Bro Sekalian Sedikit demi sedikit jati diri sang Sport Honda Entry level semakin terkuak . . . Mulai dari hembusan informasi mengenai penampakan fisiknya sampai pada aspek teknis market seperti sinyalemen Harga yang dapat di intip dari harga NJKB nya. Nah dari NJKB nya lah bisa diperkirakan dimana motor ini akan diposisikan oleh Honda. Dan Informasi sementara yang tmcblog coba himpun Terutama dari NJKBnya . . . terlihat sepertinya sang K18 atau (disinyalir berkode) GL15B1F series ini akan diposisikan sebagai Sport Entry Level Honda, mari kita tilik bersama strategy ini.

Awalnya tmcblog berfikir . . . Kenapa susah susah sampai membuat sebuah motor baru? . . . Kenapa Nggak NMP saja yang dikasih mesin Injeksi?. . . kenapa harus mengunakan basis sasis dan body yang berbeda dari NMP? dan Banyak pertanyaan pertanyaan lain yang senada. TMCBlog cuma mau bilang, Sepertinya

Strategy Sang K18 memang sejak awal banget mau dihadirkan sebagai sport entry level yang memiliki bandrol harga dibawah rata rata sport Mid-end Brand jepang.

Nah sampai sampai idenya adalah, bagaimana bisa membuat Varian K18 yang notabenenya harus sudah Injeksi ini berbandrol lebih murah dari NMP yang masih karburator? . . . Dari ide ini diperoleh jawaban kenapa Nggak NMP saja yang di Kasih mesin Injkesi . . . Kalo NMP yang dikasih mesin Injeksi, agak nggak  mungkin Honda bisa membandrolnya dibawah Harga NMP Karbu. Kalo Bisa NMP Injeksi lebih murah dari NMP Karbu . . . ya bisa tercederai dong hati pemilik NMP lama?  Imbasnya bisa ke masalah Loyalitas Konsumen.

Honda Mau meningkatkan Value dari Megapro, akan tetapi tidak mau hati konsumen New Megapro lama tercederai . . . bagaimana caranya ?. . . Yaaaa sebenarnya sama mirip dengan kasus lahirnya Vario 125 yang saat itu Strategynya adalah membuat sebuah Motor baru 125 cc yang dikasih mesin injeksi . . . beda cerita kalo Vario 110 yang dikasih injeksi lalu dibandrol seharga Vario 110 techno karbu . . . bro bisa bayangkan gimana galaunya pemilik vario 110 karbu . . . selain itu akan membuat resale Value dari Techno 110 karbu akan terjun bebas !!

Nah berkaca pada Kasus Vario 110 – vario 125 FI tersebut . . . Honda Disinyalir akan menghadirkan proses Transisi serupa dengan membuat sebuah Varian Motor baru 150 cc Berpendingin udara PGM FI dengan bandrol yang lebih rendah (bahkan bisa jadi dari NMP Karbu) . Hadirnya Motor baru ini akan menghindari tercederainya hati Konsumen NMP karbu lama dan bisa mengerem terjunnya resale value dari NMP tentunya, walaupun bila (seburuk buruknya) NMP karbu harus Diskontinu setelah K18 hadir nanti, cmiiw.

Sudah tentu dengan harga yang lebih terjangkau, maka secara Logis penampakan dan detail speknya juga akan lebih Inferior dibanding NMP dan tentunya CB150R . . . Contohnya adalah . . .tangki tanpa shroud, sok belakang masih double sok (stereo shock) sasis masih diamond, finishing cat setang berlabur warna hitam, sampai rem belakang yang masih tromol . . . detail detail ini lah yang masih bisa membuat konsumen NMP lama merasa detail fisik motornya masih lebih superior dibanding K18.

So Kesimpulannya adalah, Bukan hal yang mudah untuk bisa menaikkan Value sebuah Motor baru, karena Konsiderannya juga adalah pemikiran bagaimana efeknya ke Image produk yang akan di suksesi dan tentunya bagaimana perasaan Konsumen yang telah membeli varian lamanya , mereka tidak boleh tercederai, karena kalo sempat tercederai . ..  alamat bisa pindah rumah ke tetangga sebelah . . . ini opini tmcblog thoq koq  . . . 😀  silahkan dikunyah kunyah mas bro dan dikomentari tentunya . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Note Gambar No 1 dan 2  adalah rekaan tmcblog menggunakan pengolah citra Photoshop, menggunakan basis Megapro Primus dan CB Unicorn , ditempel tempel dengan berbagai pernak pernik hasil cropingan motor lain yang muaranya adalah upaya  memperjelas kayak apasih bakalan penampakan Sang Next Honda K18 . . . Moon maap kalo gambarnya kurang memuaskan, namanya juga nubie 😀  .. .  please note itu bukan gambar Official 😀

214 COMMENTS

    • Yang membedakan Honda dgn merk lain yaitu, Honda selalu “IRI HATI ” kl liat penjualan merk lain laris manis langsung stroke & jantungan… pdhl baik yamaha ato suzuki, dsb.. ge prnh bikin supra killer. Tiger killer ato spacy killer.. mereka jualan masing2 apalagi skrg honda mau jual sport MURAHAN secara produk India merajai.. kl blh jujur para petinggi honda udah kelabakan menghadapi saingan MERK2 lain aplg eropa cb masuk… KONSUMEN PNY HAK PILIH… KNP HARUS HONDA SMUA MOTOR DI INDONESIA….. MONOPOLY PENJAJAHAN DONK !!!!

      Guest
    • Ah biasa aja, Sayap bisa menjelaskan secara logika & Hitung2ang knp Tigor JYADUL di bandrol 26 jt an???
      pdhl spek Jyadul abal2.
      Jangan Lupa Fitur andalan bang Tigor :
      1. Mesin Jyadul 18 th (1994-2012) kagak ada upgrade
      2. Mesin Vibrator
      3. Rantai Bernyanyi
      4. Tangki Bocor
      5. Overpret 26 jt an
      6. Stereo Shock Belakangnya
      Any Question??

      Guest
  1. Lha wong saya sudah pindah ‘hati’ ke tetangga sebelah koq , yg rumputnya lebih hijau.. :mrgreen:
    Anyway, nice sotoshop Kang.. Cuma kurang garam sedikit.. :mrgreen:

    Guest
  2. Heemm..
    Ane g bsa jamin bagus wak haji neh k18..
    Soal’a ane tnya sma krywan dsna jelek n bgusan NMP..
    Tuh kta dy loh bkn kta sya..
    N masproo bulan desember..
    Cwiim

    Guest
    • setuju masbro..mantep deh body retro tapi mesin injeksi…biarpun hasil modifan..hehehe biar beda ama yg lain

      Guest
  3. Bentuknya jelek banget kayak mega pro lama yang dah kedaluarsa, ketinggalan jaman, males jadinya masih bagusan thunder 125 bentuknya.

    Guest
    • SEJAK KPN HONDPRETT bikin motor kenceng larinya! ktnya irit ! dr dulu ampe skg gk ada critanya HONDPRETT kenceng ! yg ada YAMAHA, KAWASAKI, SUZUKI YG KENCENG trus FBH bilang boroooosss tu Hondprett yg irit plus kenceng !( mana ada motor irit kenceng larinya! yg asli tu kenceng larinya boros bensinnya) wkwkwkwkwkkwkwkwkwk……

      Guest
  4. lumayan lah,, buat fbh ynag pengen naek kelas dari sumpera emperit ke motor batangan,,, (yang penting masih ada stempelnya sayap mengepak,,,)

    Guest
    • bedanya AHM sama YIMM ngasih sport tromol sama SOHC adalah harganya
      AHM ngasih harga 17 jeti buat CW juga 16 jeti buat SW
      sedang
      YIMM ngasih harga 20,9 jeti juga 24 jeti

      itu masalahnya

      Guest
    • SOHC Tigvor Jyadul 26 Jt an dgn fitur :
      1. Mesin Jyadul 18 th (1994-2012) kagak ada upgrade
      2. Mesin Vibrator
      3. Rantai Bernyanyi
      4. Tangki Bocor
      5. Overpret 26 jt an
      6. Stereo Shock Belakangnya
      Any Question??

      Guest
    • ^
      kalau si klingon

      – mesin sejak awal ya itu” saja!
      – dari cungkring ke bongsor yang semakin tidak dilirik mayarakat!
      – shocknya terlampau jadul, masa bodi gede shock seupil!
      – muka terbaru malah semakin hancur!
      – tidak ada perubahan di pengereman belakang, tromol melulu!

      kalau shock ganda untungnya tidak bakal ambles ketimbang si klingon!
      pilih mana rantai bernyanyi sama shock ancur?

      Guest
  5. saya pikir ini motor ga bakal keren, dari harga udah bisa ditebak kalo ini motor lebih mengarah ke fungsional ketimbang visual.
    lawannya pun cuma sekelas thunder 125 + pulsa 135.

    Guest
  6. gak cuman yamaho yg dilibas,.. sijuki yg punya motor laki cc bebek a.k.a thunder 125 siap2 dipasung…, wkwkwk seremmm

    Guest
  7. Jangan-jangan ini adalah generasi penerus Honda Win yang sangat populer di pedalaman Indonesia karena kehandalan dan daya tahan serta ketangguhan dalam melibas segala medan…

    Guest
  8. katakanlah harganya 16jt, mesin FI 150cc (trus modifer nemu ramuan oprekan sederhana biar tenaga keluar) bakal bunuh nmp, mungkin teralis dan vixion juga hehehehe

    Guest
  9. Scorpio v Tiger
    Vixi v CB150R
    Byson v NMP
    Thunder v K18
    Ada tambahan ??
    Semuanya sudah dikasih lawan ma honda alias diGrodok…. Cmiiw

    Guest
  10. Segmen 15-20jt = K18, 20-25= CB1505, 25-30jt= NEW TIGER….. ini strategi yg cerdas krn Rentang harga jelas….. Mungkin rencana kedepan Honda bakal suntik mati NMP dan TIGER…….!!!!

    Guest
    • tajam juga analisa luh… pastilah itu… target AHM kan 2013 sudah injeksi semuah…. itu kata petinggi AHM loh…

      Guest
  11. waduh brarti selama ini hrg mtr megapro primus mahal lah wong ini lb bgus dari primus tp hrga lbh murah,ketipu ama jepang dong

    Guest
  12. Strategi Sandwich yg pernah diterapkan AHM di Motor matic terbukti berhasil

    Semoga Yamaha dan Sales Yamaha Semakin M***** aja Yakk….

    Guest
  13. mas saya kasih tau ya…..motor saya GL pro neotech tapi udah 250 cc, kemaren pagi berangkat kerja kalah sekitar 3 motor jaraknya dari RX-King….eh siangnya kalah 2 motor sama vixion!! hebat ya Yamaha!! jos tenan!

    Guest
    • Boleh dibocorin speknya OOM, Neo tech sampe 250CC, abis berapa juta, terus pake seher bolong yah. NGibul kegedean, GL Pro Neotech klo STD n mesinnya fit itu bisa bikin king std gerah, walaupun cuma bisa ngekor. Klo ma Vixion, ane rasa masih bisa ngasapin.

      Guest
    • gak sampe 250 mas, pake blok, head, kruk as tiger mas di kasih seker gak tau apa…ya 230an lah….lha saya gak begitu paham…beneran lha wong iseng buat coba-coba temen. tapi bener gak bisa lari kenceng!! karbu standar!!

      Guest
    • gara-gara gak bermutu saya balikin lagi ke tiger std!! saya juga bingung sampe sekarang, apa yang salah ya??

      Guest
    • gl neotec paking 5mm stang tiger ya cmn 199cc lok g 198cc sma kyk tiger biasa lok spek yg aq sebutin masih bisa dstandarin itu nama nya stroke up ukuran piston gl neotec 160cc sma kyk ukuran piston tiger lok g slah 61mm beda di profil yg gl njedol kyk megipret lok tiger rata,mekanik nya pling g bagus ,ttanga ane ja ngasepin fu cmn dngan cb tp full tiger yg laen g tau tp pengapian grand n karbu pe28 yg aq tau itu

      Guest
    • Yang namanya joko s, mo ngibul kaga ada persiapan! Alay gaptek, gw mau tau gl pro 250 cc lu? Ngemeng spek mtor lu aja belepotan! Kalo gak paham jangan asal bacot! Mekanik mu saja yg lulusan menjahit! Salam cb owner

      Guest
  14. nubienya aja hebat kek gini gimana nanti klo udah expert?
    kang taufik disinyalir udah liat bentuknya nie… kan sampeyan dekat dg orang aha em tho….?

    Guest
  15. kata thole cm jd penggembira…wkkwkwk……. nanti kalo pixong dan bison dah cium tanah baru ente hilang dr blog R2…ngakak

    Guest
  16. kalo spek tanggung gitu dgn cuma ada poin plus di injeksi, agak susah deh, orang mending melirik motor sport 2nd hand yg harganya segitu juga, yg secara teknologi, performa, n tampilan lebih baik, kaya Vixion, Byson, Ninja 150R, Scorpio, Pulsar, 2nd hand

    orang ingin menggunakan motor sport itu biasa kalo engga cari performa ya tampilan yg keren, kalo untuk fungsi, motor matic sekarang lebih masuk akal, bahkan kalo dibanding bebek sekalipun

    dgn spek n tampilan yg disinyalir biasa banget (CB150R aja tampilannya biasa banget juga) tetep berat kalo mau meraih tahta no 1 di segmen sport

    Guest
    • Lah ini kan targetnya entry level yg biasanya buat bawa beban kek di desa yg buat bawa panenan ato dagangan ke pasar. Jadi tampang prioritas kesekian.
      Inget dulu generasi gl sampe mp yg dah kondang buat angkut2.

      Guest
    • jaman udah beda bro, kalo mau angkut2 ya mending pake matic or roda 3 macam hercules dkk itu, lebih muat banyak, dulu kan karena engga ada alternatif lain,

      kalo cuma bawa beban/untuk kerja juga vixion or cbr or ninja ada juga yg dikasi rombong buat jualan siomay keliling (foto2 nya banyak)

      jadi kalo honda mau merebut tahta motor sport, tapi tampil dgn model yg seadanya gitu ya aga susah pastinya, vixion itu motor bukan entry level tapi paling laris, karena banyak hal

      tp kalo strategi buat meraih pangsa pasar lebih luas, yg di segmen itu belum ada yg maen, ya emg bener, udah kebiasaan honda juga merilis motor type pahe, kaya astrea legenda ato fit s, ato beat spoke wheel, dulu ada win juga,

      pinter sih honda kalo soal isi mengisi suatu segmen, cuma kalo urusan desain kurang pinter :p

      Guest
    • jaman emang beda bro … tapi angkut barang tetap angkut barang … matic boros …. roda 3 terlalu mahal 20jt’an tidak bisa blusukan di pematang sawah yg sedikit lebar … dan masyarakat masih banyak yg belum mampu beli motor mahal … butuh yg harga bisa di jangkau … apalagi di daerah yg banyak tanjakan/dataran tinggi buat angkut pupuk, panen, cari rumput, ojek … dll…. jadi masih butuh motor batangan, kopling, dual shock, kuat dan murah tentunya … CMIIW

      *salam wong ndeso

      Guest
  17. Klo desainya gt.. masih bagusan p 135 ls… Hrusnya honda bs bkin yg lbih sporty dr p 135 ls… Andai p 135 ls pnyae honda atw yamaha ane dah beli dr dlu…

    Guest
  18. ceritanya mau naikin value nmp … atasnya ada injeksi cb150r bawahnya ada k18 injeksi… puncaknya ya nmp injeksi bareng vario 110 injeksi…. state of the artnya honda hehehehehe….

    Guest
  19. hari gini motor batangan gak pake monoshock????
    apa kata bebek,,
    bebek aja pake monosok
    (tengok satria FU, cs1, kymco spike, kawasaki Athlete, dll)

    Guest
    • ini gendre nya sport “tangguh”,buat ngangkut hasil panen,coba fu,cs1,mx,athlete pke angkut padi 2,5 kwintal,kuat ga :mrgreen:

      Guest
    • berarti bener dong iklan pulsar…
      bebek vs sport, sport seharga bebek.
      saking aja sportnya honda jadi gak dicerca ama fansboynya, coba bajaj/tvs, behhhhhh abis dicerca karna bikin motor sport murah dobel sok blakang

      Guest
  20. welehh .. HARE GENE STEREO SHOCK .. , mana harganya kelas bebek lagi .. ga ada gengsinya sama skali .. sekelas motor china ..
    ora sudiiiii

    Guest
  21. Klo OTR di harga 16jutaan, kayaknya bakal lumayan laris, buat rider bebek yang mau naik kelas. Soalnya daripada beli motor batangan seken, saya rasa lebih baik beli motor batangan baru tapi murah, kan tau sendiri, klo motor seken pasti ada aja PRnya, udah gitu ongkos PRnya pasti lumayan, karena bagaimanapun spareparts motor batangan itu lebih mahal dari parts bebek.

    Guest
  22. kalau benar honda k18 kisaran murah,pasti ga sembarangan murah..pasti dengan kualitas dan tehnologi yang ane ga tahu.brojol nya kapan ini honda k18 ??

    Guest
  23. HoHoHo……
    Kalo memang desain K18 akan seperti perkiraan ini, jelek.
    bener2x nih….. Honda.
    Kurang duit kali yah……

    Guest
  24. wak haji sya cmn mau kasih masukan untuk gmbr yg diatas lw bisa fostep blkng mending dikasih punya NMP dan pelang jga punya NMP satu lgi sroundx agak dimiripin sma punya CB150 jangan mirip punya NMP elek stoplamx jga jangan sprti punya NMP yo elek jga,suon wak haji

    Guest
  25. ——– anu… kita kesampingkan honda rongsok yg satu ini ———–

    memang sih terkesan selfish…
    tapi..
    ya beginilah bang era 2012
    bengis ,,, sengit……….. keras… hehe…

    giamana kabar yamaha 250cc kang???

    Guest
  26. Lumayan la untuk tukang ojek biar gantengan dikit, yg niaga2 jg bole la. Atau buat yg sebar brosur macam fby bole jg la, harga bebek2 ymha seharga k18, mendingan motor laki rupanya, biar dibilang naik kelas dari bebek ke sport.wkwkwk,…

    Guest
  27. Lumayan la untuk tukang oj-ek biar gantengan dikit, yg niaga2 jg bole la. Atau buat yg sebar brosur macam fby bole jg la, harga bebek2 ymha seharga k18, mendingan motor laki rupanya, biar dibilang naik kelas dari bebek ke sport.wkwkwk,…

    Guest
  28. prediksiane si Gan K18 tu CCnya dibawah NMP dah… klo ane si nebaknya make mesin GL125 yg diremajakan…. untuk desain mungkin lebih mirip ke Thunder tangkinya gak make shround hanya saja desain Headlamp mirip NMP make konde… suspensi blakang Double shock n rem blakang tromol…

    Guest
  29. K18 atau (disinyalir berkode) GL15B1F series ini akan diposisikan sebagai Sport Entry Level Honda, jika keluarnya beriringan dengan CB150R Streetfire bakalan banyak pilihan buat bikers yang pas pas an kantongnya. Kalo modelnya di tunggu gan !!

    Guest
  30. lampu blakangnya kayak megi rimus apa unicorn wak haji….
    bagusan megi primus soalnya….
    tapi casting wheel kan ya Wak Haji…? bukan spoke…

    Guest
  31. apa kasus kirana yg ngga terlalu laku karena dijual diantara legenda dan kharisma terulang pada NMP?, karena dijual diantara cb150r dan k18

    Guest
  32. Senjata baru u/ nyerang Sport Entry Level or pengganti NMP ya?
    bsa jadi pengganti NMP yg dicoba u/ diturunin segmennya….spy yg maen di sport 20-an jt cuma Streetfire n Tiger,si motor baru ini masuk ke level low-nya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here