Bro sekalian, Bajaj Pulsar 200NS disinyalir akan didatangkan BAI dengan proses Impor baik itu utuh maupun terurai (kita belom tahu) IMHO, Pulsar 200NS  memiliki banyak Value lebih yang disinyalir bisa menjadi modal kuat untuk Berjibaku dengan Motor Motor Brand jepang Di segmen Mind-end maupun  di atasnya. kenapa kedua segmen ini? karena dilihat dari kuikasi mesinnya, bisa nyerempet produk sport > 200 cc, dan bila ditelisik dari calon bandrol hebatnya yang direncanakan 20-22 juta memang sepertinya akan bersinggungan dengan varian sport mind-end brand jepang yang berkubikasi  150-160 cc.

Bila Kita prediksi secara kasar misalnya pasar motor sebanyak 7 juta unit per tahun . . . dan motor sport dapet jatah 10 % berarti setahun ada sekitar 700 ribuan . . . atau gini aja . . .menurut hitungan eyang edo Untuk periode Januari-April 2012, Vixion menguasai sekitar 36,54% pangsa pasar motor sport. Volume yang ditorehkan sekitar 88 ribuan unit.
Sedangkan dari sisi nilai produksi atau kita sebut saja omzet penjualan, Vixion mengantongi sekitar Rp 1,64 triliun. wew . . . itu cuma vixion . . . opo ndak seksiiih tuh market mid-end?

🙄 data dari P2R

Di data tersebut Bajaj Belom kesebut . . . Ya karena sampai sekarang Brand ini masih belum secara resmi bergabung dengan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) . . . sampai sekarang ini penjualan Bajaj masih berkisar antara 1500-1700 unit per bulan. Via eyang edo lagi, Menurut  koran ekonomi Investor Daily, edisi 28 Maret 2012, hingga akhir kuartal pertama 2012, BAI sudah mengantongi sekitar 4.500 unit . . . dan Target 2012 nya cuma sekitar 33 ribu motor saja. . . . nilai yang bisa di overtake vixion hanya dalam 2 bulan saja di 2012 ini . . .hmmm

🙄 data dari P2R

Entah seperti apa kebijakan Bajaj India . . . namuan sepertinya memang ada semacam barier yang sulit untuk ditembus oleh BAI untuk bisa menggeber lebih kencang market nya . . . BAI dengan kata lain seperti sangat bergantung pada ‘mother land ‘ nya di India sana. Bayangkan . . . Bila saja dengan Produk Se Value Pulsar 200NS diproduksi di Indonesia didukung dengan pengadaan pabrik yang memadai (tenaga kerja bisa terserap) lalu dibarengi / paralel dengan peningkatan layanan aftersales . . . secara berproses tmcblog yakin Pulsar series bisa berdiri sama tegak dengan Produk produk negri Jepang . . . tinggal sekarang produk Brand Indonesia mana niiih?

Taufik of BuitenZorg

infografik : EdoRusyanto dan P2R

126 COMMENTS

  1. waiting and see aja semoga terbuka BAI wat buat pabrik di Indonesia Tercinta biar banyak menyerap pengangguran yang kian berjibun..

    Guest
    • Setuju sama yg diatas………………………………..
      Kalo bajaj cuma jualan doank indonesia=bikin tambah macet jalanan yg sudah padat,cuma ngeruk untung doank tidak menciptakan lapangan kerja di inddonesia.
      Buat fansboy bajaj yang suka mengolok2 produk jepun sebagai produk penjajah sadarlah masih bagusan produk jepun kemana2,yang mau berinvestasi disini dan menciptakan lapangan kerja bagi bangsa indonesia daripada bajaj yg bisanya jualan doank tanpa mau berinvestasi disini.

      Guest
  2. jika tidak diproduksi di sini… makin banyak yang kecewa karena inden krn proses perjalanan yg jauh… belum lg kalau ada gangguan cuaca..lalulintas dll..

    **maafkan sayah jika sayah salah

    Guest
  3. lama2 saya heran dengan motor bajaj…kalo impor tp harga kuq ya murah2 gt??sebenernya bajaj tu punya pabrik gag to di indonesia??

    Guest
  4. Hmm..sejauh ini setelah jadi user pulsar sejak 2008, keluhan saya cuma 1, Aftersales yang bisa dibilang jauh dari cukup..mulai dari ketersediaan part sampai pelayanan di tempat servis sendiri…mudah-mudahan dengan masuknya p200ns dan naiknya harga part pulsar, seiring dengan perbaikan poin-poin kelemahan diatas.

    Guest
  5. Wah Ъϊśå bikin kesell tu…
    nunggu indent nya……..
    topi yaa mudah ² an…
    Ъϊśå berdiri dgn kepala tegak & penuh senyum.. tidak seperti skrng kepala tegak tapi wajah kusaam..

    Guest
  6. kalo lihat harga motor di India sama harga motor lokal di sini..
    akan lebih menguntungkan buat bajaj untuk import langsung aja..

    bikin disini belum tentu bisa lebih murah…

    Guest
  7. in other words…. bajaj butuh investor yg mau mengembangkan produksinya… semoga ada titik temu, mungkin Kang Taufik berkenan sbg investor disini sekalian patungan dgn yg lainnya… hihihihi…. Just advice , Mas… 🙂

    Guest
  8. Baguslah pada nungguin teralis…..biar P200NS ngga pasaran di jalan..cihui… dan ngasepin semuanya..

    Guest
  9. yang penting harga tetap murah, sparepart mudah didapat, dan jaringan 3S yang bagus masih bisa sukses, dan tidak ada waktu inden (ada yang pesen langsung dianter 😀 ..) Produk bagus kalau orang tidak tahu dimana belinya percuma saja.

    Guest
  10. mantep emang penjelasan mas taufik ini,,
    cm kalo di liat dari data itu,,
    bused dah beribu2 motor tiap bulan nya,,
    itu baru sport,, gmn yg bebek ato matic?
    ga kebayang berapa banyak tuh? ckck..
    kemaren minggu waktu kebetulan keluar dari rumah,,
    biasa bogor tuh macet ma mobil2 plat B,, (no sara)..
    atau sama angkot2,, bogor = kota sejuta angkot,,
    tapi waktu hari minggu kemaren,,
    fenomena nya ganti,, macet ma motor,, wogh..
    jalan dari lampu merah depan tugu,,
    sampe PP (pangrango plaza) di penuhi ma motor,,
    dan itu bukan konvoi,, ada angkot beberapa,,
    mobil pribadi beberapa,, semua nya penuh dengan motor,,
    saia sendiri jg bawa motor c,, hehe..
    cm ga tau beberapa lama lagi,, jalanan semua penuh ma motor,,
    harus ada peraturan ato apa gt yg ngatur ini semua,,
    btw ini cm imho,, cmiiw,, hehe..

    Guest
  11. hot info:
    penampakan honda beat injeksi:
    1.lampu depan mirip motor cbr sekarang
    2.lampu belakang hampir mirip vario tekno
    3.body masih ramping
    4.ada versi repsol lagi.

    Guest
  12. modalnya yg jadi masalah, 3snya z belum terpenuhi karna modalnya z cukup besar buat ngbangun itu, gmn mw ngbangun pabrik perakitan, eh pembuatan mksd sy 😀

    Guest
  13. untuk bikin pabrik d indonesia investasiny terlalu besar dan pastiny birokrasiny panjang dan berbelit belit, belum lagi pungutan liar dan buruh yg minta naik gaji terus….beberapa tahun berproduksi blm tentu bisa balik modal…….lbh untung bajaj untuk jual cbu, investasi dan resiko lbh sedikit :mrgreen:

    Guest
  14. Secara., India juga gak beda seperti Indonesia, sama2 berkembang dengan ingin menggunakan SDM lokal. Istilahnya daripada digaji besar tp kasih makan anak orang mending gaji cukup tp kasih makan anak sendiri..

    Guest
  15. cuman satu kekurangan bajaj..kalo bener2 mau laris 3s nya bener2 harus dibenahi…., yang di pulau jawa aja susah cari part nya… Apalgi di kalimantan tempat ane 🙂

    Guest
  16. klo penjualannya sebulan sebatas 2000-3000 unit kata inspektur bajaj nya :”haaaa, cuman laku segitu minta bangun pabrik,……….. capaey deeeehh”

    Guest
  17. jiah nongol …………….. !!!orz!!!

    saya ulang deh, klo pns cuman laku 2000-3000 unit perbulan mungkin kata inspektur bajaj : “lakunya cuman segitu koq minta pabrik, capaey deeehh”

    Guest
  18. pulsar ns laku 2000/unit aj dah sngat bagus, tp kuota dari hindustan paling cm 500-1000 unit/bl

    Guest
  19. bikin pabrik assembly aja disini, jamin kepercayaan orang meningkat..seiring bejalan waktu, baru 3S nya di benahi..

    bravo bajaj..

    Guest
  20. komen lagi ah, yang tadi kayaknya belom nongol.

    maaf om, kalo kurang greget hanya karena masalah pabrik kayaknya gak juga deh, contoh “Kuda Merah” yang asalnya sama kayak Bajaj aja nasibnya malah lebih buruk dari Bajaj. Padahal dia udah punya Pabrik di sini.

    Jadi masalah diporduksi di Indonesia atau gak, itu gak bisa jadi tolok ukur sebuah produk bisa “kenceng” atau kagak..

    IMHO

    Guest
  21. kita tunggu relawan relawan pemilik PULSAR NS 2000

    ntar 1 tahun baru ketahuan penyakitnbnya apa aja

    ane nunggu sekond nya aja

    wkwkwkwk

    Guest
  22. weleh weleh weleh…. belom dateng dah rame…..
    pas datang… pas 22jt… DUARRRRRRR….

    BAI Timing nya harus tepat… belajar dr marketing BYSON di indonesia yang dipepet di tikungan oleh NMP …

    kalo lihat TIMELINE-nya :
    1.Spyshot di India (testride motor dibungkus plastik -artikel TMCBLOG)… (tgl/bulan/tahun…..)
    2. OFFICIAL PICTURE gambar resmi +testride official di india -youtube…(tgl/bulan/tahun…..)
    3. HARGA RESMI diumumkan di india,,… (tgl/bulan/tahun…..)

    pendapat sy :
    a.sebelum spyshot produksi sdh berjalan dgn keyakinan 100%, krn merubah karakteristik seri pulsar sebelumnya, yg dipastikan design baru ini kan menNYEDOT minat biker di india DAN test yang sukses menggoyang ranah roda dua di indonesia >>> MARKET SASARAN BARU dan UTAMA (mengingat BAJAJ sukses mengeruk untung di AMERIKA SELATAN, AFRIKA, dan sebagian EROPA, ASIA selatan)
    b. saat gambar resmi muncul diyakini unit SUDAH SIAP EKSPOR (sementara produksi terus ditambah)… bukan gak mungkin pasar AMERKA LATIN-AFRIKA-ASIA SELATAN-EROPA sudah nunggu atau jangan2 “TPT-nya” mereka udah release….
    c. harga resmi keluar… ya sudah tinggal selamat menikmati saja..

    Guest
  23. knalpot p200ns di bawah shock blakang ya pak haji..waduuh..repot donk kalau jalanan banjir…tolong bagi yg tau .di share donk…confused nih..

    Guest
  24. harusnya bai ga usah mikir terlalu panjang buat bikin pabrik di sini,kelemahan fatal bajaj kan ada pada kelangkaan spare part,nah kalo bikin pabrik disini kan spare part dijamin berlimpah
    satu kelemahan pun teratasi dan tinggal menguatkan brand bajaj dimata masyarakat,gw percaya kualitasnya bajaj ga kalah kok sama pabrikan jepang itu sudah bisa dijadikan modal kuat penetrasi pasar
    Kalo 3s nua gini terus yang gw takutin akan muncul opini di masyarakat awam kalo bajaj itu sama aja dengan motor cina yang abis make langsung dibuang

    Guest
  25. produk indo udah ada kok.. itu MINERVA,,
    walaupun gak PD, jdi pke embel2 jerman sdkit.. pdahal produksinya ya di indonesia

    Guest
  26. Ada yang bilang Tiger lebih cakep dari P200NS (iya, harganya). Tenaga aja udah beda jauh bgt. Maaf saya orang awam. Saya pemakai Bajaj yang sebelumnya adalah pengendara Tiger (rakitan 2002 dan 2004), scorpio (2005) dan Vixion (2008). Nah dari ketiga motor batangan tersebut vixion lumayan dari segi kenyamanan, handling dan tenaga. Nah pas pakai P220, ini adalah motor yg paling nyaman diantara motor2 saya sebelumnya. Kelangkaan Spare Part? Ga ngaruh selama anda mengikuti komunitasnya. Ada yg jual secara online lho. Trus bisa konsul tentang kondisi motor secara online juga. Di jalan pun pemakainya ramah2 semua. Kenal ga kenal anda pasti di klakson bahkan ada tegur sapa dengan santun. Makanya Bajaj jarang dipakai para Alay, ga ada usia2 ABG yg mengendarai Bajaj karena memang bukan buat show off
    maaf yach saya bukan Fans Boy Bajaj,

    Guest
  27. soal kenalpot yg dibawah mesin…JANGAN KUATIR…..
    tuh di youtube dah ada yg nyoba nunggang Duke 200 di air… bahkan test di rendam selama 30 menit tetep aman2 aja… mesin ga mati… Kenalpot duke 200 & p200 ns setipe…

    Guest
  28. Masalah sparepart sepertinya sama bai sdh dipikirkan.makanya harga sparepart orinya dinaikkan harganya supaya ada pabrikan lokal yg mau buat sparepart tiruan yg se kw df orinya dg harga ori yg lama.

    Guest
  29. yg ane tau sejak heboh pulsar 200NS, pabrikan jepun kompak seolah-olah fokus ke jenis Matic y^m^h^ dgn Mi*oj n fin*nya, h*nd^ dgn Vario 125, s*z*ki dengan Nex, apa krna mreka ga mau/berani brsaing di kls motor Sport, diatas kertas utk cc skelas, Pulsar menang telak, alhamdulillah ane pake P135LS dah 2 tahun, n pernah ane pake mudik s.d 1500km dlm sminggu n tanpa prawatan khusus krna ini motor prtama ane n ane blank soal mesin. mtor jepun sanggup ga klo mesina dijejali 2 busi alias 2 pembakaran skaligus, ditambah rata2 motor pulsar main di RPM tinggi,,,,,

    Guest
  30. ane sales motor bajaj pulsar,ya buat agan2 siap2 aja bajaj pulsar akan berganti nama menjadi kawasaki bajaj
    pulsar akan menggebrak dunia otomotif indonesia gannn
    akan bermunculan jenis2 baru yg akan buat agan2 ngilerrr

    Guest
  31. minta saran dong,
    kenapa ya motor pulsar 150cc lampunya kalo di geber mati
    saya udah sering banget ganti lampu
    karena motor ga bisa dibawa kenceng
    kalo di bawa kenceng lampu mati terus

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here