jump to navigation

Menciptakan Standart Benchmark Baru . . . Ide bagus lepas dari sandwich Strategy May 31, 2012

Posted by Taufik TMCBlog in : Tentang Motor , trackback

Bro sekalian, salah satu lesson learn yang dapat diangkat dari artikel joss mindGenesis tentang strategy untuk meng-konter Sandwich Strategy adalah dengan menggunakan Ultimate Value Startegy . . . yakni menghadirkan satu produk baru yang memiliki Semua fitur keunggulan produk di segmen yang sama plus harga yang sama/rata/ bahkan lebih rendah pula . ..  artinya apa? Secara Value Ungggul banget dan secara langsung seperti menciptakan standar baru dalam produk seperti yang diucapkan salah satu pengunjung blognya (bro sa456)

Suatu produk yang cukup tinggi dalam value tentu secara kasat mata sulit untuk di sandwich alias sulit untuk bisa di gencet dari atas dan bawah . ..  karena memiliki nilai value yang nggak nangung, atau dalam kata lain sulit  bagi kompetitor untuk mencari celah kekurangan dari produk ini . . . hmmm tmcblog lagi mikir . . . Yamaha Punya peluang besar disini . . . Bayangkan jika Yamaha Punya produk Skutik entry level dengan bandrol yang terjangkau, dimensi rendah ala Mio J yang user friendly, mesin diasil silinder forged piston, YMJet FI dipadu fungsionalitas dalam pengangkutan barang plus fitur SKS, SSS, PBL atau apa lah kreasi unik yamaha lainnya bisa jadi akan menjadi ultimate value product . . . karena pada dasarnya Mio J sendiri sudah memiliki beberapa Value seperti contohnya dimensi yang user friendly  . . . para rider cewek memang sepertinya lebih nyaman dengan seat heightnya Mio Karena kedua tapak kaki bisa sempurna menjejak saat berhenti . . . ini membuat percaya diri dan point ini (kepercayaan diri) sangat penting buat kaum hawa. cmiiw . . . nah kalo begitu Kompetitor pun akan sulit untuk mencari titik lemahnya produk ini . . .paling membenturkan masalah desain . . . tapi tentu saja ini subjektif :D

Lain di skutik entry level, lain pula di sport .. . khususnya sport mid-end level . . . Yamaha sangat kuat sekali disini yang tentu membuat kompetitornya geregetan luar biasa. Namun apa daya untuk saat ini Honda nggak punya produk yang cukup digdaya untuk melawan duo Vixion-Byson disegmen Mid-end sport . . . mau mengedepankan CBR 150R Terbentur masalah harga . . . New Megapro terasa nanggung dan jadilah dia sekarang disandwich oleh roti Vixion dan Byson . . . cara untuk lepas dari tekanan kedua roti sandwich ini tentu sama dengan di segmen Skutik di paragraf dua tadi . . . membuat Produk yang digdaya soal value bila dibandingkan dengan kedua roti sandwichnya sehingga menjadi Standart Benchmark Baru.

Artinya apa Produk dengan Standart Benchmark Baru? Ya artinya produk tersebut wajib memiliki semua keunggulan value dari produk di segmen yang sama . . . misalnya gini  . . . Ya harganya kalo bisa terjangkau, tampang mentereng dan macho laksana Yamaha Byson, Mesinnya durable seperti Megapro yang sudah bertahun tahun melanglang buana di jagad sport mid-end, teknologinya canggih seperti yamaha V-Ixion yang sudah Injeksi, performanya juga nggak malu maluin tentunya . . . nah kalo begitu tinggal deg ditambahkan Value lebih lagi ( ya pake mesin dual kem plus 4 klep kek, lampu projector) sehingga secara akumulatif value dari produk tersebut menjadi yang terdepan dan terbaik . . . atau dalam arti kata best of the best sehingga nggak nanggung dan membuat kompetitor kebingungan untuk men-sandwich nya lagi . . . produk apakah itu? sampai saat ini belom ada . . .tapi apakah next sport 150 cc nya honda akan memenuhi ekspektasi sebagai produk yang memiliki ciri ciri yang layak sebagai Standart Benchmark Baru? belom bisa dijawab dah wong motornya sendiri masih kelabu . ..  baru muncul sketsa tangkinya thoq :mrgreen: . . . nah gimana pendapat bro sekalian . . .monggo di share . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

*gambare nggak nyambung :P

Comments»

1. peyek - May 31, 2012

1

tjapil - May 31, 2012

1++

nomor satu - May 31, 2012

Numpang bonceng

Ochim masih karbu - May 31, 2012
2. peyek - May 31, 2012

2

3. peyek - May 31, 2012

3

4. ipanase - May 31, 2012
ipanase - May 31, 2012

ulasan di midgenesis merupakan ulasan yang over mendalam, perlu pemikiran yang matang untuk mencernanya ( gayane )

5. Ngatijo - May 31, 2012

Lelet mas bro..

6. peyek - May 31, 2012

baca dolo ah…. :P

7. Kodokz Jambanz - May 31, 2012

udah rame.

8. peyek - May 31, 2012

kesimpulannya… roti sandwich enngak enak… wong ada pasirnya…. :mrgreen:

9. rusmanjay - May 31, 2012

sip…

10. Ujang asap - May 31, 2012

Ramekan…

Koneksi lelet…

11. keong1964 - May 31, 2012

disinyalir…bang haji bikin ni artikel sebelum munculnya artikl trellis Honda nya mas iwb ..

Taufik - May 31, 2012

ya artikel ini saya ketik sekitar tiga jam dari artikel MG . . . tapi baru berojol hari ini he he

12. Ujang asap - May 31, 2012

Gak ngerti aku, kang…

13. jaelan.. - May 31, 2012

Secara Value Ungggul banget

=====================

denger kata ini jd teringat “TUKUL”…

14. alvia - May 31, 2012

Kita tunggu hasilnya apakah kedu pabrikan berani mengeluarkan produk best of the best..??

15. Didin - May 31, 2012

Asiik

16. dikkiy - May 31, 2012

Kompetitor pun akan sulit untuk mencari titik lemahnya produk

17. Motoroda - May 31, 2012
18. jaelan.. - May 31, 2012

amankan pertamax plus..plus

19. Motoroda - May 31, 2012
20. gunungandul - May 31, 2012

bener2 gk nyambung…gambar’e

Taufik - May 31, 2012

mau dimasukin gambar tangki atau sasis takut bosen soale :mrgreen:

Tatang Suwanto - May 31, 2012

ngangge gambar roti sandwich langkung sae tur endah kang katingalina.. hihihi

21. keong1964 - May 31, 2012

jiaaahhhhh …
koen panjg2 mlh nyangkut ..
plus Di moderasi lagi.. hadeeuuuuhhhh..cpe dehhh

22. sa469 - May 31, 2012

walah….baru 1/2 menit pindah warung ternyata sudah jadi artikel baru…pantesan dilihat di kolom komentar gak nemu yang dari kang haji :D :D :D

23. sa469 - May 31, 2012

btw …itu strategy buat mio J, bagaimana kalo ternyata diambil konsepnya oleh new beat kang?? melihat peperangan yang semakin berdarah-darah di kelas matic….

Taufik - May 31, 2012

soale sekarang siapa yang disandwich siapa juga yang menyandwich . . . :D

sa469 - May 31, 2012

haha…kalau itu kayaknya perlu maen ke warung sebelah kang .. :D :D

24. nay - May 31, 2012

Mungkin ini alasan lamanya sang calon jagoan Honda nongol…

Gpp…sing sabaar…daripada buru2 brojol kayak kasusnya NMP yg ngambil plek dari indiahe…cuman ganti nama doang…ujung2nya penjualan melempem…

25. thole - May 31, 2012

NMP mau dikemanain?

oke trelis didaulat as an ultimate value product, muscle bikez dgn kelebihan mesin hitech, tp harus ingat juga, seandainya nanti bodinya tdk lbh bagus dr byson maka siap2 aja akan di counter pake strategi naik kelas tambah value, byson injeksi bisa juga pake tekno diasil/forged piston tapi tetap air cooled dgn tambahan RDB, dan disetting harga dibawah trelis, akan jadi ancaman lagi, belum lg next vixion dgn tampilan sporty hitech, yg pasarnya lbh besar drpd sport gendut waspada :mrgreen:

sa469 - May 31, 2012

ati2 juga bro…bisa saja langkah seperti itu juga yang diharapkan sama AHM…justru kunciannya ada di pertanyaan bro thole diatas…terlihat NMP seolah “terlupakan”…IMHO..waspada adalah suatu hal yang harus di”kekep” oleh YIMM saat ini…no more wrong movement allowed

ninja250 - June 1, 2012

Setuju bro..dan ane juga ga yakin ahm mempertahankan NMP,besar kemungkinan discontinue,digantikan sport tralis misterius..kayak kasus vario125..terawangan ane juga setelah itu tiger discontinue juga..denger bisik2 orang dalem ahm ada naked sport hitech penganti tiger setelah tralis mbrojol..

Walk the talk - May 31, 2012

ya ya ya …ngomong mang gampang …tapi yakin yamaha punya resource banyak untuk masuk dalam persaingan harga :D …. hanya untuk market kecil di motor sport ….apalagi jika tulang punggung penghasilannya di matic dan bebek kena penyakit ….. hehehe jika memang yamaha berani bagus lah buat konsumen , dan gua yakin honda akan meladeninya …..bagus lagi buat konsumen…. :mrgreen:

qiqiququ - May 31, 2012

siapa sih yang mendaulat trelis as an ultimate value product wong barangnya aja lom ada. Persaingan antar brand dengan menghasilkan produk yang semakin baik dan tentunya dgn harga yg murah itu yang diharapkan. Ujung2nya kita sebagai konsumen makin diuntungkan.

Mau ganti Pio yang udah 6 tahun masih nunggu produk baru yg bakal muncul baik itu Honda, Yamaha ataupun Suzuki atau mungkin KTM, soale buat harian….

26. kuncen - May 31, 2012

Kesimpulannya untuk motor sport honda kalo mau brojolin motor sport 150 cc jangan nanggung dari segi model,tekhnologi dan harga.

27. briptu - May 31, 2012

trellis over value…harus seperti vario 125
modyar sport yamaho seperti skutiknya nanti wakakakaka

28. briptu - May 31, 2012

maz topix, belum ada spicrot deltabox karatan new vikison di bak sampah??

kemarin tralis bocor..biasanya sahut2 an…

29. hadi - May 31, 2012

asal jangan dikurangi aja bahannya…..sayangkan udah bagus tp ternyata kwalitas dan ketebalan bahannya berkurang…

30. harisxyz - May 31, 2012

sip, semoga didengar AHM, sehingga si misterius jadi benar-2 ‘the kiiler machine’ , sudah seharusnya begitulah kalau mau menguasai pasar.

http://harisxyz.wordpress.com/2012/05/31/pamor-mobil-bekas-taxi/

31. Ganzimaru - May 31, 2012

ya moga aja new vixi lebih wah dari yg skrang..
saya spendapat sih klo bikin mtor itu fiturnya juga jgn nanggung, klo perlu fitur punya kompetitor diadaptasi (bukan dicontek lho :D), terus pke nama yg lain.. wekekek

32. DroidWalkman - May 31, 2012

Ane dah lihat gambar tralis ditumpangi tangkinya, sumpah manstab bo.. tangki hampir mirip sketsa..

33. Dide - May 31, 2012

Kalo eko prabowo gak bakal kepikiran tuh dgn ultimate value

34. Tototapalnise - May 31, 2012

Honda akan melakukan strategi yang Mas Tri sebut di atas bila konsumen loyalnya di Indonesia sudah mulai terbuka wawasan dan mulai bawel akan sebuah value, bukan sekedar nama besar semata yg selama ini masih dianut oleh sebagian besar konsumen loyal dari Honda.

Kasarnya, produk gitu2 aja masih rebutan buat apa harus menelorkan produk baru yg punya value tinggi.

Namun bila konsumen mulai kritis..maka semua itu akan segera terjadi. Ditunggu saja

sa469 - May 31, 2012

mas Tri..?? Taufik kali bro??

briptu - May 31, 2012

ini tmc..salah blog woi

Tototapalnise - May 31, 2012

Maaf…ane khilaf..wakakakaka..maaf lho Kang Taufik :D

35. Ari CX Rider - May 31, 2012
36. toro - May 31, 2012

Selama ini semua pabrikan Jepun sprtinya 11-12 dalam menentukan harga, alias mereka pada kompak untuk menjaga market motor di Indonesia tetap memilki nilai profit tinggi begitu juga dengan teknologi yang disematkan pada kendaraan2 entry level mereka yang mirip-mirip saja, berbalik dengan strategi pabrikan India yang langsung menggelontorkan produk dengan velue lebih dan harga jauh lebih murah.

Menciptakan “best of the best” produk di Indonesia dengan harga tetap/bahkan lebih murah berarti pabrikan harus siap dengan menurunnya profit yang mereka dapat, bukan itu saja mereka juga siap dengan berkurangnya varian motor mereka di segmen yang sama karena terlalu digdayanya si “best of the best” atau paling tidak varian di bawahnya akan mengalami koreksi harga.

Apakah demi menjaga untuk tetap jd yang “no 1 (dalam penjualan)”, mereka rela bunuh2-an dgn sesama pabrikan Jepun?
Ataukan mereka akan memilih kembali kompak dalam menentukan varian motor dan harga yang dijual di Indonesia?
Bukankah yang seharusnya mulai mereka perhitungkan kedepan adalah “si kuda Hitam” para pabrikan India, yang nyata-nyata memiliki strategi berbeda dgn mereka?

Saya sbg konsumen di Indonesia sih berharap, pertarungan yang semakin memanas di dunia roda dua memberikan keuntungan bagi kita. Kita nantikan di bulan/tahun2 mendatang, semoga motor2 dgn value lebih dan harga yg pantas bermunculan baik dr pabrik Jepun, India maupun yg lainnya. Benar bgtu Bro….? :D

justmyimage - May 31, 2012

salam hangat kang taufik

justmyimage
@toro
like this mzbro :cool:

Busa_tio - June 1, 2012

Like this juga. Mantabs…

37. hah - May 31, 2012

istilahnya ngapain ngelirik motor yg tanggung, pilih ini g ada injeksinya tp tampang keren, yg satu injeksi tp bentuk biasa dan pelit fitur…nah mungkin ini yg akan diambil salah satu pabrikan ada semuanya di satu motor dan jd lebih fokus, gpp mengorbankan produk lama seperti kejadian vartech 110. dan tidak lupa main diharga tp berkualitas…harapan konsumen:))

38. yellowduck - May 31, 2012

kita tunggu sampe akhir tahun…
semoga perang atpm makin seru, konsumen untung.

39. Walk the talk - May 31, 2012

Suatu produk yang cukup tinggi dalam value tentu secara kasat mata sulit untuk di sandwich alias sulit untuk bisa di gencet dari atas dan bawah . .. karena memiliki nilai value yang nggak nangung, atau dalam kata lain sulit bagi kompetitor untuk mencari celah kekurangan dari produk ini
=====================================================
dengan sjarat dan ketentuan utama yang harus di miliki yaitu kamu punya resource dan R&D yang terkuat dan banyak…jika lawan anda mempunai power resource yang besar …sama aja bunuh diri karena anda akan di giring dalam permainan otot …..ingat strategy suntzu perihal kekuatan……competitor yang punya resource besar akan buat produk ultimate value dengan harga di bawahnya lagi dan ini terus menerus sampe terjadi perang harga …..sehingga siapa yang kuat dia yang bertahan …how long can u go

Taufik - May 31, 2012

tentu, RnD musti kuat bro . . . rait . . . nice oppinion

40. bead revoist bms - May 31, 2012

mudah mudahan bukan cuma ada dalam angan angan doang.tp ada pabrikan yg mau ngash yg super canggh ky fitur harga terjangkau…

41. ghojer - May 31, 2012

perlu riset dengan waktu yang cukup lama, untuk mematikan semprotnya yamaha, wong tigor sama nmp dah ngos2an ngejar penjualan semprot yamaha (kecuali scorpio) :)

42. sinbe - May 31, 2012

IMHO Jupi z1 bisa dibuat strategy macam gini untuk menjegal blade.

43. harisxyz - May 31, 2012

WOW

44. harisxyz - May 31, 2012

sepertinya Kang haji harus menaikkan bandwidth nih, terlalu banyak yang ngeroyok simultaneously :)

http://harisxyz.wordpress.com/2012/05/31/pamor-mobil-bekas-taxi/

Taufik - May 31, 2012

bandwidt wordpress.com udah cukup digdaya koq bro :mrgreen:

45. arme - May 31, 2012

bahasa alaynya sih, bagaimana caranya supaya produsen nelorin produk yang bagus, full fitur, dengan harga kompetitif serta after sales yang baik…, jadi pasar punya banyak pilihan, dan gak peduli merknya :D

46. katro - May 31, 2012

nyimax :mrgreen:

47. ridermatrix - May 31, 2012

ini masalah gengsi dan nama besar mas bro… :)

48. dave - May 31, 2012

disinyalir kalo terlalu banyak value,,
harga bisa tambah mahal,,
terbentur lagi masalah harga d,, imho..

49. stoner27 - May 31, 2012

standart benchmark baru itu standart model baru toh..?
kalo bukan standart miring apa standart tengah..
makenya gimana..?

wkwkwkwk..

Taufik - May 31, 2012

ya kayak standar paddock githu bang
*sambit pake klep desmo :D

Wiro Sableng - May 31, 2012

:grins:

50. AKBP1000 - May 31, 2012

” Ya harganya kalo bisa terjangkau, tampang mentereng dan macho laksana Yamaha Byson, Mesinnya durable seperti Megapro yang sudah bertahun tahun melanglang buana di jagad sport mid-end, teknologinya canggih seperti yamaha V-Ixion yang sudah Injeksi, ”
=====================================================
ane paling setuju dengan tulisan ini gan, honda harus merubah strategi yang dipunya sekarang (dinamis). honda gak boleh kalah keren sasis teralis dengan yang deltabox

51. dave - May 31, 2012

oot:
http://oto.detik.com/read/2012/05/31/092112/1929037/1208/begini-cara-yamaha-membaca-perilaku-bikers-berkendara?o9922011208
————————————————————————————
kalo honda dah punya alat2 canggih ky gini lom mas?
terutama di bogor,, dealer mana yg uda ky gini?
jadi kalo mo service disitu gt.. thx a lot..

52. Ganzimaru - May 31, 2012
53. ridermatrix - May 31, 2012
54. Dismas - May 31, 2012

Semoga next sport dari Honda ngga ngecewain dari segi model, fitur & harga & kelak bisa berhadapan dengan New Vixion :D
http://dizmaz.wordpress.com/2012/05/31/ayo-yang-di-indonesia-jangan-mau-kalah-dong-hahaha/

55. analisamotorindonesia - May 31, 2012
56. kantong kresek - May 31, 2012

semakin didepan

any question ?

SNTBT - May 31, 2012

penjualan semakin di depan?
teknologi semakin di depan?
balapan semakin di depan?

57. Walk the talk - May 31, 2012

lha kalo artikel seperti ini kenapa orang2 spt jaos , nobita, mblegedes, matius, roy gracie, pada ngak muncul komen yah ….mang paling konsisten itu thole ….thole mang fby yg cerdas top dah.

58. ukon - May 31, 2012

kalo ga salah ngitung kata ‘value’nya ada 10 buah mas..hehehe…piss
Kpn atuh nongol lagi 4 mata??

59. orderdesign - May 31, 2012

Persaingan pasar yang menuntut pabrikan dengan kelebihannya masing2, namun ide-ide segar yang muncul serta prediksi ke depan yang mutakhir dirasa yang akan kian efektif dalam pemasaran, jadi penonton/peminat gak akan bosen bahkan akan menyadari bahwa yang di tawarkan adalah produk yang bisa diunggulkan.

60. Arc the Land - May 31, 2012

mas taufik menurut saya, yamaha juga udah menerapkan startegy sandwichnya…yaitu pada jenis2 varian mio J dan fino..semuanya banyak varian…..jadi ini mengambil strategy revo….

61. AUTOMOTIVE CONCEPT DESIGN - May 31, 2012

jujur aja bagi saya strategi sandwich ini tidak terlalu menarik. akan lain jika mereka menggunakan strategi big burger ataupun hotdog super.

62. juraganneon - May 31, 2012

jadi Mio-J itu sudah Ultimate Value Startegy ya kang haji.. alias sudah paling top.. Mio-J joss

SNTBT - May 31, 2012

ya,mio j itu adalah Ultimate Value Startegy nya Yamaha, jd nanti kalo Honda keluarin Ultimate Value Startegynya (beat FI) yamaha udah gak punya strategi yg lain lagi.

ninja250 - June 1, 2012

Wahaha..si lawan udah keluarin jurus pamungkas,eh masih belom mampu menandingi juga..akhirnya bikin kuda2(gebyar hadiah,ngiklan tiap hari,pagi,sore,malam)..eh ternyata gak lama di gaplok pake jurus ultimate..

Tinggal kelas sport doang yg masih melempem,kayaknya si H ga lama lagi mau ngeluarin jurus ultimate,kalo kena cukup telak si Y pasti bales..pake jurus ultimate,kuat2an dah..ane mah ikut nonton aje..wkwkwk..

63. Laksito - May 31, 2012

k0′, nda’ sejak dulu??

64. tristan - May 31, 2012

Ide menarik ,, semoga dapat dilaksanakan aja ya …

65. SNTBT - May 31, 2012

gak ada artikel spyshoot new vixion kang?? atau si honda teralis ??

66. wellonk - May 31, 2012

wacana yang cerdas…

independen bukan propaganda

gag kayak lapak sebelah.. yang labelnya independen… ternyata… bayaran atpm..

67. kantong kresek - May 31, 2012

si mahonda keliatan makin ga karuan model nya.. wakawkwak

culun + OPERPRESS homonda

68. matius - May 31, 2012

cessss mana si iwan si iwan mana…..

cesss wak haji matius dibilang kledai sama si satar tuh
cesss mentang2 kaya (kaya haster) ngeginjak nginjak harga diri matius
cessssssssss apalagi tuh lihat2 koleksi motor nya bikin saudara2 matius pada ngiri gituuuuuuuuuuuuuuu
buat kuis kek skx2 kalau menang komentator nya dipinjamin ducati slama 1 hari kek satu bulan kek satu tahun kek satu abab kek,,,
nihhhhhhhhh malah cligak cliguk majang2 tampa mau pinjamin
cesssssssssssssssssssssss

ces kalau matius kaya ninti matius juga mau ngatain si satar hamster
tapi tunggu kaya dulu ya(kaya monyet) kalau skrang matius masih miskin ngak brani ngatain si satar hamster jajajajaja wak kira2 si satar dapat duit dimana ya???

69. lupuz - May 31, 2012

Hond kelamaan …nggk muncul2. .tebar sketsa doang jd ya roti sandwichnya tetep dinikmati yamaha ..keburu orang dah punya vixi semua ..150nya Honda nggk laku deh ..

70. Jimi - May 31, 2012

kang Taufik, izin link di fb :)

71. nganu - June 1, 2012

disinyalir nasib sport yamaha gak akan jauh seperti nasib skutiknya yg terlihat djadoel dan operpret.

72. orderdesign - June 1, 2012

Kalo semakin di pantengin foto motor yang terpampang di atas berpenampilan motor nyang garang banget, apalagi dilihat dari model lekukan belakangnya. Desain aero dinamis yang bener-bener kayak kendaraan tempur. bertempur “adu kecepatan” di lintasan balap maksudnya.. :-)

73. asdf - June 1, 2012

mimpi bangat si tralis bakalan di hargai terjangkau + fitur mewah seperti tulisan kang haji :D

tapi kalo jadi kenyataan, konsumen juga yang untung dan pasti bakalan jadi raja baru di motor sport nih si honda.

74. eo kids party - June 1, 2012

hmm, semangat untuk balapan deh … gk terlalu ngerti tapi suka motor yh hihih

75. temonsoejadi - June 1, 2012

ijin menyimak dan nitip artikel mas
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/06/01/siapakah-bidadariku/

terima kasih

76. Mind Genesis - June 3, 2012

Ikut Komentar Kang Taufik, untuk Mio J, “Menurut Gue, Ultimate Value harus dari sudut pandang konsumen, bukan dari sudut pandang Produsen”.

77. http://kredittanpaagunandbs.com - December 16, 2013

bagus jg motornya, tp warnanya kurang keren



%d bloggers like this: