Yamaha-Xeon-125i

Bro sekalian, Akhirnya notifikasi tpt dari motor baru yamaha berkode Yamaha 1LB yang disinyalir kuat merupakan sosok dari Next New Yamaha Xeon FI Selesai. Dan Hasilnya adalah notifikasi Produksi 118 ribu Unit motor Yamaha 1lB akan di produksi untuk tahap pertama . . . apa yang bisa dilihat dan dianalisa?

Yang pertama adalah . . . Walaupun dibawah bayang bayang penguasa skutik 125 cc Honda Vario 125 . . ., yamaha cukup percaya diri dengan produknya yang satu ini . . . apa buktinya . . . waktu pertama kali Xeon Karbu di rilis tahun 2010 . ..  rilis TPT nya hanya 84 ribu unit doang mas bro . . . nah ini Xeon 125 FI sudah lebi banya sekitar 34 ribu unit, paling tidak itu forecastnya

TPT_yamaha1LB_hasil

Yang kedua . . . Jikalau benar ini angka 118000 unit . . . maka bisa jadi Yamaha mematok target yang yang cukup logis dan moderat yakni hampir 10 ribu unit perbulan jika memang forecast 118 ribu unit tersebut mau di geber untuk masa produksi 1 tahun . . . bagaimana Bila dibandingkan denan Vario 125 FI?  . . . FYI jika kita buka kembali arsip tmcblog mengenai tpt diketahui bahwa AHM ber-forecast 160 ribu skutik NC12A1CBF A/T ( Vario 125 cc injeksi-CBS) dan 160 ribu unit skutik  NC12A1CF A/T ( Vario 125 cc injeksi-Non CBS) . . . lumayan ya  hampir 2,7 kali lipat forecastnya Xeon FI

Forecast Vario 125 yang 320 ribu unit ternyata digeber dalam sekitar 5 bulan saja (perbulan ditarget 70rb unit perbulan) dan menurut klaim AHM telah melampaui target. Trus apakah hanya dnegan Modal 118 ribu unit perbulan . . . apakah Xeon 125 terlihat sudah menyerah? tentu tidak . . . angka 118 ribu boleh saja dibagi bagi menjadi 1 tahun, 6 bulan, 3 bulan atau berapa pun angka pembaginya . . . tentu ini bergantung pada penerimaan konsumen . . .

Xeon FI sendiri sepertinya cukup serius  . . . ini dapat dilihat dari perubahan yang sangat signifikan bila dibandingkan dnegan Xeon 125 karbu . . . mengenai mesinnya sih nggak diubah dan memang jangan diubah karena diatas kertas image forged piston dan silinder diasil udah cukup joss mengangkat image. Penghilangan right ‘rear arm’, perubahan lampu depan, YMJet FI serta benturan serius berupa sinyalemen pengaplikasian Parking Brake lock dan Side stand switch tentu merupakan sebuah psy war tersendiri untuk kompetitor . . . silahkan dikomentari dan semoga Berguna . . . salam TPT

Taufik of BuitenZorg

137 COMMENTS

  1. masih model culun…yang beli paling orang yang dah ga sabar inden v125
    itu katanya ada yang baru dapet motornya 3 bulan

    Guest
  2. kalo masih di rentang harga 16jt-an, sepertinya berat kalo mo bersaing degan kompetitor.
    ada baiknya harga di koreksi, tapi sepertinya itu bukan cara yamaha.

    Guest
  3. kejar setoran kayanya yamaha global di indonesia. kasian YIMM dikasih target yang engga realistis di tahun 2013 cuma gara2 pendapatan yamha global turun di 2012.

    Guest
  4. Wuehh.. Injeksinya Close Loop & O2 sensor nih… Mudah2an gak over price harganya.. Tp kalo dilihat dr produksinya cendrung turun.. Strategikah?

    Guest
  5. klo cm mtor ky’ gini yg nongol,sales hondut jualan vario 125 sambil merem jg laris kali ya..selamat buat fbh pesaing jualan loe ternyata hny begono..

    Guest
  6. selamat buat para sales hondut krn pesaing jualan loe ternyata cm begono,buat YIMM ga da kapok2nya loe ngeluarin matic cm gt2 aj tp lmyn lah dah da pbl & sssnya..

    Guest
  7. Harus bersungguh2 mengeluarkan produk yang menarik dan harga yang menggoda untuk merebut pasar.
    Btw nama Xeon mengesankan canggih seolah2 datang dari planet lain atau dari masa depan. Ada kesan tangguh namun dingin.
    Value sudah cukup.. fitur coba ditambah helm in.. ACG starter (sudah mungkin).
    Coba kasih nama yang unik + cute/ganteng + mudah diucapkan + mudah diingat dan tetap bervalue.
    Nama “Mio” contohnya. Atau di dunia laptop ada Sony dengan Vaio.
    Buat iklan ndak usah shooting kebut2an (Nggak usah diperlihatkan orang sudah tahu Yamaha itu kencang). Tapi yang multifungsi. Ke kantor.. ke kampus.. ke mall.. buat hang out.. sampai ke luar kota.
    Terus bikin iklan yang ramah + tulus + bersahabat ke siapa saja.
    Harga dibikin lebih murah 1 juta dari kompetitor yg head to head.
    Klau di bc jangan balas dengan bc. Biasanya makin di bc maka orang banyak malah jadi simpati dan memilih produk bagus yang dikemas secara elegan dan ramah.
    Ini saran aja lho bro sis..

    Guest
  8. di sinyalir sales hondut pada cengar cengir ngetawain ni mtor..selamat dech jualan vario 125 msh bs laris manis smpe thn dpn..kemajuan jg buat YIMM krn dh nambahin fitur pbl ma sss’nya..

    Guest
  9. kalo pengen ngalahin vario125 :
    desain harus lebih oke
    ga ada ngorok
    ga ngempos dan ganti busi jika minum premium
    ga dangdutan jika mesin kurang panas
    jok ga keras

    Guest
  10. modelnya masih kalah saing sama new Vario 125, secara orang indonesia itu lebih milih model body bagus ketimbang teknologi, teknologi di lihat nomer 2 sedangkan model body dilihat nomer pertama.. Yamiho akhir2 ini ngeluarin speda motor baru tapi modelnya krg bagus CMIIW

    Guest
  11. Modelnya ituloh gak sreg…tapi selera sih. Moga2 bisa bersaing ama vario 125 biar semakin rame…trus keluarin deh airblade ama nouvo sx

    Guest
  12. Selama pakai Xeon lama sih ane gak ada keluhan. Wait n see dulu deh. Kalo signifikan joss ya ganti Xeon baru. Dulu pilih Xeon karena kelihatan bahan bodinya lebih padet.

    Guest
  13. kalo ban masih cungkring sih ogah lah. bandrolnya juga apa iya bisa turun?kalo masih 16 jutaan yah jauh kemana2x lah sama vario.

    Guest
  14. Buta Merk? Lu aj kali yg penyembah Y. Kalo mau beli tuh Kanzen, asli Indo. Jgn milih yg Jepun. Maling teriak Maling

    Guest
  15. SUDAH AKAN ADA VARIO IDLIING STOP SYSTEM.. IMHO..
    JD PADA WKTU KOMPETITOR BARU BELAJAR SKS, DAN PBL
    HONDA LNGSUNG MENUTUP DENGAN ISS..

    XIXIXIX

    Guest
  16. Saat awal keluar xeon saya menduga gak bakalan rame jualannya karena faktor desain dan fitur, dan itu telah terbukti benar. Kali ini saya perkirakan akan tetap sama saja sepi pembeli. Nggak ada perubahan yang wah. Yamaha style telah berpindah ke honda.

    Guest
  17. Indonesia semakin ramah lingkungan.. tahun depan all motor konsumen kudu injeksi. pilihan terbaru akan ada xeon FI. yang sekarang uda ada vario techno PGM FI.. dari pada nunggu. oh mending beli Vario aja. buruan ajee pake injeksi

    Guest
  18. yamaha nouvo sx jlas lbh cakep, soul GT jg tp reseach and development yamaha indo kan cerdas, tau apa yg di inginkan konsumen (katanya) makanya market sharenya tahun ini turun :mrgreen:

    Guest
  19. kang taufik.. coba liat part catalogue lagi,, ada kode AL115FX.. disinyalir SOULGT injeksi,, dah ane liat,, ada PBLnya juga,,

    Guest
  20. sayang YIMM tidak mendengar apa kata kepala FBY Jaos……
    memasang fitur PBL dan SSS itu sangatlah tidak penting, yang paling penting pake otak…….ngakak

    Guest
  21. 73. KURMA – Desember 26, 2012

    Indonesia semakin ramah lingkungan.. tahun depan all motor konsumen kudu injeksi. pilihan terbaru akan ada xeon FI. yang sekarang uda ada vario techno PGM FI.. dari pada nunggu. oh mending beli Vario aja. buruan ajee pake injeksi
    =================

    sudah siap sensasi endut2 an kang?

    Guest
  22. 73. KURMA – Desember 26, 2012

    dari pada nunggu. oh mending beli Vario aja. buruan ajee pake injeksi
    ========
    sudah siap endut2 an kang?

    Guest
  23. Roy silahkan nyolot dan jabarkan soal DS dan FP yg canggih itu……

    koq bisa YIMM mo ikutan pake PBL dan SSS yang ga penting

    sementara si xeon udah pake DS dan FP yg canggih….ngakak

    Guest
  24. ukin – Desember 26, 2012

    ko jd tmbh cakep ya xeon..body jg ttp mungil g gembrot..
    tp lg ngidam matic retro sih..scoopy ato fino ya..xixi

    ===============

    bukannya Fino udah R.I.P. yah?

    Guest
  25. 1. fandiartz – Desember 26, 2012

    Xeon…
    Death on arrival…
    T_T ______________________________________________________ XEON bangkit lgi nih ! MANTAPPPPP ! KTIMBANG VARIO125 NGOROK TRUSSSS KE BENGKEL TRUS, JAJAN BUSI TRUS …..!

    Guest
  26. 1 frame rame2 wkwkkw

    mio,xeon.soul GT.fino rasa nya sama aja 1 frame jarak sumbu roda sama semua ,keuntungan nya d mana kalo beli varian semahal xeon?

    Guest
  27. ane pengguna xeon 2011…
    dari beli baru baru ampe skrng kkga ad kluhan sma skali..tarikan mantep buat jalan perkotaan..cuman sok belakang nya aja keras

    Guest
  28. Kayaknya susah menandingi Vartek 125 bila harganya masih sama dg Xeon lama… tp klo hrganya diturunkan akan menyakiti hati owner xeon lama apalagi yang baru beli kredit pulak…

    Guest
  29. yang butuh speed dan kelincahan pasti milih Xeon…klo yg baru katany2 pake o2 sensor ama close loop, jadi tambah irit dah..yg mo ergonomy pilih v125… seep

    Guest
  30. wkkwkk…ternyata bkn ahm aja yg neen ludah sendiri…yimm jg…dl msh inget bgt iklan mio yg bintang iklannya didi petet dia bilang “BEBEK KOK CENTIL” nyentil vario yg warna pink….ehhhh ternyata eh tenyata gatel jg pengen ngkutin ngeluarin warna pink….hadooohhhhh capekkkkkk dehhhh…

    Guest
  31. xeon menurutku juga bagus…speedo oke..cuma jelaknya masalah desain body yng terlalu kalem dan ga ada fitur pengaman standar aja….. Kayanya kalo performa saya masih megang xeon dah…terutama top speed, tapi kalo fitur jelas vario125…ada segemnt sdiri2 ni matik premium yamaha vs honda….

    Guest
  32. sekarng para produsen membuat strategi gimana agr konsumen tetap memilih produk mereka. ini akan menjadikan konsumen bingung, mau yang mana satu. tapi konsumen sekarng udah pintar kok jdi tidak asal2an milih motorlah apalagi yang sudah dipercaya terlebih dahulu itu akan menjadi patokan.

    Guest
  33. itu target g kebanyakan ya!!? harusnya dimulai dari yg terkecdil dlu jadi kalao pun g sesuai target kan bgtu mengecewakan,. peace.,.,.

    Guest
  34. tahun 2013 ini bakal terjadi persaingan yg sangat sengit,
    Honda :
    1.CB 150R injeksi+kapasitor bank+open loop
    2.Beat FI
    3.Verza 150
    4.Air Blade 125
    5.Scoopy FI
    Yamaha :
    1.New Vixion injeksi+O2 sensor+close loop
    2.New Xeon FI+O2 sensor+close loop
    disain dan fitur pun saling berpacu, tergantung konsumen pilih yg mana sesuai kebutuhan dan kesanggupan.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here