Bro sekalian, salah seorang Pengunjung tmcblog di medan menanyakan perihal motornya yang kehabisan bensin secara tiba tiba . . . apakah hal ini akan merusak mesin atau sistem Injeksi seperti fuel pump? Untuk hal ini tmcblog mencoba mencari tahu dengan mencoba bertanya pada dua sosok teknis di pabrikan yamaha dan Honda . . . adalah Pak AbidinnManager technical Support Division sebagai nara sumber dari YIMM dan Pak Sarwono Edhi dari Tech. Training Dev AHM . . . bagaimana menurut mereka berdua?

Pada dasarnya jawaban keduanya mirip yakni di sistem terkini Injeksi Honda dan Yamaha hal tersebut tak perlu dirisaukan . ..  Menurut pak abidin pada sistem FI yamaha seburuk buruknya adalah Pada saat bensin turun maka tekanan fuelpump akan turun dari nilai normal yang berkisar di angka 250-300 KPa . . . lalu setelh itu Tersendat dan EG akan OFF . . . EG Off disini maksute ECM menyetop sinyal ke Fuel Pump dan fuel pump Berhenti bekerja.

InjeksiYamaha10

Gimana setelah itu . . . ya menurut keduanya tinggal isi aja fuel pumpnya dnegan bensin yang sesuai dengan spek mesin . . . lalu putar kunci kontak . . . biasanya akan tedengar bunyi mendengin yang merupakan updaya fuelpump untuk memompa bahan bakar ke selang bahan bakar dan mempersiapkan tekanan yang sesuai untuk pembakaran sekitar 300 KPa . . . setelah itu menurut keduanya dalam keadaan normal motor akan balik lagi ke kerja semula

InjeksiYamaha3

Ketakutan para pengguna mesin Injeksi adalah karena kasus yang biasa terjadi di mobil mobil injeksi (terutama diesel) jaman (sistem return pipe) dahulu dimana jika kehabisan bensin maka fuel pump akan bekerja dan akan membawa udara yang dapat ‘terjebak’ di saluran bahan bakar . ..  Nah waktu itu memang mesin harus dibongkar dan  ‘diisi’ bensin. Hal ini disebabkan udara yang ‘terjebak’ menghalangi aliran bensin dari fuelpump

Pada Sistem Injeksi motor , bensin yang dipompakan menggunakan sistem One way. Secara simpel pada sistem ini Bahan bakar setelah sebelumnya memalui filter dipompa dengan tekanan yang berkisar pada angka  294 kPa (Honda) . . . jadi tekanan yang di semprotkan oleh fuel pump akan diusahakan segitu . . . Gimana kalo lebih dari segitu? Pak edhi dari Honda menjelaskan, Tekanan akan dikurangi  dengan cara mengeluarkan sebagian cairan yang dipompa dan di alirkan kembali ke tangki menggunakan regulator seprti yang bro bisa lihat di atas . . . so sekarang udah nggak paranoid kan sama bensin habis? . . . silahkan dikunyan kunya dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

263 COMMENTS

  1. Kehabisan bensin gak masalah kok…. tinggal isi bensin sesuai kompresi mesin aja.. Abis itu biarin bentar trs nyalain kunci kontak… Btw sedotan pompa injeksi kuat kok…. Bensinpun lgsg ngalir… Jd ga perlu kawatir…..

    • yaaa bener banget..! kalo abis tinggal isi lg dan putar kunci ke posisi on. kemudian matikan lg. putar lg ke on.. ulangi 3x aj uda siap di pake lg.. fuelpump uda siap nyemprot..

  2. thx kang taufik bwt articlenya, perlu pembahasan mendalam & trobleshoot neh tentang system injeksi motor, sudah cukup-kah pihak atpm mengedukasi masyarakat yg kian kritis.

    • Ga pernah trjadi… 4thn pake vixi , accu tetap awet, ga prnah disetrum, kan sdh pake accu MF (maintenance free) standar pabrik.
      Kecuali itu motor dipake sentolop senter buat nyari kodok terus tiap malam… Accunya ya jebol.. Ngerti ora son..

  3. bukan bensin abis yg bikin paranoid,tapi kompresi tinggi vario 125i yg bikin phobia.kompresi 11 : 1 ndak dijelaskan ke konsumen kalo itu hrs pake pertamax.skrg korban sdh mulai berjatuhan.di kantor saya aja smua yg pake vario 125i mengeluh busi yg gampang mati.lah wong diisi premium.ya KO businya.Tiap bulan ganti busi.Gimana mas taufik?Kapan diangkat masalah ini?Supaya tidak bertambah korban biker yg mau beli motor sesuai kemampuan dan kebutuhan.

      • Kadar timbal yang tinggi bikin mesin mbrodol semua, di tempatku bukan hanya tipe tertentu saja kok, hampir semua kena gara-gara BBM bersubsidi banyak timbal…

    • Ini koar koar terus dari dulu mpe sekarang busi vario cepet mati.

      Motor berkompresi 9 ke atas seharusnya pakai oktan 90. Tapi karena pemerintah cuma bikin premium beroktan 88 ya itu resiko yang harus diterima sama konsumen.

      Ente kaga bisa maksain blogger buat bilang vario mesti pakai pertamax. Lha wong ninja yang kompresinya 12 lebih juga banyak yang pakai premium..

    • gan, klo kompresi tinggi diisi bensin oktan rendah akan menimbulkan knoking yaitu bensin terbakar sendiri sebelum busi menyala. Pengalaman saya: mesin jadi kasar kalau dipacu & di pinston akan ada bekas seperti pukulan. Ganti pertamax saja, motor ane yg kompresi 9:1 diisi pertamax & ga ada masalah (cuma satu masalahnya: mesin enak digeber & hilang gejala knokingnya). Ganti pertamax ga rugi kok.

      • Setuju sm bro manteb n topgear , mesin kompresi 11 wjib pake bensin oktan 92 keatas (pertamax ,shell dsb) kalo pake bensin kismin aka premium pasti ngelitik,mbrebet dsb, jangka pnjangnya piston akan baret/bolong, itu yg gk dijelasin wtf wjib pertamax ,
        Ane takutnya. Ntar cb150r jg gitu ,enggak dijelasin bhwa kompresinya 11 aka mesin CBR yg dibangga2in DOHC itu notabennya wjib bensin oktan 92 keatas pertamax dkk, tp diisi premium, yo eman rekk mesine…. mbrebet ngelitik jilid 2 :mrgreen:

      • Setuju sm bro manteb n topgear , mesin kompresi 11 wjib pake bensin oktan 92 keatas (pertamax ,shell dsb) kalo pake bensin kismin aka premium pasti ngelitik,mbrebet dsb, jangka pnjangnya piston akan baret/bolong, itu yg gk dijelasin wtf wjib pertamax ,
        Ane takutnya. Ntar cb150r jg gitu ,enggak dijelasin bhwa kompresinya 11 aka mesin CBR yg dibangga2in DOHC itu notabennya wjib bensin oktan 92 keatas pertamax dkk, tp diisi premium, yo eman rekk mesine…. mbrebet ngelitik jilid 2 :mrgreen: 🙂

      • Setuju sm bro manteb n topgear , mesin kompresi 11 wjib pake bensin oktan 92 keatas (pertamax ,shell dsb) kalo pake bensin kismin aka premium pasti ngelitik,mbrebet dsb, jangka pnjangnya piston akan baret/bolong, itu yg gk dijelasin wtf wjib pertamax ,
        Ane takutnya. Ntar cb150r jg gitu ,enggak dijelasin bhwa kompresinya 11 aka mesin CBR yg dibangga2in DOHC itu notabennya wjib bensin oktan 92 keatas pertamax dkk, tp diisi premium, yo eman rekk mesine …. mbrebet ngelitik jilid 2
        :mrgreen:

    • Lho? harusnya jadi konsumen ya yg jeli.. ga cuman trimo tuku.. Klo kompresi dah diatas 10.. Hukumnya Wajib Pertamax..
      Ga peduli itu Konde, Yamahmud, Kawaksakke, ataupun yg roda 3 sekalipun.. 😀

  4. hsx pgm fi ku lancar aja 3x kehabisan bensin gara gara indikator level bensin ngaco. aki tekor juga masih bisa dinyalain mesinnya pake engkol.

    • Sama bro,,,
      Spx125FI punyaku dulu jg gitu,,,
      Besin sering kering,aki pernah tekor…
      Semua aman terkendali…
      Klo gw bilang tu motor free maintenance banget…
      Cuma isi bensin ama ganti oli klo inget tetep eceez… 😆

  5. Tolong pencerahan pemakaian busi yang boros juga, itu karena kualitas bensin nya yang buruk atau…??? Padahal baru 3000 km dah harus ganti..

  6. Kalo vixi ane khabisan bensin bro ya isi lagi baru dah kontak di onin trus di ofin ya kira2 3 pe 4 kalilah biar selang yg ke injektornya trisi lagi bru dah mesin d idupin

  7. Berdasarkan beberapa pengalaman user (bukan BC, makanya tidak menyebut merek): motor injeksi anyar (H****, tidak menyebut merek) sering endut2an, itu karena sistem injeksi mereka diklaim menghasilkan semprotan partikel bahan bakar terkecil didunia. Kalau pakai pertamax plus mungkin gak ada masalah tapi kalau pakai premium … (tau sendiri kan kualitas bensin di tanah air). Lebih aneh lagi, ternyata ECU injeksi keluaran anyar pada motor (H****, tidak menyebut merek) tidak bisa mentolelir perbedaan altitude, jadi kalau sampean naik motor itu dari bawah bukit, di puncak bukit wajib reset dan setting ulang ECU kalau gak mau endut2an. Solusinya koplaknya, ya sistem injeksi diganti sistem karburator, dijamin bebas masalah kalau bensin habis, kalau sering turun naik gunung/puncak dan kalau terpaksa beli bensin eceran di pinggir jalan. Atau beli bensin campur dorong 😛

    • Kayaknya mengenai Altitude gak begitu kali, saya udah coba naik ke Malang (cangar dan sekitarnya) dan Ke Air terjun senduro (Lereng semeru lumajang trus naik ke Bromo lewat rute Tumpang Gubuk klakah, malang) Vario 125 dengan pertamax 92 gag ada masalah, dan baik baik saja, rute saya dari surabaya.

      • Artikel yg mencerdaskan Pak, good job. Inti masalah dsini bukan dr pabrikan, tp kembali k konsumen kita yg “rata-rata” msh belum bgt melek teknologi, apalgi d daerah. Kbykan mereka beli kendraan gk memprtmbgkn mslh ini itu, hnya krena prestise, merk, kepingin, model, bahkan karena hargadiri, tetapi mengindahkan mslh kebutuhan, fungsional, environment yg mndukung, serta kesiapan untuk perawatan berlanjut kndaraan itu sendiri. Bahkn para komentator blogger sprti ini pun sy lihat jg msh ada saja yg tdk bgt ngeh masalah” spt ini, kelihatan dr tulisan” mereka. Masalah sebut merk jika kita mau lihat tulisan” majalah/web/blog asing mrka tak akn segan menyebut merk apapun, bhkn untuk membndingkn baik burukny suatu produk, karena justru dg bgitu kt bs tahu kelemahan dan keunggulan masing” yg mgkin justru bs kembali mnjd kritik yg membngun bg pabrikn apabila ada kelemahan pd produkny. Jadi disini kembli lagi pd konsumen(pembaca), secerdas apakah mereka mgetahui dan menilai suatu produk sblm men-judge(berkomentar) baik/buruk.

    • gan, gunungnya setinggi apa sih? 5000m?? anda belum sampai kekurangan udara kan? semakin tinggi permukaan tanah udara semakin tipis. Mungkin bensinnya yang kurang bagus.

  8. Dulu ada yang pernah bilang ke ane kalo mesin bertype FI kalo ke habisan BBM trus di isi BBM lagi katanya tetep gak mau hidup mau gak mau harus ke bengkel resmi. apa bener itu ?

  9. ada baik nya jika setengah tangki doang kosong nya langsung di isi full,, bukan gt mas? ada kah keuntungan dari hal tersebut selain tidak perlu takut keabisan bensin?

    • keuntungannya adalah kita akan ‘kehilangan’ bensin lebih sedikit akibat penguapan. jika semakin sedikit bensin di tangki maka penguapan akan semakin besar akibat adanya udara yang semakin banyak di dalam tangki. cmiiw

      • sedikit meluruskan, faktor penguapan itu kalau gak salah berbanding lurus dengan luas permukaan, bukan volumenya. bensin di dalam botol dengan bensin di dalam ember jika sama2 terbuka lebih cepet habis yang di ember, karena permukaannya lebih luas, itu sifat dari cairan. maaf kalau saya salah.

      • @h4ry
        thx atas koreksinya tapi contoh yang diberikan kurang nyambung. sebaiknya pake perbandingan antara tangki tidak penuh dan penuh saja, gak perlu contoh yang lain karena penggunaan pada motor yang sama. ingat cuma beda kosong dan tidak kosong saja. faktor lainnya sama

      • ya, banyak yang katanya doang, gak merasakan sendiri, trus di sampaikan lagi dengan bumbu bumbu yang membikin orang jadi sangsi, padahal sejatinya gak seperti itu.

      • bagi yang punya dan yang katanya gak masalah, coba jalankan motornya dan catat brp top speednya. masalah yang timbul itu bukan mati tapi tarikan jadi berat karena komposisi udara dan bensin tidak seimbang. gimana mo seimbang, lha parameter ECU-nya aja gak lengkap

    • temen ane bawa wtf ke sarangan tetep jalan kok. cuman kalo pas berhenti mesin pasti mati kayak idle kerendahan, padahal pas di kota normal idle nya. Well memang masih harus disetel kayaknya. Tapi tetep gak masalah juga kok :mrgreen:

  10. salama ini memang re-fuel sblm mencapai bar merah / sdh tinggal 2 bar paling bawah.
    dgn artikel ini semakin paham.
    terima kasih.

    o iya, injeksi merk selain disebut diatas begitu juga kan….? 🙂

    • Wew, berbelasungkawa kenapa ya broo? Ada apa dgn vario 125? Ane make motor honda vario 125, tapi gag pernah ada masalah tuuh..,
      Awal2 mgkn ane kira ada masalah krn suara nya,
      Dan setelah ane tanya ke bengkel resminya Honda ternyata itu suatu ciri khas tersendiri dari vario, dan suara itu dipastikan gag akan membuat masalah di mesin, apa lagi performa motor.. Mereka malah menjamin loh broo..
      Dan ternyata hal itu beneer, ane pake selama ini ternyata emang gag ada pengaruhnya sama performa mesin Honda vario 125 ane..naik2 aja tuuh. So, yg blm pernah make vario mending dicobain dlu deh sebelum berkomentar yg asal. 🙂
      *hanya sekedar berbagi informasi.

      • Ngorok kok cirikhas ? hauhahua… aku aja agak kecawa beli nih motor, setelah service pertama ndut ndutan, tenaga tiba2x ngempos, suara ngorok makin kenceng. pernah sampai berpikir mau jual tuh motor. tapi pasti harganya turun lumayan banyak, karena kelemahan vario 125 dah banyak yang tau. kata diler motor bekas vario lama lebih dicari dari pada vario 125 ini :(. ini busi dah aku ganti pake Jupi MX gejala ngempos dan ndut2xan hilang. ya semoga saja dapat awet businya. ternyata setelahh beli busi Jupi MX denger2x ada program dari bengkel A*H*M kalo ada penggantian busi greatis Vario 125 🙁

  11. ajib wak ditunggu pencerahan lainnya, dealer mung bisa jual tok sama ngibulin konsumen tp gak mau mencerdaskan konsumen

  12. Pokok’e mongtor injeksi skg jgn takut kehabisan bensin, aman terkendali. Tp kalo bisa diisi rek, kalo tangki kosong sungguh terlalu… 😀

    *ganti nickname beat ngebul = Gondrong

  13. Itung isi bensin jangan asal liat fuel gauge aja, hafalin cons bbm motor kita juga, dan kalau isi dipasin kalau dah km berapa. Insyaallah pas dan gak sering sering ke pom. Motor gw 20rb premium sekitar 175km an.

  14. Sistem PGM FI emg canggih ya,dari fuel pump bahan bakar akn lgsg ddistribusikan lewat selang bahan bakar menuju injector saat kunci kontak dposisi ON dan akan menstop suplai bensin dsaat tangki kosong(bensin habis).

  15. apapun itu,mau teori A atau Teori B,siapa sih yg mau kehabisan bensin???toh sekarang dah enak,ada indikator bensin,pom bensin bnyak,bensin eceran juga ada (ini kalau d pulau jawa,kalau pulau lain beda cerita)
    kalau bensin tinggal dkit,ya isi aja,apa susahnya menjaga bensin agar tetap ada…

  16. Alhamdulilah,matur tengkyu sebesar2nya mas haji.. Info yg sangat penting nich,jg ga perlu risau lagi, soale ak tu ‘gladrah’ hehe

  17. yoi bro. Ane pemakai SUPRA 125 PGM FI th 2009.. Pernah alami bensin habis, trus isi bensin langsung starter motor jalan deh. PGM FI emang oke.

  18. Wak, itu fuel pump diisi lg dgn bensin yg sesuai dgn spek mesin mksdnya apa? fuelpumpnya atw tangkinya yg diisi bensin??klw fuelpumpnya,brrti hrus dikeluarin dulu donk dari tangkinya. . .mhon pencerahannya…

  19. maluuuu…motor keren, tp duit isi bensin kaga ada…cape dee!! kecuali buat anak2 alay, biasanya spido pasti di copot alasannya copot spido motor makin kenceng…wkkwkkwkwkww

  20. All:
    Hus jo ngece wtf
    Wtf bodine apik koq bensine yo irit.
    Nek ƍªќ percoyo tuku dewe lek dirasakke dewe to.
    Mesti lak loncat2 motore……
    Yakin lah

    • Setuju ajah. Tapi injeksinya gak secanggih mio j. Bisa dibuktikan kalo naik gunung. Pasti idle vario 125 turun, dan mesin mati. Kalo mio j tetep anteng aja. Yah ada plus minusnya sih ya. Tetep suka body dan fitur honda vario 125.

  21. ternyataaa, kabel saklar yg deket sambungan ke kabel body putus
    digigit tikus … oh mai gat,
    bener kt bro taufik, kl ampir kehabisan bbm, sensor akan mematikan fuel pump sehingga menghindari kerusakan akibat overheat.
    nah ga perlu takut pake motor injeksi lagi kan???
    motor injeksi perawatanny lumyan mudah, bersih” saringan, cek injektor n sensor2, kelistrikan, ganti oli rutin, n yg paling penting, perhatikan kebersihan bahan bakar anda.

    tengkyu bro taufik, ud bersedia bantuin info n kasih solusi.
    ^^
    salam injeksii!!!!

  22. 62. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – November 24, 2012

    H canggih… kalo liat WTF sih kalo mw naek turun gunung kudu setel ECU… kalo Y mah… halah…

    masa ECU dari beli ampe dibawa naek turun gunung gak setel ECU?
    =================
    Terima kasih atas BC mu, WTF berplat putih makin banyak saja dibanding mio J, apalagi xeon, kalau Beat injeksi gak usah ditanya deh, walau masih baru rilis sudah berseliweran.
    Thank for your BC Roy and konco-konconya. .

  23. pembahasan yg menarik kang haji,
    info dari teknologi terbaharukan suatu produknya dapat.menurut saya teknologi apalagi yg diperbarukan tujuannya meningkatkan efiensi segala sektor,dan sebagian besar pengguna melihat value dari teknologi tersebut,hanya mengingatkan bahwa kita hanya pengguna/konsumen bukan produsen,ini produk outomototif masbro jadi erat kaitannya dgn teknologi terbarukan…ya gak.jd manfaatkanlah seoptimal mungkin value tadi,mulai durability,kecepatan dan tenaga sampai fungsionalitasnya.kalaupun yg suka speed freak mbok ya disesuaikan mulai bbm,oli dan alat lain penunjang kecepatan(mau ngebut dimana?)Setidaknya pilih produk sport lah-beda lg yg sebagian besar cuma untuk pakai komuter rute kantor-sekolah-rumah-pasar… 😀 .semua produk pasti ada kekurangannya yg disini(maaf saya abaikan dulu).tujuan penulis saya rasa bukan mencari “aib” suatu produk.efisien itu bukan dosa,tapi lebih ke penjelasan cara kerja teknologi dan antisipasi apabila ada troubleshoot,kalau ada kekurangan sana-sini yg diperlukan masukannya,sukur-sukur inovasi tepat guna-maklum indonesia bukan jawa atau jabodetabek saja.maksud saya disebagian kemudahan seperti kondisi jalan,bbm,sparepart dll jauh kondisinya dgn pulau jawa sampai bali.jadi ingat tulisan kang haji bbrp waktu lalu motor injeksi yg kira-kira: “…buktinya kijang peralihan ke injeksi baik-baik saja…”
    Saya bukan FB atau ingin BC,Yg justru saya heran sekarang banyak yg ahli mesin koq belum terdengar kabar “…motor dengan mesin karya anak bangsa yg hanya pakai karburator-yg hanya 4 silinder-yg hanya 200cc yg segaris atau V atau silang atau rebah atau apa saja bisa sekian ratus km/liter torsi badak dll.
    Wuiiih sungguh berat masbro…inovasi,value,efisien

    *pernah terkesan dgn alpa & crystal pd zamannya

  24. info untuk pengguna vario injeksi terbaru. Tapi info ini bukan kesimpulan umum. Sifatnya mungkin sebuah kasus yg saya alami. belum satu bulan saya beli Vario 125 FI, dua kali saya merasakan endut-endutan (Bahasa Sunda) di tenaga mesin Vario, kasus ini saya alami di jalan tanjakan, tetapi sampai dipuncak tanjakan, tenaga motor kembali ke posisi awal. Bertenaga dan responsif. Saya bertanya-tanya dalam kepala saya (bukan kepala orang lain), mengapa motor saya terasa seperti itu ?

  25. Seperti persepsi aku dulu bahwa low sensor yg berhubungan pelampung pada fuel tank akan mengirim sinyal ke ECU, sehingga ECU tersebut akan dg otomatis mematikan fuel pump

  26. wong jamannya udah semakin canggih, ya gak bisa ikutin model yang dulu lagi, teknologi injeksi sudah pas dengan kebutuhan masyarakat umum saat ini…… betul????

  27. pokoknhya injeksi mantep dahh gag perlu lagi diregukan ini itunya, sesungguhnya tekhnologi dibuat untuk memudahkan manusia, bukan untuk menyulitkan 🙂 salut bwt yang jadi pelopor injeksi diindonesia 😀 #ngelirik Honda

  28. Penjelasan yang saat bermanfaat buat orng2 yang baru menggunakan injeksi, tapi setiap produk yang baru atau yang lama pasti ada kurang lebihnya.

  29. Wah jadi nambah nih ilmu…keren banget.,.. gw juga pake injeksi merk Honda..yah prinsip gw sih gmw ampe kehabisan bensin dijalan,.,hahhaa…jdi pas masuk ke titik rawan (mu abis) cpt2 di penuhi lagi…Tp, skelas Honda sih percaya lah udah bisa memprediksi kebutuhan konsumen..jadi fine aja…

  30. Untuk hal ini tmcblog mencoba mencari tahu dengan mencoba bertanya pada dua sosok teknis di pabrikan yamaha dan Honda .

  31. trimakasih informasinya, jadi saya ga perlu was-was lagi pake motor Fi, kebetulan pake vario 125…cuma saya lagi cari artikel tutorial cara servis injektor Vartec 125 sendiri….maklum menyalurkan hobby..pengen banget tau…biar ga ketinggalan teknologi boss…kali aja para Master ada yang bahas

  32. Boleh tanya Om, saya pakai motor matic – PGM Fi, sudah 3x saya mengalami kejadian serupa. ke3 kejadian itu , pas dimana saya gak pernah manasin motor setiap mau pergi. pas di perjalanan saya gunakan ngebut kecepatan 80- 90 sepanjangn 10km, pas sampai mau ke traffic light, tiba-tiba motor mati sendiri setelah gas motor saya kendorkan. Ini ada masalah apa ya? boleh minta masukan dan infonya. makasih

  33. Saya pakai spacy PGM-Fi (injection), sudah 3x pernah mengalami masalah mati mesin tiba tiba setelah saya gunakan untuk lari kencang, dengan posisi gak saya kecilkan disaat ada traffic light merah. Ini ada masalah apa terhadap motor injection? kalau bensin masih fuel. Takut bila ini terjadi ditengah keramaian dan macet.mohon bantuan informasi untuk mengatasinya. bisa di kirim info ke bujang_palok_koe@yahoo.com. makasih

  34. motor injeksi pasti yamaha…tidak breeebeet tidak endut endutan.tidak gampang ganti busi……pasti bensin …bandingkan yg lain pertamax bikin kantong bolong

  35. wak haji, pembukaan artikelnya lucuu… “…..salah seorang Pengunjung tmcblog di medan menanyakan perihal motornya yang kehabisan bensin secara tiba tiba….” mana ada kehabisan bensin secara tiba tiba, males ngisi kali orangnya…. bensin udah ” low” ntar ntar ntar.. keburu habiss… hehehe….

  36. jangan khawatr, biar abis bensin, biar dibawa naek gunung, bahkan ada air skalipun masih aman… ga bakal rusak. para insinyur disono udah antisipasi semua kemungkinan itu… yg ngerancang tu injektor orang penter dan ahli semua…. jangan sok pinter dan sok ahli deh.

  37. rasanya sih budget nya harus nambah lagi .. perawatan memang perlu untuk injeksi !! kendala nga boleh bensin habis ?

    klo mati di tengah malam nga ada bengkel resmi yg nanganin elektroniknya gimana ??

  38. bang numpang tanya gue ngalamin mtor mio j pada posisi kontak on tpi x0q gak dengung knpa..?
    Tlong solusinya bang.

  39. Numpang Iklan Ya…..agan2 dan sista2.. klo motor injeksi kompresi tinggi tetep mo pake bensin oktan tinggi dgn harga murah, ya tinggal teteskan saja akashu hpa 08. di jamin ngejoss.. 1 ltr bensin RON 88 + akashu 3 tetes = premix RON 95. oke gak tuh.. di jamin ngejossssss. Udah ngalahin pertamax Plus yg cuma sampe RON 93… yg berminat order via email : azis.suryana@gmail.com.. tks atas kesempatannya…

  40. Motor sya honda spacy FI, bensin keluar terus di antara sambungan tangki bahan bkar dan pompa injector, bagaimana cara menyambung nya agar bensin tdk keluar terus. Trims

  41. bro, berpengaruh atw tidak pada mesin ijeksi motor verza 150,bila sering sedot bensin memakai selang melalui tangki atas, soalnya buat bisnis eceran???

  42. Numpang tanya Bro.. Sama baru beli Revo SW FI tiap pg kan msnx saya panasin/hdpin, tp stlh 2-3 mnt hdup selalu ada keluar air dari lubang d bwh knalpotx.. Apakah ini tdk apa2..?

  43. Malam gant” mau Tanya tadi siang sya baru saja mengalami hal yg tdk sya kira pd saat sya menservis motor honda Vario 125 milik sya di bengkel Resmi Astra Honda.
    Ternyata hotor sya pd saat di nyalakan dn dijalankan itu tiba2 mati sendiri apa lagi pd saat melalui jalan tanjakan tdk kuat utk menanjak di gas langsung mati. Setelah di cek kembali ternyata fuel pump nya sdh ķena (tdk berfungsi lg)
    dn mekanik menyarankan utk supaya di ganti dengan yg baru dn harga fuel pump yg baru itu 380,rb
    Mau minta sedikit penjelasan ni gant
    Apakan sya harus mengganti fuel punp sya itu dengan yg baru atau mungkin fuel pump sya itu bsa di akali dengan cara bagai mna gitu.
    Mohon konfirmasiya.
    Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here