnya model yg kerenlah jgn asal gitu, tp saya tetap memberi apresiasi dengan hasil karya anak bangsa

112. yang suka kencang - December 29, 2011

wah….ini sih cocoknya sbg pengganti bajaj roda 3 yg berisik n polusi itu…(bukan bajaj pulsar lowh y)
mnrt ane cocok diperkotaan sbg transpotasi umum, klo bwat mobil pribadi g laku dah,,,, culun…hhehe

113. adjokasep - December 29, 2011

@103 stoner27
tawon dah ada koq versi pickupnya, begitu juga gea dan boneo, tinggal tunggu tanggal mainnya, versi mana yang mau dikeluarin januari 2012.

@ 104 bejo
ngga ada yang maksa koq, kalo suka beli, kalo engak ya nggak usah beli.

@ 106 rusman ws
yupp, semua segi harus diperhatikan memang, tapi coba lihat dulu sejarah si tawon ini kenapa bentuknya kayak gini… :)
btw kl untuk jalan lurus dan datar tawon sudah teruji dari jakarta ke surabaya tidak ada masalah koq…

kalo dibandingin merk lain, coba bandingin dengan produk yang pertama mereka buat deh… :)

cikal bakal suzuki motors didirikan mulai tahun 1909, mobil pertama, suzulight lahir tahun 1955 (45 tahun)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c2/Suzuki_Suzulight_01.jpg/220px-Suzuki_Suzulight_01.jpg

honda didirikan 1948, kendaraan pertama honda T360 keluar tahun 1963 (15 tahun)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9f/HondaT360.JPG/250px-HondaT360.JPG

eits… nggak fair juga yah… itu kan dulu…. :)

proton deh….
didirikan tahun 1983, tahun 1985 sudah muncul proton saga perdana…. (mitsubishi lancer diubah dikit), dengan dukungan full dari pemerintah malaysia (sahamnya yang punya BUMN koq).

cuma 2 tahun lho… :) tapi pemerintahnya berani….. dan harganya lebih murah 20% dari merk lain dikelas yang sama.

lancer fiore 83
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/33/1986-1988_Mitsubishi_Colt_%28RD%29_GL_sedan_01.jpg

proton saga 85
http://rpmedia.ask.com/ts?u=/wikipedia/commons/thumb/4/41/Proton_Saga_(saloon)_(manual)_(first_generation%2C_first_facelift)_(front)%2C_Kuala_Lumpur.jpg/120px-Proton_Saga_(saloon)_(manual)_(first_generation%2C_first_facelift)_(front)%2C_Kuala_Lumpur.jpg

114. giant - December 29, 2011

Saya kira maksud bang haji mungkin cocok menggantikan bajaj, seharusnya kalo kursi belakang bisa dilipat, pintu belakang harusnya buka full, dgn harga 40 jt saya kira terjangkau oleh masyarakat kaum ojek ex bajaj, semoga jd kebangkitan mobil nasional dan produsen tdk tergiur dgn ganti rugi negara asing yg tdk menginginkan mobnas, dgn segala cara bahkan membayar berapapun asal pabriknya tdk melanjutkan produksi dan ditutup!!!!. waspadalah….

115. oki - December 29, 2011

Menarik dan Ayik dari pada keujanan
salut sama PT INKA. ayo dukung produk dalam negri

116. rann_32 - December 29, 2011

lucu juga bentuknya. tinggal tampilan aja dibenahin biar pada seneng, org desa tetap org indonesia yg mementingkan tampilan. mrk jg ga mau dibilang ndessoooo…

117. dave - December 29, 2011

model nya itu lho,,
ga bisa di perbagus dikit?
imho.. cmiiw..

118. Alpina - December 29, 2011

Berminat sich murah meriah
Saran aku Desain nya di perbagus lagi
makin byak tu peminatnya

119. NSZ=Klingon - December 29, 2011

Kancil berubah wajah….

120. Wongso - December 29, 2011

murah boleh, tapi desain kayaknya mestinya jangan culun seperti itu.
saya yakin banyak anak muda desainer produk di Indonesia yang mengerti keseimbangan estetika.
banyak mobil kecil yang bisa menjadi acuan model seperti smart for two, toyota IQ dan banyak lagi mobil Korea. Tentunya nggak plek njiplak

121. rann_32 - December 29, 2011

Desain nya imut mesinnya juga, mudah-mudahan disukai orang indonesia ya. Soalnya orang indonesia mementingkan tampilan juga biar gak dibilang ndesssoooo.

122. paul - December 29, 2011

bro itu bukanya foto model lama yang gea baru khan mirip karimun….nih fotonya fi linknya http://mobnasgea.blogspot.com/2011/04/gea-mobil-nasional-milik-indonesia.html

123. seanomedic - December 29, 2011

desain nya mirip yg di film cartoon shincan…masih keren mobil2 sblum merdeka…tapi selamat dah bagi anak bangsa…

124. adjokasep - December 29, 2011

@109 oki

Gambar2 diatas buka GEA produk PT INKA gan, tapi TAWON produk PT AUTOGAS.

125. Sakarepmu - December 29, 2011

Karya anak bangsa brow… Jangan dihina dulu, nanti juga bakalan ada perbaikan2 untuk kedepannya..
CINTAILAH PRODUK DALAM NEGERI, dengan begitu anda ikut memperbaiki perekonomian Indonesia…
Merdeka.. Merdeka.. Merdeka..

126. satria biru - December 29, 2011

coba desainnya dibagusin sewa desainer mobil dari italia kek untuk mendisainnya, jangan ala kadarnya seperti digambar diatas. murah ya murah tapi jangan asal2an buat mobil desainya terkesan asal jadi klo diliat seperti mobil2an anak2 bentuknya, klo seperti ini mana bisa bersaing dengan mobil jepang. jangan2 sengaja desainnya dibuat jelek biar ngga ngalahin desain mobil jepang masa masih bagusan bentuk VW kodok.

127. atlet - December 29, 2011

desainnya gak banget :mrgreen:

128. Brake - December 29, 2011

gw liat banyak banget yang berkomentar ‘minus’ dengan produk mobnas ini ? melihat produknya hanya pada hasil akhir, tapi nggak mau tahu soal prosesnya…ck..ck..ck :mr.green: coba anda2 yang berkomentar ‘minus’ mampu nggak buat mobil sendiri ?… heran gua… karya anak bangsa sendiri dicela2 nggak ada penghargaan sama sekali, karya bangsa lain di agung-agungkan…cuih !!!

Bangsa Amerika saja awal mereka membuat mobnas, itu hampir mirip delman/keretek/andong… masih mending bangsa Indonesia !!

http://www.swmidirectory.org/Baushke_Car.html

kalo mau komentar yang CERDAS dong !!… jangan seperti orang nggak nelen bangku sekolahan..

129. kwaci - December 29, 2011

Yg terpenting sebetulnya bukan MOBNAS tp perbaiki dulu sarana dan prasarana UMUM seperti diperbanyak jalan raya, jalan batu/tanah diaspal bagus , dibuat jalan REL kereta api, dibuat trotoar atau difungsikan sebagaima mestinya. kl mau mobnas jangan tanggung” indonesia yakin punya designer” hebat ahli modif, insinyur di luar negeri dsb. bikin yg “agak” bagusan gitu tp fungsional. yg plng pntng hrga terjangkau.

130. eltr - December 29, 2011

kalau pemerintah keluarin kebijakan khusus mobnas ini boleh minum premium dan mobil keluaran pabrik asing harus minum pertamax tanpa dibatasin taun produksi saya yakin bakal laku dan untuk model kedepanya pasti lebih bagus…

131. widy awan - December 29, 2011

Saya ga bisa desain mobil ,tp kalo saya di paksa ,saya bakal buat mobil murah yg lebih baik desain nya ..

132. indrajit - December 29, 2011

Rasanya terlalu naif kalo hanya encela tp tidak bisa berbuat sesuatu yg berarti bagi negara. Hargailah produk indonesia apapun itu, sekiranya gk berkenan lebih baik diam. Kapan indonesia bisa maju kalo hanya bisa mencela. Jepang, korsel, malaysia juga gk sim salabim mampu membuat seperti mobil mobil yang sekarang. Majulan Indonesiaku

133. aconk - December 29, 2011

Jgn slah.org desa pd pnya duit.bli mtor aj kbnykan cash.trus org desa sk ma yg multi fungsi misl truk atw t120ss.wong kmna2 1desa bwa.mna ckup mbil gni.ni cm proyek bwt krupsi aj.

134. anggicuek - December 29, 2011

Mending ESEMKA aja yg di produksi,,

135. safety rider - December 29, 2011

coba modelnya bagusan dikit, tata nano yang baru juga dah lumayan bagus. cm kl proyek pemerintah kurang yakin.

tapi strateginya dah bagus mulai dengan pasar bawah yg ga diambil pabrikan jepang dan eropa.

136. Willy Free - December 29, 2011

model masih bagusan mazda vantrend, kan buatan anak bangsa juga (tapi body nya doang), engine masih japan

137. abdi - December 29, 2011

Wadoooh… sekolah mana sih yang desain nih mobil… bisa dibuat lebih gaya dikit gak? jangan mentang-mentang murah trus desainnya asal-asalan..

138. abdi - December 29, 2011

Wadoooh… sekolah mana sih yang desain nih mobil… bisa dibuat lebih gaya dikit gak? jangan mentang-mentang murah trus desainnya asal-asalan.. ampuunn..

139. supermen - December 29, 2011

bro,kalo karoseri2 yang biasa bikin body bus, smcm adiputro, rahayu sentosa, itu bukannya perusahaan dalam negeri ya??kenapa ga nyuruh mereka aja yang bikin bodynya, pemerintah tinggal bikin mesin ma sasisnya….drpd bodynya model begini mau dikatakan mobil dalam negeri??siapa seh yang bikin tuh body, karena orang ngliat tampangnya aja juga udah males mau ngedeketin..

140. ALKUR - December 29, 2011

Desainnya… luar biasa… maksudnya luar biasa aneh… mana ada yang mau beli coba…

141. sof - December 29, 2011

Dulu “Timor” MobNas juga kan? itu modelnya dah lumayan

142. genthong - December 29, 2011

sepakat. asli sepakat sama adjokasep. betuuul berkali kali. siap dukung produk iiiiindonesiaaaa……!!!

143. Toet - December 29, 2011

kayanya, mending KANCIL di re-touched lagi deh. leboh ke arah City Car sekelas Tata Nano

144. abepura - December 29, 2011

masih keren mobil smk

145. Crossplane - December 29, 2011

Masih lebih kerenan mobil buatan esemka sama sama mobnas. Desainnya jauh lebih manis.. Kurang dkungan pemerintah aja nih, masalah sdm terutama desainer orang indonesia mah gak perlu diragukan lagi, udah banyak yang menang kontes desain mobil..

146. anak_kecil - December 29, 2011

cukup apresiet.
tapi masalah disen mbok coba dishare ke yang lain, apa dilombakan gitu…

147. henry dunand - December 30, 2011

bukan mau mengecilkan masbro… tapi kunci utama penjualan itu dari segi design yg menarik… barulah orang mencari lebih detail ke spec, durability etc lah… nah maaf2 mskipun ini buatan anak negri tapi setidaknya design ya mbo diperhatikan… klo bentuknya gitu org jg udah ilfil duluan… 2011 deesign mobil sdh futuristik masbro…

148. henry dunand - December 30, 2011

mungkin orang mobnas harus ikutin pabrikan yg sudah besar dengan mensurvey keseluruh indonesia… baru dibuat consept on demand-nya… jgn bkin dl bru cri tw selera pasar… klo ga laku kan mubazir…. seperti all new xenia n avanza…. waktu ane service k beres di tanya masukan dari kekurangan xenia yg lama… n walhasil nongol jg double blower di all new-nya…

149. satria biru - December 30, 2011

Ane ngga mencela nih tapi ngasih masukan toh klo dipaksakan tuh mobil diproduksi trus masuk dipasaran n ngga laku, kan kasihan bisa bangkrut tuh produsennya gimana industri mobil kita mau berkembang klo produknya ngga laku, maksud ane buatlah yang terbaik untuk mobnas perdana indonesia sehingga mampu bersaing dengan produk luar. lagipula ini kan tipe mobil keluarga jadi eye cacthing sangat berpengaruh sehingga siapapun yang mengendarainya akan bangga bilang ini produk Indonesia.

150. heru nurcahyo - December 30, 2011

buat rally dakar neee mobill…. manteeeepppp…

151. Aphalthadi - December 30, 2011

secara saya juga orang desa, tapi kalo disuruh beli mobil baru model jadul seperti diatas maap saja. jangan dikira orang desa terus seleranya jadul.
saya sangat mendukung program mobnas, tapi tolong modelnya disesuaikan dengan mobil yang sedang booming di pasaran.
dari pada uang 40 jt beli mobil kaya gitu mending beli suzuki carry yang sudah banyak digunakan di desa dan terbukti tahan uji dan fungsional ???

152. black6719viper - December 30, 2011

Modelnya kenapa gak ngikutin grand aveganya hyundai atau kia rio kalo gak ford fiesta sihh, kalo modelnya kayak odong2 gini mana laku. indonesia kan punya segudang designer

153. black6719viper - December 30, 2011

Bangsa Amerika saja awal mereka membuat mobnas, itu hampir mirip delman/keretek/andong… masih mending bangsa Indonesia !!
———————————————————————————————–
Bangsa eropa mempunyai cita rasa seni tinggi, meskipun designnya kayak delman/keretek/andong tapi masih enak diliat, kayaknya nih proyek buat lahan korupsi makanya designnya asal jadi, yg penting ada buktinya.

154. black6719viper - December 30, 2011

mobil kotak sabun, wong ndeso seleranya lebih tinggi dari wong kutho.
liat aja orang yg nyari rumput untuk pakan ternak, mereka pakainya ninja 250, untuk kesawaj aja minimal pake honda supra fit, yg orang jawa pasti dah paham deh

155. supermen - December 30, 2011

jujur gue masih ga ngerti kenapa desainnya kayak gini,,,malah bro adjokasep diatas mbandingin dengan produk luar disaat mereka membuat mobil untuk pertama kalinya,,,,,salah kaprah bgt,,,YA JELAS BEDA SITUASI DAN JAMAN dong broooo….mobil2 mereka dengan model kayak gitu, itu udah bagus banget dijaman mereka keluar…nah, kalo kita mau bikin mobil beneran, ya harus sesuai dengan perkembangn yang ada sekarang..inget, dihampir 90% penduduk indonesia, dikepalanya ada tulisan toyota dan kawan2nya lho..kalo memang belum mantap konsepnya, ya jangan buru2 dijual, jadiin itu tawon proyek prototype dulu, kembangin lebih baik lagi…dan sedikit saran aja, jangan dengan desain radikal kayak gini, bahkan ini terlalu, sangat, radikal banget..coba main aman aja dulu, bikin dimensi dan manfaat yang sama dengan mobil yang ada sekarang..gue ngedukung dan salut banget kalo tawon ini jadi mobil prototype dulu, tapi gue SANGAT TIDAK MENDUKUNG kalo mobil ini dijual,,jujur, terlalu maksa banget,,,kembangin dulu deh…masih banyak waktu koq kalo emang mau bikin mobnas beneran..ga usah buru2 dijual..

156. robert - December 30, 2011

Haha gak bakalan laku kalo model gitu, jangan dikira orang desa gak mampu beli avanza. Pemerintah jaman sekarang bener-bener merendahkan seera orang desa.
Kalau nggak mampu desain mobil bagus, mending dibuatkan lomba desain untuk mobnas, saya amat yakin di Indonesia ini banyak yang lebih kompeten daripada desainernya PT. INKA. Apakah Tawon ini hasil desain 40 tahun lalu yang baru terealisasi tahun 2011 ini?

157. EndarDoel - December 30, 2011

ngenyek orang pedesaan nih Kemenper…. dia pikir orang desa gak mampu beli mobil bagus kali!! masak dikasih odong2 kayak gini!!!

158. jaelani - December 30, 2011

aku cinta INDONESIA………. tapi..tapi…tidak cinta PEmerintah indonesia……….tidak cinta POLISI……. TIDAK CINTA KEJAKSAAN….TIDAK CINTA KEHAKIMAN……TIDAK CINTA KEBEBASAN PORNOGRAFI YG MERAJALELA…..TIDAK CINTA KKN INDONESIA……………… APA YG PATUT DIBANGGAKAN DARI NEGARA INI……………….. SEANDAINYA MASIH ADA SESOSOK PEMIMPIN YG BERJIWA SUKARNO….. DIA SUKA NASIONALISASISME…..heheh maaf unek unek negri yg tercinta yg dijajah prodak asing…..

159. test87test - December 30, 2011

f

160. DHEHulk - December 30, 2011

Kok designya begitu ya….. harga sih boleh murah…tapi kok ya maaf bentuknya aneh…. malah sayang investasinya ntar…

Dibikin manisan dikit lah…mirip smart two atau morris lama masih dpt lah…

jangan trus mobil murah ..diikuti dengan design seadanya, justru untuk menarik minat seharusnya dibikin yang lebih menggugah selera…..

ini opini pribadi ya, mohon maaf….

161. adjokasep - December 30, 2011

122. paul
Yang diatas poto tawon produksi PT Autogas bro bukan GEA

@119. NSZ=Klingon
Kancil masih ada koq bro… :) kalo pesan masih bisa koq… harganya kalo nggak salah 30jt, cuma mesinnya udah nggak pake robin (fuji heavy industries) lagi, tapi pake mesin changan kalo nggak salah.

@126. satria biru
tenang bro… disain mah udah numpuk koq…. kalo yang ini karena sudah kadung investasi buat gantiin bajaj… daripada rugi dijual bebas ajalah… :)
kalo dulu nggak direncanakan buat gantiin bajaj sih beda lagi ceritanya

@130. eltr
Tawon dan gea malah sudah siap pake BBG bro… :) lebih murah dan pasti lulus euro3 :)

@135. safety rider
hehehe bandingin sama tata nano lagi… :) tata itu industri otomotif kelas dunia bro…… bikin nano mah itung2 CSR aja kali ..:)
dan tanpa dukungan pemerintah pun Tawon sudah dirpoduksi koq….

@139. supermen
pemerintah nggak bikin mobil bro, cuma baru niat ngedukung aja (baru niat lho… belum ada keputusannya/ realisasinya….) itu yang produksi perusahaan swasta (Tawon) & BUMN (GEA) atas inisiatif sendiri, kalo Mahator sih sejauh ini nggak punya produk orisinil, mereka cuma impor mahator unyil dari china (pickup berbasis motor bak roda tiga. Dari ketiga merk tersebut, yang sudah siap produksi ya Tawon doang (seperti gambar di atas).

@141. sof
hahay.. timor kan cuma rebadge KIA sephia doang bro… kalo nggak ada krismon dan suharto nggak turun sih ceritanya bisa beda… Timor sudah punya platform Zagato Timor S2 alias Timor S2. City car rancangan Zagato Italia, bermesin injeksi 1300cc 16v DOHC hasil kreasi anak bangsa, Almarhum Ir. Soeparto Soejatmo, sang begawan mesin indonesia yang perusahaannya PT. Indo Tekno Mandiri bersama BPPT turut membidani mesin RUSNAS 500cc yang digadang2 akan dipakai di semua mobnas, prototipe gea sudah ada yang memakai mesin RUSNAS tersebut.

@all
buat yang nggak suka it’s oke… nggak ada paksaan buat beli mobnas koq, kalo suka dan ada duit ya beli, kalo suka belom ada duit ya nabung, kalo nggak suka dan punya duit beli yang lain, kalo nggak suka dan nggak ada duit ya… terserah mau ngapain…. :)

kalo merasa mencintai produk dalam negeri tapi belom sreg dengan model yang ada sekarang ya nabung aja dulu sambil berdoa supaya model dengan citarasa yang lebih baik muncul segera…. :)

162. wahyusure - December 30, 2011

kuat di ajak ngangkut gabah dari sawah gak tuh…???
tapi salut buat PT. INKA inovasinya…..dari pada bikin kereta canggih, tapi gak ada yang beli…? PT. KAI lebih suka beli kereta bekas impor dari jepang….
huhhh…..

163. adjokasep - December 30, 2011

buat yang belum tau disain timor S213i yang didiain rumah disain zagato italia:

http://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150451056199022.371295.633704021&type=1

164. mulidfi - December 30, 2011

ITU MOBIL APA GALON AQUA

165. jaelani - December 30, 2011

hmmm…jelek banget….siapa yg mau bertaruh dgn 40 juta…….wlopun made in INA….. Klo jelek tetap jelek…..insinyurnya….keluaran SD….

166. satria biru - December 31, 2011

mudah2an desain tuh mobil diperbaiki dan diperbagus, klo desainnya udah bagus ane ngga ragu buat nabung.

167. rzk - December 31, 2011

Ngenes, padahal indonesia punya desainer handal. Tapi ini mobil keliatannya kaya asal2an. Duhduh

168. samsi suardi - December 31, 2011

Hargain dong produk indonesia. Kayak cina tuh, mereka mau beli produk dalem negeri meskipun kalah dari produk luar negeri. Akhirnya mereka maju & perekonomian mereka jadi kuat. Kalo cuma bisa mencibir doang gimana mau maju indonesia? Makanya jangan jadi fanboy. Kalo jadi fanboy susah deh ditawarin produk dalem negeri

169. samsi suardi - December 31, 2011

mobil merk terkenal awalnya dari mobil cupu
liat aja ducati, awalnya cuma bikin sepeda bermotor akhirnya jadi pembuat motor super

170. said_hsx125 - December 31, 2011

kaya nya mending beli carry second deh.

171. Scorpio - January 1, 2012

Heran saya, banyak lho mahasiswa desain produk. Kok ya bikin mobil begini?? Mau spek miris, plg tdk modelnya bikin yg bgs.. Di ludahin proton kalo gini caranya

172. culun - January 2, 2012

ini yg desain mobil kyknya anak tk. Ktinggalan bgt mirip mobil taon 50an. Ini sih bukan pedesaan,klo desa harus ada bak trbuka buat angkut panen,alat krja ksawah dll. Ah ngawur… Klo dblg buat di desa,org desa nggak bkalan bli yakin gw.

173. adjokasep - January 2, 2012

time will tell lagh… :D

174. sami - January 3, 2012
175. goendoel pacoel - January 3, 2012

Pingin ktawa jadinya…hari gini desain jadul kok dipromosikan..ibarat manusia pkai baju baru tp bahan goni zman penjajah…cobalah disesuaikan..jgn hnya menimbulkan masalah dikemudian hari..klu produk yg memerlukan modal besar gak bisa populer dikalangan sendiri…smoga sukses dan berpikiran yg lebih maju lagi….jgn mundur ke era penjajahan..

176. inewchase - January 6, 2012

salut buat mulai bangkitnya dunia otomotif indonesia..tapi desainnya yg kurang bagus..sini biar ane yg desain..

177. ridho - January 7, 2012

harganya brp nihhh.,.,ane jadi tertarikkk untuk beliii nihhh?
sambil nunggu produk dari india ituuuu.,.,.

178. grahuk - January 12, 2012

pengenx pya mbl murah,produk asli indonesia,tp casingx seperti mahal. Kan kita juga perlu gaya n bangga sma produk sendiri.
Usul ama inka,modelx kasih keren dikit donk,yg cocok sma anak muda

179. si goen doel - January 24, 2012

harusnya tawwon casing nya yg bgs terus cc nya di gedein kan kalo 650cc mah, kaya mtr, mtr juga ada yg 1000cc, masa mobil 650cc

180. duzix27 - February 20, 2012

belinya dimana ya? di Jogja dah ada dealernya belum?

181. bimo - June 26, 2012

yah, kerjaan pejabat kalau ngomong ngejeplak tidak pakai otak, hoi mending lu beli motor baru dapet 3 biji bisa angkut 6 orang, daripada beli mobil cuma muat 5 orang, emangnya orang desa seperti anda pejabat yang beli mobil cuma bisa bawa orang segitu??? blon lagi rodanya yang kecil begitu, di kota saja lobang jalan gede-gede, mau pakai mobil roda segitu di jalan desa yang kalau hujan banyak tanahnya? bego, noh bejalar dari kijang buaya.. kenapa itu mobil bisa laku di indonesia.

182. Islegos - February 21, 2013

Sebenarnya,, dr dulu sudah bisa memproduksi mobil murah sep negara2lain,tp syang negara kita ini,, negara keranjang ,, maunya ember,,,,,,,,,

183. kredit mobil daihatsu - May 7, 2013

hello!,I like your writing so a lot! share we keep in touch more
about your post on AOL? I need an expert in this
space to solve my problem. May be that is you! Looking ahead to see you.

184. susilo - June 5, 2013

lebih baik culun tp buatan sendiri,daripada bagus tp tergantung sm orang lain,,,,,cinta produk dlm negri

185. billy abdul jabar - August 7, 2013

masih kemahalan segitu bro
lagian lebih bagus tatanano dibanding mobil tawon terus tatanano harga nya lebih murah

186. sewa mobil jakarta - October 4, 2013

Mobil seperti ini ada jaminan keselamatannya?

187. Maya Andriani - October 5, 2013

jangan cuma mimpi
buktikan ,sudah berapa lama mobil itu dibuat kok gak keluar-keluar pasarnya.jangan -jangan bantat tu mobil

188. Sewa Honda Jazz Di Yogyakarta - August 21, 2014

After I initially commented I appear to have clicked on the -Notify
me when new comments are added- checkbox and now
whenever a comment is added I get four emails with the exact same comment.
There has to be an easy method you can remove me from that service?
Thanks a lot!

189. diễn đàn ô tô xóm nhà lá - October 11, 2014

diễn đàn ô tô xóm nhà lá



%d bloggers like this: