jump to navigation

Brosur Bocor jauh Sebelum Rilis . . . jarang kejadian di Segmen Roda Dua May 8, 2012

Posted by Taufik TMCBlog in : Marketing , trackback

Bro sekalian, baik roda dua maupun roda empat memiliki segmen yang seksi dalam artian memiliki market share yang cukup menggiurkan. Sebagai contoh adalah segmen Skutik entry level di roda dua dan segmen MPV keluarga di ranah roda empat. di kedua segmennya memiliki sifat yang mirip mirip yakni konsumennnya cukup kritis jika ngomongin masalah kualitas dan fungsional, bahkan bisa adu argumen sampai bakar bakaran tuh dalam berdebat. Tapi soal masalah Strategy New product kayaknya agak beda.

Di ranah Roda dua , Pabrikan dengan sekuat tenaga akan mengunci rapat status embargo informasi dari produk sebelum petinggi pabrikan ketok palu/pecahkan kendi saat perilisan . . . jangan kan brosur, sinyalemen hadirnya aja kadang dibantah bantah seraya membuat decoy he he . . . Tapi diranah Roda empat . . . Walau Waktu rilis masih lama pun tiba tiba barisan marketing akar rumput yang bersentuhan dengan konsumen pun tak segan segan merilis Brosur resmi dimana informasi mengenai produk udah jelas dikewer kewer . . blarrr, beda abiis kan

Studi kasusnya apa bro? sebagai contoh adalah kembali ke segmen MPV keluarga di ranah roda empat . . . baru saja kita melihat fenomena sinyalemen calon rongrongan Duo Avanza Xenia dari suzuki Ertiga . ..  ehhh di foum forum  udah terpampang jelas tuh informasi bahwa Nissan akan juga merilis MPV keluarga spek NV200 yang akan dinamakan EVALIA . . . behhh di brosur terpampang jelas bentuk, warna, spek fitur asesoris, jenis dan lain lain . . pokoke jelasss banget.

Dari fenomena ini tmcblog sedikit analisa, bahwa pada segmen roda empat Momentum cukup penting, mereka nggak mau kehilangan momentum hanya karena kompetitor sudah merilis produk yang akan sesegmen dengan calon produknya. so yang terjadi jualan produk otomotif udah kayak jualan property . . . bendanya aja belom ada, cuma modal brosur doang bro . . . sama kan ama jualan apartemen . . . yang penting lokasi, brosur dan maket dah siaap . ..

Bagaimana jika fenomena curi start dimana brosur nyebar sebelum rilis  terjadi di segmen Sport Mid-end yang disinyalir akan memanas pada rentang waktu semester II 2011 sampai semester I 2012 ? . . . ada cukup banyak calon motor direntang harga < 25 juta ini yang akan hadir. TVS RTR 180 ABS, New Vixion, new Honda Teralis, New Pulsar 200NS . ..  bro bisa bayangkan jika dari jauh jauh hari marketinggnya udah nyebar brosur Honda teralis, New Vixion atau Pulsar 200NS . . . hasilnya bisa beda , tapi yang jadi pertanyaan adalah . . . apakah secara langsung bisa memenangkan momentum bila fenomena tersebut terjadi diranah roda dua? silahkan share komentar bro sekalian . . . semoga Berguna

taufik of BuitenZorg

Comments»

1. gustinR - May 8, 2012

.

Maaf

PERTAMAX

habis.

cars news reviews - May 8, 2012

klo di roda dua sampe bocor brosur sebelum rilis, bisa rusak dunia persilatan ahahaha :lol: gendeng kabeh

http://autonoz.com/2013-dodge-srt-viper-review-specs-price-and-features-wvideo/
http://i-klan.com/

purnomo sp - May 8, 2012

bisa2 mtr yg lama ngendon di gudang.. Yg jd pertanyaan sy, sblm peluncuran produk baru, ada suatu produk yg stoknya bnyk di diler. Pd saat mtr baru keluar menggantikan jenis yg lama, tb2 mtr trsebt hilang dr diler. Kmana perginy mtr2 lama tersebut? Apakah dilempar ke luar jawa? Atau ditarik pbrikan? Atau jd rongsokan :D

2. cah ndeso - May 8, 2012

wouwww……

3. cah ndeso - May 8, 2012

dapet podium

……

4. gustinR - May 8, 2012

Kalo r2 kyknya susah, kalo ngeluarin brosur sebelum brojol nanti kompetitor langsung tau value dari produk yg ditawarkan, trus keluarin tandingannya yg lebih valuable, bisa2 mati sebelum brojol, apalagi kalo gap keluarnya brosur sama keluarnya produk kelamaan, secara biaya RnD ga segede r4 cmiiw.

Taufik - May 8, 2012

R2 berarti persaingan lebih ketat ya bro?

motoroda - May 8, 2012

Betu sekali bro, makanya APM roda dua jauh lebih berhati-hati.

TMCBlog ada di posisi pertama,race pertama MOTOBOM
http://motoroda.wordpress.com/2012/05/07/motoroda-mempersembahkan-moto-bom-motorcycle-blog-of-the-moon-dan-moto-boy-motorcycle-blog-of-the-year-award/

5. seno - May 8, 2012

absen

6. mantab - May 8, 2012

makin seru

7. alvia - May 8, 2012

Mantaf, harganya berapa tuh…??

8. kantong kresek - May 8, 2012

setuju, R2 kyknya paling kritis orang dalam memilih kang, jadi pabrikan sangat hati2 dan ga mau ambil resiko

9. troy - May 8, 2012

uahm ngauantuukk..

10. nubi - May 8, 2012

Konsumen mobil dng harga diatas 100jt tentunya butuh informasi produk kompetitor sebanyak mungkin. Dan keputusan membeli bisa cukup lama dengan berbagai pertimbangan. Tidak seperti motor, konsumen bisa saja langsung membeli karena model terbaru atau fanatik merk tertentu.

Taufik - May 8, 2012

wauu, analisa menarik bro . . . keputusan beli motor lebih cepat dibanding keputusan beli mobil
hmmm karena masalah harga dan fungsionalitas juga kali ya bro, cmiiw

11. Alfido - May 8, 2012

masyarakat roda dua sangat jeli dalam melihat sinyalmen motor baru…beda dngan roda empat..

http://alfido.wordpress.com/2012/05/07/galeri-foto-satria-fu-150-lady-bikers-fu-girls/

Taufik - May 8, 2012

kayaknya bisa kita buat jadi ide survei nih ya mas bro

12. Ujang asap - May 8, 2012

R2 maknyuuus…

13. absoluterevo - May 8, 2012

Ertiga mantap josss

14. stabilo kuning - May 8, 2012

how much it price bro?

15. Dadot - May 8, 2012

kalo menurut saya sih dari segi pemasaran sama aja. kalo brosur kan kesannya resmi, lengkap dan terperinci, tapi tujuannya yang mengungkung preferensi calon konsumen agar tidak kemana-mana lagi. contoh yang terbukti manjur adalah si teralis dan calon all new vixion. seperti menurut mas IWB, cukup banyak calon pembeli motor yang memutuskan menahan diri membeli motor karena gelontoran berita2 si teralis dan si vixion dari jauh2 sebelumnya.

Taufik - May 8, 2012

maksute motor lebih menggunakan isu dari mulut ke mulut dan online viral strategy?

16. Karis - May 8, 2012

serupa tapi tak sama, sama-sama menjanjikan tapi mindset calon konsumen R4 dengan R2 berbeda
http://karisnsz.wordpress.com/2012/05/08/tiga-faktor-berkendara-secara-agresif-non-eco-riding/

17. lupuz - May 8, 2012

Yg jelas konsumen motor ama mobil banyakan motor..cause motor lebih murrah drpd mobil coyy…

18. TJAH ILANK - May 8, 2012

T aufik
M otorcycle &
C ar
tambah luas blogna mas taufik….

19. EISCELL - May 8, 2012

sasaran konsumennya beda…. jadi pola pikinya juga beda… biasanya konsumen R4 Itu lebih loyal… ya kaya pembeli motor premiumlah…. kebanyakan brand mainded

20. moncerr - May 8, 2012

Yupp, saat mau launching Xenia-Avanza baru aja, 2 bulan sebelumnya pihak dealer maupun salesnya rutin SMS menginformasikan ke customer lamanya perihal rencana kemunculan varian baru

21. jaelan.. - May 8, 2012

market R2 sangat sangat luarbiasa…tapi R4 pun tak kalah dlm hal tsb…. tapi market akan berubah total ketika BBM subsidi naik…

22. rexraider - May 8, 2012
23. abu faris - May 8, 2012

bentuk mobilnya kok aneh ya?
btw, kalo mobil butuh jauh hari buat mutusin mau beli mobil apa (at least buat kebanyakan orang indonesia, karena harganya terutama) musti mbandingin brosur, dibayangin, diitung2. jadi butuh info lebih awal sebelum launching. kalo motor ya mikirnya cenderung lebih pendek.

24. Brompit - May 8, 2012

Kalau roda 2 Bro cukup kita sendiri yg mutusin, kalao roda 4 perlu diskusi ama keluarga. ya tdk kang ? Pertempuran roda 2 jauh lebih seru kok dr roda 4…. menurut ane sih…

Taufik - May 8, 2012

betulll

25. harisxyz - May 8, 2012

IMHO, pilar B memisahkan disain yang berbeda antara depan dan belakang. Kurang menyatu dan dr belakang tampak terlalu ‘kotak’. Padahal manusia Indonesia adalah manusia yang artistik (artinya masalah disain produk adalah salah satu point yg signifikan dlm pengambilan keputusan). Jadi, saya kira Evalia ini akan sangat berat bersaing dengan Ertiga atau pendahulunya (pasangan AX). Satu lagi, ada berita ‘dispromotion’, ttg Nissan akhir-2 ini. NIssan harus bekerja keras !

http://harisxyz.wordpress.com/2012/05/04/nissan-evalia-7-seats-rp-160-juta/

salam hangat Kang Haji :)

Taufik - May 8, 2012

masukan manteb buat Nissan

26. harisxyz - May 8, 2012

komen-ku koq selalu gagal masuk sini ya Kang ?
hikssss
http://harisxyz.wordpress.com/2012/05/04/nissan-evalia-7-seats-rp-160-juta/

harisxyz - May 8, 2012

Alhamdulillah berhasil :)
*bingung.com*

Taufik - May 8, 2012

soale ada linknya bro

27. "ngelindur" - May 8, 2012

belum tertarik lg sama yg namanya R4 sampai Avanzaku lunas… :wink:

28. FBK - May 8, 2012

Saya kurang setuju sama judul diatas,…
Karena brosur yg beredar memang tujuannya untuk menjaring calon pembeli utk lebih yakin bila ingin indent. bukan informasinya bocor tapi memang sengaja ditawarkan terutama kepada konsumen Nissan..

FBK - May 8, 2012

saya indent warna hitam baru dapet kalo nggak bulan juni ya juli, kalo warna silver atau putih kenanya juli atau agustus…
R4 ini mo brojol di event Jakarta Fair

29. someone - May 8, 2012

sneng rasanya kalo koment2 nya pada gini, g’ da yang ngata2in produk2 tertntu, cba tiap postingan coment2 nya sama kaya gini, kliatan pinternya :D

satria biru - May 8, 2012

membosankan bro klo monoton alias ga ada bakar2an hehe..

30. Juke - May 8, 2012

Maaf kang, kalo ngeliput gini ini dapat bayaran nggak?

Taufik - May 8, 2012

ngeliput apaan? . . . ini kan bukan artikel liputan ini artikel analisa fenomena :D

Tyo - May 8, 2012

Bocoran harga Evalia brp Om Taufik?…

Taufik - May 8, 2012
Tyo - May 8, 2012

Maturnuwun artikelnya om…btw (SV)160 jutaan apa jadinya 169jt ya? ini mah 170 jt…hehehe…
yah moga2 beneran 160 jt tp itu buat Jakarta ya Om, klo daerah bengkak lg dong? buat sy overall mayan ni evalia wlo bodi blkg agak gmn gtu…^_^

31. satria biru - May 8, 2012

klo ngga diiklankan dari awal mobil sulit laku coz biasanya orang mau beli mobil jenis ini banyak banget pertimbangan dan ketat budgetnya jadi wajarlah klo diperkenalkan lebih dahulu sebelum launching biar pas launching publik sudah tergerak untuk membelinya.

32. tovavanjava - May 8, 2012
33. ujang - May 8, 2012

kalo R2 caranya pake spy shoot dan gosip (bocoran)…

34. Hendra Super - May 8, 2012

itulah gunanya blog ini..memberikan informasi sebelum produk launching….coba klo ga ada blog…paling yang kita pada saat produk udah launching..

35. Clurut - May 8, 2012

Disinyalir Kang Taufik lagi milih2x mobil keluarga baru… buat pengganti mobil yang lama :D

36. Lautner - May 8, 2012

sepertinya tidak ,
karena R2 lebih banyak peminatnya dibanding R4
jadi kalo brosur bocor sebelum rilis gak seru kang
hehhehee

37. Irwan Sst - May 8, 2012

Modelnya nggak banget, inget mobil biro jasa pengiriman Fed*x. Untungnya ada Bonnet.

38. mariodevan - May 8, 2012
39. snowy - May 8, 2012

Evalia kira kira meluncur kapan Kang?
Kisaran harga berapa?
Ane lagi mikir… mo ambil Ertiga apa Evalia…
Btw, kok artikel tentang Ertiganya cuma sebiji?
Kalo boleh usul, kapan kapan bikin komparasi antara Avanza vs Xenia vs Ertiga vs Evalia vs Exora…. ^_^

Taufik - May 8, 2012
40. alinzqi - May 8, 2012

sebelum di pasarkan ada baiknya di tes dulu di sirkuit, biar konsumen ga kecewa…. :mrgreen:

http://indotestour.wordpress.com/2012/05/08/sentul-international-circuit/

41. alinzqi - May 8, 2012

sebelum di pasarkan, ada baiknya di Tes dulu di sirkuit biar konsumen puas… :mrgreen:

http://indotestour.wordpress.com/2012/05/08/sentul-international-circuit/

42. temonsoejadi - May 8, 2012
43. Care - May 8, 2012

Dalam artian dengan cara tersebut bisa mempercepat proses mainset ke konsumen dengan produk yang akan hadir..
Mnurut pendapat qu, memang akan berpengaruh karena konsumen akan penasaran.
Saat produknya muncul jd nya kan lebih banyk yang pesan…

44. ipanase - May 8, 2012
45. kasamago - May 8, 2012

ertiga ada temennya neh.. btw evalia nmnya feminim bgt..

46. kantong kresek - May 8, 2012

analisanya mantap2

47. somplak - May 8, 2012

Untuk Honda dan suzuki ada R4 nya jadi para fansboy nya masih bisa pake merek kebanggaannya untuk Roda 4…beda sama tetangga sebelah yg cuman jualan R2 aja

48. ipunx - May 8, 2012

wow.. ada mobil taksi new york..

49. fncounter - May 9, 2012

- Bisa jadi calon produk tersebut akan mematikan produk yang sudah ada, pembeli akan lebih prefer menyimpan uangnya hingga produk impiannya tiba.

– Market roda 2 di indonesia lebih gemuk dan lebih terjangkau, sehingga untuk meningkatkan rasa penasaran konsumen, dijalankanlah strategi tutup mulut atas segala informasi ini.

– Kesan pada pandangan pertama. Andai saja produk yang brojol tak menarik untuk konsumen, maka konsumen pun tak segan berpindah ke lain hati. Alhasil, belum brojol pun produk tersebut mendapat mainset buruk dari konsumen. Siapa yang dirugikan? jelas atpm yang bersangkutan.

50. orderdesign - May 9, 2012

Hal tersebut akan berimbas baik kalo produk yang akan datang memenui keinginan sang konsumen, tapi akan menimbulkan efek negatif juga dimana rasa penasaran sudah hilang. Padahal tujuan produsen mengeluarkan produk-produk baru terus menerus, tentu memberi efek cepat bosan pada konsumen dengan produk lama. Hal inilah yang dikhawatirkan, jika brosur tersebar sebelum barang dirilis.
“tidak ada hal baru, punya motor baru” :)

51. jambronx2010 - May 9, 2012

karena harga mobil lebih mahal, jadi kesempatan calon pembeli unuk nabung dulu kalau cocok dengan modelnya. Dan diperkirakan kompetitor akan memerlukan waktu untuk menelorkan produk sekelas. IMHO

52. pran - May 10, 2012

Haduuuuuhh kkkaanng .. Mumeeeetttt .. :(



%d bloggers like this: