jump to navigation

Menilik Strategi Pelengseran Varian Yang dilakukan Pabrikan July 3, 2012

Posted by Taufik in : Blogging activity , trackback

Bro sekalian, Melengserkan suatu produk dan digantikan dengan varian yang lebih fresh juga butuh strategi tepat dan joss . . . nah Via artikel ini tmcblog mau sedikit flash back mengenai strategi yang dipakai oleh pabrikan pabrikan roda dua indonesia untuk ‘me-replace‘ suatu Varian . . . Kita bisa flasback ke Kasus Pelengseran Mio CW oleh Mio J, Mio Soul dengan Soul GT, PCX 125 dengan PCX 150, Blade lama dengan Blade baru,  Vario techno 125 menggantikan vario techno 110 . ..   walaupun mungkin beda brand akan tetapi garis desain strategynya mirip bro . ..

 

Secara umum Strategy yang di lakukan adalah mempersiapkan produk baru yang lebih ‘value’ dibanding produk lama. artinya gini . . . Jika Konsumen diberikan produk yang tidak lebih baik dari produk lama, maka akan sulit dilakukan penetrasi eksekusi ini. Ya mirip juga seperti strategy konversi minyak tanah ke BBG gas . . . di kasus Roda, dua Cek saja . . . Mio J dan soul GT tampil dengan YMJET, Diasil silinder dan Forged piston . . .plus fakta lebih irit dari mio lama . . .  konsumen mana yang nggak kesengsem sama fitur dan benefit yang di sodorkan . . . so Pelengseran Mio CW karbu bisa berjalan mulus

Begitu Juga dengan Blade baru yang walau diawal disangsikan karena form headlampnya berubah signifikan .. .  akan tetapi di segmen bebek form lampu di setang jelas lebih memasyarakat  . . . ditambah lagi keberadaan RDB yang membuat tampilan motor terlihat lebih cakep. Terus Vario 125 FI hadir dengan harga yang sama dengan Vario 110 Karburator . . . ini juga termasuk bengis . . . hadir dengan beberapa update sistem pgm fi, bagasi jauh lebih besar, ACG starter dan bentuk fisik serta ergonomi  yang tidak berubah jauh dari Techno 110  . ..   membuat proses suksesi vario techno Karbu dan peralihan ke sistem injeksi bisa juga berjalan mulus, cmiiw. Kasus PCX 150 yang dibandrol mepet pisan sama PCX 125 pun juga disinyalir memang untuk memuluskan pelenseran PCX 125.

Namun Strategy Suksesi varian karbu untuk digantikan varian injeksi belum ada yang dilakukan total untuk motor motor bebek . . . contohnya, kasus hadirnya Supra X 125 pgm fi tidak serta merta mematikan supra x 125 yang masih karbu . . . so kita tunggu dalam beberapa hari kedepan . . . apakah Yamaha akan melakukan strategy pelengseran Jupiter Z lama untuk digantikan dengan Jupiter Z injeksi (Z1) ? tentu menarik . . . memang paling mudah adalah membandrol Jupiter Z injeksi (Z1) lebih rendah dibanding Jupiter Z karbu . . . tapi apakah mungkin? bisa saja terjadi bro . . . terlebih dengan konsideran price war nya dengan Blade Baru dan mengantisipasi kehadiran Blade Fi . . . ini pendapat tmcblog thoq . . .monggo share pendapat bro sekalian . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. Aa Ikhwan - July 3, 2012

ajib,..skak :D

cyberoader - July 3, 2012

Bonceng ya, ikut ngrasain pertamax :D

jahe - July 3, 2012

geser dikit mo curhat soal Astra Honda Customer Care SMS

http://remcakram.wordpress.com/2012/07/03/hccsms

gilangkharisma - July 3, 2012
2. qikay - July 3, 2012

pertamax

wiwiadiwibowo - July 3, 2012
3. qikay - July 3, 2012

ternyata ane gagal pertamax… hehe

4. Cah Gombong - July 3, 2012

Absen pagi

5. takahashii - July 3, 2012

10 besarkah??

6. dion_mks - July 3, 2012

Era injeksi akan di mulai. salah satu orang yamaha pernah bilang, ke depan semua motor yamaha bakalan injeksi.. :)

7. jipan23 - July 3, 2012

Ternyata Cuma membahas Honda vs Yamaha saja.. memang paling seru mereka ber2

8. nubi - July 3, 2012

Nice info

9. penikmat otomotif - July 3, 2012

10 besarlah

10. Q-chinx - July 3, 2012

Nandur kembang ae…

11. LPKI JATENG - July 3, 2012

wew………………………………………….. :mrgreen:

12. Q-chinx - July 3, 2012

Lumayan dpt Poin dikit…

13. kuli korea anti indihe - July 3, 2012

Mantafff

14. -=[ EXYBAND ]=- - July 3, 2012

berat kayaknya kang..
lha wong ganti stripping aja harganya bisa naik hampir 1 jt kok.

*sambil lirik Kebo Giro

EISCELL - July 3, 2012

itulah namanya strategy dagang bro…awalnya kasih harga murah dulu..

blade-in - July 3, 2012

Ngelirik CBR 150 dan CBR 150 livery Repsol

kenthoet - July 3, 2012
15. in - July 3, 2012

akan dibawa kemanakah..motor lengserannya ?

16. frkun - July 3, 2012

semoga saja bisa :)

17. cyberoader - July 3, 2012

tuh kan kaga ada pic new blade, mas Haji aja malu nampilin new blade, wkwkwkwk

18. frkun - July 3, 2012
19. Prant - July 3, 2012

Absen aja ah sambil menyimak…

20. -=[ EXYBAND ]=- - July 3, 2012

kesalahan Yamaha terlalu pede membaderol produk sebelumnya.
jd serba salah kan sekarang..???
seumpama dibaderol tetep spt Jupi karbu (14.85 jt), akan jd santapan empuk Blade FI.
perkiraan ane Blade FI+RDB akan dibaderol kurang dari 14.5 jt.
sedangkan Jupi Z1 mau dibaderol tetep juga masih aja tromol.

EISCELL - July 3, 2012

jangan salah ini salah satu strategy pricing… waktu facelift stripping dinaikin dulu harganya biar saat muncul injeksi nambah dikit atau mlh blk le harga lama… menurutku disinyalir harga z1 berkisar 14.5

gunawanspurs - July 3, 2012

strategi pricing yg GOBLOGG, memberikan peluang bagi Honda utk masuk merusak market share Jupi Z yg tadinya begitu solid di pasar bebek mid range. Sekarang maju kena mundur jg kena, akhirnya ancur deh market sharenya (new Blade ane lihat semakin banyak aja d jalan dbanding JupiZ).

New JupiZ, motor nggak genah, harga overpriced, fitur2 terbatas, cma mengandalkan refresh bodi yg malah terkesan lebayyy overdone. Mesin malah tambah dodolz dibanding generasi sebelumnya yg begitu legendaris. Bener2 blunder besar dari YIMM.

GrandV - July 3, 2012

Hal yang sama terjadi di Honda dengan PCX-125, buktinya, PCX-150 dibandrol cuma naik 1 juta… padahal di negara asalnya selisih 5 juta…

21. Champretz - July 3, 2012

Kata warung gold machine…strateginya memang mirip2…bedanya genius dan cuma luck saja…

22. Cah Nglegok - July 3, 2012

absen….

23. EISCELL - July 3, 2012

mungkin saja dipakai strategy pricing byson n vixion… PAKE SUBSIDI…1 smp 2JUTA.. rakyat kita khan demen bgt yg namanya subsidi… LPG.PREMIUM.. LISTRIK…sampe motorpun musti subsidi

24. yudha depp - July 3, 2012
25. Nofgi - July 3, 2012
26. wilwil - July 3, 2012

good

27. tedted - July 3, 2012

masa jupiter z sdh berakhir…
kalo bebek orang lebih pilih yang murah sekalian
kalo sdh angka 15 jtan, skalian pilih matik midle preemium…( gak enak mau sebut vario 125)

28. monde - July 3, 2012

Bocoran

29. Penasaran Z1 - July 3, 2012

Penasaran ama bentuk full bodinya Z1. Moga cepet brojol & ga pake lama. Plus ditunggu test ridenya.

30. arston - July 3, 2012

yg bahaya tuh….klo tecknologi mumpuni tp designnya mlh makin jelek……..krn konsumen juga senang dgn motor yg enak dipandang…..

31. abdoe_maggi - July 3, 2012

Z1 vs new blade injeksi

32. Cepz - July 3, 2012

Bagusan mio cw desainnya,,,,, mio je aneh… Pating PEcothot :D
wkwkwkwkwkwkwkwk

http://hnbisri.wordpress.com/2012/07/02/bulan-juli-coy-pilih-tunggangan-buat-mudik-yuk/

33. kopel29 - July 3, 2012

yang pasti persaingan antara honda-yamaha semakin sengit.. sy pribadi semakin banyak pilihan produk semakin bingung milih..

34. vanmuseerz - July 3, 2012
35. TJAH ILANK - July 3, 2012

hebat banget bila harga jupi Z1 lebih murah dr jupi Z, bisa jadi..

36. purbanta - July 3, 2012

Jupiter Z1 113 cc akan jadi santapan empuk Blade PGM Fi.

37. ncex - July 3, 2012

kayaknya new pikson juga sama nasibnya kayak yg dulu2 (blade vs jupiter, mio vs beat, xeon vs vario 125)

38. bapakeVALKYLA - July 3, 2012

untuk diganti sama produk yg lebih berkualitas gak masalah sih..

http://valkyla1723.wordpress.com/2012/07/01/ganti-sendiri-bohlam-speedometer-megapro/

39. ipanase - July 3, 2012
40. kalimalang rider - July 3, 2012

moga2 olnyu piksen pake karbu gambot :D

41. Yadi Arcadia - July 3, 2012

yang saya rasa – beli motor roda dua jaman sekarang – setelah 1 s/d3 tahun GANTI baru, ngga seperti jaman tahun 2000 kebawah :-)
sekarang motor2nya lebih terasa seperti memainkan di “cangkang” IMHO lho

42. Yadi Arcadia - July 3, 2012

hmmm….seandainya CC nya jadi 125 injeksi dan diasil….

43. kasamago - July 3, 2012

produk pengganti emang hrs lebih baik dr pd produk lama.. hukum pasar.

44. orderdesign - July 4, 2012

Semoga bukan hanya teknologi dan fitur pelengkapnya, namun diharapkan tampilan desain akan mengalami perubahan. Karena dirasakan desain lama lebih menunjukkan aura sport yang ditonjolkan daripada yang baru. :-) http://orderdesign.wordpress.com

45. dikkiy - July 4, 2012

akan dibawa kemanakah..motor lengserannya ?

46. mas mu - July 6, 2012

dari ulasan mas brader nampaknya suksesi ala ahm cenderung mulus sukses yaa

47. wawan - November 5, 2012

Suka sih sama perkmbangan tekhnologi…tapi..yang baru modelnya harus lebih bagus dari yang lama…dong.masak yang baru modelnya kok kayak robot…



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: