Yamaha-Xeon-125i-MX

Bro sekalian, seperti Kita tahu posisi Xeon Karburator serasa seperti under pressure dengan hadirnya vario 125 FI yang ternyata dibandrol sama dengan harga Vario techno Karbu. Masalahnya adalah Bandrol Vario Techno Karbu lebih rendah dari Xeon Karbu . . . so Imbasnya Xeon Karbu mau tidak mau merasa seperti tiba tiba terasa Overprice ketika Vario 125 FI hadir dengan segudang fitur dan yang paling penting sudah FI . . . dari awal tmcblog sudah yakin bahwa Yamaha akan bertindak akan hal ini . ..  tapi bukan dengan menurunkan harga Xeon karbu karena hal itu sangat berbahaya bagi resale value xeon sendiri dan juga akan menciderai hati Konsumen lama . . .

Cara ter smart memang adalah membuat sebuah varian baru yang akan didaulat sebagai pengganti Xeon Karbu. Syaratnya adalah . . . Motor ini harus baru dan bukan hanya Xeon Karbu yang diganti karbunya menjadi trotel body . . . akan tetapi harus major change . . . ini penting untuk menyelamatkan resale value dari Xeon karbu dan juga menjaga loyalitas konsumen lama . . . studi kasus empiriknya apa? Cek aja Kasus transisi dari Vario Techno 110 karbu ke Vario 125 FI.

Yamaha-Xeon-125i-GTX-Green

Dengan model major change yang sama sekali baru Yamaha lebih mudah untuk mereposisi bandrol harga Xeon  . . . terlebih lagi yamaha terlihat mengurangi satu detail seperti ‘rear arm’ sebelah kanan  . . . ini membuat Xeon karbu masih tetap memiliki value tersendiri. Apakah benar yamaha akan membandrol Xeon FI ( ada pula yang menamakan Xeon RC) yang katanya akan dirilis pekan ke dua Januari 2013 ini akan lebih rendah (dibanding Xeon karbu)  . . . beberapa data lapangan menunjukan iya mas bro . . . di madiun sendiri ternyata diperoleh kabar bahwa Xeon FI (XR) akan dibandrol 1 juta lebih endah dari Xeon Karbu . . . So Jika Harga Xeon Karbu OTR jakarta juga akan turun 1 juta dari  16,05 Juta dan Xeon FI dibandrol 15,05 Juta dan ini akan mendekati harga vario 125 Non CBS yang dibandrol 15,1 Juta . . . hmmm fight fire with fire isnt it?

Taufik of BuitenZorg

140 COMMENTS

  1. Kayak pernah dengar strategi ini, kalo gak salah baru2 ini, tp apa ya?
    Oooo iyaaa, malu ach, ane kan sales honpret, qqqq..

    Guest
  2. yamaho mau bikin matik lagi?? harus mikir 1000x tuh!! lha wong matiknya aja nggak laku suruh bikin matik lagi apa nggak numpuk di gudang tuh!

    Guest
  3. .siapa yang lebih value for money???klo di jual 15 jutaan…tapi arm ilang ga digital speedometer…sedangkan vario125 ada armnya plus speedo digital oh iya plus ngoroknya…kayanya lebih ke tetep vario125 biarpun ngorok siang malem…

    Guest
  4. thole pada Desember 27, 2012
    pada 12:48 am
    peluang Nouvo SX bermain di angka
    16jt sangat besar, ha hah ha hah ah
    ==========
    selamat bermimpi panjang yo le … wkwkwkw

    Guest
  5. kalo masih tetep pendek jarak sumbu rodanya ya sama aja kayak yg lama. jelek banget gak proporsional… kalo vario 125 udah bongsor …panjang lagi ….yg paling penting sing desainnya ciamik banget….

    Guest
  6. YIMM kenapa nggak bikin inovasi baru shock breaker ditengah ukuran lebih besar karena monoshock (shocknya jngan di pinggir), tiru aja model sport dngan penyesuaian sana2 sini, bisa hemat pembuatan (krna buutuh 1 shock breaker saja), tapi juga keren ala model motor sport yg monoshock… (setahu ane belum ada satupun atpm indon yg bikin motor matik bener true mono shock (shock di tengah ala motor sport)… 😛

    Guest
  7. kasian banget yamaha kok ngoyo gitu ya? pake spek down pula, gak kaya honda yg justru speknya dinaikin, diberi injeksi, fitur buanyak, mesin turunan pcx tp kok harga cm naik dikitttttt…
    kalopun xeon bs murah blm tentu jg bs laku keras kyk vario125. xeon lbih murah 1 jt dpet apa aja? ymjet? sss?pbl? itu saja? dpet juga pengurangan part, mono arm pasti dah, lampu depan model wagu costdown jg kah?
    namun hal ini gak berlaku di vario artinya di vario tdk ada yg dikurangi kualitasnya malahan semuanya ditambahi plus desain yg ganteng.

    Guest
  8. ga akan mampu menandingi vario125 ih xeon.. ane yakin seyakin2nya dah, meskipun harga sudah diturunkan bahkan mungkin lebih rendah dr vario125.

    Guest
  9. katanya mo di bawah vario 125 harganya? harusnya gini nih yang paling maknyussssss…….

    pa lagi nurut saya sebenarnya gak ada major change siy, selaen mesin aja yang diganti. bodinya aja ya segitu2 doang 11-12 kayak xeon lama.

    Guest
  10. mau gak mau bukan cuma tambah fitur, tapi rombak body lebih besar biar terlihat mahal macam vario 125.

    tpi mnurut gw ada baiknya jga mempertahankan design Xeon, cz slah satu tmen ane yg emakny beli Vario125 yg ktanya trlalu tinggi / jinjit buat ukuran wanita.

    Guest
  11. memang sih rasany masih kurang bila Xeon dibandingkan sama Vario 125, meski bandrol harga lebih murah 1 juta.

    mau gak mau lawan yg sepadan cuma Nouvo Sx,

    Guest
  12. kalo kata fb smartprettt dan coro coronya

    xeon karbu operpretttt donk
    wah harga lebih murah pasti downgrade habis habisan. sampe sampe swing arm hilang
    yahhhh apa bedanya sama mio?????

    hahaha

    Guest
  13. bakalan ancurrrrrr tuh xeon karbu
    harga lamgsung otomatis anjloooooog
    setelah kemarin terserang operpret…setelah ada fi semakin ngepreeeettttt

    Guest
  14. Harga 15 jutaan kok cungkring, emang beda mesin 125 cc dengan yang di bawahnya bisa kelihatan jelas?
    Tapi aneh juga, masih pernah lihat orang pakai dengan plat nomor baru, dikibuli apa kira-kira oleh salesnya?

    Guest
  15. Yang lain gak bisa ngikutin. Pas kesalip kurang perhatikan. dikira yang lain masih di belakang, gak tahunya sudah jauh di depan. Kayak pembalap yang mengacung-acungkan tangan mengira sudah finish di urutan pertama, padahal masih satu lap lagi, ya mringis deh-kesalip yang lain.

    Guest
  16. anti motor lemot pada Desember 27, 2012 pada 6:00 am

    Yang lain gak bisa ngikutin. Pas kesalip kurang perhatikan. dikira yang lain masih di belakang, gak tahunya sudah jauh di depan. Kayak pembalap yang mengacung-acungkan tangan mengira sudah finish di urutan pertama, padahal masih satu lap lagi, ya mringis deh-kesalip yang lain.
    ————————————————————-
    Wakakaakakkk
    Bisa aja ente…..yang lain sekarang ngikut aja 😀

    Guest
  17. yaaa harus murahlah..cz modele kelewat standart kok..bhkn gk sedap dipandang.. seharusnya tu motor dihargai lbh murah dr soul gt. tp yimm pekok cc 125 dikasih design amit2..
    nouvo 125 sx…klo gk bolot.

    Guest
  18. ini bocoran dr yimm….xeon diturunin harganya akn ditandemkan vario cw lawasnya honda..
    lalu pesaing vario 125 2013 akn digodok bisa jd nouvo sx tanpa pembelah dashboard… sambil mencuri peluang gantiin fino ke Ttx. retro ke style.
    ini bocoran dr AHM… scoopy akn diinjeksikan. kans retro tetep dibawa. dgn mengusung gaya classic n sporty. sambil nunggu taring xeon downgrade apa mampu menancap lbh dlm, vario cw siap digodog utk berevolusi/ bhkn ada brand new. dan masih ada 2 lgi yg bener2 baru.

    met berperang deeeehh.

    Guest
  19. ini awal, target yamaha bukan melengserkan vario125 dengan xeon, tapi melumpuhkan image vario sebagai matik 125 yang ngaku sebagai yang terbaik, ha hah ha ha
    ditunggu kejutan selanjutnya Nouvo SX 2013

    Guest
  20. Selamat ya kang.. Sudah 38,004,053 dan terus.. terus.. terus nambah.. Kunci kesuksesan blog ini adalah independensi.
    Ini nilai yang tidak bisa dibeli dengan nominal berapapun.
    Semua brand menaruh respect dengan independensi warung ini. Dan Independensi adalah kejujuran. Kejujuran adalah salah satu bagian utama ketaqwaan.

    “Akan Aku wariskan bumi ini kepada orang-orang yang bertaqwa.”
    (Surah Al-Anbia: 105)

    Dan janji-Nya untuk melimpahkan rezeki dari langit dan bumi bagi orang2 yang beriman dan bertakwa.
    Ada di Surat Al-A raf ayat 96

    Guest
  21. klo penilaian sy, yg banyak disukai dari vario 125 adalah desainnya yang modern dan mewah. sedangkan xeon jika dijajarkan dgn si vario kyk terkesan biasa2 aja. masukan buat ymki, ubahlah desain bodi xeon.

    Guest
  22. Boleh didowngrade asal gak ada masyalah. Jangan kayak sebelah, katanya diupgrade dan fitur dibanyakin, ealaaah malah banyak masyalah bermunculan ! Pis ah !!!

    Guest
  23. 23. thole – Desember 27, 2012
    peluang Nouvo SX bermain di angka 16jt sangat besar, ha hah ha hah ah
    —————————————————
    yakin ???

    Guest
  24. Wah 38 juta hits,bikin majalah otomorif aja pak haji,ane yg pertama langsung beli,dengan teman2 blogger lain sebgai penyumbang artikel

    Guest
  25. Klo misal xeon fi bener2 bisa kurang 1jt,.
    Terlihat xeon karbu sangat overprice banget.. Berarti harga yg sekarang ymha terlalu byk ambil untung nya..

    Guest
  26. @ 60. vegadeth – Desember 27, 2012

    kegagalan proyek om dyon dan eko, sdh selayaknya beliau mundur demi yamaha..

    =====================================================

    Emang petinggi-petinggi yang dulu menjadikan Yamaha Indonesia sukses ya coy?
    No Link = Hoax

    Guest
  27. gak belajar dari fino..gw udah bilang masukinnya fiore..jadi gak head to head ama scoopy…nouvo sx125i lebih menjanjikan daripada xeon

    Guest
  28. knp vario FI 125 bnyk masalah dr tetangga ane ..businya cpt mati pdhl msh baru?..blm lgi joknya terlalu lebar dan suara ngoroknya biking ngenganggu

    Guest
  29. sekedar saran tuk yamaha kalo kang taufik bersedia sampaikan.
    Ga perlu launching motor baru tuk mengatrol penjualan. Cukup perbaiki spek motor2 injeksi yang dilaunching tahun ini seperti Mio J ato Soul GT ato Jupiter ZI. Hasil dari pemakaian sehari2 oleh masyarakat umum bertolak belakang dgn hasil klaim yamaha lewat bloger2 jualan kecap. jualan kecapnya sih “LEBIH IRIT dan LEBIH KENCENG” tapi kenyataannya “LEBIH BOROS dan LEBIH LEMOT”. Cobalah perbaiki produknya biar bisa seperti merek sebelah yang klaim pabrikan dan hasil pemakaian masyarakat umum itu tidak terlalu beda. HILANGkan IMAGE BURUK DI MASYARAKAT DULU baru jualan motor baru deh.

    Guest
  30. thole pada Desember 27, 2012 pada 7:07 am

    ini awal, target yamaha bukan melengserkan vario125 dengan xeon, tapi melumpuhkan image vario sebagai matik 125 yang ngaku sebagai yang terbaik, ha hah ha ha
    ditunggu kejutan selanjutnya Nouvo SX 2013
    —–
    bangun le…

    Guest
  31. Xeon Fi ini sudah menggunakan YMJET-FI…yng terbukti josss!!! tidak ada itu istilah endut2an, ngorok, tenaga ngempos, setting attitude / ketinggian kya produk tetangga….. :mrgreen:

    Guest
  32. klau mau milih ku milih xeon f1 drpd vario125 yg ngorok, tiap 2000km ganti busi terus…..naik gunung hrus setting manual klau gak tenaga lemot hadeeewwwww injeksi kok pake obeng????

    Guest
  33. apa yang dibanggain?
    kata fby anti motor downgrade!
    ini motor downgrade, berati gak diakui sama fby donk?

    Guest
  34. bukan masalah downgrade nya, masalah kualitas, cem wtf downgrade, banyak problem
    gimana dgn xeon? kalo ngikutin jejak wtf, banyak problem, ya wajib dibakar ha hah ha ha hah

    Guest
  35. Mohon maaf,kalo gak tau tentang ilmu otomotif/mesin mohon jangan mencela dong!kaya udah kepintaran aja bapak bapak ini,apa sudah pernah tes mesin antara Honda dan Yamaha?
    Model jangan jadikan patokan kualitas mesin bro.

    Guest
  36. turunin harga aja, jangan lupa gedein bagasi, tambah fitur.

    keluarin model baru, khusus bagasi besar.

    spacy melenggang sendirian tanpa saingan tuh, kekurangannya banyak padahal.

    Guest
  37. maaf numpang komentar di postingan yang udah lama ini…ane punya xeon karbu keluaran 2010 menurut ane motor ini sangat nyaman terlebih di bagian joknya yang empuk perjalanan jauh gak bikin pegel pantat ,buat belok ataupun kecepatan tinggi stabil ,buat nanjak pegunungan oke dan satu lagi yang ane suka adalah akselerasinya mantab serasa dijambak khas motor karbu…satu kelemahan dari motor ini adalah boros bensinnya tetapi telah terbayarkan oleh semua kelebihan diatas.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here