Bro sekalian, Helm memiliki fungsi untuk melindungi organ vital manusia saat berkendara , Namun Jika benturan dirasa terlalu berat maka tetap bisa membuat kepala kita cidera sehingga salah satunya membuat kesadaran Hilang/pingsan. Nah ada satu alat sensor benturan bernama ICEdot yang bila di singkronisasi (pair) dengan ponsel maka alat ini dapat memberikan sinyal pemberitahuan kepada kontak kerabat kita baik berupa Telepon Pemberitahuan  Plus data Koordinat berdasarkan pengukuran GPS

Sistem Singkronisasi antara chipset ICEdot dengan Ponsel menggunakan BlueTooth Low Energy (BLE). Prosesnya adalah Chipset menerima informasi dari sensor gaya/tekanan akibat benturan, lalu informasi ini akan mengaktifkan Aplikasi ponsel untuk melakukan sistem hitung mundur selama 30 detik yang bisa dihentikan sebelum 30 detik. Bila selama 30 detik sistem tidak dihentikan maka baru sistem akan mengirim informasi kepada kontak yang dipiliht untuk memberitahukan keadaan darurat kita plus posisi koordinat yang diukur menggunakan GPS.

Kenapa ada jeda waktu 30 detik? ini dilakukan untuk mengetahui tingkat level Prioritas dari kejadian yang dialami. jeda ini juga berguna untuk kasus ketika misalnya helm terjatuh denganb sendirinya. Teknologi ini terbilang masih cukup mahal, sensor dan aplikasinya bisa tembus US $ 200 (sekitar 1,8 juta Rupiah) . . .menarik sih, namun bisakan harganya ditekan hingga bisa terjangkau?  . . . semoga berguna

taufik of buitenZorg

42 COMMENTS

  1. pertanyaannya kalau misalnya ponsel yg di kawinkan dengan alat itu rusak karena benturan / atau remuk, apa alat seharga 1,8jt nya masih berguna mengirim pesan darurat tanpa bantuan HP yg rusak itu ?
    kalo menurut saya selama alat itu masih butuh gadget lain untuk media penyampai pesan daruratnya / belum bisa mengirim pesan darurat secara langsung, belum layak untuk dipakai karena gk semua gadget tahan benturan n belum tentu jg yg punya gadget ada pulsanya buat ngirim pesan darurat itu.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here