jump to navigation

Berkah Sedekah September 7, 2012

Posted by Taufik TMCBlog in : Ngaji di Blog , trackback

Bro sekalian, ini adalah repost yang saya ketik sendiri dari artikel Kolom Hikmah Koran Republika Pagi ini. Diceritakan dalah KitabAn Nawadir karya Ahmad Syihabddin Bin Slamah Al Qalyubiy bahwa pada abad ke 12 (1118 M/797H) seorang Ulama Abdullah ibnu Mubarak berhenti di kota Kuffah Irak dalam upaya menuju Makkah untuk melaksanakan Ibadah Haji. Dlam perjalanannya di Kuffah Ia mendapati seorang wanita mencabuti bulu itik di tempat sampah, dalam hatinya ia yakin Itik tersebut sudah mati dan menjadi bangkai.

Ibnu Mubarak bertanya kepada sang wanita “Apakah itik ini bangkai atau sudah disembelih” dan sang wanita pun menjawab bahwa itik tersebut bangkai dan ia akan tetap mengambilnya untuk dimakan bersama keluarganya. Ibnu Mubarak pun mengingatkan bahwa Rasulullah mengharamkan daging bangkai untuk dimakan namuan sang wanita malah membentak dan menyuruhnya pergi meninggalkan nya. Setelah didesak barulah sang wanita menjelaskan bahwa hal itu terpaksa ia lakukan karena anaknya yang kecil kecil belum makan selama tiga hari terakhir.

Mendengar hal yang dituturkan sang Wanita, sontak Ibnu Mubarak mengambil seluruh perbekalan yang telah ia siapkan untuk berhaji baik itu Uang, pakaian, makanan, bahkan Keledai yang digunakan untuk mengangkut semua perbekalannya untuk berhaji di Baitullah diberikan semua kepada wanita itu. Karena perbekalan sudah tidak ada dan waktu haji telah lewat Ibnu Mubarak tinggal di kota Kuffah untuk sementara waktu dan baru pulang berberengan dengan rombongan haji yang pulang dari Makkah.

Sesampai nya di kotanya orang orang datang dan mengucapkan selamat karena telah menunaikan Ibadah Haji. Ibu Mubarak bingung dan berkata “Tahun ini aku tidak jadi naik Haji” namuan seseorang menegurnya ” subhanallah, bukannya aku telah menitipkan uangku kepada anda, lalu aku ambil kembali di Arafah” Orang yang lain berkata ” Bukan kah anda yang telah memberi minum di suatu tempat dulu? “ . . .dan masih banyak lagi, Ibnu mubarak pun tidak mengerti apa yang telah dikatakan orang orang yang pada intinya mereka telah bertemu dengan Abdullah ibnu Mubarak saat sedang menunaikan Ibadah Haji.

Kebingungan ini seakan terjawab ketika dalam suatu mimpinya Ibnu Mubarak mendengar suara gaib yang berkata ” Hai Abdullah, Sesungguhnya Allah telah menerima sedekahmu dan telah mengutus seorang malaikat menyerupai dirimu untuk melaksanakan ibadah haji sebagai ganti dirimu “  . . .subhanallah . . .  Kolom Hikmah Republika memberikan Kesimpulan intisari Ibrah bahwa tulisan ini seakan memberikan cermin bagi kita agar lebih mementingkan dan mendahulukan membantu orang yang membutuhkan uluran tangan ketimbang mengerjakan haji berkali kali, terlebih jika niatnya hanya untuk memuaskan nafsu semata . . . wallahu alam bi shawab

taufik of BuitenZorg

Comments»

1. gasspoll83 - September 7, 2012

amin

p200ns - September 7, 2012

numpang mzbro….

nitip dulu ah baru baca :mrgreen:
mumpung lagi senada postingannya hehe….

bark.me - September 7, 2012

Subhanallah.. :-)

2. banzuu - September 7, 2012

Wahid

3. ipanase - September 7, 2012

indahnya sedekah

4. ipanase - September 7, 2012
5. rizkiyupz - September 7, 2012

Subhanallah,,,Ikhlas karena Allah..

6. fitready - September 7, 2012

Hmm…

7. banzuu - September 7, 2012

Mantab kang artikelnya, semoga setiap hari jumat bisa ada artikel kayak gini terus. Hihihi

8. Abdi suhamdi - September 7, 2012

Subhanalloh…

9. Yugo - September 7, 2012

Subhanalloh, jika Alloh sudah berkehendak maka terjadilah.
Kun faya kun…

10. Ninjeritsu - September 7, 2012

makasih pencerahannya om taufik…

11. ismailov - September 7, 2012

MASHA ALLAH…

12. Nichoz Ahmad - September 7, 2012

subhanallah,,, keajaiban sedekah…

13. brigade jalan raya - September 7, 2012

Subbhanallah. Setuju bang. Itu lebih prioritas. Dan pahalanya bisa jadi lebih dari haji. Sungguh mulia dan damai hidup ini kalau saja semua orang seperti ibnu mubarok itu.

14. ayahnya adit - September 7, 2012

subhanallah… Artikel yg mencerahkan, kang Haji. Mesti rutin yg seperti ini nih..

15. Abdi suhamdi - September 7, 2012

Subhanalloh… Dia bersedekah tanpa mengharapkan imbalan dan Alloh memberi karuniaNya. Sangat beda dengan sekarang yang orang bersedekah sudah dikalkulasi untuk mendapatkan mobil, rumah, apartemen dll. Lihat saja ceramah seorang ustadz di tv.

restu priyandaru - September 7, 2012

like this

16. dimaz_13 - September 7, 2012

subhanallah…. ane juga pernah denger anjuran, lebih baik duit naik haji dibuat sedekah ke tetangga yg kurang mampu atau diberikan kesempatan orang yg ingin naik haji tapi belum mampu, dari pada dibuat naik haji untuk yg ke-2, 3, 4 dst

17. Sendal Jepit - September 7, 2012

Subhannallah …

18. briptu - September 7, 2012

matematika langit beda dengan matematika kita

salam Ganteng

19. keborider - September 7, 2012

Baarokallahu lii wa la kum..

20. suga - September 7, 2012

lakukanlah sesuatu hanya karena Allah dan jadikan Allah sebagai tujuan hidupmu

21. EISCELL - September 7, 2012

kuliah pagi…. makasih pencerahannya…

22. Kenunk - September 7, 2012

Subhanallah…mak nyeeeesssss…

23. Alfido™ - September 7, 2012

alhamdulillah, masih 100 besar

24. Danny - September 7, 2012

ane terharu membaca nya gak sadar mata ane basah…subhanallah terima kasih wak haji artikel nya….semoga amtum & kel.selalu di berkahi oleh Allah swt,Amin rarobbalalamin.

25. hah - September 7, 2012

subhanallah renungan yg sangat mengena bagi muslim yg sdh berhaji berkali2, marilah kita saling membantu sesama muslim untuk menunaikan rukun islam yg kelima:)

26. bachtiaryuan - September 7, 2012

alhamdulillah di hari jum’at pa haji nulis artikel islami juga…alhamdulillah,,,izin share pa..:)…http://bachtiaryuan.wordpress.com/2012/09/07/yamaha-byson-hanya-minor-changes/

27. onetent1 - September 7, 2012

Tul Om, padahal ibadah haji yg wajib cm saat pertama kali dikerjakan selanjutnya ibadah ke 2 dst menjadi ibadah sunnah. CMIIW

28. sean - September 7, 2012

Kalau di sekeliling rumah masih banyak yang membutuhkan uluran tangan, sementara seseorang memaksaan berangkat haji dan menghiraukan tetangganya tersebut, maka sia-sialah ibadah hajinya.

29. extensa86 - September 7, 2012

subhanallah.. smga kita bisa spt Ibnu Mubarak..

30. fudin_aja - September 7, 2012

penyegar di hari jumat,, dibuat rutin aja kang haji,.. seminggu sekali gitu

31. cah ndeso - September 7, 2012

subhanallah……….

kang haji artikel seperti ini lah yang saya tunggu sebagai selingan yg sangat menyentuh hati……

semoga kedepan ada lagi artikel yang lain….

32. GMC - September 7, 2012

Duit kita ada duitnya orang lain…

33. sabdho guparman - September 7, 2012

subhanallah . . .

keep brotherhood,

salam,

34. Indoreadermagz - September 7, 2012

Siapa yg menggerakkan hati Ibnu Mubarok utk menyerahkan bekalnya?
Siapa yg menggerakkan hati Kang Haji utk merepost artikel ini?

35. triazatmaza - September 7, 2012

bener, daripada naek haji berkali2 mending duitnya disumbangin aja
http://motorfreaks.wordpress.com/2012/09/07/ambil-sendiri-new-ninja-250-fi-di-dealer/

36. do2ldurian - September 7, 2012

sumpah ane merinding baca-nya kang…..

http://do2ldurian.wordpress.com/

37. Yadi Arcadia - September 7, 2012

Wallahualam, subhanalloh

38. adibarrosyid - September 7, 2012

subhanallah…suritauladan yang patut di contoh

39. FuadStuxnet - September 7, 2012

mantappp

40. masdiisya - September 7, 2012

daripada haji berkali-kali…jadi ingat sinetron tukang bubur the series nih hehehehehehe

41. Stop n' Go - September 7, 2012

Betul kang tauifik, lebih baik kita membantu saudara kita yang jauh lebih membutuhkan daripada kita melakukan ibadah haji berulang-ulang kali. Saya selalu heran terhadap orang yang lebih terobsesi melakukan ibadah haji lagi, lagi, dan lagi. sementara saudaranya membutuhkan uluran tangan. Ironi memang, karena biaya untuk menunaikan ibadah haji di negeri kita cukup besar.

42. Ariel - September 7, 2012

Kalo ada yg udah punya moge, daripada nambah koleksi lagi
saia siap koq menampung, kang haji :mrgreen:

43. Zourd - September 7, 2012

wallahu alam bi shawab
maha suci allah beserta umat-umatnya

44. jambronx2010 - September 7, 2012

setuju Om, daripada haji berkali kali tetapi ada tetangga yg kelaparan, mendingan haji sekali saja kalau masih ada uang buat sedekah atau umrah saja. Ibadah Haji katanya memang bikin kecanduan pengin lagi, lagi dan lagi… Nabi SAW saja haji cuma sekali dan lagian kasih kesempatan bagi muslim laginnya untuk berhaji karena keterbatasan kuota, kadang orang nunggu sampai 5 th untuk bisa naik haji. IMHO

Cah_Angon - September 8, 2012

kabar terakhir untuk naik haji harus antri 10 tahun, dibeberapa daerah bisa 14 th. tergantung kuota masing-masing provinsi juga.

45. psikotessesuatu - September 7, 2012

ADA gak yang Mau sedekahin motornya..??

46. Iqbal - September 7, 2012

Subhanallah..
sesungguhnya suatu kebaikan pasti akan membuahkan hasil yang lebih baik..

aminn…

47. Salim - September 7, 2012

insyaAllah..sedekah akan menghindarkan kita dari bencana :)

48. gatel - September 7, 2012

subhanaallah …..

49. tri - September 7, 2012

subkhanallah

50. syaffa - September 7, 2012

manfaat sedekah itu banyak banged,tidak ada orang miskin karna sedekah,karna 2,5 persen harta kita ya milik yang membutuhkan…semoga bermanfaat

51. Arc The montoya - September 7, 2012

merinding bacanya mas…..amin,,,,

52. Novian Agung - September 7, 2012

Subhanallah, gemetar saya bacanya…

53. prabowo90 - September 7, 2012

Subhanallah… mantep bang taufik

54. aku ki sopo - September 7, 2012

kira kira kang haji mau ga ya sedekahkan NININ? :-D kan dah ada mobil tuh… :-D
piss

55. fajarrosa - September 7, 2012

subhanallah..

56. Ricard 13 - September 7, 2012

ManTaP Om.!!
Motor Enduro buat Padang Pasir…

57. Hendra Super - September 7, 2012

mau “KAYA” sedekahlah!!! TERBUKTI AMPUH

58. smashrider - September 7, 2012

Mudah2an 4JJI SWT semakin banyak memberikan berkah dan rahmat pada kita2 yang ikhlas bersedakah dan berikhtiar dijalanNYA…..amiinn..

59. gothca - September 7, 2012

subhalannah…. memang SEDEKAH ga membuat kita MISKIN!!

60. Iwanzz - September 7, 2012

Sedekah itu dahsyat bgt!

61. my sun - September 7, 2012

seperti inilah yang harus org2 ekonomi tingkat atas tahu, bahwa Allah tidak menghilangkan harta kita yang telah kita berikan sebagai sedekah jika kita ikhlas, namun Allah akan menggantiNya dengan Hal lain yang lebih indah dan berlipat-lipat dari yang sudah kita berikan.

62. gembot - September 7, 2012

bahkan daripada haji berkali2 mending disedekahkan.. apalagi buat beli motor

#limaa taquluuna malaa taf’aluun

63. Fit supra bertaubat - September 7, 2012

Masya Allah…

64. Dide - September 7, 2012

subhanallah

65. asus - September 7, 2012

barokallahu fikum . . .

66. Retzu - September 7, 2012

Maha Besar Allah…
Bener kang,skrg haji 5x j belum tntu akhlaknya lbih baek dri seorang mukmin yg blum haji sma sx..

67. timbul - September 7, 2012

mbrebes mili :) joss

68. Kanggo - September 7, 2012

Kalau setiap hari rajin sedekah, entah berapa banyak ‘mimpi-mimpi’ yang tidak kita ketahui…Smg kita mkn srg sedekah.

69. win - September 7, 2012

mantep critanya

70. boshter1922 - September 7, 2012

kekuatan sebuah sedekah….

71. penthol - September 7, 2012

subhanallah artikel adem ayem tentrem..ngomong ngomong ada fby or fbh yg kasih sedekah ane motor gak nih…

72. orderdesign - September 7, 2012

Subhanallah, Sungguh iklas karena allah. Iklas dari dalam hati meskipun berat namun sungguh indah dari pada hal apapun jika kita bisa melakukannya.
https://orderdesign.wordpress.com

73. tebez - September 7, 2012

Keren ceritanya men, ane jadi merinding dan sedih sendiri, haha

Hen - September 7, 2012

sedih … tp koq “haha”

74. Cah Sumpiuh - September 7, 2012

Smoga seluruh amal perbuatan yang baik kita Ikhlas Lillahi Taala. Amien…

75. gogo - September 7, 2012

Subhanallah,,, Allahu akbar

76. dedi - September 7, 2012

Ijin copas pak toufik….

77. Juragan Rongsok - September 7, 2012
78. anton nugroho - September 8, 2012

jika kita berbaik sangka kepada orang yang naik haji berulang-kali, maka mungkin diantara penyebabnya adalah:
– merasa belum mantap, belum sempurna, dan masih banyak kekurangan dalam ibadah hajinya yang pertama.
– munculnya kerinduan yang sangat kuat untuk kembali ke tanah suci (jamaah haji sebelum pulang ke tanah air, biasanya juga berdoa untuk bisa kembali lagi lho).
– adanya amanah untuk menghajikan kerabatnya.

79. rachmat - September 8, 2012

semangat untuk berbagi

80. nesa - September 8, 2012

Saya 100% yakin hal baik yang Allah janjikan dalam sedekah cuman melihat apa yang terjadi saat ini..Apa mungkin orang sekarang berfikir spt itu mas.(realnya loh) bukan berprasangka buruk..maaf mudah mudahan saya salah. lha wong wis suwi ngumpolke dana wis kari budal haji.. kok malah ga jadi karena sedekah.. kira kira piye mass.. heheh

81. mbelgendes - September 8, 2012

wah wak kaji taopiq manteb, aku moco sampik mberebes mili.

82. Ade N - September 9, 2012

Sedekah adalah ibadah dan Ibnu mubarrak adalah ulama yg masyur akan kedermawanannya dan kezuhudannya. tapi keshahihan dari dari kisah ini harus dicermati lagi, apakah benar dari sanad yang diperacaya, karena banyak kisah2 palsu yang yang ternyata hanya dongeng belaka (dusta). dalam agama kita dilarang menyebarkan kebohongan walau dengan maksud baik agar manusia semangat bersedekah. masih banyak kisah2 teladan dari para sahabat dan tabi’in yang bisa kita jadikan contoh.

83. frandy - September 10, 2012

semoga besok saya bisa menunaikan ibadah haji ,, amin.,,

84. Jhon Speed - September 10, 2012

Subhanalloh.. Makasie mas Bro Share inspirasinya

85. dikkiy - September 12, 2012

Kolom Hikmah Republika memberikan Kesimpulan intisari Ibrah bahwa tulisan ini seakan memberikan cermin bagi kita agar lebih mementingkan dan mendahulukan membantu orang yang membutuhkan uluran tangan ketimbang mengerjakan haji berkali kali,

86. Anton S. Pramono - September 25, 2012

Ada cerita ketika terjadi bencana di Yogyakarta (gunung meletus), ada seseorang yang berniat sekali berhaji padahal kehidupannya sederhana. Dia mengumpulkan uang sedikit demi sedikit.
Namun Allah berkehendak lain, ketika terjadi musibah itu dia menampung sejumlah orang pengungsi di rumahnya dan memenuhi semua kebutuhan hidup mereka selama mengungsi itu dari tabungan yang akan digunakan untuk berhaji.
Seorang ustadz berkomentar, “Dia membangun rumah di syurga karena rumah di dunia ini digunakan untuk membantu orang yang membutuhkan. Bahkan dia sudah berhaji meskipun belum sedikitpun menginjakkan kakinya di tanah suci karena tabungan hajinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup orang yang membutuhkan.”

Semoga kerinduannya akan tanah suci dikabulkan oleh Allah, meskipun (mungkin) dia sudah “berhaji”.



%d bloggers like this: