Bro sekalian, Era Injeksi sudah mulai di masuki oleh semua pabrika. Dalam Dua-Tiga tahun kedepan sepertinya semua produk Baru pabrikan motor sudah menggunakan fitur injeksi ini. Nah Manrik untuk mengetahui bagaimana upaya pabrikan menciptakan sistem Injeksi untuk motor motor kecil. Pabrikan harus membuat sebuah sistem yang murah dan sesuai dnegan fungsional dan karakteristik motor ber cc kecil . . . untuk sesi pertama kita akan mencoba mengupas secara ringkas tentang Sistem Injeksinya Suzuki  yang disebut Dischare Pump Fuel Injection (DCP-FI)  untuk motor motor berkubikasi kecil . ..  okeh mari kita mulai

Tidak seperti sistem Karburatr dimana Bensin turun sendiri via Gravitasi, Di Sistem FI dibutuhkan pompa untuk mensuplai bensin dari tengki ke injector. Pada Sistem DCP FI seperti bisa bro lihat pada penampang diatas (gambar 1) . .. perbedaan signifikan dengan sistem FI konvensional (gambar 2) adalah  pada Fuel Pump atau Pompa Bahan bakar.

Fuel Pump (dinamakan Discharge Pump) pada sistem DCP FI tidak ikutan nyemplung di tengki bahan bakar. Fuel Pump menjadi satu kesatuan di Injector. So di sana ( di Discharge Pump) ada 3 part yakni : Fuel pump untuk memompa bensin, Regulator untuk mengatur debit bensin dan Injector untuk menyemprotkan bensin ke ruang bakar.

Nah disini kelebihannya . . . karena 3 Part tergabung jadi satu maka bila diproduksi banyak akan membuat banyak efesiensi . ..  costnya pun akan semakin kecil. Cuma itu doang benefitnya? disana ada yang namanya Regulator yang hanya akan memnyuplai bensin sesuai kebutuhan yang di perintahkan ECU setelah membaca berbagai informasi data dari perbagai sensor seperti sensor suhu di Intake, sensor throttel dll . . . so menggunakan sesuai kebutuhan juga merupakan salah satu kunci efesiensi konsumsi bahan bakar tentunya . . . irit lah dalam bahasa gampangnya.

Lalu apa Lagi benefitnya . . . DCP FI menggunakan Low Pressure (tekanan endah) untuk memompa bensin dari tengki ke unit injector . . . tipe konvensional mengunakan tekanan tinggi (hi-presure) . .  ..  .  pompa sumur 9 meter sama jetpump gedean mana konsumsi listriknya? gedean Jet pump kan ? nah analogi itu bisa menarik garis merah bahwa Discharge Pump DCP FI efesien dalam penggunaan sumber listrik.

Lalu apa Lagi ? . . . bongkar semua sampe tuntas dahh  . . . :mrgreen: kalo pompa jet pump sama pompa sumur 9 meter kualitas pipa nya sama nggak ? pasti buat jetpump akan dipilih kualitas pipa yang lebih kuat menahan tekanan kan . . . artinya hi pressure pipe . .. nahhh dalam DCP FI ini hanya dibutuhkan jalur injeksi low pressure yang biasnya cost produknya juga lebih murah dibanding jalur injeksi hi-pressure yang gak boleh sembarangan, cmiiw . . . nahhhhh jelas semua kan. DCP FI digunakan di motor motor cc kecil tipe bebek/ Cub maupun skutik di Negara negara lain seperti di Thailand misalnya . . . nahhh bila nanti Suzuki Indonesia mengeluarkan tipe motor kecil injeksi . . . disinyalir berat sistem injeksi DCP FI yang dikembangkan oleh Mikuni ini yang akan digunakan . . . so Kita semua udah mengetahuinya duluan sebelum motor nya masuk . . . next kita bahas injeksi tipe lain ya . . . okeh silahkan dikunyah kunyah dan semoga Berguna

Taufik of buitenZorg

129 COMMENTS

  1. @10. Gigih Agung Bagaskara
    sebenarnya bukan pada sistem injeksinya yang jelek . . . sistem FI nya sudah bagus . .. tapi kembali lagi ke masalah way of marketing dsb dsb bro, cmiiw, imho

    @13. rhiez.all
    yoi, malah dah diskontinu Shogun FI

    Administrator
  2. @15. Mercon C gak Mretelli
    apa ya? menurut saya kerugiannya adlaah karena satu alat, maka kalo regulatornya rusak, maka yang diganti satu bagian tersebut semuanya .. . ya fuel pump ya injector, cmiiw

    Administrator
  3. kalo shogun yang kemaren apa sistemnya udah DCP-FI juga kang haji?

    btw, ada bocoran terkini kapan skutik injeksi suzuki brojol mas?

    Guest
  4. manstab gan,,, berarti ini lebih kompak ya g butuh fuel pump di dalam tanki,,,smkin berkembang deh injeksi…mdh2an ank negri kita bisa mengembangkan n meciptakan inovasi yg lain

    Guest
  5. sistem fi, membutuhkan asupan bbm bertekanan tinggi utk menghasilkan pengkabutan yg sempurna, semakin kecil partikel uap bbm semakin mudah terbakar, efeknya ke performa, kalo DCP-FI pake sistem tekanan rendah, bagaimana pengkabutan yg bagus diciptakan?

    fuelpump bekerja, pasti mengeluarkan panas, tujuan penempatan fuelpump ke dlm tangki bbm, juga sbg pendingin, kl diluar spt itu, sistem pendinginnya spt apa? yg bs jawab silakan :mrgreen:

    Guest
  6. Apa bener kalo udah injection gag boleh sembarangan kalo mau cuci motor ??? mohon pencerahan…

    Guest
  7. @26. wishnutriwibowo,, mksudnya sembarangan tu jangan mencuci motor dengan air bertekanan tinggi, cs air yang bertekanan tinggi bisa masuk ke sela2 socket2 kabel body n itu menyebabkan terjadinya konslet,,, setau ane gtu gan

    Guest
  8. 27. reogstar – April 4, 2012
    Apa itu termasuk motor matic juga bos? motor matic kan ketutup body tuh mesinnya… thanx

    Guest
  9. wah,, motor makin murah,,
    teknologi makin maju,,
    mesin makin irit,, mantep..
    tapi,, macet malah tambah parah.. -.-

    Guest
  10. klo full pum menggunakan tekanan rendah, maka bisa d pastikan semburan bahan bakar yg keluar dr injector akan lemah & tidak akan menghasilkan proses pengkabutan bensinnya.. shg bisa d pastikan pembakaran kurang sempurna.

    Guest
  11. Memang cuma satu kekurangan suzuki..
    Brand mindsetnya itu loh yg g dipikirkan sama mrk. Honda berani kontrak nidji dan bahkan agnes+vj daniel {brand ambasador abadi}. Yamaha dgn komeng nya. Suzuki malah demen bgt gonta ganti. Tukul ampe bachdim yg kagak jelas konsepnya. Semua mmg balik lg ke konsep pemasaran,ide kreatif dan pastinya financial yg hebat.
    Tp itu smua adlh pengorbanan dan kerja keras yg hrs dilakukan oleh ATPM klo mau membangun citra dan mindset.
    Ayo petingi Suzuki,bangkit lah…
    Sewa team kretif yg punya segudang ide utk mengembalikan kejayaanmu..
    {Itu jg klo suzuki msh mau jualan}
    Heheheheheheheeeeee

    Guest
  12. gw pernah make tuh FL125 injeksi. FCnya 1 ltr ga pernah lebih dari 25km dgn bbm pertamax plus. pengalaman pertama sekaligus terakhir kali beli motor suzuki.

    Guest
  13. emg bagusan kaya gini ga ampe kerendem bensin pumpnya jd bisa mengurangi kerusakan komponen akibat rendaman bensin tp ga ada filter bensinya ya mas? low bensinya kotor kan bisa ngerusak pump & injektornya donk, trus sayangnya komponen pump+fuel regulator+injektor dijadiin satu komponen, sklus kerja pada komponen tersebut akan cenderung lebih berat, satu untuk semua / rusak satu, semua musti diganti, payah….!

    Guest
  14. kalau begitu dalam jangka waktu yang lama bila tanki kotor kotoran yang di sedot fuel pump bisa lebih banyak dari pada fuel pump yg tercelup?

    Guest
  15. ayo adu irit iritan, kalo bisa pabrikan keluarin program tuker tambah system karbu ama injeksi, nambah 250 rb doang (sambil ngimpi)

    btw lagi musim banjir cocok buat ngetes mesin injeksi nembus banjir, ada yg sdh pernah ngetes ?

    Guest
  16. masih kalah ama PGM FI… buktinya MS nya ampe 53%….
    beuh… suzuki… tetep boooorrrrooooossss… bxxt aja 73KPL* sedang nex cuma 51KPL….

    *syarat dan ketentuan berlaku, dengan kecepatan konstan 10-30KPJ…

    Guest
  17. semua tipe injeksi menawarkan kemudahan dlm service dan perawatan, tp klu di liat2…… Modaiarrrr pastinya klu udah rusak tu sistem injeksi, pasti mahal bgt buat benerinnya. elus2 deh klu punya injeksi. Jgn sampe remuk gara2 bensin g berkualitas

    Guest
  18. matic injection suzuki (ngarep hayate) kapan brojolnya..

    ini malah sudah duluan di kupas sistem injeksi DP-FI nya..

    Guest
  19. pantes kga laku……..

    dah gt sparepartnya ga kukuh……..

    di tunggu sistem injek si yg laennya nih……..tob markotob buat inpohnya………

    Guest
  20. kenapa gak bikin sekalian yg siap terjun pakai BBG ya?? inovatif lain dari pada yg lain tuh…..atawa sekalian hibrid…..

    Guest
  21. Garis Biru itu Sensor semua y?? Mantabz ada 8 Sensor!!

    Ymjet-Fi 5 Sensor:
    MAQS, O2 Sensor, Crank Angle Sensor, Engine Temperatur Sensor, Throttle Position Sensor (TPS)

    PGM-Fi 4 Sensor:
    Throttle Position Sensor (TPS), Engine Coolant Temperature (ECT) atau Engine Oil Temperature (EOT), Crankshaft Position (CKP) dan O2 Sensor.

    Guest
  22. saluran bensinnya kan selang saja kang, cuma agak keras, apa kalo suzuki ini low pressure pake selang karbu biasa?

    Guest
  23. @66. dave
    Pulsar 400 hanya april Fool katanya mas bro

    @84. iwak tempe
    saya sendiri belom liat aslinya . . . tapi teorinya sih githu

    terimakasih sobat2 yang share fb . . . banyak juga ya? makash banget, semoga Berguna

    Administrator
  24. Salah satu kelebihannya juga sih sudah pake sensor CO di knalpot. Namun jeleknya dari diatas adalah langsam gak bisa diatur(karena dikontrol juga oleh si sistem CO ini), dan denger-denger Preset langsam nya agak ketinggian

    Guest
  25. Tuh baca d tabloid motorplus td pagi , Yang ngaku paling irit siBEATy Karbu : 31km/liter yg BEATy PGM-fi : 41km/liter .
    Msh kalah ama NEXy test ALAY karbu : 52km/liter

    Guest
  26. Thole @ Pompa bahan bakar DCP-FI Suzuki menyatu dengan injektor, jadi tekanan bahan bakar lebih kuat daripada sistem injeksi konvensional yang diterapkan Honda dan Yamaha. Apabila anda mengatakan ” sistem fi, membutuhkan asupan bbm bertekanan tinggi utk menghasilkan pengkabutan yg sempurna, semakin kecil partikel uap bbm semakin mudah terbakar” memang benar, sekarang anda bandingkan lebih kuat mana pemompaan pompa yang ada di tangki bahan bakar dengan pompa yang menyatu dengan injektor…?????
    Pastinya lebih kuat pompa yang dekat dengan injektor,,,,

    Untuk Jawaban pertanyaan anda yang kedua pompa sistem injeksi DCP-FI Suzuki mendapatkan pendinginan langsung dari terpaan angin dari arah depan motor, seperti halnya pendinginan mesin motor bersirip (non radiator) dan panas pompa injeksi sebagian ikut mengalir bersama bahan bakar ke injektor dan ada yang kembali ke tangki bahan bakar. Dan panas pompa juga membantu mengembangnya molekul bahan bakar sehingga pada saat disemprotkan lebih sempurna….

    Guest
  27. Injektornya pake piston yg digerakkan electromagnetic, pelumasannya cuma dari bbm, kemungkinan gak awet tu injector…

    Guest
  28. Discharge Pump DCP FI efesien dalam penggunaan sumber listrik, efisiensi listrik dialihkan ke AHO, ujung2nya sami mawon :mrgreen:

    Guest
  29. benre Maz suzuki emang selngkah didepan, tu shogun 125 FI yg udah pake sistem ini, 9a’pake aki diselah tetep idup Maz,bisa jalan,,, w udah buktiin sendiri,,, kalau injeksi biasa(pompa di tngki kyknya 9a’bisa hidup deh),,,,, tapi untuk sekarang klw motor injeksi mogok,masih repot hrs ke dealer,karena lom banyak bengkel biasa yg bisa benerin motor injeksi Maz,,, jadi repoooooot…

    Guest
  30. 107. munkholis – April 5, 2012

    benre Maz suzuki emang selngkah didepan, tu shogun 125 FI yg udah pake sistem ini, 9a’pake aki diselah tetep idup Maz,bisa jalan,,, w udah buktiin sendiri,,, kalau injeksi biasa(pompa di tngki kyknya 9a’bisa hidup deh),,,,, tapi untuk sekarang klw motor injeksi mogok,masih repot hrs ke dealer,karena lom banyak bengkel biasa yg bisa benerin motor injeksi Maz,,, jadi repoooooot…

    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    baru tahu gw bro.. tanpa aki..motor sudah injeksi tapi masih bisa hidup tuh mesin dengan di kick starter..

    Guest
  31. mosok klo cangih di discontinue…….
    mososk klo cangih kalah ma yg ga cangih…..
    tanya kenapa……

    Guest
  32. injeksi honda dibahasnya belakangan aja, atau gak usah sekalian, karena pemiliknya ga perduli soal teknologi, yg penting honda, mau jadul mau amburadul kek yg penting ms nya menguasai he..he…

    Guest
  33. Ternyata yang bikin irit itu kerjaan si regulator yang hanya akan memnyuplai bensin sesuai kebutuhan yang di perintahkan ECU setelah membaca berbagai informasi data dari perbagai sensor seperti sensor suhu di Intake, sensor throttel dan sensor lainya…
    Ayo buruan, tukar ke PGM Fi smuanya…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here