positioning-awal

Bro sekalian, judul yang tmcblog tulis diatas tidak segitu leterlek keluar dari pejabat AHM manapun. Judul hanya merupakan kesimpulan yang tmcblog tarik dari presentasi mengenai produk dan posiitioning produk Honda CB150R StreetFire di market Roda dua Indonesia khususnya market Mid-Sport yang ternyata makin seksi. Market mid-sport seperti yang bisa bro simak pada gambar diatas terbagi menjadi dua segmen menurut Honda yakni yang memiliki karakter Macho/maskulin dan satu lagi produk yang memiliki karakter Racy/Sporty.

positioning-cb

Dari gambar diatas (gambar 1) juga dapat dilihat bahwa 83,7% dari market sport dipegang oleh segment Mid-sport. Dan 70% dari market segment  Mid sport ternyata diisi oleh Sub-segment MidSport dengan Karakter Racy yang menurut Honda hanya di isi oleh Vixion, FU dan Ninja 2 Tak 150 cc. Gak ada wakil Honda di sub segment midsport Racy ini. NMP, maupun mungkin K18 nanti hanya mengisi sub segment Mid-sport Macho. Oleh karena itulah Honda berusaha masuk ke sub segmen ini dengan CB150R (gambar 2)

konsep-produk

Dari Honda terlihat benar benar berniat menempel Vixion baik dari fungsional maupun harga, merka berusaha memberikan Value lebih dari Yamaha Vixion . . . yaaa memang begitulah  cara yang harus dilakukan untuk mencoba menggeser first mover . . . gak bisa dengan cara cara biasa dan konvensional, harus radikal sampai sampai berani mengambil basis mesin dari salah satu motor premiumnya, cmiiw

Taufik of BuitenZorg

219 COMMENTS

  1. ketika sang monster mulai terusik singgahsananya….bisa lakukan apapun…dan takkan memberi ampun….lama2 kyk zionis…

    Guest
    • hahaha zionis …. nmanya kompetisi mas, yg terbaik yg bertahan … yg penting konsumen untung .. hehe

      Guest
  2. $ΐΐΐΐΐp ☺
    _
    I )
    / I
    /_ _’,_
    /( __ _)..
    I ( __ _ )).
    I ( __ _) ).
    (___ _)/,
    “( ( ”
    °♧♧°
    (Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡)
    ¤
    ( • )( • )
    )”” “”( ,
    / . / /
    ( =D )
    / /
    / /
    ( /
    | )
    | /
     

    Guest
  3. Banyak terima kasih ya Wak Haji, dengan info yang sudah diberikan beberapa hari sebelumnya, saya jadi semakin yakin untuk ambil CB150R, Soalnya sempet galau juga karena pilihannya ada NVL.

    Guest
  4. “Honda akui selama ini Vixion Melenggang Sendirian ” makanya Arogan, kemarin coba telp salah satu dealer yamaha semarang, terus tanya berapa cash untuk yamaha new vixion ? eh jawabnya heran bukan main…katanya untuk produk laku yamaha tidak boleh cash bolehnya credit ??? ini yamaha niat jualan tidak ? metreka tetap memperlakukan sama konsumen baik kredit maupun cash, walaupun jika kredit sales/delaer akan mendapatkan fee leboh dari leasing….to pak eko prabowo tolong diingetkan dealer-dealer yamaha kalau jualan jangan seperti itu…kalau pasarnya tidak mau kalah sama honda….salam edm135-ungaran Semarang

    Guest
  5. Scr sdrhana,bbrpa tahun ini H telat antisipasi trend selera msyrkat. Sasaran sport mid end adlh gol mnengah yg kritis,mengutamakan inovasi,model,value.Merk Y scr jeli memasang vixi n kebo,dmana H msh pede dg kkuatan brand smata hy ngandalin mega P,yg akhirnya megap2. Terapkn strategi spt d metik(inovasi,value) H dg kkuatan brandnya akn lbh mudah mngejar ktrtinggalan dbnding merk lain.IMHO,CMIIW.

    Guest
    • bukan cuma kekuatan brand nya doang bro ….. tapi juga sumber dayanya yg superior ….

      apalagi buat neken harga biar rendah mereka bisa masukin strategi subsidi silang ke produck lain yg lebih laku di pasaran …

      Guest
  6. Secara design cb150r menurut saya arahnya ke macho, krn sasisnya teralis..klo mau menempel new vixion harusnya sasisnya twin spar juga..entah cbr150r dibuat pahe atau gmn lah..

    Guest
  7. Biasa brow kn ahm bnyak modalnya tu liat ja produknya bnyak banget smpe2 partnya gg d urusin… Kbanyakan produk demi mrket share tp kenyamanan konsumen gg d perhatikan… Cr spare part ja susah…

    Guest
  8. KALAU SEANDAINYA YAMAHA TIDAK NGELUARIN VIXION DI TAHUN 2007,SAMPAI SEKARANG PASTINYA HONDA AKAN TETAP JUALAN MEGAPRO LAMANYA,MEREKA SUDAH TERLALU LAAAAAMAAAAAAA.. HONDA BERADA DALAM ZONA NYAMAN SEBAGAI PENGUASA PASAR RODA 2
    KALAU KEADAANYA SEPERTI INI DIMANA HONDA N YAMAHA BEGITU ALL OUT DENGAN SENJATA TERBARUNYA NEW VIXION N CB150R BERUSAHA KERAS JADI NOMOR SATU,AKAN BAGUS JUGA BUAT KITA2 PARA KONSUMEN.
    AYO PABRIKAN YANG LAIN,,JANGAN DIAM SAJA,KARNA TAK SELAMANYA DIAM ITU EMAS.
    AYO SUZUKI,KAWASAKI,,BIKIN JUGA DONG SPOR BATANGAN 150CC 4 TAK YANG POWERFULL,HARGANYA YANG MEPET2 AJA,,,PASTI LAKU KOK,,YA KAN BROOO!!!!???

    Guest
  9. CB150r penting di perhatikan kebersihan & perawatan rangka trellisnya yg kurus2 , lapisan cat di setiap titik2 las rawan karat akibat cuaca/ tumpukan debu. cek juga baut2 dudukan rangkanya. rawan getar.

    Guest
  10. lbh value apanya kang?
    ban velg kurang gizi, gak ada engine stop n lampu beam, tutup t4ngki jend0l, r4ngka kerangkeng, bbm bor0s, piston silinder j4dul n cuma koar2 modal d0hc abal2 downgrade.
    gak becus bikin mesin buat nandingin s0hc lem0t si deltab0x karat, nmp, tig0ng klepek2 lawan si lem0t vxi0n, eh ini lg pipa ledeng ceb0ng sesumbar.
    calon empe gagal jilid 2.

    Guest
    • Kayaknya ente termasuk komentator yg dibanded sama iwb yaa?? Ciri2nya sama tuch komen cuma copas doang…:p”̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ..”̮ :p

      Guest
    • wah bocah galau lg neh, jgn kuatir qwer yamaha udah nyiapin segmen baru alias produk genset ( liat di warung iwb ) buat jaga2 kl singgasana pig-son terusik, lo bisa nyales genset mumpung musim hujan pln sering mati…..

      Guest
    • Udahlah lo orang syaraf ngomong diulang2 gak sadar, ayo sana minum obat anti depresinya biar gak ngoceh bolak-bakul itu-itu saja. Tuh dokter ahli jiwa dah nungguin

      Guest
  11. wah kang haji jangan gampang kemakan omongan di permukaan lahh…
    ya honda mengakui vixion melenggang sendirian makanya honda juga mesti bikin “vixion”. hihiihi.
    memang ini strateginya AHM. bukan omongan semata, karena saya tau ini dari orang AHM sendiri. :mrgreen:

    Guest
  12. Ho*da Ast*a berpikir kelas ini tidak menguntungkan
    masih mengandalkan jualan bebek dan matic + batangan mesin jadul untung besar , ngapin repot
    Jualan dengan mengandalkan Mindset
    sudah nyaman , makanya desain kelas 150cc ini acak kadut
    desain kok comot sana sini ngambil dari kompetitor
    kehabisan ide , strategi yg panik
    orang yg pintar pasti tahu desain CB150 mirip vixion lama
    dan untuk apa beli barang lama

    Guest
  13. Qwerty, kamu itu komen negatif terus sih…entah apa isi otak kamu…pendidikan kamu…keluarga kamu…sampe kelakuan kamu….

    Guest
  14. CB150R mesin DOHC 6 speed dan monoshock prolink.
    New Vixion mesin SOHC 5 speed dan monoshock.
    Kedua produk dijual dengan harga hampir sama, namun selisih ratusan ribu saja lebih mahal New Vixion.
    Terlihat ada yang over value.
    Apa nggak rugi honda jual dengan harga segitu ?
    Semoga saja menyusul fxr reborn naked (biar menekan harga) tetap dengan spek mesin DOHC 6speed 20ps plus radiator dan injection. Harga sama dengan CB dan NV.
    Konsumen makin untung dan makin banyak pilihan dengan persaingan produsen.

    Guest
    • biasa tuh ilmu ekonomi, pertama dijual murah biar musuh jatuh tapi selanjutnya dijual mahal, masih inget tiger yg dulu cuma 20jutaan sekarang tembus 27 juta gara2 gak ada lawan di 200cc.

      Guest
    • yamaha dgn vixynya gimana? dulu berapa sekarang berapa?

      tiger punya lawan kok, scorpio, cc lebih gede lagi, harga lebih murah belum pulsar

      Guest
    • CB150 shock depan 31mm , Vixion 33mm
      CB150 ban blakang 110 , vixion 130
      CB150ban depan 90 , vixion 110
      CB150rangka pipa , vixion deltabox
      CB150 17 sensor , vixion 33 sensor
      CB150 tangki jendol , vixion rata
      CB 150 DOHC-4valve , vixion SOHC-4Valve
      CB 150 konsumsi bbm 36kpl , vixion 45kpl
      lain kali kalau bikin komparasi yg lebih detail

      Guest
    • Iya itu, ane sih sudah sreg sama ini motor, sdh inden juga, cuma blm ane panjer :), pengen lihat detailnya lsg tapi blm nyampe malang motornya. Klo piksen istri ane aja lsg ngga mau lihat modelnya, cuma ane jadi galau gara 2x komsumsi bahan bakarnya si piksen lebih irit jauh. Nunggu review dari Bang Haji dulu klo kace titik’ tak tuku ae 😛

      Guest
    • kalau rider dengan tubuh ideal ga ngaruh torsi divixion buat CB150R, dengan adanya perubahan digear sudah cukup buat lawan nvl, kecuali kalau ente gembrot dan rumah ente di atas gunung, torsi besar bisa membantu ente… analisa terinspirasi dari byson vs cs1,torsi cs1 kalah jauh dari byson tapi byson gampang dikadalin.

      Guest
    • kalau rider dengan tubuh ideal ga ngaruh torsi divixion buat CB150R, dengan adanya perubahan digear sudah cukup buat lawan nvl, kecuali kalau ente gembrot dan rumah ente di atas gunung, torsi besar bisa membantu ente… analisa terinspirasi dari byson vs cs1,torsi cs1 kalah jauh dari byson tapi byson gampang dikadalin.

      Guest
    • Ibarat cewek, mmg CB Ώğgåk seirit VX, †ªpï CB punya INNER POWER, nafas panjang, jadi lbh enak diajak ‘goyang’. Toh kalo sudah dipinang masih bisa koq didandanin.

      Guest
  15. kata kang iwb material plastik dr shroud dan body cb150 lumayan tipis masih bagus kompetitor..
    apakah jurus cb ini meniru jurus beat ygpake plastik tipis? jadi males jg akhirnya mau pilih cb…
    mending new vixion yg pasti aja deh yg penting gampang perawatannya gak bnyak trouble, klo cb kan msh baru sukur2 minim trouble jg, tp klo nantinya bernasib sm dg vario125 mk siap2 saja ditinggalin konsumen. Biar gak bisa 140kpj gak papa bagi ane cukup 120 kpj aja udah kenceng banget.. yg penting enak perawatannya dan gak masuk kluar bengkel melulu.

    Guest
  16. kok saya merasa honda itu sekarang menjiplak habis desain yamaha ya, mulai dari matic spacy yg secara kontur mirip mio, new honda blade yg mirip njz, trus terakhir cb sf yg diakui mengambil desain old v-ixion. kok perasaan enak bgt gitu tinggal jiplak desain orang trus apa dong kerjaan tim desain honda???

    padahal bangun desain dari nol itu gak mudah seperti kasus ducati 999 yang hancur lebur penjualan karena desain, trus cs1 juga nasibnya sama.

    Guest
  17. Lhaaa… melenggang sendirian gmn maksod lo..???
    Lha wong ada megapro primus, ada NMP, ada pulsar 180, ada minerva 150, ada cbr150, ada apache 160,…
    Bahkan dl ada tiger, yg dulu berjaya tapi kemakan jg sm vixion…

    Guest
  18. Masbro semua, ibarat makanan silakan pilih menu sesuai masing2 ga usah pake perang urat syaraf…monggo mau cb150r ato new vixion..pilih sesuai hati nurani masing2…gitu aja kok repot 🙂

    Guest
    • yang seperti itu juga harus didengarkan sama yamaha, kalau perlu dilakukan survey pelanggan, mungkin setelah mio, vega, yupiter, vixion berjaya, yamaha jadi arogan dan memeras konsumen, bagaimana dikatakan tidak memeras, kalau kredit 3-4 tahun bunganya sebesar harga motornya (pertahun 28%), mungkin karena itu banyak yang perpaling kembali ke honda, dulu honda juga arogan, harga overprice, proses kredit susah, tapi karena pasarnya banyak dia ambil yamaha sekarang penjualan honda lebih agresif dan gampang prosesnya….
      wak haji saya bukan BC, dari dulu saya pemakai setia yamaha mulai era RX100. RXking, Yamaha vega, tetapi sekarang jadi kurang respek sama yamaha karea terlalu arogan, tolong komen janga hapus tapi tolong diberitahu ke pejabat yamaha agar bisa diperbaiki, jika ingin tahu nama dealer dan nama sales saya bisa kasih tahu lewat email……

      Guest
  19. tunggu 3 bulan amati penjualan en problem yg mungkin terjadi….baru pertimbangkan meminang yg mana….pengalaman beli 3 motor di tahun terakhir sudah cukup…dari Byson, Vario 125 en terakhir Soul GT…masing2 punya masalah yg jadi PR buat masing2 ATPM….sorry no BC

    Guest
  20. Saking pengen nempel si kompetitor 😀 si honda dgn cb150r rangka truss frame secara sadar ato ngak pada joint rangka berbentuk ketapel aka “Y” di bawah shroud 😀 tuh joint rangka seakan mengatakan ini lama pantas si “Y*m*h*”..:D ato secepat apapun yamaha selalu menempel 😀

    Guest
  21. Wak haji,mohon review tentang NVL,masa semua bloger ngreview cb mulu,klo begini g bs membandingkan,mn yg lebih cocok buat awak2 ini…matur tinkyu…

    Guest
    • komen gak cerdas ini….!!!
      buka homepage tmcblog, scrool ke bawah, udah nangkring tuh 3 artikel review NVL yg diselipkan di antara artikel” cb150r !!!

      Guest
    • nggak papa bro, wajar toh orang yang punya juga ikut tes nya cb,,,valuenya jelas lebih lah…, honda semakin di depan semua segmen dikuasai, sepertinya sih bakal begitu :mrgreen:

      beli aja cb bro, cukup superior dibanding kompetitor mesinnya… oh iya tapi kalo pengen lebih superior lagi, jangan lupa bro di modif lainnya… siapin duit buat beli velg gede, ban gede, n kondom tangki, buatin saklar lampu dim sama saklar engine stop juga, sekalian ganti shock depan yang diameternya lebih gede… n silindernya dilapisi diasil,sekalian pistonnya diganti piston tempa bro, kan modifikator2 sekarang udah pada kreatif tu 😀

      oh iya hampir lupa, siapin juga uang bensin tambahan :mrgreen:

      Guest
  22. ehm …
    jd ahm telah membuat segmen per segmen. dan bentar lagi akan menerapkan sandwich strategy ya….
    sasis teralis membuat kesan macho sedangkan secara desain terlihat kekar…sepertinya maksudnya adalah satu peluru untuk 2target.
    prediksi saya 2sampai 3bulan market share dari data aisi akan sesuai dengan target mereka, mungkin lebih. tapi bulan berikutnya baru menggambarkan distribusi real.
    di sini akan jelas modal yg kuat dapat mengendalikan data distribusi aisi.
    jadi inget mind genesis…mana ya tuh orang….any someone know…

    Guest
  23. Wakakakak brarti selama ini new megipret dianggap apa klo vixion dibilang sendirian, aduh jgn gitu dong, biarpun produknya gagal melawan vixion ya jgn sampe lah tidak diakui klo produknya itu ada hehehehe

    Guest
  24. Bang haji, mo tanya nih, saya baca di otomotifne.com, koq bilang di situ velgnya cb 150 r plek persis sama dengan yg punyanya cbr 150 r?? saya jadi galau nich, soalnya mo minang nih motor tapi pengen ban lebar musti ganti velg, sementara klo piksen sdh lebar. Sekalian klo menurut bang haji klo utk jalan 2x ke bromo si cibi kuat naik ngga yach kira 2x ? maaf klo OOT 🙂

    Guest
    • Gw rasa sih g mirip2 bgt bro
      Liat ja tangki cb keliatan lebih gede ke atas,kalo vixi lawas keliatan lurus rata,kurang maco liatnya

      Klo liat d gambar cuma dari satu sisi doank lo liat nya memang kaya vixi lawas,,nti klo lo dah liat aslinya..dlm penampakan 3 sisi (3D) bru lu bisa liat kalo beda bgt cb ma vixion

      Guest
  25. sama aja sih dulu juga Tiger melenggang sendiri lebih lama dari tahun 1994, s.d 2002. terhitung 8 tahun tanpa lawan, sbelum keluar Scorpio yg belum bisa sepenuhnya memberi perlawanan.

    yg anehnya perlawanan Tiger justru datang dari motor cc kecil Thunder 125, dan Vixion yg notabenenya cc jauh lebih kecil.

    Guest
  26. konfirm bison di singkawang kalbar Rp. 21.750.000 dan new vixion Rp. 23.350.000 dan si scorpio Rp.24.790.000..
    gimana dengan honda cb disingkawnag ya. belum nemu brosurnya nih.

    Guest
  27. Sekedar sharing aja masalah DOHC / SOHC
    Berkaca pada mesin toyota twincam ( 16 valve/4 silinder) Sebenarnya mesin ini dikategorikan bukan DOCH murni karena mempunyai 2 kem/chamshaft tetapi kerjanya tidak berurutan tetapi 2 kem kerja bersamaan ( 2 valve IN atau OUT saat open atau closednya bersamaan), padahal yang namanya pure DOHC jika 2 valve IN bekerja harus ada selisih/timing untuk mencapai titik max saat open atau closed) jadi mesin twincam dikategorikan SOHC model twin.
    Kasus 2: Yang ini lebih jelas mesin kuda grandia 2000cc jelas menyebutkan SOHC 16 valve ( 63G4A) yang merupakan versi spekdown dari 63G4C/ engine lancer EVO. Yang menggelitik kok di spekdown???? Mungkin insinyur mitsu berfikir engine harian lebih diutamakan efisiensi bahan bakar.
    Kesimpulannya:
    1.engine DOCH mempunyai 2 kem yang bekerja berurutan tidak bersamaan ( kalau bersamaan masih SOHC tetapi model twin/2kem)
    2. karasteristik DOHC engine mampu berkitir stabil pada putaran tinggi ( lebih tinggi dari engine SOHC)
    3. efisiensi bahan bakar lebih jelek/lebih boros dari mesin SOHC ( komsumsi bahan bakar berbanding lurus dengan kitiran engine)
    Ada yang mau nambahin?????

    Guest
  28. dengan spek mid-sport yang di miliki cb150r yang pasti piksion gak akan melenggan dengan tenang, yang pasti orang ingin suatu hal yang baru.. Honda berani mencoba memunculkan prouk teranyarnya.

    Guest
  29. Bearing – Desember 19, 2012

    mesin cuma 17 HP dan 16.6 HP
    selisih 0.4hp
    torsi CB jelas kalah telak
    ======================================
    yakin lo kalau new vixion tenaga 16.6 hp??? bukannya cuma 15.8 ps.

    Guest
  30. Konsumsi bensin dibawah 50km/liter bukan sebuah masalah.
    Lihat penjualan matic honda beat. Rata2 pemakaian bensin 35km/liter, †ªpï koq masih laris manis padahal beat adalah segmentase entry level matic Yαήğ konsumennya mayoritas punya ekonomi Yαήğ lebih rendah dibandingkan sport. Bagi mereka tidak jadi maslah konsumsi bensin seperti Ï七凹 selama model dan perform mesin sesuai harapan segment tsb. Pertanyaannya adalah apakah CB bisa melawan vixion hanya mengandalkan kemampuan mesin saja dan jumlah gigi Yαήğ lebih byk dibanding kompetitor. MS trimester pertama adalah gambaran selerabpasar Indonesia, antara passion of power vs taste of design.
    Siapapun Yαήğ BC diblog ini Ώğgåk bakal ngaruh banyak, toh Ώğgåk mungkin semua ☺яåήĞ kota punya waktu buat baca komen Ώğgåk berkualitas. Mereka lebih percaya HATI dan PIKIRAN mereka. #Isi dompet juga berpengaruh dlm menjatuhkan pilihan.
    So bubye utk Yαήğ buang2 energi hanya utk BC disini.

    Guest
  31. Tipikal rider sayap ayam sok brandnya paling bagus sok ngebut dijalanan ngisi bensin cuma goceng (buat bayar kredit )

    Guest
  32. emang bener banget tuh si vixi lenggang sendirian, ga ada saingannya.. motor batanag Honda cuma megipret primus sama tiger, jiiaahh, megapret primus bodi kaya gitu, kalo tiger, harga lumayan, yaa udah pada ambil vixion yang notabene harga di bawah tiger n udah injeksi plus disain cowo banget.. yaa udah deh, vixion jadi motor sejuta umat tanpa saingan beberapa taun… knp honda baru mau saingan sekarang ya bang haji..??? tanya kenaapaa..??!!

    Guest
  33. komentator ini sales yamaha dan honda bukan sich? kalau bukan salesnya, bukan karyawan ,bukan pemegang sahamnya dan hanya konsumennya. kok bisa yah komentar sampai segitunya? sampai mencaci orang segala.mendoakan pabrikan yg satu diharap maju pesat yg satu diharap sekarat…emang pada dapat apa sich mas?.. dibayar pabrikan? kalau ga , sampeyan cuma bikin dosa saja… sadar mas…setiap kata ada tanggungjawabnya.

    Guest
  34. Era Mio Pikson 150 sudah berakhir , Hanya orang Bego yang masih mau beli Motor Jadul dengan Technology afkir dan Operprettt …

    Guest
  35. Sekarang cari motor yg aman, nyaman, irit BBM kalo cari cepat ga ada guna kalo celaka gmn? yg cocok yamaha vixion buat dalam kota masih terlalu dini hondo teralis lebih laris

    Guest
  36. masing-masing produk memiliki plus dan minus, namun balik lagi pada selera konsumen, mau pilih yg mana???
    harga bersaing, tampilan sama-sama sporty, injeksi, ada yg SOHC dan DOHC.

    Guest
  37. HONDA DARI DULU YG DI BANGGAKAN HANYA TIGER BERTAHUN 2 GANTI BAJU AJA MESIN GITU GITU AJA GAK BERANI INOVASI MINIM FITUR HARGA GAK MASUK AKAL BISA NYA CUMA LIHAT PABRIKAN LAIN AJA …CONTOH HONDA GAK BIKIN MATIK SETELAH MIO LARIS BARU BIKIN MATIK….HONDA SDH DI TUNGGU 2 BERHARAP ADA MESIN 250 CC JUGA GAK MUNCUL 2 SETELAH NINJA LARIS MANIS BARU BIKIN CBR……SEKARANG VIXION LAKU 1 JUTA UNIT EEE HONDA KEBAKARAN JENGGOT BARU KELUARKAN HONDA 150 CC YG KATANYA TURUNAN CBR PABRIKAN SEBESAR HONDA HANYA BISA WAIT AND SEE ANDA AKAN MERASA SESAL KLO PENGGEMAR MOTOR SPORT PELAN TAPI PASTI DI GEROGOTI PABRIKAN LAIN .SDH BERAPA RIBU MOTOR YG COBA MENUNGGU AKHIRNYA BELI YG LAIN CONTOH BAJAJ SDH BERAPA BANYAK YG PUNYA TIGER DI JUAL LANTAS BELI BAJAJ

    Guest
  38. udah telorin aja terus produk, bablas aja tu yamaha.

    yamaha udah ga touching your heart lagi, inovasi minim, harga meroket, marketing kepedean.

    banyak yang kirim saran segambreng kagak didengerin sama tim marketingnya.

    kalo kelakuan mereka masih begitu di sisi marketing, ya paling2 nanti penjualan di indonesia sampe 20% atau dibawahnya, wassalam deh….

    makan tuh slogan semakin di depan.

    Guest
  39. Yamaha selama ini masih melenggang sendiri, tapi sepertinya Honda semakin kesini semakin menunjukkan ketertinggalanya ya!!!

    Guest
  40. ada rupa ad harga oke honda mesin dohc tp biaya bbm boros trus spare part pasti mahal krn brg baru, tuk yamaha sohc irit bbm spare part terjangkau inget bro jgn cuma bisa beli and pake biaya service jd pertimbangan be a smart consument….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here