About these ads
jump to navigation

Mengupas Sistem Injeksi Untuk Motor cc Kecil . . .YMJET Fi Yamaha April 6, 2012

Posted by Taufik in Blogging activity, yamaha.
Tags: ,
trackback

Bro sekalian, setelah DCP-FI dan PGM-FI sekarang kita bahas tentang sistem Injeksi nya Brand garpu tala alias Yamaha yang disebut YMJET Fi atau yamaha Mixture Jet FI.  Denger denger YM JET FI ini memang dibuat khusus untuk motor motor  cc kecil, wabil khusus memang buat SKutik. Secara Umum memang stuktur desainnya nggak jauh beda dengan sistem Injeksi Konvensional dimana fuelpump di ceburin ke tengki bensin dan bensinnya disalurkan ke Injector yang akan menyemprotkan bbm yang dicampur oleh udara yang dihembuskan dari arah throttle body ke ruang bakar.

Namun Yamaha membuat perbedaan mendasar di jalur suply udara. Yamaha membagi dua jalur suply udaraYakni Via pipa kecil yang disebut Air Assist Pasage dan saluran besar Main Air passage. Udara dihembuskan ke ruang bakar via satu diantara kedua jalur ini, tergantung kebutuhan yang dideteksi dari rpm mesin. Tresholdnya sekitar 5 ribuan rpm kalo nggak salah. Jadi jika mesin berjalan dibawah 5 ribuan rpm jalur udara akan melalui jalur kecil Air assist pasage, sedangkan saat lebih dari 5 ribu-an rpm dan membutuhkan power lebih besar, maka udara akan melalui Main asist pasage. . . . jalur kecil lebih irit tentunya

Untuk membagi alur udara ini digunakan kombinasi dua pintu ‘gerbang’ yakni Klep downstream dan klep upstream

ECU dapat mendeteksi besaran RPM motor dari sensor dan Saat rpm dibawah 5 ribuan ECU akan agar klep DownStream nutup dan Klep Upstream tetep kebuka sehingga udara masuk Via Air Assist Pasage. Nah baru deh saat gas dibetot, udara masuk Via Main Air Intake Passage karena Klep downstream kebuka . . . Wah  Yang menarik disini adalah yamaha cukup perhatian sama daerah rpm rendah-menengah sampai sampai jalur udaranya dibuatkan saluran tersendiri.

Yup Bro disinilah Kuncinya . . . disinyalir sumber dari keborosan skutik dibanding motor jenis lain adalah di daerah rendah sampai menengah . . . lha coba aja itu kalo di motor bebek dan sport dengan rpm rendah udah bisa jalan . ..  lha kalo Skutik . . . betot dulu lebih dalem dibanding bebek dan sport baru deh itu gear cvt mengunci belt cvt yang terus baru bisa mentransfer tenaga dari Crank case ke roda belakang . . .

Ibaratnya di skutik itu ada pita rpm ‘sia sia’ (mohon maap bila istilah dadakan ini nggak pas ). . . nah buat apa pita’ rpm sia sia’ dikasih suplay udara yang gede . . . yang ada nanti boros  . . . oleh karena itu saat rpm ‘sia sia’ rendah sampai mau jalan saluran udaranya pake yang kecil aja dah biar irit. Udah gitu keiritan ini ditunjang oleh sistem atomisasi dari semprotan bbm oleh Injector yang dibuat sangat kecil hingga menyerupai asap sehingga membuat pembakaran lebih menyeluruh dan sempurna . . . . naaah

sekarang ada yang nanya? Lha itu Vixion yang irit kalo dipake ginian akan tambah irit dong? ha ha ha boleh boleh saja . . . tapi di rpm rendah-menengah saluran udaranya kecil lho . ..  nanti hasil performa vixion di rpm rendah bisa kedodoran kalo begini . . . alias disinyalir nggak ngacir di rpm rendah-bawah . . . mau? Ogah lah pasti he he he. Artinya YMJET Fi memang lebih cucok kalo disandingkan dengan Skutik karena peruntukan efesiensinya jelas dan karena di skutik itu ada ‘rpm sia sia’ yang pas banget disandingkan dengan jalur Air assist passage he he he, silahkan dikunyah kunyah kembali dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

About these ads

Komentar»

1. yod'z - April 6, 2012

Absen pagi

2. Karis - April 6, 2012

2

3. Karis - April 6, 2012

borong

4. gafuri46 - April 6, 2012
5. kasamago - April 6, 2012

awesome..

6. cars news reviews - April 6, 2012

mantap injeksinya

7. cars news reviews - April 6, 2012

10 besar nih

8. r - April 6, 2012

Waww joss

9. ipanase - April 6, 2012
10. noname - April 6, 2012

pengen mio j..

11. go - April 6, 2012

biang irit..

12. speed_lover - April 6, 2012

stoner masih digdaya di latihan bebas pertama
# 1STONER C.Repsol Honda Team1:56.474
# 2LORENZO J.Yamaha Factory Racing+0.174
# 3HAYDEN N.Ducati Team+0.450
# 4SPIES B.Yamaha Factory Racing+0.508
# 5PEDROSA D.Repsol Honda Team+0.656
# 6CRUTCHLOW C.Monster Yamaha Tech 3+0.921
# 7BAUTISTA A.San Carlo Honda Gresini+1.038
# 8DOVIZIOSO A.Monster Yamaha Tech 3+1.073
# 9BARBERA H.Pramac Racing Team+1.438
# 10ROSSI V.Ducati Team+1.440
# 11ABRAHAM K.Cardion AB Motoracing+1.465
# 12BRADL S.LCR Honda MotoGP+2.460

13. juraganneon - April 6, 2012

ini baru teknologi canggih.. kencang dan irit.. YMjet FI Joss

14. yb - April 6, 2012
15. lx ireng - April 6, 2012

ijin nyimak

16. Choi Woo Young - April 6, 2012

ooo ngerti2..

dgn kata lain kalau diterapkan di motor sport yang mengincar karakter square alias tenaga rata semua rpm sptnya ini kurang cocok betul bgitu kang??

tapi kalau dipaksain dipakai nih misalnya.. taruhlah rpm bawah-menengah jadi lebih lemot, tp tetep overall jadi lebih irit dong kang??

17. Alfido - April 6, 2012

tambah pinter,…mwantap kang.

http://alfido.wordpress.com

18. r0ndUgl - April 6, 2012

it’s nayamul

19. thole - April 6, 2012

sepertinya, klep upstream & klep downstream itu mekanis buka-tutupnya dikendalikan oleh grip/selongsong handle gas deh, artinya saat posisi idle, sensor ISC mendeteksi rpm, dan udara terbuka penuh lewat saluran itu, baru setelah grip gas terbuka & kurang dari 1/3 putaran klep upstream yg terbuka, ISC semakin menutup, selebihnya dari 1/3 putaran klep downstream ikut terbuka, mengikuti klep upstream.. perhatikan saja throttle body nya, pengait nya unik

20. sabar trimoyo - April 6, 2012

Ahyana

21. thole - April 6, 2012

denger2 pake fuelpump tipe brushless dgn dimensi kecil, bertekanan besar & hemat listrik, benar gak bos? :mrgreen:

ECU nya juga canggih bgt, boleh donk dibahas lagi 5 kelebihan ECU MIO J yg canggih itu :mrgreen:

22. thole - April 6, 2012

gw pernah minta di demo-kan waktu service Mio J, canggih bgt
socket self diagnostic dicolok ke adaptor yg terhubung ke PC yg ter install software ymha ymjet, buka aplikasi, next minta kunci kontak di ON, next, minta mesin di START, ada banyak option pengecekan, mulai dr semua sensor, cek battery/aki, cek kerusakan, tinggal centang semua, next, data berupa grafik akan muncul, geber2 motor,,,
termasuk kondisi aki, apakah stabil/tidak, gw juga di demo-kan bagaimana caranya, memberi identitas si ECU, seperti nama, no.mesin, dll canggih dah :mrgreen:

23. kantong kresek - April 6, 2012

paling keren injeksi nya

24. val - April 6, 2012

bar subuhan terus baca

25. Koi - April 6, 2012

Ya, memang paling canggih dari injeksi lainnya

26. Thanmust - April 6, 2012

Kang Haji ini nih artikel yg mencerdaskan,,,,Injeksi dikupas semua,,,,,”Yang awam jadi paham”

27. diablo - April 6, 2012

next vixi dgn YMjet FI pasti lebih kencang dan irit..

28. asus - April 6, 2012

berakibat lemot diputaran bawah ya . . .

29. harddisk panas - April 6, 2012

artinya kalo selain skutik…implikasinya tenaga bawah lemot ya??

30. cars news reviews - April 6, 2012

secara logika, injeksi yamaha di indonesia paling canggih, hasil tes konsumsi bbm udah sedikit membuka fakta, tinggal nunggu bagaimana kinerja injeksi suzuki dan kawasaki

ymjet dibuat tidak main2, risetnya aja dr basis injeksi YZR-M1 motogp
http://motorplus.otomotifnet.com/read/2012/02/27/328450/28/8/Pengembangan-Injeksi-Mio-J-Lebih-Lama-Dari-YZR-M1-Ini-Alasannya

yamaha cerdas !

31. Dradjat_Djati - April 6, 2012

yg jadi masalah itu desain Mio J yg super cupu…
klo dr teknologoli sih udah lumayan, gak ketinggalan jaman banget spt pendahulunya.

32. Taufik - April 6, 2012

@16. Choi Woo Young, 29. harddisk panas
Itu point nya bro . . . mantabbb
jadi mau di rpm rendah-menengah gak ada larinya cuma karena ngejar irit? lha mindset performa yamaha nanti terciderai lho, imho, cmiiw

@19. thole
Yap, ada mekanisme mekanis dan elektronik (mekatronik) dikombinasi bro

@21. thole
yap fuel pumpnya kecil dan
mengenai ecu . . . udah di pernah dibahas satu bulan yang lalu di tmcblog mas
he he he, nggak nyimak semua ya? :mrgreen:
http://tmcblog.com/2012/03/05/chip-2gb-sistem-injeksi-yamaha-mio-j-layaknya-black-box/

33. dani - April 6, 2012

dari ketiga teknologi injeksi yang dipaparka (suzuki,Honda,Yamaha) sepertinya suzuki lebih maju…tapi mengapa kembali tidak terekspose…CMIIW

34. thole - April 6, 2012

YMJET-FI konsepnya memanfaatkan 2 saluran intake + atomisasi bbm lbh sempurna, kalo diterapkan di Vixion, tinggal disesuaikan dgn fuelpump & injector utk ukuran sport lah

35. kym - April 6, 2012

teknologo ym-jet emg keren tpi koq kenapa suzuki nex lebih irit mohon penjelasanya suhu?

36. Taufik - April 6, 2012

@33. thole
nahhh, itu dia masalahnya adalah di investasi
yang ada sekarang ini. Pengembangan mesin butuh riset dan investasi. Sekarang ini Vixion itu nggak ada masalah sama efesiensi bahan bakar . . . so sepertinya yamaha melihatnya nggak terlalu prioritas untuk ‘menambah irit’ vixion untuk saat ini, imho

@34. kym
saya belum mengutak ngatik sistem dan parameter pembakaran Suzuki nex
namun Karburator lebih irit dibanding Injeksi itu tetaplah sangat dimungkinkan dengan setingan yang tepat
saya yakin memang Nex ini memang punya resep setingan karburator dan pembakaran yang mengejar ke sisi irit ini . . .kayak apa? suerr saya belum ngubek2 bro :D

37. thole - April 6, 2012

@atas
soal szk nex, knp dipake econo riding bisa irit, lihat aja dia pake mikuni venturi 22, PJ 12.5 + TPS, knp bisa responsif? karna dia punya size seher paling besar di kelas 110-115 => 51mm

sejatinya, karbu itu tdk akan lbh irit dr injeksi, kalo diperlakukan sama

38. cara pemesanan jelly gamat - April 6, 2012

amazing !

39. G-sonk - April 6, 2012

Wah Suer ,Naik suzuki NEX ,impresinya Lebih powerfull kyk kejambak ,irit Pula pdhl msh karburator ,dulu pake Mio skrg sakit hati terobati setelah pake suzuki NEXy

40. G-sonk - April 6, 2012

Fakta ,walau NEXy pake Karbu BS 22 .tp tenaganya Kyk motor manual 125cc

41. penggemar ninja - April 6, 2012

@thole

klo ventury TB nya mio J berapa..?

42. yukndesain - April 6, 2012

Kang Taufik, Keiritan Nex saya rasa gak akan berjalan stabil.. bisa saja service motor selanjutnya akan jadi boros.. karena mekanik memiliki kemampuan yg berbeda2 dlm melakukan setting karburator Nex tsb.. berbeda dg sistem injeksi yg sudah computerise & semua mekanik pasti setingannya bisa d samakan.

43. G-sonk - April 6, 2012

Teknologi Mio JET-FI emang keren tp Suara knalpot cempreng + power ,iritnya msh kalah sama Suzy NEXy
Mio J : 8,3ps berat 94 kg

NEX : 9,4ps
berat : 86kg

44. kacer - April 6, 2012

Bang Haji ane penasaran nih sama mekatronik, ada dua throttle valve, yang dihubungkan ke selongsong gas yang mana tuh?

45. Abimanyu - April 6, 2012

Downstream throttle dan upstream throttle sepertinya murni dikendalikan secara mekanis, hanya beda di derajat bukaan selongsong handle gas saja (klo gak salah terpaut 10 derajat), pada actual prakteknya waktu handle gas diputar (biar berasa, kondisi engine di-off-kan) akan berasa sedikit ketukan selepas handle gas diputar sedikit (mungkin ini yg dimaksud 10 derajat tsb). Klo mekatronik harusnya dibantu motor servo ataupun soleniod, sptnya blm ada deh…

46. Dadot - April 6, 2012

Mas Taufik, di sini http://tmcblog.com/2012/03/05/chip-2gb-sistem-injeksi-yamaha-mio-j-layaknya-black-box/ kan dibahas Mio J punya seperti blackbox, kalo di Soul GT otomatis ada juga gak?

47. Gianluigi mario - April 6, 2012
48. thole - April 6, 2012

@penggemar ninja
kl gk salah ya, mikuni 26, coba kang ofik bbm M. Abidin, tanyakan langsung

49. Mbelgedhess - April 6, 2012

35. kym – April 6, 2012

teknologo ym-jet emg keren tpi koq kenapa suzuki nex lebih irit mohon penjelasanya suhu?
———————————————————————–
EMANG BENERAN NEX LEBIH IRIT DARI MIA J? :mrgreen:
MIA J ECONO RIDING DAPET BERAPA YA?

KLO honpxxx SEH JELAS LEBIH BOROS :mrgreen:

50. dave - April 6, 2012

o0o gt,, lebih ngerti yg yamaha neh di banding yg laen,,
penjelasan nya lebih detail mksd saia,,
ada contoh2nya,, hehe,, cmiiw.. :)

51. Dre - April 6, 2012

Kabel gas ada 2 fungsi u apa y

52. juns aidi - April 6, 2012

gemes deh dngan teknologi canggih yamaha

53. masTer Samidi O_O - April 6, 2012
54. Rei - April 6, 2012

Vixion nggak pake sensor O2

dia masih open loop

55. Taufik - April 6, 2012

@45. Abimanyu
hmmm, it seems that you are right bro :)

@46. Dadot
saya rasa ya, sama . .

@51. Dre
oo kalo itu push pull . . . ada yang mau tambahin . . . biar enteng ya?

Pizhai - April 18, 2012

pul pul mas brow, sama kayak xeon dan mx.
tujuannya biar kembalinya throttle lebih cepat dan pasti…
beda sama skep konvensional yang pull aja dan kembalinya pakai pegas…

56. Rei - April 6, 2012

Kalo bisa dilengkapi Om data2 sensor apa aja yang dipakai di YMJET-Fi ini supaya masyarakat juga melek teknologi injeksi, bisa tahu merek mana yang sistem injeksinya oke punya..

57. dee - April 6, 2012

kang,,mau nanya nich..
klo YMJET-FI kan diterapkan di motor kecil sperti mio series
trus klo ntar semua produk yamaha pake injeksi,,apa yg cc 125 (xeon), 135cc (mx), akan pake YMJET-FI juga?
atau malah ngadopsi injexsi vixion?

58. kudalumping - April 6, 2012

wow,
Keren ya.. :D

59. Mbelgedes - April 6, 2012

Injeksi jadul…minim sensor.

60. kantong kresek - April 6, 2012

setuju setuju :DD

61. G-sonk - April 6, 2012

Wah Berarti matic irit +bertenaga kelas 110-115cc masih di pegang suzy NEXy !!

62. G-sonk - April 6, 2012

Honda PGM-FI ; 4 sensor
Yamaha JET-FI ; 5 Sensor
Suzuki Shogun Hyper injection : 7 Sensor

Pdhl Suzy mau ngembangi jadi DCP-FI
Berarti siapa yang canggih ya ?

63. Mbah Kecrit - April 6, 2012

Mio J mesinnya panas banget n tnaga ngedrop klo klamaan di pake beda ma yg sporty . .
Tanya Kenapa !

64. aldo taHER - April 6, 2012

Kurang paham,tau’y cma naik ajah..

65. kym - April 6, 2012

@ 37. thole thx buat infonya ane stuju bgt bro.

@ 49. Mbelgedhess pura2 gtw neh klik aja menu test ride di atas pernah di bahas koq sama empunya blog ini.

66. Mengupas Sistem Injeksi Untuk Motor cc Kecil . . .YMJET Fi Yamaha | Automotif ID - April 6, 2012

[...] Posted by Taufik in Blogging activity, yamaha.Tag&#115&#58&#32yamaha, YMJET-FItrackback [...]

67. temonsoejadi - April 6, 2012
68. duarodaku - April 6, 2012

Wah, kalo kopling matic dimodifikasi supaya engage di rpm lebih rendah, YM Jet gak mumpuni dong ya??

http://www.duarodaku.blogspot.com

69. aru_kun - April 6, 2012

Kalau kopling motor matic dimodifikasi sehingga engage di putaran lebih rendah, YM Jet jadi gak mumpuni dong?

http://www.duarodaku.blogspot.com

70. hi hi hi - April 6, 2012

kalo konsumen awam mah gak ngaruh motor pake system injeksi ym-jet kek pgm-fi kek dcp-fi kek……yg penting lebih irit dan fungsi yg dibutuhkannya (konsumen) terpenuhi. (ada yg butuh kecepatan, akselerasi atau daya angkut kaya helm in etc etc)

71. ade - April 6, 2012

Motor full ECU dalam kondisi baru memang enak pasti..
dimana semua komponen masih dalam kondisi terbaik..

tapi biasanya kendaraan yang full elektronik ini lebih cengeng di banding yang konvensional dalam waktu 3-4 tahun

contoh :Mercedes Benz keluaran tahun 2000 ke atas full elektronik dengan ECU yang canggih tapi setelah tahun 2005 sudah mulai muncul masalah untuk elektroniknya.. dan mahal untuk benerinnya..

beda dengan tahun di bawah 2000 rata-rata masih konvensional/belum full Elektronik jadi perawatannya lebih mudah.. dan harga mobil tersebut juga masih tinggi karena bandel jarang rusak

tapi itu kan untuk mobil ya..jangka panjang.. untuk motor 3-4 tahun kan bisa ganti baru ga masalah..

untuk motor bekasnya setelah di beli akan banyak problem..tapi ya gitu motorkan untuk perbaikannya jauh lebih murah dibanding dengan mobil.. ya masih masuk ok lah motor full elektronik.

72. Bonsai Biker - April 6, 2012
73. mbelgedhes - April 6, 2012

58. Mbelgedes – April 6, 2012

Injeksi jadul…minim sensor.
——————————————————-
YANG BEGITU PUNYANYA honpxxx OPERPRETT KANNN :mrgreen:

74. Mbelgedhess - April 6, 2012

64. kym – April 6, 2012

@ 37. thole thx buat infonya ane stuju bgt bro.

@ 49. Mbelgedhess pura2 gtw neh klik aja menu test ride di atas pernah di bahas koq sama empunya blog ini.
—————————————————————————–
EMANG DULU MIA DITEST ECONO RIDING?….PURA2x GAK TAU NI YEEEEE CEPEK DEEE :mrgreen:

75. Mbelgedhess - April 6, 2012

60. G-sonk – April 6, 2012

Wah Berarti matic irit +bertenaga kelas 110-115cc masih di pegang suzy NEXy !!
———————————————————————————
KLO DI WARUNG SEBELAH NDAK BEGITU TUH……TAPI YANG JELAS BUKAN honxxxx WEKEKEKE :mrgreen:

76. ando - April 7, 2012

mantap

77. onestar - April 7, 2012

thx kang taufik
ulasan2 nya sangat bermanfaat
jd tambah pengetahuan mau pilih2 motor matic..

78. Yamaha Soul GT Dibanderol 13,9 Juta OTR Jakarta « TMCBlog – Motorcycle News - April 7, 2012

[...] banderol 13,9 Juta rupiah OTR Jakarta. Dan benar juga pendapat bro semua, bahwa Skutik berteknologi YMJET Fi, Forged piston dan diasil silinder di rilis memang untuk Cowok . . . oleh karena itu embel embel [...]

79. jhon speed - April 7, 2012

Sharing nya Juozz Mas bro..

80. lokomotif kobong - April 7, 2012

nice article…

81. gugun - April 7, 2012

ini persaingan honda yamaha, suzuki ga usah ikut2 tan pake bawa2 nex segala, tar lagi juga nex pensiun tuh motor brozol…. heheee… yang canggih yang mana ya? honda or yamaha ?

82. barkom - April 9, 2012

oom Taufik, dijejerin dong hasil tes versi tmc, atas semua skutik injeksi yg dah dicoba dalam satu artikel komparasi.

tengkiu atas jerih payahnya.

83. semort - April 10, 2012

ribet amat pake ada jalur alternatip…..
mangnya tu katup kupu” kurang bagus apa?

jd tau pemikiran yamama sama hodut kaya gmna.

84. accswiftura - April 11, 2012

prinsip kerja thortle bodynya hampir mirip kerja karburator. sub port nya bisa diibaratkan saluran udara yg melintas di daerah pilot jet ketika bukaan awal.
Main air passage bisa diibaratkan saluran udara di skep karbu.
yamaha benar2 memanfaatkan hukum mekanika fluida. hebat

85. Bulan Kedua Aksi Mio J makin bikin was was « TMCBlog – Motorcycle News - April 17, 2012

[...] patut di apresiasi adalah prestasi ini diperoleh Mio J dengan Platform baru yakni Injeksi YMJET FI . . . nggak mudah untuk mengganti mindset konsumen yang sudah kadung kenal Mio karbu ke Mio Injeksi [...]

86. Bulan Kedua Aksi Mio J makin bikin was was # TMCBLOG « motoranyar - April 18, 2012

[...] patut di apresiasi adalah prestasi ini diperoleh Mio J dengan Platform baru yakni Injeksi YMJET FI . . . nggak mudah untuk mengganti mindset konsumen yang sudah kadung kenal Mio karbu ke Mio Injeksi [...]

87. Disinyalir Yamaha Ambil Diferensiasi Lain di Segmen Mid-end Bebek « TMCBlog – Motorcycle News - April 26, 2012

[...] YMJET FI bisa jadi faktor keiritan motor akan bertambah. Nah disinilah juga salah satu value yang akan [...]

88. Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah - Juni 11, 2012

ternyata YMJET-FI dirancang khusus untuk matic ya

motor matic injeksi irit harga murah

89. t-chan - September 6, 2012

Kok mio j saya tarikan gas nya malah berat ya? ΰϑαђ 4 bulan ini bolak balik msk service ktnya cmn kotor tp ttp ajah gak ada perubahan, jadi ada biaya tambahan beli koyo tiap hari nih….

90. Yogisu - Januari 9, 2013

meliat Mio – J itu gmana yah … pokoknya kecewa berat bro …. tega-teganya Yamaha yg kesohor dgn model kok mengeluarkan model Mio – J yg sperti NENEK-NENEK BONGKOK pakai kain trus kedodoran lagi. Coba deh bro … liat sendiri dari segala sudut pangdang, apanya yg menarik dari Mio – J itu ? kecuali sistem injeksinya . . . bukankah SEPEDA MOTOR itu cerminan dari siapa yg menaikinya ? itu kalo tidak mau dibilang darsar NENEK-NENEK !

Ini adalah PR bagi Yamaha, utk segera mungkin meMODIF Yamaha Mio – J, sebab tadinya gw mo beli akhirnya entar deh tunggu xeon injeksi.

91. 2013 New Yamaha MioGT . . . Varian Khusus Indonesia, Mencoba Mengulangi sukses Mio Sporty Smile « TMCBlog – Motorcycle News - Februari 13, 2013

[...] YMJet FI Sendiri merupakan sistem FI cerdas yang memiliki keunggulan management pembakaran pada rpm rendah yang memungkinkan pembakaran hanya terjadi seperlunya saja sehingga meminimalisasi penggunaan bahan bakar yang muaranya adalah keiritan. Ini dikarenakan adanya  air assist passage  berupa saluran udara yang lebih kecil pas untuk pembakaran di rpm rendah silahkan cek di gambar dan video diatas. Kalo kurang jelas mari kita sama sama belajar lagi via artikel kupas YMJet FI nya tmcblog [...]

92. GUE BENCI MATIC YAMAHA!! | Sarana Berbagi - Maret 22, 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.532 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: