Bro sekalian, Saat sedang bermuhasabah terhadap diri sendiri tentang salah satu ibadah yakni sholat kadang saya merasa sangat menyesal .. . kenapa menyesal? satu alasannya . . . ada banyak Momen dimana tidak ada penyebab syar’i dan saya tidak langsung (lalai)  melaksanakan Sholat Fardu berjamaah di masjid segera setelah Muazin mengumandangkan Azan . . . saat itu bisa jadi saya hanya berfikir . . . yang penting saya tidak meningalkan sholat, yang penting saya sholat-walau telad . . .dan saya lebih mementingkan hal lain yang sedang saya kerjakan saat itu . . . fhuiih 🙁

Kenapa saya Galau ? Satu doang sebabnya . ..  karena Momen itu gak bisa diulang !! Astaghfirullah

yup momen sholat berjamaah di masjid/surau/langgar/mushalla diawal waktu itu gak ada yang bisa diulang kalau kita melalaikannya . . . sama seperti umur kita . . . gak bisa diulang bro !! Yup waktu itu sadis . . . telad? ditinggal !!

Ilustrasi sederhana nya gini  . . . Kita lalai mengerjakan sholat magrib . . . ya udah . .. momen sholat magrib diawal waktu itu gak bisa diulang . . . karena magrib besok itu ya JATAH nya kehidupan esok (itu juga kalo masih dikasih umur)

Tulisan ini sekedar Intropeksi dan pengingat buat pribadi saya sendiri . . . .Semoga Kita semua diberikan kekuatan dan Hidayah agar selalu bisa istiqamah dan tidak lalai dalam beribadah

Taufik of BuitenZorg

75 COMMENTS

  1. laki-laki itu wajib hukumnya sholat berjamaah di mesjid/mushola selama masih mendengarkan azan

    sedangkan sebaik-baiknya sholatnya wanita adalah di rumah di dalam kamarnya

    Guest
  2. Gitu donk kang jngan nulis tentang mtor mulu sekali – kali kek gini kan perlu nice kang dunia hanya sementara

    Guest
  3. dalam solat ada rukun yg mnyebutkan kalau mampu, saya kira jama’ah juga, kalo jma’ah yg lbih afdol urutannya sbgai brikut, rumah, mushalla, masjid, masjidil aqsha, masjid nabawi, masjidil haram

    Guest
  4. Pernah saya di kisahkan oleh seorang ustad. Pada zaman rasul dulu ada kalimat seperti ini, “kalau ada seorang lelaki, dia mendengar adzan berkumandang tapi dia tidak pergi ke mesjid, bakar saja rumahnya”.
    Bukan berarti memang harus di bakar rumahnya 🙂 tapi untuk menyadarkan kita betapa pentingnya sholat tepat waktu berjamaah di mesjid.

    Guest
  5. Subhanallah kang Haji 🙂
    nice post 🙂
    Alhamdulillah, walaupun untuk memulai nya berat tapi kalo terbiasa masyaAllah nikmatnya,

    ibarat orang makan, belum makan nasi kalo ngga ikut berjamaah di masjid, apalagi dilengkapi dengan rowatib Subhanallah 🙂

    semoga kita semua jadi muslim yang rajin sholat ke Masjid saban dateng waktu sholat

    Guest
  6. ka’ab bin malik dulu pas ketinggalan perang tabuk juga awalnya karena berleha-leha.

    1. ditengok dari rumahnya, belum pada ngumpul. ngaso dulu ah..
    2. ditengok lagi, baru pada ngumpul. santai dulu deh, ntar ikutan..
    3. ditengok lagi, eh, udah pada jalan, ntar di kejar pake kuda..
    4. ditengok lagi, yah, koq udah ga keliatan. ga jadi aja deh.

    Guest
  7. kalo artikel kek gini jadi pada rukun ya……..
    (jadi tau dong seharusnya artikelnya kek gimana buat besok-besok…..)

    Guest
  8. Hmmm… itulah hidup. Terhadap urusan dunia kita selalu membandingkan keatas ‘yang lebih kaya, lebih sukses, lebih hebat’ tapi terhadap urusan akhirat selalu memandang kebawah ‘yang penting masih sholat walau telat, daripada orang yg gak sholat’.

    Guest
  9. Betul Sekali Mas Taufik, kebetulan disekolah tempat saya mengajar KBM nya sampai jam 14 : 00, ketika suara azan dzuhur ,kita para guru dan murid masih sibuk di dalam kelas dan hanya bisa sholat ketika KBM berakhir, tapi alhamdulliah sekarang berkat perjuangan para guru asli daerah itu, kebijakan keluar untuk sholat berjamaah pada saat azan, dan ternyata itu memeberikan dampak yg sangat positif sekali untuk kami khususnya keluarga besar sekolah, dan tanpa kami duga ternyata anak2 disekolah tersebut bisa memberikan tauladan sholat tepat waktu disekolahnya ke kehidupan masyarakat di kampungnya masing2. dan itu merupakan kebanggaan kami para guru disekolah.

    Guest
  10. Coba nambahin Kang..

    (QS. 79, An Naazi’aat: 46): Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari.

    Bayangkan oleh kita semua.. segala hiruk pikuk dunia ini, peperangan, kecurangan, bisnis, parenting, politik, dsb.. hingga kita para penggemar otomotif, akan merasa seolah2 hidup sebentar saja. Ini dikarenakan begitu panjangnya hidup akhirat itu, bahkan abadi. Jadi berapa harganya kehidupan yg kita bela2in ini? Semua akan musnah. Sedangkan sholat kita akan dipertanyakan di akhirat dengan saksama.

    (QS. 3, Ali Imran: 14): Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

    Dalah bahasa kita, dijadikan indah pula motor2 eksotik sesuai keinginan kita. Tapi kita janganlah sampai menomorduakan apalagi melupakan bekal kita di akhirat yg justru seharusnya jadi nomor utama.

    Wallaahu a’lam.
    Allaahummaghfirlanaa.. Ya Allah ampuni kami semua..

    Guest
  11. Alhamdulillah.. masih saling mengingatkan..

    Mari saudara sekalian, langsung gerakan diri untuk berwudhu setelah mendengar atau bahkan 5 menit sebelum waktu sholat tiba dan menuju masjid/mushola/langgar/surau untuk sholat berjamaah..

    Semoga Alloh S.W.T meridhoi amalan ibadah kita.. Amiin.

    Guest
  12. —- @22.khotibul umam AKA hondaisme – Maret 9, 2012
    dalam solat ada rukun yg mnyebutkan kalau mampu, saya kira jama’ah juga, kalo jma’ah yg lbih afdol urutannya sbgai brikut, rumah, mushalla, masjid, masjidil aqsha, masjid nabawi, masjidil haram —–

    itu aturanya dari mana bang??
    Rasulullah SAW selama hidupnya tidak pernah solat fardu dirumah, bahkan ketika beliau sakit pun beliau meminta Umar RA untuk membopongnya, dan Abubakar RA sbg Imam. ini Rasul menunjukkan bahwa solat berjamaah itu PENTING BANGETT!!

    jaman sahabat dulu MESJID PENUH, PASAR SEPI (islam memimpin dunia). jaman sekarang MESJID SEPI, PASAR PENUH (islam degradasi)

    tidak ada namanya SOLAT WAJIB bagi laki2 KECUALI DI MESJID!
    kecuali cewek ya silakan dirumah…

    ayo para laki2 kita PENUHI MESJID2 Allah, segera Bangkit ketika MUADZIN MEMANGGIL sebelum nanti IZROIL yg manggil… kita udah gak bisa ngelak :'(

    Guest
  13. Yang berencana mencari tempat kost, kontrakan, maupun beli rumah. Cari yang dekat dengan masjid, disitulah tempat pemberi rezki dunia dan akhirat, tidak terkecuali akan rezki bisa sholat berjamaah di masjid. Artikel ini bisa dilanjutkan bang haji…

    Guest
  14. solat 5 waktu………….= berat
    smbil berjamaah……..= sangat berat
    istiqomahnya………….= sangat sangat berat….
    mungkin krn dosa kita sehingga semuanya terasa berat……

    apalagi solat hrs dgn ilmu solatnya yg sesuai dgn fiqhislam…
    dan kita bumbui dgn kajian solat secara imam ghazali….hmm..
    ….intinya manfaat dr sholat =mencegah dr perbuatan keji dan munkar…. siip artikelnya….pencerahan kang

    Guest
  15. Dalam sebuah Hadist mengatakan :
    Dari Mu’adz bin Anas r.a.; bahwa Rasulullah saw. bérsabda,

    “Kebatilan ( yaitu kekufuran dan kemunafikan ) terbesar adalah orang yang mendengar seruan muadzin untuk shalat, tetapi ia tidak memenuhinya” (Ahmad, Thabrani — At-Targhib)

    Dan masih banyak lagi hadist lainnya. yg pada intinya tidak ada keringanan sedikitpun kita untuk meninggalkannnya. ” Shalat wajib berjamaah ” baik dlm keadaan takut dan sakit.

    Urusan ibadah itu urusan hati, urausan hati urusan Allah SWT, Hanya Allah yg memberi hidayah dan petunjuk untuk menerima kebenaran.

    Merupakan kewajiban kita juga untuk menyampaikannya.
    Mohon maaf apabila posting ini kurang berkenan.

    Guest
  16. bener banget bang, dan yang paling berat dijalankan dan keutamaannya lebih besar yaitu sholat shubuh dan isya berjamaah di masjid awal waktu…

    @43. lutfi – dengan catatan kalau sedang beraktifitas yg dinilai ibadah juga, kalau nonton bola, maen game, dll mah ga tetap harus mendahulukan sholat berjamaah awal waktu di masjid.

    Guest
  17. Senada dengan
    “Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan bakal hidup selamanya, namun beribadahlah untuk akhiratmu seakan-akan mau mati besok”
    Urusan dumai,. kalau bentrok dengan ibadah, tunda saja dunia itu. Toh besok, atau besoknya lagi, atau sampai kapanpun masih ada waktu, bahkan selamanya.
    Urusan akhirat,.. ingat,. besok kita akan mati lho. Tak ada alasan apapun buat menundanya. Jangankan yang wajib, yang sunat pun kalau perlu “dijadikan’ wajib. Lha besok mau mati..
    Sekeda berbagi, semoga bermanfaat, trims K’ Haji.

    Guest
  18. intropeksi buat saya juga kang mushola cuma sekitar 5 meter dari pekarangan rumah tapi saat mendengar azan berkumandang saya malah santai santai nunggu iqomat malah kalah sama anak saya yg masih 6 thn yg sering puji2an di mushola
    memang keimanan seseorang itu pasang surut hehehhehehe

    Guest
  19. 49. brudesigns – Maret 9, 2012

    ——————————–
    Setuju sekali bung brudesigns, untuk bang haji usul kalo bisa diselingi artikel yang seperti ini tiap minggu 1x minimal, maksimal bisa tiap hari, jika yang membaca kemudian mengamalkan maka pahala akan mengalir terus, jika yang mengamalkan kemudian mengajak keluarganya, pahala mengalir ke yang membaca dan sekaligus ke bang haji. sukur2 dilanjutkan mengaji di rumah setelah dari masjid dimana tiap huruf oleh Alloh akan dilipat gandakan amalannya….jadi amalannya gak berkurang terus dipakai untuk “gontok-gontokan”…semoga yang membaca artikel ini mendapatkan keberkahan…amiin…

    Guest
  20. mantaaf kang haji
    Motor zakatin 2,5p
    Isi bensin sodaqohin 10p
    Pajak jangan lupa
    Bayar hutang utamakan
    Tp kalau kegedean hutang,jangan ngutang lg bro.mending gedein aja sodaqoh hakul yakin utang segera rebes so bisa inden p200ns gk gk gk
    [email protected] matematikanya ALLAH { QS.AL BAQOROH ayat 261
    Maaf .jual mtr supra laku 6jt lalu sodaqohin semua tu duit.so
    6jt – 6jt =60jt sampai 420jt
    Selanjutnya silah beli motor idaman sampean bro.
    Ingat masa mau beli motor jadul and alay.Cmiiw

    Guest
  21. Astagfirullah….kita harus banyak istigfar ya kang haji…. 🙁

    —————————————————————————————
    Buat yang nyari jaket, topi, t-shirt, polo shirt dsb yang bertemakan MotoGP dan Otomotif dengan kualitas bagus dan harga terjangkau, bisa dilihat di online shop saya masbro, terima kasih 🙂

    http://rendi-motogp.blogspot.com/

    Guest
  22. Kasihan kali kt y Kang Haji klo masih berfikir “yang penting saya sholat”.
    Harus sama2 kita robah “Sholat penting bagi saya” ini baru bener…

    Utk yang masih merasa berat laksanakn sholat dg tertib yg di contohkan Rasulullah SAW, caranya hadirkan fadhilah dalam setiap beramal.
    Ex: Senantiasa kt ingat hal ini “Setiap langkah kaki ke mnuju mesjid akan meninggikan derajat n langkah yang lain menggugurkan dosa”.

    Klo di mata manusia derajat kt paling bawah sekalipun itu bukan masalah. Namun klo dari pandangan ALLAH SWT derajat kita paling bawah, itu lah yang masalah…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here