jump to navigation

Lesson Learn Kasus Civic Hybrid di USA . . . Pabrikan Kudu Hati Hati cantumkan Nilai Klaim Konsumsi Bahan Bakar di Produknya January 7, 2012

Posted by Taufik TMCBlog in : Blogging activity , trackback

Bro sekalian, pekan ini hampir semua media online mengabarkan kasus Yang menimpa Honda Automobile USA. Pabrikan Roda empat negri paman Sam tersebut digugat  oleh Heather Peters, 46 tahun, warga Los Angeles, Amerika Serikat, yang juga pemilik Honda Civic hybrid model 2006, mengajukan gugatan ke pengadilan Torrance, California. Sang pemilik merasa Civicnya tidak sesuai dengan gembar gembor Honda yang menyatakan/Mengklaim Civic Hybrid bisa mencapai konsumsi bahan bakar 50 mpg atau sekitar atau sekitar 21,2 km/liter. Menurut Peters Konsumsi BBM Civic Hybridnya  tidak mencapai  30 mpg (12,75 km/liter) . . . Kasus ini biarlah kasus yang terjadi di negri nun jauh disana .. . namuan hendaknya diambil ibrah/lesson learnnya bahwa Pabrikan Kudu Hati Hati cantumkan Nilai Klaim Konsumsi Bahan Bakar di Produknya.

memang sih klaim produk lebih irit dari kompetitor bisa menjadi alat marketing yang jitu untuk melakukan penetrasi di pasar . . . namun hendaknya segala Informasi ini di mention secara JELAS sehingga tidak menjadi multitafsir ataupun sesuatu yang ambigu. Misalnya gini . . . Bila suatu prodUk motor memiliki nilai konsumsi bahan bakar 50 kilometer per liter bila dijalan kan konstan 50 km/jam . ..  maka Kondisi PENGGUNAAN konstan 50 km/jam haruslah JELAS terinformasi ke Konsumen. Jangan kekecilan nulis nya :mrgreen:

Lho pasalnya apa bro . ..  Oke kita bedah deh UU No 8 Tahun 1999 . . . untung tmcblog masih nyimpen diktat Hak Hak dan kewajiban Konsumen dan pelaku Usaha dalam prespektif Pelayanan oleh oleh hasil acara seminar Dealer Cerdas Konsumen Puas yang disusun oleh LEMBAGA PEMBERDAYAAN KONSUMEN DAN LINGKUNGAN (lpkl) kalbar di Pontianak Awal November lalu

Pasal 4

Konsumen memiliki Hak : Hak atas Informasi Yang benar, JELAS, dan JUJUR mengenai Kondisi dan Jaminan barang dan atau Jasa

ada lagi Bab IV tentang Perbuatan Yang Dilarang Bagi Pelaku Usaha

Pasal 8

1. Pelaku Usaha dilarang memproduksi dan/ Atau memperdagangkan Barang dan/atau Jasa yang :

d. Tidak sesuai dengan Kondisi, jaminan, keistimewaan atau kemanjuran sebagaimana dinyatakan dalam label, etiket atau keterangan barang dan/atau Jasa tersebut

f. Tidak sesuai dengan janji yang dinyatakan dalam Label, etiket, keterangan, IKLAN atau Promosi penjualan barang tersebut.

dan tentunya masih banyak lagi pasal pasal yang bisa dijadikan bahan pembahasan mengenai masalah ini . . . namun yang terpenting memang niat baik dari pabrikan untuk memberikan keterangan mengenai kelebihan produknya secara JELAS dan JUJUR kepada konsumen. Dan Juga kewajiban Konsumen untuk mengetahui penjelasan mengenai hal hal yang sepertinya ambigu atau multitafsir atau membutuhkan penjelasan tambahan . . . yah semoga Atmosfer Roda dua bisa sehat . . silahkan dikomentari dan semoga Berguna

taufik of BuitenZorg

 

 

Comments»

1. yecruzsulla - January 7, 2012

Baca Baca Blog Gini Kan Pasti Butuh Koneksi Internet, Entah Itu Koneksi Dewa Atau Malah Koneksi Keong He He He… :D :D :D
Nah ane disini mau ngsih referensi tentang paket internet termurah dari semua operator pada tahun 2012 ini, Cekidot:
Paket Internet Unlimited Termurah Dari All Operator Di Awal Tahun 2012
Semoga Bermanfaat ya…

2. annhar anneh - January 7, 2012

misi

3. annhar anneh - January 7, 2012

artikel tengah malam

4. Ghuno - January 7, 2012

absen tengan mlm…

5. masmondol - January 7, 2012

Podium lah

6. aamanis - January 7, 2012

punten ahh…

7. jakarta macet sudah budaya. kok betah - January 7, 2012

Info Tiger 250 plise

8. yecruzsulla - January 7, 2012

Pertamax powered by Koneksi Dewa >>> http://www.paketinternetmurah.com <<<

9. Wiro Sableng - January 7, 2012

Huft… Kena Jaring….

10. pengikut muhamad - January 7, 2012

Info tiger 250?

11. MIMPI_INVINION - January 7, 2012

TOP…

12. brandon21 - January 7, 2012

sekarang mana ada sih yg bener2 jujur kang. klo menurut gw sih pada sekolahin kaki dan tangan kanan dulu dah biar irit. lagian klo asal main tuntut tanpa bukti dan fakta, sama aja omong kosong lah..

perlu ditambahkan kang:
dalam kasus civic hybrid tsb yg gw baca di web otomotif lain, disebabkan karena kualitas baterenya mengalami penurunan kinerja, jadi mesin bensinnya lebih banyak bekerja, otomatis konsumsi bahan bakarnya jadi lebih boros.

13. CB 150 F HORNET a.k.a New Megatron - January 7, 2012

wah mirip kasus bebek yg katanya 70km/lt itu di lapangan mentok 50km/lt …

14. rafiesatya - January 7, 2012
15. dugal ngupoyo - January 7, 2012

lho ilang

16. ardiantoyugo - January 7, 2012

tul… JANGAN KEKECILAN NULISNYA…..

17. vanz21fashion - January 7, 2012

pabrikan indonesia tenang saza.. kondisi hukum dan birokrasi negara ini berbeda dengan USA dan negara maju lainnya.. kalo di luar ‘semua bisa teratur’, di indo ‘semua bisa diatur’

18. orgil - January 7, 2012

sing penting payu…. :mrgreen:

19. vixy182 - January 7, 2012
20. widodoprana - January 7, 2012

juara #13..

21. Black_Viper - January 7, 2012

Negeri paman sam kan apa2 bisa di gugat, lah disini pemerintahnya di sumpel pake duit coin aja udah diem.

22. Rudy Sou1 - January 7, 2012

klo disini banyak yang g jujur :D

23. one08 - January 7, 2012

Kalau yang begini perlu transparansi nggak mas haji? Galau saya dibuatnya… :sad:
http://blackcat160.wordpress.com/2012/01/07/heboh-mobil-esemka-benarkah-murni-karya-anak-smk/

24. hi hi hi - January 7, 2012

Yup harus jelas dalam kondisi atau metode apa keiritan itu tercapai, sama alat ukurnya juga standard. Yg gw heran napa motor skrg di spedoonya gak ada tergambar daerah foc ekonomis, dulu astrea 800 sampe prima, v80 robot ada tuh, jadi pemakai teredukasi untuk menjalankan motor di daerah itu.

25. juraganneon - January 7, 2012

kalau yg kasus 73 km/l tapi faktanya hanya 47 km/l bagaimana ya?
untung rakyat indonesia bodoh2 gak ngerti klaim-klaiman :D

26. uungferi - January 7, 2012

mantabhhh asikkk

27. Rokrow - January 7, 2012

bukannya biasanya di brosur2 kendaraan ada bintang kecil diatas tulisan yang mengatakan bahwa nilai konsumsi tersebut tergantung kondisi dan tempat?( biasanya sih jauh dari cara pemakaian sehari-hari)… bukannya mendukung nih ya, just asking hehe

btw di A.S. aja tahun 70an bokap gw nembak senapan burung ke udara (buat buru burung), eh ga lama 2 polisi nyamperin rumah, rupanya tetangga yg rada jauh rumahnya ngelapor ke polisi..

28. thole - January 7, 2012

honda ya? males bgt, udah kebiasaannya gto
*tepokjidat

29. kantong kresek - January 7, 2012

betul ituuu

30. jaos - January 7, 2012

halloouuwww fanboi hongkong? Tuh, lihat usaha pembodohan akhirnya ketemu batunya………
masih mau ngeles “ada tanda bintang kecil, itu kan hasil test irit”?
ya bisa, selama masih di INA ya laku pembodohan kalian……….

hahahah

31. jaos - January 7, 2012

memang sih klaim produk lebih irit dari kompetitor bisa menjadi alat marketing yang jitu untuk melakukan penetrasi di pasar . . . namun hendaknya segala Informasi ini di mention secara JELAS sehingga tidak menjadi multitafsir ataupun sesuatu yang ambigu. Misalnya gini . . . Bila suatu prodUk motor memiliki nilai konsumsi bahan bakar 50 kilometer per liter bila dijalan kan konstan 50 km/jam . .. maka Kondisi PENGGUNAAN konstan 50 km/jam haruslah JELAS terinformasi ke Konsumen. Jangan kekecilan nulis nya
===
hai fb hongkong, monggo jabarkan koar2 cerdas kalian……..kalo gak sanggup, ya monggo telan bulat2 ini kutipan…bulat2 yaa jgn setengah2….

tapi prediksi saya, kalian gak bakal pintar2 juga. Buktikan saya keliru…

32. extmusketer - January 7, 2012

honda gitu loh … OVER ACTING :mrgreen:

33. ipanase - January 7, 2012
34. arif - January 7, 2012

apa yang akan terjadi pada astra honda motor apabila seluruh pemilik BeAT – mulai edisi pertama sampai yang sekarang – di Indonesia menggugat mereka karena klaim 73 KPL tidak terbukti?

dan sekarang, PT SIS mungkin sedang was-was karena telah mengklaim produk terbaru andalan mereka, nex, bisa menempuh 79 KPL yang diganjar rekor MuRI.

35. Ay - January 7, 2012

Pemilik Beat bisa gugat gak ya…? :D

36. Blitz - January 7, 2012

Jadi inget beat.. :D

37. dewadi - January 7, 2012

HOW ABOUT ” MOBIL ESMKA”…?

38. tukang underestimate - January 7, 2012

73 km/ liter…?

39. Nine Photoworks - January 7, 2012

Thanks infonya..
Ijin share ya…:)

Nine Photoworks
http://ninephoto.wordpress.com/

40. stnk - January 7, 2012

seperti dulu klaim supra fit

41. jnr - January 7, 2012

operator selular juga tuh…

42. Ghost - January 7, 2012

Hahaha, tukang kibul kesandung k0ns0men

43. dave - January 7, 2012

kalo disini mah konsumen nya baik2,,
jarang bakal ada yg gugat menggugat,,
soal nya percuma,, pasti ga di denger,, cmiiw..

44. Vyzex - January 7, 2012

Gila
Masak 12 km/ liter aja nggak bisa.

Rusak kali tu mobil

45. red komar - January 7, 2012

p135ku dibrosur 50 km/liter tp aktualny bisa lebih dr 50 km/liter.kadang 52,55 itupun agak mbalap dikit,coba kalo santai,tp ane speedlover..brati mutu dias 100persen.jd g cuma mutu bagus tp ada nilai bonus(milageny)bwt ane.lha ini pakta ki piye,ra percoyo coba wae..

46. djoeng - January 7, 2012

jadi inget beat..

47. reihan - January 7, 2012

di sini jg ga ad yg bener kq, ngomongnya 70 km/l eh dapetnya cm 48 km/l..jauh..dunk

48. dsamsudin - January 7, 2012

sbg contoh, kesuksesan honda beat tak lepas dari iklan yg disebutkan 73km /liter. nyata temen saya ngotot bilang konsumsi bensin miliknya memang segitu tanpa meliat aktualnya

49. overlap - January 7, 2012

khusus utk fbh, fbs, fbb(mw). yg nggak bisa bikin mobil produksi massal minggir dulu.

50. thole - January 7, 2012

berita koyo ngene, konsumen menggugat produsen gara2 masalah klaim irit ga terbukti, pabrikan sekelas honda gto lo, yo ngisin2i tenan dab,
tepokjidat

51. ryo - January 7, 2012

kalau di indo make acara gugat ke pengadilan kasusnya tak terhingga… :lol:

52. thole - January 7, 2012

kata fanboi, ini namanya blunder…..
ora ding, bukan blunder, tp khilaf xixixixixi :mrgreen:

53. thole - January 7, 2012

gara2 kebakaran jenggot, penjualan ga pernah nyenggol toyota, bikin klaim palsu

eh, disini juga sama, kebakaran jenggot gara2 meong, beat jual klaim palsu, dasar hondut hondut wkwkwkwk

54. sabdho guparman - January 7, 2012

lha kalau sampai unitnya kebakar seperti liputan mas lingga

http://asmarantaka.wordpress.com/2012/01/06/sekarang-giliran-piaggio-125-yg-kebakar-di-vietnam/
kalau di US mungkin dah kena recall besar-besaran

keep brotherhood,

salam,

55. H. profesor. Dr. Ir. kiwil .SH DLL DKK - January 7, 2012

kata FBH orang bule gak bisa baca tanda * kali ya?
itu kan jebakan betmen, dari pada di bilang salah pilih mending ajak orang lain ikut-ikut biar ada temen nya,……..ha…ha….jiah tepuk pantat

56. HRM® Corp - January 7, 2012
57. tovavanjava - January 7, 2012
58. mildut - January 7, 2012

Fbh pd ngumpet klo ada artikel ky gini.kaya ketEk ketulup..!xixixi

59. mildut - January 7, 2012

Ah…paling2 alesannya salah tulis.harusnya 12,xx tp salah tulis jd 21,xx.

60. red komar - January 7, 2012

ayo balapan irit2tan sama ane…siapa brani.

61. JHOND - January 7, 2012

honda beat 73km/liter ternyata cuma 45km/liter

62. JHOND - January 7, 2012

kia picanto 23km/liter padahal 15km/liter

63. red komar - January 7, 2012

brarti baru bajaj pulsar dong yg g bo ong.salesny bilang spare part murah ternyta murah bener.g prcaya cek diberer pulsar.brati dialam bawah sadar bajaj mengedukasi dunia permotoran.

64. Nabra - January 7, 2012

disini juga, pada lebay, bilang gratis, tapi pake syarat dan ketentuan ditulis kecil2 dan gak bisa di lihat :(
Spec motor juga lebay, spec bahan bakar yg dikeluarin seperti kata mas taufik, konstan 50km/jam… actual jalan raya ya jauh sama spec … wkwkwk …

65. raya - January 7, 2012

lha mobil hybrid umur lima tahun, baterenya sudah turun kemampuannya, jadi yang bekerja cuma mesin berbahan bakar doang, motor listrik gak berfungsi, ya wajar kalo boros..
ganti dulu batere mesin listriknya, nanti jadi irit lagi..

66. red komar - January 7, 2012

baru bajaj dong yg ga bohong.ni kayany misi besar bajaj…

67. tuxlin - January 7, 2012

wah wah ati2 nih kalo bikin iklan xx KM/L hehehe

68. uungferi - January 7, 2012
69. yunus - January 7, 2012

jelas, jujur dan gamblang (opo bahasa indonesiane ‘gamblang’)

70. Bambang - January 7, 2012

berarti ntar motor Y yg injeksi baru kalo tidak lebih irit 30% dari injeksi sebelumnya bpleh dituntut dong? (kalau tidak dituntut balik)

71. stnk - January 7, 2012

tukang kibul… Si pancy juga gak sesuai klaim pabrikan… Supra fit juga dulu malah sampai 80km/lt, hahaha konsumen pada ketipu, kendaraan yang di test kan sudah di modifikasi supaya irit, di cekik konsumsi bensinnya, terus jalan yang dipilih dikondisikan supaya gak keluar bensin banyak..

72. zuhry - January 7, 2012

iklan operator semua kayak gitu!!!! tanda bintang * tulisan super mini…harus cek inet website mereka!!! gimana yang gak ngerti inet di desa2???? jebakan betmen….pembodohan rakyak!!!
om ben bilang YOUUU….MOROOOON YOUUUU!!
soal claim keiritan setau gw cuma bajaj yang paling bener… apalagi si XCD yang sampe 100an per liter dari MURI, dijelasin juga dengan speed berapa gigi berapa klo gak salah….
salut gw, ayoooooo semua pabrikan bikin motor irit ramah lingkungan!!! SAVE OUR EARTH !!

73. jaos - January 7, 2012

Fb hongkong gǟƙ berani komen cerdas..krn pembodohan harus mereka telan bulat2 demi penjualan ala tepu2 ke konsumen tetap aman lancar jaya manis tanjung dempul.

Untung di ina jualannya…hahaha…

Jadi laris itu bukan krn konsumen2 udah pada pintar tp krn pencitraan via iklan langsung dan gǟƙ langsung sdh berhasiil…nah di area ini yamaka, suzy dan kawaks kalah sama hendi.

74. H3 - January 7, 2012

Nah…lho..

75. rafiesatya - January 7, 2012
76. Jepun75 - January 7, 2012

Kalau disini ati2 bro, bisa2 dituntut pencemaran nama baik

77. samsi suardi - January 7, 2012

mah0nda selalu ngasi bullsh1t

78. FuadStuxnet - January 7, 2012

jadi ngakak ngelihat suzy nex yang diklaim 79km/l #tepok jidat :D
lebih2 fby, kencengnya nggak seberapa borosnya apuum dahhhh #ancoor.com

79. nha - January 7, 2012

Gw juga mau cmplai ke YMKI, xixix masih ada ngak ya, Masa Mio yang kencang 115 KMPJ ternyata realnya cuma 88 KMPJ saja. Ini boleh di ajukan kepengadilan ngak bangk opick, (nlirik fansboy non hongkong) ;)

80. nha - January 7, 2012

Mau CLAIM jug apiksen yang 135 Kmpj relanya cuma 110han hehhex terpaksa lirik lagi fansboy non Hongkong deh ;)

81. nha - January 7, 2012

Mau claim lagi mx yang bisa bikin rubuh jembatan ternyata ngak bisa matahin pentol korek dijalanan. kelirik lagi deh fansboy non hongkon ;)

82. nha - January 7, 2012

Mau komplai n lagi Xeon gw kok ngak bisa nembus mobil wkwkkw ;)

83. overlap - January 7, 2012

sebaiknya hormati proses hukum, tunggu keputusan pengadilan sblm komen aneh2 jgn sampai udah teriak kuenceng salah pula. bedakan pula mana yg ngibul resmi, mana yg ngibul fb*

84. jape methe - January 7, 2012

semua iklan di indonesia banyak ngibulnya dr operator tlp seluler, obat, shampo, kosmetik sampai otomotif. Dan semua tenang2 saja soalnya kalo konsumen mau protes ntar malah dituntut pencemaran nama baik, ingat sedot pulsa

85. k!ng_julien.. - January 7, 2012

kalo terjadi pada banyak mobil harusnya sudah ada recall,dan patut di tuntut dan ganti rugi yg g sedikit nilainya,tapi kalo hanya 1 atau2 unit ane rasa itu cuma kesalahan produksi,harusnya g melenceng jauh dari test pabrikan atau test independent.itu sebabnya untuk menjaga kualitas pabrikan2 besar macam toyota maupun honda tidak segan2 me’recall’ unit2 yg diduga bermasalah(walaupun untuk masalah kecil macam tombol power window,kualitas material ornamen dashboard dll)yang jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu unit,sering denger kan beritanya,googling aja..
atau
http://www.mediaindonesia.com/foto/14100/Honda-Hancurkan-1055-Mobil-Baru-Akibat-Terendam-Banjir
sekedar berbagi aja bro,g ada maksud apa2,keep brotherhood,N safety first,dan jangan sampe kesalip??..

86. encek - January 7, 2012

1liter sanggup 73km hahahaha ini pasti HOAX, motor apakah itu….., fans boy Honda pasti Dah Hapal wkwkwkwk…… Dasar HONDA Kecuuuuu…!!!!!

87. overlap - January 7, 2012

contoh ngibul resmi aka ngibul pabrikan:
motor bisa bikin rubuh jembatan, bisa nembus mobil
contoh ngibul fb*:
1liter sanggup 73km

88. Mercon C gak Mretelli - January 7, 2012

Saya juga minta klaim, Katanya Yamaha semakin di depan, gak taunya semakin pasrah, wah, kecewa nih sebagai pengguna yamaha

89. red komar - January 7, 2012

kl ane ngibul pakta.

90. Endrix - January 7, 2012

sip setuju Kang Taufik

OOT dikit, sudah terbukti New Jupiter MX konsumsi BBMnya kalau bawa kenceng (berakselerasi maks. 80kph) dapet 40km/liter, namun jika dibawa halus maks speed 70kpj bisa irit hingga 45km/liter

http://www.sejutaumat.com/2012/01/07/striping-baru-new-jupiter-mx-2012/

91. Mercon C gak Mretelli - January 7, 2012

Saya juga komplain, saya ngebut naik xeon di ringroad utara, sampe 100 kpj an, kok penyeberang jalan yang dilewatin gak compang-camping ya bajunya, ahh,,, HOAX nih :mrgreen:

gitu2 masih dibela aja ama fanboiY

92. Louis - January 7, 2012
93. Louis - January 7, 2012

gue juga mo komplain,,,, kata New Jupiter Z larinya kenceng bnget kayak di iklan… nyatanya larinya ngeden….

94. Louis - January 7, 2012

Klaim Pabrikan… ABsoluterevo tembus 75KMPL
aslinya malah 104.9KMPL…. Biyuh….
aneh toh…
http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/05/30/319848/24/8/Wow-Di-Surabaya-Adu-Jagoan-Irit-Revo-Tembus-10499-kmliter

95. Louis - January 7, 2012

saya kasih saran…
mending FBY nuntut AHM aja tuh masalah konsumsi BBM… yg absoluterevo bisa tembus 75KMPL tuh…
pasti direspon cepat ama AHM dengan dibuktikan kebenarannya…

96. herty - January 7, 2012

Kayak gak tau aja siapa yg suka ngibul IRIT hahahaha

97. thole - January 7, 2012

^
^
dasar fanboi koplax, gw tanya apa mereka mendeklarasi, bahwa motor X bisa ngrubuhin jembatan? tidak.. itu bahasa iklan,
apa mereka mendeklarasi, motor Y bisa nembus mobil? tidak juga, itu bahasa iklan, tapi coba jawab apa mereka mendeklarasi motor A bisa tembus 73kpl? monggo dijawab kalo kalian bkn fanboi buta, jelas iklannya aja bilang 1 liter bisa 73km, wkwkwkwk

98. thole - January 7, 2012

bedanya Honda ama Yamaha,
kalo honda dia berani patok harga irit 73kpl,
kalo yamaha dia cuma berani bilang, irit (karna irit relatif) wkwkwk fanboi koplax

99. arie - January 7, 2012

Nice Info :)

100. speed_lover - January 7, 2012

kalo motor honda irit dah biasa kali?? tapi si lemot boros yamaho bilang irit??? cuman bualan komeng sama dede mizawar aja deh kayaknya!!! iklanya aja xeong racun irit padahal borosnya minta ampuuun!! miong racun aja dah buooorrroooosss apalagi xeong racun!! deket-deket aja sama pom bensin!!

101. jaos - January 7, 2012

disepakatin aja ala koar fb hongkong, yaitu ‘hancurin jmbatan, nembus mbl, baju compangcamping’ adalah ngibul.
eh…untuk ngibul level rendah kelas teri yg anak TK aja tau itu ngibul, si hendi malah bikin lebih canggih….yaitu bebek berbunyi mtr sprot multisilinder, tulisan iklan norak ‘winning sambil makan balado pedas’, tulisan2 hi-tech super tinggi di bebek/skutiknya….yg raa2 org dewasa dan apalagi anak TK aja sudah gak sanggup pahami ……….hahaha

eh….masih tega2nya ngibul soal irit……

saya ajarin nih arti ngibul….ngibul artinya kau sedang ngasi kesan yg berlebihan atau tidak sebenarnya dari kenyataan yg ada secara sengaja dgn membengkokkan, menyembunyikan, mengaburkan kebenaran demi mendapatkan apa yg kau inginkan……….CMIIR

nah si yamaka ada ngibul……..hendi, apalagi, rajanya dan bagaimanapun selalu unggul soal ngibul. hahahah

102. speed_lover - January 7, 2012

yang ngibul asli ngibul100% adalah yamaho irit padahal buuuoorrrooossssss bgt!!

103. jaos - January 7, 2012

speedo dibuat ‘ngibul’ itu bisa demi safety ….tapi irit dibuat ngibul demiii??? yak, bentoel biru……demi jualan semata.
efeknya.? …monggo dipikirin sendiri…

104. Dani Ramadian - January 7, 2012

HONDA klaim irit 73 km/l
SUZUKI klaim irit 79,6 km/l

Motor Jaos ma Thole klaim apa yaaaaa?
nggak ada yang pantas di klaim, wong iklannya
palsu semua :)

Lebay : ON

105. wiwiadiwibowo - January 7, 2012
106. jaos - January 7, 2012

aneh jg, koar2 kosong fb hongkong koq selalu nyangkut2 ke yamaka?
jgn2 dikira fanboi si Heather Peters, 46 tahun, warga Los Angeles, Amerika Serikat, itu FBY pulak …huahahah

hoi, paranoid yoo……hahahah

monggo fb hongkong silahkan lanjut sekarang ngibulnya…….komen saya cukup di sini saja.

107. dancok - January 7, 2012

mirip kasus honda beat yang gemar memakai “bintang kueeccillll banget” untuk ngasih tau kalo irit bbm 70km/l itu cm hasil tes dengan kecepatan konstan..

malah bnyk konsumen yg ga liat dan akhirnya kuciwa beraaatt

kita liat aja apa suzuki nex yg diklaim mampu 79km/l dalam kecepatan konstan 40km/jam akan menampilkan faktanya sebesar2nya ato menggunakan bintang kecil yg hampir tidak kebaca

kita liat marketing mana yg paling bodoh!!!

108. Dani Ramadian - January 7, 2012

Mas Taufik…
Sudah ada produk hukum dari masalah tersebut belum?
Kita kan perlu tau juga untuk akhir masalah ini…dan
dijadikan pelajaran :)

@Thole dan Jaos
Buset…begitu senengnya kamu kalo ada merk HONDA yang
lagi ada masalah…lupa kamu dengan masalah yang ada
dengan motor pujaan-mu? Cari deh…dari pada tambah
malu²in…

@all
Segala sesuatu itu jelas dengan syarat. Dan hanya orang
yang nggak mau baca/ngerti saja yang terperosok…Justru
ahir² ini banyak orang yang makin cerdas dan semakin bisa
memilih…mana yang pantas dipilih…dan mana yang hanya
busa dari iklan…
Pada tau kan…yang kaya busa…ya ditinggalkan konsumen… :D

Sedikit mengingatkan…
1. Produk operator, semua bilang murah dan gratis. Ada
syaratnya nggak semacam itu? Kalo bilang sip, apakah
jaringannya benar² sesuai coverage area dan terbukti?
Benarkah mereka sudah 3G/HSDPA semua? Tulisan syarat
nya besar atau kecil?
2. Pengguna internet langganan pasti tau, apakah bedanya
time base dan kuota. Syaratnya ada atau enggak? Ditulis
besar atau kecil?
3. Pengguna HP apapun, klaim vendor dalam manual book-nya
stand-by sekian jam, beroperasi sekian jam. Syaratnya…bla
bla…bla… Tulisannya gimana? Tergantung kondisi dan provider yang digunakan. Jadi habisnya nggak sesuai. Sudah pernah baca?
Tulisannya besar atau kecil?
4. Pengguna DSLR kamera, sesuai klaim pabrikan, shutter
counter-nya sekian puluh ribu jepret. Kalo tidak sampai,
ada syaratnya atau tidak? Gimana tulisannya?
5. Baterai DSLR tahan sampai sekian ratus jepret, apakah
syaratnya ditulis dalam kondisi panas (terik matahari) bagaimana
kalo dingin (seperti di Bromo atau daerah dingin lain) kok nggak
sesuai dengan klaim pabrikan. Ditulis bagaimana syaratnya?
Ada yang sudah baca?
6. Ada yang punya head-unit terpasang di mobilnya dari merk
Ken***d atau Pio***r? Kalo membaca keping CD bajakan gimana
hasilnya? Tertuliskah syarat dan ketentuannya? Di manual book
atau di mana-nya?

Banyak lagi lainnya kalo mau nyari hal kayak gitu…

Nih bonus from Suzuki :)
Siiiipppp

http://i1179.photobucket.com/albums/x400/daramlg71/SuzukiNex1e.jpg

http://i1179.photobucket.com/albums/x400/daramlg71/SuzukiNex2.jpg

109. briptu - January 7, 2012

Duaarrrr…
yamaho fans nongol semua

110. Rui anduk - January 7, 2012

=================================
sekedar pembelajaran untuk smua. jadilah konsumen yang baik

=================================

soal irit-iritan honda klaim sbb sesuai yang ada dibrosur.. ane ambil photo sendiri.
[IMG]http://i.lulzimg.com/f56445be1b.jpg[/IMG]
metoda pengujian ke iritan berdasar ECE R40
ternyata ECE R40 merupakan standar emisi gas buang.

silahkan baca link ini http://www.scribd.com/doc/61304277/%E0%B8%81%E0%B8%8E%E0%B8%A3%E0%B8%B0%E0%B9%80%E0%B8%9A%E0%B8%B5%E0%B8%A2%E0%B8%9A%E0%B8%81%E0%B8%B2%E0%B8%A3%E0%B8%99%E0%B8%B3%E0%B9%80%E0%B8%82%E0%B9%89%E0%B8%B2%E0%B8%A3%E0%B8%96%E0%B8%99%E0%B8%A2%E0%B8%99%E0%B8%95%E0%B9%8C%E0%B9%81%E0%B8%A5%E0%B8%B0%E0%B8%8A%E0%B8%B4%E0%B9%89%E0%B8%99%E0%B8%AA%E0%B9%88%E0%B8%A7%E0%B8%99-ECE-Regulation

oke lah klo begitu. mari kita cari standar uji yang dilakukan seperti apa. ternyata ada di honda juga penjelasannya
linknya silaken dilihat http://world.honda.com/motorcycle-picturebook/idling-stop/index.html

klo takut jebakan betmen ane kasi tabel image kecepatan pengujiannya dari honda juga
[IMG]http://world.honda.com/motorcycle-picturebook/idling-stop/images/graph.gif[/IMG]

monggo dirata-ratakan berapa ntu kecepatan yang dipakai.

klo ga percaya dengan tabel tersebut monggo lihat dan baca standar pengujian berdasarkan kecepatan untuk roda dua yang ternyata regulasi ECE R47 bukan ECE R40 dilink sbb
http://www.combustioninstitute.it/proc/proc2008/data/papers/IV/IV-8.pdf
ni sedikit cukilannya.. klo ga kuat buffer
==============================
2.2. Driving cycle
Vehicles were tested during the driving cycle recommended by the European type approval procedure. Four-wheelers without discrimination between light-duty and passenger cars have to be tested on the New European Driving Cycle (NEDC) consisting of an urban (UDC) and extra-urban part (EUDC). The UDC includes 4 repetitions of the same module with a maximum speed of 50 km/h. During the EUDC, the maximum speed reached is 120 km/h.
The NEDC has to be executed with cold start, that is the engine is kept off for at least 6 hours before the start of the cycle. The type approval driving cycle for mopeds is different. Known as ECE R47, it includes only an urban route consisting of 8 repetitions of the same module Meeting on Combustion
IV-8, 2 with a maximum speed of 45 km/h. The first four repetitions executed with cold start constitute the warm-up phase and last ones the sampling phase. Fig. 1 displays the speed trace of both NEDC and ECE47 cycles.

========================================
dipotong lagi biar jelas. BTW moped=motor ya
The type approval driving cycle for mopeds is different. Known as ECE R47, it includes only an urban route consisting of 8 repetitions of the same module Meeting on Combustion
IV-8, 2 with a maximum speed of 45 km/h. The first four repetitions executed with cold start constitute the warm-up phase and last ones the sampling phase. Fig. 1 displays the speed trace of both NEDC and ECE47 cycles.

========================================

mari bayangkan jika honda spacy dengan standar uji kecepatan berdasarkan bukti-bukti yang ane kasi barusan yaitu ECE R47 adalah 45kmj klaim iritnya 1:40
berapakah ke iritan pada kecepatan rata-rata 60kmj yang banyak dipakai oleh masyarakat indo dalam naik motor? silahkan dihitung sendiri. kan udah pada pintar. bisa internetan kok nda bisa ngitung..

111. aku - January 7, 2012

jupiter gue kok di belakang terus ya… apa juga bisa klaim?…

112. aneapaente - January 7, 2012

jupe gue diblakang truz…apa bsa klaim..kata komeng slalu d depan….

113. stnk - January 7, 2012

bijimane nih YLKI…. Banyak konsumen ketipu

114. samsi suardi - January 7, 2012

Wah setelah tengki bocor, getar parah & rangka coak, ada lagi tipuan baru mah0nda ckckckck……
gw sih udah gak tertarik lagi beli produknya mah0nda

Kalo masalah jembatan rubuh & baju compang camping sih cuma humor belaka. Kayak kalian gak tau aja iklan yg menarik seperti apa. Tapi kalo klaim irit? Wah wah, itu gak boleh sembarangan klaim. Berat tanggung jawabnya. Bisa2 berujung di pengadilan

115. samsi suardi - January 7, 2012

Sama kayak gua nasibnya tuh orang. Gw punya mah0nda juga, tapi gak seirit yg diklaim. Udah gak dapet irit, eeeehhhhh gw malah ketimpa sial tengki bochor

116. samsi suardi - January 7, 2012

Kalo tengki bochor bijimane tuh? Udah puluhan ribu orang kena. Kasian bener konsumennya

117. samsi suardi - January 7, 2012

jembatan rubuh? baju compang camping?
gak bisa bedain antara humor dengan klaim?
semua yg nonton udah pada ngerti kalo naik motor spt itu gak akan bikin jembatan rubuh & compang camping
beg0 lo fbh semua, gak punya sense of humor

118. mercon - January 7, 2012

udah… udah… fbh jangan di bantai… maklum aja… di warung sebelah mayoritas fbh kagak ngarti bahasa inggris…. :mrgreen:

*nyumet lilin… disamping dinamit…

119. scnk - January 7, 2012
120. Taufik - January 7, 2012

All Bro
Tulisan ini tidak menjudge suatu produk apapun, namuan lebih ke sebuah ‘permintaan’ kepada pabrikan agar ketentuan/kondisi untuk memperoleh nilai konsumsi bahan bakar yang diklaimnya diketahui sehingga konsumen minimal sedikit tercerdaskan, cmiiw, imho

121. Bonsai Biker - January 7, 2012
122. red komar - January 7, 2012

dari tengah malem mpe skarang masih ada yg koment,luar biasa ni blog.

123. red komar - January 7, 2012

pulsar ane g ngibul,saking jujurny speedopun dibikin jujur.ane prnah bareng sejajar ma newjupemx ane lirik kl g salah 105 km/jam,tp pulsarku baru 90 km/jam.

124. Yaya - January 7, 2012

Jadi inget blade, katanya kencang eh diasepin mulu ama jupi z, padahal udah pake stiker racing, fender racing & spion racing, kurang apalagi coba.
Terakhir malah dimiripin jupi z, kok msh lemot ya?

125. thole - January 7, 2012

@Dani Wiro
komentarmu panjang lebar, isinya sami mawon, pembelaan thd iklan ngibul, wkwkwkwkwk ngakak :mrgreen:

126. thole - January 7, 2012

ciri2 fanboi koplax kalo ngoceh ga pake otak, pake emosi buakakakakak :mrgreen:

127. yuyuro - January 7, 2012

yang link tadi bener ya???http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/05/30/319848/24/8/Wow-Di-Surabaya-Adu-Jagoan-Irit-Revo-Tembus-10499-kmliter
kereen nih kalau beneran…. setara dengan claim MURI si xcd 125cc yang sampe 104,sekian km per liternya….. (SPEEDO BAJAJ XCD). . .
kita tunggu calin revo ntu….ada bukti data dari yang independent gak ya?? (macam MURI???)…..
tapi yang jadi pertanyaan seperti pertanyaan ane di blog oom iwb…

“APAKAH PENGARUH DEVIASI SPEEDO TERHADAP GPS, BAKAL BERLAKU JUGA KE DEVIASI ODOMETER”????

ane copas lagi ya dari pertanyaan n contoh2 kmaren:

“48. mantyasih – Desember 27, 2011

gus tri, sedikit masukan, mengingat, speedometer ada deviasi, apakah hal itu tidak berpengaruh juga di odometer? sehingga, kilometer ditempuh oleh odo, tdk sesuai dengan kilometer actual, yg dikarenakan deviasi speedo…

sbg gambaran,

motor A: untuk yg deviasi speedo mencapai hingga 15%, maka jarak 60 km by odometer hanya akan menjadi 52-an km. jika konsumsi bbm mencapai 1,5 liter, brarti actual konsumsi adalah sekitar 1:34,78

motor B: jika deciasi speedo hanya 5%, jarak 60 km odo bs jadi adalah sktr 57 km. jika konsumsi bbm mencapai 1,6 liter, maka actual konsumsi menjadi sktr 1:35,71

dgn cara sekarang, terlihat motor B lbh boros (butuh 1,6liter utk jarak sama 60 km by odo), padahal actual lbh irit.

ayoo di bahas bikin artikel nyaaaa”

128. dancok - January 7, 2012

honda gemar banget membodohi konsumennya,,,cuih!!!!

mending jujur kacang ijo dech

ane sih udah tau glagatnya hondut

129. chelsea - January 8, 2012

seles2 maho stress ngapain lo ngumpul di marih! Urusin noh pabrikan lo yg udh sekarat! Wkwk

130. fbh awam - January 8, 2012

gak heran kalo yamaho semakin hancur, ibarat rumah tangga sendiri udah ancur2an, eeh masih sempet2nya mereka ngerasani tetangga sebelah yg sdg digandrungi! Biar seles maho aka fby2 ngemeng ngalor ngidul juga g akan ngaruh ke honda! Yg ada pabrikan yamaho sndiri yg semakin nyungsep!!

131. chelsea - January 8, 2012

yg gw bingung ini seles2 yamaho gobl*k ngapain ngurusin tetangga??? Emang yamaho bisa buat mobil??? Urusin noh suling udh merdu belum? :mrgreen:

132. furqon - January 8, 2012

semut di seberang laut jelas kelihatan…
Gajah di pelupuk mata justru tidak terlihat… Sungguh org seperti itulah yg akan menghancurkan diri sendiri dan lingkungan sekitar(pabrikannya).. sudah terbukti sekarang.. Semoga yamaha sadar akan hal ini…

133. speed_lover - January 8, 2012

ciri2 fby koplak ngomong pake pantat! :P

134. fbh awam - January 8, 2012

ciri2 fanboy ‘sakit’, pabrikan mau sekarat tp bc jalan terus! Lanjutkan bc mu nak! Sampe dmn sich pengaruhnya ke honda? :Mrgreen:

135. fbh awam - January 8, 2012

tp ngemeng2 yamaho bisa bikin mobil g yach?? :mrgreen:

136. kareem - January 8, 2012

hehe.. @fbh awan!
Boro2 yamaho bisa bikin mobil! Bikin suling aja masih suka paless suaranya! Wkwkwkkakak.

137. kareem - January 8, 2012

ciri2 fby culun kalo komen soal roda 4 langsung di alihkan ke roda 2… Maklum pabrikan koplak.! Sama kayak panboynya Bisanya cuma bikin roda 2 doank (itu juga kalo gak bangkrut :mrgreen: ) sama gitar butut! Wkakakakakk

138. red komar - January 8, 2012

skali lagi mantaaaaap ni blog,komentny drtengah malem mpe tengah malem lg,luar biasa…

139. liverpool - January 8, 2012

@kang haji..
Mungkin g sich gugatan terhadap sedan hybrid honda itu termasuk bagian dari konspirasi??
Mengingat di USA sendiri saat ini memang sedang memanas persaingannya antara mobil pabrikan jepun vs eropa vs amrik itu sendiri…? Apalagi di film need 4 speed honda civic mantep bgt apalagi pas waktu pakai nose! Wuuzzz..

140. cub70 - January 8, 2012

silahkan FBY berpesta…”tidak mengubah apapun akan koar2mu itu”…

buat om topik. UKUran tulisan apa diatur dengan Undang2? kalo dibikin gimana bahasanya, besar ato kecilnya ukuran kan relatif…

141. cub70 - January 8, 2012

kalo hanya koar2 menjelekkan itu perkara mudah…trus kontribusi perbaikan ato usulannya apa?

142. Mbelgedhess - January 8, 2012

HONDA GITU LOHHHHHHH

143. Mbelgedhess - January 8, 2012

OKE..HONPRET MENANG JUALAN……PABRIKANNYA KAYA RAYA….TAPI HASIL TIPU…………SILAKAN KLO MAU DIBANGGAIN

144. junior - January 8, 2012

toyota fokus di mobil dan hasilnya adalah brand dgn mobil terlaris dunia…

Yamaha fokus di motor! Tapi knp yg memegang tampuk penjualan terlaris dunia malah honda?? Pdhl honda kan g cuma fokus di motor tp juga mobil etc, tanya kenapaaaa??

145. dancok - January 8, 2012

ngakak bc komennya wkwkwk

146. dancok - January 8, 2012

belilah kendaraan dari segi kualitasnya
jangan liat merk
karena setiap rupiah yang anda keluar mengurang keringat anda
hahahaha

147. fbh awam - January 8, 2012

pertanyaan yg sering di lontarkan pembaca ‘netral’ di sebuah blog otomotif adalah, kenapa yamaha g mau(g bisa) bikin mobil?? Dan kenapa juga yamaha sekarang cenderung hancur lebur?? Jawabannya adalah ternyata mereka selama ini telah mempekerjakan org2 dgn mutu SDM yg begitu rendah!! Mau bukti??? baca aja komen2 selesnya dari atas! Terutama trio jonatholl, :mrgreen:

148. fbh awam - January 8, 2012

ciri2 seles dgn SDM rendah adalah selalu menjelek-jelekan produk kompetitor tanpa memandang masalah dalam pabrikannya sendiri.. Dan honda g akan terpengaruh bc rendahan spt itu!

149. yoyoq - January 8, 2012

komentar di penuhi sampah2 yamaho! Wkwkwkw.,

150. yoyoq - January 8, 2012

hönda bisa bikin motor n mobil+ jaya dlm penjualan karena memang di dukung dgn mutu SDM yg baik, g kaya tetangga sebelah yg suka usil tp g bisa buat apa2! :mrgreen:

151. liverpool - January 8, 2012

tempo hari ane pernah kok liat mobil yamaha lg jalan santai di sekitar monasco tp kok velg nya geal-geol ya..?? Minumwine.com

152. Rokrow - January 8, 2012

kok komentar yg mendidik sedikit bgt ya? kebanyakan komen yg menebar kebencian, ciri2 identitas bangsa kah?…-___-

153. putra inhil - January 8, 2012

Betul nii….. Konsumen jangsn mau di bodohi…

154. kantong kresek - January 8, 2012

fbh ngumpet fby berpesta.. *kabur*

155. santai coi - January 8, 2012

Adakah pabrikan yg bener2 jujur? klo ada ane bakal setia dah ma tu pabrikan. ane bakal promosiin ke temen2 ane. Ane g akan hapus identitas pabrikannya di motor seperti motor2 jepang ane sekarang.

156. k!ng_julien.. - January 8, 2012

sori kang OOT sitik..
Kalo konsumsi honda beat 73kpl itu hasil lomba irit yg diadain AHM,,hasilnya tentu bervariasi dan hasil terbaiknya adl73kpl,klaim pabrikan jg g segitu koq bro,masih jauh di bawahnya..
kalo g sempet googling ane kasi nih link nya..
http://motorplus.otomotifnet.com/read/2008/06/18/730/24/8/Beat-Cetak-Rekor-1-liter-73-km
mudah2an koneksi internet fanboy semua bagus,jd bisa liat sendiri,kalo mau nuntut,ya tuntut aja pemilik situs di atas,beres kan..
semoga pada akur semua ya..

157. red komar - January 8, 2012

dr kmaren malem smpe td malem trz smpe pagi ini masin brlanjut komentny..

158. Mercon C gak Mretelli - January 8, 2012

masih mending yamaka indo kalo ngibul, lah, yamaka global lebih parah, tanpa diduga, fansboy nya bikin rumor YZF R250, wkwkwk,,, desainnya super kibul lagi, 4 silinder, gak jauh beda ama fby atit hati yang gak kebagain jatah R15, wkwkwkwk,,,, :mrgreen:

makanya pada panas semua tuh, saking siriknya ama cbr, ahihihihi :D

159. r - January 8, 2012

itu yang pertamax dihapus aja kang, ngiklan gitu, ini blog jangan dikotori oleh hal2 begituan, kalo mau ngiklan, harus ijin kang haji taufiq dulu, pasang di banner, ato kolom, ….dasar…

160. ariiiiiii - January 8, 2012

yang baru bangun tidur atau lahir nee saya kasi linknya ya… http://www.supercarstats.com/cars/yamaha/ox99-11/6/

161. ipanase - January 8, 2012
162. boerhunt - January 8, 2012

lesson learn mendingan ke konsumen kang, jgn takut komplen, kalo ke pabrikan gk bakalan ngefek selama blom pernah ada komplen konsumen yg spt itu yg berhasil dimenangkan konsumen

163. Rollerman - January 8, 2012

masih mending yamaka indo kalo ngibul, lah, yamaka global lebih parah, tanpa diduga, fansboy nya bikin rumor YZF R250, wkwkwk,,, desainnya super kibul lagi, 4 silinder, gak jauh beda ama fby atit hati yang gak kebagain jatah R15, wkwkwkwk,,,
====================================================
aahh perasaan Honda pernah ngibul juga,tuh CBR 250 yg dgembor2kan pke dual headlamp (majalah young machine,majalah yg menampakkan YZF R250 juga) eh ternyata pke headlamp yg berbeda,malah yg katanya pke mesin Unicam,ehh malah pke mesin touring,ohh iya,CBR 150 juga katanya bisa menghasilkan power 19 HP ternyata juga cuman ngibul

tenang aja,sesama ngibul gak perlu teriak ngibul.emgnya Honda punya ente kok demen bgt belain Honda,padahal ente kedudukannya sebagai KONSUMEN,tidak lebih.

Konsumen kok membanggakan produk yg dibelinya n menjelek2an produk lain,apa pantas yah?yaa kecuali produk yg anda beli itu milik negara Indonesia,baru ente bertindak benar

MIKIR DUNK JADI MANUSIA N SEBAGAI ORANG INDONESIA

164. red komar - January 8, 2012

@santai choi:kalo bner nyari boleh dicoba beli pulsar.ane jujur pemakai sih,tp motor ane mang jujur.diantarany milageny,spare part,speedo dlsbgny mendekati sesuai dng iklanny,malahan ane dpt nilai lebih yaitu lbih irit dr klaim pabrik.

165. mbelgedhess - January 8, 2012

PARA PEDAGANG HONPRET DAN F-BH MASIH JUGA NGIBUL TEPU2X TERUS……TARIK MAAAANGGGGGG

166. juraganneon - January 8, 2012

fbh kebakaran jenggot… ngibul sih :lol:

167. speed_lover - January 8, 2012

yamaho irit???? opo tumon??? :P :P :P sampai kiamat yamaho tetep aja boros!!! enginering yamaho sdmnya kan rendah!! dan anehnya meskipun buorrooss tetep aja lemot!!! :P

168. speed_lover - January 8, 2012

opo tumon yamaho irit??? :P :P :P sampai kiamat yamaho tetep aja buoorrrroooooossssssssssssss!!!!!! :P :P :P karena insinyur yamaho sdmnya sangat rendah dan tidak peduli terhadap lingkungan buktinya boorrooss!! :P dan meskipun buoorrroosss tetep aja lemooooott!!!! karena kalah saing bisanya cuman nge-BC!!! :evil:

169. Onthel - January 8, 2012

Bukannya pd diambil hikmahnya, malah pd ngeles

170. red komar - January 8, 2012

tes hari ke 2 pada artikel ini,apa masih berlangsung koments..

171. learningfromlives - January 8, 2012
172. melek - January 8, 2012

kapan indo bisa belajar !?!?
yg bisa jadi pelajaran di indo hukum itu melek, melek ama yg berduit..
pasal omong kosong smua..
Ayo sapa yg brani nuntut si Jonpis ? <– kena pasal 4 neh
Ayo sapa yg brani nuntut si new kembar kaleng yg mengatakan lebih irit ? <- jelas2 kena pasal 8
Ayo yg melek hukum…
Duit semua tuw, KLO SUKSES MENUNTUT ?:D

173. wong ndeso - January 8, 2012

ternyata klaim orang Amrik tu terkait performa batre… jadi ditelaah yang lengkap napa…sampe segitunya berapi-api…

sudah jelas beat dan suzy nex dalam iklannya ada keterangan dengan metode tertentu…
bahkan suzy nex yang dapat rekor muri dan lebih irit dari beat juga dengan metode tertentu…
dan metode itu ada standard internasionalnya…

beruntungnya yamahi belum pernah nulis motornya sekian km/liter…
setahu saya yang pernah klaim itu hnd, kawaks, bjaj, suzy…

tinggal tunggu suzy nex ala anak jalanan…apakah seheboh beat berapi-apinya “konsumen biasa”…

174. temonsoejadi - January 8, 2012
175. juraganneon - January 9, 2012

rakyat indonesia tidak mungkin mengklaim karena bodoh bodoh pantesan gampang dikibulin :lol:

176. vegadeth - January 9, 2012

disini Beat diklaim 1/73 dipasang depan pabrik Honda Sunter. pas di tes Mas Tri cuma 1/40an. Tp biasa aja tuhhhhh, Honda gito lohh.

177. Agung Novian - January 9, 2012

Honda kena batunya :D

178. fbh awam - January 9, 2012

^^
Kena batunya apanya mas?? G ngaruh tuch,, Bkn nya pabrikan sebelah yg kena bangkrutnya..? :mrgreen:

179. Mercon C gak Mretelli - January 9, 2012

@rollerman
santai aja donk bro, ini kan buat manas-manasin FBY aja, atau jangan2 situ FBY sejati, salam kenal bro :mrgreen:

180. namharira - January 9, 2012

lha metik yang 70liter koq ga ada yang gugat yah?

181. Dani Ramadian - January 9, 2012

@179 Mercon C
Koyok’e arek Malang iku si Rollerman…
Ancen FBY arek iku… :mrgreen:

182. asemlala - January 10, 2012

mercon FBH sejati tooohhh?? kwkw salam kenal MAHOnda

183. T.N.I - January 15, 2012

TAPIIII….. TETEP MOBIL HONDA DAPET PENGHARGAAN YANG TERBAIK DARI MASYARAKAT AS !!!

NIH LINKNYA…

http://otomotif.kompas.com/read/2011/06/28/14494225/Mobil.Honda.Raih.Kualitas.Terbaik.di.AS

184. Roy - March 5, 2012

@T.N.I

ya Honda is Good…



%d bloggers like this: