jump to navigation

Mungkinkah Skutik Menggunakan VTEC? October 7, 2012

Posted by Taufik in : Honda, Ngoprek motor , trackback

Bro Sekalian, Tujuan awal tmcblog menulis penjelasan sedikit mengenai teknologi VTEC kemarin adalah sebagai jalan untuk mengupas kemungkinan penggunaannya di motor motor kecil. Seperti Kita Ketahui Yamaha Telah sukses membuat sistem Injeksi YMJET FI dimana ada jalur alternatif dalam sistem Intakenya dengan apa yang disebut assis Air Pasage dimana saat skutik digeber di posisi idle dan rpm rendah maka yang aktif untuk menyemburkan udara adalah  assis air passage  Ini dimaksudkan agar konsumsi bahan bakar di rpm rendah bisa diminimalisasi menjadi kecil. Baru setelah trotel dibejek kenceng, maka jalur udara yang digunakan adalah main air passage . . .  secara ide mirip sama teknologi VTEC

Seperti yang telah kita bahas kemarin di rpm rendah klep intake membuka lebih kecil dibanding saat kendaraan digeber kencang atau boleh dibilang saat rpm tinggi . . . Kalau YMJET FI menggunakan jalur udara intake, sedangkan VTEC menggunakan Variabel bukaan pada klep . . .

Kalau dilihat baik YMJET maupun VTEC tetap merupakan sistem yang mengetengahkan variasi asupan campuran udara-bbm . ..  cuma sudut alat penggunaannya saja yang berbeda yang satu konsern di jalur intake, sedangkan yang lain adalah gerakan klep.

Masalah Utama di Motor Skutik adalah ‘keborosannya’ di rpm rendah . .. karena motor ini memiliki karakteristik membutuhkan treshold rpm  tertentu baru bisa bergerak jalan . . . nah ide membuat skutik bisa irit tapi kencang memang berada pada point usaha untuk  mengefesienkan pembakaran pada rpm rendah . . . klop memang dengan ide VTEC, YMJET FI,dan Mungkin Sistem Klep variabel lainnya seperti VVTi dll . .

tmcblog berfikir bagaimana seandainya VTEC digunakan di Motor Skutik harian . . . yup memang teknologi itu ada harganya, tapi kalau dihadapkan di produk produksi massal tentu cost bisa ditekan bukan . ..  wong FI dan ABS aja sekarang bisa murah, mosok VTEC nggak ? .. .  apa lagi sudah menuju ke arah FI, semakin klop VTEC dipakai . . . Ide ini sebenarnya sudah pernah tmcblog lontarkan kepada GM Teknik AHM , dan ide ini pun diterima  . . . so . . . gimana kelanjutannya honda?

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. ipanase - October 7, 2012

o

frkun - October 7, 2012
NouvoZers - October 8, 2012

rawani rawanii…

masTer Samidi O_O - October 7, 2012

O juga bro….ni konsep modif Scorpio bro…
http://otodesain.net/konsep-modifikasi-super-motard-yamaha-scorpio/

jempol - October 7, 2012

mungkin..

jempol - October 7, 2012

nanti.

●○ qwerty ○● - October 7, 2012

mungkin aja pake vtec abal2.

*b@k@rr

ipanase - October 7, 2012
Who Art Thou - October 7, 2012

^ bwakakakak
canggihan fitur HI BRO kata fby

mariodevan - October 7, 2012
ranjang ternoda - October 7, 2012

bener tu ikut demo karna nasib atw solidaritas??? nyang jelas donk mas buat artikel.

2. ipanase - October 7, 2012
wiwi - October 8, 2012
3. Satriya Nurcahya - October 7, 2012

Joss

4. ipanase - October 7, 2012

mirip2 teknonya :D

5. ipanase - October 7, 2012
6. newbie bloger - October 7, 2012
7. Laskarjawa - October 7, 2012

Absen pagi

8. humadiatasbukit - October 7, 2012

mungkin,

9. addikusuma - October 7, 2012

page-one

10. erwinkrenbiz - October 7, 2012

harganya disinyalir meroket(mahhhaaaalllll)

●○ qwerty ○● - October 7, 2012

bisa murah kalo pake yg baal-baal!

*nyayap nyepak gitchu loch!

11. newbie bloger - October 7, 2012
12. Laskarjawa - October 7, 2012

Ya kemungkinan selalu ada. karena persaingan semakin lebih ketat- mau ga mau atpm akan berusaha memberikan yg terbaik. kl tidak ingin nyungsep,

13. HirRo - October 7, 2012

Hmm,,

14. endo - October 7, 2012

Bisa banget Kang !, dgn sedikit penyesuaian titik derajat dr TMB (titik mati bawah) ke TMA(titik mati atas) pada timing pembakaran cylinder. Secara garis besar VTEC & iVTEC toleransi timing pembakarannya kira2 antara 60-80derajat brdasarkan ruang cylinder ( contoh civic VTEC 1.8 & 2.0 ) cmiiw. Yg mengejutkan adlh injeksi jupiter Z1 hampir mirip dgn timing pembakaran Crossplane crankshat pada M1 yg brkisar antara 50derajat pada saat RPM tinggi (persis VTEC) cmiiw…

Taufik - October 7, 2012

belum mikir sampai sana saya . . . hmmm ternyata bisa ya ?

Sendal Jepit - October 8, 2012

wih manteb nih analisa tingkat dewa,dulu jaman sekolah belum di ajarin yg kayak gini ….
ilmunya baru nyampe setel angin stationer pada karburator …. suzuki shogun 110 standart …. jetting pada knalpot racing aja belum bener.

15. Motoroda - October 7, 2012

Yang abs tehnologi pesawat aja bisa. Kalau tujuannya meningkatkan Value pastinya ga sia-sia.

http://motoroda.wordpress.com/2012/10/07/yamaha-belum-sanggup-bangkit-di-2012/

16. Mr Martho - October 7, 2012

VTEC
VVT-i
MIVEC
VANOS
VarioCam

Semuanya podo wae Mas

Patent Teknologi ini milik AVL Austria, yang dibeli oleh banyak perusahaan otomotif kemudian diberi banyak nama dagang seperti di atas
ini perusahaannya
https://www.avl.com/home

sebetulnya ada sistem yang juga sama baiknya : variable inlet
http://en.wikipedia.org/wiki/Variable_length_intake_manifold

kalau mau mesin sempurna teknologi-teknologi tersebut bisa digabungkan :

Variable Valve Timing + Variable Inlet + Desmodromic

oh iya tambah lagi :

Gasoline Direct Injection
http://www.autozine.org/technical_school/engine/petrol1.htm

Turbocharger + Intercooler

Dry Sump Lubrication

Hybrid starting – charging (kayak punya Vartec 125 atau PCX)

Taufik - October 7, 2012

sip makasih tambahan nya mas

pengamat - October 7, 2012

tanggung motor pake common rail aja seperti 4 tak pake klep tp 2 langkah piston 1 pembakaran (semprot udara lalu semprot gas bakar-kompres/bakar-semprot udara lalu semprot gas bakar) kalo kompresinya 1:10 mesin 100cc bisa 40++ dk. om… teknologi paling gress gak usah step-by-step segala
made in indonesia tahun 2020….hehehe

Sendal Jepit - October 8, 2012

hwaduh tambah pusing lagi ……

mamase - October 8, 2012

Tambah lagi, Turbonya pake yg VGT kayak punya Pajero Dakar, trus koplingnya Dual Clutch.. :D
Wes kuwi.. piro regane jall??

17. dagger - October 7, 2012

Ane dah curiga nih dari awal kang haji nulis artikel vtec. Ternyata emg bener ada hubunganya ma motor baru, walopun baru wacana

Taufik - October 7, 2012

sebenarnya nggak ada hub sama motor baru . . . cuma selintas ada dibenak saja setelah baca VTEC

18. dave - October 7, 2012

bisa2 aja c harus nya,, nah kalo motor sport nya kira2 kenapa ga di pasangin teknologi yg canggih2 ini? seperti kepada cbr 150 gt,, hehe..

19. Penggemar 2 roda - October 7, 2012

Makin mantaf.

20. banzai - October 7, 2012

selama teknologi injeksi yg ada masih bisa memenuhi peraturan euro 3, saya perkirakan tidak ada aplikasi teknologi baru. Mungkin pemakaian vtec baru akan dipikirkan apabila pemerintah menerapkan euro 5. Sama halnya ketika pemerintah menerapkan euro 3,pabrikan berbondong-bondong pindah ke injeksi. Atau ketika euro 2 diterapkan, pabrikan rame2 pake karbu vakum.
Jadi untuk hal seperti ini, peran pemerintah lebih dominan.

21. thole - October 7, 2012

kebiasaan neh,yamaha nyontek mulu :lol:

vtec, vvti, vanos, mivec, ncvt semua KO sama tech mutakhir abad 21 milik hnd ahahem, apa itu? yap,KARBU super tech irit dunia akherat

22. Udug - October 7, 2012

YMJet tidak ada yang Istimewa … Standard …

giyo - October 7, 2012

Blethaakk baru istimewa

iron - October 7, 2012

Velg peyang jg istimewa

Crank90 - October 7, 2012

Ngorok juga istimewa!

Sendal Jepit - October 8, 2012

yg lebih istimewa lagi CVT kemrosak kalau udah di pakai 2 tahunan ….. cuit …..cuit ….cuit …. grookkk …. grookkk …. grookkk ….. mantab

Waria ngorok (Plastik tipis + Getar) - October 7, 2012

apalg pgmf1, dibawah standart, o2 sensor blm pake…
halah koq koq malah ngomongin injeksi.. latah nih

●○ qwerty ○● - October 7, 2012

yg lbh istimewa cuma t@ngki b○c○r.

Tiger26 - October 7, 2012

gundulmu yg bocor!

23. galau - October 7, 2012

smoga ada tanggapan dari ahaem..

24. lorien - October 7, 2012

VTEC makan tempat, susah diterapin di mesin cc kecil.

Sistem variable-valve yang paling canggih sebenernya bukan VTEC, tapi MultiAir punyanya Fiat. Saking canggihnya, kalo search di google “fiat variable valve timing” bakal ada link yg ngasih julukan buat MultiAir: “the ultimate variable valve timing system”.

Sayangnya Fiat gak bikin motor (di YZR-M1 cuma numpang nempel stiker doang kan :D)

win - October 7, 2012

pneumatic kah?

25. wahid - October 7, 2012

Disinyalir dah masuk project skutik honda 2013 bang haji….

26. galau - October 7, 2012

apa udah diaplikasikan ke beat injeksi ya kang?

Taufik - October 7, 2012

belum kayaknya mas bro

27. ninja250 - October 7, 2012

Vtec honda memang top..lari ngacir mampus,konsumsi ngirit abis..:D
Disinyalir ini bukan wacana lagi,tapi bocoran..:D hayo ngaku wak haji,bohong dosa loch..:D

Taufik - October 7, 2012

sueer ini cuma selintas pemikiran saya thoq

28. Waria ngorok (Plastik tipis + Getar) - October 7, 2012

kalo cc kecil kayaknya msh belum perlu deh…. ntah 20th lg…

29. yudha depp - October 7, 2012
30. yudha depp - October 7, 2012
31. aka831 - October 7, 2012

Mantaaapp!

32. jatirtd - October 7, 2012

Tuntutan ke depannya adalah bagaimana bisa (lebih) irit dan bertenaga bahkan kalo bisa tidak menggunakan bahan bakar minyak sama sekali.
Mau pakai YMJet FI, Vtec, VVTi, atau apalah saat ini kebanyakan dari kita hanyalah end user.
Biarkan para insinyur bekerja dan bersaing untuk menghasilkan teknologi yang lebih baik dan lebih canggih lagi.
Misalnya pakai tenaga listrik, angin, gravitasi dll IMHO

33. kang_ulid - October 7, 2012

Memang benar bahwa matic itu boros d rpm rendah… trus gmn d rpm menengah ke atas?! Lawong pelan aja boros apalagi kencang…
Smoga pabrikan tidak pelit teknologi…

Via tmcblog launcher, hehhehe

Taufik - October 7, 2012

wah makasih udah mengunduh launchernya mas bro :)

34. Om Puns - October 7, 2012

setuju. titik !!

35. wokoispure - October 7, 2012

teknologi di mobil makin jor”an aja
kl di motor di pirit dikit” aja.

ikut nimbrung wak h taufik

36. Big D - October 7, 2012

Artikel pre launching motor baru….. :D
kayak artikel jumlah sensor sistem injeksi.. :p

37. Endel - October 7, 2012

YMJET FI ternyata canggih jg yaaa…. Sipppp moga metik lain bisa aplikasi yg spt itu…”Tambah iritt”

38. antena parabola - October 7, 2012

woww

39. harisxyz - October 7, 2012

wahhh ide yg brilliant :)

40. kharis27 - October 7, 2012
41. scnk - October 7, 2012
42. ashariprw - October 7, 2012

tapi kang bukannya variable valve dipake minimal motor yang pake 4 klep per silinder ya ?

Taufik - October 7, 2012

betul . . . lebih baik pake yang 2 klep di klep intakenya . .. nggak harus 4 klep per silinder
karena yang penting klep di intakenya 2

sebenarnya satu klep intake sebenarnya juga bisa sih
cuma VTEC pertama dilahirkan di sistem dua klep intake

43. Nadzirin (@bossnada2) - October 7, 2012
44. Yadi Arcadia - October 7, 2012

Sundulllll ahhh :-)

45. ●○ qwerty ○● - October 7, 2012

kangen nih sm koment becean kut@ngers!

*ny0l0t dong!

46. Crank90 - October 7, 2012

YMJET-Fi memang mantap!!!…teknologi canggih dari Yamaha untuk metik…terbukti iritnya gak tipu2 dan makin Joss Gandos….WoooWWW….

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - October 9, 2012

kata Mio Jomplang katanya lebih boros dari pada mio sporty… kebetulan ane punya mio jg tak mw samperin orangnya gak ngerespon…

mw cek keborosan Mio J…. apa bener lebih boros dari Mio sporty? atau hanya sekedar BC saja?

:lol:

47. knalpot - October 7, 2012

yg paling istimewa itu, wktu wak haji test ride mio j, pulang2 dr test ride jogja-jakarta badan pada remug.
dan dia blng, ini mtr memang istimewa.
agagaga..

Taufik - October 7, 2012

emang gila waktu itu iritnya, bisa segitu .. .lebih irit dari Mio lama yang karbu

MazPed - October 7, 2012

Kalo ama Wan Tu Faiv iritan mana..
Hayow…..

*mlayu nyangking sendaL :mrgreen:

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - October 9, 2012

kata mio jomplang mio j lebih boros dari pada mio karbu

:(

48. pikun - October 7, 2012

bisa ga tabung yeis diterapkan di nesin 4 tak ?

superior_red - October 7, 2012

kalo di Honda dulu (mulai dari GL100) ada yg namanya TPFC,tujuannya sama dengan YEIS,cuma beda prinsip kerja,intinya kedua fitur itu berfungsi untuk membantu suplai bensin keruang bakar saat akselerasi spontan,ini khusus motor karburator lho,kalo motor injeksi udah gak perlu,cmiiw…

49. superior_red - October 7, 2012

vtec kayaknya ribet kali yah kalo diterapkan ke mesin cc kecil,gimana kalo i-DSI aja…

Taufik - October 7, 2012

menarik nih kalo dibahas khusus

bensol - October 8, 2012

i-DSI = 2 busi/silinder –> bajaj DTS-i

50. son - October 7, 2012

menarik,kalo di mobil 1500cc standar non vtec (atau vvt-i,atau vanos,atau valvematic,apalah terserah) cuma bisa 80-an dk,pake vtec,bisa 100-an dk,tapi apa gak percuma?,vtec cuma nampol di putaran tinggi (mirip mesin overbore),makanya jazz pake sohc supaya bawahnya juga nampol

Taufik - October 7, 2012

nah itu sebabnya SOHC dan VTEC itu sebenarnya jodoh ya

51. nganu - October 7, 2012

wah yamaha jadi ketinggalan lagi donk
kasihan, honda stop show off teknologinya.

kasihan pabrikan sebelah yg makin terbelakang

●○ qwerty ○● - October 7, 2012

ng@nu,
gak usah kasihan n mikirin p@brikan itu mbak!
yg penting, bijimana cari cara jitu buat bikin b@ngkrut tetangga sebelah!

*main becek2an dong..

Who Art Thou - October 7, 2012

sssttt… jgn keras2. nanti ada yg ngamuk2 wkwkwkwk

52. MGR® - October 7, 2012

Mudah2an pengetahuan teknologi di indonesia mendapat wadah manifestasi yg tepat.. Kan sayang, banyak orang cerdas di negri ini yg sebenarnya mampu menyamai bahkan melampaui teknologi negara maju hanya sebatas tahu, tidak untuk didistribusi, diproduksi, dan seterusnya dikembangkan hanya gara2 keterbatasan dukungan pemerintah..

53. jnakawara - October 7, 2012
54. ariz168 - October 7, 2012

iya bisa dipake bwt nyumbat mulut ente…

ariz168 - October 7, 2012

hadeh kok nyasar dimari komennya. Pdhl ni bwt si qwerty si orang kaya yg hobi bakar vario…

●○ qwerty ○● - October 7, 2012

nyasar ni yee..

wkwkwkwk

55. until - October 7, 2012

wahh tp rute sama dan pengetes yg sama, kok lebih hemat yahh vario 125 cc dr pd soul gt atau mio j..
jd bingung..
———————————-
btw, mungkin aja vtec masuk ke segment sport baru honda atau matic..
let see lah…

56. oyo - October 7, 2012

misal bs diterapken istimewa,lanjutken tinggal sp yg mau pioner

57. bagol - October 7, 2012

onda new beat VTEC FI CBS wah serem

58. pak ogah - October 7, 2012

pdo ae ngenteke bensin

59. Who Art Thou - October 7, 2012

Metode “pengancingan” pinnya pake apa sih wak haji? pake mekanik atau elektronik ya? ane masih gak mudeng nih meskipun dah liat pidionyee.

Taufik - October 7, 2012

harusnya pake sistem injeksi . . . ada penuematik/hidrolis khusus yang berhubungan dengan sensor yang bisa mendeteksi kecepatan kitiran mesin, cmiiw, imho

60. penumpang - October 7, 2012

tehnologinya honda ya?? yamaha ??

61. Ganzimaru - October 7, 2012
62. ●○ qwerty ○● - October 7, 2012

mtr kucing *standar tengah 0,5 ltr : 0 km.

*standar tengah lagi diparkir, t@ngki b0c0r bensin rembes!

Tiger26 - October 7, 2012

bibir sm gundulmu kyke jg rembes dan bocor,cong!

63. Aladin - October 7, 2012

kang haji mengapa teknologi YMJET FI hanya diterapkan di motor matic yamaha?? kenapa di motor bebek dan sport tidak?? mohon pencerahannya ya kang, maklum ane nubie… heheheee…

64. pengamat - October 7, 2012

guampang banget…..pake teknologi bandul yang buat dekompresi aja. bandul digunakan buat menaikan dan menurunkan profil noken.

65. pengamat - October 7, 2012

komenku nyangkut

66. gustinR - October 7, 2012

Kalo i-VTec dan i-DSi?

67. slamet mulyo redjo - October 7, 2012

Top kui lekk haji
Coba di ulas lebih dalam sapa tau ada pabrikan atao bengkel Чªήğ mau coba terapkan di motor cc kecil

68. agasta tri - October 7, 2012

tambah irit

69. gadis - October 8, 2012

motor make vtec untuk apa??
Sekali2 liat bumi jangan liat langit terus!!

70. ngetes aja - October 8, 2012

oh..mobil, yamaha GA PUNYA, kalo suling BUANYAKK!!!!

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - October 9, 2012

ho oh

dan anehnya pabrikan besar itu bahkan gak sanggup bikin suling…

:lol:

71. rendy - October 8, 2012

apa sih yang gag mungkin
tapi ngapaen matic dibuat vtec apalagi yg ber cc kecil

mending buat skutic listrik yang power dan daya tahannya setara seperti bahan bakar minyak (irit dan ramah lingkungan)

kalau metic ngejar irit n kencang
tu aplikasi di YMjet-FI mio n Soul sudah bagus

72. orderdesign - October 8, 2012

Manteb dah Fi, VTEC, dan ABS pada produk honda Di indonesia. Semakin canggih
tentu power dan efisiensi akan terwujut. Honda layak untuk jadi yang pertama :-) https://orderdesign.wordpress.com

73. Chryz - October 8, 2012

em, kalo VFR800 bukannya udah pake variable valve ya kang Haji!

74. pengamat - October 8, 2012

gampang banget….pake teknologi bandul dekompresi aja. bandul digunakan buat menaikan dan menurunkan profil noken. prinsipnya mirip vtec kan. made in indonesia 2020….hehehe

75. bensol - October 8, 2012

kalau pengen murah bisa pake sistem variable cam mekanik a la suzuki Bandit / GSF400 V-series yg pake bantuan tekanan oli yg diteruskan lewat klep selenoid :D
kalau vtec elektronik tinggal klop2an sama ECU aja

76. tee - October 8, 2012

skutik honda yg pasti bakal duluan kl ada teknologi baru, sang pelopor..

77. Care - October 8, 2012

skutik pake mesin VTEC ???
tentu akan lebih irit dan bertenaga,,,namun trobosan tersebut mesti driset scra optimal
misalny apakah s metik VTEC beda Tampilanny dg metik yg sudah beredar!!!
trus dr biaya produksi dan harga jual apakah sesuai dg pasaran indonesia….

78. cecak - October 8, 2012

bukan nya ini teknologi katup untuk mobil ya gan?? sama kaya VVT – i nya toyota,MIVEC nya mitshubishi,VVT nya suzuki,,dan setau ane V TEC ini generasi ke 2 dari IDS – i dan kaya nya gk bisa di pasang di motor cc kecil dah…

79. nopal - October 8, 2012

ghfhhhhhhhhh

80. nopal - October 8, 2012

wak haji FBH ya?????

81. yoyo - October 8, 2012

Variable timing itu banyak sensornya loh, malah jadi produk overprice kalo di terapin ke motor entry level. yang ada malah jadi gak laku

82. Jambronk - October 9, 2012

Sangat mungkin diterapkan untuk efisiensi bbm dan rpm skutik juga tidak terlalu tinggi sangat cocok untuk VTEC. Tapi banyak yang berubah, walaupun katup in pada skutik cuma satu untuk menerapkan VTEC butuh 2 lobe camshaft, dua rocker in yang satu rocker buat pin locker pd saat VTEC on, tambah solenoid VTEC untuk mengatur aliran hidrolis oli mesin melalui rocker shaft ke pin locker, dan butuh perubahan maping ECU untuk perintah ke VTEC sol. ga perlulah embel2 i-VTEC karena butuh actuator VTC dan VTC spool valve buat aliran hidrolis oli mesin ke actuator VTCnya supaya camshaft bisa diatur durasi overlapingnya, yang pasti dimensi mesin makin besar dan tentunya costnya juga tinggi. apa ada yang mo beli… omong2 YMJET yamaha memang teknologi lama mas taufik yang saya tau di mobil honda sudah ada namanya IMRC intake manifold running control atau variable intake dimana jalur asupan udara pd putaran tinggi dibypass dengan actuator menjadi lebih singkat dari semestinya.

83. Greget - February 13, 2013

Judulnya: Mungkinkah Skutik Menggunakan VTEC?

Kenapa harus skutik gitu loh? Seharusnya teknologi canggih diterapkan di motor sport atau bebek cc besar.

Karena menurut saya klo pabrikan menerapkan teknologi canggih cuma ke skutik tuh tanggung banget, kurang GREGET gitu!!



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: