cek_fisik_bantuan_1

Bro sekalian, Pekan kemarin Bro Aji  dari Surabaya (makasih banget bro) mengatakan pada tmcblog bahwa ia ingin mencari pengalaman mengurus surat surat Motor barunya yang sengaja ia beli secara Off The road di Surabaya . . . Dan setelah beliau sukses mengurusnya, Lima Halaman Letter Microsoft word deskripsi pengurusan dikirim via email ke tmcblog news room HQ dan tentu saja hal positif ini tmcblog share secara terbuka via artikel ini. Ada dua keuntungan yang diperoleh bro AJI melihat pengalamannya ini yakni yang pertama ia mendapatkan STCK (surat Tanda Coba Kendaraan)  sebelum Faktur keluar, BPKB lebih cepat  dan Komulatif nya bisa lebih hemat 1 Jutaan Bro  . . . Gimana caranya  . . . Cekidot :

Minggu kemarin Ane beli motor baru. Kebetulan sudah nabung dan memang perlu manambah armada.

Motor yang saya beli adalah:

–          Honda Spacy PGMFI alias injeksi  110cc. Produksi 2012 (fresh from the oven)

–          Harga off the road Rp 10.900.000,-. Sedangkan harga OTR adalah Rp 13.720.000,-. Harga ini adalah untuk area Surabaya.

Alasan mau repot urus surat sendiri:

  1. Kebetulan ada informasi di koran kalau di Jawa Timur, tarif BBN (Bea Balik Nama) untuk kendaraan bermotor diturunin dari 15% ke 10%. Sedangkan harga OTR tetap.
  2. Ingin menambah pengalaman dan melihat sendiri kualitas pelayanan petugas publik kepada wajib pajak.
  3. Cari kembalian duit dibanding beli OTR dari dealer (perkiraan saya dengan selisih pajak saja bisa 500 ribu lebih)
  4. Dukungan penuh istri (xixixi)

Saya korbankan ½ hari pertama untuk mencari info yang valid di Samsat (wilayah saya sesuai KTP adalah Surabaya Timur, di Jl. Manyar Kertoarjo).  Pemikiran awal saya sebenarnya adalah bagaimana caranya melakukan cek fisik tanpa membawa motornya. Secara, takut nekad bawa motor tanpa surat. Setelah muter-muter ke calo, teman biro jasa, petugas loket 20 (pengurusan kendaraan baru), petugas cek fisik dan saudara yang kebetulan kerja juga di Samsat, ternyata Cek Fisik harus dilakukan dengan membawa kendaraan yang bersangkutan ke Samsat. Tidak bisa diakalin. Hehehe.

Ya sudah, akhirnya plat nomor lama milik motor tua saya pindahin ke motor yang baru. Walaupun kalau dilihat pasti ketahuan kalau bukan plat aslinya, paling tidak memakai plat nomor. Berbekal info awal, saya sudah mengantongi beberapa nama  kontak dari petugas yang bersangkutan di Samsat.

Dari info awal ini pula, saya ketahui bahwa walaupun kita beli kendaraan kosongan (tanpa surat/ off the road), dealer seharusnya sudah menguruskan plat nomor dasar putih untuk ujicoba atau istilah polisinya: Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK). Bunyi undang-undangnya kalau tidak salah: “Setiap kendaraan bermotor harus dilengkapi dengan STNK atau STCK yang sah dan asli. Kelalaian terhadap hal ini dapat dikenakan denda maksimal Rp 500ribu”. Dengan STCK dan plat putih, kendaraan sudah dapat kita kendarai secara sah.

Nah, karena sebelumnya oleh dealer saya hanya diberi Faktur asli rangkap 3 dan kuitansi pembelian, maka saya kembali ke dealer tempat saya membeli. Awalnya agak susah untuk mendapatkan surat pengantar. Akhirnya dengan sedikit mengancam, saya bisa mendapatkan surat pengantar berkop dealer (gambar 3)  dan satu map untuk mengurus STCK yang berisi form permohonan STCK warna hijau, 2 stiker untuk gesekan nomor rangka dan mesin. Map ini biasanya dijual dealer seharga 45ribu, namun saya mendapatkannya secara gratis.

Oke, setelah prasyarat sudah lengkap, esoknya saya mulai petualangan ini.

Hari 1 : lama pengurusan 2 jam (jam 11-jam 13.00)

Lokasi : Samsat Surabaya Timur, Jl. Manyar Kertoarjo No. 1 Surabaya.

Bekal yang dibawa:

  1. KTP asli pemohon + Faktur asli rangkap 3.
  2. Surat Pengantar Dari dealer (Kop delaer+Stempel & T.Tangan. Tanpa materai)

Isinya menjelaskan rincian identitas kendaraan yang akan kita urus.

  1. Map pengurusan STCK (isinya: Form isian STCK warna hijau, stiker gesekan untuk nomor rangka+mesin dengan warna pink muda). Nah map ini dan surat pengantar harus kita peroleh dari dealer kalau memang STCK harus kita urus sendiri. Karena sejatinya STCK adalah atas nama dealer, bukan perseorangan.
  2. Siapkan copy KTP 4 lembar dan dokumen lain 2 set.
  3. Kesabaran dan uang receh 10ribuan.

Urutan peristiwa:

  1. Menuju Samsat Surabaya Timur dengan membawa motor baru dan langsung parkir di tempat cek fisik.
  2. Naik ke lantai 2 bagian BAMAT (kalau tidak salah kependekan dari Bagian Material). Temui Pak Slamet.
  3. Dari pak Slamet kita akan dihadiahi stempel di atas Faktur. Lalu kita disuruh menuju loket cek fisik.
  4. Di bagian cek fisik kita bisa ketemu pak Argo, hadiahnya stempel juga “Kendaraan datang” di atas Surat Pengantar dealer. Kita tidak bisa langsung cek fisik karena belum ada paraf dari BAMAT (hammer). Jadi balik lagi ke BAMAT. Paraf dibubuhkan di atas stempel di Faktur asli.
  5. Menuju loket 1 untuk mendapatkan formulir lengkap (Form Permohonan BPKB, Form Permohonan STNK, stiker gesekan 2 set). Di sini seharusnya tidak ada biaya, tapi karena saya lupa menyebutkan bahwa saya WP (Wajib Pajak) alias mengurus sendiri, maka kena palak 30 ribu.
  6. Balik lagi ke bagian cek fisik. No rangka dan mesin digesekkan di 3 set stiker yang kita peroleh sebelumnya. Satu untuk ke bagian STCK (Polda-warna pink), satu BPKB (Polda) dan satu lagi untuk STNK (Samsat).
  7. Saat cek fisik biarkan petugas yang melakukan gesekannya. Makanya kita siapkan tip 10ribu. Karena tidak seperti petugas PLN atau Secure Parking, seragam mereka tidak ada tulisan “No Tipping”. Hehehe. Tapi kali ini saya ikhlas kok.
  8. Di bagian ini kita dihadiahi banyak sekali stempel. Biarkan saja mereka sudah hafal dan biasa melakukannya.
  9. Samsat part 1 selesai.

Hari 2 : lama pengurusan 2 jam (11.00- 13.00)

Lokasi : Ditlantas Polda Jawa Timur, Jl. A. Yani, Surabaya.

Bekal yang dibawa:

  1. Semua berkas dari hari 1. Jangan lupa mengisi lengkap Form permohonan pengurusan BPKB di bagian identitas pemohon dan data kendaraan. Harus dilakukan dengan mesin ketik, tidak boleh ditulis dengan tangan. Bagi yang tidak punya mesin ketik, bisa melakukannya di Polda. Mesin ketik hanya tersedia satu buah, jadi harus rela ngantri. Kebetulan saya punya mesin ketik di rumah sisa jaman Babe jadi RT dulu. Hihihi.
  2. Pakai sepatu dan baju yang rapi, biar ngga diusir dari Polda. Jangan lupa lepas jaket kalau masuk lingkungan polda.
  3. Motor baru tidak usah ikut.
  4. Kesabaran dan uang receh untuk parkir.

Urutan peristiwa:

  1. Menuju bagian belakang gedung Ditlantas di bagian cek fisik. Menemui Pak Dedi atau staffnya. Di sini kita peroleh lagi banyak stempel dan kode-kode yang dibubuhkan di hampir semua dokumen yang kita bawa. Di bagian ini tanpa biaya.
  2. Langsung ke bagian STNK (masuk gedung Ditlantas ke kanan). Cari Pak Sugeng. Bilang aja mau urus STCK. Di sini kita harus serahkan copy Surat Pengantar Dealer, stiker gesekan warna pink dan mengisi blanko data dealer. Biaya 55ribu (saya rasa kok tidak resmi, karena tanpa bukti pembayaran)
  3. Tunggu sebentar, STCK asli langsung jadi. Selanjutnya dengan STCK itu kita bisa langsung mengambil plat nomor putih di Samsat Surabaya Selatan di Jl. Ketintang  Seraten (belakang Polda).
  4. Mengurus BPKB di bagian BPKB wilayah Timur (masuk gedung Ditlantas ke kiri). Temui Pak Suhardi. Serahkan:

–          asli Surat Pengantar Dealer

–          Formulir Permohonan BPKB yang sudah diketik dan penuh stempel

–          stiker gesekan 1 set.

Kemudaian anda akan diminta membayar biaya pembuatan BPKB sebesar 80ribu (resmi, ada bukti pembayaran) melalui loket Bank BRI yang tersedia di sana.

Setelah itu anda akan menerima Surat Keterangan dari Polda (bahwa identitas kendaraan dan pemilik sudah lengkap dan benar sesuai fakta yang ada serta BPKB sedang dalam proses pembuatan). Surat ini ditujukan ke Samsat untuk membuat STNK dan plat nomor.  Oh iya, Nomor Polisi anda ditentukan di sini. Mungkin kalau mau pilih nomor cantik, bisa dibisikkan ke petugas di sini (CMIIW).

  1. BPKB dijanjikan selesai dalam 2×24 jam di hari kerja Senin-Jumat. Salinan Faktur untuk pemilik juga diserahkan bebarengan BPKB. Wow cukup cepat kan.

Pengambilan di bagian belakang Ditlantas Polda, di sebelah tempat cek fisik.

  1. Menuju Samsat Surabaya Selatan di jalan Ketintang Seraten (hanya 5 menit dari Polda).

Langsung menuju bengkel plat nomor di bagian belakang. Serahkan copy STCK untuk mengambil plat putih. Tunggu 5 menit langsung jadi. Tanpa biaya.

  1. Pindah lagi ke Samsat Surabaya Timur di jalan Manyar Kertoarjo. Serahkan sisa dokumen ke loket 20 (pengurusan kendaraan baru). Tunggu sebentar untuk diproses.
  2. Lakukan pembayaran di kasir dengan rincian sebagai berikut:

–          Biaya cetak STNK = Rp 50.000,-

–          Biaya pembuatan nopol (sekarang namanya Nomor Registrasi) sebesar Rp 30.000,-

–          Biaya Balik Nama (BBN) kendaraan baru sebesar 10% dari harga perkiraan Dispenda setempat, yaitu Rp 10.600.000,- x 10%= Rp 1.060.000,-

–          Pajak Kendaraan Bermotor (tahun pertama) = Rp 159.000,-

–          Biaya SWDKLLJ (Jasa Raharja) = Rp 35.000,-

–          Selanjutnya untuk tahun kedua dan seterusnya anda hanya membayar PKB+SWDKLLJ saja. Sifat PKB menurun seiring nilai kendaraan yang menyusut.

  1. Tunggu saja sampai dipanggil untuk menerima STNK asli dan Nomor plat baru anda.
  2. Karena plat nomor asli sudah jadi, maka sebenarnya plat putih dan STCK tidak diperlukan lagi. Yah inilah Indonesia, seharusnya pengurusan STCK pada kasus saya ini bisa menjadi optional.
  3. Selesai. (saat inipun saya menunggu waktu untuk mengambil BPKB asli)

 Total biaya:  Rp    1.509.000,-

Biaya tidak resmi (tanpa bukti pembayaran)

  1. Beli Formulir di Samsat                                                          Rp      30.000,-
  2. Biaya pembuatan STCK                                                          Rp      55.000,-
  3. Tip petugas cek fisik Samsat                                                  Rp      10.000,-

Biaya resmi (ada bukti pembayaran)

  1. Biaya pembuatan BPKB                                                        Rp       80.000,-
  2. Biaya cetak STNK                                                                Rp      50.000,-
  3. Biaya pembuatan nopol                                                        Rp       30.000,-
  4. Biaya BBN kendaraan baru                                                   Rp  1.060.000,-
  5. Pajak Kendaraan Bermotor                                                   Rp     159.000,-
  6. Biaya SWDKLLJ (Jasa Raharja)                                             Rp       35.000,-

Kesimpulan:

Pengurusan surat kendaraan baru tidak susah dan jauh lebih murah. Pada kasus ane selisih Rp   1.311.000,-. Yaitu harga OTR Rp 13.720.000,- versus (Rp 10.900.000,- + 1.509.000,-= Rp 12.409.000,-). Worthed lah!.

204 COMMENTS

  1. whuah hebat…hebat….pelajaran berharga…..tapi sayangnya..tidak semua sanggup dan bisa……karena perlu kesabaran dan keuletan serta keberanian …….itulah indonesia…seharusnya dealer menginformasikan mau diurus sendiri atau diuruskan dengan biaya Rp……….. jadi semua transparan dan akuntabel….xi..xi..xi.. kalau semua ngurus sendiri samsat bisa kaya kondangan…..

  2. wewww.. lebih murah dari harga OTR Jadetabek..
    Kasus ini hanya berlaku untuk di ibukota propinsi ya, secara harus lewat Polda segala.

  3. info yg sangat berguna kang… saya mau tanya sekalian. mungkin suatu saat bisa dibuatin artikelnya. saya kn mau beli mobil di jakarta. lokasi saya d malang. jatim. prosedurnya gmana tu kang… saya liat selisih harga avanza 10 juta. jkt dg jatim. makasih kang

  4. nice infoh kah.. tapi untuk di bogor kayaknya ga yakin secepat itu kang untuk bpkb, soalnya samsat pusat jabar nya kan di bandung …

    kalo surabaya enak, ada di kota nya sendiri

  5. H3 betul banget bro.

    Bayangkan Rp. 1,3 juta kali 52 juta motor di Indonesia (data BPS 2009). Uangnya bisa buat membantu penduduk miskin di indonesia atau bisa buat bangun perumahan rakyat tuh.

  6. kalo motor off the road diurus sendiri, harus ikut dibawa juga, tapi kok kalo kita beli on the road ke diler, motor tetap sama kita……. kok bisa beda gitu ya?

  7. keliatannya metode ini sangat ekonomis hanya untuk yang domisilinya di wilayah POLDA berada (Jatim => Sby, Jateng => Semarang). coba aja yang tinggal di ujung barat Jawa Timur, seperti Magetan, beli off the road, trus urus sendiri ke Polda Jatim di Surabaya, mana harus bawa sendiri motornya pula…….

  8. Sbnrnya bro Aji, kalau tidak mengurus STCK, langsung STNK anda ngga perlu ke polda jatim di A. Yani.

    Kecuali mutasi masuk dr luar Surabaya. Bila anda udah bisa cek fisik di samsat manyar, maka ngga perlu lg ke polda jatim utk urus STCK.

    Cmiiw, soalnya ane urusnya tahun 2008. Mungkin sdh ada aturan yg berubah.

  9. terimakasih banget buat info-nya
    saya sudah pernah baca juga, tentang pengurusan stnk sendiri motor baru yang lebih murah.
    namun ini lebih detil

  10. waduuuuuuuu 1jt selisishnya??? pantesan sales motor kagak mau dikasih tip pas ambil stnk,dianterin kerumah lagi….

  11. di salah satu daerah (JATIM) pengurusan BBN tidak bisa dilakukan sendiri (harus melalui pengurus yang ditunjuk Samsat setempat)

  12. Kalau saya dulu di jogja, urus sendiri surat2 cbr saya lbh hemat 800rb. Bpkb diterima kurang dari 2 minggu dari mulai awal d urus.

    Tapi ulasan ini benar2 memberikan gambran detil. Cuma kelemahan nya beli motornya harus cash, g bs kredit. Kalo mw kredit, ambil kredit tanpa agunan di bank, terus buat byr cash di dealer.

  13. Oya, mtr saya cbr cbu dan ga perlu urus ke pabean. Harusnya dealer/importir umum yg masukin yg urus. Jd kita da dapat faktur dan form A (yg hrz d urus ke pabean).

  14. mantab. semoga kedepannya bisa lebih dipersingkat lagi sisdurnya tanpa mengurangi control. spt ngurus paspor. dulu pasti pake calo. sekarang brani urus sendiri. 😉

  15. Di Posting di Media aja gan… biar semua bisa melihat dengan jelas kalau memang masih ada pungutan2 yg tidak resmi…. salut kang…. kalau saja ada waktu suka juga berpetualang seperti itu…

  16. niad banget,, salut ma usaha nya,,
    btw jadi nya tiap kendaraan baru itu harus ada plat putih nya ya?
    jadi kita bisa pke kendaraan sambil tunggu plat asli dateng?
    dah 2 bulan lebih neh motor saia belom di kirimin plat nomor.. -_-

  17. mantabs buat keuletannya bro… 😀 😀

    tapi ane jadi nelongso mbaca ceritanya… sistem administrasinya ribettttt…. padahal kita mau “ngasih duit” ke negara 🙁

  18. wah artikel mantap..coba di share kang..

    pajak sekarang turun dari 15% ke 10% lah harga motor on the roadnya turun jg ga ya??
    lain kali kalau beli motor nyoba mandiri ahh.. lumayan buat beli bensinya setaun dari pada dikasih buat bayar sal*s.. upsss..

    ati2 banyak sal*s kebakaran jenggot pendapatannya berkurang..xixixixi

  19. selisihnya bisa sampai 10% dari harga motor on the road ya??
    beli spacy selisih 1,3 jtan..
    IMHO…mungkin kalau beli mio atau beat selisih 1,2 jt.
    mx, supra , axelo bisa selisih 1,4-1,6jt,

    beli vixy, byson, mgpro bisa selisih 2jt..
    wiiiiihhhh.. mantap juga bisa dapet pertamax plus 220L.. cukup lah buat setaun.. jadi ga ada kasus zat adiktif lagi..

    izin copas kang..

  20. Cuma mau meluruskan.
    Sekarang ini ngurus begituan gak ribet kok asal mau meluangkan waktu dan anehnya orang2 disini belum nyoba tapi dah puyeng duluan Dan komentar yang aneh2.
    Kalo di Jadetabek STNK bisa keluar 1 hari cuma ngurusnya memang harus pagi2 banget di Samsat sesuai dengan KTP Dan untuk BPKB keluar 10 hari kerja alias Hampir 2 minggu Dan saya rasa Hal ini juga berlaku juga di samsat2 polda lain.

    Untuk pungli saya akuin memang masih Ada dan untuk uang yang 55rb itu rinciannya 25rb buat kertas STCK, 30rb untuk biaya pembuatan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) Dan itu memang biaya resmi (Boleh di cek kebenarannya).

    Jika seandainya masalah kertas gesek sebenarnya kendaraan tidak perlu di bawa ke Samsat karena kita bisa menggeseknya sendiri di rumah dengan kertas kertas gesek dari POLRI / Samsat Dan kertas gesek / kertas esek2 harusnya sudah disertakan dalam faktur pembelian kendaraan. (makanya kalo kita beli kredit atau OTR motor bisa langsung Ada di kita)
    Walaupun Ada juga samsat yang meminta kendaraan untuk dihadirkan (ex. Samsat jaksel di polda metro).

    Untuk pengambilan BPKB tidak akan dimintai biaya lagi cukup bawa fotocopy identitas Diri saja semacam ktp atau Sim.

    Semoga membantu 🙂

  21. Kang Haji kok koment saya hilang sih 🙁
    Tambahan dari saya.
    Untuk orang2 yang tinggal di kota besar ini “waktu” adalah sesuatu yang mahal Dan banyak dari kita yang hanya memiliki sedikit waktu luang dan banyak juga yang tidak mengetahui atau tidak mau mengetahui bagaimana birokrasinya karena alasan yang macam2. Hal ini yang dijadikan peluang untuk menghasilkan uang oleh Biro jasa, calo Dan saya sendiri :mrgreen: padahal jika kita mengetahui jalur birokrasinya Hal seperti ini tidaklah ribet dan susah.
    Dan Hal yang terpenting dari semua ini adalah kesabaran karena harus diketahui bahwa setiap harinya kendaraan baru yang masuk di setiap samsat di kota besar itu mencapai ratusan bahkan ribuan unit (kang haji juga kan sering membahas tentang berapa banyak penjualan motor setiap bulannya) untuk kota2 besar. Selain itu kita juga akan bersamaan dengan Wajib Pajak lainnya yg membayar Pajak tahunan dll.

  22. wah enak bisa selisih sejeti… dulu ada sodara beli motor off the road dari jogja (satria fu) harga 16.2 jeti dari harga asli 18.6… berhubung dia tinggal di salatiga (disini harga baru 19.5) jadi tu motor diangkut dari jogja terus ngurus sendiri stnk & bpkb dengan modal faktur… seharian nunggu di samsat malah jatuh harganya sama (19.5) plus rugi 200 rb buat biaya angkut motor… 😀

  23. Saya juga ada pengalaman pribadi mengurus Surat STNK dan BPKB sendiri, berhubung sy membeli motor yg Dealernya sdh tutup. PT SALOMO (Motor Hyosung GT250 comet) pd bulan mei 2011. Sangat mudah dan helpfull dari petugas SAMSAT BALI, dan sama sekali tidak ada praktik pungutan liar dari petugas. Malah saya dibantu oleh beberapa calo/ staff dealer yg sedang mengurus surat2 kendaraan.kebetulan sy tinggal dibali. mungkin sy lebih ribet sedikit dikarenakan Hyosung GT250 belum terdaftar dalam registrasi Pendapatan daerah bali (belum memiliki PIN). sempat ditanya oleh petugas pajak/pendapatan mengenai tipe motor saya, saya bilang saja bahwa motor tersebut sekelas honda tiger. lalu petugas tersebut bilang, mau ga klo pajak per tahunnya dikenakan 300 ribu? saya bilang mau saja.
    Saya hanya mengurus proses dari awal berupa Form A, FAktur kendaraan, hingga jadi STNK hanya memerlukan waktu 1 hari, dan langsung keluar STNK dan Plat Nomor, sedangkan BPKB saya ambil 1 minggu kemudian. Total biaya yg saya keluarkan sebesar 3 juta lebih sedikit, dengan pajak per tahun sebesar 300rb

  24. salut bro!!
    memang kudu sabar ngurus apa2 di negeri ini..!!

    btw, tu selisihnya sebagian untuk jatah polisi, sisanya keuntungan dealer..
    semua senang, kecuali pembeli..
    margin 10% tu banyak bos…
    1,3 juta jg uang yg banyak..
    gaji cleaning service di kantor ane aja ga sampe segitu..
    bangsat memang..
    skalian curhat nih..
    kemaren adik temen ane yg ga waras kena kasus (mencuri, doinya ngidap klepto juga) aja tetep dipalak sama polisi kalo mo urusan beres..
    padahal udah damai sama korban, barang dibayar & udah bawa surat rawatan RSJ segala..
    mending kalo waras&kaya. ini, udah orangnya gila, keluarga ekonomi paspasan jg, tetep aja dipalak..
    buta!

  25. Bagus nih artikelnya, saya juga baru tau kalo ternyata bisa urus sendiri, tapi tetep aja prosesnya gila ribetnya, hehehe.. Ga sanggup deh saya, dari step 1 aja udah lumayan “horror”, sampe harus mengancam ke dealer segala, hehehe… Mending tambah duid sedikit aja deh tapi terima beres daripada urus sendiri.

    Beda banget ya sama di luar negeri, terutama di negara bule yang udah pada maju, disana beli kendaraan second aja pengurusan suratnya sangat2 mudah.

  26. Di Jogja lebih sederhana lagi, tak perlu pakai plat putih. Pengalaman dah 3 kali beli motor off the road semua, selisih rata2 800ribuan. Lumayan hemat dan cepat. STNK 2 hari jadi, BPKB 10 hari dah jadi.

  27. fb2 / salesma salesma pada kemana ya ?
    yang ngebelain produknya klo dibilang operpret ?
    berubah jadi konsumen yg enga mo ribet keknya 😆
    duduk diam terima stnk dan bpkb 😀

  28. bro Aji keren spt bro Yudibatang yg melawan kelakuan polantas yg tdk benar.jd banyak pejuang didunia bikers.hrsny sih para pejuang ini duduk dijajaran kepolisian.

  29. Buat Bro2 di atas.
    @P135LS……thanks info STCKnya….di Surabaya rasanya semua harus dihadirkan fisik. Kecuali pengurusan dealer yang rombongan.

    @Deede….Spacy PGMFI, Lokasi ane di Surabaya, Makanya harga motor lebih mahal.

    @yang punya blog…..Yang biaya STCK silakan diedit Bang Haji. Ternyata emang resmi. Hehehe.

    @Ronny Bar…….kebetulan dealer tempat ane beli orangnya pura2 bego. Karena saya ambil di cabang. Akhirnya yang kasih formulir STCK malah yang pusatnya.

    Intinya sih saya cuman mau share bahwa urus surat sendiri cukup mudah. Saya keliatan ribet karena trial and error. Coba di samsat ada petunjuk/ diagram alurnya pasti ga seperti ini.
    Dan juga mungkin jadi pencerahan ke kita tentang manfaat biro jasa bagi yang ga punya waktu.

  30. Update:

    BPKB sudah jadi sesuai janji dua hari. Mestinya Sabtu, tapi baru ane ambil Senin kemarin ini.

    @91……mas Tugino Putro, plat putih adalah aturan baru per 1 Januari 2012…ngga tau kalau di Jogja

  31. @94. surya : jika ingin ngurus surat kendaraan yg mana baru dan belum ada BPKBnya, baru faktur dan surat pengantar dari dealer. Datang saja ke renon bro, di bagian samsat, nanti disana ada plang PEMBUATAN BPKB baru, nah disana baru cari loket 1 dgn petugas dengan nama BPk. Dwi (klo tdk salah). Disana akan diberikan formulir2. selanjutkan akan dituntun oleh beliau. Dan jika motor dan dealer sudah ada PIN yg terdaftar, jadi tdk perlu repot ke BAPEDA yg terletak satu halaman dgn kantor samsat tsb. Saran saya jika ingin mengurus sendiri datangnya lebih pagi, sehingga bisa kelar dalam satu hari. dan jangan sungkan bertanya dengan petugas, ataupun staff dealer resmi yg sangat banyak berkeliaran disana yg mengurus berkas berkas setumpuk. Oh ya dalam salah satu tahap nanti, ternyata kita boleh kok memilih nomor kendaraan sendiri, karena sangat banyak nomor kendaraan yg dapat dipilih, tergantung dari caranya kita berkomunikasi dengan petugas bagian penomoran kendaraan.

  32. oke juga perlu di coba tuh! Tapi petugasnya ada yg rese nggak, biasanya ada yg minta uang inilah itulah macam2 alesannya. Maslahnya gue pernah ngurus pajak stnk tapi ktp nya mati, ya gitu bayar inilah, ada kenaikan lah pokkoknya rese deh, makanya para calo pada makmur ya! Petugas ama calo nggak ada bedanya.

  33. Sebenarnya saya pingin coba tp yamaha, sayang sekali kmrn saya tanya panjang lebar langsung kw customer service yamaha, cuma dapat blsan email begini :

    “Mengenai pembelian motor secara off the road, hal tersebut biasanya dilakukan untuk pembelian dengan cara instansi (pembelian dalam jumlah besar untuk perusahaan), namun jika pembeliannya secara personal tentunya hal tersebut sulit untuk dilakukan. Sebagai informasi, untuk pengurusan STNK umumnya membutuhkan waktu 14 hari kerja dimana untuk sabtu, minggu dan
    hari kerja tidak terhitung. Sedangkan untuk BPKB motor, standar selesainya selama + 3 bulan. Pengurusan hal tersebut sepenuhnya tergantung dari pihak SAMSAT Kepolisian setempat.”

  34. 98. triskar27..thanks..kmrn saya sempet nanya salesnya AHM katanya hanya anggota (Polisi/ABRI) baru bisa beli off the road..mang bener gitu? trus nomer bisa dipilih tp biayanya 150rb.. lumayan jg kl bisa off the road ambil CBR 250..

    102. Mift..berarti sama kasusnya ma saya

  35. 98. triskar27..thanks..kmrn sempet nanya sales nya AHM, dia blg hanya anggota (polis/ABRI) yg bisa beli off the road..mang bener??
    lumayan juga beda nya kl mo ambil cibi 250..

    102. Mift..berarti sama tu kasusnya ma saya ya..

  36. @ 102 Mift…… biasalah kalau ditakut-takuti. Memang tidak semua dealer mau kasih Off the road. Jangan beli di main dealer. Seperti di Surabaya untuk Honda Main Dealer salah satunya adalah MPM. Sayapun sulit beli dari MPM. Harus keluarga polisi dll. Kuncinya adalah harus diurus sendiri sesuai nama di BPKB. Petugas sebenarnya ga berani macem-macem kok. Passwordnya : WP (wajib Pajak). Teriakkan itu saja kalau ada yang mencurigakan. Anda di kota mana mas bro?

  37. 105@surya@ bener tuh kata 106, mungkin ditakut-takuti aja.. tapi sy ga tau juga ya, karena saya memang beli motor Off the Road dikarenakan karena sudah tidak ada staff/kantor dealernya.. jadi sy beli hyosung GT250gt di jakarta, kemudian dikirim ke bali beserta dokumen2 kepabean dan faktur kendaraan.. jadi saya mulai adventure sendiri di kantor samsat… tapi lagi sekali saya tekankan disini, samasekali tidak ada oknum petugas yang menyulitkan saya dalam pengurusan surat surat kendaraan saya, di kantor pusat samsat renon. sangat terbuka dan transparan

  38. yang pasti ketika saya mengurus kendaraan off the road Hyosung Gt250, yang dikarenakan sudah tidak ada distributornya untuk wilayah bali, samasekali tidak ada oknum petugas yang menyulitkan saya ketika mengurus surat2 tsb, dan semuanya jelas dan transparan. Just only one day, and everything is clear 🙂

  39. @ 105 Surya : Mau coba off the road jua ya Mas Bro?… Udah kepentok di delar sebelum ketemu samsatnya… apa mau dikata???

    @105 Aji : Saya di Purworejo, Jawa Tengah.. ada 3 delar yang terdaftar web yamaha-motor. Kalo bukan main dealer berarti selain yang 3 itu ya? Sebenarnya saya belum ke dealernya langsung, ini masih tanya2 di web nya Yamaha. Pusatnya aja nggak ngijinin, gimana ke bawahnya? Pingin cepet aja susah, apalagi yang cepet dan murah? (sbnrnya saya lebih nargetin dpt stnk dan bpkb cpt, syukur alhmdllh dpt murahnya juga). kemarin tanya lagi lwt email, kata2 terakhir di jawaban itu gini “Oleh karena itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan Yamaha tidak melayani pembelian secara off the road”. Saya rasa itu artinya yamaha tidak mengijinkan pembelian off the road untuk personal.

  40. @ 107 Triskar…… wah Samsat Renon memang pantas diapresiasi. Seharusnya sih ada flowchart di Samsat so everyone can see. Sebenarnya di Surabaya pun lancar. Polda sangat lancar. Namun di Samsat memang tidak langsung open tentang urutan pengurusan yang benar. Hanya di bagian formulir memang suka pungli. Waktu itu saya lupa teriak “WP!” .

    @109 Mift…..sebenarnya sih maksud main dealer bersikap begitu karena menghindari perang harga. Coba saja langsung datangi dealer terdekat. Jangan yang terbesar…hehehe. Jangan lupa minta form, gesekan untuk STCK (plat putih) dan surat pengantar dealer. Ini tanpa nunggu Faktur. Sebutkan hal ini setelah dealer ok buka harga off the road, sebagai bagian dari kesepakatan jual beli.

    @110 adi…..mau beli motor apa masbro?

    • bro aji mohon pencerahannya neh.. kalo beli off the road di denpasar tpi ingin punya surat2 dan plat no. dari jakarta memungkinkan gak ya bro?? secara KTP saya jkt tp domisili denpasar. soalnya kalau saya beli di jkt dan dikirim ke denpasar pasti ada lecet2 selama pengiriman.. 🙁

  41. Seandainya saat berkas dari dealer dibawa ke Bag. Regident (Registrasi dan Identifikasi) Ditlantas Polda Jatim (yang mengurusi BPKB), bro bisa meminta NOMOR KHUSUS kpd mbak Titiek, selama masih dlm rentang angka sesuai dengan jenis kendaraan yg kita urus (unt spd motor adlh kepala 2 hingga kepala 6) dan angka yg kita inginkan masih BELUM TERPAKAI.
    Seperti halnya saya yang berasal dari Surabaya Selatan bisa mendptkan nmr sesuai dengan tanggal dan bulan lahir saya dg huruf blk hanya SATU HURUF yaitu L-2…-X.
    Gratiiiissss…….
    Catatan: KENDARAAN HARUS ATAS NAMA SENDIRI

  42. @111 Aji : Berarti disini justru menghindari dealer “terbesar dan terpercaya” ya? hehehe… Ini urusannya sampai ke Polda ya??wah mesti ngurus ke Semarang klo saya (jauh)… Ngomong2 kalo langsung minta di urus sama dealer kita bisa dapat plat putih buat uji coba kendaraan(reyen) sambil nunggu plat turun nggak ya? Kok saya kemarin liat motor ada yang pakai plat putih di jalanan…kira2 itu ngurus sendiri apa dari dealernya ya?

  43. mas taufiq,
    berharga banget nih info nya. kebetulan saya rencana mau beli piaggio dimana setiap dealer mematok lamanya pengurusan surat 30hari sampai 3 bln.

    harusnya sih prosedurnya sama ya? lumayan kan hemat 1jt bisa beli aksesoris hehehehehehhee

  44. kalau KTP saya Probolinggo bisa gak beli of the road di surabaya kalau bisa tolong dikasih tau dealernya saya maunya ngambil motor honda beat warna baru

  45. saya baru dapat hadiah dari undian bank di tangerang berupa motor spacy injection, tp saya pengin langsung balik nama ke tegal sesuai dengan nama istri saya yang KTP tegal, kira2 prosesnya gmn?apakah harus diurus di samsat di tangerang atau samsat tegal.terima kasih

  46. waaah… iseng googling ternyata bisa jadi rujukan utama tulisan Mas Aji ini, matur suwun sanget mas 🙂

    kebetulan saya barusan beli motor yamaha kosongan, alhamdulillah, yang saya ingin tahu, apakah setiap pembelian motor kosongan fakturnya datang belakangan?

    makasih Mas

  47. Thanks banget mas Taufik, berbekal tulisan mas taufik yg saya print saya coba urus sendiri, cuma bedanya saya di Samsat Kenjeran.
    Ternyata sangat BANYAK membantu tulisan mas Taufik, Di Samsat kenjeran di hari pertama saya cuma butuh menit, lalu ke Polda, cek fisik dll, itupun cuma sekitar 15menit, lalu besoknya saya balik lagi ke Samsat Kenjeran, sekitar 1jam (krn antri).
    beres dah…. hebatnya semua tanpa KKN/pungli (cuma 10rb aja utk ongkos esek@ cek fisik itupun kerelaan aja)…. memang skr pelayanan dlm mengurus ini, bpk + ibu Polisi sangat ramah membantu.

  48. wah..pas bgt…akhirny nemu jg infony..soalny saya br dpt hadiah dr undian sbuah pusat perbelanjaan..pas tny di dealerny untuk pngurusan stnk+bpkn kena biaya 2,3jtaan…mtor sy revo fit..domisili sby barat..patut dcoba niy,gpp lah ribet dkit tp dpt hrg murah..soalny udh kluar duit bnuk jg buat byr pajak hadiahny..hufd…thx for the info

  49. saya jga melakukan pengisian kendaraan R2 baru, namun bedanya saya di Sidoarjo, dan engga perlu ke POLDA, cukup di POLRES. STNK berikut Plat Nomor saya dapatkan hanya dalam waktu 4jam, tidak sampai seharian. untuk alur pengurusan di Sidoarjo sbb :

    Dokumen :
    FC Faktur 4 lbr
    FC KTP 4 lbr
    FC Sertifikat Uji Kendaraan 4lbr
    FC Kwitansi Pembelian 4lbr
    Surat Keterangan dari Dealer
    Surat Kuasa (krna a/n istri)

    langkah 1.
    datang ke samsat untuk dilakukan cek fisik (esek2), meskipun dari dealer saya sdh dpt esek2, tpi di samsat tetap dicek oleh petugas.

    langkah 2.
    selesai cek fisik, semua berkas di bawa ke polres ke Ditlantas lt2 untuk mengisi formulir permohonan STNK. Dengan membayar Rp 80.000 untuk BPKB di Bank BRI. nagh di ditlantas inilah kendaraan kita diberi nomer (mau nomer cantik silakan nego disini).

    langkah 3.
    selesai dari POLRES, semua dokumen dibawa ke SAMSAT, di samsat langsung bayar semua biaya BBN, meliputi BBN 1.090.000, PKB 163.500 JR 35.000 Parkir Langganan 25.000 Total 1.313.500 kemudian ditambah biaya STNK dan cetak Plat 80.000

    saya urus dari jam 09.00, selesai semua jam 13.00 dan hanya menghabiskan biaya
    BBN (PKB,JR,BBN,Parkir) Rp 1.313.500
    BPKB Rp 80.000
    STNK dan Plat Rp 80.000
    Semangkok Bakso dan Teh Rp 10.000
    Total 1.483.500
    Dibandingkan klo diurus di dealer mencapai 2,2jt
    Selisih SOUL GT saya, beli cash 11.6jt + 1,483
    harga OTR Dealer Sidoarjo 14.85jt, hemat Rp 1.766.500

  50. Hari senin kemarin saya selesai ngurus STNK untuk Jupie Z1 saya di Kantor Samsat Malang Kota yang ada di Kacuk.
    Perjuangan dimulai pada hari Sabtu mulai jam 9 dengan berbekal tulisan pengalaman bro Adjie di blog ini;

    Day I : Sabtu
    Cek Fisik
    di Samsat ini saya ditarik 30.000 rupiah meskipun udah bilang WP sendiri.

    Loket Formulir
    ditarik 168.000 rupiah, dapet formulir, diisi, trus ngacir ke Polresta Malang bagian BPKB
    gak tau nih uang 168.000 untuk bayar apa aja

    Polresta Malang
    Daftar STCK, ditarik uang 70.000
    selesai daftar STCK, masuk ruang bagian BPKB daftar BPKB, ditarik 80.000 (baru kali ini ada kuitansinya)

    …..pulang, udah jam sebelas samsatnya pasti tutup karena hari sabtu…

    Day II : Senin
    Langsung masuk ke loket BBN
    Nunggu dipanggil ke Kasir 1
    Bayar BBN, PKB, SWDKLLJ 1.380.500

    STNK dan TNKB diserahkan… Selesai
    BPKB nya masih belum saya ambil di Polresta Malang

  51. numpang tanya mas…saya beli motor jupiter z1 cash waktu sudah 4 bulan tapi blm dapet stnk kata dialer revisi ada kesalahan,trus masalahnya sekarang dealernya tutup g tau kemana,trus apa yang harus saya lakukan.mohon bantuanya.terima kasih

  52. ane beli bajaj off the road 16jt,ngurus surat abis 2,5jt…lumayan balik 2,2jt dari harga cash dealer..skalian gan klo ada yg minat beli off the road kabarin ane..tar ane bantu urus..masalah jasa bisa nego…

  53. Ane kudu ijin 2 hari klo gt…wah…ribed juga ya…ane di bekasi…gak hari libur gak hari kerja bejubel tu samsat dah kyk pasar…. T_T

  54. Wah Makasih bgd share nya mas. Mau tanya donk mas. Saya baru dapat motor hadiah, Faktur sudah atas nama saya, Tapi BBN belum saya bayar (OffTheRoad). Apakah bisa BPKB dan STNK langsung ganti nama dengan sekali bayar BBN?

  55. besok mau ngurus juga ah sendiri berbekal pengalaman dari mas taufik, mohon ijin saya print dulu buat pegangan besok pagi Mei 27, 2013 moga lancar amiiiiiiiiiiiiii………….n

  56. waduh mah kasih pak Taufik, besok pagi akan urus sendiri, mohon ijin untuk print pengalamannya buat pegangan sekalian bisa revisi kalau ada perubahan yang harus disisipkan atau ditambahi, besok pagi 27 Mei 2013 akan saya coba, moga lancar…. amiiiiiiiin

  57. Wah jarang banget ada blogger bisa menampilkan pengalaman berharga ini. Makasi bro !
    ini info mahal yang jarang terangkat di masyarakat

  58. bro mau tanya,,saya di jeddah arab saudi,aku punya honda cbr 600rr th 2010 nah ini motor klo di kargo ke indonesia apa bisa mendapatkan stnk+bpkb?.apa benar kata teman ku harus motor baru yang di kirim ke indonesia

  59. Saya mau tanya pak. Motor saya vespa lama tinggalan kakek.. Mau saya pake lagi tapi stnk dan bpkb nya hilang ntah kmna, apakah bisa diurus lagi , trimakasih

  60. Hi, I found your web site through Google when researching the same make a difference, your website surfaced, it’s just like very good. I have got bookmarked to our favourites features and functions|added to my personal social bookmarks.

  61. Wow… hebat. Salut, bro! Ogut sendiri pengen ngurus sendiri, cuma kayaknya emang perlu waktu, agak susah utk saat ini. Ngurus perpanjang KTP DKI aja, perlu cuti +/- 1/2 hari.

  62. Seharusnya opsi beli On / Off The Road itu menjadi hak konsumen untuk menentukan.

    Tapi coba bayangkan kalau dealer terang terangan membolehkan pembelian Off The Road, ini akan digunakan oleh segelintir oknum masyarakat untuk membeli kendaraan secara Off The Road kemudian tidak melakukan registrasi dan menjadikan kendaraan itu tidak dikenal secara legal formal kemudian bisa saja kendaraan itu dijadikan sebagai alat kejahatan karena tidak ada catatan registrasinya di kepolisian. Tahu sendiri tow, untuk hanya mendapatkan plat nomor abal abal mah gampang tinggal bikin ke perajin pinggir jalan pun dalam 30 menit dah bisa pake plat nomor abal abal tanpa surat2 legal, atau bisa juga oknum masyarakat ini minta bantuan ke sesama oknum dari kalangan aparat untuk minta “no polisi bantuan”, seperti yang “lazim” terjadi pada kalangan moge.

    IMHO, ada baiknya juga dealer memiliki kebijakan tidak menjual Off The Road karena akan memaksa setiap kendaraan yang dijual langsung diproses registrasi legal formal nya, tapi ya jangan nipu konsumen juga lah mengenai biaya nya juga lama dalam proses pengerjaannya. CMIIW….

  63. Bisa sanat cepat ya kalau diurus sendiri, motor baru saya lama ngurus STNKnya sampai 2 bulan belum jadi. Bahkan sampai masa berlaku STCK habis. Kalau ditanya marketingnya bilang “belum saya cek”

  64. ibuq dpt hadiah beat baru… uda kena palak 25% eh.. mo minta faktur buat ngurusin stnk ndiri g boleh… suruh ngurusin pihak yg ngasih hadiah d minta 3,3jt… dtg ndiri ke dealernya jg sama kudu byr 3,3jt… katanya biar panitia ma dealer dpt untung… mohon pencerahan om… niat mo ngurus ndiri biar irit tp g d bolehin… haruskah t ekpos ke media saja…. nuwun

  65. すべて ファッション 愛好家 お待ちしております、次 マークジェイコブス コレクション。
    最も 財布 マルク jacobs.metallic 金めっき と 優れた ジッパーと南京錠。。マーク ・ ジェイコブス ハンドバッグ は 知られている
    の 材料 で、皮膚。 彼女は熱心なです オンライン 買い物客と彼女はどのようになる悲鳴 行方不明 の devoid それ。 彼ら おそらく可能性があります 使用 に行かなければ、設立 の ドレス の
    別 インスタンス。 これは、典型的な ハンドバッグ 調整が デュアル ハンドル座屈します。

  66. Apakah Anda membutuhkan pinjaman ? jika ya, silakan kembali ke kami melalui email (excelservices.managementonline@gmail.com)

    nama:
    Jumlah Pinjaman :
    durasi :
    Negara :
    Tel :

    Email kami secara pribadi melalui email : (excelservices.managementonline@gmail.com)

    menawarkan pinjaman

  67. info menarik,
    ngga heran usaha jualan kendaraan makin menjamur,
    sumber pemasukannya sana sini ndan,.
    😀
    baru baca sekarang
    skalain bookmark doloo dah

  68. Indonesia semuanya yang bisa diduitin dijadiin susah

    prosedur bayar pajak aja dibikin seruwet mungkin supaya pakai calo dan dijadiin bancakan
    bayangin 1 motor klas bebek murahan bisa beda 1 juta,
    setahun 8juta motor = 8 trilyun jadi mangsa petugas dan calo

    bawakakakakakakakakakakakakakaka

    Kalu Indonesia bisa maju
    emang mukjizat ALLAH SWT

    Indonesia raya merdeka!!!!

  69. Saluuuuttttt… keren gan ………..

    Kita urus sendiri saja ……

    Agar calo calo pad makan angin ….

    Selanjutnya gan coba kalo motor built up … gimana ngurusnta gan ……

  70. While there are numerous combinations of strategies that you can play the good guys,
    you will not regret. Through this step, you have to either wait around to stage up
    or spend true money to get clash of clans hack cheats guide cost-free
    gems in the game you lead your clan to victory!

  71. Hi, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just curious if you get a lot
    of spam feedback? If so how do you prevent it, any plugin or
    anything you can suggest? I get so much lately it’s
    driving me mad so any help is very much appreciated.

  72. Hello this is kind of of off topic but I was wanting to know if
    blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.

    I’m starting a blog soon but have no coding skills so I
    wanted to get guidance from someone with experience.

    Any help would be enormously appreciated!

  73. Have you ever considered about adding a little bit more than just your
    articles? I mean, what you say is important and everything.
    Nevertheless think of if you added some great visuals or video clips to give your posts more, “pop”!
    Your content is excellent but with images and video clips, this
    blog could undeniably be one of the greatest in its niche.
    Good blog!

  74. bro Taufik, ikutan komen ya.. sy baru ngurus juga utk BBN 1 + PKB ini, baru beli motor off the road.
    bulan Juli 2014, prosedurnya sbb :
    di SAMSAT
    – bawa motor ke Samsat, siapkan surat2 yg sudah didapatkan dari dealer (faktur, surat jalan, surat pengantar) + identitas diri. masing2 dokumen tsb siapkan copy nya minim 2 copy.
    – di samsat, langsung ke loket 1, ambil form dan map kendaraan baru (ada stempel baru dan tulisan WP). lalu ke loket 2, ambil form gesek / cek fisik.
    – selanjutnya cek fisik, seperti biasa kasih tips sewajarnya ke tukang gesek (anggap aja bagi2 rejeki).
    – setelah itu ke loket 2 lagi, utk stempel dan ttd. lanjut ke Polda.

    di POLDA
    – masuk POLDA, lapor dulu, lepas jaket, tinggalkan identitas utk ditukar dengan ID Tamu
    – langsung ke Ditlantas, belok kiri ke bag. BPKB. Akan diminta utk ke STCK dan selanjutnya cek fisik
    – serahkan dokumen yg diminta di STCK
    – lalu cek fisik di sebelah samping Ditlantas. Ongkos free, tp jika diminta tips, berikan sewajarnya
    – setelah cek fisik, balik ke BPKB, lalu bayar BPKB di loket BRI.
    – habis dari loket BRI, balik ke BPKB, lalu diberi bukti BPKB dan diberitahu kalau BPKB baru jadi 5 bulan lagi 🙁
    – balik lagi ke Samsat

    di Samsat
    – langsung masuk gedung Samsat, loket Pendaftaran Kendaraan Baru
    – Serahkan semua dokumen yg diminta
    – Selanjutnya ke kasir utk bayar BBN, PKB dan STNK + TNKB
    – lalu ke loket STNK, serahkan dokumen + bukti pembayaran
    – tunggu panggilan
    – setelah dipanggil, ternyata diberitahu bahwa STNK masih kosong formnya 🙁
    – dan alat pencetak plat nya rusak, sehingga harus balik lagi 🙁
    – berbekal surat2 yg sudah didapatkan (bukti pajak berstempel “Surat masih dalam proses” dan bukti pembayaran STNK + TNKB + BPKB) lalu meluncur ke tukang plat nomer
    – bayar 30-35rb, tunggu sejam dua jam kelar.
    – pasang plat nomer di motor
    – naik motor, pergi ke toko roti terdekat, lalu kirim rotinya ke rumah saya 😀

  75. I’m truly enjoying the design and layout of your site.
    It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable
    for me to come here and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme?
    Excellent work!

  76. Greetings! This is my first comment here so I just wanted to give a
    quick shout out and say I really enjoy reading your blog posts.
    Can you recommend any other blogs/websites/forums that go over the same subjects?

    Thanks a ton!

    • Atau Mungkin Mas bro Aji yg sharing pengalaman nya di atas, bisa memberikan tips Lain (selain yg sdh di sebutkan di kolom komentar diaras, utk mencari dealer kecil) kira kira bagaimana mencari dealer yg mau menjual off the road dgn harga mendekati njkb nya (tuk contoh kasus di atas itu berati dealer tempat Mas bro Aji menjual spacy nya Hanya 8% lebih mahal Dari njkb nya)… Suwun, hatur nuhun n tararengkiu before

  77. Julak taufik ni mesti nya bikin artikel tentang dealer Mana yg bisa Beli motor ‘off the road’ alias sesuai nilai NJKB nya.. Nah itu pasti Sangat membantu pembeli yg bakal bingung nyari dealer jujur..
    Iya lo Julak…

  78. Gimana kalo kasusnya beli motor Off The Road di Jakarta dan ngurus pajak di daerah mungkin bisa lebih murah lagi.

    Kalo motor yg CBU gmn ya kalo ngurus sendiri pasti rada ribet

  79. mau tanyaa. stnk motor saya hilang sufah 1thn dan skarang masuknthn ke 2,pajaknya. motor saya honda Spacy thn 2012, brapa kah pajaknya dan biaya2 lainnya. karna saya mau urus sendiri.maklum dana mepet sekali. saya lokasi jakarya dan no motor B ..W..terima kasih atas balasannya..

  80. Viar cross x250 buat dua pilihan on the road, dan off the road
    Kl on the road kena biaya 5jt krn tambah part lampu dpn belakang sein dan klakson tdk apa pasti laris manis
    Yg punya viar cross x250 bisa legal/ on the road tolong di share karena saya mau ambil kl gazgas GE250 GZ1 mhl 63jt on the road tdk kuat beli

  81. Nama saya dewi Setiana, warga Indonesia, dari kota surakarta. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman dari Indonesia menjadi sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Emiliana, CEO perusahaan pinjaman Emiliana wilson, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan tanpa jaminan jumlah pinjaman Rp450,000,000 (450.000.000 Indonesia Rupiah) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan dipindahkan langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson11@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: setianadewi2020@gmail.com dan Miss Irawati yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Mrs. Emiliana, Dia juga mendapat pinjaman dia dari Mrs. Emiliana. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: irawatidianna@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here