Bro sekalian,  Kendaraan bertenaga listrik merupakan suatu jawaban akan potensi makin menipisnya kandungan bahan bakar hidrokarbon yang berasal dari fosil . ..  nahh, motor pun begitu pula adanya . . . ternyata pabrikan pabrikan sudah pula memnyiapkan platform Motor dengan tenaga listrik . . . dan bahkan motor balap tenaga listrik pun sudah banyak ditemui di negri negri sebrang . . . Via hasil ngubek ngubek situs paten, tmcblog menemukan beberapa gambar cetak biru Sepeda Motor Listrik bergenre skutik dan bebek (cub) dari pabrikan sayap kepak yang bertenaga listrik

Uniknya dari gambar gambar yang tmcblog temukan , ternyata menggunakan basis motor yang sudah tidak terlihat asing di Indonesia . . . untuk motor bebek, terlihat sosok yang miip Honda SUpra X 125 dan untuk Platform Motor Skutik terlihat seperti Skutik Honda SPacy.

Memang seharusnya pabrikan sudah mulai mempersiapkan platform motor listrik ini, karena kehabisan sumberdaya bbm Fosil yang tidak bisa/ama untuk diperbaharui adalah suatu keniscayaan. Lagi pula tenaga listrik kan lebih bersahabat sama emisi udara . .. bukan begitu?

Taufik of BuitenZorg

110 COMMENTS

  1. ah… listriik sih ngomongnya…
    Kalo negara berkembang kaya Indonesia pake kendaraan listrik, ane jamin motornya ilang pas lagi di charge di jalan…

    listrik kita aja kebanyakan buat pake mesin diesel, kalo mau dibilang nuklir murah, Indonesia belom mampu merawat tapi cuman mampu buat itu bahaya, belom lagi ada tekanan dsari negara kaya Amrik, bisa mirip Iran nnti kejadiaannya ato kaya jepang karena kita negara pertemuan lempeng banyak gempa…

    Intinya tuh listrik gk bisa menjawab kebutuhan Indonesia, listrik aja bisa padam sendiri masih berani buat kendaraan listrik, bisa2 mati terus kekuranan listrik

    Guest
    • terus kita harus jalan di tempat ya masbro?
      segala sesuatu itu ada resikonya, tnggal kita yg manage riskny..
      kcuali soal nuklir, ane jg gk stju.. 😀

      Guest
    • pembangkit nuklir bikin aja di bangka, belitung atau kalimantan, pulau yang aman dari bencana alam. Gak usah takut sama teknologi. Jepang aja yang rawan bencana bisa pake nuklir. Indonesia banyak tenaga ahli dan oran pintar.

      Guest
  2. Menurutku sih keterbatasan bbm itu kan permainan para mafia bbm.. Nih logikanya, disaat kita disuruh berhemat, eh pemerintah malah beli toyota camry yg harganya 1M.. Padahal malaysia aja pake mobil jadul. Seharusnya para mereka itu yg perlu diberi mobil listrik lebih dulu sbg contoh yg baik. Kalo motor kan kesannya rakyat dulu yg suruh pakai.. Paradox memang.
    But anyway Kang, nice article

    Guest
  3. mantaaaaabbbbhhhhhh….

    tp kalo serba pake listrik bisa2 tiap hari lampu rumah BYAR PET…..

    Wkwkwkwk…

    blm lg nanti tarif dasar listrik naik…

    mbok ganti motor tenaga angin gitu kang….

    ato motor tenaga panas gitu kang…..

    #khayalan tingkat rendah

    Guest
  4. Yg jelas tempat parkiran harus ada fasilitas charge yg aman biar gak korslet ama pulsa listrik dicolong orang.

    Guest
  5. Nantinya Pertamina cuma jualan Gas dalam tabung.
    Pom bensin di gusur oleh PLN yang jualan stroom dalam box (accu),
    Tiap dua, tiga, empat jam berkendara ngantri di PLN buat nuker accu lowbat. 🙄

    Guest
  6. Menurut saya motor/mobil listrik itu cuma memindahkan polusi.. tadinya bahan bakar dibakar ditubuh kendaraan sehingga gas buangnya melayang di jalan-jalan nah dengan mobil listrik bahan bakarnya dibakar di pusat-pusat pembangkit listrik dan gas buangnya disekitar pembangkit saja.. Mobil/motor listrik tapi pembangkit listriknya ga pakai energi terbarukan atau nuklir adalah bukan solusi sesungguhnya.. apalagi diluar jawa masih banyak pembangkit listrik pakai BBM.. saya lebih setuju motor/mobil tetep pakai BBM, biaya untuk riset motor/mobil listrik dialihkan saja ke riset bahan bakar nabati sehingga bisa diproduksi massal dan mencapai nilai keekonomiannya.. kemarin sempat gencar penanaman pohon jarak mana kelanjutannya?

    Guest
    • bnr jg kl soal bahan bakar nabati..
      tapi kmrin ane smpet denger menteri BUMN kita bilang kl ada energi listrik yg terbuang pada saat malam hari pdhal ada cost yg harus di keluarkan wlpn listrik yg di produksi PLN itu tidak terpakai oleh konsumen, olh sbb itu menteri BUMN menggalakkan kendaraan listrik dgn harapan pada saat malam hari energi yg kmrin mubadzir itu bisa di manfaatkan dgn mengcharge kendaraan listrik..

      Guest
  7. padahal listrik di daerah q sering listrik padam sampe setengah hari dan itu sebulan bisa 4 kali….lha pas listrik nya udah habis n listrik padam apa ga judeg tujuh kali putaran dan 100 kali belokan tu??!!

    kalo bahan bakar air sekarang lagi musim kemarau,,bisa2 air lebih mahal daripada bensin…..

    eh ngemeng2 lisrtiknya seliter barapa yak??dpt subsidi dari pemerintah ga yak??

    Guest
  8. Intinya tuh listrik gk bisa menjawab kebutuhan Indonesia, listrik aja bisa padam sendiri masih berani buat kendaraan listrik,

    Guest
  9. smga bisa di realisasikan dan sejalan dgn pemerintah untuk mengganti bahan bakar fosil dgn energi listrik yg lebih murah n tidak merusak lingkungan.. honda sdah lebih dulu mempersiapkan hal ini, super sekali.. :p

    Guest
  10. Semoga saja terealisasikan.. dan pabrikan pertama yg ngeluncurin adalah HONDAAAAAAAAA…. 😀 Tapi mesti didukung juga ama pemerintah, yaah misalnya kalo udah ada motor listriknya, yaa pemerintah nyediain tempat semacam spbu gt, buat ngecas accu nya.. kalo bisa sih free yaa.. *ngarep 😀
    FBH udah ancang2 nih kayaknya, semoga yaa…

    Guest
  11. di tempat ane udah banyak mocin (skutik) listrik berkeliaran…, tapi banyak yang ga punya SIM…, entah kenapa…, mungkin dianggepnya sepeda listrik ya???

    Guest
  12. sebenarnya sekitar tahun 90an, Piaggio pernah membuat sepeda motor dengan tenaga batre yang penggeraknya dengan dinamo. transmisinya matik.

    dulu saya pernah dapat/dikirimi gambarnya oleh pihak piaggio itali, tapi sekarang entah kemana gambar itu. tapi yang jelas ada, saya cari dulu. nanti kalau sudah ketemu, bang haji saya kasih gambarnya.

    sebenarnya saya sudah memikirkan hal ini dan untuk rencana “kelinci percobaan” saya gunakan Nouvo Z. Saya bingungnya mencari dinamo yang sesuai dengan ukurannya.

    Lumayan.. bisa ngirit….. ^_^

    Guest
  13. Tahun 90an Piaggio pernah membuat Sepeda Motor Listrik dengan pnggerak dinamo dan transmisi matik.

    Dulu saya pernah dikiri/dapat gambarnya dari Piaggio Italia, tapi entah hilang kemana.

    Dan saya perhah juga punya niat untuk merubah motor saya Nouvo Z menggunakan dinamo. Cuma, untuk mencari dinamo yang pas sangat sulit sekali……..

    Guest
  14. Tahun 90an Piaggio pernah membuat Sepeda Motor Listrik dengan pnggerak dinamo dan transmisi matik.

    Dulu saya pernah dikiri/dapat gambarnya dari Piaggio Italia, tapi entah hilang kemana.

    Dan saya perhah juga punya niat untuk merubah motor saya Nouvo Z menggunakan dinamo. Cuma, untuk mencari dinamo yang pas sangat sulit sekali……..

    Guest
  15. IMHO yang bebek mirip supra fit deh om, secara supra x 125 kan lampu sein-nya di tebeng bukan di kepala, lampu belakang juga mirip supra fit..

    Guest
  16. ga cuma focus dgn injeksi, honda udh mulai berfkr jauh kedpn, luaarrrr biasaaaaa….
    salam wanhart aja deh bro 😀

    Guest
  17. waahh boleh juga tuh…! BBM juga kan blom tentu selalu ada, entah ada masanya kekurangan bahkan kehabisan sumberdaya bbm Fosil nantinya. hhhmmm Briliant dah kalau dah bisa di aplikasikan untuk kegiatan sehari2 yang makin bersahabat dengan emisi gas buang. ^_^ lanjutkan HONDA

    Guest
  18. motor listrik tetep gak ramah lingkungan, soale listriknya dari rumah, listrik rumah dari pln, pln pake bahan bakar minyak.Jadi cuma konversi energi minyak bumi ke listrik doang wkwkwk

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here