jump to navigation

Kalo Bensin di tangki Motor Injeksi habis November 24, 2012

Posted by Taufik TMCBlog in : Tentang Motor , trackback

Bro sekalian, salah seorang Pengunjung tmcblog di medan menanyakan perihal motornya yang kehabisan bensin secara tiba tiba . . . apakah hal ini akan merusak mesin atau sistem Injeksi seperti fuel pump? Untuk hal ini tmcblog mencoba mencari tahu dengan mencoba bertanya pada dua sosok teknis di pabrikan yamaha dan Honda . . . adalah Pak AbidinnManager technical Support Division sebagai nara sumber dari YIMM dan Pak Sarwono Edhi dari Tech. Training Dev AHM . . . bagaimana menurut mereka berdua?

Pada dasarnya jawaban keduanya mirip yakni di sistem terkini Injeksi Honda dan Yamaha hal tersebut tak perlu dirisaukan . ..  Menurut pak abidin pada sistem FI yamaha seburuk buruknya adalah Pada saat bensin turun maka tekanan fuelpump akan turun dari nilai normal yang berkisar di angka 250-300 KPa . . . lalu setelh itu Tersendat dan EG akan OFF . . . EG Off disini maksute ECM menyetop sinyal ke Fuel Pump dan fuel pump Berhenti bekerja.

InjeksiYamaha10

Gimana setelah itu . . . ya menurut keduanya tinggal isi aja fuel pumpnya dnegan bensin yang sesuai dengan spek mesin . . . lalu putar kunci kontak . . . biasanya akan tedengar bunyi mendengin yang merupakan updaya fuelpump untuk memompa bahan bakar ke selang bahan bakar dan mempersiapkan tekanan yang sesuai untuk pembakaran sekitar 300 KPa . . . setelah itu menurut keduanya dalam keadaan normal motor akan balik lagi ke kerja semula

InjeksiYamaha3

Ketakutan para pengguna mesin Injeksi adalah karena kasus yang biasa terjadi di mobil mobil injeksi (terutama diesel) jaman (sistem return pipe) dahulu dimana jika kehabisan bensin maka fuel pump akan bekerja dan akan membawa udara yang dapat ‘terjebak’ di saluran bahan bakar . ..  Nah waktu itu memang mesin harus dibongkar dan  ‘diisi’ bensin. Hal ini disebabkan udara yang ‘terjebak’ menghalangi aliran bensin dari fuelpump

Pada Sistem Injeksi motor , bensin yang dipompakan menggunakan sistem One way. Secara simpel pada sistem ini Bahan bakar setelah sebelumnya memalui filter dipompa dengan tekanan yang berkisar pada angka  294 kPa (Honda) . . . jadi tekanan yang di semprotkan oleh fuel pump akan diusahakan segitu . . . Gimana kalo lebih dari segitu? Pak edhi dari Honda menjelaskan, Tekanan akan dikurangi  dengan cara mengeluarkan sebagian cairan yang dipompa dan di alirkan kembali ke tangki menggunakan regulator seprti yang bro bisa lihat di atas . . . so sekarang udah nggak paranoid kan sama bensin habis? . . . silahkan dikunyan kunya dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. Donny - November 24, 2012

pertama ya

frkun - November 24, 2012

injeksi sama2 canggihnya :D

http://frkun.wordpress.com/

whatever - November 24, 2012

meluu…

ahonk - November 25, 2012

EMANG ADA YANG PERNAH NGALAMIN KEHABISAN BENSIN YAH GILEEEEEE BENEEEER

beat ngebul - November 24, 2012

Satu2nya pelumas fuel pump cuma mengandalkan bahan bakar / bensin, karena komponen yg bergerak pasti perlu adanya pelumasan. Kalo bensin habis kering tuh fuel pump, modiaaar….
Mau merk konde, yamaka, sijuki, kaoskaki dll podo wae…

Taufik - November 24, 2012

Betul banget kalai fuelpump itu pelumasnya adalah bbm itu sendiri
namun
kalo bensin habis, maka sensor akan memberitahu ecm . . . sehingga ecm menghentikan sinyal listrik ke fuel pump untuk berhenti bekerja . . . jadi fuel pump tidak terus menerus bekerja bro jika nggak ada bensinya

kukang - November 24, 2012

modyar kalo desainernya ente
kalo ini fuel pump otomatis mati ketika bensin mau habis, jadi jgn bayangkan nyala terus sampe modar
plisssss

beat ngebul - November 24, 2012

Thanx atas penjelasannya kang, jd ga takut lg kalo kehabisan bensin, ternyata ada sensor buat memutuskan arus listrik fuel pump :)

kam-pes - November 24, 2012

@ kang taufik …

literaturnya ko punya honda semua ?? ymh ???

Taufik - November 25, 2012

ya AHM lagi nyari2 literatur Yamaha . . . baru ketemu dan langsung ditambahi di artikel

2. Apipblog.com - November 24, 2012
3. sejutaumat - November 24, 2012

10 besar dulu

wiwi - November 24, 2012

iki baru ilmiah… bisa dipertanggungjawabkan..

http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/07/karburator-vs-injeksi_26.html

4. vhm - November 24, 2012

»Menyimak

5. nico - November 24, 2012

5

6. icaqnpritha - November 24, 2012

dah ngalami di vixi dulu….aman2 saja

7. hafiedh - November 24, 2012

tes pagi pagi

8. moto.carauntuk.com - November 24, 2012

menarik, dibading karbu

9. vespa ndogh - November 24, 2012

siip

10. fitready - November 24, 2012

Jaman sudah semakin canggih.

11. AhMaYa - November 24, 2012

injeksi emang Top

12. Bagol - November 24, 2012

Bermanfaat :) Terimakasih :)

13. ricky - November 24, 2012

Kehabisan bensin gak masalah kok…. tinggal isi bensin sesuai kompresi mesin aja.. Abis itu biarin bentar trs nyalain kunci kontak… Btw sedotan pompa injeksi kuat kok…. Bensinpun lgsg ngalir… Jd ga perlu kawatir…..

bark.sevend - November 25, 2012

yaaa bener banget..! kalo abis tinggal isi lg dan putar kunci ke posisi on. kemudian matikan lg. putar lg ke on.. ulangi 3x aj uda siap di pake lg.. fuelpump uda siap nyemprot..

14. RoysCell-FastPay Bwi Vedc-mlg - November 24, 2012

tapi motor vixion temen ane baru 2x kehabisan bensin langsung ada part yg diganti dan habis diatas 1juta.

kerja motor - November 24, 2012

lihat fuel meter dong kalau bensin habis kan malu, kecuali kagak ada uang ….

Endel - November 24, 2012

Mesakke temen…. Kuat tuko motor ra kuat tuku bensin….. Ijolke pit ontel wae motore….

krokodol - December 2, 2012

vixion abal2 gak pake inject kale….

15. Didin - November 24, 2012

Kalau kehabisan bensin ga punya uang di dompet gimana solusinya pa hj? Dorong……..

Taufik - November 24, 2012

ya cari spbu yang pake debit/credit card :mrgreen:

cbberirama - November 24, 2012

cari depot bensin eceran
ninggalin ktp/stnk
biasa klo di kampung
pengalaman wkwkwkk

Prayitno Pakno Narshed - November 24, 2012

di kampung ane udah gak jaman kalo ga bawa dompet ninggalin ktp, yang jualan udah pinter ktp gak laku dijual mas sini helmnya ditinggal disini…barangkali yg jualan juga males ngurusi kalo yg punya ktp gak balik, intinya yg penting duitnya tetep…

krokodol - December 2, 2012

Jangan naik motor/mobil gak punya uang, ya melaku(jalan kaki) lebih irit dan sehat tapi keringatan

16. Laskarjawa - November 24, 2012

Makasih emponya.

17. Red - November 24, 2012

telaaat…..

18. adib - November 24, 2012

oow

19. Laskarjawa - November 24, 2012

@didin. ngutang dulu. kalo ga kenal hpne tinggal buat jaminan.

dinard - November 24, 2012

pas dah kayak pngalaman ane..duit tinggal 3 rebu bensin abis..mau beli ke SPBU malu…akhirnya nyari bensin eceran beli stngh liter dengan alasan dompet ktinggalan…hahahahaha

AR-FI - November 24, 2012

hehehe,,, pengalaman yang indah

20. gondez - November 24, 2012

nambah ilmunya :D

21. kym - November 24, 2012

thx kang taufik bwt articlenya, perlu pembahasan mendalam & trobleshoot neh tentang system injeksi motor, sudah cukup-kah pihak atpm mengedukasi masyarakat yg kian kritis.

Taufik - November 24, 2012

ya mas bro, akan pelan pelan

22. Kelana 97 - November 24, 2012

Info berguna :)

23. gololo - November 24, 2012

pgm fi memang jossss

24. Slamet Moelyo Redjo - November 24, 2012

ƍªќ ngaruh kang la wong wes tau kentekan bolabali yo gpp mlah tkan saiki sehat ae vixiq

25. kuro balap - November 24, 2012

klo accu nya tekor gimana lek….?

zoel - November 24, 2012

Ga pernah trjadi… 4thn pake vixi , accu tetap awet, ga prnah disetrum, kan sdh pake accu MF (maintenance free) standar pabrik.
Kecuali itu motor dipake sentolop senter buat nyari kodok terus tiap malam… Accunya ya jebol.. Ngerti ora son..

krokodol - December 2, 2012

tuku meneh sing anyar, ngono koq takon…

26. akang - November 24, 2012

Pencerahan…

27. Alfido™ - November 24, 2012
28. manteb - November 24, 2012

bukan bensin abis yg bikin paranoid,tapi kompresi tinggi vario 125i yg bikin phobia.kompresi 11 : 1 ndak dijelaskan ke konsumen kalo itu hrs pake pertamax.skrg korban sdh mulai berjatuhan.di kantor saya aja smua yg pake vario 125i mengeluh busi yg gampang mati.lah wong diisi premium.ya KO businya.Tiap bulan ganti busi.Gimana mas taufik?Kapan diangkat masalah ini?Supaya tidak bertambah korban biker yg mau beli motor sesuai kemampuan dan kebutuhan.

joko - November 24, 2012

maklum, motor tipu-tipu, mesin spek pertamax disuruh isi bensin biasa, ya akal-akalan pabrikan biar laris dan beli lagi

suksesadsen45 - November 28, 2012

Kadar timbal yang tinggi bikin mesin mbrodol semua, di tempatku bukan hanya tipe tertentu saja kok, hampir semua kena gara-gara BBM bersubsidi banyak timbal…

Who Am I - November 24, 2012

Sayap TUTUP MATA Bro.
Yang PENTING JUALAN LARIS, KL Pario Ngorok Penyakitan, itu derita LOE yg mau beli Pario Ngorok

Ucrit - November 24, 2012

Koq WTF adik saya baik-baik saja ya, padahal premium terus, maklum pinggiran susah pertamax.

sastro wardoyo - November 24, 2012

di suruh sabar dan tawakal aja bro..teman.nyaa… itung2 ngamal sama pedagang busi karna penjulan busi.ny laris manis,,,

sean - November 24, 2012

Ini koar koar terus dari dulu mpe sekarang busi vario cepet mati.

Motor berkompresi 9 ke atas seharusnya pakai oktan 90. Tapi karena pemerintah cuma bikin premium beroktan 88 ya itu resiko yang harus diterima sama konsumen.

Ente kaga bisa maksain blogger buat bilang vario mesti pakai pertamax. Lha wong ninja yang kompresinya 12 lebih juga banyak yang pakai premium..

apa ajah - November 24, 2012

yah malu bisa bli motor mahal tp ga bs bli pertamax…

Hawk - November 25, 2012

ko salah pemerintah, ya salah konsumen pengen motor itu tapi gk mau beli pertamax / pertamax plus.

otaknya dipake dong jangan dipajang doang.

suksesadsen45 - November 28, 2012

premium yang menggiurkan….
udah, gampang kan tinggal ganti pertamax aja susah banget.
kalo pake pertamax masalah hilang, ya kudu diganti pertamax donk.

Top Gear - November 24, 2012

gan, klo kompresi tinggi diisi bensin oktan rendah akan menimbulkan knoking yaitu bensin terbakar sendiri sebelum busi menyala. Pengalaman saya: mesin jadi kasar kalau dipacu & di pinston akan ada bekas seperti pukulan. Ganti pertamax saja, motor ane yg kompresi 9:1 diisi pertamax & ga ada masalah (cuma satu masalahnya: mesin enak digeber & hilang gejala knokingnya). Ganti pertamax ga rugi kok.

new vixion - November 25, 2012

Setuju sm bro manteb n topgear , mesin kompresi 11 wjib pake bensin oktan 92 keatas (pertamax ,shell dsb) kalo pake bensin kismin aka premium pasti ngelitik,mbrebet dsb, jangka pnjangnya piston akan baret/bolong, itu yg gk dijelasin wtf wjib pertamax ,
Ane takutnya. Ntar cb150r jg gitu ,enggak dijelasin bhwa kompresinya 11 aka mesin CBR yg dibangga2in DOHC itu notabennya wjib bensin oktan 92 keatas pertamax dkk, tp diisi premium, yo eman rekk mesine…. mbrebet ngelitik jilid 2 :mrgreen:

new vixion - November 25, 2012

Setuju sm bro manteb n topgear , mesin kompresi 11 wjib pake bensin oktan 92 keatas (pertamax ,shell dsb) kalo pake bensin kismin aka premium pasti ngelitik,mbrebet dsb, jangka pnjangnya piston akan baret/bolong, itu yg gk dijelasin wtf wjib pertamax ,
Ane takutnya. Ntar cb150r jg gitu ,enggak dijelasin bhwa kompresinya 11 aka mesin CBR yg dibangga2in DOHC itu notabennya wjib bensin oktan 92 keatas pertamax dkk, tp diisi premium, yo eman rekk mesine…. mbrebet ngelitik jilid 2 :mrgreen: :)

new vixion - November 25, 2012

Setuju sm bro manteb n topgear , mesin kompresi 11 wjib pake bensin oktan 92 keatas (pertamax ,shell dsb) kalo pake bensin kismin aka premium pasti ngelitik,mbrebet dsb, jangka pnjangnya piston akan baret/bolong, itu yg gk dijelasin wtf wjib pertamax ,
Ane takutnya. Ntar cb150r jg gitu ,enggak dijelasin bhwa kompresinya 11 aka mesin CBR yg dibangga2in DOHC itu notabennya wjib bensin oktan 92 keatas pertamax dkk, tp diisi premium, yo eman rekk mesine …. mbrebet ngelitik jilid 2
:mrgreen:

vario125 - November 25, 2012

yakin nih kalo sumber masalahnya ada pada premium..?? emang bisa ya premium ‘merusak’ busi..??

mamase - November 25, 2012

Lho? harusnya jadi konsumen ya yg jeli.. ga cuman trimo tuku.. Klo kompresi dah diatas 10.. Hukumnya Wajib Pertamax..
Ga peduli itu Konde, Yamahmud, Kawaksakke, ataupun yg roda 3 sekalipun.. :D

™Arday™ - November 26, 2012

pake 9power bro 2biji buat pengapian, sama broquet untuk catalyst bensin..tmbah joss
gak ngorok lagi tuh pakrio :D

krokodol - December 2, 2012

Yang beli kena jebakan betmen honda

29. sarkub - November 24, 2012

nambah ngerti dikit

30. ngantukan - November 24, 2012

Pencerahan pagi” #cetarrrr

31. bitlow - November 24, 2012
32. Ndy Rosidin - November 24, 2012

Mantap info’na wak haji..! Jd gak ragu lg mo minang motor injeksi..!

33. waskito - November 24, 2012

makasih pencerahanannya kang

34. atmasetyaji - November 24, 2012

kog old vix inject cpt ruak ya wak, mhon penerangan, apa produk gagal? beda dg ymjet fi

35. kakazdenk - November 24, 2012

Reblogged this on zona kakazdenk.

36. malambora - November 24, 2012

Mantap info wak haji

37. nubi - November 24, 2012

Wah info bagus nih.

38. wan33 - November 24, 2012

sip

39. Dre - November 24, 2012

Sip…tapi tetep didorong motor, mesin kan ga mau hidup

40. 9ethuk - November 24, 2012

Sangat bermanfat infonya Mas Taufik. Terimakasih banyak..

41. stoner27 - November 24, 2012

Kalo kehabisan bensin di jalan gampang.. dorong ke pom terdekat, kalo ga punya duit tinggal sebut nama Taufik TMCblog aja..

wkkwkwkwk..

Taufik - November 24, 2012

haduuuh :(

samiono - November 24, 2012

gimananih kang, pengalaman pakai vixi lama… juga pengguna lain, klo bensin habis apa sesusah motor karbu yang pakai membran/kran yang pakai vakum… biasanya susah banget nyalanya… mesti nunggu pakai lama bensin turun ke karbu

42. munglulusanplaygroup - November 24, 2012

Beum pernah kehabisan
Tak layak dicoba daripada repot

43. patox - November 24, 2012

motor dijual buat beli bensin

:-P

krokodol - December 2, 2012

Sudah kejual motornya terus beli bensin untuk masak ndasmu!

44. alez - November 24, 2012

hsx pgm fi ku lancar aja 3x kehabisan bensin gara gara indikator level bensin ngaco. aki tekor juga masih bisa dinyalain mesinnya pake engkol.

"ngelindur" - November 24, 2012

Sama bro,,,
Spx125FI punyaku dulu jg gitu,,,
Besin sering kering,aki pernah tekor…
Semua aman terkendali…
Klo gw bilang tu motor free maintenance banget…
Cuma isi bensin ama ganti oli klo inget tetep eceez… :lol:

anton nugroho - November 24, 2012

masih pake engkol? gak canggih tuh, hua..ha..ha..

45. aboya - November 24, 2012

Kalau Vixie sama gak ya?

46. NouvoZers - November 24, 2012

Tolong pencerahan pemakaian busi yang boros juga, itu karena kualitas bensin nya yang buruk atau…??? Padahal baru 3000 km dah harus ganti..

Top Gear - November 24, 2012

Asap knalpotnya putih??? Oli mesin berkurang??? Cek juga kondisi busi matinya, apakah basah?? kalau basah ada kemungkinan oli masuk ke ruang bakar,,..

Hawk - November 25, 2012

kalo asap kenalpot putih mah oli masuk keruang bakar

Hawk - November 25, 2012

oli ikut terbakar mksdnya, kaya motor 2tak

krokodol - December 2, 2012

emang motor 2 tak.

47. kommotor.com - November 24, 2012

Thankz share ilmunya kang Haji…
http://kommotor.com/fim-rilis-jadwal-motogp-2013/

48. ghost - November 24, 2012

jare rusak juk kudu ganti part e

49. Catur Yogo - November 24, 2012

terjawab sudah . thank’s bro

50. hardiasbantuly - November 24, 2012

kalo habis yaaa…
dorong sampe pom terdekat… wkwkwkwkwk :mrgreen:
Update lage buat si Honda K18

51. fimcbloger - November 24, 2012

Artikel keren kang opik
Nambah pengetahuan lg nii :)

52. An_Syahri - November 24, 2012
53. Abdi suhamdi - November 24, 2012

canggih

54. Vx.Red - November 24, 2012

Kalo vixi ane khabisan bensin bro ya isi lagi baru dah kontak di onin trus di ofin ya kira2 3 pe 4 kalilah biar selang yg ke injektornya trisi lagi bru dah mesin d idupin

55. Bambang Sugeng - November 24, 2012

Berdasarkan beberapa pengalaman user (bukan BC, makanya tidak menyebut merek): motor injeksi anyar (H****, tidak menyebut merek) sering endut2an, itu karena sistem injeksi mereka diklaim menghasilkan semprotan partikel bahan bakar terkecil didunia. Kalau pakai pertamax plus mungkin gak ada masalah tapi kalau pakai premium … (tau sendiri kan kualitas bensin di tanah air). Lebih aneh lagi, ternyata ECU injeksi keluaran anyar pada motor (H****, tidak menyebut merek) tidak bisa mentolelir perbedaan altitude, jadi kalau sampean naik motor itu dari bawah bukit, di puncak bukit wajib reset dan setting ulang ECU kalau gak mau endut2an. Solusinya koplaknya, ya sistem injeksi diganti sistem karburator, dijamin bebas masalah kalau bensin habis, kalau sering turun naik gunung/puncak dan kalau terpaksa beli bensin eceran di pinggir jalan. Atau beli bensin campur dorong :P

yamaho - November 24, 2012

cie cie….pagi pagi udah jualan nih ye….

z1rider - November 24, 2012

Nggak sebut merek juga udah pada tau. Awas kobong ! hehehe :)

aanam - November 24, 2012

Kayaknya mengenai Altitude gak begitu kali, saya udah coba naik ke Malang (cangar dan sekitarnya) dan Ke Air terjun senduro (Lereng semeru lumajang trus naik ke Bromo lewat rute Tumpang Gubuk klakah, malang) Vario 125 dengan pertamax 92 gag ada masalah, dan baik baik saja, rute saya dari surabaya.

kho14 netral wae - November 24, 2012

gak sebut merk tp ada H . .nya

n.s.f - November 25, 2012

Artikel yg mencerdaskan Pak, good job. Inti masalah dsini bukan dr pabrikan, tp kembali k konsumen kita yg “rata-rata” msh belum bgt melek teknologi, apalgi d daerah. Kbykan mereka beli kendraan gk memprtmbgkn mslh ini itu, hnya krena prestise, merk, kepingin, model, bahkan karena hargadiri, tetapi mengindahkan mslh kebutuhan, fungsional, environment yg mndukung, serta kesiapan untuk perawatan berlanjut kndaraan itu sendiri. Bahkn para komentator blogger sprti ini pun sy lihat jg msh ada saja yg tdk bgt ngeh masalah” spt ini, kelihatan dr tulisan” mereka. Masalah sebut merk jika kita mau lihat tulisan” majalah/web/blog asing mrka tak akn segan menyebut merk apapun, bhkn untuk membndingkn baik burukny suatu produk, karena justru dg bgitu kt bs tahu kelemahan dan keunggulan masing” yg mgkin justru bs kembali mnjd kritik yg membngun bg pabrikn apabila ada kelemahan pd produkny. Jadi disini kembli lagi pd konsumen(pembaca), secerdas apakah mereka mgetahui dan menilai suatu produk sblm men-judge(berkomentar) baik/buruk.

sastro wardoyo - November 24, 2012

iyaa jgan sebut merek…haram hukum.nyaa bsa masuk neraka ente…

Top Gear - November 24, 2012

gan, gunungnya setinggi apa sih? 5000m?? anda belum sampai kekurangan udara kan? semakin tinggi permukaan tanah udara semakin tipis. Mungkin bensinnya yang kurang bagus.

kopet bau - November 26, 2012

lo kan bakul atw sales atau calo yang ngaku jadi user biasa. dari bacot lo aja dah ktahuan

krokodol - December 2, 2012

Ya isi alkohol 70% juga boleh untuk yg kepepet. Tapi mo beli dimana utk literan ntar ditangkep polisi.

56. Tricker - November 24, 2012

Dulu ada yang pernah bilang ke ane kalo mesin bertype FI kalo ke habisan BBM trus di isi BBM lagi katanya tetep gak mau hidup mau gak mau harus ke bengkel resmi. apa bener itu ?

vario125 - November 25, 2012

coba baca ulang artikelnya bro..

krokodol - December 2, 2012

Yg gak bener yg bilang itu.

57. denymon - November 24, 2012

jadi fuel pump gak harus terbenam dalam bensin ya om?

58. g-sonk - November 24, 2012

KAPAN SUZUKI RILIS SATRIA HYPER INJECTION YA ? KLAIM MOTOR PLUS SISTEM INJEKSI SAAT INI BLM ADA YANG MENGALAHKAN SHOGUN FI

Achmad Syaroni - November 25, 2012

Betul mas bro, saking gak ada yg ngalahin sampe langsung dijual ama pemiliknya, nih lihat di http://achmadsyaroni.wordpress.com/2012/11/20/shogun-fi-akhirnya-dilego-karena-cukup-banyak-bermasalah/ malahan shogun terbaru aka axelo emoh pake injeksi lagi!

59. Nevermore - November 24, 2012

Ane baru ambil Vario 125 baru jalan 400an km kok nyendat2 yaa??padahal bensin full..

kho14 netral wae - November 24, 2012

coba cek di welove honda masbro,

Nevermore - November 24, 2012

Makasih info nya gan :)

sastro wardoyo - November 24, 2012

coba di cek…1..2…3… cek cekk cekk..

wasduk - November 24, 2012

koyo numpak jaran asyeeekkk

krokodol - December 2, 2012

Stel klep !!!

60. renhan - November 24, 2012

nice…

61. dave - November 24, 2012

ada baik nya jika setengah tangki doang kosong nya langsung di isi full,, bukan gt mas? ada kah keuntungan dari hal tersebut selain tidak perlu takut keabisan bensin?

Taufik - November 24, 2012

menarik nanti kita bahas terpisah

vario125 - November 25, 2012

keuntungannya adalah kita akan ‘kehilangan’ bensin lebih sedikit akibat penguapan. jika semakin sedikit bensin di tangki maka penguapan akan semakin besar akibat adanya udara yang semakin banyak di dalam tangki. cmiiw

h4ry - November 25, 2012

sedikit meluruskan, faktor penguapan itu kalau gak salah berbanding lurus dengan luas permukaan, bukan volumenya. bensin di dalam botol dengan bensin di dalam ember jika sama2 terbuka lebih cepet habis yang di ember, karena permukaannya lebih luas, itu sifat dari cairan. maaf kalau saya salah.

vario125 - November 26, 2012

@h4ry
thx atas koreksinya tapi contoh yang diberikan kurang nyambung. sebaiknya pake perbandingan antara tangki tidak penuh dan penuh saja, gak perlu contoh yang lain karena penggunaan pada motor yang sama. ingat cuma beda kosong dan tidak kosong saja. faktor lainnya sama

krokodol - December 2, 2012

Motor saya gak pernah habis bensinya karena milik SPBU.Wkwkwkwkwk…..

62. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - November 24, 2012

H canggih… kalo liat WTF sih kalo mw naek turun gunung kudu setel ECU… kalo Y mah… halah…

masa ECU dari beli ampe dibawa naek turun gunung gak setel ECU?

:lol:

kukang - November 24, 2012

ini nih kalo katanya katanya…
noh di gunung muria banyak yang naik pake vwtf

aanam - November 24, 2012

ya, banyak yang katanya doang, gak merasakan sendiri, trus di sampaikan lagi dengan bumbu bumbu yang membikin orang jadi sangsi, padahal sejatinya gak seperti itu.

vario125 - November 25, 2012

bagi yang punya dan yang katanya gak masalah, coba jalankan motornya dan catat brp top speednya. masalah yang timbul itu bukan mati tapi tarikan jadi berat karena komposisi udara dan bensin tidak seimbang. gimana mo seimbang, lha parameter ECU-nya aja gak lengkap

Dreadlock - November 24, 2012

temen ane bawa wtf ke sarangan tetep jalan kok. cuman kalo pas berhenti mesin pasti mati kayak idle kerendahan, padahal pas di kota normal idle nya. Well memang masih harus disetel kayaknya. Tapi tetep gak masalah juga kok :mrgreen:

63. Rudy Soul - November 24, 2012
64. paztiee - November 24, 2012

oh begono toh

65. p200ns - November 24, 2012

salama ini memang re-fuel sblm mencapai bar merah / sdh tinggal 2 bar paling bawah.
dgn artikel ini semakin paham.
terima kasih.

o iya, injeksi merk selain disebut diatas begitu juga kan….? :-)

krokodol - December 2, 2012

injeksi mobil gak sama

66. shinju2go - November 24, 2012

Jadi inget mobil diesel dulu kalo kehabisan solar harus mompa dulu supaya solarnya naik ke injeksi…
Trima kasih infonya Kang Haji sangat berguna sekali nih…

Tentang PP no 44 tahun 2009

http://blog.kawasakijatim.com/moge-motor-roda-2-haram-masuk-tol-pp-no-44-tahun-2009/

67. Newcomer - November 24, 2012

Wah modul ilustrasinya milik honda pgm fi yamaha nggak ngasih pak haji???katanya pabrikan yg paling siap…

68. kasamago - November 24, 2012

mantab infonya, penjelasan spt ini hrsnya tersedia di buku manual kendaraan.

oyo - November 24, 2012

setuju mase.

krokodol - December 2, 2012

Nyatanya gak ada sama sekali

69. Bearing - November 24, 2012

turut berbelasungkawa bagi pemilik Vario125

z1rider - November 24, 2012

Bela sungkawa dalam bentuk sumbang busi ? Aseeekkk :)

Bearing - November 24, 2012

businya indent ..wkwkwkwkwk

z1rider - November 24, 2012

Yaaahhh… teganyaaa… *gapapa lah, yang penting gratis tis ! :)

sastro wardoyo - November 24, 2012

smga ada fanpage tentang gerakan ” sumbangan 1000 busi untuk pario125 “

wasduk - November 24, 2012

ikut prihatin…

caca - November 24, 2012

Wew, berbelasungkawa kenapa ya broo? Ada apa dgn vario 125? Ane make motor honda vario 125, tapi gag pernah ada masalah tuuh..,
Awal2 mgkn ane kira ada masalah krn suara nya,
Dan setelah ane tanya ke bengkel resminya Honda ternyata itu suatu ciri khas tersendiri dari vario, dan suara itu dipastikan gag akan membuat masalah di mesin, apa lagi performa motor.. Mereka malah menjamin loh broo..
Dan ternyata hal itu beneer, ane pake selama ini ternyata emang gag ada pengaruhnya sama performa mesin Honda vario 125 ane..naik2 aja tuuh. So, yg blm pernah make vario mending dicobain dlu deh sebelum berkomentar yg asal. :)
*hanya sekedar berbagi informasi.

vario125 - November 25, 2012

sudah di coba di jalan tanjakan pada kecepatan di atas 60 km/h bro..?? sudah coba juga langsung putar gas agak dalam..??

Gantungan Kunci - November 25, 2012

Ngorok kok cirikhas ? hauhahua… aku aja agak kecawa beli nih motor, setelah service pertama ndut ndutan, tenaga tiba2x ngempos, suara ngorok makin kenceng. pernah sampai berpikir mau jual tuh motor. tapi pasti harganya turun lumayan banyak, karena kelemahan vario 125 dah banyak yang tau. kata diler motor bekas vario lama lebih dicari dari pada vario 125 ini :(. ini busi dah aku ganti pake Jupi MX gejala ngempos dan ndut2xan hilang. ya semoga saja dapat awet businya. ternyata setelahh beli busi Jupi MX denger2x ada program dari bengkel A*H*M kalo ada penggantian busi greatis Vario 125 :(

krokodol - December 2, 2012

Nasib…nasiiiiiiiiib!

70. wayne wondo - November 24, 2012

periuk pnya nyokap ane fine2 aja tuh meskipun pake premium

krokodol - December 2, 2012

Dah berapa anak brojolnya??

71. adegondang - November 24, 2012

klo dilihat dari skema tadi sepertinya emang dianjurkan bahan bakar yang residu nya minim!

krokodol - December 2, 2012

Residu…???

72. wiwi - November 24, 2012
73. kho14 netral wae - November 24, 2012

ajib wak ditunggu pencerahan lainnya, dealer mung bisa jual tok sama ngibulin konsumen tp gak mau mencerdaskan konsumen

74. Gondrong - November 24, 2012

Pokok’e mongtor injeksi skg jgn takut kehabisan bensin, aman terkendali. Tp kalo bisa diisi rek, kalo tangki kosong sungguh terlalu… :D

*ganti nickname beat ngebul = Gondrong

75. hi hi hi - November 24, 2012

Itung isi bensin jangan asal liat fuel gauge aja, hafalin cons bbm motor kita juga, dan kalau isi dipasin kalau dah km berapa. Insyaallah pas dan gak sering sering ke pom. Motor gw 20rb premium sekitar 175km an.

Tricker - November 24, 2012

20rb premium dpt 4,44 liter jarak tempuh 175 km
berarti 175 : 4,44 = 39,41 km/liter jadi paling nggak 40 – 43 km/liter krn ada sisa di tanki motor apa ente apa om ?

krokodol - December 2, 2012

Pertanyaannya lucu ya….

Tricker - November 24, 2012

motor apa ente apa om ?
——————————
ane ganti om
motor nya om, motor apa ?

hi hi hi - November 24, 2012

spacy karbu kakak

76. titok - November 24, 2012

wah kalo begini bs menjawab semua..jelas dan tak meragukan

77. Care - November 24, 2012

Sistem PGM FI emg canggih ya,dari fuel pump bahan bakar akn lgsg ddistribusikan lewat selang bahan bakar menuju injector saat kunci kontak dposisi ON dan akan menstop suplai bensin dsaat tangki kosong(bensin habis).

vario125 - November 25, 2012

emang cuma PGM FI aja yang gitu..?? hadeh….

krokodol - December 2, 2012

motor bebek lawas saya gitu juga…hadeeeh

78. Rollerman - November 24, 2012

apapun itu,mau teori A atau Teori B,siapa sih yg mau kehabisan bensin???toh sekarang dah enak,ada indikator bensin,pom bensin bnyak,bensin eceran juga ada (ini kalau d pulau jawa,kalau pulau lain beda cerita)
kalau bensin tinggal dkit,ya isi aja,apa susahnya menjaga bensin agar tetap ada…

☢Xyde - November 24, 2012

yg susah kadang tiba2 kantong kempes..,

vario125 - November 25, 2012

kalo udah tau kantong mo kempes, ya jangan dipakai motornya. apa susahnya sih lihat indikator..?? kecuali kalo indikatornya error atau mati

krokodol - December 2, 2012

Orang pelit !

79. faiz - November 24, 2012

trimakasih kang bermanfaat sekali.

80. faiz - November 24, 2012

trimakasi bermanfaat sekali.

81. Mahonda - November 24, 2012

Alhamdulilah,matur tengkyu sebesar2nya mas haji.. Info yg sangat penting nich,jg ga perlu risau lagi, soale ak tu ‘gladrah’ hehe

82. kphmph - November 24, 2012

jadi tau…

83. unyil - November 24, 2012

yoi bro. Ane pemakai SUPRA 125 PGM FI th 2009.. Pernah alami bensin habis, trus isi bensin langsung starter motor jalan deh. PGM FI emang oke.

84. Riky - November 24, 2012

Thankyou bro, informasi yang sangat bermanfaat sekali buat pengguna motor injeksi…:)

85. Sinjo - November 24, 2012

joss

86. acil - November 24, 2012

siip

87. blackok - November 24, 2012

maaf wak haji itu gambar di atas punya honda semua kok yang jelasin orang yamaha ?

krokodol - December 2, 2012

orang yamaha mampunya beli honda !

88. kiluazolndix - November 24, 2012

Wah wiki Jan sip income walk haji..

89. ujang lele - November 24, 2012

Wak, itu fuel pump diisi lg dgn bensin yg sesuai dgn spek mesin mksdnya apa? fuelpumpnya atw tangkinya yg diisi bensin??klw fuelpumpnya,brrti hrus dikeluarin dulu donk dari tangkinya. . .mhon pencerahannya…

krokodol - December 2, 2012

hadeh…ya tangki bensinnya diisi bensin masa’ kamunya?

90. z1rider - November 24, 2012
krokodol - December 2, 2012

kebetannya cuma dr Honda.

91. windy - November 24, 2012

maluuuu…motor keren, tp duit isi bensin kaga ada…cape dee!! kecuali buat anak2 alay, biasanya spido pasti di copot alasannya copot spido motor makin kenceng…wkkwkkwkwkww

92. pr - November 24, 2012

Trims Wak Haji menepis keraguan akan motor injeksi, dr dealer cm dikasih sedikit bensin dah seminggu nunggu stnk.

93. Nn - November 24, 2012

tes Minerva gk kluar2..?

Hawk - November 25, 2012

iya nih gk keluar”

onah - November 26, 2012

Stubuh, dh di tungguin tap g keluar,,,, cz pengen beli nih motor

krokodol - December 2, 2012

Ya dikeluarin aja pelan2….

94. Slamet Moelyo Redjo - November 24, 2012

All:
Hus jo ngece wtf
Wtf bodine apik koq bensine yo irit.
Nek ƍªќ percoyo tuku dewe lek dirasakke dewe to.
Mesti lak loncat2 motore……
Yakin lah

Dreadlock - November 24, 2012

Setuju ajah. Tapi injeksinya gak secanggih mio j. Bisa dibuktikan kalo naik gunung. Pasti idle vario 125 turun, dan mesin mati. Kalo mio j tetep anteng aja. Yah ada plus minusnya sih ya. Tetep suka body dan fitur honda vario 125.

krokodol - December 2, 2012

mio j kalah sama spacy Fi .

95. SuRyA - November 24, 2012

Wah nambah ilmu kang
makasi kang

http://www.dk8000.co.nr

96. wasduk - November 24, 2012

dagelan tok

97. Nofgi - November 24, 2012
98. black vixion RR - November 24, 2012

ternyataaa, kabel saklar yg deket sambungan ke kabel body putus
digigit tikus … oh mai gat,
bener kt bro taufik, kl ampir kehabisan bbm, sensor akan mematikan fuel pump sehingga menghindari kerusakan akibat overheat.
nah ga perlu takut pake motor injeksi lagi kan???
motor injeksi perawatanny lumyan mudah, bersih” saringan, cek injektor n sensor2, kelistrikan, ganti oli rutin, n yg paling penting, perhatikan kebersihan bahan bakar anda.

tengkyu bro taufik, ud bersedia bantuin info n kasih solusi.
^^
salam injeksii!!!!

99. bang jay ngeblog - November 24, 2012

keren gan artikelnya, salam kenal ya gan
Bang Jay Ngeblog

100. uyy - November 25, 2012

wtf = what the fuck?

krokodol - December 2, 2012

wtf=wait to fuck

101. temonsoejadi - November 25, 2012

siap-siap dorong..hehhee

nitip mas,renungan misteri kehidupan
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/11/24/apa-di-balik-kehadiran-bocah-misterius/

suwun..

102. Leopold S - November 25, 2012
103. pemerhati - November 25, 2012

62. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – November 24, 2012

H canggih… kalo liat WTF sih kalo mw naek turun gunung kudu setel ECU… kalo Y mah… halah…

masa ECU dari beli ampe dibawa naek turun gunung gak setel ECU?
=================
Terima kasih atas BC mu, WTF berplat putih makin banyak saja dibanding mio J, apalagi xeon, kalau Beat injeksi gak usah ditanya deh, walau masih baru rilis sudah berseliweran.
Thank for your BC Roy and konco-konconya. .

104. agung - November 25, 2012

joss!!

105. Pippet - November 25, 2012

Izin share wak

106. nha - November 25, 2012

Ya pasti mogok Kang

Buat pak Jokowi biar Jakarta ngak macet nih solusinya.

http://mrcmd.wordpress.com/2012/11/24/pesan-untuk-pak-jokowi-cara-mengatasi-kemacetan-di-jakarta/

107. vhm - November 25, 2012

pembahasan yg menarik kang haji,
info dari teknologi terbaharukan suatu produknya dapat.menurut saya teknologi apalagi yg diperbarukan tujuannya meningkatkan efiensi segala sektor,dan sebagian besar pengguna melihat value dari teknologi tersebut,hanya mengingatkan bahwa kita hanya pengguna/konsumen bukan produsen,ini produk outomototif masbro jadi erat kaitannya dgn teknologi terbarukan…ya gak.jd manfaatkanlah seoptimal mungkin value tadi,mulai durability,kecepatan dan tenaga sampai fungsionalitasnya.kalaupun yg suka speed freak mbok ya disesuaikan mulai bbm,oli dan alat lain penunjang kecepatan(mau ngebut dimana?)Setidaknya pilih produk sport lah-beda lg yg sebagian besar cuma untuk pakai komuter rute kantor-sekolah-rumah-pasar… :D .semua produk pasti ada kekurangannya yg disini(maaf saya abaikan dulu).tujuan penulis saya rasa bukan mencari “aib” suatu produk.efisien itu bukan dosa,tapi lebih ke penjelasan cara kerja teknologi dan antisipasi apabila ada troubleshoot,kalau ada kekurangan sana-sini yg diperlukan masukannya,sukur-sukur inovasi tepat guna-maklum indonesia bukan jawa atau jabodetabek saja.maksud saya disebagian kemudahan seperti kondisi jalan,bbm,sparepart dll jauh kondisinya dgn pulau jawa sampai bali.jadi ingat tulisan kang haji bbrp waktu lalu motor injeksi yg kira-kira: “…buktinya kijang peralihan ke injeksi baik-baik saja…”
Saya bukan FB atau ingin BC,Yg justru saya heran sekarang banyak yg ahli mesin koq belum terdengar kabar “…motor dengan mesin karya anak bangsa yg hanya pakai karburator-yg hanya 4 silinder-yg hanya 200cc yg segaris atau V atau silang atau rebah atau apa saja bisa sekian ratus km/liter torsi badak dll.
Wuiiih sungguh berat masbro…inovasi,value,efisien

*pernah terkesan dgn alpa & crystal pd zamannya

108. wawan - November 25, 2012

info untuk pengguna vario injeksi terbaru. Tapi info ini bukan kesimpulan umum. Sifatnya mungkin sebuah kasus yg saya alami. belum satu bulan saya beli Vario 125 FI, dua kali saya merasakan endut-endutan (Bahasa Sunda) di tenaga mesin Vario, kasus ini saya alami di jalan tanjakan, tetapi sampai dipuncak tanjakan, tenaga motor kembali ke posisi awal. Bertenaga dan responsif. Saya bertanya-tanya dalam kepala saya (bukan kepala orang lain), mengapa motor saya terasa seperti itu ?

krokodol - December 2, 2012

Wtf motor abal2 cari untung dr Honda dg custom menarik tp mesin standart

109. bitlow - November 25, 2012
110. Pramudita Ananta - November 25, 2012

kalau udah bensin habis, aki mati, nd ada kick stater??

krokodol - December 2, 2012

Buat pajangan aja..

111. cah solo mbelink - November 26, 2012

Ditunggu pembahasan tekniknya kang, manteb dan gratis lagi, nggak usah mbayar training.

112. beckhem - November 26, 2012

waseem……..ketipu mentah2 mitos bensin habis total di motor injeksi kudu dibawa kebengkel…..ckckckk………..

krokodol - December 2, 2012

pengalaman pribadi ya ?

beckhem - December 3, 2012

belum sampe, tapi begitulah yang diwejangin kalo punya motor injeksi, jangan sampe habis bensinnya……ckckckk……..

113. bachtiaryuan - November 26, 2012

like info pa haji….

114. zid - November 26, 2012

jaman makin canggih….tak perlu khawatir

115. Nu Kasep - November 27, 2012

Seperti persepsi aku dulu bahwa low sensor yg berhubungan pelampung pada fuel tank akan mengirim sinyal ke ECU, sehingga ECU tersebut akan dg otomatis mematikan fuel pump

116. I L E M - November 27, 2012

wong jamannya udah semakin canggih, ya gak bisa ikutin model yang dulu lagi, teknologi injeksi sudah pas dengan kebutuhan masyarakat umum saat ini…… betul????

117. FuadStuxnet - November 27, 2012

pokoknhya injeksi mantep dahh gag perlu lagi diregukan ini itunya, sesungguhnya tekhnologi dibuat untuk memudahkan manusia, bukan untuk menyulitkan :) salut bwt yang jadi pelopor injeksi diindonesia :D #ngelirik Honda

118. rei - November 27, 2012
119. comel - November 28, 2012

Penjelasan yang saat bermanfaat buat orng2 yang baru menggunakan injeksi, tapi setiap produk yang baru atau yang lama pasti ada kurang lebihnya.

krokodol - December 2, 2012

kurangnya: duit
lebihnya: banyak maunya

120. Yoko - November 28, 2012

Wah jadi nambah nih ilmu…keren banget.,.. gw juga pake injeksi merk Honda..yah prinsip gw sih gmw ampe kehabisan bensin dijalan,.,hahhaa…jdi pas masuk ke titik rawan (mu abis) cpt2 di penuhi lagi…Tp, skelas Honda sih percaya lah udah bisa memprediksi kebutuhan konsumen..jadi fine aja…

121. Nieno - November 28, 2012

Thank’s ya bapak2 buat saranya , ini sangat berguna banget buat kami yg menggunakan motor injeksi.,.

122. surya lencana - November 29, 2012

kalo ini fuel pump otomatis mati ketika bensin mau habis, jadi jgn bayangkan nyala terus sampe modar

123. surya lencana - November 29, 2012

Untuk hal ini tmcblog mencoba mencari tahu dengan mencoba bertanya pada dua sosok teknis di pabrikan yamaha dan Honda .

124. andre - February 11, 2013

trimakasih informasinya, jadi saya ga perlu was-was lagi pake motor Fi, kebetulan pake vario 125…cuma saya lagi cari artikel tutorial cara servis injektor Vartec 125 sendiri….maklum menyalurkan hobby..pengen banget tau…biar ga ketinggalan teknologi boss…kali aja para Master ada yang bahas

125. m.fandy - February 13, 2013

thanxs atas info nya

gbung jga yaa
http://motogp.unsri.ac.id/

126. Itravel Foryourtraveling - March 8, 2013

Boleh tanya Om, saya pakai motor matic – PGM Fi, sudah 3x saya mengalami kejadian serupa. ke3 kejadian itu , pas dimana saya gak pernah manasin motor setiap mau pergi. pas di perjalanan saya gunakan ngebut kecepatan 80- 90 sepanjangn 10km, pas sampai mau ke traffic light, tiba-tiba motor mati sendiri setelah gas motor saya kendorkan. Ini ada masalah apa ya? boleh minta masukan dan infonya. makasih

127. Itravel Foryourtraveling - March 8, 2013

Saya pakai spacy PGM-Fi (injection), sudah 3x pernah mengalami masalah mati mesin tiba tiba setelah saya gunakan untuk lari kencang, dengan posisi gak saya kecilkan disaat ada traffic light merah. Ini ada masalah apa terhadap motor injection? kalau bensin masih fuel. Takut bila ini terjadi ditengah keramaian dan macet.mohon bantuan informasi untuk mengatasinya. bisa di kirim info ke bujang_palok_koe@yahoo.com. makasih

128. Itravel Foryourtraveling - March 8, 2013

mohon infonya

129. wendy - March 18, 2013

berarti pusing juga yah punya motor injektion…….

130. Brembo Seo - March 27, 2013

terimakasih inponya salam sukses..

131. rosi - May 26, 2013

motor injeksi pasti yamaha…tidak breeebeet tidak endut endutan.tidak gampang ganti busi……pasti bensin …bandingkan yg lain pertamax bikin kantong bolong

132. lexnovo - June 5, 2013

punya motor jgn cm naikin doang, isi pertamax

133. ipanase - June 5, 2013

wah saya belum komen :D

134. maygunrifanto - June 5, 2013

wak haji, pembukaan artikelnya lucuu… “…..salah seorang Pengunjung tmcblog di medan menanyakan perihal motornya yang kehabisan bensin secara tiba tiba….” mana ada kehabisan bensin secara tiba tiba, males ngisi kali orangnya…. bensin udah ” low” ntar ntar ntar.. keburu habiss… hehehe….

135. heri - June 5, 2013

kalau ga aman malah aneh kayaknya, masak cuman gara-gara bensin habis motor jadi rusak?

136. b2kproject - June 5, 2013

Klo vixy 2010 abis bensinnyj gmjna pak haji?

137. romesleh - June 5, 2013

jangan khawatr, biar abis bensin, biar dibawa naek gunung, bahkan ada air skalipun masih aman… ga bakal rusak. para insinyur disono udah antisipasi semua kemungkinan itu… yg ngerancang tu injektor orang penter dan ahli semua…. jangan sok pinter dan sok ahli deh.

138. dave - June 6, 2013

tetep takut lha mas,, takut dorong ke spbu terdekat.. :p
capee..

139. gayud tukang balap - June 28, 2013

ah yang pnting bisa berhenti berroo
dulu speda saya remnya pake sandal jepit aja bisa berhenti…..®
hihihihihihihihihi(^,^)

140. sumantri - July 3, 2013

Makin canggih,dijamin makin ribet perawataannya. Seperti doi, makin cakep makin tinggi tuh budgetnya.

141. imam multa arief - August 5, 2013

terimakasih pahaji, ane jdi ga ragu lg bwat beli mtr FI .

142. Herry Rendra - August 25, 2013

rasanya sih budget nya harus nambah lagi .. perawatan memang perlu untuk injeksi !! kendala nga boleh bensin habis ?

klo mati di tengah malam nga ada bengkel resmi yg nanganin elektroniknya gimana ??

143. dafie bogiel - October 18, 2013

bang numpang tanya gue ngalamin mtor mio j pada posisi kontak on tpi x0q gak dengung knpa..?
Tlong solusinya bang.

144. abuabbas1 - February 25, 2014

ilang penasarane, makasih
tips trik mekanik motor terapan
http://auto-champion.blogspot.com/2013/12/tip-dan-trik-mekanik-motor.html

145. Papa_DaDu - May 16, 2014

Numpang Iklan Ya…..agan2 dan sista2.. klo motor injeksi kompresi tinggi tetep mo pake bensin oktan tinggi dgn harga murah, ya tinggal teteskan saja akashu hpa 08. di jamin ngejoss.. 1 ltr bensin RON 88 + akashu 3 tetes = premix RON 95. oke gak tuh.. di jamin ngejossssss. Udah ngalahin pertamax Plus yg cuma sampe RON 93… yg berminat order via email : azis.suryana@gmail.com.. tks atas kesempatannya…

146. saleh - May 19, 2014

Motor sya honda spacy FI, bensin keluar terus di antara sambungan tangki bahan bkar dan pompa injector, bagaimana cara menyambung nya agar bensin tdk keluar terus. Trims

147. Yelpi Dewita - May 31, 2014

bro, berpengaruh atw tidak pada mesin ijeksi motor verza 150,bila sering sedot bensin memakai selang melalui tangki atas, soalnya buat bisnis eceran???



%d bloggers like this: