jump to navigation

Akhir Akhir ini banyak Penampakan Pelat Putih STCK February 28, 2012

Posted by Taufik in : Blogging activity , trackback

Bro sekalian, tmcblog mulai 2012 ini melihat sedikit ada perbedaan dengan tahun 2011 yakni banyak banget mobil dan motor baru seliweran pake Pelat nopol putih. Ternyata pelat nopol dasar putiih tulisan merah tersebut adalah Nopol STCK (SUrat tanda Coba Kendaraan) sebenarnya info tentang STCK sudah sama sama kita dengar saat pemaparan cara pengurusan STNK/BPKB mandiri beberapa pekan yang lalu . . . saat tmcblog konfirmasi ke beberapa deler di bogor mereka mengiyakan bahwa semenjak bulan desember 2011 samsat bogor telah menyurati deler akan hadirnya kembali fasilitas STCK ini.

TMCBlog rasa keberadaan STCK ini lumayan cukup membantu beberapa konsumen yang membeli motor CBU, karena tau sendiri lamanya pembuatan STNK-BPKB untuk Motor cbu  . . . bisa memakan waktu 1-3 bulan bro menurut pengamatan dilapangan . . . wuiiih keburu gatel tuh tangan pengen nyoba motor baru he he.

Surat Tanda Coba Kendaraan, atau disingkat STCK menurut wikipedia adalah  adalah tanda bukti pengesahan kendaraan bermotor sementara berdasarkan identitas dan kepemilikannya yang telah didaftar. STCK merupakan sarana identifikasi atau tanda bukti yang sah untuk sementara dalam tugas forensik registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Menurut Pak Amas Edi seperti yang tmcblog ktip dari media Pelita diberlakukan kembali STCK di samsat Kabupaten Bogor (dan juga Kota Bogor-red) merupakan implementasi dari Surat Keputusan Bersama Kapolri, Derektur Jendral Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah dan Dirut Jasa Raharja. “Yang tertuang dalam Skep/06/X/1999, Nomor 9731228, Skep /02/X/1999, tentang Pedo-man tata laksana penerbitan STCK, TNKB, Bea balik nama dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu-lintas jalan.

So jelas deh bahwa memang STCK nggak bisa diajukan oleh pribadi, harus ada semacam surat rekomendasi dari perusahaan atau dalam hal ini Dealer, namuan sepertinya konsumen memang sepertinya punya hak untuk memperoleh STCK ini. Secara peraturan pun ini cukup positif dibanding keluar / ke jalan umum secara Ilegal setelah membeli motor baru tanpa surat   . . . mungkin ada dari bro bro yang mengetahui lebih dalam . . . monggo di share di forum ini . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Tags:,

Comments»

1. ahmadzoen - February 28, 2012

banyak pilihsn, bingung…..

2. ahmadzoen - February 28, 2012

lama juga ngurus stnk…..

3. herruS - February 28, 2012

Pertamax plus

4. sinbe - February 28, 2012

Pondium

5. sinbe - February 28, 2012

Putih2 kinyis kinyis…

6. keong1964 - February 28, 2012

subuuuhhhhh

7. frkun - February 28, 2012

bener

8. frkun - February 28, 2012

kediri juga tuh

9. Mas Wiro - February 28, 2012

Di Malang banyak mas Haji
Baik motor dari berbagai merk, maupun mobil
kayak Av****, X****, Inn***, bahkan Alp****…

Mantab gak tuhhh :)

10. SANCTUM - February 28, 2012

ora urus

11. Fuers mau ganti cbr - February 28, 2012

Nyimak

12. gafuri46 - February 28, 2012

ane beli motor mesti nunggu sebulan baru keluar plat n stnk, n selama itu motor cuma bisa dibawa deket2 rumah.
:-(

http://gafuri46.wordpress.com/2012/02/27/prestasi-anak-jeblok-baca-ini/

13. a12g4p5 - February 28, 2012

Lapor kang di jogja jg rame apalagi jenis motor mio J berplat putih

14. seno - February 28, 2012

jogja klaten pun dah banyak yg pakai

15. nhd - February 28, 2012

Kembali ke jaman dulu.

16. TMC48 - February 28, 2012

Lumayan buat pemasukan.

17. Lorenzo99 - February 28, 2012

Selamat pagi Indonesian friends! Carlos and l don’t forget you!! http://t.co/0g7p243L

18. salim in - February 28, 2012

15

19. arif - February 28, 2012

diler nganggap konsumen tidak punya hak atau tidak mengetahui info2 semacam ini. di Malang, ada beberapa diler sayap mengepak mengatakan bahwa pengurusan sendiri motor off the road hanya bisa dilakukan oleh anggota (TNI, polisi, atau samsat)…….

sampai kapan konsumen terus kehilangan haknya?

20. kantong kresek - February 28, 2012

wah ngebantu banget nih..

kalo ngajuin stck gitu kena biaya lagi ga kang?

21. kantong kresek - February 28, 2012

kalo ngajuin stck gt kena biaya lg ga kang?

22. fanz berat ninja 250 injeksi - February 28, 2012

sama kayak mobil ane bukan hal baru nih mas bro taufik cuma di spd motor di aplikasikan lagi

23. fanz berat ninja 250 injeksi - February 28, 2012

bukan hal yang baru

24. Aa Ikhwan - February 28, 2012

betul bang haji dr pd bikin sementar yg di pinggir2 jalan, enak yg ini semi resmi :)

25. nhd - February 28, 2012

Kelihatan kalau motor baru, bisa untuk narsis.

26. Karis - February 28, 2012

Di Situbondo juga begitu kang, motor baru semua STCK kayaknya

27. Taufik - February 28, 2012

@20. kantong kresek
kayaknya sepaket sama biaya pengurusan STNK bro . . . so kalo begitu nggak ada tambahan biaya lagi harusnya, cmiiw

28. aru_kun - February 28, 2012

di Surabaya juga….

29. titikoma - February 28, 2012

biasanya dulu sblm dpt plat resmi, dapet plat bantuan (yg biasanya blkgnya QR/SJZ/dll).

tp ini untuk mobil khusus CBU atau mewah, kalo motor ya hrs nunggu smpe jadi platnya hehe…

so, bener mas taufik, dgn adanya plat putih ini sangat membantu para pemilik kendaraan baru :D

tp pernah denger cerita org beli mercy baru dpt plat putih gitu malah malu, mnrtnya klo jalan2 pake plat putih gitu berasa pamer jd malu sendiri, ada2 aja hehehe

~titikoma~

30. suprafit - February 28, 2012

Di Bandung juga udah pada pake STCK, nopolnya D **** XXX / YYY pake plat warna putih tulisan merah :)

31. Doni - February 28, 2012

susahnya birotrasi di indo
pelayanan ala kadarnya dan mottonya
kalo bisa dipersulit kenapa harus dipermudah

32. suprafit - February 28, 2012

Kalo udah resmi, biasanya jadi ganti warna hitam, tapi kalo misalkan si pemilik motor beregional Bandung Barat, huruf yang dibelakang tetap D **** XXX (samsat Padalarang biasanya yang ngeluarin nopol resmi yang belakangnya XXX).

33. jaelan.. - February 28, 2012

sangat sangat membantu bg pemilik baru r2..r4… memang sprti dulu lagii…..bs langsung inreyen jarakjauuh…//??

34. Abdi suhamdi - February 28, 2012

Kayaknya merata nih… kotapinang juga.

35. Billy - February 28, 2012

Ini baru nmny info bagus… Dealer honda dpn bsi depok kasih info kl stnk 2 bln pdhl motor udh 3 minggu. Bisa urus sendiri ga kang?

36. davied - February 28, 2012

dimedan uda lama pake plat putih utk motor baru mas…

37. sandal jepit - February 28, 2012

Dulu di th 90-an, ada temen pakai plat putih sampai 6 bln padahal tiap bulannya hrs bayar, alasannya biar anyar terus

38. hampura - February 28, 2012

Pantesan kemarin jalan jalan ke bandung banyak no kayak gitu…bisa buat narsis lagi nih xi..xi…xi..

39. mercon - February 28, 2012

kalo ada bajaj roda tiga atau bemo yang pake tuh pelat,,,, mantab kali ya,,,,, :mrgreen:
bisa narsis juga kan,,,, :mrgreen:

40. dave - February 28, 2012

saia waktu beli cbr 150 kaga di kasi STCK ini mas,,
november dateng barang nya,,
plat nomor nya baru dapet pas awal februari ini,,
sebelom nya kaga ada stck,,

41. shinju2 - February 28, 2012

pantes belakangan ini banyak plat warna putih, kembali seperti tahun 1990 an dimana semua kendaraan baru pada pake plat warna putih. tapi bagaimanapun juga ini merupakan terobosan yang bagus soalnya pengurusan nomor kendaraan sekarang enggak bisa cepet..

42. Rendi - February 28, 2012

bandung banyak yang begini

—————————————————————————————

Buat yang nyari jaket, topi, t-shirt, polo shirt dsb yang bertemakan MotoGP dan Otomotif dengan kualitas bagus dan harga terjangkau, bisa dilihat di online shop saya masbro, terima kasih :)

http://rendi-motogp.blogspot.com/

43. kutu - February 28, 2012

di jakarta juga neh sebulan belakangan banyak bgt…

44. Hendra Super - February 28, 2012

motor saya plat putih juga nih…he..he..

45. mas Comment - February 28, 2012

motor curian pake plat putih aj kalie y,, aman.. :D

46. namharira - February 28, 2012

ga cuma di bogor kang, ciledug aja udah banyak kok yang pake gitu, malah pas dianter sama truk (mobil, bukan motor) udah ada yang di tempelin STCK

47. kantong kresek - February 28, 2012

jadi motor di antarkan ke konsumen berikut nopol stck nya gitu ?

48. satriabiru - February 28, 2012

temen ane pernah beli motor waktu dianter udah dipasangi plat putih bro…

49. itcadidinding - February 28, 2012

semakin mempermudak konsumen
good lah :)

50. bluepio - February 28, 2012

kelemahan plat putih..
jadi ketahuan d itu kendaraan baru..
jadi rada was2 kalo parkir di sembarang tempat..

bisa2 jadi inceran pencoleng..
( jadi ingat era 90an.. )

51. Gerry Chocolatos - February 28, 2012

tpi klo misalnya ada plat putih udah dapet plat item trus dikemanain tuh plat putih

52. ~noe~ - February 28, 2012

Itu masalakunya berapa lama, mas?
Terus apakah boleh lintas polda? Krn nomer sementara yg sebelumnya hanya berlaku seputaran polda saja.

53. wisnu - February 28, 2012

di karawang jg bro..saya juga dh pake plat putih sembari nunggu plat asli keluar..
tapi masa berlakunya cuma sebulan..padahal proses plat asli lbih dari sebulan, jadi sempet pake plat buatan dulu dh beberapa hari.. ^-^

54. wisnu - February 28, 2012

di karawang juga bro..
saya dh pake plat putih dari awal januari sembari nunggu plat asli..
bayarnya 100rb diurus ma dealer..tapi sayang masa berlakunya cuma 1 bulan..

55. kucrut_bike's - February 28, 2012

nanti kalo banyak yang pake plat putih gak ketauan dong mana motor anyar yang lagi di tes sama pabrikan.. :P

56. dsatria - February 28, 2012

Kalau di Aceh cerita diatas memang sudah biasa. STNK rata-rata baru selesai antara 1 – 3 bulan. Makanya disana banyak motor/mobil lalu lalang pakai plat nopol warna putih. Jadi gak ada yang aneh…..

57. h.wd6137 - February 28, 2012

susah pak taufik ngurus stck ini. banyak dealer yang malas dan kurang paham dengan stck sendiri. pengalaman kemarin ambil cbr 250 saya minta untuk dibuatkan stck pihak dealer enggan memberi surat rekomendasi dan saya langsung ke samsat tangerang ternyata juga tidak bisa dan harus di urus di polda metro jaya. mungkin ini hanya dibeberapa tembap saja kali yah…

58. Tugino Putro - February 28, 2012

bulan lalu Nex merah saya juga pake plat putih, sebulan stnk dah jadi, dapat plat hitam. . .trus plat putihnya dikembalikan lagi ke samsat, katanya untuk motor baru berikutnya. . .yah, padahal niatnya mau tak koleksi plat putihnya eh diminta lagi
*lokasi dijogja*
info temen yg kerja dibiro jasa : pengurusan stck kena 100ribu, buat suratnya 70, sisanya buat plat nomer

59. Tugino Putro - February 28, 2012

bulan lalu Nex merah saya juga pake plat putih, sebulan stnk dah jadi, dapat plat hitam. . .trus plat putihnya dikembalikan lagi ke samsat, katanya untuk motor baru berikutnya. . .yah, padahal niatnya mau tak koleksi plat putihnya eh diminta lagi
*lokasi dijogja*
info temen yg kerja dibiro jasa : pengurusan stck kena 100ribu, buat suratnya 70rb, sisanya buat plat nomer

60. malchor - February 29, 2012

kota malang juga bisa om…tapi ane liat kok cm vario ato honda aja yg keseringan pake plat putih..belakangnya X pasti ya..

61. Ujang - February 29, 2012

pajak kb jabar naek kumaha aing

abdi punya motor 6…. 4 motor kena pajak double
gila bayar pajak taon ini bisa 18 juta buat motor doang

ada upah pungut ngak buat pejabat polri?

62. ciputracepete - February 29, 2012

Reblogged this on ciputracepete and commented:
:D

63. adi - February 29, 2012

suroboyo yo akeh om sing nggawe plat putih (mobil n motor), tak kiro goro2 moco artikel’e om taufik :)

64. Ichan - February 29, 2012

Apakah STCK bisa digunakan ke luar kota, misalnya plat STCK “B” bisa melawat ke Bandung terus ke daerah Jawa Barat lainnya?

65. Care - February 29, 2012

Dengan adanya STCK menandakan prosedur untuk kepengurusan surat menyurat kendaraan sangat lama…
Jika harus mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk hal ini. Membebani konsumen donk!!!

66. Nafkah Ilahi - March 1, 2012

UUD pasti nya…kerja dua kali…..

67. Akhirnya datang juga… :D « izzi rider - March 2, 2012

[…] , sedangkan untuk STNK seperti yang lainnya harus nunggu 2 mingguan, awalnya mau pake STCK dulu (tentang STCK).. tapi dipikir-pikir klo kudu ngeluarin uang 150ribuan buat nunggu 2 mingguan STNK keluar mah […]

68. Akhirnya datang juga… :D « Izzi_tea - March 2, 2012

[…] , sedangkan untuk STNK seperti yang lainnya harus nunggu 2 mingguan, awalnya mau pake STCK dulu (tentang STCK).. tapi dipikir-pikir klo kudu ngeluarin uang 150ribuan buat nunggu 2 mingguan STNK keluar mah […]

69. arive - March 2, 2012

Nggak boleh pake pelat kardus atau triplek yang tulisannya “TEST”,
“J 4 JAL”, “COBA” lagi dong ya :D

70. Immanuel - March 2, 2012

DI bogor aja banyak kang….ntah dri ford fiesta sampe new avanza veloz ada kang…

71. kokom - March 3, 2012

Ada yg tau kalo dijakarta mesti bayar brp buat pelat putih sementara?

72. odi - March 4, 2012

agan agan plat skarang bisa ga di modif cz plat skarang ele sangad ganggu pemandangan aja

73. Soorot.com - March 7, 2012

makasih infonya

74. soorot media online - March 7, 2012

Salam kenal mas… semuanya

75. Om Bazz - March 16, 2012

Kanalin bro…ne Om Bazz.
eheem…baru nunggu avnz all new….pengennya kalo si mob ud nangkring di rumah langsung tancep luar kota….tapi dari para bloger banyak mbingungin.jd aku putusin lapor ma si sales Auto2000…jawabnya BISA kemana aja….STCK tu rezmi…pokoke ga nabrak aturan lalin aja…alias hati-hati….
Lokaso Plat N – probolinggo….
itu aja deh info dai Om..

76. jayz - March 27, 2012

ada yang ingin saya tanyakan: apakah stck sdh termasuk asuransi kecelakaan jasa rahardja? kalau tdk ada asuransi, percuma saja ada stck, dan saya dapat info katanya stck dikenakan biaya 120rb malah di sby bisa sampai 200rb an? pdhal biaya pengurusan stnk di notis sdh tertera masih ada administrasi dan ditambah lagi stck? apakah ini biaya resmi masuk ke pemerintah?

77. jayz - March 27, 2012

ada yang ingin saya tanyakan: apakah stck sdh termasuk asuransi kecelakaan jasa rahardja? kalau tdk ada asuransi, percuma saja ada stck, dan saya dapat info katanya stck dikenakan biaya 120rb malah di sby bisa sampai 200rb an? pdhal biaya pengurusan stnk di notis sdh tertera masih ada administrasi dan ditambah lagi stck? apakah ini biaya resmi masuk pemerintah?

78. Tom - April 12, 2012

stck bisa dipake keluar kota. biaya sekitar 200rbuan. masa berlakunya 1 bulan. stck keluar satu hari setelah unit diterima konsumen.
cmiiw

79. dulkimso - May 14, 2012

tangerang katanya gak bisa? dealer motor gw yang males atau gimana ne.?

80. abdul - June 15, 2012

terus nih mau tanya kalo motor yg baru dilengkapi STCK itu bisa dibawa lintas polda apa gak ya? apa kudu nunggu STNK jadi? trimakasih

81. taufik - September 1, 2012

gw dah 4 hari stck jg belum keluar, sama aja selama itu kendaraan ga bs dipakai buat jalan di jalan raya, sungguh sangat merugikan konsumen pihak dealer nya

82. Abdi Pranoto - September 16, 2012

Referensi bagus………

83. eatingp - October 9, 2012

Hi all,
mau tanya dong…apakah plat sementara bisa diurus sendiri atau harus oleh Dealer. Kalau diurus sendiri bagaimana cara dan persyaratannya….ada yang bisa sharing? thanks.

84. sri wahyuningsih - June 5, 2013

sekarang untuk mendapat plat nomor sementara untuk motor baru dan surat jalan kok di samsat kehabisan ya kata dealernya…. msh hrs nunggu brp lama lg ya…??motor jd gak ada nomor nya.. blm bs jln t4 yang agak jauh…..

85. aLex - January 20, 2014

cb150r gwe barU bRo~padaHal daH ngebeT bangEts mO di PakaI ke bLitar~pUyEnG gwE~madUra ~bLitaR



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: