About these ads
jump to navigation

Wew, ATPM Produsen Gak Boleh Impor CBU lagi ? April 5, 2012

Posted by Taufik in Blogging activity, Marketing, Tentang Motor.
Tags: , , ,
trackback

Bro sekalian, pasal 2 ayat (1) juncto pasal 1 angka 3 Permendag 39/2010 tentang Ketentuan Impor Barang Jadi (CBU) oleh Produsen yang mengatur bahwa produsen dapat mengimpor barang jadi untuk mendorong pengembangan usahanya di beritakan agar dicabut Oleh Mahkamah Agung (MA) , cmiiw. Nah TMCBlog dengar Kementrian Perdagangan pun akan merevisi pasal ini untuk mengedepankan semangat kepentingan hilirisasi . . . gimana impactnya di segmen roda dua?

Secara Awam tmcblog melihatnya cukup serius dan berimbas pada strategy ATPM/APM roda dua yang berlalku juga sebagai produsen. Dimana Kita ketahui ada banyak Varian Kendaraan roda dua dari lintas merk dan lintas APM yang didatangkan secara impor oleh APM tersebut. Sebut saja Produk PCX 125, CBR 150/250. Ninja 250R, ER6 series, KLX 250/ Dtracker X, Vespa series dan belum lagi line up motor Bajaj dll.

Jika Nggak Boleh IMPOR CBU bisa jadi para produsen-APM tersebut melakukan strategy lain yakni Impor Dalam keadaan terurai CKD . . . secara Pajak bisa jadi lebih murah, harga jual pun bisa ditekan . . .  namun Produsen harus menyiapkan infrastuktur perakitan tentunya . . . Atau sekalian aja produksi Di Indonesia he he he tapi tentu berdasarkan perhitungan matang tentang marketnya . . . Konsekuensi selanjutnya . ..  Butuh waktu tentunya, namuan ada bagusnya juga . . .  ada penambahan line produksi plus penambahan kesempatan tenaga kerja he he he silahkan share komentar bro sekalian dan semoga Berguna

Taufik of buitenZorg

About these ads

Komentar»

1. Novian Agung - April 5, 2012

Srupuuut….

2. yod'z - April 5, 2012

Absen

3. Ari CX Rider - April 5, 2012
4. Aa Ikhwan - April 5, 2012

ada lapangan kerja buat ngerakit :D

5. Taufik - April 5, 2012

@3. Aa Ikhwan
itu yang kepikiran di mind saya bro

6. xianx - April 5, 2012

4

7. Deny s f - April 5, 2012

Asik

8. lvnvrdie - April 5, 2012

Loh…piye toh…, berarti kagak ada BMW, Ferrari, Mercedez Benz, Alphard, semuanya naik Avanza dan Mini Colt gituh????, kalau emang dasarnya kudu di rakit disini, emangnya dah bisa ngerakit BMW???, kudu datengin ekspariat dari luar buat maksa2 peraturan CKD untuk ngerakitnya disini?, sama aja boong, mau nge-gaji berapa???, isu BBM aja belon kelar, sekarang begini lagi……

9. xianx - April 5, 2012

mantap…motor2 bakal bisa jadi lebih murah :D

10. Karis - April 5, 2012
11. rizal - April 5, 2012

wah bagus juga klo bisa menambah lapangan pekerjaan,bukan cuma bisa make motor impor doang hhe

12. Taufik - April 5, 2012

@8. lvnvrdie
ini bukan isu bro, menurut berita yang aku baca2 sudah ditarik itu peraturannya
namun bukan artinya nggak ada barang impor nantinya bro
yang boleh menghadirkan barang impor dibatasi bro bukan produsen lagi . . . melainkan Importir terdaftar, cmiiw
kalo ATPM kan masih disebut produsen jadi sepertinya kena imbas peraturan ini kecuali ada penjelasan atau pengecualian nantinya, cmiiw

13. t36uh25syt - April 5, 2012

Jadi… mimpi saya punya Ducati… bener-bener jadi mimpi… he..he..he..

14. vixy182 - April 5, 2012

bagus tuh…nambahin karyawan buat lapangan kerja lah….

15. Karis - April 5, 2012

kalau CBU beneran dilarang mas, secara normal lebih banyak positifnya, harga lebih murah, investasi masuk makin besar, lapangan kerja meningkat dan yang terpenting bangsa ini sudah berani untuk “melawan” perusahaan besar yang notabene suka CBU

16. Karis - April 5, 2012

ijin share mas

17. neo - April 5, 2012

8. lvnvrdie – April 5, 2012
Loh…piye toh…, berarti kagak ada BMW, Ferrari, Mercedez Benz, Alphard, semuanya naik Avanza dan Mini Colt gituh????, kalau emang dasarnya kudu di rakit disini, emangnya dah bisa ngerakit BMW???, kudu datengin ekspariat dari luar buat maksa2 peraturan CKD untuk ngerakitnya disini?, sama aja boong, mau nge-gaji berapa???, isu BBM aja belon kelar, sekarang begini lagi……
==================================================
masalah gaji kan urusannya ATPM,,,ga da hubungannya ma pemerintah,,,klo bneran sih saya setuju satu sisi membuka lapangan kerja baru yg pastinya berimbas pada perekonomian,,,

18. joant - April 5, 2012

mantabz!

19. ardi - April 5, 2012

CKD bisa menekan harga jual ke konsumen :D

asal kualitas tetep dijaga..

20. smartf41z - April 5, 2012

terlalu berat konsnya. paling pabrikan gedhe bakal “nego” jadinya ga jadi kebijakan ini

21. a-dha - April 5, 2012

@8.lvnvrdie
Kali aja itu untuk ATPM aja peraturannya, kalo untuk IU ga terikat.
LHa kalo setahun cuman jual 1 biji untuk tipe tertentu, gak mungkinlah ngikutin aturan itu. Jadi kayaknya hanya berlaku untuk tipe yang dijual masal oleh ATPM.
Kalo mercedes kan udah punya perakitan tuh di deket sentul, di Jl. Mercedes, kalo BMW ga tau deh kayaknya ngrakitin di gaya motor.

22. banzai - April 5, 2012

hmmm pulsar 200ns rakitan lokal? Bakal semakin murah pajaknya nih…

23. Santai Coi - April 5, 2012

Klo kebijakan seperti ini, bru bagus…

24. blogiwan - April 5, 2012

Setelah membaca berita di link yang bro kasih kok rasanya tulisan bro taufik ini salah kaprah ya.. justru MA itu mencabut pasal larangan impor produk jadi bagi produsen, sehingga dengan begitu produsen boleh ngimpor produk jadi (CBU).. CMIIW

25. pucuq - April 5, 2012

ada positif negatinya.

26. blogiwan - April 5, 2012

coba baca lagi berita di okezone itu bang, rasanya tulisan ini salah deh.. MA tu mencabut pasal larangan impor produk jadi (CBU) bagi produsen, dengan dicabut berarti produsen malah boleh impor CBU donk.. CMIIW

27. sugiedane - April 5, 2012

saya juga berharap tidak ada motor CBU lagi setuju dengan pasal ini semoga pemerintah melek dengan adanya CBU negara kita hanya jadi konsumen tempat jualan oleh mereka2 bukan dijadikan produsen padahal jumlah penduduk Indonesia terbesar ke tiga dunia, harusnya pasalnya ditambah lagi minimal 50% komponen kandungan lokal, berarti CBR rakitan lokal harga miring doong :D

28. jhon speed - April 5, 2012

makasi mas Bro Sharing nya… Mantabz…

29. dikunyah - April 5, 2012

Alhamdulillah,baguslah…
buat pabrikan yang basis RnD di tai-lan,vietnam,timor leste ke laut aja..

30. Abdi suhamdi - April 5, 2012

Semestinya dari dulu…..

31. sugiedane - April 5, 2012

kudune wet ndisek

32. #99 bro. - April 5, 2012

ada yg mau menerima saya kerja..???

33. frans - April 5, 2012

agak gk mungkin bro, karena dinilai dr sisi pendapatan pajaknya, maka pemerintah akan mengalami kerugian yg cukup lumayan bila itu dihilangkan.. tp itu hanya pandangan gw aja sih.. CMIIW

34. cak poer - April 5, 2012

Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 39 Tahun 2010 tentang Ketentuan Impor Barang= dibebaskannya impor barang jadi oleh produsen.

jadi jika permendag ini dicabut = produsen (ATPM kalo industri otomotif) tidak boleh lagi mengimpor barang jadi a.k.a CBU

cmiiw ;)

35. Redribbon Army - April 5, 2012

wah… piagio,kymco,ducati masa di ckd… xixixii

36. jaelan.. - April 5, 2012

analisa sederhana dgn undang2 ini…bakalan merespon harga baru and seken… bakalan naiik krn terbatasnya stok, permintaan yg naik.
nah ntar jg bakalan anjlok signifikan.. setelah ada program CKD..ataupun krn S3 yg minus krn prospek yg suram…dan atau pihak ATPM bercita cita memproduksi dlm negri…

37. Briptu - April 5, 2012

baguuusss

makin murah nih motor2..lah nasip kawak gimana?motornya hampir improoott semua

38. mas aa - April 5, 2012

silahkan, jika itu yang terbaik untuk indonesia

39. CBU Bakalan Dilarang? Aseeekkk…Tapi, …… « karis mauyy - April 5, 2012

[...] posting artikel mas Taufik tentang rumor dicabutnya peraturan ijin perusahaan untuk impor barang jadi (Completely Built Up) oleh pemerintah dalam hal ini Mahkamah Agung (MA) membuat saya tertarik untuk mencoba menganalisa [...]

40. manteb - April 5, 2012

setuju,supaya kita tidak cuma jadi tempat jualan saja.cuma kebagian begonya saja.

41. irfan - April 5, 2012

weleh bisa2 pulsar 200ns seharga bebek nih?? #ngarep :mrgreen

42. tungkuapi - April 5, 2012

Asik ducati ckd.. Wkkwkwk

Piss
Salam,Beckham

43. cak poer - April 5, 2012

kalo sebagai produsen kayaknya nggak boleh …

ducati, piagio & kymco sepertinya tidak memproduksi disini kan? paling banter CKD

44. ffz - April 5, 2012

@8. lvnvrdie
Kata sapa blm bisa ngerakit bmw ? Yang seri 5 harga diatas 1M aja udh dirakit disini kok, namanya di PT. Gaya Motor kalo gak salah. Jangan pesimis dulu sama bangsa sendiri, kalo pikirannya “mana bisa” melulu ya gak maju2.

Cuman kalo menurut saya itu agak ekstrim juga kalo mobil supersport macem ferrari lambo di-ckd baru gak bisa. Mungkin nanti dibatasi pake harga, yg dibawah 400 juta buat mobil, dibwh 50 juta buat motor harus dirakit disini, gak boleh cbu lagi. Nah kalo buat motor ya pasti bisalah, gak ada masalah. Terutama yg motor murah kyk bajaj yg masih cbu itu malah positif, bisa lebih murah plus urusan sparepart bisa kelar. Dan kalo utk motor yg agak mahal kyk er6 series, ducati itu juga bisa kok, wong thailand aja bisa rakit Monster795 mosok kita gak bisa. Ini tergantung kemauan atpmnya aja sih. Intinya, kebijakan ini dibuat biar semakin banyak investor yg nanam modal disini, makin bnyk lapangan kerja, gak cuman ngeruk untung numpang jualan doang…

45. agung - April 5, 2012

bagus…………….

46. diablo - April 5, 2012

probik* bakal gulung tikar kah?
semoga ada aprila yg dijual murmer hohoho

47. e63 - April 5, 2012

blogiwan pada April 5, 2012 pada 11:31 am berkata: coba baca lagi berita di okezone itu bang, rasanya
tulisan ini salah deh.. MA tu mencabut pasal larangan
impor produk jadi (CBU) bagi produsen, dengan
dicabut berarti produsen malah boleh impor CBU
donk.. CMIIW…….> emang ny dr kemaren produsen aka atpm g boleh ngimpor mengimpor ya mas, jd mbingungi…., kan dah banyak disini barang2 dr ckd sampe cbu sekalipun.

48. e63 - April 5, 2012

cak poer pada April 5, 2012 pada 12:08 pm berkata: kalo sebagai produsen kayaknya nggak boleh … ducati, piagio & kymco sepertinya tidak
memproduksi disini kan? paling banter CKD……> klu yg koment macem ini lebih mudah di pahami

49. diablo - April 5, 2012

penasaran ama bajaj, kemarin target jualan ga tercapai maka batal bangun pabrik prakitan, kira2 jika dipaksa ama peraturan apa bakal nurut ato malah kabur ?

50. Red zone - April 5, 2012

Cbr oh cbr.. Im komeeeeng!!!!!

51. okaysuicidal - April 5, 2012

wah.. Brarti bener info P2R tentang cbr mau d ckd
karna tak b0leh lagi cbu

52. gaplek mania - April 5, 2012

sangat setuju sekali.
agar tambah kesempatan kerja

53. beckhem - April 5, 2012

wah, berarti makin mahal klo CBU?itu pun klo g lewat ATPM after salesnya ngeri juga (garansi)?

54. cak poer - April 5, 2012

coba kita tanya mbah satar PT. Supermoto Indonesia ini ATPM/Produsen bukan? :mrgreen:

kalo menurutku PT Supermoto Indonesia hanyalah distributor resmi Ducati, kalo di AHaeM ya seperti: Main Distributor/Dealer Daya Motor (JABAR), ASTRA Motor (JATENG/JOGJA) dll gitulah…

jadi ya syah2 aja to import CBU wong belum punya pabrike, lha kalo ga ngimport sing didol opo? :D

cmiiw ;)

55. p200ns - April 5, 2012
56. overlap - April 5, 2012

utk case cbr ada kemungkinan: di-ckd atau dihentikan penjualanya

57. khalid - April 5, 2012

Mungkin ada benernya kalo emang peraturan ini bakal diberlakukan.
Sekalian training orang2 pabrikan dalam merakit CBU2 impor ini.
Jd nilai plus untuk Indonesia..
IMHO..

58. Nanda - April 5, 2012

Pengangguran berkurang kal peraturan ini diterapkan..
Motor Made in Indonesia??
Why Not?

59. Wahyu - April 5, 2012

Training untuk perakitan perlu dilakukan secara kontinyu, jika PP ini akan dilaksanakan.
Tujuannya agar, struktur CBU yang dirakit disini tidak berbeda quality nya dengan yg di impor.

60. Ajieb - April 5, 2012

Buktikan kalo Indonesia bisa..
Rakit motor imporr.
kalo bisa malah rakit dengan konsep sendiri dan di ekspor, jd mampu bersaing juga di luaran sana..
hihihi

61. Bonsai Biker - April 5, 2012

woh

62. bintangwebdotcom - April 5, 2012

Biasanya ATPM mengakali dengan import semi CKD. Misalnya kalau engine cukup dilepas cylinder head-nya saja. Sudah cukup untuk tidak disebut CBU.

JAdi nanti di sini nanti tinggal pasang cylinder head saja. Tidak perlu infrastruktur gede dan man power yang banyak.

63. ardiantoyugo - April 5, 2012

Ducati…??

64. Obrolanmotor - April 5, 2012

Bagi Importir Umum (IU) makin berjaya ya kang Taufik hehe
Bagi Produsen lokal makin inovatif untuk keluarin mass produk internasional (mudah2an)
Bagi bursa lapangan kerja jadi makin banyak yg terserap (amin)
Bagi Konsumen makin murah harganya kalau CKD.
cmiiw :D

http://obrolanmotor.wordpress.com/2012/04/05/jupiter-mx-injeksi-bulan-depan/

65. M4rio - April 5, 2012

bisa jadi malah ngga ada motor2 keren di indonesia,,,
bakalan cuman ada bebek n matik.. :( suram

66. Obrolanmotor - April 5, 2012

Bagi Importir Umum (IU) makin berjaya ya kang Taufik :D
Bagi Produsen Lokal makin inovatif untuk menelurkan produk2 kualitas internasional (semoga)
Bagi Bursa Lapangan Kerja makin banyak yang terserap (amin)
Bagi Konsumen roda dua makin murah harganya kalau CKD hehe..
cmiiw..

http://obrolanmotor.wordpress.com/2012/04/05/jupiter-mx-injeksi-bulan-depan/

67. opalsatria - April 5, 2012

jadi mongtor paling mahal tigor donk…
Mobil seprot pake inopah..
Selamat tinggal cbr, ducati, ferari, ninja, mercy

68. tovavanjava - April 5, 2012
69. kinno - April 5, 2012

nah ini baru berita bagus biar tidak pengangguran lagi ya merugangi deh .baru saya setuju banget nih…

70. blogpakyo - April 5, 2012

wahh.. bikin pusing Ducati yang 100% CBU. Baru tumbuh tunas langsung dipatahkan.

http://blogpakyo.wordpress.com/2012/04/05/49-lebih-percaya-klaim-konsumsi-bbm-uji-internal-yamaha-pada-mio-j/

71. dave - April 5, 2012

untung dah pernah beli motor cbu.. :)

72. kantong kresek - April 5, 2012

waduhh.. itu berlaku buat ATPM aja ya kang dan IU masih bisa ?

CKD memang bs neken harga dan jadi ada lapangan kerja baru..

tapi ada pengeluaran biaya & waktu lagi untuk merakit kembali

73. r - April 5, 2012

Bisa menekan harga asal regulasi jelas

74. kantong kresek - April 5, 2012

nyangkut kang

75. zhe - April 5, 2012

Wah mantap

76. juraganneon - April 5, 2012

Bajaj harus punya pabrik dong disini?

77. Angga Wisnuwardana - April 5, 2012

wah apakabar ducati yg baru buka cabang byk ya…. eh itu ATPM ya? ATPM kan bukan berati produsen klo kata mbah wikipedia… CMIIW

78. ifoelfumi - April 5, 2012

laik dis…. setuju dgn komen2 diatas, pembatasan ntar pada rentang harga normal motor dan mobil pasaran aja. klo lambo dan ferrari mah emang kudu import. itu baru adil…… moga2 bukan cmn ngomong doang.

79. Taufik - April 5, 2012

abuat bro yang ingin tahu peraturan yang dicabut sama MA monggo cekidot disini :

http://peraturan.bcperak.net/sites/default/files/peraturan/2010/39m-dagper102010.pdf

80. hah - April 5, 2012

setuju deh, kita pengen bangsa ini maju, walu cuma ngerakit sing penting tahu lah, dan bisa ditiru teknologinya. jd lama2 kita bisa ikut punya motor dan mobil nasional, y gpp walaupun dr merk luar tp jd merk nasional spt mobil timor.

81. cak poer - April 5, 2012

Imho, peraturan ini hanya berlaku buat produsen saja lho (baca: yg sudah punya pabrik/produksi sendiri di indonesia)

kalo seperti ducatinya mbah sattar kan di indonesia cuma distributor saja (bukan produsen), beda ceritanya dgn ducati thailand yg udah ada pabrik perakitanny

singkat kata ATPM yg mempunyai kemampuan produksi sendiri, dgn dicabutnya peraturan ini , maka tidak boleh lg melakukan import produk cbu

cmiiw

82. TDF - April 5, 2012

wah asik harganya jadi murah :-)

83. Kodokz Jambanz - April 5, 2012

wah ada cbr150 ckd dong !!!

84. ipanase - April 5, 2012

HOREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/04/tralis/

85. satria biru - April 5, 2012

asik…. motor mahal jadi lebih murah hehe…

86. ATPM - April 5, 2012

Yang jadi masalah, definisi “produsen” itu seperti apa? apakah pengertiannya sama dengan ATPM?

ducati dan piaggio apakah bisa dikategorikan sebagai “produsen”? Kalau iya, memangnya motor apa yang sudah mereka “produksi”?
bukannya aktifitas mereka cuma impor ya?

mungkin kang taufik bisa bantu jabarkan lebih kanjut,,,

87. Gianluigi mario - April 5, 2012
88. vandragade - April 5, 2012

wuah, gw 250 batal masuk donk..hohohoho.. bisa ketunda nih punya er6n, kalo kang taufik mah enak dirumah udah ada si ireng

89. vandragade - April 5, 2012

wuah, berarti part thunder ane makin cucah aja donk ya? secara jeroannya impor dari jepang semua.

90. taka - April 5, 2012

Pasal 2
(1) Produsen dapat mengimpor barang jadi untuk mendorong pengembangan usahanya.
(2) Barang jadi yang dapat diimpor oleh produsen sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus sesuai dengan:
a. Izin Usaha Industri atau izin usaha lain yang sejenis yang diterbitkan oleh Kepala BKPM; atau
b. Izin Usaha Industri atau izin usaha lain yang sejenis yang diterbitkan oleh instansi/dinas teknis yang berwenang.

91. taka - April 5, 2012

Pasal 2
(1) Produsen dapat mengimpor barang jadi untuk mendorong pengembangan usahanya.
(2) Barang jadi yang dapat diimpor oleh produsen sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus sesuai dengan:
a. Izin Usaha Industri atau izin usaha lain yang sejenis yang diterbitkan oleh Kepala BKPM; atau
b. Izin Usaha Industri atau izin usaha lain yang sejenis yang diterbitkan oleh instansi/dinas teknis yang berwenang.

ini yg akan dicabut

92. Taufik - April 5, 2012

@86. ATPM
nanti saya akan coba jabarkan dalam satu atikel tersendiri

93. nhd - April 5, 2012

Setuju banget, hanya ATPM/APM yang benar-benar niat saja yang bisa jualan. Kalau kurang niat, serahkan saja pada IU. Biar Indonesia tidak jadi pasar saja.

94. gomatic - April 5, 2012

Wadoh, harga p200ns bs naek krn CBU pasti dipajekin lbh tinggi.. Sementara Yamaha dan Honda bs pake alasan ini utk menunda new Vixion atau teralisnya…

95. ATPM Mana Yang Tidak Boleh Impor CBU? « TMCBlog – Motorcycle News - April 5, 2012

[...] sekalian, artikel sebelum ini di tmcblog menyatakan bahwa Importir produsen disinyalir kehilangan kekuatan legal untuk impor CBU setelah MA mencabut pasal 2 ayat (1) juncto pasal 1 angka 3 Permendag 39/2010 tentang Ketentuan [...]

96. Robert - April 5, 2012

8. lvnvrdie – April 5, 2012
Loh…piye toh…, berarti kagak ada BMW, Ferrari, Mercedez Benz, Alphard, semuanya naik Avanza dan Mini Colt gituh????, kalau emang dasarnya kudu di rakit disini, emangnya dah bisa ngerakit BMW???, kudu datengin ekspariat dari luar buat maksa2 peraturan CKD untuk ngerakitnya disini?, sama aja boong, mau nge-gaji berapa???, isu BBM aja belon kelar, sekarang begini lagi……

=========================

sedan mercedes sudah ada yg CKD kok bro, begitu juga truk dan busnya…

malah lebih bagus begitu bro, ngapain juga situ marah2, justru banyak positifnya buat konsumen, Indonesia bukan hanya menjadi pasar konsumtif seperti selama ini…masa pabriknya di Thai, di Vietnam, tapi mayoritas hasil produksinya banyakan masuk sini???

97. aamanis - April 5, 2012

punten ahh….

98. kasamago - April 5, 2012

ketokan palu buat bajaj…

99. temonsoejadi - April 5, 2012
100. lvnvrdie - April 5, 2012

Nuhun, Kang Haji,….jangan panggil saya bro ahh, jadi enak saya,…., maaf yach kang , kalau saya ngak sopan, buat semuanya juga maaf yach kalau ada sala2 kata,…btw kang, sekarang kalau mau comment kudu log-in yach ke WP? ….jadi nama id-nya beda dgn nama yg biasa saya pakai….Best Regards….., sof

101. SuRyA - April 5, 2012

Wah lampu kuning neh utk motor cbu :(

http://www.dk8000.co.nr

102. azu - April 5, 2012

@8. lvnvrdie
Kata sapa blm bisa ngerakit bmw ? Yang seri 5 harga diatas 1M aja udh dirakit disini kok, namanya di PT. Gaya Motor kalo gak salah. Jangan pesimis dulu sama bangsa sendiri, kalo pikirannya “mana bisa” melulu ya gak maju2.

Cuman kalo menurut saya itu agak ekstrim juga kalo mobil supersport macem ferrari lambo di-ckd baru gak bisa. Mungkin nanti dibatasi pake harga, yg dibawah 400 juta buat mobil, dibwh 50 juta buat motor harus dirakit disini, gak boleh cbu lagi. Nah kalo buat motor ya pasti bisalah, gak ada masalah. Terutama yg motor murah kyk bajaj yg masih cbu itu malah positif, bisa lebih murah plus urusan sparepart bisa kelar. Dan kalo utk motor yg agak mahal kyk er6 series, ducati itu juga bisa kok, wong thailand aja bisa rakit Monster795 mosok kita gak bisa. Ini tergantung kemauan atpmnya aja sih. Intinya, kebijakan ini dibuat biar semakin banyak investor yg nanam modal disini, makin bnyk lapangan kerja, gak cuman ngeruk untung numpang jualan doang…
———————————————————————————–
@8
jangan salah, mobil eropa yg CKD itu lumayan banyak.. ada Mercedes Benz, BMW (kebanyakan sdh CKD), VW (Golf TSI, Touran), Peugeot (bbrp tipe), Audi (A4 dan A6).. utk MB dan BMW udah lama dirakit disini malah..

malah pabrikan JEpang banyak mobil harga menengahnya yg CBU (kebanyakan dari Thai) yaitu Toyota (Yaris, Vios, Altis), Honda (City, Civic, Accord), Mazda (2,3 dr Thai, sedangkan Mazda 3,6,8 CX,RX,dan MX series dari Japan)..

103. ex tigi rider - April 5, 2012

R4 ora urus…. sing penting R2 makin ok…

104. ray - April 5, 2012

Apakah harga bakalan naik kang buat motor2 yang CBU ?

105. Motorku - April 5, 2012

Kalo bs diproduksi di indo, ninja 250 bakal dijual brp ya?

106. kupaw - April 6, 2012

hore2 ninja murah, semoga turun 10 juta an, asyk. ini dia peraturan yang ditunggu, benar2 pro rakyat.

107. cara pemesanan jelly gamat luxor - April 6, 2012

bakal pada murah donk

108. cbu - April 6, 2012

gak cbu gak asyiik!

109. semort - April 10, 2012

knpa kga dari dolo di giniin.kan lebis asik…

110. Serpihan Info, TVS Bulan depan disinyalir rilis Motor baru . . . . Bebek, Skutik atau Apache ya ? « TMCBlog – Motorcycle News - April 11, 2012

[...] . nanti kalo dah keluar Notif Impornya . . . baru deeeh bisa di analisa lebih kuat? atau terganjal perubahan impor CBU? Gak masalah, kan bisa CKD, dan Plant TVS tentu dah siap akan itu . . . siip deh silahkan dikunyah [...]

111. Kawasaki ajukan TPT (Impor) Ninja 250R Injeksi . . . jeng jreng « TMCBlog – Motorcycle News - Mei 30, 2012

[...] gonjang ganjing bingungnya menyikapi kebijakan pengetatan impor utuh (CBU) oleh ATPM/APM seperti terlihat dalam pasal 2 ayat (1) juncto pasal 1 angka 3 Permendag [...]

112. Achmad Sya'roni F - Februari 24, 2014

semanat tinggal motor eksotis


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.568 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: