jump to navigation

Share Detail Langkah Pengurusan STNK dan BPKB Motor Baru Sendiri . . . . Lebih murah 1 Jutaan Bro !! January 24, 2012

Posted by Taufik in : Blogging activity, Tentang Motor , trackback

cek_fisik_bantuan_1

Bro sekalian, Pekan kemarin Bro Aji  dari Surabaya (makasih banget bro) mengatakan pada tmcblog bahwa ia ingin mencari pengalaman mengurus surat surat Motor barunya yang sengaja ia beli secara Off The road di Surabaya . . . Dan setelah beliau sukses mengurusnya, Lima Halaman Letter Microsoft word deskripsi pengurusan dikirim via email ke tmcblog news room HQ dan tentu saja hal positif ini tmcblog share secara terbuka via artikel ini. Ada dua keuntungan yang diperoleh bro AJI melihat pengalamannya ini yakni yang pertama ia mendapatkan STCK (surat Tanda Coba Kendaraan)  sebelum Faktur keluar, BPKB lebih cepat  dan Komulatif nya bisa lebih hemat 1 Jutaan Bro  . . . Gimana caranya  . . . Cekidot :

Minggu kemarin Ane beli motor baru. Kebetulan sudah nabung dan memang perlu manambah armada.

Motor yang saya beli adalah:

–          Honda Spacy PGMFI alias injeksi  110cc. Produksi 2012 (fresh from the oven)

–          Harga off the road Rp 10.900.000,-. Sedangkan harga OTR adalah Rp 13.720.000,-. Harga ini adalah untuk area Surabaya.

Alasan mau repot urus surat sendiri:

  1. Kebetulan ada informasi di koran kalau di Jawa Timur, tarif BBN (Bea Balik Nama) untuk kendaraan bermotor diturunin dari 15% ke 10%. Sedangkan harga OTR tetap.
  2. Ingin menambah pengalaman dan melihat sendiri kualitas pelayanan petugas publik kepada wajib pajak.
  3. Cari kembalian duit dibanding beli OTR dari dealer (perkiraan saya dengan selisih pajak saja bisa 500 ribu lebih)
  4. Dukungan penuh istri (xixixi)

Saya korbankan ½ hari pertama untuk mencari info yang valid di Samsat (wilayah saya sesuai KTP adalah Surabaya Timur, di Jl. Manyar Kertoarjo).  Pemikiran awal saya sebenarnya adalah bagaimana caranya melakukan cek fisik tanpa membawa motornya. Secara, takut nekad bawa motor tanpa surat. Setelah muter-muter ke calo, teman biro jasa, petugas loket 20 (pengurusan kendaraan baru), petugas cek fisik dan saudara yang kebetulan kerja juga di Samsat, ternyata Cek Fisik harus dilakukan dengan membawa kendaraan yang bersangkutan ke Samsat. Tidak bisa diakalin. Hehehe.

:roll: Gambar 2 Form Cek fisik Kendaraan

Ya sudah, akhirnya plat nomor lama milik motor tua saya pindahin ke motor yang baru. Walaupun kalau dilihat pasti ketahuan kalau bukan plat aslinya, paling tidak memakai plat nomor. Berbekal info awal, saya sudah mengantongi beberapa nama  kontak dari petugas yang bersangkutan di Samsat.

Dari info awal ini pula, saya ketahui bahwa walaupun kita beli kendaraan kosongan (tanpa surat/ off the road), dealer seharusnya sudah menguruskan plat nomor dasar putih untuk ujicoba atau istilah polisinya: Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK). Bunyi undang-undangnya kalau tidak salah: “Setiap kendaraan bermotor harus dilengkapi dengan STNK atau STCK yang sah dan asli. Kelalaian terhadap hal ini dapat dikenakan denda maksimal Rp 500ribu”. Dengan STCK dan plat putih, kendaraan sudah dapat kita kendarai secara sah.

:roll: Gambar 3, Surat Pengantar dari Dealer

Nah, karena sebelumnya oleh dealer saya hanya diberi Faktur asli rangkap 3 dan kuitansi pembelian, maka saya kembali ke dealer tempat saya membeli. Awalnya agak susah untuk mendapatkan surat pengantar. Akhirnya dengan sedikit mengancam, saya bisa mendapatkan surat pengantar berkop dealer (gambar 3)  dan satu map untuk mengurus STCK yang berisi form permohonan STCK warna hijau, 2 stiker untuk gesekan nomor rangka dan mesin. Map ini biasanya dijual dealer seharga 45ribu, namun saya mendapatkannya secara gratis.

Oke, setelah prasyarat sudah lengkap, esoknya saya mulai petualangan ini.

Hari 1 : lama pengurusan 2 jam (jam 11-jam 13.00)

Lokasi : Samsat Surabaya Timur, Jl. Manyar Kertoarjo No. 1 Surabaya.

Bekal yang dibawa:

  1. KTP asli pemohon + Faktur asli rangkap 3.
  2. Surat Pengantar Dari dealer (Kop delaer+Stempel & T.Tangan. Tanpa materai)

Isinya menjelaskan rincian identitas kendaraan yang akan kita urus.

  1. Map pengurusan STCK (isinya: Form isian STCK warna hijau, stiker gesekan untuk nomor rangka+mesin dengan warna pink muda). Nah map ini dan surat pengantar harus kita peroleh dari dealer kalau memang STCK harus kita urus sendiri. Karena sejatinya STCK adalah atas nama dealer, bukan perseorangan.
  2. Siapkan copy KTP 4 lembar dan dokumen lain 2 set.
  3. Kesabaran dan uang receh 10ribuan.

:roll: Gambar 4 Form Permohonan STNK

Urutan peristiwa:

  1. Menuju Samsat Surabaya Timur dengan membawa motor baru dan langsung parkir di tempat cek fisik.
  2. Naik ke lantai 2 bagian BAMAT (kalau tidak salah kependekan dari Bagian Material). Temui Pak Slamet.
  3. Dari pak Slamet kita akan dihadiahi stempel di atas Faktur. Lalu kita disuruh menuju loket cek fisik.
  4. Di bagian cek fisik kita bisa ketemu pak Argo, hadiahnya stempel juga “Kendaraan datang” di atas Surat Pengantar dealer. Kita tidak bisa langsung cek fisik karena belum ada paraf dari BAMAT (hammer). Jadi balik lagi ke BAMAT. Paraf dibubuhkan di atas stempel di Faktur asli.
  5. Menuju loket 1 untuk mendapatkan formulir lengkap (Form Permohonan BPKB, Form Permohonan STNK, stiker gesekan 2 set). Di sini seharusnya tidak ada biaya, tapi karena saya lupa menyebutkan bahwa saya WP (Wajib Pajak) alias mengurus sendiri, maka kena palak 30 ribu.
  6. Balik lagi ke bagian cek fisik. No rangka dan mesin digesekkan di 3 set stiker yang kita peroleh sebelumnya. Satu untuk ke bagian STCK (Polda-warna pink), satu BPKB (Polda) dan satu lagi untuk STNK (Samsat).
  7. Saat cek fisik biarkan petugas yang melakukan gesekannya. Makanya kita siapkan tip 10ribu. Karena tidak seperti petugas PLN atau Secure Parking, seragam mereka tidak ada tulisan “No Tipping”. Hehehe. Tapi kali ini saya ikhlas kok.
  8. Di bagian ini kita dihadiahi banyak sekali stempel. Biarkan saja mereka sudah hafal dan biasa melakukannya.
  9. Samsat part 1 selesai.

:roll: Form unt

Hari 2 : lama pengurusan 2 jam (11.00- 13.00)

Lokasi : Ditlantas Polda Jawa Timur, Jl. A. Yani, Surabaya.

Bekal yang dibawa:

  1. Semua berkas dari hari 1. Jangan lupa mengisi lengkap Form permohonan pengurusan BPKB di bagian identitas pemohon dan data kendaraan. Harus dilakukan dengan mesin ketik, tidak boleh ditulis dengan tangan. Bagi yang tidak punya mesin ketik, bisa melakukannya di Polda. Mesin ketik hanya tersedia satu buah, jadi harus rela ngantri. Kebetulan saya punya mesin ketik di rumah sisa jaman Babe jadi RT dulu. Hihihi.
  2. Pakai sepatu dan baju yang rapi, biar ngga diusir dari Polda. Jangan lupa lepas jaket kalau masuk lingkungan polda.
  3. Motor baru tidak usah ikut.
  4. Kesabaran dan uang receh untuk parkir.

Urutan peristiwa:

  1. Menuju bagian belakang gedung Ditlantas di bagian cek fisik. Menemui Pak Dedi atau staffnya. Di sini kita peroleh lagi banyak stempel dan kode-kode yang dibubuhkan di hampir semua dokumen yang kita bawa. Di bagian ini tanpa biaya.
  2. Langsung ke bagian STNK (masuk gedung Ditlantas ke kanan). Cari Pak Sugeng. Bilang aja mau urus STCK. Di sini kita harus serahkan copy Surat Pengantar Dealer, stiker gesekan warna pink dan mengisi blanko data dealer. Biaya 55ribu (saya rasa kok tidak resmi, karena tanpa bukti pembayaran)
  3. Tunggu sebentar, STCK asli langsung jadi. Selanjutnya dengan STCK itu kita bisa langsung mengambil plat nomor putih di Samsat Surabaya Selatan di Jl. Ketintang  Seraten (belakang Polda).
  4. Mengurus BPKB di bagian BPKB wilayah Timur (masuk gedung Ditlantas ke kiri). Temui Pak Suhardi. Serahkan:

–          asli Surat Pengantar Dealer

–          Formulir Permohonan BPKB yang sudah diketik dan penuh stempel

–          stiker gesekan 1 set.

Kemudaian anda akan diminta membayar biaya pembuatan BPKB sebesar 80ribu (resmi, ada bukti pembayaran) melalui loket Bank BRI yang tersedia di sana.

Setelah itu anda akan menerima Surat Keterangan dari Polda (bahwa identitas kendaraan dan pemilik sudah lengkap dan benar sesuai fakta yang ada serta BPKB sedang dalam proses pembuatan). Surat ini ditujukan ke Samsat untuk membuat STNK dan plat nomor.  Oh iya, Nomor Polisi anda ditentukan di sini. Mungkin kalau mau pilih nomor cantik, bisa dibisikkan ke petugas di sini (CMIIW).

  1. BPKB dijanjikan selesai dalam 2×24 jam di hari kerja Senin-Jumat. Salinan Faktur untuk pemilik juga diserahkan bebarengan BPKB. Wow cukup cepat kan.

Pengambilan di bagian belakang Ditlantas Polda, di sebelah tempat cek fisik.

  1. Menuju Samsat Surabaya Selatan di jalan Ketintang Seraten (hanya 5 menit dari Polda).

Langsung menuju bengkel plat nomor di bagian belakang. Serahkan copy STCK untuk mengambil plat putih. Tunggu 5 menit langsung jadi. Tanpa biaya.

  1. Pindah lagi ke Samsat Surabaya Timur di jalan Manyar Kertoarjo. Serahkan sisa dokumen ke loket 20 (pengurusan kendaraan baru). Tunggu sebentar untuk diproses.
  2. Lakukan pembayaran di kasir dengan rincian sebagai berikut:

–          Biaya cetak STNK = Rp 50.000,-

–          Biaya pembuatan nopol (sekarang namanya Nomor Registrasi) sebesar Rp 30.000,-

–          Biaya Balik Nama (BBN) kendaraan baru sebesar 10% dari harga perkiraan Dispenda setempat, yaitu Rp 10.600.000,- x 10%= Rp 1.060.000,-

–          Pajak Kendaraan Bermotor (tahun pertama) = Rp 159.000,-

–          Biaya SWDKLLJ (Jasa Raharja) = Rp 35.000,-

–          Selanjutnya untuk tahun kedua dan seterusnya anda hanya membayar PKB+SWDKLLJ saja. Sifat PKB menurun seiring nilai kendaraan yang menyusut.

  1. Tunggu saja sampai dipanggil untuk menerima STNK asli dan Nomor plat baru anda.
  2. Karena plat nomor asli sudah jadi, maka sebenarnya plat putih dan STCK tidak diperlukan lagi. Yah inilah Indonesia, seharusnya pengurusan STCK pada kasus saya ini bisa menjadi optional.
  3. Selesai. (saat inipun saya menunggu waktu untuk mengambil BPKB asli)

 

Total biaya:  Rp    1.509.000,-

Biaya tidak resmi (tanpa bukti pembayaran)

  1. Beli Formulir di Samsat                                                          Rp      30.000,-
  2. Biaya pembuatan STCK                                                          Rp      55.000,-
  3. Tip petugas cek fisik Samsat                                                  Rp      10.000,-

Biaya resmi (ada bukti pembayaran)

  1. Biaya pembuatan BPKB                                                         Rp       80.000,-
  2. Biaya cetak STNK                                                                      Rp       50.000,-
  3. Biaya pembuatan nopol                                                        Rp       30.000,-
  4. Biaya BBN kendaraan baru                                                   Rp  1.060.000,-
  5. Pajak Kendaraan Bermotor                                                   Rp     159.000,-
  6. Biaya SWDKLLJ (Jasa Raharja)                                             Rp       35.000,-

Kesimpulan:

Pengurusan surat kendaraan baru tidak susah dan jauh lebih murah. Pada kasus ane selisih Rp   1.311.000,-. Yaitu harga OTR Rp 13.720.000,- versus (Rp 10.900.000,- + 1.509.000,-= Rp 12.409.000,-). Worthed lah!.

Comments»

1. thole - January 24, 2012

blh dicoba

2. thole - January 24, 2012

montor semprot bs lbh murah lg tuh otr nya :mrgreen:

3. karismahideung - January 24, 2012

Kebayang ribetnya.. :D

4. Nurk - January 24, 2012

Jadi dalam kasus Bro Aji, selisih 1,3 jeti ini masuk ke siapa aktualnya…? Ke Dealer or ATPM ?

5. chiko - January 24, 2012

sip

6. amxcorpr - January 24, 2012

whuah hebat…hebat….pelajaran berharga…..tapi sayangnya..tidak semua sanggup dan bisa……karena perlu kesabaran dan keuletan serta keberanian …….itulah indonesia…seharusnya dealer menginformasikan mau diurus sendiri atau diuruskan dengan biaya Rp……….. jadi semua transparan dan akuntabel….xi..xi..xi.. kalau semua ngurus sendiri samsat bisa kaya kondangan…..

7. kutil - January 24, 2012

wewww.. lebih murah dari harga OTR Jadetabek..
Kasus ini hanya berlaku untuk di ibukota propinsi ya, secara harus lewat Polda segala.

8. frkun - January 24, 2012

patut dicoba !!

9. encek - January 24, 2012

Mantaff share nya Bro….

10. mama - January 24, 2012

info yg sangat berguna kang… saya mau tanya sekalian. mungkin suatu saat bisa dibuatin artikelnya. saya kn mau beli mobil di jakarta. lokasi saya d malang. jatim. prosedurnya gmana tu kang… saya liat selisih harga avanza 10 juta. jkt dg jatim. makasih kang

11. H3 - January 24, 2012

Pencerdasan konsumen otomotif

12. kantong kresek - January 24, 2012

nice infoh kah.. tapi untuk di bogor kayaknya ga yakin secepat itu kang untuk bpkb, soalnya samsat pusat jabar nya kan di bandung …

kalo surabaya enak, ada di kota nya sendiri

13. prio - January 24, 2012

H3 betul banget bro.

Bayangkan Rp. 1,3 juta kali 52 juta motor di Indonesia (data BPS 2009). Uangnya bisa buat membantu penduduk miskin di indonesia atau bisa buat bangun perumahan rakyat tuh.

14. arif - January 24, 2012

kalo motor off the road diurus sendiri, harus ikut dibawa juga, tapi kok kalo kita beli on the road ke diler, motor tetap sama kita……. kok bisa beda gitu ya?

15. arif - January 24, 2012

keliatannya metode ini sangat ekonomis hanya untuk yang domisilinya di wilayah POLDA berada (Jatim => Sby, Jateng => Semarang). coba aja yang tinggal di ujung barat Jawa Timur, seperti Magetan, beli off the road, trus urus sendiri ke Polda Jatim di Surabaya, mana harus bawa sendiri motornya pula…….

16. yugo - January 24, 2012

mantab informasinya, boleh dicoba bro,….

17. juan - January 24, 2012

Sbnrnya bro Aji, kalau tidak mengurus STCK, langsung STNK anda ngga perlu ke polda jatim di A. Yani.

Kecuali mutasi masuk dr luar Surabaya. Bila anda udah bisa cek fisik di samsat manyar, maka ngga perlu lg ke polda jatim utk urus STCK.

Cmiiw, soalnya ane urusnya tahun 2008. Mungkin sdh ada aturan yg berubah.

18. gustinr - January 24, 2012

gimana kalau begini:
Stok motor di daerah lg kosong trus beli motor baru off the road di jakarta. Bisa ngga ya?

19. stoner27 - January 24, 2012

Nanti biaya nebus BPKB asli 2 juta..

wkwkwkwkwk..

20. putra inhil - January 24, 2012

Cakeepp.. Bagus tu…
Wah jogja bisa gk ya…. Takutnya di palakin lebih bannyak lagii….ha

21. tyonugra - January 24, 2012

ribet bgt ya, mikir 2 kali buat ngurus bpkp n stnk sendiri

22. aakendi - January 24, 2012

keren sharingnya om. Izin copas link.

23. strngman - January 24, 2012

trz kalau motorny cbu lbh ribet lg om. . .katany jg ngurus k pabean jg krn impor utuh . . . .

24. jaelani - January 24, 2012

haduuuuuuuh…puyeeeng…puyeeeeng ..kang

birokrasi yg sengaja berlikuliku………

25. dowey - January 24, 2012

emang gitu… dibikin ribet…
sesuai kan… kalo bisa ribet kenapa dibikin mudah…

26. murry - January 24, 2012

terimakasih banget buat info-nya
saya sudah pernah baca juga, tentang pengurusan stnk sendiri motor baru yang lebih murah.
namun ini lebih detil

27. sapujagad - January 24, 2012

sekarang kendaraan baru pada wajib pakai STCK ya?baru seminggu ini liat mobil dan motor pake plat putih

28. defaz - January 24, 2012

mas bro mau tanya… kapan ya AHM rilis vario 125… soale mau ganti motor nih…

29. defaz - January 24, 2012

mas bro mau tanya kapan ya AHM rilis VARIO 125… soale mw ganti motor baru….

Taufik
disinyalir maret bro

30. nn - January 24, 2012

ribet wkwk mnding bayar 1jt…….tnggl duduk manis….

31. Birma Putra - January 24, 2012

nice share :D

32. tjah ilank - January 24, 2012

info yg cerdas

33. annhar anneh - January 24, 2012

waduuuuuuuu 1jt selisishnya??? pantesan sales motor kagak mau dikasih tip pas ambil stnk,dianterin kerumah lagi….

34. Dismas - January 24, 2012

Suru orang buat ngurus, bayar ke itu orang 600 ribu… Lumayan, sisa beberapa ratus ribu… hahaha, lumayan lapangan pekerjaan…

35. Surya - January 24, 2012

ada yg tahu info buat ngurus di Denpasar, Bali?

36. lorengzo - January 24, 2012

lengkap bener, thx for sharing to us..

37. gaplek mania - January 24, 2012

ribet juga ya…
kalo disini mesti ke komdak juga.jauhnya …..belum lagi waktunya yg susah diluangkan..

38. fafa - January 24, 2012

di salah satu daerah (JATIM) pengurusan BBN tidak bisa dilakukan sendiri (harus melalui pengurus yang ditunjuk Samsat setempat)

39. fafa - January 24, 2012

sayang tidak semua SAMSAT di JATIM bisa begitu

40. wooo - January 24, 2012

info yang bagus.tp sering dealer tidak bisa ngasi kita beli off the road.harus pinter2 cari dealer yang mau

41. bman - January 24, 2012

Itu makanya dealer suka ngasi cashback. Masih ada sisa keuntungannya

42. Hendri - January 24, 2012

Kalau saya dulu di jogja, urus sendiri surat2 cbr saya lbh hemat 800rb. Bpkb diterima kurang dari 2 minggu dari mulai awal d urus.

Tapi ulasan ini benar2 memberikan gambran detil. Cuma kelemahan nya beli motornya harus cash, g bs kredit. Kalo mw kredit, ambil kredit tanpa agunan di bank, terus buat byr cash di dealer.

43. Hendri - January 24, 2012

Oya, mtr saya cbr cbu dan ga perlu urus ke pabean. Harusnya dealer/importir umum yg masukin yg urus. Jd kita da dapat faktur dan form A (yg hrz d urus ke pabean).

44. mauupgradeke250 - January 24, 2012

mantab. semoga kedepannya bisa lebih dipersingkat lagi sisdurnya tanpa mengurangi control. spt ngurus paspor. dulu pasti pake calo. sekarang brani urus sendiri. ;-)

45. suit suit - January 24, 2012

pantesan montor di indo slalu mahal yg gini ini nih yg salah satunya… selain pajak….

46. ipanase - January 24, 2012

kalo orang biasa nggak semudah itu bang haji
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/23/tangki-bocor-gan/

47. ridertua - January 24, 2012
48. boerhunt - January 24, 2012

utk STCK itu istilahnya surat jalan kang, biasanya berlaku utk 1 bulan saja, dan dlm wilayah polres (CMIIW), jadi gk perlu di angkut pakai mobil atau pake plat nomor palsu.. but anyway nice info, hanya masalahnya ada wkt gk, itu aja, krn harus diurus sendiri oleh pemilik KTP..

nitip kang..
http://boerhunt.wordpress.com/2012/01/23/hikmah-kecelakaan-tugu-tani-keprihatinan-bersama-atas-lalu-lintas-dan-keperdulian-terhadap-pengguna-jalan-lain/

49. aamanis - January 24, 2012

punten ahh….

boleh juga nih

50. Bosdd - January 24, 2012

Gile selama ini kita dikibulin ama dealer….. Buat ngurus beginian aja mereka ambil untung 1jt…. Paraaaaaahhhhhhhhhh

51. setia1heri - January 24, 2012
52. redbullrider - January 24, 2012

sebelum memutuskan ngurus sendiri, mending cek dulu harga off the road nya, kalo bedanya sama harga on the road nya terlalu sedikit, mending beli on the road ajah.

53. tovavanjava - January 24, 2012
54. boerhunt - January 24, 2012

wah nyangkut..

55. Repvblikan - January 24, 2012

Nice inpoh gan …mantapz..jd bener selama ini kite dikibulin..hehehhehehe

56. Ari Semarangan - January 24, 2012
57. quantro - January 24, 2012

mayan jua kalo segitu kenanya,,,,,
baru tahu saya…

58. arfa - January 24, 2012

Di Posting di Media aja gan… biar semua bisa melihat dengan jelas kalau memang masih ada pungutan2 yg tidak resmi…. salut kang…. kalau saja ada waktu suka juga berpetualang seperti itu…

59. dave - January 24, 2012

niad banget,, salut ma usaha nya,,
btw jadi nya tiap kendaraan baru itu harus ada plat putih nya ya?
jadi kita bisa pke kendaraan sambil tunggu plat asli dateng?
dah 2 bulan lebih neh motor saia belom di kirimin plat nomor.. -_-

60. sof - January 24, 2012

buset birokrasinya……..weleh2 mumet…., kalau moge bodong apa sama kang?

61. asolole - January 24, 2012

Artikel bagus bang…kalo ngurus ninja 250 selisih berapa tu…

62. Hemo - January 24, 2012

Ajib…bsa lebih irit lagi 1 juta nich.. :)

63. aru_kun - January 24, 2012

Nice article!

64. banderas - January 24, 2012

Kalo harga motornya lbh mahal, bisa jadi lebih banyak lagi selisihnya tuh.. dilernya makin cepet kaya :)

65. ubrium - January 24, 2012

Pengalaman menarik dan beruntung pernah mencobanya disaat banyak orang justru pgn yang praktis meski keluar uang lbh banyak.

66. cah ndeso - January 24, 2012

tapi butuh pengorbanan waktu bagi para pekerja kantoran …

67. cah ndeso - January 24, 2012

akhirnya terjawab sudah knp harga CBR150R 33 juta …..

68. Vespa Ijo Rider - January 24, 2012

mantabs buat keuletannya bro… :D :D

tapi ane jadi nelongso mbaca ceritanya… sistem administrasinya ribettttt…. padahal kita mau “ngasih duit” ke negara :(

69. ojeg - January 24, 2012

mana neh sales alay yg enga mo disebut produknya operpret ?
urus sendiri aja bisa selisih 1jt
apalagi urus berjamaah ;)

70. masbas - January 24, 2012

sipp.. save as page dulu.. :mrgreen:

71. killua - January 24, 2012

wah artikel mantap..coba di share kang..

pajak sekarang turun dari 15% ke 10% lah harga motor on the roadnya turun jg ga ya??
lain kali kalau beli motor nyoba mandiri ahh.. lumayan buat beli bensinya setaun dari pada dikasih buat bayar sal*s.. upsss..

ati2 banyak sal*s kebakaran jenggot pendapatannya berkurang..xixixixi

72. killua - January 24, 2012

selisihnya bisa sampai 10% dari harga motor on the road ya??
beli spacy selisih 1,3 jtan..
IMHO…mungkin kalau beli mio atau beat selisih 1,2 jt.
mx, supra , axelo bisa selisih 1,4-1,6jt,

beli vixy, byson, mgpro bisa selisih 2jt..
wiiiiihhhh.. mantap juga bisa dapet pertamax plus 220L.. cukup lah buat setaun.. jadi ga ada kasus zat adiktif lagi..

izin copas kang..

73. ojeg - January 24, 2012

diurus berjamaah LEBIH irit lagi, uangnya ya masuk ke yg bilang produknya Enga operpret

74. P135LS - January 24, 2012

Cuma mau meluruskan.
Sekarang ini ngurus begituan gak ribet kok asal mau meluangkan waktu dan anehnya orang2 disini belum nyoba tapi dah puyeng duluan Dan komentar yang aneh2.
Kalo di Jadetabek STNK bisa keluar 1 hari cuma ngurusnya memang harus pagi2 banget di Samsat sesuai dengan KTP Dan untuk BPKB keluar 10 hari kerja alias Hampir 2 minggu Dan saya rasa Hal ini juga berlaku juga di samsat2 polda lain.

Untuk pungli saya akuin memang masih Ada dan untuk uang yang 55rb itu rinciannya 25rb buat kertas STCK, 30rb untuk biaya pembuatan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) Dan itu memang biaya resmi (Boleh di cek kebenarannya).

Jika seandainya masalah kertas gesek sebenarnya kendaraan tidak perlu di bawa ke Samsat karena kita bisa menggeseknya sendiri di rumah dengan kertas kertas gesek dari POLRI / Samsat Dan kertas gesek / kertas esek2 harusnya sudah disertakan dalam faktur pembelian kendaraan. (makanya kalo kita beli kredit atau OTR motor bisa langsung Ada di kita)
Walaupun Ada juga samsat yang meminta kendaraan untuk dihadirkan (ex. Samsat jaksel di polda metro).

Untuk pengambilan BPKB tidak akan dimintai biaya lagi cukup bawa fotocopy identitas Diri saja semacam ktp atau Sim.

Semoga membantu :)

75. P135LS - January 24, 2012

Kang Haji kok koment saya hilang sih :(
Tambahan dari saya.
Untuk orang2 yang tinggal di kota besar ini “waktu” adalah sesuatu yang mahal Dan banyak dari kita yang hanya memiliki sedikit waktu luang dan banyak juga yang tidak mengetahui atau tidak mau mengetahui bagaimana birokrasinya karena alasan yang macam2. Hal ini yang dijadikan peluang untuk menghasilkan uang oleh Biro jasa, calo Dan saya sendiri :mrgreen: padahal jika kita mengetahui jalur birokrasinya Hal seperti ini tidaklah ribet dan susah.
Dan Hal yang terpenting dari semua ini adalah kesabaran karena harus diketahui bahwa setiap harinya kendaraan baru yang masuk di setiap samsat di kota besar itu mencapai ratusan bahkan ribuan unit (kang haji juga kan sering membahas tentang berapa banyak penjualan motor setiap bulannya) untuk kota2 besar. Selain itu kita juga akan bersamaan dengan Wajib Pajak lainnya yg membayar Pajak tahunan dll.

76. ryo - January 24, 2012

wah enak bisa selisih sejeti… dulu ada sodara beli motor off the road dari jogja (satria fu) harga 16.2 jeti dari harga asli 18.6… berhubung dia tinggal di salatiga (disini harga baru 19.5) jadi tu motor diangkut dari jogja terus ngurus sendiri stnk & bpkb dengan modal faktur… seharian nunggu di samsat malah jatuh harganya sama (19.5) plus rugi 200 rb buat biaya angkut motor… :D

77. triskar27 - January 24, 2012

Saya juga ada pengalaman pribadi mengurus Surat STNK dan BPKB sendiri, berhubung sy membeli motor yg Dealernya sdh tutup. PT SALOMO (Motor Hyosung GT250 comet) pd bulan mei 2011. Sangat mudah dan helpfull dari petugas SAMSAT BALI, dan sama sekali tidak ada praktik pungutan liar dari petugas. Malah saya dibantu oleh beberapa calo/ staff dealer yg sedang mengurus surat2 kendaraan.kebetulan sy tinggal dibali. mungkin sy lebih ribet sedikit dikarenakan Hyosung GT250 belum terdaftar dalam registrasi Pendapatan daerah bali (belum memiliki PIN). sempat ditanya oleh petugas pajak/pendapatan mengenai tipe motor saya, saya bilang saja bahwa motor tersebut sekelas honda tiger. lalu petugas tersebut bilang, mau ga klo pajak per tahunnya dikenakan 300 ribu? saya bilang mau saja.
Saya hanya mengurus proses dari awal berupa Form A, FAktur kendaraan, hingga jadi STNK hanya memerlukan waktu 1 hari, dan langsung keluar STNK dan Plat Nomor, sedangkan BPKB saya ambil 1 minggu kemudian. Total biaya yg saya keluarkan sebesar 3 juta lebih sedikit, dengan pajak per tahun sebesar 300rb

78. Gianluigi mario - January 24, 2012

biasne yang males berangkatnya bang haji..
apalagi yang kudu cuti kerja :)

79. Deede - January 24, 2012

Ada yang tahu Harga Off the Road New Mega Pro CW berapa ya….???

80. Deede - January 24, 2012

waah ini benar… Spacy PGMFI? bukanya scoopy? kalau spacy helm in PGMFI menurut website Astra Honda… harga resminya cuman
Rp.12.800.000 (On the road). jadi kalau urus sendiri habis Rp.12.400an ribu selisih dikit dong?http://www.astra-honda.com/index.php/hargamotor

bony - July 1, 2014

Itu wilayah mana dulu cak?

81. ojeg - January 24, 2012

@deede
klo yg di web sepertinya harga jkt mas bro

82. wiwiadiwibowo - January 24, 2012

Lha gimana caranya bisa beli motor ke dealer dengan cara off the road?? itu sistem kredit atau cash??

apa di semua samsat akan seperti itu ya hasilnya??????

http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/01/survey-komparasi-new-jupiter-z-vs-new.html

83. asmarantaka - January 24, 2012
84. beckhem - January 24, 2012

bermanfaat……..harus sabar klo ngurus beginian………

85. Bonsai Biker - January 24, 2012
86. trondolo - January 24, 2012

salut bro!!
memang kudu sabar ngurus apa2 di negeri ini..!!

btw, tu selisihnya sebagian untuk jatah polisi, sisanya keuntungan dealer..
semua senang, kecuali pembeli..
margin 10% tu banyak bos…
1,3 juta jg uang yg banyak..
gaji cleaning service di kantor ane aja ga sampe segitu..
bangsat memang..
skalian curhat nih..
kemaren adik temen ane yg ga waras kena kasus (mencuri, doinya ngidap klepto juga) aja tetep dipalak sama polisi kalo mo urusan beres..
padahal udah damai sama korban, barang dibayar & udah bawa surat rawatan RSJ segala..
mending kalo waras&kaya. ini, udah orangnya gila, keluarga ekonomi paspasan jg, tetep aja dipalak..
buta!

87. bladerz - January 24, 2012

AHM siap membuat kejutan dalam waktu dekat..
mulai dari beat,vario dst..

88. vino - January 24, 2012

ribet gan.. mending korban 5oo rbu dri pda ribet… ckckckck

89. Ronny Bar - January 24, 2012

Bagus nih artikelnya, saya juga baru tau kalo ternyata bisa urus sendiri, tapi tetep aja prosesnya gila ribetnya, hehehe.. Ga sanggup deh saya, dari step 1 aja udah lumayan “horror”, sampe harus mengancam ke dealer segala, hehehe… Mending tambah duid sedikit aja deh tapi terima beres daripada urus sendiri.

Beda banget ya sama di luar negeri, terutama di negara bule yang udah pada maju, disana beli kendaraan second aja pengurusan suratnya sangat2 mudah.

90. maestro interior car leather specialist - January 24, 2012

Reblogged this on MAESTRO.

91. Tugino Putro - January 24, 2012

Di Jogja lebih sederhana lagi, tak perlu pakai plat putih. Pengalaman dah 3 kali beli motor off the road semua, selisih rata2 800ribuan. Lumayan hemat dan cepat. STNK 2 hari jadi, BPKB 10 hari dah jadi.

seno - December 12, 2012

mas tuggino putro kl beli off the road di jogja dealernya mana yang mau melayani ?tks

92. ojeg - January 24, 2012

fb2 / salesma salesma pada kemana ya ?
yang ngebelain produknya klo dibilang operpret ?
berubah jadi konsumen yg enga mo ribet keknya :lol:
duduk diam terima stnk dan bpkb :D

93. red komar - January 24, 2012

bro Aji keren spt bro Yudibatang yg melawan kelakuan polantas yg tdk benar.jd banyak pejuang didunia bikers.hrsny sih para pejuang ini duduk dijajaran kepolisian.

94. red komar - January 24, 2012

knapa ya?seringkali sy kirim koment diblog ini tp kok sering x g muncul komentny. Lama2 jd males koment…

95. Ajicool aka AJI - January 25, 2012

Buat Bro2 di atas.
@P135LS……thanks info STCKnya….di Surabaya rasanya semua harus dihadirkan fisik. Kecuali pengurusan dealer yang rombongan.

@Deede….Spacy PGMFI, Lokasi ane di Surabaya, Makanya harga motor lebih mahal.

@yang punya blog…..Yang biaya STCK silakan diedit Bang Haji. Ternyata emang resmi. Hehehe.

@Ronny Bar…….kebetulan dealer tempat ane beli orangnya pura2 bego. Karena saya ambil di cabang. Akhirnya yang kasih formulir STCK malah yang pusatnya.

Intinya sih saya cuman mau share bahwa urus surat sendiri cukup mudah. Saya keliatan ribet karena trial and error. Coba di samsat ada petunjuk/ diagram alurnya pasti ga seperti ini.
Dan juga mungkin jadi pencerahan ke kita tentang manfaat biro jasa bagi yang ga punya waktu.

96. Ajicool aka AJI - January 25, 2012

Update:

BPKB sudah jadi sesuai janji dua hari. Mestinya Sabtu, tapi baru ane ambil Senin kemarin ini.

@91……mas Tugino Putro, plat putih adalah aturan baru per 1 Januari 2012…ngga tau kalau di Jogja

97. Surya - January 25, 2012

@ #77. triskar27, bisa share ke saya sedikit re urus ini yg di Denpasar Bali? thanks

98. triskar27 - January 25, 2012

@94. surya : jika ingin ngurus surat kendaraan yg mana baru dan belum ada BPKBnya, baru faktur dan surat pengantar dari dealer. Datang saja ke renon bro, di bagian samsat, nanti disana ada plang PEMBUATAN BPKB baru, nah disana baru cari loket 1 dgn petugas dengan nama BPk. Dwi (klo tdk salah). Disana akan diberikan formulir2. selanjutkan akan dituntun oleh beliau. Dan jika motor dan dealer sudah ada PIN yg terdaftar, jadi tdk perlu repot ke BAPEDA yg terletak satu halaman dgn kantor samsat tsb. Saran saya jika ingin mengurus sendiri datangnya lebih pagi, sehingga bisa kelar dalam satu hari. dan jangan sungkan bertanya dengan petugas, ataupun staff dealer resmi yg sangat banyak berkeliaran disana yg mengurus berkas berkas setumpuk. Oh ya dalam salah satu tahap nanti, ternyata kita boleh kok memilih nomor kendaraan sendiri, karena sangat banyak nomor kendaraan yg dapat dipilih, tergantung dari caranya kita berkomunikasi dengan petugas bagian penomoran kendaraan.

99. Share Detail Langkah Pengurusan STNK dan BPKB Motor Baru Sendiri . . . . Lebih murah 1 Jutaan Bro !! | Otomotif News - January 25, 2012

[…] Posted by Taufik in Blogging activity, Tentang Mo&#116&#111&#114.Tags: Balik nama, BBN, BPKB, cek phisik, Ditlanta&#115&#44&#32POLRI, SAMSAT, Spacy, STCK, STNKtrackback […]

100. temonsoejadi - January 25, 2012
101. wahyudiw3 - January 25, 2012

oke juga perlu di coba tuh! Tapi petugasnya ada yg rese nggak, biasanya ada yg minta uang inilah itulah macam2 alesannya. Maslahnya gue pernah ngurus pajak stnk tapi ktp nya mati, ya gitu bayar inilah, ada kenaikan lah pokkoknya rese deh, makanya para calo pada makmur ya! Petugas ama calo nggak ada bedanya.

102. Mift - January 25, 2012

Sebenarnya saya pingin coba tp yamaha, sayang sekali kmrn saya tanya panjang lebar langsung kw customer service yamaha, cuma dapat blsan email begini :

“Mengenai pembelian motor secara off the road, hal tersebut biasanya dilakukan untuk pembelian dengan cara instansi (pembelian dalam jumlah besar untuk perusahaan), namun jika pembeliannya secara personal tentunya hal tersebut sulit untuk dilakukan. Sebagai informasi, untuk pengurusan STNK umumnya membutuhkan waktu 14 hari kerja dimana untuk sabtu, minggu dan
hari kerja tidak terhitung. Sedangkan untuk BPKB motor, standar selesainya selama + 3 bulan. Pengurusan hal tersebut sepenuhnya tergantung dari pihak SAMSAT Kepolisian setempat.”

103. Lie - January 25, 2012

Wedew….. Mantap juga pelajarannya.. Meskipun lama butuh kesabaran tingkat tinggi tuch… Salut buat sharingnya..

104. Surya - January 26, 2012

98. triskar27..thanks..kmrn saya sempet nanya salesnya AHM katanya hanya anggota (Polisi/ABRI) baru bisa beli off the road..mang bener gitu? trus nomer bisa dipilih tp biayanya 150rb.. lumayan jg kl bisa off the road ambil CBR 250..

102. Mift..berarti sama kasusnya ma saya

105. Surya - January 26, 2012

98. triskar27..thanks..kmrn sempet nanya sales nya AHM, dia blg hanya anggota (polis/ABRI) yg bisa beli off the road..mang bener??
lumayan juga beda nya kl mo ambil cibi 250..

102. Mift..berarti sama tu kasusnya ma saya ya..

106. AJI - January 26, 2012

@ 102 Mift…… biasalah kalau ditakut-takuti. Memang tidak semua dealer mau kasih Off the road. Jangan beli di main dealer. Seperti di Surabaya untuk Honda Main Dealer salah satunya adalah MPM. Sayapun sulit beli dari MPM. Harus keluarga polisi dll. Kuncinya adalah harus diurus sendiri sesuai nama di BPKB. Petugas sebenarnya ga berani macem-macem kok. Passwordnya : WP (wajib Pajak). Teriakkan itu saja kalau ada yang mencurigakan. Anda di kota mana mas bro?

107. triskar - January 26, 2012

105@surya@ bener tuh kata 106, mungkin ditakut-takuti aja.. tapi sy ga tau juga ya, karena saya memang beli motor Off the Road dikarenakan karena sudah tidak ada staff/kantor dealernya.. jadi sy beli hyosung GT250gt di jakarta, kemudian dikirim ke bali beserta dokumen2 kepabean dan faktur kendaraan.. jadi saya mulai adventure sendiri di kantor samsat… tapi lagi sekali saya tekankan disini, samasekali tidak ada oknum petugas yang menyulitkan saya dalam pengurusan surat surat kendaraan saya, di kantor pusat samsat renon. sangat terbuka dan transparan

108. triskar - January 26, 2012

yang pasti ketika saya mengurus kendaraan off the road Hyosung Gt250, yang dikarenakan sudah tidak ada distributornya untuk wilayah bali, samasekali tidak ada oknum petugas yang menyulitkan saya ketika mengurus surat2 tsb, dan semuanya jelas dan transparan. Just only one day, and everything is clear :)

109. Mift - January 27, 2012

@ 105 Surya : Mau coba off the road jua ya Mas Bro?… Udah kepentok di delar sebelum ketemu samsatnya… apa mau dikata???

@105 Aji : Saya di Purworejo, Jawa Tengah.. ada 3 delar yang terdaftar web yamaha-motor. Kalo bukan main dealer berarti selain yang 3 itu ya? Sebenarnya saya belum ke dealernya langsung, ini masih tanya2 di web nya Yamaha. Pusatnya aja nggak ngijinin, gimana ke bawahnya? Pingin cepet aja susah, apalagi yang cepet dan murah? (sbnrnya saya lebih nargetin dpt stnk dan bpkb cpt, syukur alhmdllh dpt murahnya juga). kemarin tanya lagi lwt email, kata2 terakhir di jawaban itu gini “Oleh karena itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan Yamaha tidak melayani pembelian secara off the road”. Saya rasa itu artinya yamaha tidak mengijinkan pembelian off the road untuk personal.

110. adi - January 27, 2012

nais inpo gan, ane juga lokasi di gubeng :)

111. AJI - January 29, 2012

@ 107 Triskar…… wah Samsat Renon memang pantas diapresiasi. Seharusnya sih ada flowchart di Samsat so everyone can see. Sebenarnya di Surabaya pun lancar. Polda sangat lancar. Namun di Samsat memang tidak langsung open tentang urutan pengurusan yang benar. Hanya di bagian formulir memang suka pungli. Waktu itu saya lupa teriak “WP!” .

@109 Mift…..sebenarnya sih maksud main dealer bersikap begitu karena menghindari perang harga. Coba saja langsung datangi dealer terdekat. Jangan yang terbesar…hehehe. Jangan lupa minta form, gesekan untuk STCK (plat putih) dan surat pengantar dealer. Ini tanpa nunggu Faktur. Sebutkan hal ini setelah dealer ok buka harga off the road, sebagai bagian dari kesepakatan jual beli.

@110 adi…..mau beli motor apa masbro?

ariez - April 22, 2012

bro aji mohon pencerahannya neh.. kalo beli off the road di denpasar tpi ingin punya surat2 dan plat no. dari jakarta memungkinkan gak ya bro?? secara KTP saya jkt tp domisili denpasar. soalnya kalau saya beli di jkt dan dikirim ke denpasar pasti ada lecet2 selama pengiriman.. :(

112. herry - January 30, 2012

Seandainya saat berkas dari dealer dibawa ke Bag. Regident (Registrasi dan Identifikasi) Ditlantas Polda Jatim (yang mengurusi BPKB), bro bisa meminta NOMOR KHUSUS kpd mbak Titiek, selama masih dlm rentang angka sesuai dengan jenis kendaraan yg kita urus (unt spd motor adlh kepala 2 hingga kepala 6) dan angka yg kita inginkan masih BELUM TERPAKAI.
Seperti halnya saya yang berasal dari Surabaya Selatan bisa mendptkan nmr sesuai dengan tanggal dan bulan lahir saya dg huruf blk hanya SATU HURUF yaitu L-2…-X.
Gratiiiissss…….
Catatan: KENDARAAN HARUS ATAS NAMA SENDIRI

113. Mift - January 30, 2012

@111 Aji : Berarti disini justru menghindari dealer “terbesar dan terpercaya” ya? hehehe… Ini urusannya sampai ke Polda ya??wah mesti ngurus ke Semarang klo saya (jauh)… Ngomong2 kalo langsung minta di urus sama dealer kita bisa dapat plat putih buat uji coba kendaraan(reyen) sambil nunggu plat turun nggak ya? Kok saya kemarin liat motor ada yang pakai plat putih di jalanan…kira2 itu ngurus sendiri apa dari dealernya ya?

114. aswan - January 31, 2012

Good info gan….. bisa buat referensi kalau mau beli motor baru… nih

115. danny - January 31, 2012

Gan, numpang tanya ? spacy dengan harga 10, 9 juta beli di dealer mana ? sebab aku cari dapat harga 11,5 jt

116. danny - January 31, 2012

gan numpang tanya, dapat harga 10,9 jt dari dealer mana mana gan ?

117. acc - February 6, 2012

In any way, SALUT mas atas usahanya. Layak ditiru konsumen lain.

118. andryans - February 13, 2012

mas taufiq,
berharga banget nih info nya. kebetulan saya rencana mau beli piaggio dimana setiap dealer mematok lamanya pengurusan surat 30hari sampai 3 bln.

harusnya sih prosedurnya sama ya? lumayan kan hemat 1jt bisa beli aksesoris hehehehehehhee

119. Victoria Wesley . - February 19, 2012

Sampai hamper perbatasan Malaysia Thailand, supir menurunkan kami di sebuah tempat makan yang terdapat jasa pengurusan paspor.

120. yunus - March 5, 2012

mestinya samsat hrs terbitkan buku pinter, agar lbh transparan

121. astrid - March 6, 2012

ijin share ya :) thx

122. gondola - March 29, 2012

Ulasan pengalamannya spt waktu ane kuliah di FE.

123. abdul gafur - March 29, 2012

kalau KTP saya Probolinggo bisa gak beli of the road di surabaya kalau bisa tolong dikasih tau dealernya saya maunya ngambil motor honda beat warna baru

124. sekedar beranya - April 3, 2012

kalo Import moge baru bang berkas2 apa aja yang di butuhkan

125. alex - April 3, 2012

nais inpoh

126. muttaqin - April 28, 2012

saya baru dapat hadiah dari undian bank di tangerang berupa motor spacy injection, tp saya pengin langsung balik nama ke tegal sesuai dengan nama istri saya yang KTP tegal, kira2 prosesnya gmn?apakah harus diurus di samsat di tangerang atau samsat tegal.terima kasih

Taufik - April 29, 2012

bawa ditegal . .. cek fisik bantuan disana . . . harusnya sebelaum stnk tangerangnya jadi, berkas lebihmudah dicabut di tangerang bro

127. charlie - April 30, 2012

Mantap Brader,,,,, informatif dan menambah wawasan biker senusantara,
Ditunggu inovasi2 berikutnya…

128. Azky M Aryaraja - May 22, 2012

waaah… iseng googling ternyata bisa jadi rujukan utama tulisan Mas Aji ini, matur suwun sanget mas :)

kebetulan saya barusan beli motor yamaha kosongan, alhamdulillah, yang saya ingin tahu, apakah setiap pembelian motor kosongan fakturnya datang belakangan?

makasih Mas

129. 22091983 - June 19, 2012

cabut berkas brp Bro ////
balas

130. Setyo - July 11, 2012

Keren Mas
Top Banget dah informasinya

131. Yudho - August 14, 2012

Thanks banget mas Taufik, berbekal tulisan mas taufik yg saya print saya coba urus sendiri, cuma bedanya saya di Samsat Kenjeran.
Ternyata sangat BANYAK membantu tulisan mas Taufik, Di Samsat kenjeran di hari pertama saya cuma butuh menit, lalu ke Polda, cek fisik dll, itupun cuma sekitar 15menit, lalu besoknya saya balik lagi ke Samsat Kenjeran, sekitar 1jam (krn antri).
beres dah…. hebatnya semua tanpa KKN/pungli (cuma 10rb aja utk ongkos esek@ cek fisik itupun kerelaan aja)…. memang skr pelayanan dlm mengurus ini, bpk + ibu Polisi sangat ramah membantu.

132. lare - September 5, 2012

mohon izin ( sudah saya ) copy pak taufik..
matur tenkyu..

133. lare - September 5, 2012

Reblogged this on coffe past tea.

134. Bodag-102 - October 2, 2012

@Yudho… Bnr bngt tuh gan… Makanya qta jgn pernah menyerah sebelu berperang.. :)

135. ceria - October 2, 2012

wah..pas bgt…akhirny nemu jg infony..soalny saya br dpt hadiah dr undian sbuah pusat perbelanjaan..pas tny di dealerny untuk pngurusan stnk+bpkn kena biaya 2,3jtaan…mtor sy revo fit..domisili sby barat..patut dcoba niy,gpp lah ribet dkit tp dpt hrg murah..soalny udh kluar duit bnuk jg buat byr pajak hadiahny..hufd…thx for the info

136. Bodag-102 - October 2, 2012

@Yudho: bener bngt tuh gan…Ternyata aparat dsana jg banyak yg membantu mengarahkan

137. Adjie - October 31, 2012

saya jga melakukan pengisian kendaraan R2 baru, namun bedanya saya di Sidoarjo, dan engga perlu ke POLDA, cukup di POLRES. STNK berikut Plat Nomor saya dapatkan hanya dalam waktu 4jam, tidak sampai seharian. untuk alur pengurusan di Sidoarjo sbb :

Dokumen :
FC Faktur 4 lbr
FC KTP 4 lbr
FC Sertifikat Uji Kendaraan 4lbr
FC Kwitansi Pembelian 4lbr
Surat Keterangan dari Dealer
Surat Kuasa (krna a/n istri)

langkah 1.
datang ke samsat untuk dilakukan cek fisik (esek2), meskipun dari dealer saya sdh dpt esek2, tpi di samsat tetap dicek oleh petugas.

langkah 2.
selesai cek fisik, semua berkas di bawa ke polres ke Ditlantas lt2 untuk mengisi formulir permohonan STNK. Dengan membayar Rp 80.000 untuk BPKB di Bank BRI. nagh di ditlantas inilah kendaraan kita diberi nomer (mau nomer cantik silakan nego disini).

langkah 3.
selesai dari POLRES, semua dokumen dibawa ke SAMSAT, di samsat langsung bayar semua biaya BBN, meliputi BBN 1.090.000, PKB 163.500 JR 35.000 Parkir Langganan 25.000 Total 1.313.500 kemudian ditambah biaya STNK dan cetak Plat 80.000

saya urus dari jam 09.00, selesai semua jam 13.00 dan hanya menghabiskan biaya
BBN (PKB,JR,BBN,Parkir) Rp 1.313.500
BPKB Rp 80.000
STNK dan Plat Rp 80.000
Semangkok Bakso dan Teh Rp 10.000
Total 1.483.500
Dibandingkan klo diurus di dealer mencapai 2,2jt
Selisih SOUL GT saya, beli cash 11.6jt + 1,483
harga OTR Dealer Sidoarjo 14.85jt, hemat Rp 1.766.500

138. Muti'ulloh Ndhutz - November 13, 2012

Hari senin kemarin saya selesai ngurus STNK untuk Jupie Z1 saya di Kantor Samsat Malang Kota yang ada di Kacuk.
Perjuangan dimulai pada hari Sabtu mulai jam 9 dengan berbekal tulisan pengalaman bro Adjie di blog ini;

Day I : Sabtu
Cek Fisik
di Samsat ini saya ditarik 30.000 rupiah meskipun udah bilang WP sendiri.

Loket Formulir
ditarik 168.000 rupiah, dapet formulir, diisi, trus ngacir ke Polresta Malang bagian BPKB
gak tau nih uang 168.000 untuk bayar apa aja

Polresta Malang
Daftar STCK, ditarik uang 70.000
selesai daftar STCK, masuk ruang bagian BPKB daftar BPKB, ditarik 80.000 (baru kali ini ada kuitansinya)

…..pulang, udah jam sebelas samsatnya pasti tutup karena hari sabtu…

Day II : Senin
Langsung masuk ke loket BBN
Nunggu dipanggil ke Kasir 1
Bayar BBN, PKB, SWDKLLJ 1.380.500

STNK dan TNKB diserahkan… Selesai
BPKB nya masih belum saya ambil di Polresta Malang

139. budiono - November 21, 2012

numpang tanya mas…saya beli motor jupiter z1 cash waktu sudah 4 bulan tapi blm dapet stnk kata dialer revisi ada kesalahan,trus masalahnya sekarang dealernya tutup g tau kemana,trus apa yang harus saya lakukan.mohon bantuanya.terima kasih

140. adi - January 23, 2013

Terima kasih mas Bro informasinya, bisa untuk tambah pengetahuan

141. gopur - March 7, 2013

ane beli bajaj off the road 16jt,ngurus surat abis 2,5jt…lumayan balik 2,2jt dari harga cash dealer..skalian gan klo ada yg minat beli off the road kabarin ane..tar ane bantu urus..masalah jasa bisa nego…

142. susun - April 4, 2013

Ane kudu ijin 2 hari klo gt…wah…ribed juga ya…ane di bekasi…gak hari libur gak hari kerja bejubel tu samsat dah kyk pasar…. T_T

143. Alex Cavarela - April 14, 2013

wah….ssah amat ya..???pdhl klo aq klo d kntor polisi lama2 bsa meledak nih kepala

144. iqbal rezky - April 18, 2013

Wah Makasih bgd share nya mas. Mau tanya donk mas. Saya baru dapat motor hadiah, Faktur sudah atas nama saya, Tapi BBN belum saya bayar (OffTheRoad). Apakah bisa BPKB dan STNK langsung ganti nama dengan sekali bayar BBN?

145. PT. GANINDO - April 22, 2013

Luar biasa. Monggo bisa saya sharingkan pengalaman saya cukup hanya membutuhkan 3 jam saya memproses dari faktur sd stnk kluar. Mhn jangan sms di no 081252222289

146. infokostjogja - April 24, 2013

mantaff info nya bro, ribet tapi puas

147. boy2nd - May 4, 2013

brarti klo ngurus sediri 2 hari jadi ya plat nomer sama stnknya? ngga pke nunggu 2 minggu ya? (maklum nubi)

148. Nur Hari - May 26, 2013

besok mau ngurus juga ah sendiri berbekal pengalaman dari mas taufik, mohon ijin saya print dulu buat pegangan besok pagi Mei 27, 2013 moga lancar amiiiiiiiiiiiiii………….n

149. Nur Hari - May 26, 2013

waduh mah kasih pak Taufik, besok pagi akan urus sendiri, mohon ijin untuk print pengalamannya buat pegangan sekalian bisa revisi kalau ada perubahan yang harus disisipkan atau ditambahi, besok pagi 27 Mei 2013 akan saya coba, moga lancar…. amiiiiiiiin

150. ali - June 8, 2013

Tahun ni ada pemutihan ga tuk sby…..???

151. Gun - June 25, 2013

Wah jarang banget ada blogger bisa menampilkan pengalaman berharga ini. Makasi bro !
ini info mahal yang jarang terangkat di masyarakat

152. ali - June 27, 2013

bro mau tanya,,saya di jeddah arab saudi,aku punya honda cbr 600rr th 2010 nah ini motor klo di kargo ke indonesia apa bisa mendapatkan stnk+bpkb?.apa benar kata teman ku harus motor baru yang di kirim ke indonesia

153. http://cardreason.com/ - July 4, 2013

Hmm is anyone else having problems with the images on
this blog loading? I’m trying to determine if its a problem on my end or if it’s the blog.

Any responses would be greatly appreciated.

154. joko - July 11, 2013

makasih… Bro… Semoga mendapat pahala, Amin…

155. Hendra - August 7, 2013

Makasih bro informasi yg sgt berguna buat sy

156. bunga - August 16, 2013

Notes,Terima kasih informasi

157. arifin - September 6, 2013

Saya mau tanya pak. Motor saya vespa lama tinggalan kakek.. Mau saya pake lagi tapi stnk dan bpkb nya hilang ntah kmna, apakah bisa diurus lagi , trimakasih

158. (tani) - September 29, 2013

Hi, I found your web site through Google when researching the same make a difference, your website surfaced, it’s just like very good. I have got bookmarked to our favourites features and functions|added to my personal social bookmarks.

159. datsun - October 7, 2013

Wow… hebat. Salut, bro! Ogut sendiri pengen ngurus sendiri, cuma kayaknya emang perlu waktu, agak susah utk saat ini. Ngurus perpanjang KTP DKI aja, perlu cuti +/- 1/2 hari.

160. Dwitanto Sulistijono - October 18, 2013

luar biasa bpk2 yg udah share pengalaman, mdh2an dhitung amal ibadah amin

161. ahmadsilmarillion - October 21, 2013

Seharusnya opsi beli On / Off The Road itu menjadi hak konsumen untuk menentukan.

Tapi coba bayangkan kalau dealer terang terangan membolehkan pembelian Off The Road, ini akan digunakan oleh segelintir oknum masyarakat untuk membeli kendaraan secara Off The Road kemudian tidak melakukan registrasi dan menjadikan kendaraan itu tidak dikenal secara legal formal kemudian bisa saja kendaraan itu dijadikan sebagai alat kejahatan karena tidak ada catatan registrasinya di kepolisian. Tahu sendiri tow, untuk hanya mendapatkan plat nomor abal abal mah gampang tinggal bikin ke perajin pinggir jalan pun dalam 30 menit dah bisa pake plat nomor abal abal tanpa surat2 legal, atau bisa juga oknum masyarakat ini minta bantuan ke sesama oknum dari kalangan aparat untuk minta “no polisi bantuan”, seperti yang “lazim” terjadi pada kalangan moge.

IMHO, ada baiknya juga dealer memiliki kebijakan tidak menjual Off The Road karena akan memaksa setiap kendaraan yang dijual langsung diproses registrasi legal formal nya, tapi ya jangan nipu konsumen juga lah mengenai biaya nya juga lama dalam proses pengerjaannya. CMIIW….

162. Puput - October 30, 2013

Bisa sanat cepat ya kalau diurus sendiri, motor baru saya lama ngurus STNKnya sampai 2 bulan belum jadi. Bahkan sampai masa berlaku STCK habis. Kalau ditanya marketingnya bilang “belum saya cek”

163. julus - December 6, 2013

ibuq dpt hadiah beat baru… uda kena palak 25% eh.. mo minta faktur buat ngurusin stnk ndiri g boleh… suruh ngurusin pihak yg ngasih hadiah d minta 3,3jt… dtg ndiri ke dealernya jg sama kudu byr 3,3jt… katanya biar panitia ma dealer dpt untung… mohon pencerahan om… niat mo ngurus ndiri biar irit tp g d bolehin… haruskah t ekpos ke media saja…. nuwun

164. EPI エピ - December 6, 2013

すべて ファッション 愛好家 お待ちしております、次 マークジェイコブス コレクション。
最も 財布 マルク jacobs.metallic 金めっき と 優れた ジッパーと南京錠。。マーク ・ ジェイコブス ハンドバッグ は 知られている
の 材料 で、皮膚。 彼女は熱心なです オンライン 買い物客と彼女はどのようになる悲鳴 行方不明 の devoid それ。 彼ら おそらく可能性があります 使用 に行かなければ、設立 の ドレス の
別 インスタンス。 これは、典型的な ハンドバッグ 調整が デュアル ハンドル座屈します。

165. Mr Excel - December 8, 2013

Apakah Anda membutuhkan pinjaman ? jika ya, silakan kembali ke kami melalui email (excelservices.managementonline@gmail.com)

nama:
Jumlah Pinjaman :
durasi :
Negara :
Tel :

Email kami secara pribadi melalui email : (excelservices.managementonline@gmail.com)

menawarkan pinjaman

166. mirage nedved - December 26, 2013

kalo misalnya saya mau beli verza di yogya off the road…langsung bawa pulang naik ke Sumbawa ntb untuk diurus surat-suratnya apa bisa ?

167. Siji Loro Telu - January 18, 2014

Ada info dealer untuk beli motor off the road surabaya / sidoarjo (Honda)

168. bead revoist - March 10, 2014

klo ngk ada kenalan pasti dibikin stres duluan

169. TiCtAc - March 10, 2014

info menarik,
ngga heran usaha jualan kendaraan makin menjamur,
sumber pemasukannya sana sini ndan,.
:D
baru baca sekarang
skalain bookmark doloo dah

170. Kim Jong Un - March 10, 2014

Indonesia semuanya yang bisa diduitin dijadiin susah

prosedur bayar pajak aja dibikin seruwet mungkin supaya pakai calo dan dijadiin bancakan
bayangin 1 motor klas bebek murahan bisa beda 1 juta,
setahun 8juta motor = 8 trilyun jadi mangsa petugas dan calo

bawakakakakakakakakakakakakakaka

Kalu Indonesia bisa maju
emang mukjizat ALLAH SWT

Indonesia raya merdeka!!!!

171. http://acai-beereabc.de - March 20, 2014

It’s awesome to visit this website and reading the views of all friends regarding this post, while I am also keen of getting familiarity.

172. al gozali al buqary - March 25, 2014

Saluuuuttttt… keren gan ………..

Kita urus sendiri saja ……

Agar calo calo pad makan angin ….

Selanjutnya gan coba kalo motor built up … gimana ngurusnta gan ……

173. midun-46@# - May 22, 2014

mas aji. . saya rencanax mau beli motr vixion off the road tpi gk d’diler,bisa gk ? n apa bisa qta urus STNK n BPKBx, , , ,?trims

174. clash Of clans hack ipad - May 22, 2014

While there are numerous combinations of strategies that you can play the good guys,
you will not regret. Through this step, you have to either wait around to stage up
or spend true money to get clash of clans hack cheats guide cost-free
gems in the game you lead your clan to victory!

175. wisła - May 30, 2014

Hi, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just curious if you get a lot
of spam feedback? If so how do you prevent it, any plugin or
anything you can suggest? I get so much lately it’s
driving me mad so any help is very much appreciated.

176. internetowy kurs fotografii wrocław - May 30, 2014

Hello this is kind of of off topic but I was wanting to know if
blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.

I’m starting a blog soon but have no coding skills so I
wanted to get guidance from someone with experience.

Any help would be enormously appreciated!

177. narzędzia formujące - June 5, 2014

fantastic issues altogether, you just gained a new reader.
What would you recommend in regards to your post
that you just made a few days in the past? Any certain?

178. ak - June 13, 2014

suwun bro

179. www - June 15, 2014

This is a topic that’s close to my heart… Cheers! Where are
your contact details though?

180. poligrafia - June 16, 2014

Fine way of explaining, and nice piece of writing to obtain data
concerning my presentation topic, which i am going to present in university.

181. poligrafia - June 17, 2014

Valuable info. Fortunate me I discovered your site by accident, and I am surprised why this coincidence did
not took place earlier! I bookmarked it.

182. http://i-anons.ifim.pl - June 18, 2014

Have you ever considered about adding a little bit more than just your
articles? I mean, what you say is important and everything.
Nevertheless think of if you added some great visuals or video clips to give your posts more, “pop”!
Your content is excellent but with images and video clips, this
blog could undeniably be one of the greatest in its niche.
Good blog!

183. pokoknya - July 25, 2014

bro Taufik, ikutan komen ya.. sy baru ngurus juga utk BBN 1 + PKB ini, baru beli motor off the road.
bulan Juli 2014, prosedurnya sbb :
di SAMSAT
– bawa motor ke Samsat, siapkan surat2 yg sudah didapatkan dari dealer (faktur, surat jalan, surat pengantar) + identitas diri. masing2 dokumen tsb siapkan copy nya minim 2 copy.
– di samsat, langsung ke loket 1, ambil form dan map kendaraan baru (ada stempel baru dan tulisan WP). lalu ke loket 2, ambil form gesek / cek fisik.
– selanjutnya cek fisik, seperti biasa kasih tips sewajarnya ke tukang gesek (anggap aja bagi2 rejeki).
– setelah itu ke loket 2 lagi, utk stempel dan ttd. lanjut ke Polda.

di POLDA
– masuk POLDA, lapor dulu, lepas jaket, tinggalkan identitas utk ditukar dengan ID Tamu
– langsung ke Ditlantas, belok kiri ke bag. BPKB. Akan diminta utk ke STCK dan selanjutnya cek fisik
– serahkan dokumen yg diminta di STCK
– lalu cek fisik di sebelah samping Ditlantas. Ongkos free, tp jika diminta tips, berikan sewajarnya
– setelah cek fisik, balik ke BPKB, lalu bayar BPKB di loket BRI.
– habis dari loket BRI, balik ke BPKB, lalu diberi bukti BPKB dan diberitahu kalau BPKB baru jadi 5 bulan lagi :(
– balik lagi ke Samsat

di Samsat
– langsung masuk gedung Samsat, loket Pendaftaran Kendaraan Baru
– Serahkan semua dokumen yg diminta
– Selanjutnya ke kasir utk bayar BBN, PKB dan STNK + TNKB
– lalu ke loket STNK, serahkan dokumen + bukti pembayaran
– tunggu panggilan
– setelah dipanggil, ternyata diberitahu bahwa STNK masih kosong formnya :(
– dan alat pencetak plat nya rusak, sehingga harus balik lagi :(
– berbekal surat2 yg sudah didapatkan (bukti pajak berstempel “Surat masih dalam proses” dan bukti pembayaran STNK + TNKB + BPKB) lalu meluncur ke tukang plat nomer
– bayar 30-35rb, tunggu sejam dua jam kelar.
– pasang plat nomer di motor
– naik motor, pergi ke toko roti terdekat, lalu kirim rotinya ke rumah saya :D

184. han - August 20, 2014

Gan gimana caranya ngurusi BPKB motor second yang hilang dari tangan pertamanya

185. ヴィヴィアンウエストウッド 指輪 - September 9, 2014

Good day! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be ok.
I’m absolutely enjoying your blog and look forward to
new posts.

186. tmcblog.com » Mau beli motor lebih murah . . . Urus STNK-BKPB sendiri - September 21, 2014

[…] dealer. Nah bagaimana caranya jika kita mengurus STNK-BPKB Sendiri . . . sebenarnya tmcblog pernah menuliskan di awal tahun 2012 lalu . . . tapi gimana update  di pertengahan 2014 ini sob? apakah ada […]

187. polda jatim - September 26, 2014

I’m truly enjoying the design and layout of your site.
It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable
for me to come here and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme?
Excellent work!

188. rumah jogja - October 2, 2014

I am actually glad to read this weblog posts which consists of tons of useful information, thanks for providing these information.

189. sofa surabaya - October 4, 2014

I read this post completely regarding the comparison of most up-to-date and preceding technologies, it’s remarkable article.



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: