Bro sekalian, semester pertama 2012 ditutup dengan manis oleh AHM selaku APM roda dua merk Honda di Indonesia. Walaupun secara jumlah, Pangsa sepeda motor total menurun  sebanyak 8,7 % dari 4.056.075 unit di tahn 2011 menjedi 3.702.354 unit di tahun 2012 ini .. . yap emang indiustri otomotif mengalami beberapa hambatas teknis-on teknis di semester awal 2012 ini. Namun Honda secara pangsa pasar menguasai 56,8% dari jumlah total 3.702.354 unit . . .

Kenyataan ini membuat Honda unggul market share sebanyak dua puluhan persen atau sekitar enam ratusan unit dari seteru terdekatnya Yamaha yang mengantongi pangsa pasar  35 persen-an lalu Suzuki 6 -an persen , Kawasaki hampir dua persen dan TVS paling buncit dengan di bawah 0,5 % . . . terlihat suzuki masih kukuh di 6 persen bro . . .terakhir juga ada varian barunya yakni nex karbu dan Nex FI

Yang patut di perhatikan oleh kita adalah  mentengnya prestasi Honda meraih pangsa pasar skutik . . . sampai ke angka 64,7% atau angka penjualan 1.409.337 unit bro !! nilai ini melonjak 31,1% dibandingkan dengan periode yang sama 2011 . . . kenapa tmcblog tertarik menganalisa? karena Honda baru menggeliatkan segmen Mid end dengan vario 125 dan segmen premium denan PCX 150 . . .  di segmen skutik Low-end yang biasanya merupakan Back bone penting market yang digawangi Honda Beat, Honda Spacy, Honda Spacy FI, Honda scoopy AHM belum terlihat begitu jor joran . . . beat belom keluar versi Injeksinya . . . Begitu pula juga dengan scoopy . . . hmmm kira kira apa yang terjadi yah jika keduanya keluar versi skutiknya? jadi kira Kira meroketnya market share ini dikarenakan apa bro? keberhasilan serangan gabungan? atau yang lain . .. monggo di share

Taufik of BuitenZorg

89 COMMENTS

  1. “hmmm kira kira apa yang terjadi yah jika keduanya keluar versi skutiknya? ”
    ===================================================
    mungkin versi injeksi maksudnya ya kang??

  2. sebenernya bukan hanya mindset aja

    tapi terlihat dari 3S honda yang lebih banyak beserakan ampe plosok2 daerah. jadi inget pas kemaren ke Natuna dealer motor yg bagus cmn ada honda aja…

    kualitas service juga ga jauh beda di kota besar. tempat nyaman, pelayanan cepat.. barang juga indent paling lama 2 minggu…

    salut sama Ahass service dari Ahm..

    • benul eh betul gan. makanya ane sabar menunggu beat injeksi nongol. karena motor ane buat seumur hidup, bukan cuma setahun dua tahun. 3S Honda paling top.

  3. hebat honda langsung mencaplok kue skutik yg tadinya di pegang Yamaha bertahun2..

    cmn butuh setahun langsung sapu bersih dgn kenaikan 31% … fantastik banget angkanya.. kalo diliat secara ekonomi angka segitu progresif signifikan banget. tinggi lonjakannya..

    untuk pasar sport seperti tiger jg keknya tetep laku aja ya hasil dr blogwalking dan dari baca2 inet. padahal mesin kanzen 200cc itu mesin generasi tua..

    scorpio yg notabene gen baru dan unggul baik dari speed dan akselrasi tak kuasa mengejar tiger yg dijual lebih mahal.. kalo nyari value jelas menang scorpio..

    konsumen sepertinya lebih nyari faktor aman ..
    bisa jadi karena 3S dan kenyataannya brand honda lebih gampang dijual bekasnya pdhl harga bekas brand honda lebih tinggi dr pasaran bekas motor dari brand lain.. stabil lagi dgn depresiasi harga yg tidak merosot jatuh terlalu jauh dari harga baru..

    kemudian tren mulai terjadi juga di cbr 250.. tahun lalu pasaran sekennya drop banget harga jual sekennya.. skrg nyari honda cbr250 seken agak tinggi harganya dan bertahan agak lama.. pantauan saya sederhana krn kmaren bantu2 temen nyari cbr250 seken diforum sprti kaskus, cbrclub indonesia dsb.. di pos kota jg samimawon.. pada tinggi2 naro harganya..

    unik memang behaviour dari konsumen yg memilih honda

  4. kalo melihat dari manajemen tampaknya faktor2 dibawah telah terpenuhi yaitu:

    1. Kualitas produk, pelanggan puas kalau setelah membeli dan menggunakan produk tsb. Kualitas produk mencakup teknologi. Semakin baru dan semakin value nilai teknologi tsb maka akan semakin dicari.
    2. Harga, untuk pelanggan yang sensitive, biasanya harga murah adalah sumber kepuasan yang penting karena pelanggan akan mendapatkan value for money yang tinggi. harga bisa dari beli baru atau pada saat menjual kembali. konsumen biasanya nyari produk dgn harga murah dgn depresiasi harga yg tidak jatuh terlalu jauh dari harga jual dealer. apalagi kalo stabil tidak fluktuatif nilai jual kembalinya.
    3. Service quality, kepuasan terhadap kualitas pelayanan biasanya sulit ditiru. Kualitas pelayanan merupakan driver yang mempunyai banyak dimensi, seperti kecepatan, jaminan (ketersedian suku cadang dan garansi), tempat dsb
    4. Emotional Factor, pelanggan akan merasa puas (bangga) karena adanya emosional value yang diberikan oleh brand dari produk tersebut.
    5. Biaya dan kemudahan, pelanggan akan semakin puas apabila jangkauan capaian relative mudah, nyaman dan efisien dalam mendapatkan produk atau pelayanan.
    6. Komunikasi seperti promo dan menjalin ikatan dengan konsumen. seperti membuat komunitas dan tampaknya honda jagonya dalam memelihara konsumennya melalui event dan komunitas skala besar.

  5. bodo amat motor2 bdari brand lain jargonnya lebih kenceng drpda motor honda. dijalan raya yg macet kok nyari kenceng.. memangnya hidup gw lbh banyak dihabiskan buat mbalap or nyirkuit?

    yang penting selama gw naik brand2 honda paling nyaman. mo nyari bengkel udh kek atm bca.. betabur dimana2.. rusak ga masalah spare partnya. indent ga pernah lama.. malah jarang indent spare part lagi..

    mo dijual harga sekennya msh lbh tinggi drpda brand dr motor lain.. stabil pula..

    hiburan lain honda sering menangan di motogp.. kawasaki ninja? apa itu? motor apa becak? kalo kenceng ya buktiin dong.. di irs masa kalah ma 1 silinder..
    nyari kendaraan itu yg pasti2 ajah… hondalah

    • perbedaan HP (horse power) pada kendaraan baik itu mobil or motor untuk dijalan raya perkotaan tidak akan pernah menunjukan angka signifikan,,,

      kecuali di adu disirkuit,, bawa ninja 250 vs bawa Revo 110 dikota ga bakalan beda jauh,, malah bisa lebih cepet nyampe make bebek karena lebih ringan, lebih lincah buat selap selip sehingga akselerasi lebih baik..
      semuanya itu karena faktor power to ratio..

      kan itu fungsi utama nyari kendaraan.. mana yg plg tinggi valuenya? yang cepet nyampe tujuan dengan aman dan nyaman disamping kebanggaan thd suatu brand seperti honda..

      aman karena bengkel resmi honda banyak dan nyaman sesuai dgn yg telah bro2 diatas sebutkan

      psikologis brand honda lebih kuat kekonsumen2 indonesia drpda brand lain.
      jadi mau bagaimanapun inovasi dan nilai jual di promosikan oleh brand lain tetep aja ga akan bergeming dari honda..

    • iya emang aneh indonesia nih
      adu kebut2an pas lampu merah
      mbalapan kok ga disirkuit resmi?

      udah duit ga dapet malah kebuang sia2 (bensin, tabrakan, dsb)
      malah nyawa terancam setiap saat …

      balapan liar dijalan raya = pencapaian prestasi semu

    • bener gan. beli motor cari yang 3S nya terjamin, gak nyusahin, spare part nya banyak tersedia, bengkelnya bertaburan se- Indonesia. aksesorisnya juga banyak. Honda terbukti komitmennya.

    • Hahaha ntar klo ninja yg baru dah keluar. ..pasar Sport pasti kena kawasaki..kkkkkkk
      —————————————————————————
      argumen seperti ini sifatnya asumsi bukan dari data valid

      kalo mo bicara data valid itu:

      1. Kawasaki dari dulu ga pernah 3 besar..
      2. 2% itu angka pasti kalo konsumen ga ngelirik kawasaki
      3. kawasaki tidak pernah mencapai market share diatas suzuki. kek gitu kok mau lawan Honda.. masih ada Yamaha dibawah Honda.. Dibawahnya suzuki

      yang dilihat orang itu hasil akhir secara makro.. kumulatif

      masa kamu lebih suka melihat nilai IP kamu dari indeks prestasi sementara daripada indeks prestasi kumulatif?

    • Nggak perlu dibanggakan product Kawasaki. Anda claim sport Kawasaki? Kawasaki memble dalam race lokal dan internasional. Kawasaki model boleh sport tapi aktual race nggak nunjukkan sportnya.

  6. Dikarenakan kayanya banyak dealer Honda kang haji 🙂 IMHO
    juga gencarnya blogger kaya kang haji memberitakan 🙂

  7. Sebenarnya modal utama Honda adalah image alias citra positif yang mengakar kuat di benak orang-orang Indonesia secara turun temurun. Itu yang membutakan mata mereka dan membuat segala kekurangan dan kelemahannya dimaklumi. Persis seperti murid yang image-nya bagus dan biasanya dapat nilai tinggi. Nah, kalau suatu ketika nilai ujiannya jeblog pasti sang guru akan mengatrol nilainya biar nggak terlalu njomplang dengan nilai-nilai sebelumnya.

    Untuk mengubah citra perlu perjuangan yang ekstra keras dan prestasi yang benar-benar hebat dan mencengangkan. Pokoknya harus amazing lah. Dan untuk meruntuhkan citra yang bagus diperlukan kesalahan super besar n fatal yang benar-benar tidak bisa dimaafkan.

    Sementara orang Indonesia pada umumnya menomor satukan citra alias brand image. Maka produk yang paling laku tentu saja adalah produk dengan citra terbaik. Lha wong calon pemimpin yang paling laku di Pemilu adalah orang dengan politik pencitraan terbaik. Yang namanya citra itu ya hanya bermain di alam hayal saja. Karena citra yang baik itu sesungguhnya hanya “seolah-olah baik”. Padahal faktanya belum tentu sama. Buktinya banyak pemimpin dengan citra terbaik justru memiliki kinerja yang jauh dari memuaskan.

    Publik baru disebut pintar dan cerdas kalau tidak termakan oleh citra….. Setuju????

    • Kayaknya sih gak sekedar “brand-image” aja sih, cos IMHO, product-quality-nya pun gak mengecewakan.

      Pengalaman saya, dulu Grand (dikasih bokap) 1996 sampe 2010 (dijual masih laku 2jt), bisa dibilang hampir tanpa masalah. 2007 beli Vario sampe skrg pun gak ada masalah.

      speed ? saya pake buat komuter di jakarta kok
      teknologi ? serahkan itu sama mekanik, saya taunya bawa, isi bensin n gak rewel
      bodi getar ? itu emang kejadian di batok Grand entah di bebek skrg, tapi Vario udah pake 5th (46rb km) blon ada yg getar.
      design ? gw suka yg model elegan, n Honda pas banget

    • ho oh… dan faktanya memang begitu…

      gak usah jauh2lah perbandingan antara nex vs beat,… dari sisi tampang oke…

      tapi yang jadi masalah adalah iritnya + brand nya…
      asumsi orang beat itu irit karen Honda… kalo Suzuki pasti boros…

      gw kasih tw nex irit eh malah dibilang, kalo nex kan suzuki pak, kalo beat kan Honda…

      ya gitu deh…

      :mrgreen:

      • gitu ya om roy..btw hnd bisa menanamkan image irit sepeti itu bukan cuma bikin candi semalem jadi, bukan hanya membalikkan telapak tangan, bukan hanya koar koar di tv kayak politikus, butuh kerja keras sekaligus pembuktian, toh orang udh merasakan dan udh membuktikan dan memang hasilnya seperti ini…….so what gitu loh?

  8. Serangan gabungan tentu sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran produk, namun yang sangat signifikan adalah strategi penempatan image terkait ide – ide strategi pemasaran yang diterapkan honda terhadap masyarakat sangat bagus. Diantaranya seperti tersedianya servis bengkel resmi yang merata hingga tampilan desain yang di buat pabrikan ini dirasa cukup diminati para konsumen. 🙂 http://orderdesign.wordpress.com

  9. tingkatkan kualitas.. jadiin bahan guyonan/cacian fansboy seberang buat ningkatin kualitas .. sok wani teu AHM??

  10. ya jelas donk so pasti honda lah,mau smester brapa juga pasti nya honda bakal memimpin market share nya penjualan deh

  11. Analisa pribadi sy, tatkala Yamaha naik daun di medio pertengahan sampai akhir 2000-an (2004-2009), Market Share naik terus smpai hampir menyamai Honda, mereka sukses krn berinovasi dgn giat meluncurkan produk2 yg direspon hangat pasar (Jupi Z series, Jupi MX, Vixion, matic Jepun pertama d sini), dgn pricing yg masuk akal, value bagus.

    Tp di kala puncak keemasannya (2008-2009) malah jadi stagnan, berbalik mengikuti pola pesaing yg cma doyan gonta-ganti stripping. Di lain fihak, sang pesaing MENYADARI posisi dia yg terlalu stagnan shg mulai berbenah & mengeluarkan inovasi2 nya (spt mesin EFT 110 yg sukses di RevA & New Blade, matic2 dgn watercooling).

    Hal ini, sptnya karena YAMAHA INDONESIA dijadikan sapi perahan oleh prinsipal Jepun nya saat badai krisis moneter dunia terjadi di medio 2008-2010, hanya dikeruk spy bisa max profit tanpa RnD yg berarti. Yamaha mmg keliatan gamang sekali di periode tsb, berlainan dgn Honda yg lebih stabil sales nya di dunia.

    Kebalikannya, AHM malah inves & RnD gede2an, didukung oleh sinergi dgn perwakilan2 Honda se ASEAN (esp. Thailand), menciptakan total football yg panen gol nya mulai dirasakan dari 2010 akhir-2012 ini, trend market share berhasil dibalikkan, kembali ke posisi yg dominan.

    Kalo Yamaha ga sadar2 juga, ane yakin Honda akan terus nambah market share smpai level tahun 90-an yg bisa sekitar 2/3 total market.

  12. “…beat belom keluar versi Injeksinya . . . Begitu pula juga dengan scoopy . . . hmmm kira kira apa yang terjadi yah jika keduanya keluar versi skutiknya?…”

    Lhah, emange beat dan scoopy bukan skutik masbro haji??

  13. Image Honda emang dari dulu udah oke! sepeda motor ya Honda…mo ditanya ke orang tua kite dulu juga mereka taunya ya Honda…terbukti irit dari jaman dahulu dan sekarang juga model2 keluaran honda udah ngikutin jaman banget…
    wlopun harus nunggu indent, pasti konsumen rela deh,,karena kualitas emang ga bisa bohong!!! motor keren + kualitas bagus ya Honda 🙂
    #SalamSelaluDiDepan #OneHEART.

  14. Image Honda emang udah top markotop!! jadi mo muncul model baru dengan merk bukan Honda, kayaknya blum bisa menggerus ketenaran si sayap mengepak ini..dari dulu sampe sekarang,semua orang taunya ya sepeda motor = HONDA.
    konsumen rela untuk nunggu indent sepeda motor Honda karena mereka tau, kualitas sepeda motor yang mereka tunggu itu JUARA!!

    salute buat #OneHEART.

    • banyak permintaan tapi suplai dibatasi ahm..
      cbr250 jg sama kok bro..

      apalagi nyari yg silver.. ampun susahnya..

  15. salut buat blog yg tetap fair menampilkan berita ini, karena ini adalah data yg suka atau tidak suka, kita harus menelannya. btw ada ga ya blog motor yg belum menampilkan berita ini???

  16. Tidak mengherankan jika melihat betapa concern-nya pabrikan Honda dalam mengeluarkan strateginya..Produk2 baru berkualitas ditambah dengan after sales yang mumpuni harusnya menjadi ujung tombak yang menjadikan Honda sbg market leader sepeda motor…Layak ditiru sptnya…

  17. honda irit drmn coy? 11-12 aja blagu, itu jg kadang honda yg 11. mau tau honda bs ky gini? Banyk varian, cb kl jmlhnya sm ky Yamaha ga kan sprti ini pasti dbwh Yamaha, sukanya ngjiplak Yamaha, pabriknya banyk, salesnya bnyk n pinter boong. pdhal motornya jelek2, ga enak dilihat, kualitas=mocin, makenya jg malu2in. bokap gw aja pake Yamaha, dikasih honda ga mau. gmn?

    • itu kan bokapmu yang gamau
      dan menurutmu motornya jelek2, ga enak dilihat, kualitas=mocin, makenya jg malu2in
      tapi..
      kita lihat faktanya saja lah ,
      banyak motor Honda berseliweran di jalan tuh :p

  18. honda top markotop ,, penjualan yang meningkat dan mempertahankan kualitas , mampu merubah image dan menjadikan bahwa matic itu honda ,..
    hehehe….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here