jump to navigation

Mobil KIAT ESEMKA memang membanggakan January 3, 2012

Posted by Taufik in : Roda 4 , trackback

Bro sekalian, sembari menunggu tawon dan Gea yang katanya akan dirilis Januari ini . . . Gak taunya ada berita Heboh lainnya Tentang Proyek Prestisius Mobil Nasional Yang kali ini dikembangkan oleh Para Muda mudi harapan Bangsa Yakni anak anak sekolah menengah Kejuruan (SMK) karena sebagian besar pengembangannya dilakukan oleh anak anak SMK maka Nama Mobilnya pun ESEMKA. Jika Tawon dan gea berdimensi imut imut dengan tampang nan lugu . . . maka sosok Mobil buatan Anak anak SMK Yang diberi nama KIAT ESMEKA ini nggak kalah Guanteng deh sama tongkrongannya Proton Exora :mrgreen: . . .

Yang bikin heboh lagi adalah, ndilalah Walikota Teladan (versi tmcblog :) )se Indonesia dari Kota Solo Yakni Pak Jokowi diberitakan Langsung tanpa ragu memilih mobil ini sebagai mobil Ber nomor polisi Khusus AD1A dan AD2A alias Mobil dinasnya Walikota dan Wakil Walikota Solo  . . . betul betul sebuah apresiasi sekaligus contoh yang mantebbb sangaddh dari seorang pemimpin daerah tingkat dua  . . .

menurut detik , KIAT ESEMKA merupakan mobil SUV yang seuruh pengerjaan asemblingnya dikerjakan oleh SMK Krucuk , namuan secara total peran SMK SMK lain juga sangat berarti seperti jeroannya yang dkabarkan merupakan kreasi SMK Megelang dan Jakarta, dan tidak lupa pula . . . Dibayai oleh Kemendikbud cmiiw Dimensi Mobil model Esemka  ini memiliki panjang panjang 4,8 meter, lebar 1,74 meter, dan tinggi 1,84 meter serta mampu mengangkut 7 penumpang. Bahan bakarnya bensin premium dengan kapasitas tangki 75 liter.  Mesin 1500 cc adopsi dari Timor yang dapat menyemburkan power maksimum 105 tenaga kuda pada putaran mesin 5.500 rpm, cmiiw . ..  wuiiih bengiiiiis . . . seharga ER6n nih kayaknya ;)

So sekarang gimana . . . ? Sudah terbukti karya anak anak bangsa cukup menjanjikan . . . sekarang tinggal good will nya pemerintah . . . mau nggak melakukan Quantum Leap ke Produk Dalam negri? apa musti didukung sama pak walikotanya doang nih masalah investasi pengembangan karya Anak negri ini ?

Taufik of buitenZorg

Gambar :

Comments»

1. ipanase - January 3, 2012

sayang,,,,GUBERNURnya malah SOMBONG bang,,,,aduhhh,,
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/03/knalpot-honda-cbr-250-rawan-tergores/

2. proleevo - January 3, 2012

Bener-bener membanggakan…

nitip info penting kang haji…

http://proleevo.wordpress.com/2012/01/03/banjir-bandang-curug-malela/

3. Triyanto Banyumasan - January 3, 2012

ayo beli Pak Haji, keren juga, nasionalis lagi :D

4. kantong kresek - January 3, 2012

setujuuu

5. Mora H. Ritonga - January 3, 2012

Semoga segera dipasarkan secara global…
kalau bisa sampai ke laur negeri.
*cakep koq modelnya :D

6. in - January 3, 2012

mudah-mudahan nggak pake patwal …

7. heaven2000 - January 3, 2012

pertamaxx kah???

8. senooo - January 3, 2012

depannya mirip ma crv euy

9. kantong kresek - January 3, 2012

walaupun ada “nyemplak” nya.. like headlamp CRV Rearlamp nya Phanter.. tapi lucu sih hehehe.. maju terus OTOMOTIF Nasional

10. gesang86 - January 3, 2012

asyik yach

11. kantong kresek - January 3, 2012

spec nya dong kang ? penasaran.. katanya 1.5k cc Twincam power tembus 105HP ya ? lumayan atuh

12. jo - January 3, 2012

siji

13. Nafkah Ilahi - January 3, 2012

Pertamax

Sipp pak Walikota and Wakil nya…Penghargaan bapak-bapak semua akan menambah semangattttttt putra/i kebanggan bangsa. Majulah negeriku jayalah bangsaku….

14. kantong kresek - January 3, 2012

eh udah ada ya.. hehe

15. dhaniubhann - January 3, 2012
16. ya2kzzz - January 3, 2012
17. #99 bro - January 3, 2012

sayang gurbenur jateng gak respon..

18. fahmi - January 3, 2012

Bukan mirip proton exora dunk wak haji..kan exora mah kelas na MPV..kl di liat bisa ngelawan TO***A R*sh atau D**ht**u Te**ios..btw harga na brp?

19. kantong kresek - January 3, 2012

harga kisaran 90jt an kang.. Komponen 80% udah Lokal 20% masih dari luar

20. satriafu150 - January 3, 2012

siip…

21. kantong kresek - January 3, 2012

diliat2 panjang bener ya.. mirip2 ford everest

22. HRM® Corp - January 3, 2012
23. cloud - January 3, 2012

membanggakan,,,
:-)

24. kantong kresek - January 3, 2012

yang bikin salut juga salah satunya adalah WaliKota SOLO kang… salut saya dari dulu sama beliau, mudah2an kedepan beliau jadi RI1 amiinnn

25. Taufik - January 3, 2012

@11. kantong kresek
spek mesinnya mirip timor mas bro

ada yang pinya spek mesinnya timor ?

mungkin ini ya : dari sini
Disposition of cylinders : R4
Disposition of engine : Pq
Volume : 1498
Diameter of cylinder : 78,0 x 78,4
Degree of compression : 9,3
Valves : 4
Disposition of shaft : dohc
Power supply system : EM
Pressurization : –
Power PS (kW) : 105(77)/5500
Torque : 147/4000
Type of drive : F
Transmission manual : 5
Transmission automatic : 4
Front suspension : QL,DB
Rear suspension : ML.SF
Hydro : +
Break : Si/T
ABS : 0
Tyre pressures : 185/60 R 14 S
Wheelbase, mm : 2500
Track : 1440/1435
Size Length x Width x Height: 4360 x 1695 x 1390
Mass equipped : 1055
Mass full : n.a.
Volume of trunk : n.a.
Mass of trailer : –
Volume of tank : 50
Dispersial 0-100 km/h : n.a.
Max speed : 180

26. sabdho guparman - January 3, 2012

salut buat pak Jokowi. . . .

gak perlu banyak retorika dan langsung bertindak

keep brotherhood,

salam,

27. r_x - January 3, 2012

denger2 harga sekitar 90jt-an ya ?

28. EndarDoel - January 3, 2012

enak beli dari negara lain deh, gw bisa dapet fee…*NeoLib mode on

29. thole - January 3, 2012

ini baru mantap, sayange namanya kurang menjual

30. CB 150 F HORNET a.k.a New Megatron - January 3, 2012

dulu kan ane dh komen mobil esemka artikelnya skrng nongol nih ..

31. appanya - January 3, 2012
32. gogo - January 3, 2012

berita yg menyejukan.. salut dah atas gebrakan walikota solo, moga bisa diikuti yg lain. semakin banyak demand semakin terkenal karya anak bangsa dimata masyarakatnya sendiri.

nice move.

33. CB 150 F HORNET a.k.a New Megatron - January 3, 2012

[HOT NEWS] fbh udh di skak mat sama fby di warung mbah dukun …tolong temennya bantuin …cek TKP :arrow: http://indobikermags.com/2012/01/02/motogp-yamaha-yzr-500-rainey-yamaha/

34. autoblogindonesia - January 3, 2012

Sungguh patut dicontohi gebrakan sang Wali Kota Teladan Pak Jokowi.

Numpang Jemuran Wak Haji:
http://autoblogindonesia.wordpress.com/2012/01/03/iklan-suzuki-change-challenge-2011/

35. cuap2x - January 3, 2012

T. O. P.

:)

36. Taufik - January 3, 2012

@31. appanya
sip, mantab pak Mentri Nuh
tinggal kita lihat apakah Bos nya Pak Jokowi berani ganti mobil dinasnya dengan KIAT ESEMKA . . . you know lha siapa dia xixixiixxi ;)

37. cuap2x - January 3, 2012

type mobil yg dipake pak walikota ktnya RAJAWALI..???

38. redbullrider - January 3, 2012

Desain KIAT ESEMKA jauh lebih bagus daripada mobil2 nasional yg lainnya, pak Dahlan Iskan sbg menteri BUMN perlu kasih dukungan nih… bikinin BUMN untuk produksi mobil nasional macam gini…

39. GrandV - January 3, 2012

‘Bikin mobil’ dengan ‘Bikin industri mobil’ itu beda jauh, spt bumi dan langit :)
Agak sulit klo mengandalkan anak SMK, mesti ada pemodal kuat untuk benar-benar bikin ‘industri mobil’.. pemodal mana yang ‘berani mati’ bikin pabrik dan jaringan pendukungnya (supplier, dealer dll) ?

40. esumitra2008 - January 3, 2012

** the real”pencerdasan otomotif”**
Jokowi, Dahlan iskan, (alm) M.Yusuf,,adalah rangkaian seirama dengan proyek esemka ini.
maju terus non-neo lib, saya dukung paling depan dah

41. Over Gear - January 3, 2012

semoga direspon pasar dengan baik & difasilitasi pemerintah untuk menjadi lebih baik.
jangan seperti komentar gub jateng. komentarnya seolah-olah buatan anak SMK kualitas kerupuk. Mestinya memfasilitasi proyek ini, paling tidak mempermudah birokrasi. kalau memang belum diuji, ya, bagaimana caranya sebagai gubernur memfasilitasi untuk menguji produk tersebut, karena termasuk dalam lingkup wilayahnya.

42. stnk - January 3, 2012

bikin apa ngrakit.. Kalo bikin berarti ngriset mesin dari awal.. N mesin bikin sendiri,,,
kalo ngrakit ya tinggal modif mesin bikinan orang terus di pasangi bodi sendiri…

43. Kyoghi - January 3, 2012

wah suruh orang2 DPR aja tuh yg pake, biar ga sok terus pake mobil mewah yg entah darimana mereka bisa beli tuh, jadi biar mereka bisa menghargai karya jempolan ini….

44. dsamsudin - January 3, 2012

pemerintah? siapa yg bakal mendukung?
yg ada malah menentang diam diam walaupun dalam mulutnya mendukung. yang pasti ga ada lagi pungli, ga buncit lagi perutnya

45. RGoh - January 3, 2012

emang nih walikota pantas jadi panutan… gaji aja gak di ambil ^^, kebijakan2nya pro rakyat (saya orang sumbawa besar NTB), semoga bisa jadi RI1…. hehehe,
SAYA BANGGA dengan hasil karya ini, setidaknya…bisa jadi pembuka dan meningkatkan optimisme mobnas….., entah prototype untuk di kembankan lagi ke depan, semoga pemerintah pusat bisa membantu anak negri, bukan membunuh!!!
apalagi kalau mobil ini di kembangkan untuk angkutan massal…..transportasi umum!!

46. CB 150 F HORNET a.k.a New Megatron - January 3, 2012

wah ayo dnk kapan motor nasional yg murah …sports fairing 10jt …

47. wong semarang - January 3, 2012

klo anak smk bikin mobil bisa.. harusnya negara bikin industri mobil jg bisa. itu maksudnya.. .

48. alrozzzi coolrider fixer 2 - January 3, 2012

:arrow: T.E.L.A.D.A.N… :mrgreen:

49. CB 150 F HORNET a.k.a New Megatron - January 3, 2012

wah mesin timor ganas jg …wah kapan nih esemka bkin sedan … :?:

50. uDien D'kab - January 3, 2012

salut buat pa jokowi … mantrab
* kalau gak salah waktu malah tahun baruan di kota Solo dilarang nyalain kembang api, —- gak tau maksudnya —- mungkin mengajak rakyat hidup sederhana, tidak menghambur-hamburkan uang, tidak ugal-ugalan, dlll … hehe …

51. sandal jepit - January 3, 2012

sebaiknya didukung oleh seluruh anak bgs dengan membelinya, shg akan lahir produsen otomotif dr dalam negeri, mudah2an bisa berkembang dengan baik, ayo…bisa….

52. sami - January 3, 2012

36. Taufik – Januari 3, 2012
gak bakalan berani kang… udah terlanjur ngomong duluan, malu kan ‘narik omongan’…

53. widiadi73 - January 3, 2012

mas taufik, untuk membuat pelat komponen body mobil perlu dies. barang ini mahal dan harus produksi banyak untuk bisa ekonomis. belum lagi untuk desain engine yang rumit. saya enggak yakin kalau anak-anak smk ini memiliki alat-alat untuk memproduksi mobi secara ekonomis. saya khawatir jangan-jangan semua komponen diambil dari cina kemudian di sini rakit saja kemudian anak-anak smk dimanfaatkan untuk memasarkan mobil ini. coba deh kalau ada yang tahu coba cari model-model mobil di cina siapa tahu ada yang mirip sama mobil smk kita. semoga saya salah.

54. redbullrider - January 3, 2012

ga ada yg mo bikin motor nasional nih??
yg jago banyak, tapi kerjanya sama jepang kabeh.

55. tukang underestimate - January 3, 2012

sayang gubernur jateng bibit koplak malah ngenyek, iri lagi2 jokowi mampu menasional dgn keputusan pakai mobil ini sbg mobil dinas….. baca di detik… komentarnya 99,99 % mencela gubernur koplak tsb….

56. veilside - January 3, 2012

mobil nya besar, tapi hanya 1500cc? gak loyo tenaga nya? malah jadi boros bahan bakar (overweight)..

57. tovavanjava - January 3, 2012
58. i@m - January 3, 2012

perlu d dukung penuh pemerintah, suruh beli yg banyak, kalo perlu di bikin perpu-nya ato pp-nya :D

59. Irwan Sst - January 3, 2012

Jangankan mobil atau motor, yang namanya pesawat, dari dulu Indonesia udah bisa bikin. Para pejabatnya aja yang koplak, pengennya pengadaan luar biar lebihnya banyak, fee-nya gede, sementara industri dalam negeri ditekan biar nggak berkembang. Sebelum ada perubahan, Indonesia gak bakal maju.

60. satria biru - January 3, 2012

ane pesimis ma nih mobil esmka, coz dulu pernah ada laptop yang dibuat anak SMK dan udah dipasarkan tapi tanpa dukungan perusahaan atau dunia industri akhirnya mati pelan2. klo mau eksis harus ada perusahaan yang membiayai dan mengembangkan prototype tersebut klo ngga dukungan, bakalan mandek dan mati perlahan, apalagi produsen mobil kompetitor ngga segan2 ambil langkah buat menghadangnya seperti kasus mobil timor.

61. amxcorprasyiid - January 3, 2012

dukung…dukung….dukung…

62. hampura - January 3, 2012

Kata kunci TMCBlog : goodwill nya pemerintah. itulah masalahnya ..banyak pemegang kebijakan hanya memilih pedagang..sehingga industri dalam negeri tidak berkembang… ingat dulu ada kanzen …tapi blas gak ada pemihakan (proteksi) atas nama pasar bebas… kepiye iki … Hidup SMK…
Ulas terus aktifitas anak negeri!

63. SuRyA - January 3, 2012

Keren jg mobilnya. Hari ni metrotv nayangin jokowi n kiat esemka. Not bad lah. Cm dr tampilan di tv sepertinya finishingnya mesti dibagusin lg. Secara keseluruhan not bad lah. Maju trus..

http://www.dk8000.co.nr

64. Aa Ikhwan - January 3, 2012

gairah industri otomotif tanah air

65. ubrium - January 3, 2012

Tantangan tidak mudah akan dihadapi utk memasarkan mobil ini, pemain besar pasti tidak akan tinggal diam melihatnya dipasarkan.

66. apaajadeh - January 3, 2012

yang nge-cat body mobilnya pasti bengkel pak KIAT klaten

67. beckhem - January 3, 2012

Hmm……di Indonesia tuh buanyak yang jago marketing, klo g bisa masarin produk dalam negeri sendiri (tentunya disupport penuh oleh pemerintah), yah mungkin kita tak akan pernah merasakan sebagaiamana Negara tetangga punya mobnas sendiri……..perlu didukung…..!!!!!!!!

http://beckhem.wordpress.com/2012/01/03/pengalaman-memakai-jaket-respiro-d-lite-s1/

68. Paul Maurids Brugman - January 3, 2012

saya dukunglah :)

69. ipy - January 3, 2012

95 jt-an

70. agung - January 3, 2012

maju truss lah.

71. Muhammad Khumaedi - January 3, 2012

wah memang sudah waktu nya anak bangsa bangkit !

72. boerhunt - January 3, 2012

yang sangat disayangkan, seharusnya yg berjuluk orang nomor satu indonesia (RI-1), brarti nomor satu juga yang make mobil buatan anak negeri..lah ini kok disalip oleh seorang wali kota.. piye jal..

nitip kang
http://boerhunt.wordpress.com/2012/01/03/gambar-ini-juga-mengindikasikan-dzoo-duke200-akan-bermain-di-kasta-premium/

73. Mercon C gak Mretelli - January 3, 2012

komponennya dibikin ama siapa sih? ini cuma ngerakit atau dibikin ya mas taufik?

74. uungferi - January 3, 2012

wahhhh mantabhhhh

75. boerhunt - January 3, 2012

nyangkut..

76. Iqbal Syamsu - January 3, 2012

Gubernurnya sombong banget… ngga pantas pemimpin ngomong begitu.

77. Taufik - January 3, 2012

@73. Mercon C gak Mretelli

belum ada info data mengenai blue print desain atau yang lain, anyway tetep membanggakan

78. Iqbal Syamsu - January 3, 2012

Gubernurnya pesimis dan sombong banget…ngga pantes seorang pemimpin ngomong begitu.

79. Spacey - January 3, 2012

Saya dukung, walau masih banyak kekurangan tapi kalo ada niat sedikit demi sedikit pasti akan menjadi baik. Toh pabrikan besar Jepang pun memulai dari bawah, melewati ribuan kegagalan, tapi usaha dan kerja keras pasti ada hasilnya.

80. widy awan - January 3, 2012

Ini baru mobil beneran :)

81. kang moeky - January 3, 2012

pak jokowi emang mantaaaabbsss…..!!!
sayang pak gubernurnya kayak gak sreg gitu… barusan wawancara langsung dengan metro tv keliatan gak sukanya (metro tgl 3-1-2012 jam 17.45).
sekali lagi bravo buat jagoan2 SMK….

82. kang moeky - January 3, 2012

iya tuh… pak gubernurnya sombong bnget… sampe2 reporternya metro tv di bodoh2kan… ya ampuuuunnnn….. (live metro tv tgl 3-1-2012 jam 17.45)

83. FerChar - January 3, 2012

Lebih bagus modelnya dibanding tawon..xixixiii

84. apa ajah - January 3, 2012

ini baru manteb…sekian lama jasi konsumen skarang jadi produsen…
ga kalah tu modelnya…

85. kY - January 3, 2012

bagus juga bro ga malu”in…ternyata bisa juga koq bikin design mobil keren…gagah…murah pula…sama kyk terminal 3 bandara…bangga banget…terminal 1 sama 2…bikin maluuu…

86. mercon - January 3, 2012

saya dukung 1000%

87. GUBERNUR KOK KAYAK GINI YA?? | VALKYLA1723 - January 3, 2012

[…] alias Esemka nih bro. Benar2 suatu hasil karya yg membanggakan. Seperti yg ditulis kang Haji Taufik di sini. Walikota Solo, Pak Jokowi dan wakilnya mengapresiasi karya anak2 muda ini dengan menggunakannya […]

88. dave - January 3, 2012

mesin nya tahan uji ga tuh ya?
buatan mana tuh? asli buatan indo?
kalo soal body,, apa ky mobil timor?
ngeri di senderin dikit langsung penyok.. :(
tapi kalo uda di akui,, mantap lah kalo gt,,
terus lanjutkan,, jgn cm sekedar harga murah,,
tapi kualitas semua2 tetep di jaga,, :)

89. bapakeValen - January 3, 2012

pak haji, ijin nyedot gambar buat artikel saya yaaa… :D

http://valkyla1723.wordpress.com/2012/01/03/gubernur-kok-kayak-gini-ya/

matur nuwun…

90. Hanafi Sanggau Kalbar - January 3, 2012

Patut dibanggakan produk anak negeri, apalagi diapplus oleh petinggi negeri sekaliber Jokowi. Semoga petinggi lainnya memiliki jiwa yang cinta produk dalam negeri, tidak seperti …..memang lidah tak bertulang…..lain dimulut lain dikata.

91. karismalovers - January 3, 2012

pakai mesin timor apa bangganya kan sudah ada sejak dulu tinggal di assembly ulang

92. reihan - January 3, 2012

paling cm ngrakit doang ya, spare partnya msh comot sana sini, berarti kaya modifikator motor dong, berarti bisa jd motnas juga…

93. mandirajati - January 3, 2012

salut buat smk. bisa !

94. yecruzsulla - January 3, 2012

mobil nasional kok keren yahhhhh???? :D

Baca Baca Blog Gini Kan Pasti Butuh Koneksi Internet, Entah Itu Koneksi Dewa Atau Malah Koneksi Keong He He He… :D :D :D
Nah ane disini mau ngsih referensi tentang paket internet termurah dari semua operator pada tahun 2012 ini, Cekidot:
Paket Internet Unlimited Termurah Dari All Operator Di Awal Tahun 2012
Semoga Bermanfaat ya…

95. achmad reza - January 3, 2012

mestinya jadi mobil dinasnya SBY sekalian nih

96. ngalam boy - January 3, 2012

sayang pejabat di negeri kita pada budeg dan tuli……..huh capek deh…

97. Satria - January 3, 2012

Jgn terlalu berharap sama pemerintahan yg sekarang,SUSILO BAMBANG YUDHOYONO bisa cuma TIDUR,KORUPSI dan JANJI2 KOSONG !!..
harus’nya PRESIDEN kaya gini di TEMBAK pas tepat di KEPALA !!..

98. logosmiles - January 3, 2012

Papi SBY gimana nih..? berani yang gini an pap?

99. kantong kresek - January 3, 2012

tapi hebat loh udah 80% komponen lokal nya.. walau desain nya masih begitu.. tetep bangga!

100. kantong kresek - January 3, 2012

#100

101. kangmase - January 3, 2012

SMK Trucuk, pakdhe, bukan Krucuk. soalnya rumah orangtua juga di Trucuk, Klaten

102. kwaci - January 3, 2012

pak wali kota solo sama menteri BUMN calon PRESIDEN yg bagus untuk 2014… ayo siapa dukung ??? setuju !!!

103. uDien D'kab - January 3, 2012
104. appanya - January 3, 2012
105. appanya - January 3, 2012
106. Mualim Wong Gendeng - January 3, 2012

Mantab cuma mesinnya kurang garang tahu sendiri Timor kalau panas dikit loyo jalannya…. Semoga KIAT ESEMKA sudah modifff Maju MOBNAS Indonesiaaaa

107. safety rider - January 3, 2012

Kalo menrut ane modelnya ga kalah sama ford everest, mantap.semoga ada pengusaha yg mau produksi.

108. maztermazz - January 3, 2012

95jt mas harganya…

109. AdyAdy - January 3, 2012
110. uDien D'kab - January 3, 2012
111. sevenkeys - January 3, 2012

keren…

smoga jadi cikal bakal mobnas yg lebih baik lagi nantinya…
dan smoga Gubernurnya juga mau menyadari kata2nya yg kurang baik untuk diucapkan sebagai support untuk kemajuan mobnas…

112. feodal - January 3, 2012

bagus mas taufik,, sayang gubernurnya jawa tengah suka mencela,,malah berani bilang kalo ni mobil belum terbukti keamananya n jokowi cuma cari muka,
nah lho piye kui??

113. Galih - January 3, 2012

FYI mesinnya pakai mesin bekas mobil Timor, jadi bisa dibilang ‘hanya’ assembling, sama seperti karoseri. Tapi karena ngambilnya dari mobil Timor (mobnas) komponen lokal bisa sampai 80%.. Agak meragukan juga kalau mobil esemka ini diproduksi massal, apa ada yang mau beli kalau mesin mobilnya bekas?

Tentang tanggapan Gubernur Jateng di detik mungkin ada benarnya juga, kita jangan menutup mata atas dasar apresiasi kepada anak bangsa, langsung dipakai tanpa melalui uji kelayakan dan emisi.. Dan saya juga agak khawatir pemakaian headlamp dan stoplamp yang ambil mentah2 dari mobil lain apa nggak melanggar hak cipta?

Gubernur Jateng emang nggak salah, cuma cara ngomongnya itu lho, Gubernur kok kata2nya nggak sepantasnya, semua dibilang bodoh, bodoh dan bodoh.. Bahkan wawancara live di MetroTV pakai bahasa Indonesia aja nggak bisa (masih pakai bahasa jawa kasar).. :roll:

Kalau menurut saya sih kalau mau mulai mobil nasional sekalian aja mobil listrik, di saat seluruh pabrikan di dunia sama2 masih belajar dan baru mulai, jadi kita nggak ketinggalan jauh.. ;)

Tambahan @50: malam tahun baru di Solo tanpa kembang api itu dilarang karena itu di lokasi car free day, bukan hanya mobil saja tapi kembang api juga menghasilkan asap jadi juga dilarang :)

114. Galih - January 3, 2012

duh udah nulis panjang lebar kayaknya masuk spam nih :roll:

115. Azdi Scouzie - January 3, 2012
116. yellowduck - January 3, 2012

awal yang baik
lanjutkan….

117. yoyokal - January 3, 2012

Salut. Menurut berita m.tempo.co pemrakarsanya Sukiyat, blok mesin bikin sendiri, kurang tahu ttg piston dan ring pistonnya apa juga bikin sendiri. Juga sistem injeksinya. Komppnen ini khan butuh presisi tinggi. Sebaiknya nama mobilnya diberi nama Sukiyat saja, agar nama orang Indonesia terangkat seperti honda, toyota, suzuki, atau benz.

118. Dkung Produk NKRI.. - January 3, 2012

P.E.R.T.A.M.A.X!!! :D…!
semoga SUV KIAT ESEMKA dapat bersaing di pasaran mobil nasional maupun internasional…!!
Dukung program ini…!
Nice to P.Jokowi,Dahlan iskan,(alm) M.Yussuf..!
Good JOB!!!

119. Dkung Produk NKRI.. - January 3, 2012

Kalo mau beli mobil nih,harga berkisar berapaan ya???
Tanya dech om!!

120. juraganneon - January 3, 2012

selama kebijakan pemerintah tidak mendukung ngimpi punya mobil nasional :D

121. Rudy Sou1 - January 3, 2012

yang sudah jadi ada berapa unit pak?

122. Taufik - January 3, 2012

@119. Dkung Produk NKRI..
sepertinya mobil ini belum dijual untuk umum, nanti kalo sudah masuk proses industrialiasai . . . disinyalir akan masuk juga ke situs TPT
* salam tpt :mrgreen:

123. Sarwoord - January 3, 2012

“wuiiih bengiiiiis . . . seharga ER6n nih kayaknya”

Iya ya bener juga kang… Mending beli mobil daripada motor kawasaki er6n.. gubrak……

124. Rendi - January 3, 2012

Mantaaaaaaaaaaap, Ayo anak muda, lanjutkan prestasimu, goodjob n salut buat Pak Jokowi, harusnya para pejabat ngikutin beliau yang bangga dengan karya anak bangsa, lek dis………

125. carimotorlagi - January 3, 2012

Mesti tiru china yg berani dukung produk mobnas mrk. Kalau liat di jalanan beijing, mayoritas merk china. Itupun banyak model dr merk luar dilokalkan di china.
Salut buat walikota solo, sayang gubernurnya mowoss duluan.

126. indrajit - January 3, 2012

pemerintah dah dibungkam ma duit ATPM, bertahun tahun ATPM hanya mengeruk uang indonesia tanpa tranfer teknologi. Saatnya indonesia bangkit, saatnyalah cinta produk dalam negri. gk ada critanya negara maju kalo rakyatnya gk bangga dgn produk dalam negri. malaysia proton dan perodua menguasai pasar krn di banggakan rakyatnya. kalo ada kukangnya wajar, tp malaysia dan cina tetap bangga produk dalam negrinya, akhirnya industri berkembang, development jalan, jadilah produknya makin baek.

127. opickaza - January 3, 2012

mantabs nih mobilnya mas bro

128. pion - January 3, 2012

tapi sayang banget gubernur nya kok kayak merendahkan banget, berkesan sombong… :(
vote jokowi for president 2014.. *lhoo….

129. terharu - January 3, 2012

semoga jokowi jadi gubernur setelah selesai jadi walikota.. amiin :D

kalo pak jokowi berhasil dimasa jabatannya sbg gubernur nanti.. semoga dia mau jadi presiden indonesia.. amiinnn!!

130. Anton S. Pramono - January 3, 2012

Pemerintah harusnya mulai melirik produsen dalam negeri. Mulai dari mana ya? Pemda kota Surakarta sudah. Kemenperindag? Kemen BUMN?

131. steven - January 4, 2012

He..he.. saya suka logonya ..tu ..lho

132. kunthuulllll - January 4, 2012

mendingan ini…drpd er6..kehujanan,panasan…dll

133. ALQ - January 4, 2012

Tadi sempet baca di kompasd*tcom atau detik kalo di mass product harganya bisa 75jt perunit cmiiw

Kalo mau bikin industri mobil sih mungkin aja, selama ada pengusaha2 nasionalis yg mau mengucurkan dana dan masalah suplier spare part bisa menggandeng industri kecil sampe menengah yang emang udah punya nama di bidangnya

Kayak kenalpot di magelang atau ahli fiber dan plastik molding yg udah nyebar dimana mana, shock breaker juga ada

Yang penting niat dan usaha pasti ada jalannya

134. karismahideung - January 4, 2012

Berani terbuka adalah kuncinya. Biarkan orang tau prosesnya, umbar ke media proses produksinya, asal muasal komponennya dan keunggulannya. Kemudian bagiin mobil testnya. Biarkan kritik, saran masuk, kemudian perbaiki di kemudian hari.

Yang mencibir, mencemooh, biarkan saja, mereka punya kepentingan dibalik semua omongannya.
Jangan takut untuk melangkah, gas terus mobnas..

135. karismahideung - January 4, 2012

Mobil 1.5 liter membawa bodi segede itu bakal boros? So what? Kijang super, juga boros toh laku kan dulu?

Please be positif guys..

136. gustinr - January 4, 2012

SUV aja harganya 95jt, yg MPV lbh murah lg kali ya?
Nunggu rondho nya aja.

137. RI.10.VE - January 4, 2012

Perlu semakin diperhatikan, mengingat sekrang sudah pasar bebas, dan untuk pejabat2 RI…dari tingkat atas dan bawah…sebaiknya memberi contoh…GUNAKAN PRODUK INDONESIA…..itu baru panutan, jangan hanya berkoar2 gunakan produk Indonesia tpi semua barang2 yang dimilki MADE IN EROPA, USA, ITALIA, dsb…APA KATA DUNIA….?? LAIN DI MULUT TERNYATA…..

138. bibit bobot bebet - January 4, 2012

kita do’a kan saja semoga P. Bibit Waluyo minta maaf dengan komentarnya yang melemahkan semangat ……ayo maju terus SMK, karya anak negeri harus kita dukung, apapun bentuknya yang penting positif…..ayo…ayo…..indonesia bisa

139. Love Indonesia - January 4, 2012

Yoi… first thing..tunjukkan dukungan NYATA dari kita2 (sbg rakyat indo), jangan cuma bisa kritik hal2 sepele, nyalahin regulasi pemerintah lah yang ujung2nya kita sebagai TARGET UTAMA malah beli produk lain..
hm… jangan2 kalo kita yg jadi pejabat bakal gak jauh beda dg apa yg mereka omongin.. :D
** keep broterhood – DUKUNG PRODUK INDONESIA

140. man - January 4, 2012

mobil esemka sudah
tinggal motor STM nya nih,kapan?
(biar komplit)

141. yoyokal - January 4, 2012

Oh ya mereka juga punya alat press sendiri dan kabarnya alat-alat tersebut buatan smk dari daerah lain. Smk yang terlibat dari jakarta, jateng, dan jatim

142. Odex - January 4, 2012

wuiiihhh.. LAND CRUISER nya INA…muantapsss…

143. apep - January 4, 2012

artikel yang membangkitkan kebanggaan terhadap diri sendiri dan bangsa juga patut didukung

salam,

144. pandega - January 4, 2012

hahahaha
Gubernur jateng mana mau pake mobil ini dia kan orang paling ”pinter”, masak mau ikutan walikota ”bodoh” make mobil esemka, dia pasti gengsi.
Gubernur jateng emang paling ”pinter”.
:ngakak

145. Jefri Maulana - January 4, 2012

MantaBP…
Nasionalis coba Presiden dan beserta konco-konco menteri negeri ini menggunakan mobil ciptaan anak bangsa untuk menghargai kreatifitas anak bangsa & bangga tersendiri telah menciptakan buatan anak Bangsa indONEsia….

146. penggemar ninja - January 4, 2012

tampangnya keren, kyk mobil2 jepun, cuma agak panjang aja..:), tapi klo mudik kan muat barangnya banyak tuch

pemerintah harus support nich, dengan menjual massal kan harga murah, masa kalah sama india, yg bisa bikin mobil murah..

vote : pak dahlan dan pak joko for president dan wakil president 2014…

pemimpin kyk begini yg musti kita pilih..merakyat…:)

mudah2an indonesia kedepan tambah maju..amiinn

147. penggemar ninja - January 4, 2012

mantab ..pemimpin mengpresiasi karya anak bangsa…

Vote : Pak dahlan dan Pak joko jadi president dan wakil di 2014 nanti

pemimpin yg merakyat, dah kerja keras…

btw mobilnya bagus, mirip2 mobil jepun, cuman agak panjang aja…tapi buat pulkam boleh juga nich..banyak isinya..heheh

Piss

148. sa469 - January 4, 2012

bukannya kerjasama dengan karoseri kang haji??

149. stoner27 - January 4, 2012

kayaknya 95 jt pada tekor banyak tuh anak SMK…

btw.. mesinnya mesin TIMOR BEKAS??

150. Jokowi………Patut Dijadikan Panutan……..Mobnas Pun Bisa Kita Punya « Beckhem's Blog - January 4, 2012

[…] Jokowi……………..!!!!!!!Membaca artikel dari kang taufik (TMCblog, disini), baca berita di detik.com,  kemudian di pagi hari membca editorial Media Indonesia (disini) […]

151. sungkono - January 4, 2012

lucu melihat komen atasannya beliau yaitu Gubernur Jawa Tengah di detik,
katanya pak jokowi cuma mencari sensasi

]http://oto.detik.com/read/2012/01/03/145314/1805654/1207/gubernur-jateng-sembrono-esemka-dijadikan-mobil-dinas?o881101pop

ini gimana tho??

152. prant - January 4, 2012

sayangnya gubernur jatengnya malah meremehkan ni produk, kagak ada rasa bangga2nya sama sekali…..

153. Grosir Jamu Assalam Herbal dan Teh Hijau Organik - January 4, 2012

Mantap..salut buat anak muda Indonesia dan Pak Jokowi. Moga jadi contoh buat pejabat lainnya

154. Ha Ge - January 4, 2012

Kalau mau maju harus ada support yang super full dari pemerintah….jangan cuma Walikota Solo aja bila perlu seluruh Walikota se-Indonesia bahkan Gubernur se-indonesia atau sekalian seluruh Menteri juga pakai mobil ini.
Saya yakin dalam waktu yang tidak lama masyarakat umum juga akan berani beli mobil Esemka ini….

155. Grosir Jamu Assalam Herbal dan Teh Hijau Organik - January 4, 2012

Terobosan yang bagus..Kapan Indonesia mau maju kalo pemimpin dan rakyat bangsa ini tidak bangga sama produknya sendiri..?! Masalah kelayakan pasti sudah diuji, dan tetek bengek lainnya bisa dicarikan solusinya. Daripada seperti pejabat2 lainnya cuma berwacana dan koar-koar “Cintai produk Indonesia!”, Tapi mana buktinya?! wooooiii,.,..buktinya mana??!!!

156. Endrix - January 4, 2012

smk emang bisa! ane sebagai lulusan smk elektronika ikut bangga dengan adik-adik smk sekarang.

157. ipank - January 4, 2012

Kalo mau indent dimana yah?

158. orang dayak - January 4, 2012

bravo anak bangsa,walaupun gubernur bad respon.wajarlah klo gubernurnya spt itu. wong biasa make fasilitas negara yg merugikan rakyat kecil.mbo yo seneng anak bangsa bisa spt itu.di support donk pa.

159. winn madsen - January 4, 2012

handal pak

160. Ryan - January 4, 2012

bukannya mau merendahkan, tapi ini sama saja kaia karoseri angkot dan bis lainnya. Sangat mudah terlihat bahwa head lamp dan bemper depan adalah milik suv terkenal merek jepang. Dan bodi mobil pun milik mobil niaga merek jepang. Saya tidak mengerti kenapa sampai seheboh ini orang2 menyambut mobil ini, mengingat desain nya tidak rumit alias comot sana sini seperti mobil cina pada awalnya, dan yg paling parah adalah harganya yg mahal untuk 80% rakitan lokal. Saya rasa tidak akan ada yg mau membeli jika bentuknya seperti itu dgn harga begitu, lebih baik dibeli pemda saja kalo mau maju.

Untuk mesin pun sangat parah, menggunakan mesin teknologi dekade lalu. Kan bisa dicari mesin lebih baru. Lalu untuk fitur, ya biasa saja ya, semuanya tersedia di pasar aksesoris dgn kebanyakan dapat dipasang secara universal.

Saya merasa ini adalah bukti bahwa tidak ada kreatifitas dalam pembuatannya. Silahkan saja jika banyak yg tidak suka dgn kata2 saya, tapi bagi yg tidak suka coba dipikir lagi dgn tidak mengindahkan euforia yg melebih2kan. Kenapa saya blg tidak kreatif? Karena saya rasa dlm proses pembuatannya terasa seperti ingin bagus dgn cara mudah. Ya memang mereka siswa smk, tp kalau dibiarkan seperti ini cara pikir mereka tidak akan berubah. Lihat saja lampu mobil dan bodi mobil sangat dapat dikenali bahwa itu milik pabrikan lain! Malu dong kita kalo yg disebut mobil nasional ini digugat perusahaan2 terkenal tersebut layaknya yg terjadi di cina, seperti yg terjadi juga di industri hiburan kita, film2 dan musik2 menjiplak karya org barat.
Saya rasa inilah penyebab tingginya harga, karena barang2 tersebut mungkin dibeli di pasar dgn harga pasar. Kenapa saya blg harganya mahal? Karena kualitasnya yg biasa saja. Coba lihat vw golf tsi yg dijual disini, disebut mobil ckd (yg sebenarnya hanyalah ckd2an), harganya 320juta dgn teknologi jerman dan segudang fitur dan kualitas yg sangat baik. Kita bisa berargumen bahwa prinsip ekonomi sudah diterapkan pada pembuatannya sehingga cost pada pembuatan dapat ditekan, tapi tetap saja mobil itu pun di eropa yg biaya buruhnya mahal pun tidak berbeda jauh dgn disini.

Bagaimana bisa kita menyambut mobil ini dgn euforia seperti saat ini ketika sebenarnya yg dicapai mereka adalah hal yg biasa saja, yg sudah dicapai oleh para perusahaan karoseri dalam negeri. Sudah saatnya kita berhenti bersikap belebihan seperti ini dan berpikir lebih kritis terhadap karya smk ini. Pujian boleh, tapi tidak berlebihan seperti ini.

Terima kasih atas perhatiannya.

161. ute - January 4, 2012

sepeninggal fiat gimana kalo kiat esemka.sponsorin yamaha factory racing di moto gp??? jadinya KIAT YAMAHA…
:-) :-D ;-)

162. masdiisya - January 4, 2012

apresiasi itu ibarat nyawa bagi semua orang…terutama bagi pembuat…dalam situasi banjirnya mobil jepang…tindakan pak jokowi patut ditiru namun dengan catatan yang seperti sodara Ryan katakan…tenang ini masih kerja pertama…perlu penyempurnaan…nah kalo belum apa-apa apresiasinya kurang…wah makin banyak yang putus asa dengan mobnas!

163. andikakusumaharyanto - January 4, 2012

pemerintah sudah harus mulai serius dengan wacana mobnas, untuk design tidak berlebihan, yang penting proposonal. Dengan mengapresiasi produk ini berarti kita menghargai apa yang tengah dibuat oleh kawan kawan SMK :D

164. andikakusumaharyanto - January 4, 2012
165. pendukung mobil nasional - January 4, 2012

160. saudara Ryan yang sangat kreatif dan inovatif

silahkan cek
http://www.toyoland.com/history.html
“Toyoda’s car operations were placed in the hands of Kiichiro Toyoda, Sakichi Toyoda’s son; they started experimenting with two cylinder engines at first, but ended up copying the Chevrolet 65-horsepower straight-six, using the same chassis and gearbox with styling copied from the Chrysler Airflow.”

http://www.toyoland.com/trucks/land-cruiser.html
“The Toyota Land Cruiser was started as a copy of the go-everywhere Willys Jeep. Originally named the Model BJ and built to order, it was the first vehicle to reach the sixth station of Mount Fuji in 1951.”

http://en.wikipedia.org/wiki/Automotive_industry_in_Japan
Cars built in Japan before World War II tended to be based on European or American models. The 1917 Mitsubishi Model A was based on the Fiat A3-3 design. (This model was considered to be the first mass-produced car in Japan, with 22 units produced.) In the 1930s, Nissan Motors’ cars were based on the Austin 7 and Graham-Paige designs, while the Toyota AA model was based on the Chrysler Airflow. Ohta built cars in the 1930s based on Ford models.[3]

166. kantong kresek - January 4, 2012

OTR 120jt udah sama embel2 pajak plus pluss

167. bnksurabaya - January 4, 2012

mulai saat ini para legislatif dan eksekutif untuk memberdayakan buatan anak bangsa khsusnya temen-temen dari SMK di Solo agar terus mengembangkan usahanya agar Indonesia terus maju dan tidak terus-terusan impor dari negara lain kalau bisa indonesia dengan hasil karyanya sendiri bisa mengekspor keluar negeri. Selamat Berjuang.

168. realita - January 4, 2012

langkah yg besar dimulai dari satu langkah yang kecil

apresiasi adalah salah satu bentuk motivasi… seperti halnya senyum yg memiliki nilai ibadah

mereka adalah anak2 kita yg masih membutuhkan dorongan bukan cibiran… siapa tahu beberapa dari mereka menjadi pencipta mesin berefisiensi tinggi dan ramah lingkungan di masa depan. jika kita terus mencibir pada karya bangsa sendiri, berarti kita ikut andil dlm mengerdilkan bangsa ini

169. yang suka kencang - January 4, 2012

saluuuutttt…… buat pak jokowi…. smoga pejabat2 yg lain jg mau menggunakan mobil anak negeri…

gpp awal2 memang keliahatan agak culun,, tp kan lama2 dng RnD, mobil ini bkalan kren n bagus kualitasnya…

sperti mobil protonya malingsia, mrk menciptakan mobil awal2 culun2 bgt modelnya (kaku), tp lama kemalaan dgn RnD mobilnya jd bagus2, sperti proton exora yg skrg…

170. mantan pembalap - January 4, 2012

mana anak (teknik) ITB, UI, UGM, & kampus2 top n beken yg lain???? yang didibanggakan orang2 itu….

lihat nih.. anak smk….. bisa buat mobil secara nyata(gak ngomong doank).. walaupun awal2 terlihat culun… tp mrk ada usaha untuk buat mobil sendiri…

jadi, tolonglah… jgn dihina2 dulu hasil karya anak bangsa ini, walaupun ktnya menjiplaklah, culunlah, mesin jadullah….
yg menghina biasan iri, yg brarti tanda tak mampu…

171. dono purwanto - January 4, 2012

hargailah karya anak bangsa demi memajukan negara……
kami mendukung sepenuhnya maju jaya smk terutama OTOMOTIF…

172. Over Gear - January 4, 2012

jika ada yang beranggapan ini hanyalah mirip karoseri, ya memang mirip. sesuai kemampuan, mereka (hanya) masih siswa SMK, yang (masih) di didik untuk menjadi tenaga terampil.
melihat hasil yang mereka capai adalah sesuatu yang lebih dibanding yang lain.

btw tadi baca dimana ya, lupa. nih mobil OTR jadi 120jt. bengkak di pajak, hedehhhhhhhhhhhhhh……….

173. inafdo - January 4, 2012

wow keren….anak SMK Megelang dan Jakarta T.O.P
“jangan berhenti atau merasa puas, kembangkan karya-karya baru”
mau tanya dong ni mobil sudah dpt dibeli sama masyarakat umum??apakah udh ada dealer buat maintance nie mobil??(gw berminat buat delaer buat KIAT ESEMKA )

174. sami - January 4, 2012

bisa jadi mesin gado2, bukan murni timor s515i, toh banyak parts buatan lokal yang bisa dipakai:
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/04/124375274/Ini-Spek-Mobil-Esemka-Jokowi

175. sami - January 4, 2012
176. inewchase - January 4, 2012

@160.Ryan

Ane sependapat, emang kaya karoseri, yg comot desain sana sini, emang kurang kreatif, kaya basis mirip2 ford everest, lampu depan n grill bawah comot CRV(wajar untuk buat lampu anak2 SMK ini blm pada bisa, butuh teknologi lebih daripada bikin chasis)

TAPI INGAT, mereka (esemka) ini BARU berdiri, kalo mau dibandingin sama pendiri2 otomotif lain yg udah bertaun2, kalo mau bandingin sama PROTON(malaysia)..coba liat produk2 awal2 proton bukan comot sana sini, tapi plek ketiplek ngambil desain punya mitsubishi, cuma ganti MERK doang dengan nama PROTON,

Jadi wajar lah. Ini merupakan suatu kemajuan!

177. sami - January 4, 2012
178. sami - January 4, 2012

teknologi HLA pada valve timor juga diaplikasi di inova, timor mulai pakai ni tekno th 1996… inova???
http://otomotif.kompas.com/read/2009/04/20/15432685/direktori.html

179. sami - January 4, 2012

rasanya tekno mesin s515i aja tuh yang kepagian, orang yang makai gak tau gimana ngerawatnya… jadi senyum tuh yang mandang rendah engine esemka 1.5l, mmg sih kalo ngeliat proporsi bodi n mesin masih kurang bengis klo 2.0l bisa jadi lebih sip lagi :D

180. chairulamri pane - January 4, 2012

HMMMmmm,,,semoga Pemerintah kita terus membuka mata nya untuk memproduksi karya karya dalam negeri kita ya,,,,,!!!! Agar bangsa kita bisa Mandiri…..AMIN

181. Suzuka - January 4, 2012

Smoga pemerintah RI sadar,betapa pentingnya mempunyai mobnas,rakyatnya bangga,negara pun mempunyai kebanggaan tersendiri di mata internasional.ingat malaysia aja sudah punya mobnas,negara kita sudah ketinggalan jauh,gak malu tuh ma malaysia.sebenarnya buat mobnas bagi RI sangat mudah,buat pesawat terbang aja bisa apalagi mobil.Skarang tinggal nyali dan keseriusan pemerintah RI,dengan hadirnya esemka seharusnya di jadikan moment yang tepat untuk membuat mobnas sekaligus kelahiran baru dunia otomotif RI untuk menunjukkan pada dunia kalau RI mampu dan bisa

182. haroem - January 4, 2012

mantaaap generasi penerus bangsa, ya setidaknya ada cerita baik bukan hanya kerjaannya tawuran aja :) LANJUTKAN

183. becak - January 4, 2012

mantap deh pak Jokowi. .
Bibit mah kalah. .
ngiri doank bisanya. .

184. my country is Indonesia - January 4, 2012

Intinya kalo rakyat mau mendukung jg harus beli produk dalam negeri tsb, spy dana bisa di putar ulang lagi dan pasti mmg ada kelemahannya tp ingat produk jepun pun pertama kali rilis pasti bnyk kekurangannya tapi karena keluhan org pertama lah bikin produk tsb berkembang or perbaikan (kalo mmg di tindak lanjuti dg bijaksana) ayo dukung MOBNAS ane suka design boil KIAT ESEMKA yang satu ini lebih gagah + macho, ane tunggu kabar selanjut nya kang haji.

MAJU TERUS INDONESIA KU.

185. banderas - January 4, 2012

Wedyaan, bocah2 esemka saiki kok podho pinter2 tenan to..
Ora koyo zaman nom2manku biyen! *roaming Soloan* :P

186. deri - January 4, 2012

Hidup JOKOWI…….
Bibit Waluyo mahhh kacangan…

187. Rei - January 4, 2012

Ternyata ada maksud dibalik Pak Jokowi memakai Esemka sebagai Mobdinnya, salah satu nya:

Ini mobil dipersulit ijin layak jalannya… Bertahun2 di urus tapi nggak kunjung keluar ijinnya. Sudah selesai untuk std Euro2nya, eh dipersulit lagi untuk melengkapinya menjadi std Euro4. #Secara utk tahap awal Euro 2 udah cukup lah.

Ealah… kreasi negeri sendiri dipandang sebelah mata, merek luar di elus2..

Satu lagi saya yang nggak suka dengan komentar salah satu penjabat tinggi di negeri ini: Esemka dempulnya masih banyak ya.. Komentar yg nggak bangun blasss… Ingat Pak, mobil sejuta rakyat: Kijang, awalnya dempulnya juga banyak…

188. ferdi - January 4, 2012

mbah Bibit wis lali mbali deso mbangun deso,slogan dan semboyan yg jadi ujud nyata dari kreatifitas anak bangsa nota bene wilayah kelahiran.harusnya difasilitasi bila perlu Kadiknas juga turba langsung. Ojo isone ngeyek padahal yo ngopeni mobil tuwo sing menyedot dana ratusan juta.Buat hapi2.he..he…he

189. hotman - January 4, 2012

saya sangat senang bangat mendengar ini,jujur jika ada uang pasti langsung kubeli,tapi jika kita serius dipermudahlah cara pemasarannya.saya pesan 1 bulan ini jika bisa dicreditkan

190. Chairul Amri - January 4, 2012

no baru inovasi anak bangsa yang sungguh memukau

191. kantong kresek - January 4, 2012

OTR 120jt an kang.. udah termasuk pajak2 dll

192. spinner - January 4, 2012

proyek ini harus ny di dukung penuh pemerintah biar produk dalam negeri yg membenggakan ini bisa bersaing d pasaran…
tingkatkan terus kualitas ny, terapkan quality control yg ketat..
desain udah keren, tp tolong hindarin pemakaian part dr kendaraan lain, khusus nya untuk eksterior..

193. spinner - January 4, 2012

membanggakan

194. panjoel - January 4, 2012

benar kata “160 Ryan”
ini rakit mobil model karoseri lah, kalo bikin mobil gak mungkin. bikin molding mahal puluhan milyar untuk 1 cetakan (misal dash board, lampu dll) itu pun butuh mesin CNC (di SMK g mungkin ada) untuk buat moldnya.

195. kantong kresek - January 5, 2012
196. Damien Wahyu - January 5, 2012

para pejabat suka alay
komputer rakitan dibilang buat ndiri
mobil takitan dbilang buat ndiri

irit l?1500cc tapi 1:5 kan percuma
dan
apakah mobil ini sudah lolos crash test belum?

jangan2 kayak avanza xenia cuma bintang 1 ataungak lolos test kayak mocin

197. peter - January 5, 2012

Semangat spt anak2 SMK beserta pembimbingnya ini yg hrs di support, spt yg diberikan Pak Jokowi. Beri mereka masukan & dukungan yg berharga shg kedepan negri kita betul2 bisa mandiri untk menutup kebutuhan mobil di dlm negri. yang ahli design sumbang saran, yang ahli mesin kasih masukan shg mbl ini betul2 bs dibanggakan. kalo perlu yg punya duit banyak daripada disimpen2 mending di kembangkan disini & dikelola secara profesional. Pemerintah juga jgn ogah2an utk kasih dukungan. Mari support semangat anak bangsa ini jangan dicela atau dikandaskan harapannya. Bangsa kita hrs lbh bs mandiri & jgn terlalu lama dijajah secara ekonomi oleh bangsa lain…..Mari kita bangkit & kibarkan semangat nasionalisme kita secara positif bukan destruktif…….

198. Stop n' Go - January 5, 2012

Coba kita telaah lebih dalam proses pembuatan dari mobil kebanggaan kita ini, adik-adik kita dengan semangat juangnya memoles, mengelas, mempatri, mengecat hingga berpeluh dan mandi keringat untuk mencipta dan berkreasi menciptakan mobil nasional yang setidak-tidaknya bisa dipandang oleh rakyat Indonesia. Jika ada rakyat kita yang berbicara “catnya jelek, dempulnya buruk atau desain kok nyomot sana-sini” saya benar-benar tidak bersimpati dengan mereka yang berbicara seperti itu (karena otaknya mungkin dari lahir sudah terjajah). Patut diingat, mereka mencipta mobil ini secara “Hand-Made” dengan tangan mereka sendiri yang tentunya diawasi dan diarahkan oleh senior-senior sudah ahli dalam industri roda empat. Ini langkah awal karena produk ini belum masuk dalam lahan industri besar, saya yakin dan percaya jika ada investor bertangan dingin yang mau untuk membiayai proyek nasional ini maka jelas sudah. Hasil akhir, kelayakan, kekuatan bahkan tingkat kepresisian tiap bagiannya akan jauh lebih baik dan sangat afdol untuk dipasarkan secara massive. Janganlah kita menganggap remeh diri kita sendiri agar kelak kita bisa sejajar dengan China, India dan Korea Selatan, bahkan lebih.

INDONESIA ??? OOHHH….PASTI BISA !!!

199. tyonugra - January 5, 2012

kta metro tv mobnas jg kiat esemka ini jg sdh menerima lbh dr 10 rbu pesanan, tp blum bisa d produksi secara massal krn masih menunggu surat izin produksi dr pemerintah…..nah di sini sulitny birokrasi yg berbelit, klo mau ngurus pasti keluar duit lbh dr yg seharusny, byk preman berdasi

200. Prabu Mangkuwanitomudo - January 5, 2012

Kalo tinggal merakit aja lebih baik serahkan ke perusahaan perakitan mobil aja, mereka lebih berpengalaman …….. lebih membanggakan kalo semua komponen berasal dari produk dalam negri… hanya satu resikonya : CEPET RUSAK

201. aamanis - January 5, 2012

punten ahh…

202. budi - January 5, 2012

orang2 yg bisanya hanya mencela itu bukti kalo mereka tidak bisa apa2.,apapun bentuknya,,kita harus tetap dukung karya indonesia..namanya juga baru lahir pasti banyak kekurangan,,tinggal nanti disempurnakan kok repot.mobil BMW aja banyak yg mogok bahkan kebakaran dijalan,,gak da yg protes????

203. Hanif Hary - January 5, 2012

wahhh…sangat diapresiasi pak taufik…
model’nya keren…walau sedikit kurang aerodinamis
ga sinkron depan mulus kok samping lancip..hoho
overall MANTEP lahhh…
*hnya seharga 2cbr..bkin ngiler

204. sami - January 5, 2012

batu sandungan pertama ‘kiat esemka’… sertifikasi laik jalan yang belum keluar sejak 2009
http://news.okezone.com/read/2012/01/04/340/551701/pemerintah-diminta-bantu-sertifikasi-mobil-esemka

205. Dedek Right Here (@aladedek) - January 5, 2012

menurut saya biasa ajah. Toh mereka kan hanya merakit komponen yang sudah JADI!!!

206. bapakeValen - January 5, 2012

akan lebih baik lagi jika ada salah satu siswa atau guru SMK tersebut yg berkomentar di sini & menjelaskan secara detil proses pembuatan mobil ESEMKA.

207. extmusketer - January 5, 2012

saya siap mendesain mobnas -desain murni n ga gado2 …inget kah siapa juara desain mobil konsep yg diselenggarakan oleh toyota di negri ini? semuanya orang pribumi …intinya anak2 muda ini butuh dukungan n kesempatan jgn sampai karyanya laris namun seni-nya mati ….

208. awang - January 5, 2012

sudah saatnya Indonesia kita dipimpin oleh orang yg peduli pada rakyat, bukan yang mau “cari hidup” dari rakyat.
AD 1 A dan AD 2 A adalah tindakan nyata dari seorang Jokowi.
AYO rakyat Indonesia “JOKOWI” for RI 1.

209. prand - January 6, 2012

salah ketik mas,yg bener SMK trucuk klaten

210. nanang - January 6, 2012

yang punya kemampuan lebih,yang punya kehebatan lebih kita sama2 dukung saatnya kita bantu demi bangsa ini.jangan mencela koreksi atau kritik boleh…dengan hati iklas mari kita kerjsama

211. the.ant - January 6, 2012

G BAKAL DIDUKUNG PEMERINTAH……
PEMERINTAH LG SIBUK KORUPSI…….
CZ REZIMNYA BENTAR LG LENGSER..

212. cah_smg - January 6, 2012

hemmmmmmm…….

213. N_JOCQ - semanggi - January 6, 2012

kalo ada uang … jelas gua beli satu nih … harganya pas kantong…

214. N_JOCQ - semanggi - January 6, 2012

jelas… beli satu gua …

215. samsi suardi - January 6, 2012

yg mencibir mobil ini pasti orang2 astra….
aaassssuuuu loe orang2 astra

216. tjondro-wi - January 6, 2012

Salut. Bicara mobnas indonesia saya yakin bukan soal kemampuan, tapi kemauan. Terutama penyelenggara pemerintahan. Sudah puluhan taun nyaman berdagang produk asing. Keteladanan Pak Joko Wi patut di blow up agar rakyat luas tidak malu lagi pake mobnas. Sukses Indonesiaku

217. ikramovic - January 6, 2012

wuouw…..mobil keren ky gini…….? di bikin anak SMK…? sekali, lagi anak SMK…..? wah ini benar2 “TAMPARAN” telak buat industri otomotiv dunia…….mobil yang secara tampilan mengimbangi FORD everes……bisa di buat oleh hanya siswa SMK…..gimana ntar klo dah jadi sebuah perusahaan manufacturing…..dan dengan desain yang pasti lebih “MATANG” dari ini….yang didesain oleh 100% putra-putri terbaik INDONESIA…..wah bakalan jadi mendunia pastinya…

218. Zainal Arif 'horegs' - January 7, 2012

ESMKA Patut d perhitungkan… slmt ya… sukses sll. bnr2 gak kalah sm Proton

219. Ervan Ricardo - January 7, 2012

Pembohongan Informasi

220. Ervan Ricardo - January 7, 2012

Mohon maaf bukan maksud saya berprasangka negatif tapi ini memang kebohongan informasi 80% lokal itu bohong. profesi saya pengajar SMK, saya pernah melihat, menyentuh dan menyaksikan perakitan mobil ini dari mulai part2 sampai jadi, ga usah jauh2 di solo di jakarta ada kok, malah saya melihat gudang part yang telah di supplai 200 blok mesin di smk tersebut.
ngobrol2 dengan pengajarnya ternyata banyak part yang di impor termasuk blok mesin. melihat finishing mesinnya kasar khas produk cina saya sendiri ragu akan kehandalannya.
ok..itu lain soal, anak2 smk membuat???? bukan …tepatnya merakit itupun tidak semua bagian untuk finishing dan qc masih memanggil dari pihak lain…wajar anak smk belum ada pengalaman.
ok..ini adalah proyeknya kemendiknas mau ga mau mereka harus bisa mempertanggung jawabkan dana pendidikan yang besar terutama di program SMK BISA, mereka seperti menggunakan karbit untuk menghasilkan buah yang cepat masak. tapi hal ini akan menguap begitu saja krn ini cuma sebuah proyek…..mudah2an tidak tapi tak taulah.
yang pasti anak2 smk dalam proyek ini cuma diajarkan bagaimana mereka bekerja persis seperti di pabrik yaitu menjadi buruh kasar bukan buruh intelek.

221. Agus - January 7, 2012

@ervan: Setuju, pembohongan informasi demi “prestasi” semu bapak-bapak pejabat di dep pendidikan.

Kalau 80% konten buatan lokal itu coba disebutkan siapa suplier lokalnya?

Saya mendukung MOBNAS, tapi saya juga mendukung kejujuran.

222. sami - January 8, 2012

ternyata mereka meracik sendiri mesin ‘esemka’ bukan mesin timor s515i seperti yg disangka :
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/08/124375962/Tepis-Keraguan-Mesin-Kiat-Esemka-Dipamerkan
juga yg ini :
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/06/123375655/Ada-Mesin-Boedoet-di-Mobil-Esemka
ternyata susah juga menghilangkan sikap ‘skeptis’ anak negri ini, terlalu banyak ketidak jujuran yg menjadi biang penyakit endemik ‘skeptis’
bahkan mereka pernah menggaet “gelar Juara II Olimpiade Sains Terapan Tingkat Nasional di bidang lomba fisika terapan”

223. sami - January 8, 2012
224. sami - January 8, 2012

lebih tegas lagi, kiat esemka nggak mau pakai mesin bekas timor s515i :
http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2012/01/06/mengintip-jeroan-esemka-rajawali-dan-digdaya-terbaru/

225. bakul jamu - January 8, 2012

tak dukung. cina membuta mobil juga niru, jepang juga .. kita bisa dong niru juga,

226. dyo - January 9, 2012

sipp deh. walau belum aman dengan fasilitas air bag dll, namun ini merupakan langkah bagus. semoga hasil karya para muda-mudi SMK bisa bermanfaat bagi bangsa!! TOP BGT

227. Idog - January 10, 2012

Mudah2an segera dibuat versi dieselnya…
biar lebih ramah lingkungan.

228. simbaurekso - January 11, 2012

saya dukung seribu% heran sama mereka yang mencibir, mungkin otak mereka udah ber “nanah” kali, dan udah di jajah sama negara-negara asing, ingat mereka itu masih anak SEKOLAH, masa karyanya mau di bandingin sama produk industri yang sudah mendunia………………

229. lare - January 11, 2012

mau hasil contekan, pun hasil akal-akalan, tetep jos…
kalau mau jujur, tak ada sesuatupun di muka bumi ini yang orisinil… semua hasil contekan dari alam, pandai-pandai kita memodifnya… sama-sama hasil contekan, aku lebih bangga hasil ( contekan ) sendiri daripada beli punya tetangga..
maju terus anak bangsa…
wis to, wiwit dino iki ak nabung, meh ngawe garasi nggo ESEMKA…

230. Nasip - January 13, 2012

Congratl. buat putra-putri SMK Solo…!!!
Apapun yang dilakukan (entah nyontek, entah kanibal, dll) tetapi itu langkah positif, dari pada para kakaknya (mahasiswa) yg kerjaannya demo dan anarkis…!
Buat para mahasiswa yg sering demo, mendingan ikutan latihan ngrakit mobil tuh… di Philipina Jeepney.. juga bentuknya lucu…
Tolong para profesor, bantuin memperkaya teknologi mereka, bukannya malah dimatikan kreatifitasnya.
Saya yakin jika diproduksi masal bisa bener2 murah.. kita nggak usah bicara kecanggihannnya dulu, tapi kemauanlah yang utama.
maju terus… kembangkan yang unik lagi….!!!

231. eko hs - January 14, 2012

apapun komentarnya ,pak jokowi hebat ,itu yang namanya pemimpin kelas berat, walau dikritik berat sama pak gubernur jateng Bibit waluyo…. dan yang hebat lagi seluruh elemen penggagas Kiat Esemka terus berjuang pantang Mundur…. mobil asing yang di Indonesia muai berpikir ulang dan rakyat Indonesia berdoa agar lancar dan siap memakai…… soal dana pemerintah/NKRI wajib kucurkan dana…. persetan dengan suara-suara orang asing atau yang akan menjegal mobil ESEMKA_ESEMKA…. waspadalah…waspadalah….

232. sami - January 15, 2012

ada yang bilang mirip mobil china?
artikel ini bisa sedikit mencerahkan : http://oto.detik.com/read/2012/01/11/114904/1812459/1207/esemka-sempat-didatangi-produsen-china
esemka belum bisa ngurus paten, habisnya sertifikasi laik jalan pun juga belum bisa kelar…
mgkin yang ini yang dibilang rakitan n onderdil dari china : http://autos.okezone.com/read/2012/01/07/52/553224/giliran-smkn-2-surabaya-rakit-pick-up
klo digaya n rajawali ada yang jelasin tuh klo 80% lokal konten.. link entar ya belum ketemu lagi

233. sami - January 15, 2012

salut sama ITS yang rela ‘mesin-nya’ (pernah juara) dipasang di esemka…
http://oto.detik.com/read/2012/01/10/155344/1811818/1207/its-mesin-paijo-its-boleh-nempel-di-esemka
klo hari gini masih ngrendahin sdm kita… coba deh jadi TKI, di malay, singapore atau brunei yg deket2 aja… lihat aja mereka sebenarnya ‘ngandelin banget’ kemampuan TKI ‘pinter’ sayangnya yg muncul dipermukaan yg jelek2 aja

234. NasiPeceel - January 25, 2012

#160 , # 194 , #205

cba klian pada mikir..ni itu sbgai lompatan awal,klian tau sndri kita itu sbg indonesia kga da produk yg kita hsilkan sndri.smuanya pada konsumtif ya itu kita indonesia. dgn adanya kyk gni ni..ni sbg lomptan awal,brrti ada yg pgn kita itu sbg ngra yg produktif bkn sbg konsumtif

mskipun mreka cma MERAKIT bkn MEMBUAT, tpi itu terjadi y krna siapa?krna pmerintah tdk mnydiakan fasilitas yg mndukung utk munculnya produk2 dalam negeri. cba klo mereka para org t*l*l yg jbtan tggi PEDULI ma bgsa mreka sndri, dgn adanya gni mrka shrusnya tggap,ohhh ni mgkin bsa mnjdi realita klo kita bsa mncptakan produk!!! bknnya mlah pesismis dgn mghina, itu tndkan BODOH

saya pun tau klo itu smua tdk mgkin kita yg memebuat, tpi sikap konsumtif kita telah mndarah daging..mkanya ada yg komen klo itu kga bklan laku lah,cuma ngrakit doanglah,soalnya mreka bndinginnya ma mobil yg mreka dah bdri bertaun2…inget boss!!mskipun gtu mreka dolo jg sama nghsilin produk yg jlek dlo brthap2 mlgkah maju mnjdi produk yg berkualitas!!

kita ubah mindset dari konsumtif menjadi produktif…….

235. Qurubi Ja'far - March 14, 2012

Walaupun tdk ada dukungan dari Pemerintah LANJUTKAN!!!!!!!!!!!Rakyat pasti 1000%mendukung,saya yakin org2 Indonesia pada pintar apapun bisa di buat,cuma pejabatnya yg kurang peduli dan takut dg negara luar,massa kalah dg Malaysia,Cina,India,semoga cita2 mulia ini mendapat ridho Alloh swt Amiiin

236. masruh adie hidaiat bin adie hidaiat - April 1, 2012

BGUS bgt mobil’na. buat model kyak honda jazz duonk apa kyak honda fred. mungkin sya beli klau budget sya mampu. hehe. tp kalau harga’na kyak tata nano atau IG . boleh jg. sya mw mengkredit mobil i2 .hehe.
maaf bila ad slah kta.
horma saya
keluarga adie hidaiat.

237. belihome - April 10, 2012

Mobil ESMEKA bikin bangga saja nih, sayang tidak lulus uji emisi

238. teknologi mobil - February 28, 2014

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat teknologi mobil

sukses selalu

239. warna mobil - March 20, 2014

terima kasih atas informasinya
sungguh bermanfaat artikel ini..thanks for share
warna mobil

240. mbah ted - April 12, 2014

Headlamp gawa’an CR-V 2007-2012, rearlamp ori Panther/L200…dadi mung mengkombinasikan part mobil lain. Durung iso nggawe bodypart dewe lan model iseh kaku…rada mengkotak. But…mobil Esemkane lumayan, hanya kok saiki (2014) ra ono kabare ya?

241. harga mobil bekas suzuki - April 16, 2014

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga mobil Bekas Suzuki



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: