jump to navigation

Multi Information Display . . . harusnya bisa diaplikasikan di semua motor injeksi April 27, 2012

Posted by Taufik in : Blogging activity, Tentang Motor , trackback

Bro sekalian, beberapa motor seperti Yamaha Xentre dan Kawasaki Er6 series telah dilengkapi fitur Multi Information Display di  panel meternya. Multi information display biasanya memberikan info tambahan seperti jam, trip meter, dan informasi konsumsi bahan bakar baik yang instant maupun hasil rerata . . .  untuk memasyarakatkan gaya berkendara yang eco riding demi penghematan konsumsi bahan bakar menurut tmcblog informasi konsumsi bahan bakar cukup penting sehingga pengendara bisa secara yakin bahwa ia mengendarakan motor dengan hemat.

Sebenarnya cara kerjanya gimana sih? tmcblog banyak melihat fitur cerdas ini banyak diaplikasikan di kendaraan yang sudah menggunakan sistem injeksi bahan bakar . . . ada hubungannya? ya tentu . . . dengan sistem injeksi sebenarnya kita dapat memperkirakan dan menghitung berapa debit bensin yang disemprotkan oleh injector pada setiap geberan trotel gas . . . data mentahnya tentu bukan data volume jadi,Data data mentah tersebut diperoleh melakui sensor sensor  seperti berapa besar tekanan fluida dll . . . nah data data tersebutlah yang diolah oleh program (algoritma sub program) kecil komputer di ecu dikolaborasi dengan data odometer realtime untuk ditampilkan dalam bentuk angka konsumsi bahan bakar di dashboard panel meter . . . agak susah kalo nerangin teknis . . .pokoke datanya ya dari sensor sensor sistem injeksi lah

Disini artinya ada semacam pemaksimalan kerja dari sensor sensor pada sistem injeksi sehingga data data bisa lebih berguna demi tujuan kita meminimalisasi jejak karbon yang bertebaran dimuka bumi ini. Kalo bikin sendiri dipastikan ribet dan mahal . . . akan tetapi untuk sebuah project skutik entry level yang sebulannya bisa diserap lebih dari 50 ribu unit per varian tentulah power of mass product berbicara, dalam artian dengan angka kuantitas yang masif banyaknya harga produksi bisa ditekan. Memang sih agak sedikit naik harga  akan tetapi harga yang dibayarkan tentu sepadan . . . IMHO, motor jadi lebih pintar . . . silahkan share pandapat bro semua . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. rusmanjay - April 27, 2012

sip

Novian Agung - April 27, 2012
2. rusmanjay - April 27, 2012
3. Luthfi Aziz - April 27, 2012

kalau untuk motor kecil sepertinya bakal nambah cost produksi akibatnya harga jual akan naik…

http://lutfi117.wordpress.com/2012/04/27/berapa-kira-kira-power-ninja-250-agar-berimbang-lawan-cbr-250-art/

Taufik - April 27, 2012

berkaca pada kasus sistem injeksi yang ruweeet minta ampun cuma ditambah 250 ribu . . . saya pikir ini (MID) tingkat ke sulitan dan keruwetan alatnya jauh lebih minor dalam artian jauh lebih mudah . .. kalau cost produksi nambah . . . saya pikir logikannya nggak terlalu signifikan nambahnya, cmiiw ;)

dave - April 27, 2012

kalo misal nya dari karburator ke injeksi cm beda 250rb..
cm data yg begini aja c ga terlalu mahal lah,,
cm tambahin logika aja kale di ecu nya..
buat penghitungan KM di bagi Liter.. cmiiw..
kalo soal gmn cara nya,,
kita serahkan pada teknisi.. :p

H3 - April 28, 2012

MID >> perkiraan ane cuma nambah FLOW SENSOR bahan bakar >> dipasang antara FUEL PUMP & INJECTION.
——-
Mileage >> kalkulasi FLOW bahan bakar & SPEED.
——
Contoh untuk bebek & sport :
# Saat kecepatan 60kmpj (gigi 4) rpm rendah >> flow rendah >> MID Mileage IRIT.

Saat kecepatan 60kmpj (gigi 3) rpm lbh tinggi >> flow tinggi >> MID Mileage LEBIH BOROS, drpd gigi4.

Jadi biker bisa ECO RIDING.
————-
Untuk Matic :
Perhitungan nya tetap sama.

ECO RIDING nya >> buka gas yg SMOOTH,
—–

CMIIW

4. rusmanjay - April 27, 2012

ajib…

5. Novian Agung - April 27, 2012

Setuju/////

6. p200ns - April 27, 2012
7. nonename - April 27, 2012

sipp

8. saparakanca - April 27, 2012

harusnya seperti itu ya kang haji? setidaknya masyaraka t harus lebih disadrka lagi issue jemat energy..bukan malah menjadi cibiran

Taufik - April 27, 2012

ya bro, bahan bakar fosil itu sulit terbarukan dan volumenya semakin menipis . .. so step pertama berhemat . . . step selanjutnya pindah/konversi energi ke sumber daya yang terbarukan, cmiiw

weee - April 27, 2012

dan menggunakan kendaraan bermotor ber cc kecil jgn lupa, hehehehehe :D

Tukang ojeg - April 27, 2012

Setuju…kembali ke onthel mungkin lebih hemat energy

9. Hendra - April 27, 2012

Setuju…kalau bisa monitor konsumsi bahan bakar…akan lebih pasti menakar, apakah kita perlu melakukan eco-riding atau sebaliknya..

10. aldinasyah - April 27, 2012

yups … memang berguna tuh feature … ane setuju Kang …

11. p200ns - April 27, 2012

hmmm sebenarnya kalo dipikir2 tuh makin ke sini matic makin canggih saja ya….? palagi kalo teknologi tsb di atas di aplikasikan.

http://p200ns.wordpress.com/2012/04/27/bulan-juni-2012-bal-bakal-ngenalin-motor-barunya/

12. zhe - April 27, 2012

Yup bner bgt tuh pade. .
Jd ga bosen liat analog smua. .
:P

13. CBR 150 repsol rider - April 27, 2012

new CBR Fi juga uda mengaplikasikan nya juga loh kang…. :D

Ada Trip meter, odometer, Jam Digital nya juga …

Cbr 150 , juga udah mengaplikasikan Sensor Kemiringan, jadi ketika motor dalam keadaan hampir jatuh / sudah jatuh, mesin langsung mati, maka nya di cbr 150 ga ada tombol Shutdown On/ Off nya .. ( belajar nambahin info, biar bisa kayak akang ) …nuhun :D

Briptu - April 27, 2012

wuih

d3y - April 27, 2012

Wuiih…keyen..keyeenn…

arickway - April 27, 2012

lean angle sensor emang mantep tapi sayang sekali honda dan yamaha “sepakat” ngelepas fitur lean angle sensornya (yang gw baca di p2r)
http://proud2rideblog.com/2012/03/03/motor-injeksi-honda-yamaha-sepakat-tak-pakai-sensor-pengaman-kecelakaan/
jadi spesi ama meong j ga pake fitur ini lagi..
kebodohan menurut gw walaupun diganti pake balancer setang..soalnya kemarin liat kecelakaan skywave jatuh trus yang punya asal ngangkat pas motor masih idup eh malah dia muter grip gas alhasil mortrnya muter trus ngehantam ibu2 pake mio disebelahnya…

black cat - April 27, 2012

lha di nmp juga gak ada tombol Shutdown On/ Off nya bro apa sama kayak cbr

14. in - April 27, 2012

hiks… kalo lagi turing ada yg ngingetin jadinya (****kata didasbor dah boros bro)

***secara turing bareng nggak ada yg pelan

15. Novian Agung - April 27, 2012

Di motor-motor kencang macam CS-1, cocok nggak ya kalau diaplikasikan? Kan motor kencang nggak mungkin eco riding…

aki - April 27, 2012

loh, itu kan display di er-6, emang kurang kenceng gimana itu motor?

Novian Agung - April 27, 2012

Kencang mana ER-6 dengan CS-1?

peyang - April 27, 2012

Modus BC model baru,pura pura jadi fansboi sebelah

Novian Agung - April 27, 2012

Wkwkwk, betul bro…

ms - April 27, 2012

bagus lah kalau sudah pada nyadar

d3y - April 27, 2012

Kenceng cs1 lah….
ER6 dah gigi 6…
Cs1 baru gigi 1

(T▽T)

Briptu - April 27, 2012

ga perlu lah..kalo motor lemot dengan fitur speedometer jadul macam vikison barulah perlu..kalo perlu tambahin alarm..kalo terlalu boros..alarmnya bunyi

Novian Agung - April 27, 2012

Wkwkwk, setuju…!

16. d3y - April 27, 2012

Tuh kan,klo ym kang taufik ol pasti post artikel baru

17. lokomotif kobong - April 27, 2012

sing jelas nambah larang aka over price…..
tp nominal kenaikannya tergantung pabrikannya….

18. sugiedane - April 27, 2012

diindonesia cukup speedometer, rpm, fuel meter, kilometer + sensor panas (kalau pakai radiator) >>————-> monoton biangets :D

19. Nn - April 27, 2012

Syg gk smw motor ada,

20. stoner27 - April 27, 2012

MID buat motor harus ditambahkan fitur untuk menghitung:
1. Sisa cicilan
2. Tanggal jatuh tempo cicilan
3. Tunggakan dan denda…

gunungandul - April 27, 2012

wkwk…ksh aja kalkulator bro

geppyx - April 27, 2012

nah ini baru kerennnn!!!

21. kantong kresek - April 27, 2012

memang harusnya begitu :D

22. frontdiskbrake - April 27, 2012

tambah larang mengko..!

23. sandal jepit - April 27, 2012

tambahin fungsi calculator, graphic, gps,bluetooth, radio dll

24. very T - April 27, 2012

pasti bingung dah kalo mas tukul baca artikel yangini, ga bakalan paham….. wakakakkakaka…

25. KuRA - April 27, 2012

setuju mas taufik.. keren nih

26. namharira - April 27, 2012

16. stoner27 – April 27, 2012

MID buat motor harus ditambahkan fitur untuk menghitung:
1. Sisa cicilan
2. Tanggal jatuh tempo cicilan
3. Tunggakan dan denda…

wow.. fitur utama nih

27. jipan23 - April 27, 2012

Muda2han di teraalis n new vixion udh tersedia

28. ardianfireblade - April 27, 2012

hmmmm..canggih juga nih…
tp sebenar-nya kalau mau flashback ke tahun 90-an motor2 gede unik udh aplikasi teknologi semacam ini
cm karena di indonesia perkembangan roda 2 ketinggalan
alhasil di suguhi teknologi semacam ini oleh ATPM,serasa canggih
http://ardianfireblade.wordpress.com/2012/04/27/honda-nr-masterpiece-honda-yang-terkikis-jaman-bag-2-habis/

29. suneo .SE - April 27, 2012

tambahin fitur bintang, jadi lebih irit.

30. onco.joni@yahoo.co.id - April 27, 2012

ane setuju bgt gan, dgn fitur tsb pengendara jd bs mengatur brapa kecepatan n konsumsi bbm. spt dimobil ane susuki SX4

31. afan - April 27, 2012

kalau saya, lebih penting tachometer. jadi sedikit2 terbiasa utk tidak main rpm tinggi (kecuali mau kebut2an).

utk skutik sebetulnya sangat berguna, mulai rpm berapa motor kita mulai jalan, dan tentunya utk nyetel langsam/iddle.

kalau MID di spd motor kecil (bebek, skutik), ga begitu kelihatan.mesti konsentrasi lebih utk melihatnya. kalau ukuran panel speedo meternya sebesar pulsar sih, masih agak terlihat.

32. novi - April 27, 2012

power of mass product bahasa ekonominya “skala ekonomi”

33. Gogo - April 27, 2012

perbaikan buat mtr injeksi terbaru.. sxan diberi HDU yah, biar kek jet tempur informasinya.

34. goeh80 - April 27, 2012

16. stoner27 – April 27, 2012
nambahin aja.
4. MID + Celengan in
biar bisa nabung buat cicilan motor

35. ipanase - April 27, 2012
36. Ari CX Rider - April 27, 2012
37. kendy - April 27, 2012

Setuju banget kang …. Secara kalo mo kebut2-an juga mikir : bensinnya bakalan boros gak ya? hehehe….

38. ajrix - April 27, 2012

harus emang gitu, biar ada yang mengingatkan……
siapa tau mesin 150 cc bisa ada pilihan mode berkandara hehehehe
http://ajrix.wordpress.com/2012/04/26/modifikasi-box-udara-vixion/

39. SuRyA - April 27, 2012

Pabrikan mikirnya gini kang: daripada buat mid mending tak jadiin profit aja :)

http://www.dk8000.co.nr

40. rykusmo - April 27, 2012

setuju.. tapi kayanya kalo masuk jalur produksi massal untuk segmen skutik atau bebek.. kayanya tunggu 5 tahun lagi…
capee deeee

41. matius - April 27, 2012

tuh gambar spido diatas pasti spido cs1 kan kang haji,,, nomong2 ngimana kabar sitambun er6 nya kang, kapan2 kita tes lagi yu ama cs1 matius,

gigabyte - April 27, 2012

Wak haji gak suka balapan, us. Kalopun wak haji terpaksa balapan, udah pasti ketahuan siapa yg kalah. Ya sudah pasti er6n punya wak haji kalah.
Sejak bro matius ngasih fakta kehebatan cs1, ane jadi galau pengen beli pulsar 200ns atau cs1???

aditninjamaniac - April 27, 2012

speedo cs1 ?wah sejak kapan bro?itu mah speedo er-6 kalee..zzzzzz….

d3y - April 28, 2012

Beli cengosOne aza bro…
motor paling kenceng sejagad raya…

╔╦╦═╦╦╦═╦╦╦═╗
║╩║║║╩║║║╩║║║
║╦║╦║╦║╦║╦║╦║
╚╩╩╩╩╩╩╩╩╩╩╩╝

42. surya - April 27, 2012

konsumsi BBM di panel spido apakah sama akuratnya adibanding dengan pengetesan secara top up??
setau saya di mobil SX4 pun display konsumsi BBM gak sama dengan kenyataan

43. gigabyte - April 27, 2012

Lah fitur seperti itu bukannya udah ada di cs1? Kalo gak salah di cs1 itu udah ada fitur bluetooth, fm transmitter, gps, mp3 player, immobilizer, internet, blue-ray player, sub woofer, anti aircraft missile, cloaking. Coba tanya bro matius deh yg punya cs1.

44. si Oom! - April 27, 2012

rawan pencurian, setidaknya buat saat ini :lol:

45. kankkunk - April 27, 2012
46. Yume - April 28, 2012

Yg jadi pertanyaan selama ini indikator fuel cuma jarum dan strip ada ga yang angka misal kita isi bensin di spbu 1 liter maka yang muncul adalah angka 1000 cc gt pasti ok bgt

47. Rendi - April 28, 2012

—————————————————————————————
Buat yang nyari jaket, topi, t-shirt, polo shirt dsb yang bertemakan MotoGP dan Otomotif dengan kualitas bagus dan harga terjangkau, bisa dilihat di online shop saya masbro, terima kasih :)

http://rendi-motogp.blogspot.com/ atau http://www.facebook.com/Rendimotogpshop

48. hilminmp - April 29, 2012

kalo alay pake motor berMID tetep aja bakal geber geber gas ga jelas, ga peduli bbm boros

http://hilminmp.wordpress.com/2012/04/29/pasang-alarm-motor-di-new-megapronmp/

49. kantong kresek - April 29, 2012

si homonda kan pgnnya untung mulu haha :lol: :lol:

50. jambronx2010 - April 30, 2012

pengguna skutik entry level injeksi saya yakin akan setuju banget dengan fitur ini dengan syarat tidak ada kenaikan harga. IMHO :D

51. tristan - April 30, 2012

bener bnget tuch, multifungsi emng cara yang jitu yang harus di pakai oleh seluruh jenis motor, krna dengan adanya multifungsi pengguna motor kan bakalan tahu berapa pemakaian bahan bakar nya…. :)

52. bengkelsepedamotor - May 1, 2012

Nggak usah rumit pakai sensor, mau ikut berpartisipasi dalam eco riding ? di spedometer Honda WIN di kecepatan 30~60Km/jam diberi warna BIRU = ED = Econo Drive.
Kalau mau hemat maksimal kecepatan 60Km/jam
salam,
bengkelsepedamotor



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: