Bro sekalian, Via bro Lutfi dan ART  terlihat memang Honda CBR 250R Tebar ancaman Serius Di kejurnas 250 cc. Dua terdepan kualifikasi dipegang Oleh Duo rider Honda CBR 250R Astra Racing Team yakni Denny Triyugo (#96) 1:50.499 detik dan Wawan Hermawan (#19) 1:51.206 detik . . . sementara Kawasaki  yang sampai menurun kan M.Fadli (#162) bisa tercecer lima detik lebih lambat dari pada Denny 1:55:778 . . . is this happen because the power of power to wieght ratio ?

Lho jauh amat Wawan dan Fadli? yup diantara kduanya sebenarnya ada beberapa nama  . . . namuan kena diskualifikasi karena tidak mematuhi ketentuan bobot minimal motor. Yup seperti yang pernah di jelaskan ada regulasi baru IRS Kejurnas 250 cc dimana Berat minimum kendaraan dengan BBM, oli, dan isi radiator (minus pembalap): 1 cylinder 137 kg – 2 cylinder 162 kg (selisih 25 kg.

source ; facebook indospeed

coba kita analisa lagi  . . . . motor standar CBR 250R power on wheel 22 hp dan Ninja 250R Power on wheel 24hp maka diperoleh PWR CBR 250R adalah 0,160 sedangkan Ninja 250R adalah 0,15 . . . wedew, dari model motor standar aja PWR CBR 250R sedikit lebih besar ya he he Tapi inikan motor standar . .  gimana motor spek Race . . . dengan tambahan part part bermaterial khusus misalnya sehingga bisa digeber melebihi batas rpm normal. Dan kalo sudah begini dipastikan memang  namanya udah (IMHO) adu teknologi dan durabilitas material part balap . . .

Namuan Bukan itu saja, keputusan Honda untuk menggaet punggawa Star Racing yakni pak Benny Jati Utomo juga patut diperhitungkan. Disinyalir Pak Benny ini melakukan segala ilmu nya untuk membangun CBR 250R agar bisa kenceng seperti itu ditambah lagi kemungkinan part jeroan swedia yang biasanya menjadi  andalan STar Racing . . .

okeh itu semua baru analisa terhadap hasil kualifikasi, Gimana saat race? wah sore yahh, mudah mudahan nggak ujannnn  . . .bogor theaaa atuuuh . . . kunaon jam 3 soreee ??? kita tonton saja dulu di sentul nanti okeeeh mudah mudahan nggaj ujan kayak kemaren . . . yang penting makin seruuuuu . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

150 COMMENTS

  1. Torsi juga menang yg jumlah silindernya sedikit… Lepas dr tikungan bisa langsung melesat.. N beban 25 kilo buat motor 250cc… too much

    Guest
  2. Justru kalo regulasinya kayak gini kalo CBR gak menang sangat memalukan… Cbr nek Kalah wirang, menang ra kondang

    Guest
  3. wah ninja mengecewakan tp saat tes dl cbr bs tembus 1 m 52 dtik sy dah yakin kl ninja 250r bkalan dibabat cbr. Krn sulit ngoprek motor cm 125cc x 2

    Guest
  4. krn ngoprek motor 125cc x 2 emang ga signifikan naiknya aplgi berat bisa beda lbih dr 20 kg, bikin susah keluar tikungan

    Guest
  5. buset jauh bgt selisihnya, sampe 5 detik…. nah kalo yg didiskualifikasi tu selisihnya berapa detik ya dari yg di depan? ato malah lebih cepet?

    Guest
  6. wah2, yg punya ninin jd pada khawatir, ada siaran langsungnya ga yah bang taufik?? jd penasaran pengen nonton

    Guest
  7. ane justru heran kenapa rider ninja bisa melorot posisinya padahal dah ga patuh ama peraturan (soal berat motor), sedangkan yg patuh cuma M Fadli malah ga masalah en bisa nyodok dibarisan depan, apa pengaruh ridernya atau memang motornya??

    Guest
    • bener bro..sayang banget, F1 pas lagi seru2nya malah pada gak ada yang nyiarin..padahal pembalap indonesia yang punya prestasi itu pembalap roda 4 doang..

      Guest
  8. Ninin posisi 3 yg didis dipegang ali adrian. Dgn cttn waktu 1.52.7. Liat aja di blog P2R..ckp jauh khan 1.50.4 ke 1.52.7

    Guest
    • Dengan Berat yg sama aja masih kalah koq…mau ngandelin apa lagi si ninin ?… Kalo aturan udah disetujui, ya jangan curang dong…. Motor sport murni diajang sport yg mengutamakan sportifitas koq malah curang…. Ngga malu ya ?… Silinder lebih banyak, suara knalpot lebih merdu (katanya fbk) koq masih curang ??….

      Guest
    • Akhirnya ketauan juga tuh si ninin dgn teknologi jadulnya…..cuma berani di jalsn raya doang ngebutnya…di sirkuit mah melempemmmmmmm….

      Guest
    • Kalo kalah ketau korekan yang selama ini adalah korekan ninja yang ngasal!! Lihat tim profesional sekelas star racing, pertama pegang cbr langsung melejit.. Mereka ga hanya fokus mesin aja sih, suspensi, sasis juga di ulik..

      Guest
  9. Balap dagelan, lawong lawan larinya suruh sambil gotong batu 25kg hahaha
    Mo menang aja ampe sgitunya yah 🙂

    Guest
    • Kalau dengan berat yang sama, padahal dengan jumlah silinder yang beda apakah itu adil? Sya pemakai N250R, sya menyayangkan kenapa bisa begini. Kan sdah jelas, weight to ratio yg disamain.

      Guest
  10. Ken arok pada April 22, 2012
    pada 5:42 am berkata:
    Justru kalo regulasinya kayak
    gini kalo CBR gak menang
    sangat memalukan… Cbr nek
    Kalah wirang, menang ra
    kondang
    _ _ _ _ _ _ _ _

    apa gx kebalik mz bro ? Yg katanya motor sport tulen !!!! Ehm ehm

    Guest
  11. “Balap dagelan, lawong lawan larinya suruh sambil gotong batu 25kg”
    lha bukannya ada peserta dr ninja yg tidak ikut aturan berat 25 kg itu tp tetep jarak lap nya beda ampe 2 detik….nah lho

    Guest
  12. komentator dagelan! gak mau mengakui keunggulan produk lain sampe segitu nya yah.. wkwkwk.. kacian jagoan nya ga punya kelas 250cc 😆

    Guest
  13. 110cc..
    125cc..
    250cc..
    ——–

    150cc nya ga ada ya..? pdhl seru juga liat vixy, cbr, fu, cs1, mx, p135..
    walaupun diatas brosur sudah tau pemenangnya siapa..
    😀

    tp dengan regulasi tertentu mungkin bisa bikin race jd tambah kompetitif..

    Guest
    • udah tau bro… pasti CS1… CS1 jangan di taro di 150cc bro seharusnya di 250cc keatas… kalo full spek resing seharusnya maen di superstok 600cc 4 silinder…

      cmiiw

      Guest
  14. Kang Haji, selaen faktor berat minimum motor, dr sisi spec mesin apakah ada upgrade yg signifikan di cbr shg bs ngalahin n250 smp 5 detik?

    Guest
  15. hahaha… Ninja balapan sambil gendong tabung gas 25 kilo… Udah torsinya lebih kecil karna cilindernya lebih banyak… Waktu kualifikasi ada yg nakal dg menggendong ‘cuma’ 17/ 20 kilo… Tumpes saiki ninja dikerjain regulasi…

    Ada yg tau berapa perbedaan bobot prototipe 1000cc motogp dg motor CRT…? Padahal ini 1000cc bukan 250cc yg tenaganya cuma seuprit.

    Guest
  16. Buat para FBK: kalem aja Bro, yg penting di jalanan. Pernah turing barengan sama CBR250, di track lurus Karawang dia udah ngacir duluan n ngos2an, ninja250 nyalip n ngacir dengan mudahnya ninggalin CBR250.

    Guest
    • main trek lurus anak sd juga bisa klo cuma tarik gas doank,, jalanan lurusa beda ama jalanan berbelok harus ngerebah itu mah udh masuk teknik

      Guest
    • Jgn bangga dulu bro …. Soale yg punya cbr rpm nya cuma berani ampe 7000 doang…msh syg motornya

      Guest
    • Buset, yg bener aja pid… Itu gw ngacir juga cuma 110kpj waktu lo selip, dan gw duluan ngacir krn nyelip tiger 3 ekor kan….. Lagian emang gw ngga niat betot samp maksimal, selain nyali ngga ada, cbr gw kan masih inreyen… Itu gw lari kan bilang akhirnya maksimal cuma 135 kpj.. Padahal belom mentok gas… Ngos2 an ngukurnya gimana ?… Lawan ninja korekan lo yg udah jeting ulang, cdi unlimiter, knalpot racing full sistem, giliran cbr gw masih ting ting dari showroom… Sulit lah….

      Guest
    • Setubuh!!
      Dasar kaoskaki tinja dongoo,,
      Berkali-kali gw ketemu ninja gw kentutin mulu,,
      Sekali gw geber lagsng pada kicep tuh tinja ketmu cbr d jalan raya,,d sirkuit apalagi-__-
      Ayo test sm cbr gw standran 180kpj d karawang juga..
      Ga percaya pm!!

      Guest
  17. yang perlu diperjelas adalah.
    meski ninja tidak patuh terhadap regulasi, posisi di QTT tetap dibawah cbr. nah berapa berat ninja tak patuh tersebut?

    Guest
  18. tenang ja sodara2….
    Ga penting hasil race nya mah…
    Soal penjualan kembali ke selera masing2 konsumen. Biasanya si dominan soal design.
    Indonesia bgt!
    Inget, selera org beda2.
    Performa ga penting2 bgt.
    Hahahahahahaha

    Guest
  19. hahhahahahahahahahaaha…dulu pake 2 silinder gak komplain lawan 1 silinder, sekarang dikasi berat lebih ngomel2 kenapa berat nggak sama. di kelas superbike aja ducati yg 2 silinder dikasi cc yg lebih gede daripada 4 silinder, 20% pula. gakda yang komplain tuh. kalo mau, siindernya yang 1 dimatiin trus dibore sama2 250 dengan berat sama gimana? nggak komplain juga kalo nanti megelli ikut ditengah race? apa kalian cuma fanboy buta selama bukan honda?

    Guest
    • ada agan geppyx :mrgreen:

      ane heran kalo cbr selalu aja dihina
      mending kalian beli sendiri dulu aja motor bisa gag?
      atau fby kurang kerjaan yang ga punya jagoan cuma ngandelin klingon ga laku :mrgreen:

      dasar namanya aja udah YAMAHO
      ditambahin ligan lagi tetep aja maho

      Guest
  20. Wkwkwk
    Kalo regulasi mtor 2 silinder ama 4 silinder sih gmn??
    Emang yg nama nya manusia ga pernah bisa mengakui sesuatu yg begitu itu. .
    Ckckck
    Yg pnting ninja ama cbr menang ninja suara nya ketimbang cbr. .
    Haduh haduh
    ~.~”

    Guest
  21. jiah ada yg ga terima Ninja kalah alasannya karena lebih berat 25 kg itu (padahal ada Ninja yg ga ikut aturan berat tp tetep aja masih kalah catatan lapnya ampe 2 detik)

    Guest
  22. Hahaha.. N250 blm modip seekstrem itu kaleee…. Cm jetting sama snalpot doank.. Yawdah, kita ulang lagi yuk turingnyah! Hihihi…
    Buat FBH yg laen, mank kita sembalap, naek motornya kudu di sirkuit mulu? Ngebut jg liat sikon. Jalanan sepi, mulus, hayuk.. Jalanan Jkt mah jgn ngebud.. Gk septi buat diri dan org laen..

    Guest
    • Buat FBH, dave ini FBK yg doyan kecepatan tinggi….di kerawang dia betot gas ninjanya sampe 190kpj, dagunya udah ampir ke tangki, barengan gengnya si cuong…Turing sih hayuk aja… Tapi kalo mo kebut2an ogah… Lawan scoopy si jagne aja noh…hwakakak….

      Guest
  23. wajar hasilnya…saya pengguna cbr 250, yang namanya balapan itu tidak ada yang namanya spek standar murni lha emangnya berat cbr 250 137kg??? aslinya(cobalihat di brosur honda : 161 (STD) & 165 (ABS) kg)kalau ninja memang asli sekitaran 162kg jadi g dirubah2 sama sekali(panitia beralasan ninja mesin 2 silinder jadi cbr beratnya harus diturunin/regulasi yang bisa dibilang aneh la wong di superbike aja ducati yang dua silinder aja masih pakai berat aslinya walaupun memang ccnya lebih besar 200..tapi perlu diingat pengaruh cc sama berat body itu bedanya jauh lho ke mesin..apalagi kejurnas spek mesin g dioprek alias standar ya jelas lah…kalau mau adil ya balapan benar2 standar asli pabrikan cbr pakai beratnya yang 161-165..hasilnya beda banget cbr pasti ketinggalan jauh..karena saya sering buktikan kalau pulang lewat lingkar demak bareng temen saya yang nunggang ninja 250(sama2 standar blm ada yang dirubah) saya ketinggalan jauh ko..jadi hasil kualifikasi ini wajar kalau cbr unggul
    ini beberapa bukti kalau ninja 250 lebih unggul dari cbr 250 dengan berat yang asli tidak ada penurunan yang diatur regulasi cbr ketinggal jauh…(sebenarnya peraturan penurunan berat cbr 250 dari 165 ke 137kg menurut saya kontorversial)

    http://triatmono.wordpress.com/2011/04/10/kejurnas-250cc-race-1-kawasaki-ninja-250r-terlalu-kuaaat/

    http://iwanbanaran.wordpress.com/2011/10/17/drag-race-cbr250r-vs-ninja250r-jarak-koq-jauh-benar-ya/

    ni videonya sekalian :
    http://iwanbanaran.wordpress.com/2011/10/17/drag-race-cbr250r-vs-ninja250r-jarak-koq-jauh-benar-ya/

    Guest
  24. Jd inget MOTO2 Losail maren, menjelang garis finish Marques nglibas Ianone hanya gara2 badan Marques lbh ringan drpd Ianone.
    Begitu pentingnya ya faktor beban mempengaruhi speed..

    Guest
  25. wedew,selisih 25 KG???jauh amat

    kayaknya ada sebuah “manipulasi” dalam regulasi tersebut (kayaknya?)

    ya ibaratnya bobot 137 KG merupakan bobot yang mendekati motor 150cc (CBR 150 saja 137-138 KG),artinya CBR 250 merupakan motor dengan bobot 150cc dengan mesin 250cc,sedangkan Ninja 250 hanya turun 7 KG,yang artinya motor dengan bobot 250cc dengan mesin 250cc juga.bahkan kalo dbuat sama2 standard pabrikan,ttp aja PWR mereka berdua selisihnya akan semakin jauh

    apakah regulasi ini sebanding?jangan2 (bisa aja lho) ada “permintaan” khusus kepada Panitia IMI neh,ya untuk memuluskan strategi “iklanin motor 250cc” .

    Guest
    • gak gitu lah bro… udah sewajar nya ninja 250 dikasih beban lebih berat… kalo perlu bawa mejik jer… kan 2 silinder… kalo di sbk yang 2 silinder lebih berat kalo disini yang 1 silinder lebih enteng… jadi wajar donk…

      hehehehe

      Guest
  26. INGET! IRS sdh diakui sbg event INTERNASIONAL.kalo mpe AP HONDA THAILAND NIMBRUNG DI IRS.alamat MERAJALELA sprti NSR SP!

    Guest
  27. INGET! IRS sdh diakui FIM sbg EVEN INTERNASIONAL. Klo mpe AP HONDA nimbrung. Alamat sprti NSR SP yg MERJALELA, HAHAHA!!

    Guest
    • Kata FBK, biar operpress, sparepart mahal, bengkelnya jarang, harga jual balik nyungsep + lemot, yg penting dua silinder dan suara knalpot merduuu….krukukukukkk…..

      Guest
  28. buset m. fadli beda 5 detik di 250 cc, udah kaya anak sekolah baru masuk sekolah master suhu sentul kita, mungkin gara2 motornya juga racikannya sokongan Astra

    Guest
  29. 51. arme… 150 2 tax….
    hahahaha keliatan oon nya nieh….

    lo harus belajar lagi tuh ilmu dasar kerja motor
    2 tak
    4 tak

    koment ko asal MANGAP…

    Guest
    • hehe, g usah gitu2 amat mas…., oon2 gini saya juga ngerti kok beda 2 tak ama 4 tak,, cara kerja, struktur jeroan bahkan bongkar enjin keduanya pun pernah, komen saya cuma sekedar sarkasme aja kok…, dulu aja motogp pernah disanding antara 500cc 2stroke ama 990cc 4 stroke…., cmiiw ya *g ada korelasi dengan komen saya*
      trims, ari – arinme@gmail.com

      Guest
  30. Untuk para FBK jangan terlalu senang ada tambahan “suporter”, nanti kalau mereka dah punya gacoan sendiri dikelas 250 cc, kalian akan ditinggalkan! TWT…

    Guest
  31. micoas3 pada April 22, 2012 pada 8:52 am berkata: wah berarti klo ada cbr 250 2 silinder dipastikan
    seru nih dijalanan.
    awas nyawa.inget kelurga. ingat pacar dan yang
    utama ingat Alloh….
    Bener tu inget hidup jg, jgn abis pada liat org sembalapan di sentul ntar kita ikut sembalapan jg di jalanan. Tetep piss aja yg ada di blog ini, stay cool. Inget idup, inget pacar kita juga masing2 yg masih kinyis2 bgt tu, jadi inget yg kinyis2 jauh disana ane….

    Guest
  32. @whongpurba, dan akan menyerang balik tentu nya.. gak tau terima kasih pdhl selama ini udah dapet ‘tumpangan’ dari K dan berlindung dibalik N250 buat jelek2in CBR :mrgreen:

    Guest
  33. Ckck.. .
    Cuma bisa nyengir.. .
    25 kilo..?
    Wlwlpun Brbeda silinder ga 25 kilo juga kali.. .
    Haduuuhh.. .
    Tim CRT d moto GP aja ga segitunya.. ..

    FBH pada seneng banget.. .
    Yaiyalah kalo msih kalah mah sungguh terlalu.
    Tpi ini bgus juga buat tim kawasaki..
    Biar mereka ngeriset engine lagi untuk ngelawan regulasi(bukan CBRnya).. .:D

    Guest
  34. @samsudin
    salah satu pr koplak yg sok pintar 😀
    angka aja nga ngerti mo ngomong adil 😆
    motor lebih ringan dan torq disuruh lawan motor yg lbh berat dan PWRnya lebih kecil (itupun versi standar, klo racing ditambahin LPG 25 kg lg )
    itu namanya adil versi pr hondut nan pintar 😆

    Guest
  35. cuma di kejurnas ninka vs cb250 di INA ini yang selisih bobot bisa @% eh salah….25 kg hahahah………

    selisih 25 kg cui………si ninka turunin dikit bobotnya, si cb250 pake parts super eksotis buatan hongkong biar dapat turun bobot sampe signifikan bisa beda 25 kg….+ apa? iyaa…bazzaz.

    so……..ai minta si cb250 HARUS menang, gak ada alasan lagi.
    CB250 menang, ai bantu koar2 kalian…
    Cb250 kalah, ai makin hajar habis2an…….lewat komen2 tentunya…
    hahahah

    Guest
  36. malu gue pake ninin250, nyatanya dilibas juga sama cbr yang 1 silinder. mesti naik kelas ke zx6-r nih kayaknya haha. dan harus gue akui CBR racikannya tim ART emang mantep. . kalo gitu, bravo lah cbr250, tidak boleh dipandang sebelah mata.

    Guest
  37. CBR mesti menang lah, suspensi aja khusus mesen di ohlins plus PWR terbantu banget sama regulasi sekarang. Tapi ane tetep pake ninin, ga punya duit buat korek motor di STAR Racing apalagi mesen suspensi ke SWEDIA cuma buat sekedar nikung dipengkolan monas.

    Ntar bisa malu ane diasepin ninin standar….

    Guest
  38. omong yg bener!tarikan awal jelas cbr menang pak doel,lha klo trek lurus smua bs tnggal tarik,apalgi ninjut pny klbihan d torsi,jelas ae anteng.cb cbr 250 taun 1989 ma honda dproduksi ulang,abis tu ninjutmu….aq pengguna cbr 250.cb pkr klo ninjutmu trn mesin,abis kau mkr 2 silinder,aq mah enteng cm mkr 1 silinder

    Guest
  39. Emang ya fby kgak ada kemaluan nya bsa nya cari alasan mulu ckck..
    Apa lg si jongos eh jaos itu kemaluan nya dah buntung x ┣┫Ƌɑ̣̣̇̇=D┣┫Ƌɑ̣̣̇̇=D┣┫Ƌɑ̣̣̇̇

    Nama nya regulasi itu biar seimbang,lgan ini msh awal riset ninin pasti bsa berkembang..
    Kl ART ma emang jago di teknologi,terbukti di yamaha selalu aja ada ide dan teknologi oprekan yg lebih maju dri om benny..

    Guest
  40. Aturan motogp jelas,2,3,4 ato 5silinder beratnya beda,masalah tim crt dan pabrikan beda 4kg doang karna crt pake 4silinder sama dng pabrikan,regulasi pp IMI sudah disetujui KMI(kawak) yg tentunya dah berunding dng insinyur2nya yg botak lebih luas dr kpl kalian,harusnya masalah bobot dan aturan lain da clear g usah diributin

    Guest
  41. Klo CBR250R stndr sama Ninja250 standr dilombain “jarak jauh” bkan jrak pendek yah!!, boleh jadi Ninja250 bisa nyampe duluan, memang tenaga dua cilinder lebih stabil dari satu cilinder, tapi kalo mesin CBR250 en Ninja250 dah di seting buat race, walopun trek panjang sepanjang apapun, dijamin Ninja250 ngos-ngosan.., torsi cilinder 250 masih belum bisa dibandingin ma cilinder 125×2.., percaya dech, kita liat aja hasil race nya..

    Guest
  42. Honda CBR motor sport andalan Honda yg bisa diandalkan
    produk lain kerja keras melawan kehebatan Motor andalan Honda ini

    Guest
  43. Honda membuktikan dgn menghdirkan motor kencang
    shngga persepsi masyrakt bisa berubah
    wahh..bakal naik ne penjualan Honda

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here