About these ads
jump to navigation

Semoga Allah Mencukupi Mei 4, 2012

Posted by Taufik in Ngaji di Blog.
Tags:
trackback

Bro sekalian, Judul diatas adalah bait terakhir dari lagu tombo ati yang digubah oleh salah satu dari 9 wali yakni Sunan bonang dan akhir akhir ini ditrendkan kembali oleh kyai kanjeng dan penyanyi AUNUR Rofiq Lilfiradaus alias Opick. Liriknya menceritakan 5 resep penyakit hati dimana pada akhir bait di lantunkan bila kita melaksanakan satu saja dari lima resep tersebut, maka mudah mudahan Allah mencukupi . . . mari kita bahas tentang makna ‘Allah Mencukupi’

Awalnya saya terus mengartikan bahwa makna Allah Mencukupi adalah Allah akan selalu mengijabah segala permintaan kita sehingga apa yang kita minta (atau minimal mayoritas) akan terkabulkan. Tapi akhir akhir ini saya berfikir tentang makna yang sedikit lebih dalam . . . Yakni Allah memberikan rasa cukup bagi kita.

Bro sekalian, Manusia itu jika mengikuti hawa nafsu, tentu tak akan ada batasnya. Bisa jalan pengen naik sepeda, punya sepeda pengen punya motor, punya motor pengen punya mobil, punya mobil pengen nambah lagi dan seterusnya . . . kalo teruuus diumbar tentu nggak ada habisnya dan nggak ada cukupnya.

Rasa ketidak cukupan ini berbahaya banget lho . . . bisa menjadi penyebab perbuatan maksiat lain . . . kekuatan finansial nggak nyampe tapi pengen lebih . ..  nahhh disinilah kembali bisikan setan bermain . . . dipilihkah cara cara nggak baik, potong kompas  . . . korupsi, peyelewengan dan sebagainya.

Alangkah bahagianya seorang petani yang setiap pagi datang ke sawah dengan sepeda onthel, siang di antarkan nasi timbel oleh sanak keluarganya, bisa sholat khusuk, ia merasa cukup dengan apa yang telah Allah karuniakan kepadanya saat ini namuan tetap optimis  bahwa kehidupannya hari ini harus terus lebih baik dari hari kemarin dan karena mencari rezeki tatap merupakan ibadah tersendiri. . . Ya . . . gusti Allah telah mencukupinya

tulisan ini sebenarnya ditujukan untuk diri saya sendiri , mohon maaf jika ada kata yang nggak berkenan

Taufik of BuitenZorg

Appendix :

Tombo Ati iku limo perkorone
Kaping pisan moco Qur’an lan maknane
Kaping pindo sholat wengi lakonono
Kaping telu wong kang soleh kumpulono
Kaping papat wetengiro ingkang luwe
Kaping limo zikir wengi ingkang suwe
Salah sawijine sopo iso ngelakoni
Mugi-mugi Gusti Allah nyembadani
About these ads

Komentar»

1. ipanase - Mei 4, 2012

amien

ipanase - Mei 4, 2012
Gianluigi mario - Mei 7, 2012

pencerahann.. :P

2. absoluterevo - Mei 4, 2012

Amin

3. ipanase - Mei 4, 2012
4. ipanase - Mei 4, 2012
5. ipanase - Mei 4, 2012

amien ya rabbal alamin

6. Wiro Sableng - Mei 4, 2012

Banyak orang yg berharap diberikan air satu tangki besar. Padahal penampungan air dirumahnya hanyalah beberapa buah ember kecil….
Semoga kita semua menjadi orang yg selalu pandai bersyukur… Baik dikala senang maupun susah….

7. javabiker - Mei 4, 2012

:)

8. prabowo90 - Mei 4, 2012

mantap bang haji…. like this….

indahnya hidup jika selalu bersyukur n merasa cukup…..

9. sijidewe aka snalpot99 - Mei 4, 2012

lan ojo lali ucapne
اَلْحَمْدُلِلّهِ‎

Mas Wiro - Mei 4, 2012

Alhamdulillah…

10. irvanus - Mei 4, 2012

sip kang haji.

11. cars news reviews - Mei 4, 2012

bener kang,
kalo kita tidak pernah merasa CUKUP, sangat berbahaya sekali..
subhanallah…!!

http://autonoz.com/2011-suzuki-swift-s-concept-sporty-car/
http://i-klan.com/

12. gayuh - Mei 4, 2012

terima kasih :)

13. alfindady - Mei 4, 2012

i like this post,,,,,, suegerr , adem, ayem rasane……..

14. (づ▶﹏◢)づ︻┳デ═一 - Mei 4, 2012

ﻣـَﺎﻧْﺘَﺎﺏْ ﺳٰﻜَﺎﻟِﻲْ !!!

(づ▶﹏◢)づ︻┳デ═一 - Mei 4, 2012

(´∀`☆)*・゜゚・*:.。..。.:*・’(*゚▽゚*)’・*:.。. .。.:*・゜゚・**・゜゚・*:.。..。.:*・’(*゚▽゚*)’・*:.。. .。.:*・゜゚・*
(´∀`☆)*・゜゚・*:.。..。.:*・’(*゚▽゚*)’・*:.。. .。.:*・゜゚・**・゜゚・*:.。..。.:*・’(*゚▽゚*)’・*:.。. .。.:*・゜゚・* (´∀`☆)*・゜゚・*:.。..。.:*・’(*゚▽゚*)’・*:.。. .。.:*・゜゚・**・゜゚・*:.。..。.:*・’(*゚▽゚*)’・*:.。. .。.:*・゜゚・*

(づ▶﹏◢)づ︻┳デ═一 - Mei 4, 2012

(人-ω-)。o.゚。*・★Good Night★・*。゚o。(-ω-人)

(人-ω-)。o.゚。*・★Good Night★・*。゚o。(-ω-人)

(人-ω-)。o.゚。*・★Good Night★・*。゚o。(-ω-人)

15. Aspalmaxxx - Mei 4, 2012

salamm aspalmaxxx nyembadani artinya, Allah telah brjnji brg siapa mematuhi printahnya maka ia akan mndpt blsan yng seesuai,

Taufik - Mei 4, 2012

makasih mas bro, lupa nanya ibu saya, soale udah malem . .. secara sya nggak ngerti banyak bahasa jawa :D

16. Aspalmaxxx - Mei 4, 2012

ىنكوط كاع, my koment is gone!!!

(づ▶﹏◢)づ︻┳デ═一 - Mei 4, 2012

ﻣﺎﺳﻮﻙ سٰﻓَﺎﻉْ ﺗُﻮﻩ

17. amriLlah - Mei 4, 2012

Mantap kang haji

18. azizyhoree - Mei 4, 2012

menyimak & meng amien ni :)

19. putra inhil - Mei 4, 2012

tulisan Qur’an kok kuran??

Taufik - Mei 4, 2012

maap mas bro, saya kopas langsung dari sebuah site . . . tapi sudah di update . . . maklum tulisan on deman, mata dan kriyep2 :)

20. BANGSA KITA CUMA BISA KOMEN DOANG - Mei 4, 2012

Negeri ini baru bisa bebas dari korupsi jika masing-masing individu mengamalkan seperti yang ditulis oleh mas Taufik ini. Adanya KPK hanya mengusut korups yg sudah terjadi. Tapi korupsi baru akan bermunculan lagi setiap hari.

21. kantong kresek - Mei 4, 2012

aminnn kang, hrs tetep bersyukur

22. Rendi - Mei 4, 2012

—————————————————————————————
Buat yang nyari jaket, topi, t-shirt, polo shirt dsb yang bertemakan MotoGP dan Otomotif dengan kualitas bagus dan harga terjangkau, bisa dilihat di online shop saya masbro, terima kasih :)

http://rendi-motogp.blogspot.com/ atau http://www.facebook.com/Rendimotogpshop
—————————————————————————————

23. siti_jenar - Mei 4, 2012

pas bener, manteb bang haji

24. stoner27 - Mei 4, 2012

Motor cukup Ducati..
Mobil cukup Ferrari..
Rumah cukup satu.. (di setiap kecamatan)

wkwkwkwk..

Ninjeritsu - Mei 4, 2012

wakakakak….

Taufik - Mei 4, 2012

kalo merasa cukup disitu, dapet dari kerja halal, pajak sudah dibayar, menyantuni orang miskin sudah, berbuat sosial sudah dll kayaknya nggak apa2 bang, imho

25. goeh80 - Mei 4, 2012

amin….

26. asoy - Mei 4, 2012

Mantapppppp

27. beckhem - Mei 4, 2012
28. sean - Mei 4, 2012

like this so mucchhhh

29. Indi Dawil Machnun - Mei 4, 2012

^_^

30. riesky - Mei 4, 2012

To putra inhil : mgkn mas Taufik slh ketik tp bs dimaklumi krn mmg bhs inggris Al-Qur’an adalah Qoran

31. Aa Ikhwan - Mei 4, 2012

Allah sudah memberi kita cukup dan sesuai takaran kadang manusia sendiri yang menguranginya dan melebihkannya :D

32. Ikhwanul Muslimin - Mei 4, 2012

Alhamdulillah, sedikit muhasabah ditengah kegalauan…

33. kankkunk - Mei 4, 2012

intinya mensyukuri apa yang ada..alhamdulillah.. :)

34. hah - Mei 4, 2012

ini yg sy suka diwarungnya kang Haji, g hanya berita motor tp ada sisipan yang membuat tenang di hati dan selalu ingat Allah.SWT trims

35. Salim - Mei 4, 2012

subhanallah..pencerahan di hari jumat..

barakallah bro :)

36. ohmaigat - Mei 4, 2012

kena den ane di jedotin… jazakallah

37. ade - Mei 4, 2012

amin.. Semoga Alloh .S.W.T. meridhoi ibadah & usaha kita semua

38. Kidna - Mei 4, 2012

Amin, semoga selalu diberikan rasa cukup buat kita semua.

39. sugiedane - Mei 4, 2012

salut blooger otomotif gak melulu ngurusin roda :D semoga Allah SWT selalu mencukupkan dari apa yang kita hasilkan dan bahagia dengan apa yang kita punyai

scnk - Mei 4, 2012

آمين يا ربنا

40. adityahastungkoro - Mei 4, 2012

Ternyata oh ternyata…

41. antono - Mei 4, 2012

hati ini jadi terasa sejuk

42. scnk - Mei 4, 2012

آمين

43. opanowski - Mei 4, 2012

amin Ya Allah . . .

44. ridertua - Mei 4, 2012

600cc cukup kayaknya :D xixixixixixi……..

45. tukang siomay - Mei 4, 2012

wah.. tak pikir isinya tombo ati jangan rasis, ternyata gak yah? :)

46. Mas_Comment - Mei 4, 2012

Dari Anas bin Malik RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sekiranya manusia memiliki satu bukit berupa emas, maka ia menginginkan untuk memiliki dua bukit (emas). Dan tidak akan ada yang dapat memenuhi keinginan manusia kecuali tanah (setelah manusia dikubur). Dan Allah akan mengampuni siapa saja yang bertaubat kepadanya.” (HR Bukhari).

47. ndeepml - Mei 4, 2012

jazakallah mas taufik…diingatkan kembali tuk slalu merasa cukup (qonaah)…

48. TMc Fan Boy (Not) - Mei 4, 2012

mantab! ini baru tmcblog asli. sya suka sya suka :)

49. elsabarto - Mei 4, 2012

amin..

50. topz - Mei 4, 2012

Bang Haji, saya suka sekali artikel seperti ini.
Ditambah y bang… :(

51. Ganzimaru - Mei 5, 2012

mas taufik mensyukuri gag punya ER6N ?

52. Ony - Mei 5, 2012

Subhanallaahhh, amin yaa robbaall aallaammiinn, lanjutkan ya kang Haji

53. gc133hijrah - Mei 7, 2012

Bener kang taufik. Ane juga pingin hijrah dr merasa kurang, hingga cukuplah bagi ane Allah.
Makanya ane hijrah dr 4201journey ke gc133hijrah.
Marilah kita saling mendoakan agar kita bisa merasa cukup dengan ni’mat Allah….
Amiiin….

54. wilwil - Mei 7, 2012

mudah2an bisa menjadi pencerahan bagi kita semua pada yang yang lebih baik. aamiin…….

55. denz4war - Mei 7, 2012

barokallahu fiikum mas taufik…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.647 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: