Bro sekalian, tmcblog mulai 2012 ini melihat sedikit ada perbedaan dengan tahun 2011 yakni banyak banget mobil dan motor baru seliweran pake Pelat nopol putih. Ternyata pelat nopol dasar putiih tulisan merah tersebut adalah Nopol STCK (SUrat tanda Coba Kendaraan) sebenarnya info tentang STCK sudah sama sama kita dengar saat pemaparan cara pengurusan STNK/BPKB mandiri beberapa pekan yang lalu . . . saat tmcblog konfirmasi ke beberapa deler di bogor mereka mengiyakan bahwa semenjak bulan desember 2011 samsat bogor telah menyurati deler akan hadirnya kembali fasilitas STCK ini.

TMCBlog rasa keberadaan STCK ini lumayan cukup membantu beberapa konsumen yang membeli motor CBU, karena tau sendiri lamanya pembuatan STNK-BPKB untuk Motor cbu  . . . bisa memakan waktu 1-3 bulan bro menurut pengamatan dilapangan . . . wuiiih keburu gatel tuh tangan pengen nyoba motor baru he he.

Surat Tanda Coba Kendaraan, atau disingkat STCK menurut wikipedia adalah  adalah tanda bukti pengesahan kendaraan bermotor sementara berdasarkan identitas dan kepemilikannya yang telah didaftar. STCK merupakan sarana identifikasi atau tanda bukti yang sah untuk sementara dalam tugas forensik registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Menurut Pak Amas Edi seperti yang tmcblog ktip dari media Pelita diberlakukan kembali STCK di samsat Kabupaten Bogor (dan juga Kota Bogor-red) merupakan implementasi dari Surat Keputusan Bersama Kapolri, Derektur Jendral Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah dan Dirut Jasa Raharja. “Yang tertuang dalam Skep/06/X/1999, Nomor 9731228, Skep /02/X/1999, tentang Pedo-man tata laksana penerbitan STCK, TNKB, Bea balik nama dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu-lintas jalan.

So jelas deh bahwa memang STCK nggak bisa diajukan oleh pribadi, harus ada semacam surat rekomendasi dari perusahaan atau dalam hal ini Dealer, namuan sepertinya konsumen memang sepertinya punya hak untuk memperoleh STCK ini. Secara peraturan pun ini cukup positif dibanding keluar / ke jalan umum secara Ilegal setelah membeli motor baru tanpa surat   . . . mungkin ada dari bro bro yang mengetahui lebih dalam . . . monggo di share di forum ini . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

87 COMMENTS

  1. diler nganggap konsumen tidak punya hak atau tidak mengetahui info2 semacam ini. di Malang, ada beberapa diler sayap mengepak mengatakan bahwa pengurusan sendiri motor off the road hanya bisa dilakukan oleh anggota (TNI, polisi, atau samsat)…….

    sampai kapan konsumen terus kehilangan haknya?

    Guest
  2. biasanya dulu sblm dpt plat resmi, dapet plat bantuan (yg biasanya blkgnya QR/SJZ/dll).

    tp ini untuk mobil khusus CBU atau mewah, kalo motor ya hrs nunggu smpe jadi platnya hehe…

    so, bener mas taufik, dgn adanya plat putih ini sangat membantu para pemilik kendaraan baru 😀

    tp pernah denger cerita org beli mercy baru dpt plat putih gitu malah malu, mnrtnya klo jalan2 pake plat putih gitu berasa pamer jd malu sendiri, ada2 aja hehehe

    ~titikoma~

    Guest
  3. Kalo udah resmi, biasanya jadi ganti warna hitam, tapi kalo misalkan si pemilik motor beregional Bandung Barat, huruf yang dibelakang tetap D **** XXX (samsat Padalarang biasanya yang ngeluarin nopol resmi yang belakangnya XXX).

    Guest
  4. Ini baru nmny info bagus… Dealer honda dpn bsi depok kasih info kl stnk 2 bln pdhl motor udh 3 minggu. Bisa urus sendiri ga kang?

    Guest
  5. Dulu di th 90-an, ada temen pakai plat putih sampai 6 bln padahal tiap bulannya hrs bayar, alasannya biar anyar terus

    Guest
  6. saia waktu beli cbr 150 kaga di kasi STCK ini mas,,
    november dateng barang nya,,
    plat nomor nya baru dapet pas awal februari ini,,
    sebelom nya kaga ada stck,,

    Guest
  7. pantes belakangan ini banyak plat warna putih, kembali seperti tahun 1990 an dimana semua kendaraan baru pada pake plat warna putih. tapi bagaimanapun juga ini merupakan terobosan yang bagus soalnya pengurusan nomor kendaraan sekarang enggak bisa cepet..

    Guest
  8. bandung banyak yang begini

    —————————————————————————————

    Buat yang nyari jaket, topi, t-shirt, polo shirt dsb yang bertemakan MotoGP dan Otomotif dengan kualitas bagus dan harga terjangkau, bisa dilihat di online shop saya masbro, terima kasih 🙂

    http://rendi-motogp.blogspot.com/

    Guest
  9. ga cuma di bogor kang, ciledug aja udah banyak kok yang pake gitu, malah pas dianter sama truk (mobil, bukan motor) udah ada yang di tempelin STCK

    Guest
  10. kelemahan plat putih..
    jadi ketahuan d itu kendaraan baru..
    jadi rada was2 kalo parkir di sembarang tempat..

    bisa2 jadi inceran pencoleng..
    ( jadi ingat era 90an.. )

    Guest
  11. di karawang jg bro..saya juga dh pake plat putih sembari nunggu plat asli keluar..
    tapi masa berlakunya cuma sebulan..padahal proses plat asli lbih dari sebulan, jadi sempet pake plat buatan dulu dh beberapa hari.. ^-^

    Guest
  12. di karawang juga bro..
    saya dh pake plat putih dari awal januari sembari nunggu plat asli..
    bayarnya 100rb diurus ma dealer..tapi sayang masa berlakunya cuma 1 bulan..

    Guest
  13. Kalau di Aceh cerita diatas memang sudah biasa. STNK rata-rata baru selesai antara 1 – 3 bulan. Makanya disana banyak motor/mobil lalu lalang pakai plat nopol warna putih. Jadi gak ada yang aneh…..

    Guest
  14. susah pak taufik ngurus stck ini. banyak dealer yang malas dan kurang paham dengan stck sendiri. pengalaman kemarin ambil cbr 250 saya minta untuk dibuatkan stck pihak dealer enggan memberi surat rekomendasi dan saya langsung ke samsat tangerang ternyata juga tidak bisa dan harus di urus di polda metro jaya. mungkin ini hanya dibeberapa tembap saja kali yah…

    Guest
  15. bulan lalu Nex merah saya juga pake plat putih, sebulan stnk dah jadi, dapat plat hitam. . .trus plat putihnya dikembalikan lagi ke samsat, katanya untuk motor baru berikutnya. . .yah, padahal niatnya mau tak koleksi plat putihnya eh diminta lagi
    *lokasi dijogja*
    info temen yg kerja dibiro jasa : pengurusan stck kena 100ribu, buat suratnya 70, sisanya buat plat nomer

    Guest
  16. bulan lalu Nex merah saya juga pake plat putih, sebulan stnk dah jadi, dapat plat hitam. . .trus plat putihnya dikembalikan lagi ke samsat, katanya untuk motor baru berikutnya. . .yah, padahal niatnya mau tak koleksi plat putihnya eh diminta lagi
    *lokasi dijogja*
    info temen yg kerja dibiro jasa : pengurusan stck kena 100ribu, buat suratnya 70rb, sisanya buat plat nomer

    Guest
  17. kota malang juga bisa om…tapi ane liat kok cm vario ato honda aja yg keseringan pake plat putih..belakangnya X pasti ya..

    Guest
  18. pajak kb jabar naek kumaha aing

    abdi punya motor 6…. 4 motor kena pajak double
    gila bayar pajak taon ini bisa 18 juta buat motor doang

    ada upah pungut ngak buat pejabat polri?

    Guest
  19. Apakah STCK bisa digunakan ke luar kota, misalnya plat STCK “B” bisa melawat ke Bandung terus ke daerah Jawa Barat lainnya?

    Guest
  20. Dengan adanya STCK menandakan prosedur untuk kepengurusan surat menyurat kendaraan sangat lama…
    Jika harus mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk hal ini. Membebani konsumen donk!!!

    Guest
  21. Nggak boleh pake pelat kardus atau triplek yang tulisannya “TEST”,
    “J 4 JAL”, “COBA” lagi dong ya 😀

    Guest
  22. Kanalin bro…ne Om Bazz.
    eheem…baru nunggu avnz all new….pengennya kalo si mob ud nangkring di rumah langsung tancep luar kota….tapi dari para bloger banyak mbingungin.jd aku putusin lapor ma si sales Auto2000…jawabnya BISA kemana aja….STCK tu rezmi…pokoke ga nabrak aturan lalin aja…alias hati-hati….
    Lokaso Plat N – probolinggo….
    itu aja deh info dai Om..

    Guest
  23. ada yang ingin saya tanyakan: apakah stck sdh termasuk asuransi kecelakaan jasa rahardja? kalau tdk ada asuransi, percuma saja ada stck, dan saya dapat info katanya stck dikenakan biaya 120rb malah di sby bisa sampai 200rb an? pdhal biaya pengurusan stnk di notis sdh tertera masih ada administrasi dan ditambah lagi stck? apakah ini biaya resmi masuk ke pemerintah?

    Guest
  24. ada yang ingin saya tanyakan: apakah stck sdh termasuk asuransi kecelakaan jasa rahardja? kalau tdk ada asuransi, percuma saja ada stck, dan saya dapat info katanya stck dikenakan biaya 120rb malah di sby bisa sampai 200rb an? pdhal biaya pengurusan stnk di notis sdh tertera masih ada administrasi dan ditambah lagi stck? apakah ini biaya resmi masuk pemerintah?

    Guest
  25. stck bisa dipake keluar kota. biaya sekitar 200rbuan. masa berlakunya 1 bulan. stck keluar satu hari setelah unit diterima konsumen.
    cmiiw

    Guest
  26. terus nih mau tanya kalo motor yg baru dilengkapi STCK itu bisa dibawa lintas polda apa gak ya? apa kudu nunggu STNK jadi? trimakasih

    Guest
  27. gw dah 4 hari stck jg belum keluar, sama aja selama itu kendaraan ga bs dipakai buat jalan di jalan raya, sungguh sangat merugikan konsumen pihak dealer nya

    Guest
  28. Hi all,
    mau tanya dong…apakah plat sementara bisa diurus sendiri atau harus oleh Dealer. Kalau diurus sendiri bagaimana cara dan persyaratannya….ada yang bisa sharing? thanks.

    Guest
  29. sekarang untuk mendapat plat nomor sementara untuk motor baru dan surat jalan kok di samsat kehabisan ya kata dealernya…. msh hrs nunggu brp lama lg ya…??motor jd gak ada nomor nya.. blm bs jln t4 yang agak jauh…..

    Guest
  30. Bang,,mau tanya nih, aku kan dari nganjuk jatim, nah ini baru beli motor,mau aku pake ke malang,tapi masih make stck,bisa gag?selain itu kan plat motor nya putih yaa..kalo di ganti hitam kira2 bisa kena tilang nggak?

    Tolong pencerahannya.
    Makasih

    Guest
  31. Bang,, sedikit cerita “motor ane kan baru dan sudah memiliki STCK,, pada suatu hari tepatnya jum’at pagi jm 07.45.ane mencoba memakai motor baru untuk menjenguk mertua yg sedang dirawat di RSUD tepat di BREBES JL. YOS SUDARS. Karena sudah tebiasa lewat jl.tersebut ketika rambu- rambu menandakan hijau jalan terus, ketika belok dihadanglah oleh PAK POLISI , BERHENTILAH MOTOR YG SYA KENDARAI,, POLISI TERSEBUT MENGAJAK SYA KE POS TEMPAT JAGA, POLISI TERSEBUT MENAWARKAN INGIN DAMAI ATAU TILANG,, LALU SYA SEMPAT ARGUMENS,, ” pak , itu motor yg lain ko tidak di tilang, Polisi tersebut menjawab kmu lihat di pos ada 2 polisi dan ternyata yg 1)menilang dan 1 lgi berada di dalam Pos membuat pernyataan, dan rompi pun dikenakan polisi tersebut tanpa mengetahui nama nya. **Ini namanya tidak ada ketegasan dalam menjalan kan tugas dan main hakim sewenang wenang** MOHON DITINDAK LANJUTI AGAR TIDAK MERESAHKAN WARGA BREBES.. TRIMAKASIH..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here